KH.SYAFI’I HADZAMI (SUMUR YANG TAK PERNAH KERING)

KH.SYAFI’I HADZAMI

Muallim Syafi’i panggilan tersebut akrab di telinga murid-murid beliau. Kedalaman ilmu serta ketawadhuan beliau memang pantas rasanya bila KH.Syafi’i Hadzami mendapat julukan Muallim Jakarta, sejak muda beliau gemar sekali menuntut ilmu dan tak pernah merasa puas terhadap ilmu yang beliau miliki, maka tak heran bila beliau menguasai beberapa fan ilmu seperti Ilmu Fiqih, ilmu Falaq, ilmu Hadist , Ilmu Tauhid dan berbagai disiplin ilmu-ilmu lainnya. Salah satu Guru beliau yang sangat beliau Hormati adalah Syech Muhammad Yasin bin Isa Al Fadani seorang Ulama terkemuka dari Mekkah yang bergelar Musnidud Dunya, dan guru- guru beliau lainnya adalahKyai Husain, K.H. Abdul Fattah, Ustaz Sholihin,Habib Ali Bungur, Habib Ali alhabsyi kwitang K.H. Ya’qub Sa`idi, .

Beliau Bernama Muhammad Syafi”i putra Bewati lahir pada tgl 31 jan 1931 ayahnya bernama Muhammad Saleh Raidi, gelar Hadzami diberikan oleh guru-guru dan para Ulama karena kedalaman ilmu yang beliau miliki dalam memahami serta menjelaskan masalah-masalah yang tergolong rumit untuk dipahami dan Muallim Syafi’i dengan mudah menjelaskan masalah-masalah tersebut dengan berbagai sumber referensi yang beliau miliki. Muallim Syafi’i mengajar dibeberapa majlis ta’lim di Jakarta bahkan menurut penuturan murid beliau sebelum meninggalpun Muallim Syafi’i Hadzami masih sempat mengajar di Masjid Ni’matul Ittihad pondok pinang jakarta selatan,Majlis -majlis ta’limnya tak pernah sepi selalu dipadati oleh jamaah yang berasal dari berbagai kawasan Jabotabek bukan hanya dari kalangan umum saja yang mendatangi majlis beliau bahkan Para Ulama serta para Asaatidz turut hadir dalam menimba ilmu dari beliau. Waktu yang begitu berharga tidak beliau sia-siakan untuk hal hal yang tidak berguna, beliau pergunakan seluruh waktunya untuk mengajar dan membimbing umat, dan salah satu bentuk ketawadhuan beliau adalah beliau selalu menganggap guru terhadap para ulama dan para Habaib walaupun kapasitas keilmuan yang beliau miliki melebihi para ulama dimasanya. Beliau tekun selalu membaca dan menelaah kitab-kitab, karya beliau yang termashur adalah Kitab Al Hujjalul Bayyinah , Kitab Sullamul’arsy fi Qiraat Warasy yang berisi tentang Kaedah Bacaan Alquran Imam Warasy,Kitab Taudhihul Adillah , 100 masalah Agama,Risalah sholat tarawih, risalah Qoblyah Jum’at.

khsyafii-hadzamikanan.jpg

Karisma keulamaan yang tampak dalam diri Muallim Syafi’i memancar , beliau bukan saja dikenal di indonesia tapi kedalaman ilmu beliau juga dikenal di luar negri seperti di Mekkah dan Hadromaut Tarim.Beliua juga sering mendapat kunjungan dari beberapa ulama Tarim seperti Alalamah Habib Umar bin Hafidz pengasuh pon-pes Darul Musthofa Tarim Hadromaut.

 

Ba’da mengajar di Masjid Ni’matul Ittihad tepatnya tanggal 07 may2006 beliau merasakan nyeri di dada dan sesak napasnya, hingga akhirnya Muallim Syafi’i dilarikan kerumah sakit RSPP pertamina namun ditengah perjalanan Alloh SWT memanggilnya untuk kembali menghadapnya, retak agama….rengat agama…dengan meninggalnya orang alim….linangan air mata mengalir dari murid-murid serta orang-orang yang mencintai beliau ,ribuan orang berdatangan kerumah beliau untuk mensholati bahkan menurut penuturan murid beliau yang mensholati jenazah Muallim Syafi’i tak putus-putus dari pagi hingga malam hari.

 

WWW.SACHRONY.CO.CC

 



30 responses to “KH.SYAFI’I HADZAMI (SUMUR YANG TAK PERNAH KERING)

  1. Alhadulillah, Semoga masih tersiasa Mua’alim-lainya… yang ikhlas mengajar di Taklim.

  2. Tony Burhanudin

    Beliau ulama besar, bersyukur beliau pernah mengunjungi Masjid dekat rumah saya. itulah pertama dan terakhir kali saya melihatnya. Tapi saya sekarang mengaji dengan salah satu murid beliau

  3. sebagai orang betawi ane merasa kehilangan beliau,untungnya masih ada murid2 nya yang masih mau mengamalkan ilmu beliau pada orang lain…

  4. al hamdulilah saat beliau wafat , saya sempat menatap wajahnya dan turut menggali makam utk mualim dengan orang tua dan beberapa ustad… semoga akan lahir mualim mualim yg lainya dari murud murid Arbain..

  5. semoga beliau selalu disisi Allah SWT
    dan smoga beliau ditempatkan,di tempat yang layak(surganya Allah SWT) AMIN……….

