KH.ZAINUDDIN BIN ABDUL MADJID ( SOSOK ULAMA KARISMATIK DARI LOMBOK)

tuang-guru-haji-muhammad-zainuddin-abdul-majid

Beliau adalah sosok ulama karismatik yang berasal dari Indonesia bagian timur. Kedalaman ilmu yang dimilikinya menjadikannya beliau sosok ulama yang cukup di segani dan termasyhur serta menjadi kebanggaan indonesia bahkan dunia. Ulama Ahli Hadist Mekkah Habib Muhammad Alwi al maliki bahkan pernah mengatakan ” Tidak ada para ulama dan Pelajar  di Mekkah yang tidak mengenal Syech Zainuddin , beliau adalah ulama besar yang memiliki segudang ilmu bukan hanya milik bangsa Indonesia tapi milik umat islam sedunia. Ucapan Habib Muhamad alwi almaliki tersebut bukan tanpa alasan. Sosok Zainuddin bin Abdul madjid sudah terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa sejak usia remaja. Para guru-gurunya pun mengakui kelebihan yang dimiliki oleh Zainuudin.

Ulama asal Lombok ini terkenal dengan sebutan Tuang Guru Zainuddin bin Abdul Madjid Al amfani Al Fancuri, Lahir di Desa Pancor lombok timur tangal  11 may 1906. Ayah beliau  KH. Abdul Madjid seorang ulama dan pejuang yang cukup di segani di lombok . Menjelang kelahiran Putranya , Ayahnya bermimpi didatangi Waliyulloh dari Tarim Hadro maut , dalam mimpi tersebut di beri pesan agar anaknya di beri Nama  “Saqqap” yang artinya “Orang yang memperbaiki atap ”  Orang Indonesia  menyebutnya “assegap”dan secara kebetulan Waliyulloh tersebut bernama “Saqqop”. Sejak kecil Zainuddin dipanggil dengan dialek sasak dengan sebutan “Segep” atau “gep”. Setelah Menunaikan Ibadah Haji  baru Namanya di ganti dengan Haji  Zainuudin bin Abdul Madjid.

Sejak kecil Tuan Guru ZAinuddin belajar kepada ayahnya dan ulama ulama di Lombok. Menginjak usia Remaja Tuan Guru Zainuddin di kirim ayahnya untuk belajar di Mekkah . Kecerdasan yang dimilki Tuan Guru Zainuddin mampu menyerap ilmu-ilmu yang di berikan gurunya. Diantara guru -guru beliau di Mekkah adalah Syech Hasan Muhamad Al masysyat, Al alamah Syech Salim rahmatulloh dan lain-lain. Kejeniusan Tuan Guru Zainuddin sangat di kagumi oleh guru guru beliau . Bahkan ketika masuk di Madrasah Al-Shaulatiyah sebagaimana lazimnya setiap Pelajar yang akan belajar di sana harus melalui Tes , dan yang memberikan Tes tersebut adalah Direktur Al shaulatiyyah sendiri Al alamah Syaikh Salim Rahmatullah dan Syaikh Hasan Muhammad Al-Masysyath. Dan Hasilnyapun sungguh mencengangkan, Tuan Guru Zainuddin lulus tes dan ditempatkan langsung di Tingkat Tiga. Namun dengan kerendahan hatinya Tuan Guru Zainuddin meminta agar dirinya masuk ke tingkat 2 saja dengan alasan untuk memperdalam ilmu Nahwu Shorop. Dengan demikian akhirnya Zainuddin belajar di Madrasah Al shaulatiyyah langsung ke tingkat 2. Tuan guru Zainuddin tak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya untuk belajar dengan sungguh sungguh. Dengan di temani oleh ibunya selama di Mekkah , Tuan Guru Zainuddin selalu minta Ridho dan do’a dari ibunya demi kesuksesannya dalam belajar. Dan terbukti Tuan guru Zainuddin lulus dengan predikat “Mumtaz” ( camlaude). Sebagai penghargan atas prestasinya Direktur Madrasah  Al-Shaulatiyah Syaikh Salim Rahmatullah mengundang Ahli Kaligrafi terbaik di Mekkah untuk menulis Ijazah Tuan guru Zainuddin, bahkan Beliau mengatakan bahwa “Madrasah Al shaulatiyah tidak perlu memiliki murid banyak , cukup satu orang saja asalkan memilki prestasi dan berkualitas seperti ZAinuddin”. Prestasi yang didapat oleh Tuan guru Zainuddin bukan tanpa pengorbanan, Ibunda yang selalu mendampingi dan mendo’kannya telah meninggal dunia di Mekkah.

