Kitab Aqidatul Awam Syair syair tauhid dari Rosululloh saw

Dua minggu yang lalu saya  menghadiri Peringatan Maulid di Majlis Ta’lim al afaf pimpinan Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf yang diselenggarakan ba’da sholat subuh dan dimulai dengan Sholat subuh berjamaah. Ada sesuatu yang menarik hati saya dalam peringatan Maulid kali ini. Setiap jamaah mendapat sebuah kitab Terjamah “Nadzhom Aqidatul Awam” yang dibagikan secara gratis ,dan ini merupakan amanat dari Sayyidul walid Habib Abdurrahman Assegaf kepada putra-putranya untuk mensyiarkan Kitab Aqidatul awam dan saya termasuk  yang mendapat kitab tersebut.

Alarif Billah Habib Abdurahman Assegaf bersama putranya

Lalu saya teringat kepada salah seorang guru saya yang bernama Kh.Taufik Kholil yang telah mengajarkan saya Kitab Aqidatul awam tersebut dan menerintahkan saya untuk menghafalnya namun Tidak sampai tuntas saya belajar kitab tersebut.

Kitab Nazhom Aqidatul awam karangan Syech Ahmad al marzuqi bermula dari mimpi Syech Ahmad Marzuki  pada malam jumat pertama di bulan Rajab tahun 1258  yang bertemu dengan Rosululloh saw dan para sahabatnya, dalam mimpi tersebut Rosululloh saw berkata kepada Syech Ahmad al marzuki “Tulislah Nadzhom Tauhid ”  barang siapa yang menghafalnya dia akan masuk kedalam surga dan mendapatkan segala macam kebaikan yang sesuai dengan Al quran dan Sunnah .” Syech Ahmad marzuki pun bingung dan bertanya kepada Rosululloh saw ” Nadzhom apa ya Rosululloh..??. Para sahabat menjawab ” Dengarkan saja apa yang akan Rosululloh saw ucapkan ” . Nabi Muhammad saw berkata ” Ucapkan..

أبـْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ والـرَّحْـمَنِ

Maka Syech Ahmad Marzukipun mengucapkan

أبـْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ والـرَّحْـمَنِ

Sampai dengan akhir Nadzhom yaitu

وَصُحُـفُ الـخَـلِيلِ وَالكَلِيمْ

فِيهَـا كَلامُ الْـحَـكَمِ الْعَلِيمْ

Nabi Muhammad saw pada saat itu mendengarkan bacaan Syech Ahmad almarzuki, maka saat itupula Syech Ahmad al marzuki terbangun dari tidurnya dan Beliau baca apa apa yang terjadi dalam mimpinya, dan ternyata Nadzhom tersebut telah terekam rapih dari awal sampai akhir nadzhom.

Nadzhom tauhid yang telah diberikan Rosululloh kepada Syech Ahmad marzuki , beliau tuangkan dalam sebuah kitab yang diberi nama “Aqidatul Awam” ( Aqidah untuk orang awam ) . Selang beberapa waktu lamanya Syech Ahmad Al marzuki bermimpi kembali bertemu dengan Rosululloh saw , dan Rosululloh saw berkata ” Bacalah apa yang telah kau kumpulkan di hatimu ( pikiranmu)”, lalu Syech Ahmad Marzuki berdiri membacanya dari awal sampai akhir Nadzhom  dan para Sahabat rosululloh di samping nabi muhammad saw mengucapkan “Amiin” pada setiap bait bait nadzhom ini dibacakan . Setelah selesai Syech Ahmad Marzuki menyelesaikan bacaanya, nabi Muhammad saw bekata kepadanya dan mendokannnya:” Semoga Alloh memberimu Taufiq kepada hal-hal yang menjadi Ridho-Nya dan menerimanya itu darimu dan memberkahi kamu dan segenap orang mukmin dan menjadikannya berguna kepada Hamba hamba Alloh swt amiinn”.

Kitab Nadzhom Aqidatul awam semula hanya berisi  26 bait , namun karena rasa cinta dan rindunya Syech Ahmad marzuki kepada nabi Muhammad saw maka beliau menambahkan hingga mencapai 57 Bait Nadzhom.

Nama lengkap beliau Syekh Ahmad bin Muhammad bin Sayid Ramadhan Mansyur bin Sayid Muhammad al-Marzuqi Al-Hasani,  dilahirkan sekitar tahun 1205 H di mesir , Beliau sepanjang waktu bertugas mengajar Masjid Mekkah karena kepandaian dan kecerdasannya Syech Ahmad Marzuki diangkat menjadi Mufti Mazhab Almaliki di Mekkah menggantikan Sayyid Muhammad yang wafat sekitar tahun 1261, Syech Ahmad marzuki juga terkenal sebagai seorang Pujangga dan dijuluki dengan panggilan Abu Alfauzi.

Kitab Nadzhom Aqidatul awam berisi pokok-pokok keyakinan ajaran Islam yang dijadikan sebagai pijakan bagi kaum muslimin . Di dalamnya menjelaskan tentang ilmu tauhid dan dasar-dasarnya. Ilmu tauhid ini menjelaskan tentang keesaan Allah dan pembuktiannya. Dalam kitab tersebut menjelaskan sifat-sifat Allah, atau yang disebut aqoid lima puluh.

Aqoid lima puluh itu terdiri dari, 20 sifat yang wajib bagi Allah, 20 sifat mustahil bagi Allah, 1 sifat jaiz bagi Allah, serta 4 sifat wajib bagi Rasul, 4 sifat mustahil bagi rasul dan 1 sifat jaiz bagi rasul. Semua merupakan isi dari ajaran yang terangkum dalam kitab  Aqidatul Awam.

Kewajiban mengetahui 50 keyakinan tersebut diperuntukkan, baik bagi laki-laki maupun perempuan yang telah mukallaf. Kewajiban mengetahui 50 kayakinan tersebut tak hanya untuk diketahui tapi juga dimengerti, sehingga umat Islam bisa mewujudkan kebahagiaan dunia dan akhirat, yang hanya akan didapatkan oleh orang-orang yang mengamalkan ajaran Islam dengan baik dan benar.

Kitab Nadzhom Aqidatul awam banyak diajarkan di pesantren dan Majlis ta’lim dan merupakan dasar dasar ketauhidan yang harus dipahami oleh setiap muslim. Bahkan Syech Nawawi Assyafi”i memandang penting untuk mempelajari Kitab Aqidatul awam karena setiap mukallaf wajib mengetahui sifat sifat Alloh  dengan mengenal Sifat Alloh maka dia akan mengenal dirinya begitu juga sebaliknya ( barang siapa yang mengenal dirinya maka dia akan mengenal Tuhan-nya) jika sudah mengenal Alloh maka dia akan senantiasa Taat  dalam menjalankan semua perintah Alloh dan Rosulnya dan menjauhi segala larangannnya. Dan Syech Nawawi Assyafi’i pun mengkomentari Kitab Aqidatul awam tersebut dalam sebuah kitab bernama “Nurudz zholam”.

download kitab Aqidatul awam  disiniAqidatul Awam

ini untuk hapalan di MP3 : Aqidatul awam

 

 

 

110 responses to “Kitab Aqidatul Awam Syair syair tauhid dari Rosululloh saw

  1. kalo mau beli dimana wan,temen ane dapaet kmaren ana mau jalan nggak dpt rwestu ibu…

  2. Muhammad Yusuf

    Assalamualaikum Ust Sachrony…

    Ust,ane cuma mo kasih kabar bahwa Maulid di Al Busyro Citayam :
    Sabtu, 10 April 2010 Jam 08 00 s/d Selesai Utk Kaum Ibu dan Minggu, 11 April 2010 Jam 08 00 s/d selesai utk Kaum Bapak/remaja Putra.
    demikianlah yg dapat ane sampaikan mohon kiranya Ust Sachrony dapat menampilkan Undangan ini di Website Ust.
    atas perhatiannya ane ucapkan terima kasih
    Wassalam..

    Yusuf Al Busyro Citayam…

  3. sukron a/ download nya ustadz …

    salam,

  4. Sachroni ente siape wan syehon sih ko kayenye ente tau bgat wan syekhon

  5. assalamu’alaikum…..

    alhamdulillah disetiap malem selasa dan malem sabtu di majlis ane baca kitab AQIDATUL AWWAM……yg dipimpin oleh alhabib hasan bin ja’far assegaf……

  6. ass.. teman mu’minin mu’minat-muslimin muslimat ku yg berbahagia.teruslah belajar kitab AQIDATUL AWWAM.. dan dimengerti lah makna2nya sifat2 ALLOH&ROSULULLOH.yg WAJIB,MUSTAHIL&JAIZ.karena pelajaran tauhid ini tdk cuma dibaca&dihafal.tapi DIYAKINI sampe dlm HATI.dg cara berfikir(NADOR)-BUKTI yg diciptakan yg ada DIALAM ini semuanya.dg cara itulah antm kenal ALLOH&ROSULULLOH.dan hanya pake AKAL lah yg bisa menjangkau&menyaksikan ADANYA ALLOH&KEBENARAN ROSULULLOH.karena IMAN TANPA ILMU ITU MUSTAHIL.dan TIDAK SAH IMAN KITA MENURUT ALLOH.dan ilmunya iman adalah ngaji TAUHID (SIFAT 20 yg WAJIB,MUSTAHIL&JAIZ bagi ALLOH&SIFAT2 ROSULULLOH yg WAJIB,MUSTAHIL&JAIZ bagi ROSULULLOH)dg sungguh2.dg cara NADOR DALIL yg belum/yg sdh diciptakan.itulah tmn2 ku yg berbahagia dan yg dimulyakan ALLOH.hanya itu yg bs sy curahkan kpd tmn2 ku skalian.sy cuma bs mendoakan tmn2 ku skalian,smoga slalu dlm lindungan ALLOH&slalu mndptkan TAUFIQ yg diRIDHOI oleh ALLOH SWT kpd tmn2 ku skalian. AMIIN…

  7. ust.boleh minta download kitab aqidatul awam plus artinya??
    ane mo belajar nih

  8. ass.. 5af nich tmn2.. ngmng2 dah knl ALLOH&ROSULULLOH blm? knlillah dulu.. karena pepatah bilang.TAK KENAL MAKA TAK SAYANG.. biar kt disayang,maka kenalillah ALLOH&ROSULULLOH dg sesungguh2nya..ok

  9. Ping-balik: Kitab Aqidatul Awam Syair syair tauhid dari Rasulullah saw | Allahumma sholli alaa sayyidina muhammad wa aalihi washohbihi wassalim

  10. assalamu’alaikum.. Saudaraku semua,keterangan di atas diambil dr kitab Nur al-dzolam,karangan Syekh Nawawi As-Syafi’i..

  11. Achmad Djubaedi

    Semoga menjernihkan hatiku

    • amiin.. ALLOH lah yg akan mnjrnhkn’nya.. bkn sapa2..krn ALLOH(istighna angkulimasiwah waftikoru kulla ma adahu ilaih) ok sobatku..

