KH.NOER ALI TOKOH ULAMA DAN PEJUANG BEKASI

Singa Bekasi julukan tersebut memang layak di berikan kepada KH Noer Ali, seorang Ulama besar yang terlahir dari keluarga Petani. Semangat Nasionalisme yang membara dalam dadanya mampu mengobarkan semangat Perjuangan  kepada masyarakat untuk melawan penjajah Belanda yang sejak lama menjajah tanah air.

Beliau memimpin lasykar Rakyat Bekasi melawan Belanda, pernah bergabung dan menjadi Komandan Batalyon III Barisan Hizbulloh . Kh Noer Ali namanya sangat dikenal oleh rakyat dan ditakuti Belanda karena keberanian dan jiwa patriotnya.

Beliau lahir di Desa Ujung Malang Bekasi tanggal 15 juli 1914 ayah beliu seorang petani bernama Anwar bin Layu dan  ibunya bernama Maimunah. Cita cita yang dimilki oleh Kh Noer Ali sejak masa kanak-kanak adalah membangan dan menciptakan perkampungan Surga”, sungguh suatu cita-cita yang sangat mulia yang terucap dari Kh Noer Ali kecil , beliau belajar dari mengaji alquran pada ayahnya dan kakaknya, usia lima tahun sudah mampu menghapul surat-surat pendek Alquran.

Menginjak usia 7 tahun Kh Noer Ali mengaji kepada Guru Maksum bekasi dan Guru Mughni, banyak sekali ilmu yang didapat dari kedua gurunya tersebut yang mendasari jiwanya dengan ruh-ruh keislaman , beranjak remaja Kh Noer Ali belajar kepada ulama besar di Betawi bernama Guru Marzuki disamping mempelajari ilmu-ilmu agama Guru Marzuki juga  mengajari ilmu-ilmu beladiri , Hingga Beliau terkenal sakti dan tidak mempan ditembus peluru , bahkan Penjajah belandapun kesulitan menangkap Kh Noer Ali , sering menghilang dan tidak dapat dilihat oleh mata awam  hingga masyarakatpun memberi gelar Kh Noer Ali sebagai” belut Putih” yang sangan licin.

Dengan semangat belajar yang tinggi Kh Noer Ali dengan Berat Hati Mengutarakan keinginannanya kepada ayahnya bahwa dirinya akan Menuntut Ilmu di Mekkah, Kh Noer Ali menyadari betul siapa ayahnnya yang hanya seorang Petani dan tidak mungkin memilki banyak uang  untuk belajar Di Mekkah. Karena didorong rasa semangat belajar anaknya yag tinggi, ayahnya pun tak ingin mematahkan semangatnya  , maka Ayahnyapun berusaha keras untuk mendapatkan Uang agar anaknya dapat belajar di Mekkah walaupun harus meminjam dan dibayar dengan di cicil selama bertahun-tahun. Dengan harapan kelak anaknya dapat menjadi orang yang berguna di masyarakat.

Tahun 1934 Kh Noer Ali akhirnya melanjutkan belajar Di Mekkah  di madrash Darul u’lum, guru-guru beliau antara lain Syeck Ali al maliki, Syech Umar Turki, Syeck umar Hamdan Syech Ahmad Fathani dll. DiMekkah beliau bertemu dengan pelajar asal indonesia seperti Kh Masturo, Kh Sybro Malisi, Kh Hasbulloh dan masih banyak lagi. Hingga beliau memperakarsai membentuk himpunan Pelajar betawi dan  Himpunan Pelajar Indonesia karena jiwa Nasionalisme dan prihatin melihat Bangsa Indonesia masih di jajah oleh Belanda.  Bersama dengan rekan-rekannya Kh Noer Ali aktif melakukan pertemuan-pertemuan untuk mencari solusi dan dukungan bagaimana mengusir penjajah Belanda dari Bumi Indonesia.

