KH.SOLEH DARAT (GURUNYA ULAMA JAWA )

Nama Kyai Haji Soleh Darat memang tidak setenar Para Ulama di Tanah Air sekaliber KH.Nawawi Albantani dan KH.Hasyim Asyari, namun dibalik kemasturan tersebut KH.Soleh Darat merupakan sosok ulama yang memilki andil besar dalam penyebaran Islam di Pantai Utara jawa Khususnnya di Semarang. Murid yang pernah berguru kepadanya adalah KH.Hasyim Asy’ari Pendiri ponpes Tebuireng dan Pendiri Jamiyyah Nahdlatul Ulama {NU) dan KH.Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyyah.

Mbah kh sholeh darat

Beliau Bernama Muhammad Saleh lahir lahir di Desa Kedung Jumbleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara pada sekitar tahun 1820 , ayah beliu bernama KH.Umar sosok ulama yang teerkenal pada masa Pengeran Diponegoro. Sejak kecil Kh.Saleh Darat mendapat tempaan ilmu dari Ayahnya yang memang seorang Ulama, setelah dirasa cukup lama belajar dengan ayahnya, KH Saleh Darat melakukan pengembaraan keberbagai tempat dalam menimba ilmu hingga akhirnya Beliau berkesempatan belajar di Mekkah, Disana beliau berguru dengan Ulama -ulama besar diantarnya Syaikh Muhammad Almarqi, Syaikh Muhammad Sulaiman Hasballah, Syaikh Sayid Muhammad Zein Dahlan, Syaikh Zahid, Syaikh Umar Assyani, Syaikh Yusuf Almisri serta Syaikh Jamal Mufti Hanafi dan Kh Saleh Darat bertemu dengan santri -santri yang berasal dari Indonesia antara lain KH Nawawi Al bantani dan KH Muhammad Kholil Al Maduri.
Nama Darat yang disandangnya merupakan sebutan masyarakat untuk menunjukan tempat dimana Kh Saleh tinggal yaitu di kampung darat yang masuk dalam wilayah kelurahan Dadap sari kecamatan Semarang Utara. Sebagaimana Kebiasaan Para ulama dahulu selalu menyebutkan Daerah Asal dibelakang namanya seperti Al Bantani ( Banten), Al Maduri ( Madura ), Al Banjari ( Banjar ) dll, begitu juga dengan Kh Saleh Darat Beliau biasa menggunakan namanya Muhammad Saleh Bin Umar Al Samarani yang bearti dari Semarang.

Sekembalinya menimba ilmu di Mekkah Kh Saleh Darat mengajar di Pondok Pesantren Darat milik mertuanya KH Murtdlo, sejak itu pondok pesantren berkembang dengan pesatnya banyak santri-santri yang berdatangan dari berbagai daerah di pulau jawa untuk menimba ilmu darinya.Di antara murid -murid beliu yang termashur adalah KH.Hasyim Asyari(tebu ireng), Kh.Ahmad Dahlan , Kh Munawir( krapyak Jogja),KH Mahfudz (termas Pacitan ) maka pantas rasanya bila KH Saleh darat disebut sebut sebagai Gurunya Para Ulama di Jawa.