Hampir 13 tahun Ta’lim di Mekah Tuan Haji Zainuddin kembali ketanah air. Suasana konflik di tanah air dengan Belanda , telah membangkitkan semangat beliau untuk berdakwah dan melakukan perlawanan terhadap penjajah. Beliau melakukan dakwah ke berbagai plosok daerah dan terkenal dengan sebutan “Guru Bajang” . Tahun 1934 Tuan Guru Haji Zainuddin mendirikan Pesantren bernama “Al mujahidin” yang merupakan Cikal bakal berdirinya “Nahdlatul Wathon” yang di didirikan tgl 22 Agustus 1937 . Pembawaanya yang berwibawa dan keluasan ilmu yang mendalam menjadikan beliau sosok ulama yang menjadi panutan dan rujukan para ulama , Sikapnya yang sederhana tak menunjukan bahwa beliau seorang Ulama. Selalu mendengar keluh kesah warganya dan mencoba di carikan jalan keluarnya. Maka beliau begitu sangat di cintai murid dan warganya. Perkembangan Nahdlatul Wathon sangat pesat sampai saat ini telah memilki hampir 1000 cabang di seluruh nusantara , perkembangan tersebut tak lepas dari peran para muridnya yang membuka cabang di daerah tinggalnya masing masing.

syekh-yasin-al-padani dan tuan guru haji Zainuddin

Tuan Guru Haji Zainuddin  juga aktif menulis , diantara karya tulis beliau adalah

1. Risalah al-Tauhid

2. Sullam al-Hija’

3. Syarah Safinah al-Najah

4. Nahdlah al-Zainiyyah

5. Al-Tuhfah al-Ampananiyah

6. Al-Fawakih al-Nahdliyyah

7. Mi’raj al-Sibyan ila Samaim al-Bayan

8. Anfat ‘Ala Tarikah al-Tsaniyah

9. Hizib Nahdlatul Wathan

10. Hizib Nahdlatul Banat

11. Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan

12. Batu Ngumpal Anak Nunggal

13. Tarekat Batu Ngumpal

14. Wasiat Renungan Masa I

15. Wasiat Renungan Masa II

16. Ta’sis NWDI

17. Imamuna al-Syafi’i

18. Mi’raj al-Sibyan

19. Siraj a-Qulub fi Da’iyat ‘Alamat al-Guyub

Kitab Atuhfat al anfaniyyah  merupakan karya beliau yang menjadi Rujukan dan referensi para ulama di Mekkah dalam memecahkan Masalah Hukum waris  . ( bersambung)

31 responses to “KH.ZAINUDDIN BIN ABDUL MADJID ( SOSOK ULAMA KARISMATIK DARI LOMBOK)

  1. assalam …
    ad saudara penulis yang bercerita pernah bersilaturrahim ke kediaman beliau, klo tdk slh, kataNya tuan guru pancor ad hubungan keturunan dg syech Arsyad Al Banjari ?
    mohon tanggapannya apbl pengasuh mengetahui,,,
    wassalam

  2. ass.wr.wb nama saya yusron efendi saya ingin meminta dikirimkan Hizib Nahdlatul Wathon karena saya sudah lama tidak membacanya karena hilang.trimakasih dikirim ke kerja_2009@yahoo.com / alamat : jl.yapida kp.kuda-kuda rt.02/01 ds.sukakarya kec.sukakarya kab.bekasi 17641 jawa barat

  3. sepanjang penelusuran saya mengkaji pustaka, saya belum menemukan secara eksplisit bagaimana pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tentang pondok pesantren?

