SYECK ABDUL QODIR AL JAILANI (PEMIMPIN PARA WALI)

Nama lengkap beliau adalah Abu Soleh Muyhidin Abdul Qadir bin Musa Aljaelani Alhasani Alhuseini , dilahirkan di suatu tempat bernama “JAELAN” pada tanggal 1 romadhon tahun 471 H suatu daerah yang terletak dibagian luar dari negeri THABARISTAN. Beliau masih ada nasab dengan Rosululloh SAW.Beliau sejak muda gemar menuntut ilmu diantara guru-guru beliau adalah Syeck Abi al wafa’ , Syeck Abil Khaththab al kalwadzani, dan Syeck Abil Husein Abu ya’la, dan masih banyak guru-guru lainnya . Syech Abdul Qodir Al jaelani dengan penuh jeripayah berusaha memperoleh ilmu -ilmu agama seperti ilmu Fiqh, ilmu adad, ilmu thoriqoh sehingga dirinya menyebabkan menjadi seorang yang a’lim .

Beliau selalu dalam keadaan suci ( mempunyai wudhu terus) mengerjakan sholat subuh masih menggunakan wudhu’ yang diambil ketika hendak mengerjakan sholat isya’. Apabila berhadast maka beliau cepet-cepat mengambil air wudhu’. Setiap malam sehabis sholat isya hingga menjelang sholat subuh waktu nya dipergunakan untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT dengan memperbanyak dzikir, tafakkur dan bertawajjuh kehadiratNYa. Sehingga beliau kurang tidur. Bagi beliau mempunyai pendirian hidup yang selalu didasarkan kepada tuntunan ajaran islam, beliau lebih suka makam rumput yang halal dari pada roti yang diperoleh dengan jalan Syubhat(samar) ini sikap kehati-hatian terhadap kehidupan dunia ini terutama terhadap benda apa saja yang syubhat kedudukannya apalagi terhadap benda yang jelas-jelas haram hukumnya.

Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas. Selama 25 tahun Syech Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai pengembara Sufi di padang pasir Irak dan akhirnya dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq (528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Bagdad pada tahun 656 H/1258 M.

Diceritakan dalam kitab Manakib Syeck Abdul qodir al jalelani bahwa beliau melihat Cahaya agung yang memenuhi ufuk dan dari balik cahaya itu kemudian keluarlah sebuah gambaran tubuh ,lalu terdengar lah suara memanggil beliau: “Hai Abdul Qodir …!! Akulah Tuhan Mu !! sekarang aku nyatakan kepadamu bahwa semua yang haram aku halalkan padamu.” Maka berkatalah Syeck Abdul Qodir Al Jaelani :”aku berlindung kepada Alloh Dari syaithon yang terkutuk”, kemudian beliau ditanya,”Dari manakah kamu mengetahui bahwa dia aku ini syaithon…? Beliau menjawab dari perkataanmu “Telah aku halalkan yang haram padamu.”sebab aku (Syeck Abdul Qodir Al jaelani) tahu bahwa Alloh tidak pernah memerintahkan untuk berbuat kejahatan.”