  12. assalamu alaikum wahai orang yg mampu menaruh segala sesuatu pada tempatnya.

  13. assalamu alaikum Dan barngsiapa yang menganggap adanya pertentangn dalam kitab Alloh تعالى ataupun didalam sunnah RosulNya صلى الله عليه وسلّم atau antara keduanya, maka hal itu terjadi bisa jadi karena sedikitnya ilmu yang ia milliki atau karena pendeknya pemahamannya atau karena keterbatasan ia dalam mentadabburinya;, maka hendaklah ia lebih bersemangat lagi …

    • allohumma solli ala muhammad.na’am ya khoer.sukron sobatku.alhamdulillah,mdh2an kt smua trmsk glngn yg tdk mnntng ALLOH SWT&ROSULULLOH SAW.prl sy tgskn.yg dimksdkn mnntng/mnghna ALLOH adlh org yg menyamakan ALLOH dg MAKHLUKNYA.baik dr dzat nya,sifat nya,dan pembuatannya.baik dr segi apapun maupun dr segi manapun.dan yg dimksd mnntng ROSULULLOH adlh org yg tdk memthi ucapan ROSULULLOH baik dari segi sareat,torikot,maupun hakekat.dan prl kt kthi bhw smua perkara itu smua dibuat oleh ALLOH,bkn diri kt sndri.baik tmpt’nya makhluk,grk brubh-diamnya makhluk,smua yg ada dialam dunia maupun akherat,dsb.itu smua dlm kudrot nya ALLOH SWT yg tdk bakal lepas sewaktu pun dr kudrot&irodat nya ALLOH SWT.. itulah sobatku smua,yg bisa sdkt sy smpkn.mdh2an ada manfaatnya.amiin.. alf kpd sobatku smua. ass wr wb..

  14. Assalamu’alaikuw warohmatullahi wabarakatuh
    Ada yang tahu tempat yg menjual terjemahan & teks latin Aqidatul Awam ? atau ada yg punya terjemahannya.
    Syukron

  15. ass.. sobatku.. trslh tolabul ilmi.. apalagi bab tauhid.itu pntng skali.krn pljrn ini akan kt bawa yg plng pntng skali wkt kt sakaratul maut nanti.krn ROSULULLOH mnjlskn bahwa iman&islam ada 2 hal ada muslim ing dannas dan muslim ing dalloh.muslim menurut manusia adlh org yg sdh mngcpkn 2 klmt sahadat tp blm phm makna sbnry 2 klmt sahadat itu.dan muslim sprt itu blm sah mnrt alloh wkt hidup dan mati nanti.hanya sah mnrt manusia saja dan org yg blm phm mkn 2 klmt sahadat wkt mati itu trmsk org yg mati suul khotimah.dan muslim sprt itu sah dihormati scr muslim wkt mati nanti.dan muslim menurut alloh adlh org yg mngcpkn 2 klmt sahadat tp sdh phm makna sbnry klmt sahadat itu.itulah yg sah mnrt alloh dan seandainya org trsbt mati sdh phm,itulah yg trmsk org yg mati khusnul khotimah.mdh2an kt smua diphmkan/diknlkan dl kpd alloh&rosululloh sblm kt mati nanti.amiin ya robbal alamiin.. kobul.waila hadrotin nabiyil musthofa rosulillahi SAW.AL FATEHA..

  16. ass wr.wb. ust.khoerul.antm ini sapa? pas kebeneran ana buka blog ini,q liat tulisan antm ko hati ana jadi gimana.. ko ana merasa banget.. antm tempatnya dimana? kalau masih alamat jakarta ana mau silaturohmi sekarang juga.cz pas kebetulan ana udah lama mencari-cari pelajaran bab masalah sifat2 alloh dan rosululloh.tolong ust.khoerul.minta alamatnya antm. ana habib ja’far.maaf ust. barang kali ana suul adab sama ust.. kalau bisa sekarang dibales. maaf ya ust.. makasih

    • maaf bib ana ini bkn ust.ana ini ga tw apa2.habib kl mo tw pljrn sprt itu.dtng ja ke ponpes at-tauhiddiyah giren-talang-tegal/cikura-bojong-tegal.yg diasuh oleh kh.ahmad sa’idi bin kh.sa’id dan kh.muhamad khasani bin kh.sa’id. insyaalloh bib akan dibmbng beliau. alf ya bib.ga bs ksh almt sy. ass..

  17. ya alloh ya rob.. jadikan org2 indonesia khususnya muslimin-muslimat seindonesia ini mengenal dirimu dan rosul mu,ya alloh .. sesungguhnya dia semua mencintaimu dan menyayangimu ya alloh.. dan mencintai rosulmu,kekasihmu sayidina muhammad.jadikan kita smua ini org2 yg tidak kesasar menyembah,mematuhi/mentaati perintah selainmu ya alloh.. dan jadikan tuntunan sayidina muhammad itu smua bnr2 jd tuntunan kita smua ya alloh.. sesungguhnya kita smua mencintaimu.menyayangimu,dan merindukan engkau slalu ya alloh.. dan jikalau msh banyak perbedaan pndpt tntng sareat untuk mencintaimu.tenangkanlah smua prbd’an pndpt diantara kita smua wahai alloh.. sesungguhnya perbedaan itu smua,dia sdng berlomba2 untuk mencintaimu wahai alloh.. ya alloh.. jadikan perbedaan pndpt ini untuk smakin mencintaimu dan merindukanmu ya alloh.. dan jadikan itu smua menjadikan kita tambah kenal dan semakin mengenali engkau ya alloh.. dan smakin kenal tntng risalah rosulmu ya alloh.. ya alloh,dan ini puncak2 yg hrs engkau bnr2 jadikan ya alloh yaitu matikan kita smua ini dalam mncnti.mnyyngi,mrndkn dan sudah mengenal dirimu dan rosulmu ya alloh.. dan jadikan kita smua ini bnr2 mati dlm khusnul khotimah dan dlm ridhomu itu smua ya alloh.. ya alloh.. ya alloh.. ya alloh.. bijahi sayidina muhammadin SAW. AL-FATEHA..

  18. makasih banyak atas smw infonyaa

  19. minta ringkasan bait2nya boleh nggak??

  20. -abda ubis millahiwarrokhmani
    -wabirrokhimi da imil ikhsani
    -falhamdulillahil qodomil awwali
    -al akhiril baqi bila tahawulli
    -tsumma sollatuwassalamu sarmada
    -alannabiyikhoiri kod wahada
    -waalihi wasoh bihi waman tabi
    -sabilallibilil haq’qi khoiri mubtadi ,…
    *maaf ana ga bisa meneruskanya*
    antm beli aja ke toko kitab,insya alloh disitu pasti ada.
    dan teruslah semangat wahai sobatku smua dalam belajar mendalami makna2 dari ilmu aqidatul awwam tersebut dari bait ke bait.terutama sifat wajib,mustahil,dan jaiz bagi ALLOH SWT&ROSULULLOH SAW.karena ILMU tersebut itulah yang dimaksud IMAN.nabi muhammad SAW bersabda:bahwa semua yang saya sampaikan itu smua,baik dari segi SAREAT,TORIKOT,dan HAKEKAT itu smua ada ILMUNYA.nah ilmunya IMAN adalah ngaji TAUHID.inilah yang dimaksud HAKEKAT.trmsk pelajaran aqidatul awwam ini adalah pelajaran TAUHID untuk kita kenal dengan ALLOH SWT&ROSULULLOH SAW.mdh2an kt smua termasuk golongan orang2 yg diberi IMAN seperti imannya rosululloh sayyidina muhammad SAW.dan termasuk golongan yg tdk kesasar/keliru dalam i’tiqod,menyembah&mematuhi apa yg diperintahkan oleh ROSULULLOH SAW kepada ALLOH SWT,dan mdh2an kt smua jg termasuk golongan orang yg mati khusnul khotimah dan senantiasa dalam ridho nya ALLOH SWT itu smua. amiin. bijahi sayyidina muhammadin SAW. AL-FATEHA..

  21. wahai sobatku semua.ber i’tiqod lah kepada semua para rosul alloh,tidak ada yang cacad/kekurangan dari segi sifat wajib para rosul maupun dari segi sifat jaiz bagi rosul.karena sesungguhnya para rosul itu sudah dimaksum oleh alloh swt.dari sejak lahir hingga sampe wafat nya.baik dari segi manusia biasa maupun dari segi kerosulannya.sesungguhnya para rosul itu smua pada hakekatnya bukan seperti manusia biasa pada umumnya.tetapi rosul itu adalah manusia yang diciptakan oleh alloh,makhluk yang paling sempurna,yang disempurnakan oleh alloh swt. jadi kita harus ber i’tiqod bahwa setiap rosul itu tidak ada yang cacad/kekurangan baik dari segi manusia biasa seperti:beliau makan,minum,akad nikah,slalu pake aturannya alloh.dan dari pagi sampe tidurnya beliau pun tetep ingat sama alloh.walaupun keadaan mata beliau dalam keadaan tidur.tapi hatinya tidak tidur.slalu ingat sama alloh.dan ditubuh para rosul juga ga ada yang cacad/kkrngn seperti:korengan,ingusan,tuli,buta,panuan,kudis,kurap,kutu air,matanya sipit,hitam,tangan/kakinya pnjang satu,tidak ganteng,melakukan maksiat,dsb.itu semua dipara rosul MUSTAHIL terjadi.karena beliau bener2 utusan yang diutus oleh alloh.yang tidak seperti manusia biasa pd umumnya. jadi para rosul itu benar2 slalu dimaksum oleh alloh dari segi sifat JAIZnya para rosul maupun dari segi sifat WAJIBnya para rosul smua.jadi seperti kisah2 yang ada.kaya:nabi adam maksiat,nabi ayub korengan yang menjijikan sampe2 diblatungi.dsb.itu smua bukan kisah ceritanya dan ilmu nya orang2 ahlussunnah,bukan ilmu umatnya para rosul terutama umatnya nabi muhammad SAW.tetapi itu semua kisah selain golongan ahlussunnah atau umatnya para rosul terutama sayyidina muhammad SAW. jadi ber i’tiqod lah sobat ku smua bahwa setiap rosul itu makhluk yang paling sempurna yang disempurnakan oleh alloh SWT dari segi manusia maupun dari kerosulanya. jadi ber i’tiqod lah bahwa setiap rosul itu serba predikat”TER” seperti:TERganteng,TERkuat,TERcerdas,TERcerdik,TERpercaya,dsb. itulah sobatku kalian yang bisa saya sampekan.mohon maaf bila penyampaianya kurang jelas&dimegerti. sobatmu ini cuma bisa berdo’a.mudh2an kita semua bnr2 golongan orang2 yang tidak kesasar,keliru,dan salah paham dalam i’tiqod kita kepada ALLOH SWT&ROSULULLOH. dan kita smua bnr2 dijaga oleh alloh dalam i’tiqod kita kepada alloh&rosul seperti i’tiqodnya sayyidina muhammad SAW.amiin ya robbal alamin..