KH Saleh darat banyak menulis kitab-kitab dengan menggunakan bahasa PEGON ( hurup Arab dengan menggunakan Bahasa Jawa) Bahkan Beliau Sempat pula menterjemahkan Alquran dengan menggunakan Hurup Pegon seperti KItab Faid ar-Rahman yang merupakan Tafsir pertama di Nusantara yang ditulis dengan Hurup Pegon, Kitab tersebut dihadiahkan kepada RA Kartini sebagai Kado pernikahannya dengan RM Joyodiningrat yang menjabat sebagai bupati Rembang.
Karya karya beliau lainnya adalah Kitab Majmu’ah asy-Syariah, Al Kafiyah li al-’Awwam (Buku Kumpulan Syariat yang Pantas bagi Orang Awam), dan kitab Munjiyat (Buku tentang Penyelamat) yang merupakan saduran dari buku Ihya’ ‘Ulum ad-Din karya Imam Al Ghazali, Kitab Al Hikam (Buku tentang Hikmah), Kitab Lata’if at-Taharah (Buku tentang Rahasia Bersuci), Kitab Manasik al-Hajj, Kitab Pasalatan, Tarjamah Sabil Al-’Abid ‘ala Jauharah at-Tauhid, Mursyid al Wajiz, Minhaj al-Atqiya’, Kitab hadis al-Mi’raj, dan Kitab Asrar as-Salah.Hingga kini Karya -karya beliau masih di baca di pondok-pondok pesantren Di jawa.

KH.Saleh daratmeninggal dunia pada tanggal 28 Ramadan 1321 H, atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1903 dan di makamkan dikomplek Pemakaman Umum Bergota Semarang.
setiap tanggal 10 Syawal, masyarakat dari berbagai penjuru kota melakukan haul Kiai Saleh Darat di kompleks pemakaman umum Bergota Semarang.

57 responses to “KH.SOLEH DARAT (GURUNYA ULAMA JAWA )

  1. setuju banget kalo kyai saleh darat seperti yang diceritain, malah beliau berjasa banget yaa membnatu RA Kartini menggapai hidayah.

  2. Punya referensi yang lengkap tentang Kiai Saleh Darat? dimana saya bisa mendapatkannya?
    makasih sebelumnya

  3. ya, dokumentasi sejarah indonesia memang perlu dibenahi lagi. dengan kerja keras tentunya…

  4. assalamuaalaikum. pa kabar kawan,,, namaku zovan dari semarang,
    saya minta bantuan nya untuk dikrimi gambar ulama jawa. wassalamualaikum
    jzakumullah
    e-mailku : zovan2007@yahoo.com

  5. Assakamualaikum wr,wb…..

    Saya mau minta foto2 KH.Soleh Darat???

  6. assalammu’alaikum.saya pnggemar para ulama&penjunjung washilah amin.mari kita cintai para ulama &habaib diseluruh dunia ini

  7. semoga kita semua kelak bisa kumpul bersama para alim ulama di surga nya Allah Ta’ala

  8. saya sebagai santri mrasa bangga dg para kyai yang menghidupkan hati dan raga saya…….. cintailah mrk dengan selalu meneladani hidupnya….. jagan orang2 sekarang yang gk th apa2 bisa y nyalahkan u ikuti……

  9. saya punya buku kuno atau kitab karya k soleh darat

  10. smoga keberkahan slalu

  11. gurunya ulama jawa adalah KH.Soleh Darat,gurunya ulama nusantara adalah KH.Syaikh Ahmad al-Minangkabawi

  12. faisal abdullah

    KH.Shaleh darat, sosok ulama’ wira’i yang mencerminkan keikhlasan seorang guru. beliau hanya diperbincangkan oleh para santri lain halnya di pemerintahan. Tp untuk menjadi besar perlulah ulama’ dekat dengan para pejabat dan sedikit berpolitik seperti para kyai masyhur di tanah air. sehingga mereka yang bukan bagian dari murid beliau juga tetap mengenang dan mengenalnya.

  13. kyai shaleh mengajarkan banyak hal tentang ajaran para wali di Indonesia, banyak ulama’ didikannya yang notabene seorang habib tp tidak menunjukkan ke-habibannya. meskipun nasab tertulis tp lebih baik tulus menyampaikan ilmunya tanpa harus mengharap dihormati karena nasabnya. KH. shaleh juga seorang habib lho. .nasabnya dari raden mahdum(sunan bonang) putra raden rahmad (sunan ampel),buyutku dulu muridnya (KH. Abdullah sajad) jd aku punya dokumen nasabnya.KH. abdullah sajad bin KH.M rifa’i bin KH. Abdurrahman bin Syaikh zakariya (P sotopuro) bin syaikh hasan munadi(R bambang kartonadi) bin sayyid ali zainal abidin bin R qosim (sunan drajat) bin R. rahmad (sunan ampel) bin …… wallahu a’lam bisshowab

