HABIB HUSEIN BIN ABI BAKAR AL IDRUS LUAR BATANG

Ketika saya kecil hingga beranjak dewasa kampung saya selalu ramai di kunjungi oleh para peziarah baik itu dari dari jakarta dan sekitarnya maupun dari luar kota terutama pada malam jum’at.Kampung Luar batang itulah tempat kelahiran saya yang terletak di daerah padat penduduk di jakarta utara.Tepat disamping rumah saya terdapat Maqom seorang waliyulloh yang terkenal dengan karomahnya.Beliau adalah Habib husein bin abi bakar al idrus lahir di Migrab, dekat Hazam, Hadramaut, Datang di Betawi sekitar tahun 1746 M. Berdasarkan cerita, bahwa beliau wafat di Luar Batang, Betawi tanggal 24 Juni 1756 M. bertepatan dengan 17 Ramadhan 1169 Hijriyah. . Silsilah beliau : Habib Husein bin Abubakar bin Abdullah bin Husein bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Husein bin Abdullah bin Abubakar Al-Sakran bin Abdurrahman Assaqqaf bin Muhammad Maula Al-Dawilah bin Ali bin Alwi bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath.

Habib Husein yang lebih terkenal dengan sebutan Habib Keramat Luar Batang,menurut Habib Musthofa Alidrus yang selalu membacakan Manaqib Habib husein Alidrus pada acara haul diwaktu Habib Husein masih hidup beliau pernah berkata kepada seorang opsir belanda “nanti suatu saat kamu akan menjadi orang besar”, opsir tsb tdk mengindahkan kata2 Habib, hingga dia pulang ke negaranya lalu dipanggil lagi ke indonesia dengan jabatan tinggi, dia teringat akan kata2 Habib dan mau memberikan hadiah, lalu ditawarkan berbagai hadiah spt uang,emas dll tapi Habib tidak mau, akhirnya disepakati Habib mau menerima hadiah berupa kepemilikan daerah sekeliling yg sekarang lokasinya di makamnya itu, dulunya daerah itu adalah tempat yg kalau laut pasang terendam air, setelah dikabulkan maka di pasang patok2 kayu menandakan batas wilayah yang Habib inginkan, nah dari situ muncul kata2 “luar batang” karena dari laut tersebut keluar batang2 kayu pembatas .

Habib Husein tiba di Luar Batang, daerah Pasar Ikan, Jakarta, yang merupakan benteng pertahanan Belanda di Jakarta. Kapal layar yang ditumpangi Habib Husein terdampat didaerah ini, padahal daerah ini tidak boleh dikunjungi orang, maka Habib Husein dan rombongan diusir dengan digiring keluar dari teluk Jakarta. Tidak beberapa lama kemudian Habib Husein dengan sebuah sekoci terapung-apung dan terdampar kembali di daerah yang dilarang oleh Belanda. Kemudian seorang Betawi membawa Habib Husein dengan menyembunyikannya. Orang Betawi ini pun berguru kepada Habib Husein. Habib Husein membangun Masjid Luar Batang yang masih berdiri hingga sekarang. Orang Betawi ini bernama Haji Abdul Kadir. Makamnya di samping makam Habib Husein yang terletak di samping Masjid Luar Batang.

Habib Husein sering tidak patuh pada Belanda. Sekali Waktu beliau tidak mematuhi larangannya, kemudian ditangkap Belanda dan di penjara di Glodok. Di Tahanan ini Habib Husein kalau siang dia ada di sel, tetapi kalau malam menghilang entah kemana. Sehingga penjaga tahanan (sipir penjara) menjadi takut oleh kejadian ini. Kemudian Habib Husein disuruh pulang, tetapi beliau tidak menghiraukan alias tidak mau pulang, maka Habib Husein dibiarkan saja. Suatu Waktu beliau sendiri yang mau pergi dari penjara.

MAQOM AL HABIB HUSEIN BIN ABI BAKAR ALIDRUS

makam-luar-batang.jpg

Dulu pernah ada cerita pada waktu itu ada seseorang warga pergi kepasar dan dia membeli daging mentah, begitu akan pulang kerumah beliau mendengar kabar bahwa Habib husein bin abi bakar al idrus berpulang kerahmatulloh, maka bergegas dia pergi kemasjid untuk ikut bersama-sama sholat jenazah .Setelah selesai sholat jenazah dan ikut menguburkan dia kembali kerumah dan menyuruh sang istri untuk segera memasak daging tersebut.Namun hingga beberapa lamanya sang istri memasak daging itu tidak matang-matang.,dan masih keliatan seperti daging segar, ditengah keanehan yang terjadi sang istripun mengeluh kepada suaminya; “bang ko daging yang saya masak tidak mateng-mateng ? padahal sudah hampir setengah hari saya memasak daging itu, tapi daging itu tetap segar !. Sang suamipun juga diliputi keanehan tersebut !.Setelah beberapa lama dia berpikir akhirnya dia ingat sesuatu, sewaktu dia mengikuti majlis taklim yang diadakan oleh Habib husein bin abi bakar al idrus , beliau pernah berceramah bahwa barang siapa yang mensholati aku sewaktu aku meninggal dunia nanti, maka dia dia tidak akan bisa tersentuh oleh api neraka. Akhirnya dia mengambil pelajaran yang sangat berharga dari peristiwa keanehan tersebut, dia berdoa kepada Alloh Ya Alloh mudah-mudahan aku terlindungi dari jilatan api nereka karena memuliakan Kekasih-Mu.