  22. jalin silaturohmi ke http://www.sepenggal perjalanan ke kota tegal.com

  23. sobatku smua.rosululloh SAW itu sangat luar biasa.walaupun beliau lahir dilingkungan berbahasa arab.tapi beliau bisa bahasa semua yang ada didunia ini. baik bahasa thoif,israel,china,jepang,belanda,prancis,india,indonesia:tegal,jakarta,sunda,jawa timuran,irian jaya,aceh,dll.,hewan,jin,malaikat,dsb. beliau bisa mengucapkan/berbicara bahasa tersebut smua dengan faseh,jelas,gamblang,tanpa ada bahasa medok sedikitpun,sampe2 beliau seperti penduduk tersebut dalam pengucapannya/cara bicaranya beliau. masa alloh.. memang luar biasa kanjeng rosul. mdh2an kita smua benar2 menjadi umat beliau sayyidina muhammad SAW dunia dan akherat nya. amiin.

  24. beliau rosululloh SAW bukan hanya sekedar bisa berbicara semua bahasa saja.dan cuma sekedar berdakwah,wirid,dan beribadah saja.tapi semuanya serba bisa&ahli dalam semua yang ada.kaya seperti:pencak silat,bermain pedang lebih dari 2,dll.beliau rosululloh SAW bisa melakukan semuanya,tanpa ada kesalahan dalam melakukan hal itu smua. MASA ALLOH YA ROSULULLOH.. ALLOHUMMA SOLLI ALA MUHAMMAD. *ALLOHUMMA SOLLI WA’SALLIM WA’BARIK ALAIHI WA’LA ALAIH*

  25. SALAM UNTUK SOBAT2KU SMUA YANG ADA DI SEMUA MAJLIS2 TA’LIM YANG ADA DI TEGAL&JAKARTA. ASS WR WB ……

  26. Mau tanya, berdasarkan akal logika arti tauhid adalah mengesakan ALLAH, mengapa tercampur sifat manusia(rosul)

    • he he..
      ALLOHUMMA SOLLI ALA MUHAMMAD.
      masya alloh ya antum..
      kalo di KITAB RISALAH AWWAL dijelaskan: ROSUL itu bukan kaya sifat nya ALLOH dan juga bukan seperti sifat nya para malaikat.
      kalo sifat nya alloh tercampur sama sifat nya rosul.berati alloh sama dengan rosul donk.. kan laisa kamislihi sai..
      alloh itu kudrot&irodat nya wajib.jadi yang di buat itu sifat nya jaiz.
      kalo makhluk itu buat nya jaiz jadi yang dibuat juga sama2 jaiz nya.karena ditemu makhluk itu APES (ga bisa buat apa2) kalo ga di TULUNGI sama ALLOH.
      kan tau sendiri,rosul itu utusan alloh.jadi apa2 yang ada di diri ROSULULLOH itu menunjukan beliau itu betul2 utusan alloh..
      dan apa2 yang diminta rosul untuk HUJJAH,pasti dituruti oleh alloh.. jadi..
      sifat nya ALLOH ya ALLOH..
      sifat nya MALAIKAT ya MALAIKAT..
      sifat nya ROSUL ya ROSUL..
      jadi ga ada yang tercampur sedikit pun..
      itu sobat ku yang bisa saya simpul kan.. mhn maaf nya barang kali kurang jelas dlm penyampaiannya.dan saya tidak ada adab nya sama sekali.emank sifat nya saya ya kaya gini.. alf ya..
      N kalo mslh ngaji.GURU RUH SAYA DUNIA DAN AKHERAT TETEP SATU.YAITU:KH.ACHMAD SA’IDI&KH.MUHAMMAD KHASANI BIN KH.SA’ID BIN KH.ARMIA BIN KH.KURDI (TEGAL).
      dan kalo seperti:habib abdurohman al habsy,habib munzir al musawa,habib ja’far assegaf,habib syeh (solo),habib musthofa al idrus,(alm) gus dur,dll. saya biasa silaturohmi ke tempat beliau.. jadi minta DO’A nya antm aja. ok sobat.. alf ya.. N salam jg buat sobat u semua..

  27. ass.terima kasih atas ilmu yang saya dapat untuk membaca kitab aqidatul awam ini. Untuk semua para Guru- guru yang telah membawa islam ini ke tanah Indonesia ini begitu banyak ya begitu banyaknya ilmu Allah yang telah mereka berikan kepada kita smoga kita dapat bersyukur kepadanya dan slalu mendoakan beliau

  28. sobat ku smua yg ada di indonesia khusus nya.saya cuma mo curhat aja ke smua sobat ku skalian: teruslah bergaul dengan para ulama.karena tanpa kita bergaul dengan beliau dan tau tentang beliau kita ini mau jadi apa??.
    perlu tau saja.bahwa di dunia ini ada 2 DOKTER :1-ada dokter khusus nanganin masalah rohani/hati. 2-ada dokter khusus nanganin masalah jasmani/anggota badan.
    1-dokter masalah khusus rohani/hati adalah:dokter yang nanganin masalah penyakit hati,seperti: ujub,riya,takabbur,ghibah,suudon,ngrasani,dll.penyakit seperti itu hanya bisa ditanganin khusus oleh dokter hati saja yaitu ULAMA.
    2-dokter masalah khusus jasmani/anggota badan adalah:dokter yang nanganin masalah penyakit anggota tubuh,seperti: badan panas,pilek,sakit kepala,kanker,paru2,jantung,dll.penyakit seperti itu hanya bisa ditanganin oleh dokter jasmani yaitu dokter umum saja.
    tetapi kalo ULAMA.tidak sekedar bisa mengobati penyakit hati/ruh saja.tetapi beliau juga bisa menyembuh kan penyakit jasmani/anggota tubuh. seperti cerita/kisah dari al imam al arif billah al habib ali al habsy(pengarang kitab simtudduror) :ketika itu ada seseorang yang sudah divonis oleh dokter umum,bahwa penyakit tersebut tidak bisa disembuh kan sama sekali.tetapi dia tetep berusaha mencari dokter umum tersebut kemana saja untuk bisa di sembuh kan penyakit kronis yang sudah menjalar di tubuh tersebut.tetapi jawabannya apa? tetep tidak bisa disembuhkan.dan orang tersebut sampe2 sudah putus asa terhadap diri nya sendiri.karena tinggal menunggu ajal yang tidak lama lagi.tetapi ketika orang ini silaturohmi ketempat habib ali al habsy. al habib bicara kepada orang tersebut:kata siapa penyakit kamu ga bisa disembuh kan.saya ini profesornya para dokter.terus habib ngomong sama orang tersebut.kamu seneng ngaji? terus dijawab:seneng bib. terus habib langsung ngomong kepada orang tersebut.bacalah maulid simtudduror setiap hari.insya alloh sembuh.terus dibacalah simtudduror tersebut.ketika kurang lebih 2 minggu didaca.orang tersebut kedokter umum lagi.ternyata jawabannya apa? sembuh total.tidak ada penyakit sedikit pun di diri orang tersebut. masa alloh..
    jadi ayo sobat2 ku sekalian.kumpul lah dengan para ulama.kita hidup ini untuk MATI.kehidupan disana cuma hanya ada 2 saja.kalo ga seneng/bahagia ya susah/menderita.itu untuk kapan? :UNTUK SELAMA-LAMA NYA YANG GA ADA AKHIR NYA LAGI.kalo bahagia ya bahagia selamanya.kalo sengsara/menderita ya sengsara untuk selamanya. naudu billah.itulah alloh memberi kehidupan disana.tidak seperti kita hidup di dunia lagi.yang kadang seneng kadang susah atau mungkin seneng terus yang punya harta banyak.
    jadi kalo kita masih puya penyakit medis yang susah disembuhkan yaitu penyakit HATI.cepet2 datang ke kyai,habaib,(ulama),dll.karena penyakit seperti ini akan timbulnya di gerak-gerik anggota tubuh/badan.yang lebih bahaya dari pada penyakit jasmani/anggota tubuh.
    jadi kalo penyakit hati masih melekat,itu bahaya nya tidak sekedar di diri kita sendiri,tapi bisa ke diri orang lain yang benar2 tidak kita inginkan.dan penyakit tersebut juga merusak ibadah kita juga.jadi ayo kita kumpul N seneng dengan ULAMA. ok sobat..

  29. Salam …
    Pohon diizin untuk diambil post ini..
    Jazakumullahu khairan kathira..

  30. umat rosululloh saw.itu dari semua kalangan.baik dari kalangan ulama,pejabat,karyawan,orang miskin,pengamen,pengemis,dll.tapi,dia yang mau ikut dengan rosululloh..
    dan bukan umat rosululloh saw.juga dari semua kalangan.baik dari kalangan ulama,pejabat,karyawan,orang miskin,pengamen,pengemis,dll.tapi,dia itu yang tidak mau ikut dengan rosululloh..
    kalau kita mau jadi umat rosululloh.maka kita harus ikut dengan rosululloh saw.. dengan cara mematuhi perintah rosululloh saw.tapi,kalau kita ga mau ikut jadi umatnya rosululloh saw.ya ga usah mematuhi perintah rosululloh saw..karena syarat jadi umat rosululloh dan yang akan disafaati beliau nanti.itu syaratnya cuma satu aja.yaitu yang mau ikut perintah beliau saja.

  31. aku minta tlong jelaskan biografinya syaikh ahmad marzuki sekara lengkap dong…..ana butuh banget nie…..

  32. MASYA ALLOH……!!
    sampean kabeh niki termasuk wong sing mensyukuri nikmat apa ora??
    sampean kudu ngerti.apa itu yang dimaksud nikmat.. lan kudu ngerti apa itu yang dimaksud syukur..
    nikmat itu adalah suatu perkara sing diwujudna/digawe daning alloh ta’ala nang makhluk sing asale laka dadi ana setiap waktune.niku rupa apa bae?? yaiku rupa sekabehane sifat sing diwujudna daning pengeran nang wujude dzate makhluk.seperti:matane dikei weruh,kupinge dikei krungu,ilate dikei rasa,tangan/sikile bisa gerak,kulite dikei perasa,cungure bisa ambekan,awake dikei sakit,dsb.kue sing diarani nikmat.dadi sing diarani nikmat kue dudu mukur olih rejeki duit/umah/mobil/motor/jabatan,dsb,tok.tapi sekabehane sing ana nang awake kulo sampean kabeh sing digawe daning alloh..
    mulane sering sampean krungu.bahwa nikmate alloh niku ora bisa dietung.
    lah niku.sebabe alloh ta’ala tiap waktune niku gawe terus nang sawiji-wijine makhluk.ora pernah leren.ne nang kitab tauhid jelasnane nganyaraken perkara nang makhluk tiap waktune.
    masya alloh.
    dadi awake kulo sampean niki kabeh diperiksa.
    kulo sampean niki wong sing termasuk mensyukuri nikmat sing digawe daning alloh ta’ala apa ora??
    ingat!! sing mensyukuri nikmat alloh.pan ditambahi nikmate daning alloh.
    lan ingat!! bahwa sing ora mensyukuri nikmat alloh.sesungguhnya siksaku amat pedih.itu siksanya dimana?? ya didunia dan lebih2 diakherat nanti.naudzubillah..
    dadi.ayo kita mulai saat ini juga ikhtiar.latihan mensyukuri nikmat alloh swt.dengan sebenar-benarnya mensyukuri nikmat alloh yaitu dg cara:sholat 5 waktu,sholat sunnah dhuha,tahajud,shodaqoh,dsb.jangan sekedar syukur cuma baca/ngomong al hamdulillah saja.itu pangkatnya anak kecil.ok sobat..
    mudah2an kita semua ini diberi pertolongan oleh alloh bisa mensyukuri apa saja nikmat yang diberi oleh alloh swt,dg sebenar2nya mensyukuri nikmat yang dibuat oleh alloh.
    amiin ya robbal alamiin..