Setelah enam tahun belajar di Mekkah Kh .Noer Ali mendirikan Pondok pesantren Attaqwa di ujung harapan Bekasi, disamping mengajar di pesantren Kh Noer Ali juga mengajak umat untuk angkat senjata melawan Penjajah Belanda, walaupun dengan senjata yang sangat sederhana namun banyak dari rakyat yang begabung dengan Kh Noer Ali untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda. Apalagi nama Kh Noer Ali sudah sangat terkenal dengan kesaktiaannya. Suatu Ketika beliau ditangkap Belanda hanya pasrah saja dan tidak melakukan perlawanan, Kh Noer Ali digring masuk kedalam Truk Tentara Belanda.  Ditengah jalan KH noer Ali memohon kepada Alloh minta perlindungan, Bukan main kagetnya tentara Belanda yang mengawal Kh Noer Ali di dalam Truk, Kh Noer Ali menghilang begitu saja dalam pandangan mata tentara Belanda. Membuat Nyali Tentara Belanda semakin Ciut “Pimpinannnya saja sakti gimana dengan tentara Kh Noer Alinya????kata tentara Belanda. jatulah mental -mental tentara belanda dalam  menghadapi Lasykar-lasykar yang diPimpin Kh Noer Ali.

Dan suatu ketika Kh noer Ali dan para lasykarnya bergerilya kedalam hutan, para lasykar terlihat sangat kelaparan karena berperang Gerilya dengan Pasukan Belanda, Saat intu Kh Noer Ali sholat selesai sholat minta kepada Alloh agar di berikan para lasykar tersebut makanan. Maka dengan mengulum dan merlemparkan secarik kertas ketanah tiba-tiba terbentang dihadapannya Nasi dan lauk pauknya, Subhanalloh…..

Dan Ketika masa perjuangan dengan Penjajah berakhir Kh Noer Ali kembali berjuang  dibidang Dakwah dan pendidikan  di Pondok Pesantren At Taqwa  yang ia bangun di Bekasi.  walaupun beliau Seorang Ulama besar beliau masih saja haus akan ilmu, dan beliau mengaji kepada Habib Ali Al habsyi Kwitang jakarta untuk bertabaruk.

Tanggal 3 may 1992 Kh Noer Ali wafat dalam usia 78 tahun. Masyarakat dan para ulama merasa sangat kehilangan sosok ulama dan pejuang yang telah banyak berjasa bagi negara. Maka tahun 2006 Pemerintah memberikan gelar pahlawan Nasional Kepada Kh Noer Ali dan Namanya pun di abadikan menjadi nama jalan Kh Noer Ali di kalimalang bekasi. Kini Pondok pesantrennyapun berkembang dengan Pesat .

42 responses to “KH.NOER ALI TOKOH ULAMA DAN PEJUANG BEKASI

  1. Assalamu’aaikum.

    Kak Sachrony alumni Attaqwa bukan yah?. Pokoknya..senang deh bisa silaturrahmi ke Web ini, apalagi pas baca tulisan ini, duhh.. jadi lebih tambah seneng lagi deh. Silahkan mampir juga yah ke site kami di http://ikpmamesir.com

    Waalaikumussalam,
    Salam kenal buat mas Iman insya alloh saya mampir ke Web antum

  2. Pertama kali saya menyaksikan pembukaan MTQ di bekasi bulan Oktober, bergetar hati saya seolah-olah inilah tanah surga. Mohon maaf Web site ini belum dikemas dengan sedemikian menarik, perhatikan line dan image yang ada, gunakan Publisher. (nanang kohar guru IT SMEA BKU Cakung)

    Alhamdulillah Terima kasih Pak nanang atas masukannya…Web ini hanya sekedar tulisan biasa masih banyak kekurangan di sana dan disini