MAQOM HABIB HUSEIN LUAR BATANG

Karomah yang masih tampak hingga saat inilah adalah bahwa maqom beliau selama 24 jam  tidak pernah sepi dari para peziarah yang selalu membaca alquran atau sekedar berzikir.

Hingga saat ini maqam Habib husein selalu ramai di kunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di tanah air maupun dari mancanegara.Terutama pada  malam jum’at kliwon atau perayaan tertentu seperti maulid nabi Muhammad SAW yang selalu diadakan setiap akhir minggu di bulan robiul awal dan Haul Habib husein yang diadakan setiap akhir minggu di bulan syawal.

81 responses to “HABIB HUSEIN BIN ABI BAKAR AL IDRUS LUAR BATANG

  1. muhammad rhaehan

    Allah SWT Yaa Rahman Yaa Rohiim….Segala puja dan puji bagiMu Tuhan Semesta Alam yang telah mencipatakan manusia-manusia yang penuh barokah dan karomah bagi pengikutMu yaa Allah….Ampunnilah Hambamu ini…..Allah Hu Akbar….

  2. Ya Allah ampunillah hambamu ini yang berlumuran dosa………….

  3. Assalamualaikum Wr.Wb..Ane mo cerita..beberapa minggu yang lalu ane sedih banget ketika ane studi banding ke daerah surabaya, semarang n jakarta..ane udah lama niat bila ane sampe di jakarta ane mo ziarah ke makam Habib Husein Bin Abu Bakar Al Idrus..ane udah lama mendam hajat ane biar bisa ziarah tapi banyak temen ane yang ngelarang..cuman karena ane rencananya mo ziarah ma pacar ane coz pacar ane yang tau alamatnya..mereka takut kalo ada apa-apa, ane wajar itu..tapi ane juga udah bilang kalo kami nggak cuma berdua tapi juga bakal bareng ma pamannya pacar ane..tapi mereka tetap nggak ngebolehin..mungkin mereka nggak denger ane ngomong…malah mereka milih buat ke ancol..ane nurut aje, tapi ane gak ikut mereka main coz niat ane bukan buat hura-hura,maen, or holiday tapi anener-benar mo ziarah…mudah-mudahan sebelum ane wafat ALLAH TA’ALA ngabulin hajat ane..Amin..Amin..Amin..Ya Rabbi

  4. Assalamualaikum Wr.Wb..Ane mo cerita..beberapa minggu yang lalu ane sedih banget ketika ane studi banding ke daerah surabaya, semarang n jakarta..ane udah lama niat bila ane sampe di jakarta ane mo ziarah ke makam Habib Husein Bin Abu Bakar Al Idrus..ane udah lama mendam hajat ane biar bisa ziarah tapi banyak temen ane yang ngelarang..cuman karena ane rencananya mo ziarah ma pacar ane coz pacar ane yang tau alamatnya..mereka takut kalo ada apa-apa, ane wajar itu..tapi ane juga udah bilang kalo kami nggak cuma berdua tapi juga bakal bareng ma pamannya pacar ane..tapi mereka tetap nggak ngebolehin..mungkin mereka nggak denger ane ngomong…malah mereka milih buat ke ancol..ane nurut aje, tapi ane gak ikut mereka main coz niat ane bukan buat hura-hura,maen, or holiday tapi ane benar mo ziarah…mudah-mudahan sebelum ane wafat ALLAH TA’ALA ngabulin hajat ane..Amin..Amin..Amin..Ya Rabbi

  5. ALHAMDULILLAH SEMOGA TERCAPAI NIAT BAIK SAUDARA….BAROKALLOH LAKUM

  6. syukron zazakumullah khoiron khasiro

  7. Yaa Allah Yaa Rahman..

    sampaikanlah kerinduan-ku kepada Nur-Mu, Nabi Muhammad Saw..

    dan sampaikan pula kerinduan-ku kepada Habib Husein bin Abu Bakar Alydrus, pemelihara Nur-Mu, Nur Muhammad, Al-Quranul Qarim….

    Ia adalah suri tauladan bagi umat yang terbaik, umat Muhammad SAW,

    Karena ia telah men-tauladan-i manusia terbaik di seluruh alam raya, Nabi Muhammad Saw..

    Karuniakanlah kepadaku kemudahan men-cintai iman dan meng-Imani Cinta kepadaMu, seperti yang telah Engkau anugerahkan kedalam sanubari Habib Husein bin Abubakar Alydrus.

    Yang telah menjadikan iman kepadaMu menjadi perhiasan yang paling indah di dalam hidup..