  33. ayo!! ayo!!
    yg mau ngerti siapa alloh dan siapa makhluk.apalagi makhluk yg paling mulia sayyidina muhammad.datang aja ke pon pes at tauhidiyyah giren-talang-tegal/cikura-bojong-tegal.yg diasuh oleh kh.ahmad sa’idi bin kh.sa’id dan kh.muhammad hasani bin kh.sa’id.
    dan kalau ga bisa datang ketegal.anda bisa datang ke pengajian cabang giren/cikura.yaitu lokasinya dijakarta.tepatnya dirawa mangun,dekat gedung UNJ.anda tanya aja disitu.dimana rumahnya (alm)ust.sahori.insya alloh pd kenal. ok fren.

    salam kenal

  34. suatu hari, al imam al ghozali berkumpul dg murid-muridnya. lalu imam al ghozali bertanya.”apa yg paling dekat dg diri kita di dunia ini?.”murid-muridnya menjawab”orang tua,guru,kawan,dan sahabatnya”. imam ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. tetapi yg paling dekat dg kita adalah “MATI”.
    sebab itu sememangnya janji alloh swt bahwa setiap yg bernyawa pasti akan mati.(ali imron 185).

    lalu imam ghozali meneruskan pertanyaan.”apa yg paling jauh dari diri kita di dunia ini?.”murid-muridnya menjawab”negara cina,bulan,matahari dan bintang-bintang”. lalu imam ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yg mereka berikan adalah benar. tapi yg paling benar adalah “MASA LALU”. walau dg apa cara sekalipun kita tidak dapat kembali ke masa lalu.
    oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yg akan datang dg perbuatan yg sesuai dg ajaran agama islam.

    lalu imam ghozali meneruskan dg pertanyaan.”apa yg paling besar di dunia ini?.”murid-muridnya menjawab”gunung,bumi,dan matahari”. semua jawaban itu benar kata imam ghozali. tapi yg paling besar dari yg ada di dunia ini adalah “NAFSU”.(al a’raf 179).
    maka kita harus berhati-hati dg nafsu kita,jangan sampe nafsu membawa kita ke neraka.

    pertanyaan selanjutnya adalah,”apa yg paling berat di dunia ini?.”ada yg menjawab “besi dan gajah”. semua jawaban adalah benar kata imam ghozali, tapi yg paling berat adalah”MEMEGANG AMANAH”.(al ahzab 72).
    tumbuh-tumbuhan,binatang,gunung,dan malaikat.semua tidak mampu ketika alloh swt meminta mereka untuk menjadi kholifah (pemimpin) di dunia ini.tetapi manusia dg sombongnya menyanggupi permintaan alloh swt, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

    pertanyaan yg selanjutnya adalah.”apa yg paling ringan di dunia ini?.”ada yg menjawab”kapas,angin,debu,dan daun-daunan”. semua itu benar kata imam ghozali. tapi yg paling ringan di dunia ini adalah”MENINGGALKAN SHOLAT”.
    gara-gara pekerjaan kita meninggalkan sholat,gara-gara aktivitas kita meninggalkan sholat.

    dan pertanyaan terakhir adalah,”apakah yg paling tajam di dunia ini?.”murid2nya menjawab dg serentak,”pedang”. benar kata imam ghozali, tapi yg paling tajam di dunia ini adalah”LIDAH MANUSIA”.
    karena melalui lidah,manusia selalunya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

    alf mingkum.ass wr wb..

  35. ayolah sobatku smua.saya mengajak kalian smua.untuk belajar tauhid dg serius dan sungguh-sungguh.jangan sepelekan ilmu tauhid.karena ilmu tauhid yg seharusnya antm2 smua mengetahuinya lebih dahulu,dari pada ilmu2 yg lain.karena ilmu tauhid ini.sesungguhnya mudah.tapi susah untuk diletakan sampe didalam hati.sampe kita meng i’tiqod kan didalam hati kita ini.smua perkara yg ada didunia maupun diakherat itu dibuat oleh alloh.smua itu dibuat oleh alloh dalam setiap waktunya.tidak ada yg lepas dari pembuatan alloh sewaktupun diantara perkara yg sudah jadi ataupun belum jadi.
    oleh sebab itu.marilah sobatku smua.belajar tauhid dg serius dan sungguh-sungguh.karena orang yakin kpd alloh.itu derajatnya ada 3 cara saja yaitu dg :
    1-ilmul yaqin
    2-ainul yaqin
    3-haqqul yaqin.
    dan pastinya kita smua ini.tergolong mengetahui adanya alloh.itu derajatnya dg ilmul yaqin.yg harus kita peroleh dg ilmunya dulu.baru kita meyakini adanya alloh dg sebenar-benarnya.
    itu saja.ajakan saya kepada sobatku dunia dan akherat.yg insyaalloh akan bertemu bareng dg rosululloh sayyidina muhammad disana. amiin.

    alf. ass wr wb …

    • assalamualaikum……..
      sya mau tanya parameter orng sudah dikatkan iman tu apa?

      • alf sobat. saya cuma kasih masukan sedikit saja. yang artinya iman adalah mengucapkan/mengikrarkan bahwa tidak ada yang wajib disembah kecuali alloh swt dan nabi muhammad adalah utusan alloh (yang terakhir) di dalam hati kita.
        cuma permasalahannya. ada muslim ing dannas kafir ing dalloh dan ada muslim ing dannas muslim ing dalloh.
        – muslim ing dannas kafir ing dalloh adalah orang yang sudah mengucapkan dua kalimat syahadat tapi dia belum tau apa makna dari dua kalimat syahadat tersebut, artinya dia masih bingung dalam dua kalimat syahadat tersebut. itulah cuma yang dinamakan muslim menurut manusia saja, tapi mungguh alloh tetap kafir. karena belum tau siapa alloh sebenarnya. dan jikalau dia mati ko belum tau. tetap mati dalam suul khotimah (wallohu a’lam bisoab).
        – muslim ing dannas muslim ing dalloh adalah orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat tapi dia sudah tau apa makna dari dua kalimat syahadat tersebut.

        jadi pada intinya. misalnya antm ini pengin tau siapa itu presiden SBY, ya antm harus liat SBY itu sendiri.
        nah seperti hal nya alloh swt dan rosululloh. kalau antm pengin tau siapa itu alloh? dan siapa itu rosululloh. ya antm harus belajar sifat 20 yang wajib,mustahil,dan jaiz. karena alloh itu bukan seperti makhluk dan rosululloh itu bukan sembarang manusia. jadi kita ini mau menyaksikannya alloh dan rosululloh itu pake apa? kalau bukan pake akal..
        kalau pake mata,pake telinga,pake hidung,pake lidah,pake kulit. itu semua tidak bisa menjangkau adanya alloh yang bukan makhluk dan bisa kenal siapa itu rosululloh. nah cuma pake akal lah yang bisa menjangkau adanya alloh swt yang bukan makhluk dan rosululloh yang bukan manusia biasa.
        nah akal itu juga cuma alat saja. dan kalau ga ada ilmu nya juga mustahil bisa tau perkara tersebut. nah ilmunya untuk menyaksikan adanya alloh dan menyaksikan rosululloh adalah pake SIFAT WAJIB,MUSTAHIL,DAN JAIZ. yang kita kenal sifat 20.
        itu saja sedikit yang bisa saya sampekan. mohon maaf bila kurang jelas. lebih kurangnya juga saya mohon maaf.
        alf ya. ass wr wb …

  36. asslam. mohon izin kang untuk mendownload kitab aqidahtul awam. saya sudah lama merindukan kitab ini, trimakasih kang….

  37. Ass. Syukron atas aqidahtul awamnya wan.. ana mohon ijin mendownload. Insya ALLAH manfaat. tetapi ana butuh penjelasannya dengan bahasa Indonesia, mohon disediakan penjelasannya. skli lg syukron. Wass.

  38. LAILAHAIL’LALLOH….. LAILAHAIL’LALLOH…..
    MUHAMMADUN ROSULULLOH…..
    itulah ucapan orang islam dalam kesehariannya.
    tetapi kita harus dipertanyakan.apakah kita sudah termasuk golongan LAILAHAIL’LALLOH MUHAMMADUN ROSULULLOH??
    kita tau.bahwa ALLOH ADALAH TUHAN KITA. DAN ROSULULLOH SAW ADALAH PANUTAN KITA DUNIA WAL AKHERAT.
    yg jadi pertanyaan apakah kita sudah tau ALLOH & ROSULULLOH sampe sekarang???
    jawabannya ada di diri kita masing-masing???
    maka kita harus koreksi kita lebih dahulu.sebelum kita menyangka orang.ok sobat

    nah ini sekedar sklumit yg bisa saya curahkan.dari pengajian yg saya tekuni selama ini DIKITAB” TA’LIMUL MUBTADIIN “atau biasa disebut KITAB ” RISALAH AWWAL ” karangan (SYEH KH.SA’ID BIN ARMIA BIN KURDI -TEGAL-JAWA TENGAH).

    kita harus tau.apa yang dimaksud “MAKHLUK” dan apa yang dimaksud “KHOLIK (ALLOH/TUHAN).
    kalo dikitab RISALAH AWWAL dijelasakan :
    -MAKHLUK adalah yang dibuat/yang diciptakan oleh ALLOH SWT. dan kalo
    -KHOLIK adalah yang membuat/yang menciptakan MAKHLUK.
    nah MAKHLUK itu terdiri apa saja?? apakah cuma manusia saja??
    jawabannya TIDAK.
    MAKHLUK itu terdiri dari DZAT DAN SIFAT yang terdiri dari bagian2. seperti:manusia,malaikat,jin,syetan,tumbuh2an,air,batu,gunung,laut,pokoknya smua yang ada.itu dinamakan MAKHLUK.
    dan perlu diperjelas.apakah yg dimaksud DZAT DAN SIFAT bagi MAKHLUK dan JUGA DZAT DAN SIFAT BAGI ALLOH.karena alloh juga dzat dan sifat.
    jadi kalo al imam al ghozali menjelaskan.”KENALILAH MAKHLUKNYA(YG DIBUAT) LEBIH DULU MAKA ANDA BARU AKAN KENAL SAMA SANG PENCIPTANYA YAITU ALLOH SWT” karena ALLOH ITU TIDAK SAMA DG MAKHLUKNYA “LAISA KAMISLIHI SAI..” baik dari segi apapun maupun dari segi manapun.