Dikisahkan pula pada saat ibunya sudah berusia 60 tahun. Kemudian setelah ia menanjak ke masa remaja, ia pun minta izin pada sang ibu untuk pergi menuntut ilmu. Oleh sang ibu, ia dibekali sejumlah uang yang tidak sedikit, dengan disertai pesan agar ia tetap menjaga kejujurannya, jangan sekali-sekali berbohong pada siapapun. Maka, berangkatlah Syechk Abdul Qodir muda untuk memulai pencarian ilmunya. Namun ketika perjalanannya hampir sampai di daerah Hamadan, tiba-tiba kafilah yang ditumpanginya diserbu oleh segerombolan perampok hingga kocar-kacir. Salah seorang perampok menghampiri Syeck Abdul Qodir, dan bertanya, “Apa yang engkau punya?” Syeck Abdul Qodir pun menjawab dengan terus terang bahwa ia mempunyai sejumlah uang di dalam kantong bajunya. Perampok itu seakan-akan tidak percaya dengan kejujuranSyeck Abdul Qodir, kemudian ia pun melapor pada pemimpinnya. Sang pemimpin rampok pun segera menghampiri Syeck Abdul Qodir dan menggeledah bajunya. Ternyata benar, di balik bajunya itu memang ada sejumlah uang yang cukup banyak. Terheran-heran kepala rampok itu lalu berkata kepada Syeck Abdul Qodir: “Kenapa kau tidak berbohong saja ketika ada kesempatan untuk itu?” MakaSyeck Abdul Qodir pun menjawab: “Aku telah dipesan oleh ibuku untuk selalu berkata jujur dan tidak boleh berbohong . Dan aku tak sedikitpun ingin mengecewakan ibuku ” Sejenak kepala rampok itu tertegun dan merenung dengan jawaban syeck Abdul Qodir, lalu berkata: “Sungguh engkau sangat berbakti pada ibumu, dan engkau pun bukan orang sembarangan.” Kemudian ia serahkan kembali uang itu padaSyeck Abdul Qodir dan melepaskannya pergi. sejak saat ituKepala perampok beserta anak buahnya diberi Hidayah Oleh Alloh SWTdan bertaubat untuk tidak melakukan perbuatan merampok lagi.

Dan diantara Karomah Syeck Abdul Qodir Al Jaelani yang di terangkan dalam kitab Lubabul ma’ni, pernah ada seorang wanita berkunjung kepada Syeck Abdul Qodir Al jaelani dengan membawa anaknya agar berguru kepadanya, kemudian diperintahkan agar ia bermujahadah dan menlajani cara-cara hidup nya para ulama shalapus sholeh, lalu pada suatu saat wanita tadi melihat anaknya sangat kurus dan mengetahui anaknya makan roti yang basi dan buruk dan ketika wanita itu masuk ketempat Syeck Abdul Qodir Al jaelani dilihatnya ada tulang-tulang ayam bekas dimakan daging-dagingnya, maka wanita itu menanyakan tentang hal itu, kemudain Syeck Abdul qodir Al jaelani meletakkan tangannya diatas tulang-tulang ayam itu seraya berkata ” Bangkitlah dengan izin Alloh yang telah mengidupkan tulang-tulang yang telah hancur.” Makabangkitlah tualng-tulang itu menjadi ayam kembali seraya berkokok” laa ilaha illalloh muhammad rosululloh syeck abdul qodir waliyulloh..”

Peristiwa ini adalah merupakan Khoriqul ‘adat (diluar kebiasaan ) atau karomah yang diberikan Alloh SWT kepada wali-wali alloh, meskipun demikian itu menurut akal manusia biasa digambarkan sebagi suatu kejadian yang sama sekali tidak dapat diterima oleh oleh akal itu sendiri , akan tetapi bagaimana pun kenyataan peristiwa itu membuat akal manusia menjadi sadar untuk berkesimpulan betapa besar kekuasaan Alloh.

62 responses to “SYECK ABDUL QODIR AL JAILANI (PEMIMPIN PARA WALI)

  1. subhanalloh…….sungguh kisah yang sangat patut dijadikan contoh, semoga kita bisa meneladaninya

  2. salam kenal buat cheya…

  3. Ass..mas rony’ana Tinah Aloumni Assalamiyah 2003 salam kenal ya…

  4. Alhamdulillah ..ketemu juga Alummni Assalamiyyah…salam kenal juga buat tina

  5. Waw crita yang sungguh mengesankan dan mengagumkan

  6. allohu akbar

  7. ALLOHU AKBAR

  8. Asyhadu ‘allaa ilaaha illallah wa ‘ashadu anna Muhammadarrosuulullah syech abdul qodir jaelani waliyullah,….

  9. assalamu alaikum wr wb;
    kalau gak salah itu dikutip dari kitab lubabul ma’ani.
    mohon kiranya mas mengabarkan bagaimana caranya saya bisa mendapatkan kitab tersebut.