    Yang telah mejadikan Cinta kepada-Mu menjadi kebahagiaan yang tiada berujung di dalam hidup ini…

    Sejahteralah Maulana Muhammad SAW, Nur Allah..

    dan Sejahterakan-lah keluarga Maulana Muhammad SAW, pemelihara Nur Allah…

    Masukkanlah diriku di dalam golonganMu..

    dan masukkanlah diriku ke dalam SurgaMu..

  8. ass..wahai pewaris yang mulya,sertai jalan ni menuju syurga dalam Nur mulya dlm rahasia bumi dan langit,sebagai mana telah tercurah kemulyaan di mulya juriyathmu,doakan zahir batin hamba tuk tetap sabar dan istiqamah mnjalani apapun kehendak Robbi,sampaikan salam saya tuk seluruh pembaca mail ini..hidup matiku dengan bersholawat

  9. assalamualikum, semoga ALLAH SWT merahmati kta semua umat Rasuluullah SAW n yang membca mail ini, n smoga syafaat kta dapatkan dengan shalawat atas junjungan besar baginda Rasulullah Muhammad SAW Khatamul Anbiya…saya ingin memperbanyak teman yang mencintai Rasulullah SAW, ahlul bait…bisa hubngi saya lwat email or no hp.087815071644

  10. Alhamdulillah..Jakarta masih dipelihara Allah Ta’ala dengan taburan maqam kewalian, termasuk shahibul karamah Habib Husein Abubakar Alaydrus ini..Hadaanallahu bil aslaf..amin

  11. assalamualaikum..
    saya cukup sering ziaran ke makan Habib Husein.
    saya mau tanya, apakah ada, komunitas peziarah di makam dan masjid keramat luar batang. kalo ada, bisa kasih tahu infonya dung…
    andika, nyongandikahendra@gmail.com
    terima kasih
    waalaikumussalam

    Setahu saya Komunitas yang sering rutin melakukan ziarah bersama adalah jamah Majlis Rosululloh setiap malam minggu dimulai ba’da ta’lim di pasar minggu lalu konvoi menuju luar batang

  12. subhanallah, kemaren ane ke sana…dasyat sekali wali 4W1 yang satu ini…tempatnya pun nyaman sekali…boleh saya kopi psotingan ini untuk di blog saya?

    salam kenal…silahkan semoga bermamfaat

  13. Assalam mualaikum, mau usul, untuk mempermudah ancer ancer atau akses ke Mesjid luar batang gimana kalau dibuatkan Peta/Easy Map jadi dengan mudah komunitas penziarah bisa langsung tau posisinya dari Jakarta.trims

  14. wali Allah yang paling muda, yang begitu banyak karomah setelah peninggalannya, dan sya pernah mendengar kisahnya dari guru saya, Haibi Hasan Bin Ja’far Assegaf ( Nurul Musthofa )

  15. wali Allah yang paling muda, yang begitu banyak karomah setelah peninggalannya, dan saya pernah mendengar kisahnya dari guru saya, Habib Hasan Bin Ja’far Assegaf ( Nurul Musthofa )

  16. Assalamu’alaikum Wr Wb;
    Ayo pemuda Jakarta kita bangkit untuk menegakan Syaria’t Rassulullah SAW dengan mengikuti Ulama-ulama pewaris Nabi SAW yang menghidupkan Sunnah Rassulullah SAW;
    Allahu Akbar;
    Ttd:
    Pemuda Ahlusunnah Wal jama’ah Jakarta Utara

  17. maha besar allah.sewaktu saya ikut hadir haul habib husin 2 tahun yang lalu .saya merasa tenang hati saya,

  18. Assalamu’alaikum waromatullah wa barokatuh

    Siang hari ini saya bersyukur kepadamu ya Allah, merasakan getaran hati yang harubiru ketika memasuki Masjid Luar Batang. Sudah lama saya mendengar sebutan Luar Batang . . . , dan siang hari ini ketika kondisi pikiran dan perasaan sedang kacau menghadapi rutinitas hidup dan kehidupan, saya biarkan pikiran dan mengikuti katahati untuk sholat zhuhur di luar kantor / rumah, dari beberapa tujuan masjid yang terlintas saat itu Masjid Luar Batang yang begitu keras getarannya …, saya biarkan hati ini menuntun pikiran untuk mengemudikan kendaraan, dan begitu mencoloknya arah dan petunjuk yang terpampang di jalan (padahal sering saya melalui jalan2 tersebut, tapi kok gak ‘ngeh’).

    Sayang saya tertinggal untuk sholat zhuhur dengan jamaah yang pertama, dengan kesejukan saya masih dapat zhuhur berjamaah berikutnya. Setelah selesai berdzikir, saya berjalan mengelilingi masjid, … subhanallah akhirnya saya dapat bersimpuh dan menitikkan air mata di pintu masuk makam Sang Wali Allah Habib Husein bin Abi Bakar.

    Terima kasih ya Allah rabb ku, ya Muhammad bin Abullah junjungan ku . . . , melalui kekasih MU yang terbaring dihadapanku… kurasakan tatapanMU yang menyejukkan hati hambamu yang hina ini … Subhanallah walhamdulillah wala ilahaillaulah Allahu Akbar.