    jadi kalo MAKHLUK itu:
    -DZAT sebenarnya cuma satu aja yaitu BERTEMPAT.cuma,kita ini tdk bisa menjelaskan itu.jadi kita melihatnya.setiap yang BERTEMPAT pasti susun-susun dan mempunyai anggota/bagian2.
    apa si susun2 itu? susun2 itu terdiri dari:atas,tengah,bawah.
    dan apa si itu anggota/bagian2? anggota/bagian2 itu terdiri dari arah yaitu:sisi atas,sisi tengah,sisi bawah,sisi kanan,dan sisi kiri. dan kalo
    -SIFAT nya itu yang berubah-ubah yang asalnya tidak ada menjadi ada atau sebaliknya,asalnya ada menjadi tidak ada.
    nah biasanya kita melihatnya dicontoh seperti kaya sifat warna spt:putih,merah,hijau,biru,dsb. kaya sifat rasa spt:asin,manis,kecut,dsb. kaya sifat penggeden spt:besar,kecil,kotak,panjang,pendek,dsb. kaya sifat perasa spt:dingin,panas,sejuk,dsb. kaya sifat suara spt:keras,sedang,merdu,dsb. kaya sifat gerak spt:diam dan ber ubah.
    dan masih banyak lagi sifat2 yg berubah-ubah lainnya.hanya cuma itu salah satunya aja yg bisa sy cnth kan.
    dan sifat seperti itu semuanya.bisa jadi satu.seperti:sifat warna,sifat asin,dsb.tapi cuma mewakili satu saja dari sifat2 tersebut.
    dan pada intinya DZAT DAN SIFAT itu selalu MULAZAMAH (tidak akan pisah dari DZAT ATAU SIFATnya) faham kan??

    jadi biar kita ga bingung menghukumi perkara tersebut kita selalu melihatnya ke RUMUS.yaitu WAJIB,MUSTAHIL,DAN JAIZ.
    apa si itu WAJIB?? WAJIB itu fal wajibu mala yakbalul ingtifaa.
    apa si itu MUSTAHIL?? MUSTAHIL itu wal mustahilu mala yakbalu subuta.
    apa si itu JAIZ?? JAIZ itu wal jaizu mayak balussubuta wal ingtifa’a alassabilittanawubi.
    lebih jelasnya.dan lebih dalamnya.silahkan antm berangkat aja ke MAJLIS TA’LIM DA’WAH ATTAUHIDIYYAH.cabang jakarta.alamatnya yg sudah ditulis diatas.

    wallohu a’lam bisoab..
    mohon maaf barang kali kurang jelas dalam penjelasannya.

    alf. ass wr wb..

  39. *cuma sekedar pertanya’an tauhid saja*
    #pertanya’annya : ketika saya nulis ditulisan komputer ini. dan setelah itu saya matikan komputernya,jadikan tulisan’nya hilang/ga ada. terus saya hidupkan lagi. saya cari tulisan yang saya tulis tadi ko masih ada.
    yang jadi pertanya’an. apakah tulisan saya itu tadi wkt dimatikan masih ada dikomputer tersebut ngumpet dikomputer tersebut, apa emang tidak ngumpet dikomputer tersebut ?? jikalau masih ada tapi ngumpet dikomputer tersebut alasan’nya apa dan kalau ada dikomputer tersebut tapi tidak umpetan alias hilang/tidak ada sama skali alasan’nya apa?? dan hukumnya diperkara tersebut itu WAJIB,MUSTAHIL,atau,JAIZ?

    mohon dijawab temanku. barang kali ada yang tau.
    thanks.

  40. JADIKAN DIRIMU MANUSIA YANG BER AKAL.
    DEVINISI MANUSIA YANG PALING BER AKAL ADALAH SAYYIDINA MUHAMMAD ROSULULLOH SAW.
    MAKA JADIKAN DIRIMU SEPERTI SAYYIDINA MUHAMMAD ROSULULLOH SAW. JIKALAU ANTUM MENGAKU UMATNYA BELIAU.

    *hanya sekedar masukan saja*
    seseorang tau tentang alloh dan rosululloh itu tidak secara doruri(langsung tau)semua. tapi ada yang secara nadori(mikir-mikir/berfikir)dulu baru tau tentang alloh dan rosululloh.
    seperti hal nya kita sekolah. ada tingkatan-tingkatannya. seperti contoh kelas satu SD kalau menghitung 5+5 harus pake alat hitung-hitungan kaya seperti: lidi,sempoa,jari,dll. untuk membantu kita menemukan jawaban tersebut. lain dengan SMA, sudah tidak memakai alat tersebut lagi, kalau menghitung perkara yang sudah tau seperti itu.
    nah seperti hal nya juga tau tentang alloh. alloh itu tidak bisa kita lihat dengan mata,dengan telinga,dengan hidung,dengan mulut,dengan kulit,dsb. hanya cuma bisa menggunakan alat satu aja, yaitu AKAL. hanya pake akal lah alat yang bisa menjangkau perkara yang bukan makhluk lagi. kalau seperti mata,telinga,kulit,dsb. itu tidak bisa menjangkau yang bukan makhluk yaitu alloh swt.
    karena beda yang disaksikan beda pula cara menyaksikannya. jadi kita harus latihan menemukan adanya alloh kita harus berfikir terhadap ciptaan alloh yaitu makhluk. karena, kalau mau tau alloh ya harus tau siapa makhluknya dulu. karena alloh itu bukan makhluk. laisa kamislihi sai..

    banyak orang yang mengucap dan beranggapan. semua musibah dan lain sebagainya yang terjadi adalah kehendak alam.
    nah kalau kaya gitu kan dia tidak tau alam itu apa?? padahal alam,mumkin,jirim,makhluk,hawadis. itu maknanya sama. yaitu yang di buat oleh alloh swt.

    jadi kesimpulannya. kita memperoleh ke imanan yang benar-benar shoheh kita harus mengetahui ilmunya dulu. dan setelah itu kita bertafakur /nador dalil terhadap kejadian-kejadian yang ada. karena ilmu tauhid ini tidak seperti ilmu yang lain harus taq’lid. tapi kita harus menemukannya sendiri tentang alloh dan rosululloh. karena ini masalah IMAN sobatku… yang ada di dalam HATI kalian semua. yang kita tidak tau tentang i’tiqodmu didalam HATI antum. jikalau antum tidak mengutarakan isi yang ada didalam HATI antum tersebut. paham kan maksud saya???

    itu saja. lebih kurang nya mohon maaf yang sebesar-beasrnya.
    wallohu a’lam bisoab..
    alf. ass wr wb …

  41. ass wr wb. kang sachroni. salam kenal kanggo panjenengan. kulo bade ngrusuhi teng bloke panjenengan. kulo nyuwun tulisanku sing wonten nang :aqidatul awwam syair2 tauhid dr rosululloh saw, gus dur dibenci dan dicintai, dan digemerlap maulid dikali bata. kulo nyuwun dimunculna ngantos seminggu.
    kulo kepengin ningali respon wong sing bener2 cinta lan seneng tenanan dumateng alloh SWT lan rosululloh SAW. matur suwun.
    alf. ass wr wb..

  42. pembagian sifat ada 4. yaitu: sifat nafsiah, sifat salbiah, sifat ma’ani, sifat ma’na wiyyah.
    kalo antum tau itu. maka tau juga mana yang JIRIM dan mana yang A’ROD. dan tau juga apa itu alloh dan apa itu makhluk,jirim,mumkin,hawadis,alam(yang maknanya satu yaitu yang dibuat oleh ALLOH SWT). demikian sedikit yg bisa saya sampekan. tidak bisa saya jelaskan smuanya. bukannya saya menyimpan ilmu buat saya sendiri. tapi itu smua biar antm berusaha mencarinya sendiri. tidak seperti anak kecil yang harus dituntun dan disuapin terus.
    alf. barang kali ucapan saya kasar. ass wr wb ..

  43. kata guru saya kh.achmad sa’idi bin kh.sa’id. i’tiqod yang paling benar adalah i’tiqod nya kaum ahlussunnah wal jamaah. karena dimanusia ada 3 golongan/kaum yang i’tiqod nya beda. yaitu:
    1- ada kaum jabariyah
    2-ada kaum kodariyah
    3-ada kaum ahlussunnah.
    *kaum jabariyah adalah kaum yang meng i’tiqod kan bahwa ikhtiar kita lah yang menjadikan perkara tersebut. bukan alloh swt.
    contoh: -kita berdagang/bekerja, terus mendapatkan uang yang kita inginkan. setelah itu meng i’tiqod kan bahwa hasil uang tersebut yang menjadikan adalah hasil dagang/kerja keringat kita. bukan alloh swt yang menjadikannya uang tersebut. itulah yang namanya kaum jabariyah.
    *kaum kodariyah adalah kaum yang meng i’tiqodkan semuanya dibuat oleh alloh swt. tapi,kita ini tidak ikhtiar/usaha.
    contoh: -orang pengin mendapatkan uang 1 juta dalam 1 hari misalnya. tapi,kita ini tidak iktiar/usaha untuk mendapatkan uang tersebut. cuma kita pasrah saja ke alloh swt. itulah yang namanya kaum kodariyah.
    *kaum ahlussunnah adalah kaum yang meng i’tiqod kan semua perkara yang terjadi adalah kehendak alloh swt. tapi,kita ini tetap menjalankan ikhtiar/usaha apa yang diperintahkan alloh swt.
    contoh: -kita ini pengin mendapatkan uang 1 miliar dalam 1 tahun misalnya. kita ya harus bekerja/usaha apa yang bisa uang tersebut kita dapatkan. dan setelah mendapatkan uang tersebut. kita ini tetap ber i’toqod bahwa alloh swt lah yang menjadikan uang 1 miliar tersebut. bukan usahanya kita tersebut. itulah yang namanya kaum ahlussunnah.
    jadi pada intinya di i’tiqod nya kaum jabariyah dan kaum kodariyah salah. karena yang satu cuma ikhtiar dan meng i’tiqod kan ikhtiar nya saja yang menjadikan perkara tersebut bukan alloh swt. dan yang satunya lagi cuma meng i’tiqod kan ke alloh swt alias pasrah saja ke alloh swt. tapi tidak ada iktiar nya sama skali dalam mendapat kan hasil tersebut yang kita ingin kan.
    paham ga???
    alf ya. kalau kurang jelas.
    ass wr wb …