  10. assalamu alaikum wr wb”
    bersifatlah jujur karena kejujuran itu adalah sifat yang paling utama untuk hidup bermasyarakat”

  11. Assalamu alaikum wr wb

    laa ilaha illalloh muhammad rosululloh syeck abdul qodir waliyulloh..”

    bacaan di atas diambil dari kitab apa ya?
    kalau boleh saya tau?
    terimakasih

    wassallam

    Waalaikumussalam
    Salam kenal

    Bacaan tersebut ada dalam kitab kitab Lubabul ma’ni,

  12. hadirilah dzikir manaqib syech abdul qadir al jaelani bersama kh.junaedi al baghdadi

  13. jamaah manaqib bkz

  14. buat pasya
    aku juga jamaah nya abah junaedi
    walau sekarang jarang ke sana
    tetapi beliau tetap aku anggap guruku tercinta.

  15. GUSHEN AL QODIRI I JBR

    BIBAROKAH WALKAROMAH SULTONIL AULIAI SYECH ABDUL QODIR AL JAELANI RA WABISAFAATI NABIYIKA MUHAMMAD SAW BIIDNILLAHHI WARIDULLAHI YA ALLAH YA ALLAH ALLAH INNAKAALA KULLISAINGQODIR…

  16. SEMOGA ALLOH SWT MENJADIAKAN BAGIAN DARI PADA MURID SYEIKH YANG AGUNG ABDUL QODIR RAJANYA PARA WLIYULLOH

  17. subhanallah

  18. Buat tmn 2 jamaah abah yg di muliakan allah ak kepingin ngadain jamaah manakib di daerah brebes cos di brebes blm mengenal sosok abah junedi tp ak yakin jika abah ke brebes maka akan tumbuh tunas br di brebes yg insya allah akan besar kaya di bekasi atau jember buat abat i love you fuul we love you abah LUAR BIASA LUAR BIASA LUAR BIASA……….

  19. maka benahilah dr kt sblm mengkaji kesalahan dan kelemahan orng lain,……. mari kt perbanyak bersihkan ht dan mr kt tgktkan IMTAQ kpd allh swt . salam untukmu y rsull allh, salm u mu GURU BESAR SYEKH ABDUL QODIR JAILANI………

  20. s emoga lbh byk wali alloh yg ad indonesia amin

  21. Aq fans berat abdul qodir aljaelani

  22. tambahin dong kisahnya …makasih

  23. Alhamdulillah…disini (kairo) kita mengadakan kajian tafsir Syeh Abdul Qodir jaelani setiap hari senin…

  24. i love u abah… i miss u..

  25. abah lani luar biasa,sy akan banyak belajar tentang bagaimana menjalani hidup,,,,,,???? dan akan sy jadikan panutan dalam hidup sy,,,,,,,,,,amin.

  26. alhamdulilah puji dan sukur kehadirat ALLOH SWT kehidupan yang sekarang ini tak terlepas dari laku dan lampah kita,masihkah kita ingat akan diri kita,asal usul kita,dan apakah kita masih terbawa nafsu jasmani kita…..ingat kususnya untuk diri aku sendiri,diantara satu pilihan Ruh kuasai jasad apa jasad kuasai Ruh,semoga kan terwujud menjadikan gagasan untuk kita semua,,,,dan bisa diwujudkan,,,,,,amin

  27. penghulunya para wali…
    Guru jin dan manusia…

  28. subhanallah sungguh besar kekuasaan Allah yang diberikan kepada beliau semoga kita bisa mengikuti ajaran mereka dengan qhusu seperti nabi muhammad saw.lebih jelasnya mari praktek sama-sama di jalan mereka

  29. Kami Pecinta Beliau…

  30. Yayan Sunarya

    Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Alloh dan hubungi/carilah washilah (jalan, media, perantara) untuk bisa mendekatkan diri kepada Alloh, dan berjihadlah di jalan-Nya supaya kamu mendapat keberuntungan (QS Al-Maidah:35)