  4. muazzatun adawiyah, sy mau bagi2 informasi tentang pemikiran TG KH. zainuddin AM, sesungguhnya pemikiran2 Tuan Guru Zainuddin sudah banyak ditulis dan diteliti, beberapa yang saya tahu, di Pasca UIN Jakarta terdapat tidak kurang dari 7 tesis, 3 disertasi, salah satunya tulisah DR.Harapandi, tentang pemikiran TG Zainudin dalam politik dan pendidikan, Nasir Abdillah tentang pemikiran teologi, DR. Masnun tentang pemikiran TG Zainuddin, dll, di Pasca al Aqidah Jakarta terdapat tesis lukman Al Hakim tentang pemikiran pendidikan beliau, di UIN Yogya, baru-baru ini ada Disertasi DR Usman juga tentang pemikiran Pendidikan Beliau. ya itu dulu. trims

  5. aslm.
    sangat bangga memiliki seorang ulama’ yg mumpuni seperti beliau.

  6. ass ustad,boleh tau silsilah keturunan tuan guru maulana seh tlg di kirim ke email sy,syukron kasiron wass

  7. Ass. Ustad Akan Bahagia sekali jika Ana dikirimkan Hizib Nahdotul Wathan. karena ana sekarang tinggal diKota Batam, punya ana hilang ustad dan ana sdh ridu sekali membacanya: kealamat Ponpes Moh.alfateh Teluk Mata Ikan RT004/RW 007, Kecamatan Nongsa,Kota Batam. Kepuluan Riau. ZazakumuAllah Khoiron Katsiron.

  8. Ust.Sueb Syamlawi,SAg

    Saya ingin lebih kenal lagi, ketokoan dan kharismatik Ulama besar KH.zainuddin bin Abdul majid, dimana harus saya dapatkan biografi beliau, semoga Alllah Swt, mncurahkan rahmat-Nya.

  9. alhamdulillah akhirnya saya bisa sejarah tentang ulama kita yang menjadi kebanggaan dan tauladan bagi kita semua, sukron katsiron. Bagaimana kami mendapatkan kitab2 karangan beliau?

  10. zainal arifin bps

    Alhamdulillah dengan pemikiran yang jernih kami akui beliau adalah salah seorang tokoh di Indonesia, Ulama yang penuh keihlasan untuk mengembangkan Islam di daerah NTB khususnya dan hal ini terbukti sampai saat sekarang perjuangannya dapat dinikmati oleh sebagian besar masyarakat NTB. Tanpa didasari dengan keikhlasan, kemungkinan hasil perjuangannya cukup hanya saat beliau masih hidup saja.

  11. semoga amal dan kebaikan selama masa hidup beliau di dunia tuan guru bajang di terima oleh allah dan menjadi kekasih allah

  12. semoga amal dan kebaikan selama masa hidup beliau di dunia tuan guru bajang di terima oleh allah dan menjadi kekasih allah . amin

  13. tuanguru pancor adalah seorang ulamak besar namun bukan waliallah,lain hal dengan tuanguru haji muhammad mutawalli yang merupakan wali allah

    • Hanya Allah SWT yang tahu apakah beliau waliallah apa tindak dan tindak pantas bagimu untuk membanding bandingkan kewaliyan para tuan guru di pulau lombok karena ilmu yang kamu punya hanya secuil dan ingat perkataan mu bisa jadi bumerang.