  44. “TAUHID”
    NABI MUHAMMAD SAW waktu isro mi’roj itu lamanya bukan 1 thn atau 1 bln atau 1 mngg atau 1 hr. tetapi sayidina muhammad isro mi’roj itu cuma 1/4 jam saja. waktu 1/4 jam itu sudah melalui perjalanan dari masjidil harom sampe masjidil aqso terus ke langit 7 sampe ke sidrotul muntaha. dan itu juga sudah termasuk bolak balik dan sholat bersama para nabi juga. masya alloh. makanya waktu itu para kafir qurais, setelah rosululloh menjelaskan bahwa saya habis isro mi’roj itu ngomongnya nabi muhammad sudah gila. karena kalau secara biasanya/nalar. perjalanan seperti itu bukan memakan waktu 1 tahun lagi. tapi harus ber ribu2 tahun lamanya. tapi al hamdulillah ada seorang yang ber iman tinggi waktu itu yaitu sayidina abu bakar as sidiq. kenapa beliau diberi gelar as sidiq karena beliau pertama yang membenarkan beliau sayidina muhammad saw isro mi’roj.
    dan ucapan abu bakar waktu itu adalah: jangan kan 1/4 jam untuk isro mi’roj. lebih dari itu juga saya mengimaninya. bukan yang sya liat itu muhammad nya tapi yg saya lihat adalah beliau adalah rosululloh (utusan alloh). jadi walau bagai manapun pasti terjadi. masya alloh. waktu zaman seperti itu ada seorang yang imannya seperti itu.
    dan jejak beliau itu banyak yang mengikuti. yaitu para sholihin semua. diantaranya saya mengutip kisah dr (alm) al alamah al arif billah al habib jindan. itu saya dari seorang murid dari beliau saya lupa namanya. pas kebetulan saya bertemu beliau waktu ziaroh di habib ahmad bin alwi al hadad (habib kuncung) – kali bata.
    beliau berbicara kaya gini. guru saya habib jindan. itu kalo ceramah dalam waktu semalam saja, dari mulai hbs isya jam 8 sampe jam 11 malam. itu bisa ceramah sampe 7x lebih di berbagai tempat.
    pernah waktu itu geger. ko habib bisa ceramah ditempat ini ini dan ini … sedangkan habib ceramah ditempat saya itu lama. ko bisa?? itu kata salah satu murid habib jindan. waktu saya ketemu dimakam habib kuncung. masya alloh.
    tuh, itu baru ulama yg kemaren aja kaya gitu luar biasanya. apalagi seperti para sohabat nabi dan apalagi sayidina muhammad saw. yang ahlinya sumber dari barokatul waktin (barokah waktu). masya alloh …

    maka dari itu kita ini disuruh bangun malam ya kaya gitu. untuk ngambil berkah perjalanan sayidina muhammad isro mi’roj. yaitu antara jam oo.oo – 00.30 an. karena orang yg biasa bangun malam dan sholat malam secara istiqomah. insya alloh diperlihatkan oleh alloh yaitu cahaya alloh. dan tentunya cahaya alloh itu bukan seperti cahaya lampu, cahaya matahari, cahaya bulan, dll. karena cahaya itu masih JIRIM. melainkan yg kita lihat adalah cahaya yang BUKAN JIRIM. karena alloh itu bukan jirim.

    dan bagi yang suka bid’ah-bid’ah hin orang bersholawat, ziaroh, dll. saya ksh tau, mendingan antm belajar tauhid dulu. sebelum belajar hadis-hadis. karena hadis-hadis rosululloh itu maknanya luas. dan pada intinya hadis rosululloh itu menuju ke imanan kepada alloh swt. paham ga??
    seperti yg kmrn habib munzir terang kan. bahwa amal yang masih hidup bisa disampekan kepada yang sudah mati. itu jelas hadis shoheh. karena melihat hadis tersebut bukan sekedar hadis biasa. tapi hadis yang luar biasa. artinya melihat hadis tersebut bukan yang menyampekan amal tersebut yang baca/yg mengamalkannya orang tersebut, dsb. tetapi alloh lah yg menyampekanya. paham ga??

    terus juga masih banyak orang yang mengatain bahwa nabi adam as maksiat. nabi ayub as korengan yang menjijikan sampe2 diblatungi. dan kisah nabi yang lain. yang antm ini masih men cacad kan nabi itu semua. itu sudah jelas2 salah besar. dan kalau orang masih meng i’tiqod kan seperti itu. kalau di kitab sanusi dan kitab dasuqi diterangkan/dijelaskan orang tersebut termasuk hukum nya kafir. jelas ga??
    makanya jangan maen-maen masalah ilmu tauhid. antm ini harus benar2 serius mendalami ilmu tauhid. jangan cuma sekedar saja.
    kalo dikitab ta’limul mibtadiin diterangkan/dijelaskan: awwalu wajibin alal ingsan ma’rifatul ilahi bistiqoni.

    itu saja masukan dari saya. mudah2an masukan saya ini. ada manfaatnya untuk sobatku skalian. amiin ya robbal alamiin …

  45. setiap murid pasti akan meng agung-agung kan guru-guru nya sendiri.
    termasuk saya ini juga meng agung kan guru mulia saya yaitu: kh.achmad sa’idi bin kh.sa’id dan kh.muhammad khasani bin kh.sa’id pengasuh pon pes at-tauhidiyyah giren-talang-tegal/cikura-bojong-tegal.
    beliau menjadi panutan saya dunia&akherat. beliau lah yang mengenalkan saya tentang arti tauhid yang sebenarnya. beliau lah yang mengantarkan saya, yang asalnya tidak mengenal alloh dan tidak mengenal rosululloh. menjadikan saya jadi kenal siapa alloh dan siapa rosululloh sebenarnya.
    dan saya ini juga benar-benar sudah mengecap beliau adalah ulama no.1 di dunia pd zaman sekarang ini. tidak ada ulama seperti beliau bagi saya.

    untuk mencari guru seperti beliau di zaman sekarang ini. mungkin bagi saya susahnya bagaikan saya harus menempuh bara api yang panas sekali. dimana saya harus melewati bara api tersebut, supaya bisa bertemu dengan guru mulia. masya alloh.
    al hamdulillah. alloh ta’ala telah memudahkan saya, mempertemukan saya guru seperti beliau. yang mana tidak jauh dengan rumah saya. mungkin 10 km dari rumah saya. ternyata ada seorang yang alim luar biasanya. sehingga saya tidak susah-susah mencari guru seperti beliau lagi.
    beliau ini bagi saya benar-benar mewarisi ilmunya rosululloh saw banget. beliau mengajarkan ilmu-ilmu tauhid yang sangat luar biasanya. tidak cuma mengajarkan sekedar tauhid. akan tetapi mengajarkan apa itu tauhid sebenarnya. tidak seperti tauhid yang diajarkan selain beliau, yang sudah saya ketahui. paling ya cuma kaya gitu doang.

    inilah sekilas ilmu yang diterangkan oleh beliau. beliau ini menerangkan tauhid itu tidak cuma sekedar menjelaskan siapa alloh&rosululloh saja. tapi beliau ini benar-benar menjelaskan secara mendetail siapa alloh&rosululloh itu sebenarnya. bagaikan kita ini seperti masih belajar disekolah SD, SMP, SMU, SAMPAI PERGURUAN TINGGI. masya alloh …
    ini sekedar cuplikan ilmu yang diajarkan oleh beliau. saya cuma mencuplik sedikit saja pelajaran dari beliau. yaitu tentang alloh dulu. dan mungkin lebih jelas dan luasnya tentang pembahasan tentang alloh dan rosululloh. mungkin anda bisa datang langsung ke pon pes beliau.

    *ini cuplikannya*
    alloh itu tidak butuh pada 5 perkara. yaitu:
    1-tidak butuh pada fa’il
    2-tidak butuh pada ma’khal
    3-tidak butuh pada maf’ul
    4-tidak butuh pada mukammil
    5-tidak butuh pada wasitoh
    itu saja. dan mohon maaf tidak bisa saya jelaskan. kalo anda pengin lebih jelas dan lebih luasnya. silahkan anda datang aja ke pon pes attauhidiyyah giren-talang-tegal/cikura-bojong-tegal yang diasuh oleh kh.achmad sa’idi bin kh.sa’id dan kh. muhammad khasani bin kh.sa’id.

    alf. ass wr wb …

  46. semoga TUHAN memberkahi kalian.
    saya cuma kasih masukan terhadap bapak2 yang ada diatas.
    coba kalian semua berfikir yang jelas.masa ya ada TUHAN tidak kelihatan sama sekali.yang bener aja!!
    masa cuma yakin2 doang.sedangkan saya baca arti dari sahadat yang dibaca oleh umat islam adalah aku bersaksi kepada alloh dan aku bersaksi nabi muhamad utusan alloh.
    sedangkan menyaksikan kan berati harus melihat.berati islam bohong semua dong?
    kenapa saya ngomong kaya gitu.alasanya orang islam yang ngucap sahadat seperti itu yang mau kita lihat apa?
    sedangkan nabi muhamad sudah meninggal dan jasadnya dikuburkan dibumi.dan TUHAN orang islam tidak bisa dilihat.
    mau yang disaksikan itu apanya dan menyaksikannya lewat apa.. yang bener aja..
    mendingan saya umat nasrani.yang kita saksikan sudah jelas wujudnya. yaitu wujud jesus kristus.itu baru rasional…

    salam

    Alloh SWT Tuhan yang menciptakan Alam semesta ini , bagi kami umat Islam tidak sama seperti mahluk apa pun yang selama ini kalian sembah ( Tuhan berwujud manusia/ yesus ). Alloh tidak berwujud.
    Allah hadir dimana-mana, Dia “azh-Zhahir” sekaligus “al-Bathin”. Dia adalah azh-Zhahir yahni yang nampak dengan jelas melalui ayat-ayat dipentas alam raya ini yang merupakan bukti-bukti wujud dan keesaan-Nya. Nalar tidak dapat membayangkan betapa alam raya wujud apalagi dengan segala keindahan, keserasian, dan keharmonisannya tanpa kehadiran-Nya.

    Alloh yang menunjukan kepada kita kerajaan dan kekuasaan-Nya, dengan menyadarkan kepada kita bahwa dalil-dalil wujud-Nya terbentang dimana-mana. Segala sesuatu yang diciptakan-Nya (waktu yang bisu sekalipun) adalah hujjah yang berbicara tentang wujud-Nya.
    Mata tidak melihat-Nya tetapi Dia berada dibalik setiap ciptaan-Nya. Memang Dia, juga al-Bathin yakni Yang tersembunyi hakikat, Dzat dan sifat-Nya, bukan karena tidak jelas, tetapi justru karena Dia sedemikian jelas, sehingga mata dan pikiraan silau bahkan tumpul, tak mampu memandang-Nya.

    Seandainya matahari tidak beredar, maka kita dapat menduga bahwa cahaya yang terlihat dipentas bumi ini, bersumber dari masing-masing benda. Kita tidak akan menduga bahwa dia adalah akibat dari cahaya matahari. Tetapi karena matahari menghilang dari ufuk dan terbenam maka ketika itu kita sadar bahwa penyebabnya adalah matahari, dan bahwa matahari ada wujudnya.