  3. berjuanglah terus penerus2 dri guru ku KH. NUR ALI

  4. Assalamu’alaikum,,,,,,,,,,,smoga ponpes Attaqwa slalu di ridhoi Allah SWT..Amiin.

  5. assalam mualaikuem…..”
    sebagai santrie…” di dalam…” ma’had….”
    almaghfurlah….” saya bangga….”
    mempunyai ulama2… yang begitu… arif, .. dan solih…” tapie… saya sangat menyesalie…” perbuatan – perbuatan yang di lakukan oleh para..” calon legislatif(caleg) mereka semua…” menyangkut pautkan guru kamie…” di dalam pam pelnya….” dan saya… merasa…. tidak pantas..” seorang almagfurlah wal mujahied fie sabilillah….” di kaitkan… dalam partai mana pun…” terima kasih..” and…” saya bangga..” dengan artikel2.. di blog ini..” wassalam..”

  6. At-taqwa no1 dan tetap yg terbaik

  7. inilah salah satu tokoh idola aing…..
    woy….. w mw stor ni, v w lupa apa yg mw w omongin.
    mybe nanti aja kali ya… klw udah inget lagi.
    maju terus attaqwa ku….
    Allahu Akbar……………….

  8. subhan iman UNIAT

    mengambil ibrah dari para kisah para ulama adlh cara yang bijak bwt kt smua

  9. Salam kepada ikhwah fillah semua alumni attaqwa, semoga kita semua dikuatkan oleh Allah sehingga kita dalam ketetapan sebagai kader umat yang berjuang demi izzah Islam wal Muslimin. Fajri Tanjung alumni 2003, 08999974907
    Ana sangat bangga pada temen-temen alumni semua, doakan ana ya krena ana lagi menyelesaikan tugas akhir di STID Moh. Natsir Tambun. Dengan Topik “RESPON BKSPPI TERHADAP ISSUE SEKULARISME, PLURALISME, LIBERALISME (SPILIS) DI PONDOK PESANTREN”
    tolong dikasih saran ya…!

  10. salam rasa rindu untuk para guruku dan k2 ku di ujung harapan bekasi, terima kasih yg sebesar-besarnya wat k iman semoga tali silaturrahmi kita tetap terjalin. bravo pon-pes ATTAQWA wa IKPMA MESIR.

  11. Ping-balik: KH. Noer Ali, Tokoh Ulama dan Pejuang Bekasi | Semesta Indonesia

  12. majulah & berjuang at_taqwa…!!!!!!!!!!!
    e mail ; nurhadi.ahmad@ymail.com

  13. Assalamua’laikum Wr.Wb…. Pak Ustadz Sachroni, alhamdulillah saya sdh membaca artikel saudara tentang KH. Noor Alie kebetulan saya berencana ingin menulis biografi tentang Almagfurlloh. Agar pekerjaan saya ini lancar dan baik mohon bantuannya untuk memberikan sumber data/referensi buku yang berkaitan dengan perjalanan hidup beliau dari kecil sampai beliau meninnggal dunia. Trima kasih sebelumnya, wassalamua’laikum Wr.Wb

    p

  14. assalamualaikum
    saya merasa terharu setelah membuka blok Ponpes Attaqwa Ujung Harapan Bekasi di karnakan saya pernah mukim di Attaqwa yang saya cintai, walaupun tidak tamat pada waktu itu tahun 1972 s/d 1974 di karnakan sakit.
    saya mendo’kan kepada adik adik ku terus berjuang untuk attaqwa dan Albakait . Allahuakbar………….. Selamat Puasa.

    Wassalam
    Darwin Saliem
    Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

  15. ary_zatnika@yahoo.com

    bekasi kampung surga???
    tapi ko ada pabrik khomer???
    tlg santri atakwa tegakan amar maruf nahi mungkar jangan takut

  16. salam knal… sayang waktu ana mondok d at-ataqwa KH. Nur ali dah wafat…

  17. senang attaqwa smakin maju dan terbuka seperti sekarang smoga attaqwa smakin jaya dan para santri bisa menjaga nama baik guru dan almamaternya

  18. Ping-balik: KH. Noer Ali, Tokoh Ulama dan Pejuang Bekasi

  19. alhamdulillah dikasih kesempatan untuk lebih mengenal ulama besar yaitu Kh, Nur Ali ulama pejuang agama sekaligus bangsanya…trus jaga kota bekasi dan teruskan perjuangan beliau Membangun dan Menciptakan Perkampungan Surga.