  14. kami sangat senang sekali karena penerbit dapat memaparkan biografi ulam’ terdahulu,harapan kami agar penerbit tidak menambah/ mengurangi fakta yang ada, agar nantiya berguna bagi putra bangsakita untuk meniru / mencontoh watak beliau.
    GOOD LUGK FOR PENERBIT SEJATI

  15. Assalamu’alaikum.
    Mas FAISAL ABDULLAH, Salam kenal, say Ustuchri dari desa dilahirkannya KH. Shaleh Darat yakni Kedung Cumpleg (yang benar pake “C” bukan “J”) Mayong Jepara. Mohon saya dikirimi SILSILAH Mbah KH. Shaleh Darat. ini email saya ; ibenufadlil@yahoo.com. Terima kasih. Wassalam

  16. Edy Yatno Milkhan

    Mas Faisal Abdullah, Salam Kenal saya Edy Milkhan saya dulu biasa jiarah ke Nyatnyono masih ada trah mbah KH. Imam Puro Susukan saya cucuk Mbah KH. Nukman Tengaran mohon dikirim silsilah Sunan Hasan Munadi dan Hasan Dipuro ini email Saya edimilkhan@yahoo,co.id. Terima kasih sebelumnya Wasalam

  17. achmed bin ali hambali attaqoli

    masyaAllah… wali-waline Allah ta’ala emang huh… sulit untuk diterjemahkan dalam pecahan kata-kata.. poko’e kheir zein…
    wis angel nggo kandah.. nurut wae poko’e…

  18. Dimakamkandi Bergota, sayang pemerintah tidak memfasilitasi seperti makam ulama lainnya di Jawa Timur/ di Demak, padahal ini berpotensi tempat wisata rohani

  19. Barokalloh,.. wabarokallohu lanaa,… amiin,…

  20. mengenag sosok beliau, yg merupakan salah satu guru RA Kartini :)

  21. Assalamu’alaikum . Mohon Bantuannya rute ke makam mbah soleh darat Dari selatan. kami majlis ta’lim dari kebumen hendak ziarah kesana. waslamu’alaikum.

  22. Dadang Al aizam

    subhanallaah

  23. Arief Santoso

    Subhanallah

  24. tolong dong dicantumkan silsilah mbah sholeh darat
    yang lengkap ea, sampai kanjeng nabi muhammad SAW

  25. ISA anak mayong

    q juga minta keterangan mengenai kakek dari mbah sholeh darat(mbah tasmin) kedung cumpleng mayong jepara

  26. jelasnya kh sholeh darat adalah seorang ulama yg tiada duanya pada zamannya. termasuk santri beliau adalah mbah idris boyolali yg mashur waliyullah. dlm tarjamah kh mahfudz attarmasi yg termaktub dlm kitab beliau mauhibatu dzilfadhli,sebelum ke belajar ke mekkah beliau nyantri di pondok kh sholeh darat.beliau menyelesaikan kitab tafsir jalalain,mughnil labib dll. dr Abdurrahman fadlil

  27. kang punya koleksi kitabnya mbah soleh ? yang judulnya miftaf janah dan janatun naim ?

  28. salah satu kitab terjemahan dan syarah al hikam bahasa arab pegon diterbitkan di cairo mesir percetakan mustafa albabay al halabi pada tahun 1928 masehi dan sampai skrng masih di jual.