    “Ketersembunyian-Nya disebabkan oleh kejelasan-Nya yang luar biasa, dan kejelasan-Nya yang luar biasa disebabkan oleh ketersembunyian-Nya. Cahaya-Nya adalah tirai cahaya-Nya, karena semua yang melampaui batas akan berakibat sesuatu yang bertentangan dengannya.

  47. maaf.kamu cara menjelaskannya itu kurang logika.
    dan kalo menurut saya orang islam ini seperti menghayal aja dalam berkeyakinan terhadap TUHAN.
    ga ada wujudnya tuhan,masa untuk berkeyakinan terhadap dia.
    kalian ini kan butuh dengan menyembah yang bener2 jelas kalian sembah…
    karena dengan menyembah itulah kalian minta sesuatu kepada tuhan.dan kalo tuhan ga seperti apa2 wujudnya.beratikan sama aja kalian semua menghayal dalam meminta terhadap tuhan.
    masa ya,mau dikasih permintaan kita.sedangkan memintanya kalian aja sambil menghayal.terhadap tuhan yang ga jelas wujudnya…
    yang rasional dong…

    bang…ada beberapa alasan kenapa alloh tuhan kami umat Islam tidak dapat di lihat di dunia :

    Pertama : Dunia tempat musuh Allah, dan merupakan surga bagi orang kafir ( selain dari umat islam ) “ Ad Dunya Sijnul Mukminin wa jannatul kaafirin “ ( dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir ). Jadi tidak layak bagi Allah untuk di lihat di surga orang kafir .

    kedua : Allah hendak membuat maslahah, sebab kalau saudara juga dapat melihat Allah, maka bathallah kelebihan dan keutamaan bagi orang mukmin ( umat Islam ) . Dan apabila yang diberi kesempatan melihat alloh hanyalah orang Islam saja, maka saudara akan berkata,” seandaianya aku juga dapat melihat Allah, pastilah aku akan beribadah dengan sebaik-baiknya.” akan tetapi, seandainya saudara umat nasrani dan orang islam sama-sama dapat melihat kepada Allah di dunia, maka hilanglah perbedaan antara umat islam dengan umat nasrani serta lenyaplah keluhuran umat islam .

    Ketiga : Dunia adalah tempat yang hina, sedangkan melihat kepada Allah itu sangat mulia. dan kami umat islam akan berjumpa dan melihat alloh di surga.

    Keempat : Dunia adalah tempat bekerja. Seandainya Allah menampakkan DzatNya di dunia, pastilah manusia tidak akan mau bekerja, sebab mereka terkesima kepada Allah sehingga mereka sehari-harinya hanya memandang Allah tanpa makan dan minum.

    Kelima : Rahmat Allah yang luar biasa kepada Manusia, sebab apabila Allah menampakkan DzatNya di dunia, maka manusia tidak akan kuat untuk melihatnya. Ingat kasus Nabi Musa AS ?. Ketika beliau mengutarakan niatnya untuk melihat Allah, maka Allah berfirman,” Wahai musa engkau tidak akan kuat melihatKu, maka lihatlah kamu gunung itu, aku akan menampakkan DzatKu kepadanya.” Dan ketika Musa As melihat gunung itu runtuh, pingsan lah Nabi Musa As

  48. ko ngomongnya musuh TUHAN? masa ada tempat tuhan dimusuhi tuhan sendiri.yang logika mas.
    terus kenapa sih orang islam menyebut orang nasrani itu kafir.padahalkan orang islam sendirinya yang kafir.
    sama tuhan ko dibanding2kan didunia sama diakherat.
    kalo surga didunia ya sama ajalah surga diakherat.cuma perbedaannya diakherat kumpul dengan yesus dan maryam.
    kalo masalah dunia tempat untuk bekerja apa hubungannya?
    masa tuhan takut menampakan didunia. lucu banget.
    terus masalah tempat hina.mas nih harusnya tahu sendiri.
    masa kita didunia makan buah2an dan sebagainya masa dibilang hina.
    mas nih yang nalar ajalah berfikirnya.jangan pake hayalan2 kaya gitu.kalian ini waras ga sih?
    masa makanan dikatain tai.minuman dikatain air kencing.entar mol2 dikatain tempat untuk tidur lagi. lucu banget orang islam ini.

    bang saya yakin anda tidak begitu mendalam mengenal alkitab sedikit saya kritik tentang doktrin kristen yaitu makna pengampunan dosa ,menerima hukuman adalah kebodohan bagi seorang kristen, sekalipun ia memang bersalah. Kasarnya sekalipun ia mencuri, sekalipun ia memperkosa, sekalipun ia merampok, tidak akan ada dosa baginya. Ini benar-benar mengejutkan. Doktrin ini hanya cocok untuk orang-orang yang belum berbudaya, atau kalau di zaman sekarang, hanya cocok untuk orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan, yang tidak percaya kepada kehidupan setelah mati. Atau orang-orang atheis.

    Mungkin orang atheis masih mending. Orang atheis masih bisa melihat kepada ajaran kemanusiaan untuk menjadi orang baik. Juga masih bisa melihat kepada science (ilmu pengetahuan). Kekristenan tidak bisa melihat kepada kemanusiaan, karena doktrinnya memusuhi manusia dan merubah bentuk manusia. Tidak bisa melihat kepada science, karena ia tidak mentaati akal budi. Menjadi manusia adalah negatif bagi kekristenan. Akal budi tidak berguna dan kebodohan. Agama kristen bukan untuk menjadi orang baik, tapi untuk merasa nyaman menjadi orang yang tidak baik.

    Kekristenan mempunyai akal tersendiri yang bisa menyelesaikan masalah umatnya. Akal-akalan kali ye? Sebenarnya tuntutan menjadi orang baik di dalam keristenan hanya basa-basi. Kasih yang dibanggakan oleh doktrin kristen bukan memberi dan berkorban, tapi kasih diberi dan memperoleh. Bukan aktif keluar, tapi pasif kedalam. Apa gunanya itu bagi kehidupan bersama? Itu hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Sebaiknya orang kristen yang masih setia pada kekristenan tinggal di hutan atau di goa-goa seperti zaman purbakala.

    Bagi seorang kristen yang benar-benar mendalam ilmu alkitabnya, hukum manusia tidak wajib dihormati, oleh karenanya orang kristen tidak merasa ada kehormatan di dalam melakukan hukum dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah ataupun masyarakat yang dikeluarkan dari hasil musawarah dan mufakat. Bahkan termasuk juga peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Tuhan dan para nabi. Kristen bilang, orang tidak dibenarkan karena melakukan hukum Taurat (Roma 3:20).

    Kehormatan di dalam kristen adalah semata-mata menyelamatkan diri sendiri. Sebenarnya ia adalah agama kepentingan sendiri. Kita lihat saja dalam doktrin keselamatannya, seseorang selamat bukan karena besar kecil perbuatan baiknya, tapi oleh adanya suatu penyelamatan yang tidak mempertimbangkan perbuatan apapun. Suatu keselamatan yang didapat dengan cara membantali orang lain. Dan mereka amat bangga dengan kemalasan dan sikap tak bertanggugnjawab itu. Supaya hebat, yang dibantali adalah anak tuhan. Selamat dengan membantali orang lain adalah keselamatannya para pendusta. Tidak ada bedanya selamat dengan cara memfitnah. Para penjahat lolos dari hukuman dengan cara seperti itu.

    Agama saudara bukan untuk mengelola perbuatan supaya hanya mengarah kepada kesalehan demi kehidupan bersama yang lebih baik dan hidup benar di mata Tuhan. Tapi ia adalah agama untuk memberi rasa bebas kepada para pendosa supaya pikiran mereka tidak dibebani rasa bersalah oleh perbuatan mereka sendiri. Sehingga kalau kata kasih dan kata cinta yang selalu digembar-gemborkan di dalam kristen itu dikaitkan dengan sikap memberi dan berkorban maka akan terjadi konflik yang sulit dipecahkan. Ingat, perbuatan baik di dalam kekristenan tidak ada kelebihannya apa-apa dari perbuatan jahat. Sama sekali. Itulah makna dari tidak ada penghakiman di dalam yesus yang sebenarnya (roma 8:1-2). Ini benar-benar bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh yesus sendiri yang disebut akan memaklumkan hukum sepada bangsa-bangsa.

    Jelas sekali sekarang bahwa kekristenan merupakan jalan yang dipersiapkan bagi kekuasaan Iblis di muka bumi. Sungguh mengerikan. Sangat wajar kalo Yesus mengatakan di akhir zaman: Aku tidak pernah mengenal kalian. Enyah kalian! Kalian pembuat kejahatan…

    Mt 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

    Orang-orang kristen yang masih manusiawi, yang masih setia pada kebaikan dan kesalehan serta suka berfikir luas, pasti akan ribut-ribut selalu di dalam hati mereka. Karenanya suatu ketika orang-orang kristen banyak yang akan berbondong-bondong meninggalkan kekristenan. Mereka pada pindah ke agama-agama tua seperti Buddha, Hindu, Tao (sambil menghindari islam), dan menjadi juga agnostik. Tapi pada akhirnya akan ada gelombang mereka berbondong-bondong masuk Islam. Setelah gelombang itu, masyarakat dunia akan menuntut kekristenan dan juga menuntut bangsa yahudi yang merupakan biang kerok dari semua kejadian ini. Bendera “anak-anak allah” nya kristen dan yahudi akan diturunkan dengan paksa oleh masyarakat dunia. Inilah pertama kali dalam sejarah, agama dihapuskan secara paksa oleh massa. betul begitu bang…..

    • Sebenrnya buang2 waktu berbicara dengan yg tidak berprinsip,, namun tidak menutup kemungkinan hidayah Allah turun kpd siapapun tk terkcuali termasuk Si Jesus ini.. perbedaan yg mendasar Islam&Nasrani adl masalah tauhid.. selama akal masih menganggap dzat Tuhan jisim/jirim/hwadist,mumatsalah (sama dg mkhluk) maka ksadaran orang akan menolak kesempurnaan Allah yg wajib mukholafah (beda). soal ketuhanan jesus putra maryam, coba anda cari di alkitab manapun (perjanjian lama/baru) yg kuno/yg modern, tidak ada pernyataan jesus yg menyatakan dirinya Tuhan / menyuruh umatnya untuk menyembah dirinya.. kalo menurut hemat saya sebelum berpendapat soal Islam silahkan anda studi banding dulu atau pelajari Islam secara detail tentang tauhid, INGAT!! tauhid saja dulu tdk usah beranjak ke hukum lain (furu’) kemudian bandingkan dengan TRINITAS yg anda yakini.. Semoga Allah berikan hidayah.