  19. Assalamualikum,
    Haji Abdul Kadir itu orang betawi or tionghoa,menurut sejarah H.Abdul kadir dulunya di kejar-kejar ama VOC dan di selamatkan oleh Hb.Husein.
    Syukron

    Waalaikumuslam…sedikit info dari Habib mustofa al idrus, bahwa Abdul qodir keturunan tionghoa dan masuk islam diganti namanya menjadi Abdul kodir dan setia mendampingi Shohibil Luar batang Al habib husein bin abi bakar alidrus

  20. Puji syukur kehadirat allah s.w.t yg telh melngkh kan kaki saya dari kota seribu sungai smpai ke luar batang.dan alhmdulillah nya lg saya jiarah jauh jauh dari martapura banjarmsin ke luar batang tidak mengeluarkan sepeser uang pun,krna itu brkt karamah nya hb.husein luar batang.betapa bhgia nya saya bisa jiarah kemakam beliau,dari kecil saya berniat pengen skli jiarah ke makam beliau,alhmdulillah akhir nya trkabul jg brkt hb.husein luar batang.dan saya pun di beri ksmpatan dan di sediakan penginapan di gedung depan makam hb.husein luar batang.saya sangat bersyukur kpda allah.s.w.t krna sdh mengbulkn doa saya dri kecil.
    Begitu senang nya hati saya krna saya bisa jiarah kemakam hb.husein dan bermalam satu malam di gedung dpn makam hb.husein.
    Syukron wa afwan.
    A.zein albaity.martapura.kalsel

  21. Assalamualiakum…
    ane baru sekali ke masjid luar batang..
    tapi rasa rindu ane untuk balik lagi ke masjid luar batang sangat besasr…
    Ya ALLAH berikanlah kesempatan ane untuk ke masjid luar batang lagi AMin..

  22. saya merasa orang paling bnyak dosanya,,,saya mau mnta solusi gmna cra’a saya bs bnr tobat

  23. Subhanallah
    Haul kmaren 18 Okt 09 Ruame bgt
    Alhamdulillah ane bisa hadir dan ziarah kemaQam waliyullah
    dan ane ngerasa inilah hari terindah
    karena hari ini kaum mulimin dengan hikmat meramaikan dan membesarkan nama Allah dan Rasulullah Saw
    rasa haru saat mahalul Qiyam dari maulid karangan habib ali bin muhammad bin husain alhabsy shohibul maulid simtudurror
    banyak habaib yang dateng apa lagi saat habib musthofa membacakan manakib sahohibul hadroh walmaqom habibana husain bin abubakar alaydrus.
    Yaa Allah semoga hamba tetap beristiqomah dijalan ini ya Allah
    Amiiin…amiiin..

  24. aslmkm.wr.wb,Perlu diketahui,ini perkataan dari Habib Mustofa Al Idrus>>Apabila anda mempunyai urusan/hajat dunia,bertawasullah ke 3 makom Waliyulloh,,1>Makom Habib Husein Al Idrus,luar batang,,2>makom Habib Boto Putih,Surabaya,,3>makom habib Keramat Empang Bogor.Wass.

  25. allah tdak mminta s’suatu pa pun dri kalian, mlainkan klian hdup dlam k’kluargaan { ahlul bait n k’turunanku } ya robbi brilah makhluk mu kmudahan untuk mngkat manusia” yg suci…………..

  26. ya allah ya rob izinkan kmi bs truz mgringi prjalanan org yg kau cintai,,hujani kami dgn cinta kpd Rosululloh S.A.W & Pewariznya sprty halnya engkau mCintainya…….

  27. aslm…kalo bisa punli2 / anak2 yang suka “minta” tolong ditertibkan .

  28. Ass…sy pengen bgt k maqom habib luar batang,tp sy blum bs saat ini..smoga allah mengabulkn hajat sy..amien..

  29. ayah nenek saya mustafa bin kasim, mohon bantuan silsilahnya, kalimantan selatan, tanah bumbu (dulunya berada) di kusan hulu dengan gelar mat lima aktivitasnya pulang pergi kearab saudi menggunakan kapal buatannya sendiri sekitar tahun 1900-m

  30. Assalamualaikum.Wr.Wb…
    Alhamdulillah…kesampean jg ane ziarah ke Maqom Habib Husein Bin Abi Bakar Al Idrus Luar Batang…semoga menjadi wasilah dikuatkannya Iman hamba kepadaMu ya Allah…Semoga hamab & keluarga diselamatkan fiddunya wal akhiroh….Amin ya Robbal alamiin.