  29. Alhamdulillah …….
    Orang yg memang Allah sayangi seprti beliau ini,,bnyak yg tidak suka membesar2kan diri,,,sya ska sejrah beliau,,,,
    Semoga qt smua@ mnjdi penerus2 beliau ……

  30. M.Nurhadi bin Muntahid bin KH Munawar Munadi

    Saya ingin bertemu dan mengajak pulang kampung paman+kel. yg hijrah ke batam thn 1983 sampai sekarang/saat ini belum jumpa kembali, nama paman Nahrowi bin KH.Munawar Munadi, usia paman saya skrg 81 thn dan juga bapak+paman bisa kumpul bersama lagi & bisa syi’ar agama,di desa nyatyono ungaran-semarang,wasalam

  31. Nama sy Latif dr INISNU, ikut nimbrung urun komentar, sebelumnya saya terimakasih yang sebesar2nya krn yg q cri telah q temukan, namun mungkin bisa ditambahi mas ceritanya gimana muhammadiah dlm penyebarannya dn aksinya. begitu pula NU. trmkash

  32. Subhanallah, aku saat ini sedang mempelajari salah satu kitab beliau (Mbah Saleh Darat ) yaitu ” majmu’atisy syari’atil kafiyati lil’awam” isinya Subhanallah sangat dalam berisi syari’at, thariqat, dan hakiqat. sekedar contoh saya sadurkan setitik isi kitab tersebut tentang ketiga laku tersebut; utawi misale ilmu syari,at iku minongko kapal, maka wajib gawe bagus bekakase kapale kabeh. Maka misale ilmu thariqah iku minongka segara
    …………..maka misale ilmu hakiqat iku minongko inten ing jero segoro, maka wajib nalikane njegur segara arep ngalap inten aninggal kapale lan ninggal bekakase kapal kabeh lan nalikane njegur segoro aja nejo segoro balik nejoo ing inten ingkang ana ing njerone segoro ……….dst ( Majmu’atusy syari’ah … hal. 28)

    • Saya ingin sekali punya kitabnya mbah soleh, Boleh dong fotocopy ato minta kitabnya mbah soleh, kalo beli dmn? Hub 081334454846

  33. Insya 4JJ1, beliau termasuk salah satu ulama besar yang memiliki berbagai disiplin ilmu agama yang pada masanya masih sedikit orang yang seperti beliau, dari keseluruhan hasil-hasil karya beliau yang berjumlah kurang lebih sekitar 40 buah buku, dan yang terselamatkan baru sekitar 13 kitab karya beliau, dan yang lainnya masih tersebar, karena ketinggian ilmu beliau itulah, banyak memberikan inspirasi beberapa ulama terutama ulama-ulama di tanah jawa dan beberapa pejuang-pejuang pada masa-masa sebelum kemerdekaan negeri ini. Beliau termasuk ulama yang bisa memberikan ayoman kepada hampir seluruh lapisan masyarakat yang memiliki berbagai latar belakang budaya dan mengarahkan kepada masyarakat untuk mengenal ketauhid an dengan bijak. Namun sangat di sayangkan, bekas petilasan pondok pesantren peninggalan mertua beliau yang berada di kampung darat telah hilang, yang tersisa hanyalah bangunan baru berupa masjid, yang di pugar menjadi bangunan baru oleh cucu keturunan beliau, dan saat ini pun cucu keturunan beliau telah di panggil oleh Allah SWT. Dan ironis lagi, tempat tersebut sebegitu sepinya di karenakan perbedaan sebuah faham yang di ikuti oleh cucu keturunan beliau, yang saat itu cucu keturunan beliau berfaham dari salah satu murid kyai sholeh darat, yaitu kyai ahmad dahlan, yang seharusnya bukan sebuah faham, namun hanyalah sebuah organisasi yang bisa meneruskan perjuangan gurunya, melalui masyarakat yang intelek pada waktu itu, untuk membuka wawasan kaum intelek untuk berjuang membebaskan negeri ini melalui pendidikan dan jalur diplomasi atau dengan tujuan utama mencerdaskan lapisan masyarakat untuk maju. Sepeninggal cucu keturunan beliau, sampai saat ini pun di tempat peninggalan Kyai Sholeh Darat, konflik semakin meruncing, antara beberapa pengurus takmir yang diangkat dan di pilih oleh cucu keturunan beliau yang se faham dan bahkan lebih keras, dengan sebagian keluarga keturunan cucu Kyai Sholeh Darat.Takmir yang di bentuk menolak dan melarang beberapa bentuk kegiatan seperti maulid, tahlil, manakib, sholawatan, puji-pujian dan apapun yang menurut takmir itu tidak sesuai dengan qur’an dan hadist, di nash bid’ah dan di larang. Dan beberapa keluarga keturunan Kyai Sholeh Darat mengikuti ajaran yang sesuai dengan beberapa kitab-kitab Kyai Sholeh Darat, seperti maulid burdah, tahlil, dan lainnya, dan masih mengacu pada Qur’an dan Hadist sudah dianggap oleh takmir itu tidak sesuai dengan aqidah, dan dianggap bukan keturunan cucu kyai sholeh darat dan bukan orang islam. Ironis sekali ucapan dan statement yang di keluarkan takmir yang di bentuk oleh cucu keturunan Kyai Sholeh Darat. Dan itu menunjukkan, seperti inikah ummat Muhammad SAW ?, masing-masing merasa paling benar, dan masing-masing mengucapkan sesuai dengan Qur’an dan Hadist ?, Ironis, kita melupakan satu bagian terpenting selain Al Qur’an dan Hadist, yaitu ahlaq Muhammad SAW, kearifan dan kebijaksanaan Muhammad SAW, di lupakan oleh ummatnya, dan hasilnya adalah saling mengkafirkan saudara-saudaranya sendiri, Masyaa 4JJ!, maaf, ini sekelumit ungkapan hati yang sangat sedih melihat pertikaian antar saudara sesama muslim.