  20. alhamdulillah dikasih kesempatan untuk lebih mengenal ulama besar yaitu Kh, Nur Ali ulama pejuang agama sekaligus bangsanya…trus jaga kota bekasi sebagai wujud melanjutkan perjuangan beliau.

  21. ummu salamah binti alberto

    semoga ponpes at taqwa bekasi bisa lebih maju lagi……….!!!!!!!!!!!!!

  22. semoga murid beliau semuanya mendapat berkahdari ALLAH SWT.amin ya robbal a’lamien

  23. ummu salamah binit alberto

    ya ALLAH berikan kebaikan dan kesehatan serta umur panjang kepada anak cucu beliau bpk.kyai H.Noer Alie agar terus memperjuangkan cita-cita beliau.amin

  24. Walau pun kita tidak sempat mengenal beliau,tapi kita bisa merasakan semangat perjuangan beliau
    Cheers

  25. subhanalloh sungguh mulia perjuangan KH NOERALI..ALLOHUAKBAR

  26. ane memang bukan alumni ponpes ATAQWA..
    sejak kecil ane sering d ajak ngaji k ponpes ataqwa sama orang tua.. krn sering mengikuti pengajian d ponpes,mlalui cerita orang tua ato masyarakar yg sering ane dengar lama2 ane jd tau siapa itu kong kyai nur ali… smpi sa’at ini ane bangga dengan apa yg beliau lakukn d bekasi…. trutama d jumalang bekasi…. smoga makin banyk para penerus2 sang singa bekasi….. bravo attaqwa bravo wali allah kong kyai….!!

  27. saya sangat terharu dengan ada’y web nh,,,semoga allah memberikan tempat yg layak untuk engkong KH noer ali

  28. Taufiqqurrahman

    Terimakasih dengan adanya informasi ini saya lebih mengenal KH.Noer ali dan lebih tahu ulama besar dari bekasi wassallam

  29. Saya kecewa jika putra asli indonesia di kaitkan dengan habib yang tidak jelas keturunannya apakah dari abu jahal atau abu lahab….sementara beliau almagfurlah kyai haji nur ali kita semua sudah tahu asal usul beserta sepak terjangnya….

  30. mohon kiranya ane di izinkan untuk memposting tulisan ini di facebook dengan tujuan agar temen 2 dan saudara mengetahui sejarah dari perjuangan tokoh islam yang pemberani. mohon ijin di kirim ke alamat email ane ( agacell_pulsamurah@yahoo.co.id )

  31. semoga terlahir kembali singa singa bekasi yang arif dan bijak seperti guru (k h nur ali)

  32. Babelan adlh daerah yang ikut merasakan perjuangan almagfurlah KH. Noer Ali.. Maju terus Ponpes At-taqwa

  33. semangat terus ya jangan pantang menyerah

  34. mudah2an akan timbul generasi,,,,,seperti kh noer ali ,,,,,,,,,,,,,

  35. mudah2an akan timbul lbh byk lg generasi ,,penerus seperti kh nor ali…amiiiiin

  36. subahanallah kh.noer ali memang tokoh ulama yang luar biasa baik di mata ALLAH dan di mata masyarakat

  37. as’salamualaikum
    bangga bangat punya pahlawan k.h noer ali

  38. asalam mualaikum..saya terharu waku baca artikel ini..saya ucap trimakasi kepada bliau.smoga saja dapat bermanpat..amin

  39. maka dari itu yuk kita hadiahkan kh nur ali dng membacakan do’a2…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s