  31. Semoga ALLOH memberikan limpahan barokah dan karomah dari yang memiliki manakib ini
    untuk kita semua

  32. Allahummagh fir lahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu. Semoga Allah merahmati. Amin.

  33. Aslm wr.wb saya sangat bangga dan bahagia bisa menjadi jamaah majlis ta’alim Al Muhibin cab. semarang yang dibimbing oleh al Habib al Idrus , Pudak Payung Semarang, dari belaulah kami-kami yang dari di kota kecil Cilacap bisa mengerti tentang hakekat Islam sebenarnya melalui kyai dan guru Kami al Mukharom Kyai H. Muhammad Badril Assyroff bin Zen Mohammad . Untuk itu salam salaturahmi kami kepada seluruh al muhibin di Nusantara. Semoga Alloh SWT selalu merahmati kepada kita semua. amin

  34. Ya Allah, jadikanlah hamba dan anak2 hamba dekat dengan orang yang terkasih disisi-Mu.

  35. alhamdulillah … saya bisa tahu lebih banyak silsilah al habib hussein abu bakar al idrus . “Yaa ALLAH jadikanlah kulo lan keluarga kulo menjadi orang yg selalu taat ten jenengan lan selalu mencintai kekasihe jenengan … Yaa ALLAH kulo mohon lebih kanlah rasa welas asihny jenengan ten kulo lan keluarga kulo , Yaa ALLAH kulo mohon lebihkanlah derajat ten kulo lan keluarga kulo …Amin.”

  36. bustanul arifin

    assalamualaikum warahmatullahhiwabarokatuh….ane cuma mau bilang kalau kita cinta sama allah,kanjeng nabi muhammad dan para keluarganya setiap kesusahan kita pasti dihilangkan…makanya deketin deh tuh para waliyullah2 baik yang udah meninggal maupun yang masih ada.pasti itu….!!!! ALLAH MAHA BESAR DAN MAHA MEMBERI

  37. SEMOG KT MENDAPAT BAROKAH AMIIIIN…

  38. assalamu’alaikum wr.wb.perbanyaklah jiarah kewaliyulloh

  39. yalah silaturahmi memang perlu kok

  40. Birbarrokatull rizki bagi orang yang memuliakan allah SWT serta Nabi Muhamad SAW beserta sahabat dan keturunannya
    Amin yaa robbal allamin.

  41. Berkah bagi yang memuliakan Al Habib Husen Bin Abubakar Alayidrus

  42. Setahuku umur Habib Luar Batang umurnya hanya 28 Tahun tetapi ilmunya sangat luar biasa dalamnya kata guruku.

  43. haul nya habib husin luar batang tahun 2010 ini tepat nya tanggal dan bulan apa yaa ?? mohon infonya

    • Tanggal 3 Oktober Gan… udah lewat tapi. Rame bener Gan, subhanallah! Mudah2an Allah menjadikan barokah untuk semua yang hadir, semua yang berkeinginan hadir namun berhalangan dan semua yang mencintai Beliau, dan tentu saja Eyang Beliau. Amin.

  44. ada yg pnya foto AL HABIB HUSEIN BIN ABI BAKAR ALIDRUS ga ana minta donk……soalnya Habib Aziz Assegaf shohib ana nyuruh nyarike

  45. assalamu’ alaikum wr.wb mendengar cerita habib luar batang pertama kali berasal dari guru kami KH Zaini Abdul Ghani atau biasa disebut Guru Sekumpul, yang berada di Kalimantan Selatan.setiap pengajian beliau diadakan beribu2 umat muslim datang , Pertama mendengar sekilas tentang habib luar batang langsung jatuh cinta rindu ingin bertemu, lalu saya mencari info tentang Habib luar batang, luar biasa karomah beliau, alhamdullilah saya sudah kesampaian ziarah ke makam beliau habib luar batang, walaupun saya tidak tahu alamat makam Habib luar batang di mana pada waktu itu tetapi kesampaian juga, Ya ALLAH dengan berkat kemuliaan Habib Husien Abu bakar Al Idrus ini, Ya Habib Luar Batang Kabulkan Segala Hajat hamba mu ini di Hindarkan dari segala kesusahan mati dalam keadaan Ber iman AMIN.Insya Allah ulun Ziarah lagi ke makam pian Wahai Habib Husien Abu Bakar Al Idrus / Habib Luar Batang Kabulkan Ya ALLAH.

  46. Puji syukur panjatkan kehadirat Allah swt,atas rahmatnya kita semua…Ya Allah engkau telah turunkan seorang waliyulloh di bumi indonesia,ana mungkin suatu saat ingin berziaroh ke luar batang!semoga saja Allah swt mengabulkan do’a yang banyak dosa ini…Amiin.

  47. assalamu’ alaikum wr.wb mendengar cerita habib luar batang pertama
    Alhamdulillah..Jakarta masih dipelihara Allah Ta’ala dengan taburan maqam kewalian, termasuk shahibul karamah Habib Husein Abubakar Alaydrus ini..Hadaanallahu bil aslaf..amin pertama ana ingin bangat kaya ketarik ke
    makom waliyulloh Alhabib Husein bin Abubakar Alaydrus alhamdulillah ana sampai disana end ana baca surat yasin 3 x end baca solawat ke Nabi Muhammad SAW pd saat itu banjitr serta hujan thn 2002 ane diposisi anaktangga masjid baru setelah selesai baca yasin yg ke 2x ane lihat air naik sampai keanak tangga end lihat kemaqom ,maqom waliyulloh ikut terangat
    sama level sama anak tangga yg ane dudukin , Allohu akbar ……Alloh SWT
    yang Menpunyai dan Menjaga Maqom Waliyulloh Alhabib Husein bin Abubakar Alaydrus . itu cerita ane yg ana alami,mudah2an Alloh SWT Terus menjaga dan memeliharaAnak cucu Nabi Muhammad SAW Serta Maqom Dan kita semua Amin…..