  34. agus ramadhan bin abdurrazaq bin syamhudi bin abdul mu'id el-kabumainy

    alhamdulillah saya sudah pernah berziarah ke pesarean beliau di makam umum bergota semarang,,,kata gus miek,,mbah sholeh bersedih karena anak trunnya tidak perhatian pada makamnya,,krena banyak keturunnannya yang anti dengan ziarah kubur alias bnayk yang muhammadiyah,,mhon maaf kalau komen saya ini agak sedikit gak berkenan dihati temen2..tapai itulah kata gus miek yang terkenal walinya n bisa berkomunikasi dengan ruh orang yang telah meninggal…syukron

  35. alhamdulillah atas saran dan kritik antum2 tentang kondisi sekarang anak keturunan keturunan kyai sholeh darat (buyut saya) ada benarnya tapi salahnya banyak, yang benar adalah lebih banyak yang suka ziarah aripada yang tidak, Insya allah melalui tulisan ini saya informasikan bahwa pada tgl 8 s/10 syawal kita buyut2 nya akan menggelar kegiatan haul le 112 Kyai Shaleh Darat Semarang. diawali dengan bedah kitab,semaan Al quran 40 hafidz dan pengajian Maulid oleh Habib Muh Lutfi bin Yahya Pekalongan, tgl 10 syawalnya ziarah ke makam bergota.

  36. assaLamu’alaikum……wr,wb………!!!!!!!!! Q NgizuddiN Dari Tremas arjosari pacitan,,Q pngen banget Ziaroh kemakam beliau,,,,!!!!

    • kunjungi http://kyaisholehdarat.com ……. informasi Haul di tempat petilasan beliau di kampung Darat …. Haul Yang Pertama kali di tempat petilasan setelah lama tertimbun faham yang menolak, di pandegani oleh buyut beliau, yang sekian lama juga memendam rasa pedih, apalagi setelah di pilihnya ketua takmir dari MTA… namun Alhamdulillah, dengan keras, buyut beliau menelanjangi faham MTA di tempat petilasan …

  37. Assalamualaikum saya senang sekali terhadap teman2 yang masih peduli dengan ulama allah semoga kita dapat berkumpul denga beliau wali2 allah, amin

  38. info nya sip….