  6. Aku jadi pingin seperti kh M syafi’i hadzamai, aku jadi pingin cepet pintar

  7. alhamdulilah walaupun sedikit ane udah dapet tambahan ilmu dari ustadz yang pernah belajar kepada beliau ……, insyaAllah berkah

  8. Semoga Allah menerima segala amal ibadahnya, mengampuni segala dosanya, dan di tempatkan di surganya Allah swt…. Amiiiin

  9. MUHAMMAD LUKMAN HAKIM CAHYA

    smoga alloh menerima smua amal ibadah tuan guruku tercinta kh,muhammad syafi’i hadzami..dan alloh menempatkan bliau disamping nabi muhammad saw….amiin ya allohu ya mujiib…dan smoga alloh mmberikan kekuatan dan ktabahan kpd yg ditingglkanya….

  10. ya allah terima lah amal ibadah beliaw dan tempat kan lah beliau pada surga firdaus mu ya allah ….

    amienn ……..

  11. sulit sekarang mencari guru yg ilmu nya seperti beliau

  12. Pesan dari mualim terhadap jamaah waktu ane ngaji, belajar pada ust bunyamin yang mempunyai ketawaduanya tinggi

  13. Alhamdulillah ana termasuk murid beliau sejak 1989 meski ga setekun yang lain. Sulit mencari ulama se’alim beliau. Alloohummaghfir lahuu warhamhu wa ‘aafihii wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahuu waj’al qobrohu min riyaadhil jinaan waj’alil jannata matswaahu

  14. Alhamdulillah . Mudah – mudahan ane masih bisa menimba ilmu – ilmu nye dari salah satu muridnye yaitu KH . ABDUL JAWAD PONDOK BAMBU . AMIN salah satu muridnye yaitu KH . ABDUL JAWAD PONDOK BAMBU . AMIN

  15. Alhamdulillah . Mudah – mudahan ane masih bisa menimba ilmu – ilmu nye dari salah satu muridnye yaitu KH . ABDUL JAWAD PONDOK BAMBU . AMIN

  16. abdurrahman belajar islam

    assalamu’alaikum salam ukhuwah islamiah,
    pas ane pulang sekolah tiba tiba langit gelap,ane punya firasat bahwa ada mualim yang wafat, ketika melewati memasuki jl.kh syafi’i hadzami jalanan ditutup..ane sampai tak bisa mendekat pesantren yang beliau dirikan, ane salah satu jama’ah yang mendengarkan tausiyah agama beliau di masjid ni’matul itihad

  17. dimana saya bisa memperoleh buku K.H. Syafi’i Hadzami yg judulnya tanya jawab di radio cendrawasih …….. (saya lupa), kalo g salah yg dibahas masalah ibadah mulai dari a-z, karena saya hanya baca sekilas. tolong infonya ya…syukron katsiron.wass

  18. Sungguh tinggi ahklak mualim ini,menghargai dan menghormati murid yg dikenal maupun yg tdk dikenal,,,bukti suri tauladan Nabi ada pada beliau.Semoga Allah mengampuni dosanya..Amiiin

  19. Subhanallah, smoga banyak umat Islam yang mau belajar agamanya dengan lebih semangat untuk menyempurnakan pemahaman seperti yg telah dilakukan beliau almarhum…

  20. Ane memang tidak pernah berguru dan bertemu beliau tapi ane berguru pada salah satu murid beliau. Subhanallah, ane hanya kenal melalui cerita dan biografi beliau. Ane sangat mengagumi beliau karena ketawadluannya dan ilmu yang Allah berikan kepada beliau, sampai-sampai ane menamakan nama anak ane Muhammad Syafi’i Hadzami. Mudah-mudahan Allah merahmati beliau dan anak ane bisa seperti beliau karena kesalehannya. Barakallah…..Amin

  21. Ass wr.wb saya mau tanya kalau mau beli buku karangan mualim syafi’i hadzami dimana? Wasalam

  22. cintaku takakan pernah tertinggal untuk beliaw

  23. cintaku takan pernah tertinggal untuk beliau

  24. aslm. bang, punya bukunya gak judulnya “sumur yang tak pernah kering” itu.. kalo ada bisa ane beli gak bang ???

  25. saya sangat sedih atas mninggalnya muallim krena swaktu kcil saya slalu ikut mngaji dgn salah satu murid kesayangannya kakek saya alm.kh.tibridzi tohir mdah”an bliau brdua diterima disisi allah amin…

  26. ane pernah berkunjung ke kediaman beliau pada tahun 2004/2005 bersama pembimbing Himpunan Remaja Mushollah At-Taqwa (HARISMA) di batusari, kebon jeruk, jakbar. Kala itu kami bermaksud untuk meminta fatwa juga masukkan untuk membangun mushollah yang sudah cukup tua usianya di kawasan tersebut menjadi masjid, karena masjid jami terdekat di daerah kemanggisan sudah tidak dapat menampung dengan baik para jamaahnya saat sholat jumat. Saat itu ane sangat kagum dengan cara beliau menghormati tamu, tak satupun para tamunya luput dari suguhan makanan & minuman. Secangkir teh manis hangat, bersama dengan kehangatan beliau, sungguh beliau seorang ulama yang sangat santun, tawadhu, dalam ilmunya sebagai orang yang sering dimintakan fatwa. Ya Allah… aku sangat merugi tidak dapat menimba ilmu lebih dalam lagi padanya padahal ilmunya bersanad sampai ke Rasul-Mu. Semoga Allah tunjukkan ane mursyid yang sampai pula sanad ilmunya kepada beliau, dan juga mursyid lainnya yang sanad ilmunya hingga ke Rasulullah SAW. Aminn.

  27. begitu rajin nyan antuk menuntut ilmu subahanaulaoh

  28. YA ALLAH jadikan lah keturunan kami seperti beliau amin ya rabbal alamin

  29. Subhanallah qodarullah
    qodassallahu sirruhu

Berikan Balasan