  48. Kalo ana boleh nanya … mulai jakarta pusat naik apa keluar batang ?? soal nya saya orang banjarmasin dan ana mau ziaroh ke maqam habib habib

  49. #CERPEN KHUSUS ORANG YANG SUKA BID’AH IN ORANG#
    dulu waktu tahun 2007, ketika saya masih kerja di PT.YAMAHA MOTOR cakung-pulo gadung. saya punya niat besar untuk ziaroh ke makam habib husen bin abu bakar al aydrus(luar batang). ucapan itu saya ucap, ketika saya sedang bekerja di LEN C bagian body assy. pas kebetulan lagi pegang dibagian sayap jupiter z.

    nah pas kebetulan lagi ada waktu renggang. ga ada lembur hari sabtu&minggu. dan akhirnya niat besar saya itu terlaksana juga.

    dan ketika itu hari sabtu siang kira-kira jam 8 saya langsung berangkat dari kontrakan saya dengan diantar temen saya pake sepeda motor sampe senen. ga sampe ke luar batang. karena temen saya mau ke blok M waktu itu. dan akhirnya saya naik bis 1/4 02 warna biru jurusan senen-pasar ikan. setelah sampe pasar ikan saya turun langsung menuju makam habib husen (luar batang) dengan jalan kaki.

    dan singkat cerita ketika habis ziaroh dan sholat dhuhur dimasjid luar batang. saya langsung pulang jalan kaki sampe pasar ikan.
    setelah sampe pasar ikan saya langsung naik lagi bis 1/4 o2 tersebut.
    setelah saya baru sampe stasiun kota. rasanya saya ingin turun disitu. akhirnya saya turun juga disitu.
    lalu saya bertanya didalam hati saya.(ya alloh ko saya diturunkan disini, kan saya belum nyampe keterminal senen?? terus saya juga kan tidak tau tempat ini dan saya juga belum tau jalan jakarta sepenuhnya. karena saya baru dijakarta belum lama. nanti malah saya kesasar ya alloh … ya alloh saya mohon jangan gerakan saya yang ga-ga …)
    terus setelah saya mengucapkan seperti itu. saya malah digerakan oleh alloh ke jalan menuju harmoni tidak menggunakan angkutan lagi. akan tetapi malah jalan kaki.
    setelah saya jalan menuju harmoni saya berhenti disebuah masjid kebon jeruk kalo ga salah nama tempatnya jl.hayam wuruk.
    terus sya penasaran terhadap masjid tersebut. ko banyak yang berpakaian jubah dan pake imamah dikepalanya.
    terus akhirnya saya masuk masjid sekalian nunggu sholat ashar tiba. dan setelah saya duduk lama sambil liat orang-orang pake baju seperti itu. hati saya rasanya ingin jalan-jalan mengelilingi masjid tersebut. dan setelah mengelilingi masjid tersebut. saya melihat, ko ada makam dimasjid ini?? lalu saya bertanya sama orang yang berjualan dipinggir masjid.
    pa. saya mau tanya. saya liat ko ada makam disitu?? itu makamnya siapa?? terus dijawab. itu makamnya fatimah ho. beliau itu keturunan dari tiong howa yang masuk islam dan memperjuangkan islam didaerah sini. terus saya cuma ngucap subhanalloh. owh gitu ya pa …
    lalu setelah itu saya berziaroh ketempat tersebut sambil menunggu ashar tiba. saya baca sholawat mudhoriyah dimakam tersebut. dan pas akhir sholawatan. adzan ashar tiba. maka saya langsung beranjak ke dalam masjid untuk sholat berjamaah.
    singkat cerita setelah saya mau pulang. saya dipanggil oleh orang tua yang berbaju jubah tersebut.
    singkat cerita. saya ditanya oleh orang tua tersebut.
    mas. terus terang saya tadi melihat gerak-gerik mas dari mulai mas masuk sampe pulang ini. ko kaya’nya aneh??
    terus saya jawab. aneh gimana maksud bapak??
    terus dijawab bapak tersebut. anehnya ya ko ziaroh kekuburan tersebut?? sedangkan mas nich baru kesini.
    terus terang mas. disini tuh pengajian yang melarang hal seperti itu. bukan hanya ziaroh ke kuburan aja yang dilarang. tapi banyak. seperti: sholawat,baca kunut,sholat tarawih,dsb. karena itu semua ga ada dihadis rosululloh. itu berati namanya bid’ah(sesat) nah kalo yang dilakukan mas itu (sesat). kasian mas. ujung-ujungnya dineraka.
    terus terang mas. saya ini ngaji ditempat ini sudah lama dan saya juga ngaji di masjid al furqon yang pas turunan jembatan yang ada disenen dan di masjid bekasi juga.
    dan saya juga sudah pernah berdakwah dipenjuru kota sambil bawa peralatan masak.
    dan emang yang ada dibenak pikiran saya. semua pengajian yang saya liat tuh salah semua. dan cuma ajaran inilah yang menuju ridho alloh.