    • poetra jerowaru

      saya merasa sangat bodoh, tapi kamu jauh lebih bodoh dari saya,,,

  14. Asslmu’alaikum Wr Wb

    Kami merasa bangga Tuan guru KH.ZAINUDDIN BIN ABDUL MADJID
    Telah Mendidik seorang Kiyai muda Kiyai Muhammad Thamrin dibanten dahwa beliau bisa mengembangkan NW dibanten dan Subang Jawa Barat

    Wassalm

  15. SAUDARA MUHID YANG BUDIMAN, JGN BERKATA SESUATU YANG KAMU SENDIRI G TAWU, ALLAH YANG MENGETAHUI KEWALIAN HAMBANYA BUKAN MAKHLUK, JADI BERKATALAH SESUATU YANG BISA KAMU JANGKAU DENGAN PIKIRAN TERBATASMU. INGAT KAMU MAKHLUK BUKAN KHOLIK, OK BRO

  16. Alhamdulliah,berkat Tuan Guru Zainudin Abdul Majid,di Desa Kami berkembang ilmu pengetauan Islam dengan cepat,dan madrasah kami berdiri dengan megah dengan santrinya beratus-ratus orang

  17. puji syukur hanya pada allah, berkat perantara tuan guru kami di nw jakartaini bisa mengenyam pendidikan yg gratis….. :)

  18. Sungh ulma yg tersoh d kalangn msykt.dia memg ahli alkitbulLAH.

  19. ya kita sama2 berdo,a semoga beliau ada di tempat yang paling tinggi di sorga allah.

  20. Saya sangat hormat kpd beliau,meski tdk pernh bertemu, sy tdk perduli beliau waliyullah atau tidak

  21. smoga datuq pancor slalu brsama kita dngan izin allah.amin

  22. ass wr wb . mohon bantuannya refensi karya-karya maulana syekh atau buku buku yang menulis tentang belaiu.

  23. seklumit tentang sejarah TGKH ZAINUDDIN ABD MAJID AL AMPENANI
    beliau pernah berwasiat kepada para masayikh kalo ada masalah jangan lupa musawarahkan kepada siti raihanun beliau adalah putri kesayangan beliau dan beliau adalah PB NW yang asli hasil mu’tamar ke 10 di peraya dan banyak pula para ulamaq mekkah yang mengagumi ummi hjh siti raihanun putri belau ini bahkan sayid ayyub al abkar pernah menyanjjung beliau yang mengatakan mammisluraihanun wafi aqliha fi asliha ali wafi fadliha laha ayadumbidudallat ala jalilihikmatiha waannubliha dan seterus nya sekian wassalam

  24. asslm…saya bangga dan saya kagum dengan perjuangan beliau yang sudah menyebarluaskan nahdatul wathan. walaupun saya selama di pulau lombok tidak pernah mengenal NW tapi alhamdulillah setelah di pulau sumbawa saya bisa mengenal dan mencintai NW,dan saya siap untuk bejuang untuk NW khususnya dan islam pada umumx.dan alhamdulillah sekarang saya diminta jadi PC unter Iwes dan alhamdulillah sudah ada RA NW Unter Iwes.Mohon do’a Restunya.

  25. pada saat nya NW akan memimpin,,,,

  26. asssalamualikum wr..wb.. menurut saya, bapak maulana syaikh KH tuan guru Muhammad zainudin abdul majid al ampanani atau kebanyakan orang mengenal beliau dengan tuan guru pancor, yaitu beliau adalah seorang waliyullah, saya ingin menjelaskan kepada saudara muhid yang mengatakan bahwa beliau itu bukan wali allah, menurut saya saudara muhid keliru.. jika saya berbicara secara hakekat, wali allah itu ada 4 penjelasan..
    1. dia tahu bahwa dirinya wali dan para wali yg lain juga mengetahui bahwa wali yg mengetahui dirinya wali itu adalah wali
    2. ada yang seseorang wali yang tahu bahwa dirinya wali sedangkan para wali yg lain tidak tahu bahwa dia itu adalah wali
    3. ada seseorang wali yg dimana dia tidak tahu bahwa dirinya wali sedangkan para wali yg lain mengetahui bahwa seseorang tersebut itu wali
    4. ada juga seseorang yg tidak mengetahui bahwa dirinya wali, begitu pula dng para wali yg lain tidak mengetahui bahwa seseorang tersebut wali, lalu kewalian seseorang itu hanya diketahui oleh allah swt
    penjelasan saya tentang 4 jenis wali ini insya allah ada dalil nya yg dimana saya masih belum menemukannya,akan tetapi insya allah dalil tersebut ada, karena setiap segala sesuatu hal pastilah ada dalilnya..
    saya bisa memberikan penjelasan demikian berdasarkan pengalaman saya yg pernah bertemu dng tokoh wali, dan murid seorang wali dan bahkan ada teman akrab saya yg masih cucu seorang tokoh wali besar..