  31. Semoga kita semua termasuk dari murid Sekh Abdul Qodir Al Jilani, yg dijamin oleh beliau bahwa tidak akan dicabut roh (para murid 2 nya) sebelum Allah mengampuni sebelumnya…. Karena janji Allah yg diberikan kepada Sekh, wallahu a’lam

  32. NUR KOMAR Bin ADBULHADI AL NAPIE AL JENIH

    ASS…
    Alhamdulillah Wala Ilaha Illohi Muhammad swt.
    ASS…. para GURU Habaib, Kyai, Ustadt, Dan Cendikiawan.
    Ahlan saudara kaum muslimin wal muslimat,
    Saya sebenarya ingin membagikan risalah hati saya dan berdoa ada yang mau membimbing hati saya diatas risalah pemahaman sejarah SUFI/WALIALLOH, Siapakah ASS SYEKH AL IMAM AL BAQIE AL MUQODAMM MUHAMMAD Bin ALI BA’AWI.
    ASS SYEKH AL IMAM ABDUL QODIR AL JAELANI ( Pemimpin wali timur ) ASS ABDULLOH AL MAGRIBIE ( Pemimpin wali barat ).

  33. maha suci ALLAH atas segala karunia yang telah diberikan pd syekh abdul qodir al-jelani.semoga ALLAH tetap menjaga keimanan dan meningkatkan ketakwaan kita.amin…amin…ya robb.

  34. Subhanallah, maha suci Engkau yaa ALLAH dengan segala Kebesaranmu.
    setelah ini, smoga kita semua mendapat hidayah untuk lebih baik dari hari kemarin… amiiinnn..

  35. syuchalint 212

    assalamu”alaikum……
    ak cari geografi
    HB.HAMID SOKARAJA….

  36. allahummank sur nafahti ridwani alaih wa amiddana bil asrori lati aw ad taha ladaih

  37. lailaahaillallah,,, 2x
    muhammadurrasulullah syekh abdul qodir waliyullah…

  38. SUBHANALLAH

  39. Ya alloh ya rosulalloh ya syehk abdul qodir jailani wali yalloh.

  40. ditunggu sejarahnya syeh lagi…

  41. Subhanallah ini kebesaran الله

  42. maha suci Alloh yg maha menganugerahi

  43. asslamualaikum.. maaf ust.. saya mau nanya..(darimana dasar atau hujjah yg menyatakan syeh abdulqodir aljaelani sbgai rajanya wali, ataupun pemimpinya wali? lalu lebih tinggimana kdudukan beliau dg para sahabat. dan lebih mulia mana? dan lebih dkat mana kpda alloh.. kami tnggu jwban anda.. jazakallah khoir

  44. subahanallah syeh afdulqodirjailani wali allah.

  45. mdh2an dgn kita membaca bsa menjadi motivasi utk hidup utk menuju aherat,,,,,

  46. Assalamualaikum wali yulmuslimin wali yalloh.

  47. Muslim tersenyum dan mendapat dua permen ia membuka yang pertama dan terus yang lain ditutup.

  48. tidak lepas dari lampah dan laku….

  49. subkhanallah
    saya g’mau komentar cuma mau tanya
    bagaimanakah caranya untuk mengetahui waliyullah yang masih ada dan hidup dizaman sekarang ini.
    terimakasih

  50. kanjeng sulton syekh Abdul Qodir Jaelani Qoddassallohusirrahu Wal Azziz guru semua makhluk,salam utk semua mukminin dan mukminat al ahya i minhumwal amwaat birrahmatika ya arharrohimin

  51. “SubhanaALLAH” mudah2 an kt sabarataan dpt Hidayah & inayyah dr Allah SWT…
    Amien.. ya rabbal ‘alamiin

  52. Alaham dulillah..dengan kehendak allah..saya senag gini..bisakah kita gabung.

  53. assallamu’allaikum…wr wb.. subhanallah.,.maha suci engkau ya allah ,yg tlah melimpahkan rahmat dan inayahnya…kpda kita smw

  54. Sungguh Luar Biasa dan Patut Untuk Ditauladani … Semoga !!!

  55. Segala fuji bagi allah yang telah menciftaan nyaj

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s