  39. di kempek cirebon 14-17 sept 20012 ada pertemuan benteng aswaja, ahlussunnah waljama’ah, suatu ajaran yang ditingalkan/warisan mbah sholeh darat, kegiatan ini barangkali bagian dari upaya untuk merawat ajaran ajaran para ulama assalafus sholiih di mana mbah soleh darat juga telah merawatnya, insya Alloh kegiatan di kempek sebagai bentuk “pengutan organisasi”…amiin..

  40. Assalamu’alaikum saya senang sekali terhadap teman2 yang masih peduli dengan Ulama’ Allah, semoga kita dapat berkumpul dengan beliau Wali-wali Allah, Amien-amien Ya Robbal’alamien.
    Mohon di informasikan kepada seluruh pemerhati Mbah Sholeh Darat Semarang, bahwa setahu saya masih dijual kitab2 beliu di Semarang ada 5 ( lima ) kitab 1. Majmu’ah syariah. 2. Jauhar Tauhid. 3.Muhlikad Munjiat 4. Al-hikam. 5. Latho’ifutthoharoh. masih ada yang lain 7(tujuh)
    setahu saya yang sudah tidak di cetak di Indonesia. Alhamdulillah kami dan kawan-kawan seminggu 2 dua kali bermusyawarah yaitu Rabu pagi dan Minggu siang.
    Wassalam

  41. siapapun yang tau tentang silsilah keturunan KH Soleh Darat tolong hubungi saya ,
    karena kata sodara saya , saya termasuk keturunan beliau , jadi saya ingin lebih tau lagi tentang silsilah keluarga saya ..
    harap hub 08192202417

  42. ichwandslho@gmail.com

    sy Mohammad Ichwan. tinggal di semarang. pekerjaan wartawan. sejak setahun lalu sy menjadi panitia Haul KH SHoleh Darat. Kami, panitia, telah mencetak buku sejarah KH SHoleh Darat yg cukup lengkap. ada silsilah keluarga beliau juga. dan kami sekarang sedang mencoba mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk merevisi buku tersebut. sebab banyak nama dzurriyah (keturunan) beliau yg belum masuk di buku.
    Mohon yg memiliki informasi, menghubungi kami di email: ichwands@yahoo.com. PIN BB: 32a39173. Whattapps / HP: 085229953111, 081901116622.

    Insya Allah tanggal 1 Oktober 2013 nanti akan kami gelar Bedah Kitab Majmuatus Syariah lil Kifayatil Awam karya mbah sholeh di masjid peninggalana beliau di kampung darat. Tepatnya di Jl. Kakap Darat Tirto nomor 212 Semarang Utara.
    Pembiacara: Dr. H. Noor Ahmad (Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang) dan Dr. KH. In’amuzzahidin (Dosen Fak. Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

    Kontribusi peserta Rp 25 ribu (dapat kitab Majmu’ dan buku sejarah mbah sholeh darat, plus snack).

  43. beliau memang orang yang patut kita ikuti,dan patut bagi kita untuk berterimakasih kepada beliau ,,, izin share ya mas ?

  44. sollu alan nabi muhammad”sy amat sk dgn mbh soleh tlng d”ong krm foto nya makasih

  45. Gurunya Para ulama Jawa…

  46. Subhanallah,,andaikn sj saat ini beliau masih di izinkn sang KHALIQ utk mnemani kta sma..Mungkn pulau jawa(khussny) & negra Indoresia (umumnya),insyaallah akn ttp asri..Amin allahhumma amin.

  47. sungguh trsntuh.bnyak ulama’2 indonesia yg sangat brperan pntng dlm sjarah brdirinya indonesia trcinta ini

  48. subhanllah…
    Izin share akhi..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s