    sedangkan jika menurut para ulama atau tokoh2 sufi dahulu seseorang bisa dikatakan wali dari ke taqwaaannya, karena se mulia2 manusia di mata allah adalah seseorang yang taqwa, sedangkan saudara muhid tadi mengatakan bahwa tg pancor itu bukan wali, pendapat saudara muhid tersebut bagi saya kurang tepat atau saya bisa mengambil kesimpulan salah total “maaf” jika ada kata2 saya yg salah, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa tg pancor itu adalah wali allah, bahkan saya bukan melebihkan beliau, sesungguhnya tingkatan ke walian tg pancor sudah sangat tingggi Maqam (level)nya.. jika kita tinjau dari ke taqwaan tg pancor sdh tdk diragukan lagi, dan bahkan beliau adalah seseorang yg mendirikan NW (nahdatul watan) yg kini dipimpin oleh cucu beliau (tg bajang)… untuk berdialog ttg hakekat insya allah saya mungkin bisa dikatakan bodoh dan masih harus banyak belajar dari semua yg ada disini, karena kehebatan, kekuasaan, dan ilmu hanya milik allah swt, sedangkan dunia dan kita ini hanya fana…, dan seseorang bahkan dapat dikatakan wali allah (ini menurut saya) jika dia sudah mengenal dirinya.. seperti sabda nabi muhammad saw : man arofa nafsahu faqod arofa robbahu yg artinya : barang siapa yang mengenal dirinya maka dia akan mengenal tuhannya, akan tetapi diri kita yg sesungguhnya disini adalah bukan jasad kita, karena jasad kita yg terbuat dari tanah ini tdk akan bisa mengenal tuhan, akan tetapi roh kitalah yg mampu mengenal tuhan… bagaimana cara mengenal diri, caranya adalah seperti firman allah swt : ANTAL MAUTU QOBLAL MAUT yg artinya : matikanlah dirimu sebelum engkau mati.. menurut pemahaman saya dari hadist nabi dan firman allah ttg mengenal diri ini adalah, jika saya berpikir rasio, maka itu adalah suatu kenyataan, KARENA HANYA ORANG MATI YG MAMPU BERTEMU ALLAH, sedangkan org hidup tdk akan mampu, maka dari itulah nabi saw menyuruh agar kita mematikan diri kita sebelum kita mati………..
    1. matikan dirimu
    2. lalu mi’raj
    3. berhadapan dng allah
    4. lalu menyatu
    ini salah satu tekhnik manunggaling kawula gusti yg dipakai syaikh siti jenar, sedangkan yg dipakai oleh al halaj dan abu yazid al bustami adalah bernama wihdatul wujud….

    kita ini adalah tidak nyata, yg nyata bukan kita…
    LAA ILAHA ILA ALLAH.. : tiada tuhan selain allah..
    jika ilah telah tiada, lalu siapakah yg ada?????

    silahkan pelungguh2 disini tafsirkan….

  27. santos wiritan

    siapa yg memuliakan ulama maka sama saja memuliakan baginda nabi SAW,dan barang siapa yg memuliakan baginda Nabi SAW maka dia dimuliakan oleh ALLAH……….Beliau mengarang tareqat akhir zaman thareqat hizib nahdhatul wathon,dari sini bisa dilihat kedudukan dan keturunan beliau sebab syarat mengarang thareqat adalah seorang sayyid dan apakah mungkin seseorang mengarang tharekat (jalan) menuju salik kpda Allah sementara dia sendiri belum mencapai ma’rifat (mengenal Allah)..??? jelaslah beliau sudah ma’rifat.ok

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s