    nah pas kebetulan yang saya hadapi tuh mantan lurah (maaf. ga bisa saya sebutkan namanya dan tempatnya dimana).

    dan akhirnya saya bertanya sama pak lurah tersebut. dengan pertanyaan sepeleh. tapi membuat sadar beliau (subhanalloh)

    pertanyaanya kaya gini. pa saya mau tanya?? terus dijawab. ya mas, mau tanya apa??
    saya mau tanya. tentang sholawatan aja. kata pak lurah sholawatan itu bid’ah dolalah. sedangkan sholawat ini pernah diucapkan nabi. dan saya cuma mau tanya. nabi siapa yang pertama kali bersholawat dan dimana tempatnya dan untuk apa sholawat tersebut diucapkan??
    lalu pak lurah diem tidak bisa menjawabnya. lalu pak lurah suruh aku menjawab pertanyaan saya sendiri.
    (dihati saya cuma ngomong. ko saya tanya, malah dijawab sendiri?? gila kali yee …)

    terus saya jawab. nabi yang pertama kali membaca sholawat adalah NABI ADAM AS. dan dimana tempatnya?? DI SURGA. dan sholawat tersebut diucapkan waktu apa?? WAKTU IJAB KOBUL ANTARA NABI ADAM AS DAN SITI HAWA MENIKAH. itulah MAHAR nabi adam as.

    tuh nabi adam aja ijab kobulnya pake mahar nya sholawat kepada nabi muhammad saw waktu menikah. berati kita ini juga kalo mau selamat akheratnya juga mahar nya harus pake sholawat. karena sholawat yang kita baca itu pujian kepada sang kekasih untuk minta safaatnya. namanya aja pujian pak lurah. ya biarin yang dipuji tuh merhatiin kita. ibaratnya pak lurah waktu masih muda. muji sama bu lurah tuh gimana?? ko sampe bu lurah seneng sama pak lurah …

    nah terus itu pujiannya kpada nabi muhammad saw, gimana?? ya terserah yang mencintainya … pokok intinya pujian tersebut jadi sebabnya dia tuh seneng dengan kita. paham ga pa lurah?? terus dijawab pak lurah. owh kaya gitu toh … subhanalloh … astaghfirulloh …

    singkat cerita beliau sadar. dan akhirnya beliau haji. dan beliau meninggal disana. tidak bisa dibawa pulang ke indonesia.
    dan ibu lurah menyampekan salam dari pak lurah buat saya, ketika akhir mau meninggalnya beliau.

    saya cuma meneteskan air mata ketika bu lurah tersebut cerita seperti itu kepada saya. dan saya tidak lupa ber do’a kepada pak lurah, mudah-mudahan beliau bertemu langsung sama sayidina muhammad saw. dan saya juga mendapatkan safaatnya beliau. amiin.

  50. Hidayattullah

    aslmu’alaikum wr,wb.
    Yaa.. ALLAH yg mha pengasih lagi maha penyayang….
    tiada kasih sbesar kasih ku pada MU, tiada sayang sebesar sayang ku pada MU. Yaaa ALLAH hamba MU ini lum sama sekali mengamalkan ajaran2 MU, ajaran2 islam,ajaran2 nabi2 MU juga nabi besar NABI MUHAMMAD s.a.w.
    ajaran2 dari para waliullah… tetapi jauh di dalam lubuk hatiku aq ingin sekali menjadi org2 yg BENAR . namun aku sudah terjerumus dalam lubang kemaksiatan yang paling di benci MU yaaa ALLAH, sunguh aku mnyesali semuanya ini ,.. yang jadi pertanyaan ku slama ini adalah
    ” Apakah aku masih bisa di maafkan dan masi bisa jadi orang benar?” akhir kata aku ucapkan WASSALAMU’ALAIKUM wr, wb.

  51. ahlan wa sahlan ya habibana husein alaydrus dan para mukmin.
    mudah2an atas berkah/karomah dari habibana husein alaydrus kita semua diselamat dari api neraka yg bahan bakarnya adalah manusia
    yaa robbi takkobal…
    bibarkati hadi muhammad saw . amin ya allah

  52. yaa allah tambahkan aulia d sisi engkau n mudahan hamba mu dengan berkatkramat auliadpt mnrut jalan aulia n dpt ilmu sperti aulia juga amin

  53. saya sudah 2 kali ke sana.. subhanallah…begitu kerasa karomah beliau..
    .ada rasa rindu untuk datang kesana lagi ..

  54. Muhammad Fitri Al-Aydarus

    Saya dari Singapura, dan Saya mahu datang ke jakarta 30 november 2011 ini.. Saya mahu jumpa Habib di jakarta.. sesiapa ada maklumat please add me in my email

    Ahmadanimator@yahoo.com.sg

  55. sungguh beruntung kita dekat dengan para Aulia dan keluargaNya

  56. subhanallah

  57. Ya ALLAH sampaikanlah Sholawat dan Salam kepada Baginda Rasulullah SAW, Muliakanlah Beliau Setinggi-tingginya Ya ALLAH, Ya ALLAH, Sampaikanlah Hajatku utk Berziarah ke Maqam Walimu Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus, Luar Batang.
    Habib… ana & keluarga pengen sekali berziarah ke tempatmu Habib… Kerinduan ingin menemuimu sudah lama ana tahan…

  58. alhamdulillah kemaren terkabul juga bisa ziarah ke makam mbah priuk dilanjut ke habib husein luar batang

  59. alhamdulillah terkabul juga bisa ziarah ke makam mbah priuk dilanjut ke makam habib husein luar batang kemaren

  60. Iwan Kadir Husin

    ” Ass wr wb. Alhamdulillah .. terkenang aku beberapa kali pernah mengunjungi Maqom beliau.. entah mengapa aku senang jika kesana apakah nama beliau sama dengan Kakekku yg lahir di Lampung bernama Husin bin HM Yusuf beliaupun keturunan Banten yg hijrah ketika turut berperang melawan Belanda dimana Lampung adalah basis pertahanan terakhir di Indonesia. kakekku Husin bertubuh Tinggi dan Buyut akupun HM Yusuf tingginya +/- 2,5 meter Wallahu alam.. memang Maqamnya masih ada dirumah besar kami di Kota Talang Padang-Lampung Selatan yang konon cerita Saudara2 disana bhw beliau Naik Haji dengan Berjalan Kaki. Maaf .. sedikit tambahan Istri dr kakekku Husin bernama Halimah bin Abdulkadir dan beliau seorang Ahli Ibadah berketurunan Asli Tionghoa ( Cina Daratan ) istilah umum disebut Manusia Perahu yang sempat bermukim di Pulau Bangka ( Belitung ) .. Hmm jadi teringat Lagu Nenek Moyangku seorang Pelaut.. Ttg Kakekku semasa hidupnya senang sekali berjalan kaki dengan jarak yang jauh/ berkelana ketika stlh Jaman Perang, mohon maaf .. aku rindu berkunjung ke Makam mereka juga rindu ke Maqam HAbib Husein bin Alaydrus.. saat aku menulis ini Aku sedang merindukan Bangsaku Indonesia berubah untuk lebih baik dalam Akhlaknya sebagai harapan Para Leluhur yang selalu menjaga Martabat Kemanusiaan dimana Rakyat sedang mengalami Gejolak yang panjang krn Pendidikan Kemunafikan para Dajjal menjadikan Indonesia tercerai berai.. aku takut jika semua terlambat dan Kita tidak bisa memperbaiki diri dalam beribadah di Alamnya yang Suci ini krn Kesedihan para leluhur/ pejuang Pendiri Republik dpt menjadi Do’a yang terkabulkan sehingga Peringatan Saudara Alam akan datang dengan Keras tanpa diiduga sebelumnya terutama di tahun 2012 ini, Wallahu alam bishawab, terima kasih kepada siapa saja yg brkenan membaca tulisan ini, mohon maaf sebelum dan sesudahnya dan jika ingin berkenalan kunjungi aku di Facebook bernama Alif Perkasa atau Iwan Husin dan e-mailnya iwan_husin@ymail.com telponku di Hp 081911103355. sekali lagi terimakasih, salam INDONESIA SATU .. Wassalam wr wb. “

  61. afwan, jika saudara ane memiliki rekaman maulid barjanzi sudi untuk berbagi, karena maulid barjanzi di kampung sudah mulai tidak ada yang membacanya lagi khususnya bagi anak2 mudanya padahal maulid barjanzi merupakan bacaan wajib/pakaian orang2 tua ane di kampung ULUJAMI.

  62. Memuliakan hamba Allah terutama para habaib sangatlah besar pahalanya, semoga blog anda ramai dikunjungi org yg menyukai sejarah dan para ulama

  63. Tanggal berapa haul akbar beliau tahun ini…?

  64. trim atas referensinya..salam kenal..

  65. kami berempat abang dan adik ziarah kemakam habib husin alidrus . tanggal 30 desember 2009 . kami dari kota Kisaran Asahan .sumut. `1. Ir H. Said yahrazad Taufik Alidrus. 2 . Said Arfinsyah Ilham Taufik Alidrus 3. Said Syhfitra Taufik Alidrus . 4. Said Din Hidayat taufik Alidrus.. KAmi sholat Magrib Bejamah.. Menurut Otok kami dari Palembang .Sumsel. turunan arab dgn memakai nama said dan bermarga . ALIDRUS.

  66. aslam mm ww.trimakasih atas penjelasan,y saya jadi mengrti silsila hbib husen yg sangat trkenal di pulo jawa brtmpat di luwar batang pasar ikan jakarta utara wasalm

  67. subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH.

    subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH..

    lailaha anta subkhanaka
    inni kuntu minaddholimiin..

  68. bin abdul khafid bin musikan al bankalaniy.

    subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH.

    subkhanaALLAH..

    subkhanaALLAH..

    lailaha anta subkhanaka
    inni kuntu minaddholimiin..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s