  49. saya seorang penginjil yang taat , tapi saya mulai ragu dengan Agama saya yang kurang rasional terutama konsep TRINITAS . Saya pernah bertanya pada seorang pendeta,’Saya betul-betul tidak paham dengan konsep Trinitas. Bisakah Anda menjelaskannya?’ Tapi pendeta itu menjawab ‘Yakini saja’. Mereka tidak memberikan jawabannya. Jika saya menanyakan tentang Trinitas, mereka akan menjawab ‘ayah dan ibumu saling mencintai, ketika mereka memiliki anak, itu seperti tiga dalam satu dengan identitas berbeda’.
    jadi, banyak sekali analogi yang diberikan untuk menjelaskan bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan dan menjadi anak Tuhan dan menjadi dirinya sendiri. Saya pikir banyak penganut Kristen yang menerima konsep ini tanpa memahaminya. Saya mendapat jawaban bahwa konsep Trinitas ada dan ditetapkan sebagai dasar kepercayaan dalam agama Kristen setelah Yesus wafat.
    Sebuah jawaban yang menurut saya sangat mengejutkan , karena itu artinya semua dasar dalam ajaran Kristen adalah ciptaan manusia. Yesus semasa hidupnya tidak pernah bilang dirinya adalah anak Tuhan dan tidak pernah mengatakan bahwa dirinya Tuhan. Saya membaca Gospel Mathias pertama dan dalam Gospel itu Yesus tidak direferensikan sebagai anak Tuhan, tapi anak seorang manusia. Tapi dalam Gospel yang ditulis setelah Yesus wafat, banyak sekali disebutkan bahwa Yesus adalah anak Tuhan. Dan disebutkan pula bahwa ada alasan politis dibalik argumen konsep Trinitas. “Saya juga menemukan bahwa Yesus berdoa dan memohon pertolongan pada Tuhan Jika Yesus minta pertolongan pada Tuhan, lalu bagaimana Yesus bisa menjadi Tuhan. Ini tidak masuk akal buat saya.”

  50. YESUS artinya: YEh… SUSah banget sich dikasih tau!!!

    masya alloh!! ajib … ko yesus internetan ya?? he he …
    yang saya tau, kalo yesus tuh ga mau main internet. ko sekarang mau main internet ya???

    ya beginilah kita harus sabar terhadap orang yang akalnya bodoh.
    soalnya kalo orang bodoh tuh kalo nemu perkara sesuatu ya asal-asalan aja. dan juga maunya menang sendiri alias karep dewek.
    cuappue duueech …..

    saya teringat waktu masih sekolah SD kelas 5. waktu guru matematika suruh menghitung 5*5 hasilnya berapa?? terus dijawab sama orang bodoh ini. 20 pa guru …
    terus temen-temen yang lain menertawai. karena temen-temen semua sudah tau, bahwa jawaban tersebut hasilnya 25.
    terus akhirnya guru matematika tersebut bertanya sama orang bodoh ini. ko jawabannya 20, dari mana?
    dijawab sama anak bodoh ini. saya punya jari 20 doank pa. jadi saya jawab 20.
    terus ditertawai lagi sama temen-temen saya. (he he ….)

    masya alloh begitu cerdasnya orang bodoh ini. atas jawaban tersebut. akan tetapi jawabannya SALAH, karena menjawab dengan asal-asalan dan salah karena menuruti jari yang ada dan tidak tau ilmunya menghitung pake jari.

    coba seandainya dia tau ilmunya menghitung pake jari. walaupun jarinya cuma ada 20. pasti jawabanya tidak seperti itu. dan pastinya jawabanya akan benar. walaupun cuma ada jari 20 doank.
    dan pastinya kalau punya ilmunya menghitung pake jari. jangankan hitungan yang masih taraf 1oo. bahkan sampe puluhan jutapun kalo punya ilmunya untuk menghitung pake jari 20 aja pasti bisa untuk menghitungnya.
    paham ga bosss ……….?????????
    (ini rasional loch ….) he he …..

  51. maaf kepada bapa2 atau saudara2 sekalian.kami tidak bisa menjelaskan yang bapa2 atau saudara2 inginkan.
    kami cuma bisa mendoakan.mudah2an bapa2 atau saudara2 sekalian diberi petunjuk sama yesus kristus.dan kami juga hanya bisa mengajak sama bapa2 atau saudara2 sekalian.datanglah ke gereja katerdal depan istiqlal.setiap hari minggu.
    dari pada kita mempermasalahkan lewat face book ini yang ga jelas.yang nantinya juga malah menjadi pertengkaran sesama kita.
    jadi lebih baik bapa2 atau saudara2 sekalian datang aja ke gereja katerdal langsung.mungkin disitu akan diberitahu semua oleh pa pendeta yang sudah luas tentang pemahaman berbagai kitab yesus yang ada.makasih

    makanya bang jangan banyak ngomong, di kritik begitu aja ga bisa jawab…coba jawab yang rasional tentang ketuhanan yesus yang anda anggap tuhan, Alkitab anda mencatat beberapa kemustahilan berkaitan dengan dugaan ketuhanan Yesus, misalnya, Yesus sujud menyembah kepada Allah (Matius 26:39 dan Markus 14:35-36). Selain itu, ketika disalib, Yesus berteriak memohon pertolongan kepada Allah (Matius 27:46 dan Markus 15:34), teks ini sebenarnya dikarang dari Mazmur 22:2-6). Yesus juga tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat (Markus 13:31-32). Bahkan, Yesus menyuruh umatnya untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah (Matius 6:9-13). Tindakan/sifat2 Yesus tersebut, sangat mustahil dimiliki oleh Tuhan, tetapi tindakan/sifat2 tersebut hanya mungkin dimiliki oleh makhluk2-Nya yang sudah semestinya menjadi hamba2-Nya.Catatan2 Alkitab di atas, jelas2 membantah ketuhanan Yesus. Tetapi mengapa anda sebagai umat Kristen bersikukuh menuhankan Yesus? Jawabannya terletak pada “doktrin gereja” yang sudah ditanamkan kepada setiap individu Kristen semenjak ia masih kanak2 termasuk anda , pada dasarnya tidak benar2 memahami isi Alkitab yang sebenarnya. anda lebih mendasarkan diri pada apa yang gereja katakan tentang Yesus, bukan berdasarkan pada apa yang sebenarnya Alkitab katakan tentang Yesus. Di sinilah penyebab kesalahpahaman umat Kristen tentang pribadi Yesus. gimana bang ….

    • maaf jesus. saya dulu juga pernah masuk ke gereja keterdal pas pada waktu natalan. mungkin sekitar tahun 2007. saya suka nyanyian-nya. tapi aku ga suka dengan menyembah yesus(nabi isa as.) sebagai tuhan. cukup ALLOH SWT ajalah yang menjadi tuhan saya, kamu, dan kalian semua yang ada di alam.
      maaf ya jesus …..
      salam silaturohmi dari saya. by.khoerul

  52. bos. matius sama markus itu siapa?? ko antm tau banget nama-nama seperti itu …
    soalnya yang saya tau nama-nama seperti itu, ya nama-nama pemain sepak bola. dan yang saya tau. markus itu penjaga gawang (kiper) timnas indonesia. nama panjangnya markus horison. bener ga bang??

    habis tu bang yesus mulai duluan …nanti saya kasih tahu cara mematahkan serangan orientaslis wa ahkwatuha

  53. ga usah dipeduliin tentang yesus bang. yang penting kita tau sendiri aja sejarah rosululloh saw dulu. yang wajib kita ketahui. betul ga bang??
    masalah yesus ma no. sekian ….

    ngomong-ngomong saya mau tanya sama abang. abang tau istri-istrinya rosululloh saw ga?? dan tau anak-anaknya rosululloh saw siapa aja??

    dan tau juga ga, keturunan dari anak sayidina ali dg sayidatina fatimatu zahro yaitu sayidina hasan dan sayidina husen mempunyai keturunan siapa lagi??

    saya minta penjelasanya bang. barang kali abang tau. karena saya juga masih bingung tentang itu …

    alf ya bang. sukron bang.

    istri-istri Rasul saw:
    1. Khadijah binti Khuwailid (menikah dengan Nabi usia 40 th, di makamkan di Hajun)
    2. ‘Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shidiq (usia 9 th)
    3. Siti Hafshah binti Umar bin Khathab
    4. Saudah binti Zam’ah bin Qais seorang janda yang sudah tua (65 tahun)
    5. Shafiyah binti Huyay bin Akhthab
    6. Maimunah binti al Harits,
    7. Ramlah/ Ummu Habibah binti Abu Sufyan bin Harb,
    8. Hindun binti Abi Umayyah/Ummu Salamah,
    9. Zainab/Ummul Masakin binti Khuzaimah,
    10. Juwairiyah binti al Harits bin Dirar
    11. Maria binti Syamaun Qithbiyah Al Mishriyah atau Mariyah Qibtiyah,
    12. Fatimah binti Dhahhak, diceraikan Nabi saw karena memilih dunia dari pada Nabi saw, dan ia jatuh miskin
    13. Asma’ binti An Nu’man Al Kindiyah tidak digauli oleh Nabi saw
    14. Amrah binti Yazid Al Kilabiyah tidak digauli oleh Nabi saw

    Putra-Putri Nabi Muhammad saw

    Putra Rasul saw tiga:
    1. Qasim r.hu w.
    2. Abdullah r.hu bergelar Thayyib dan Thahir lahir setelah kenabian meninggal masih kanak-kanak
    3. Ibrahim r.hu w.

    Putri Rasul saw empat:
    1. Zainab r
    2. Ruqayah
    3. Ummi Kultsum
    4. Fatimah

    putra putri fatimah dan ali ra
    Fatimah mempunyai 6 orang putri dan 3 putera
    (1) Hasan r.a lahir setelah dua tahun pernikahannya dengan Ali kw.
    (2) Husen r.a lahir pada tahun 4 H
    (3) Muhsin r.a meninggal pada usia kanak-kanak
    (4) Ruqayyah r.ha meninggal ketika masih kecil
    (5) Ummi Kultsum;
    (6) Zainab

  54. MAKASIH BANYAK SEBELUMNYA.

    berati istri nabi muhammad saw 14 ya bang. yang bener-bener jadi istri beliau, layaknya seorang suami&istri yang bener-bener itu jumlahnya ada 11 ya bang??
    terus putra-putri rosululloh saw. itu dari keturunannya siapa aja?? dan masing-masing selain sayidatina fatimah, menikah dan punya keturunan ga bang??

    dan terus anak/keturunan dari sayidina hasan, sayidina husen, sayidatina ummi kultsum, dan sayidatina zainab. gimana bang, masing-masing punya keturunan ga??

    MAKASIH BANYAK YA BANG …

    sekilas putri rosululloh saw dan keturunannya
    1. Zainab r.ha lahir saat Nabi berusia 30 th dan w.50 H
    – Lahir setelah 5 tahun menikah dengan khatijah (umur Nabi saw 30 tahun)
    – menikah dengan Abul Ash bin Rabi’
    – punya 2 anak ; Ali r.a. dan Umamah r.ha.
    – setelah w. Fatimah az Zahra, Ali bin Abi Thalib k.w. menikah dengan Umamah r.ha. (dengan Ali k.w. tidak punya keturunan)
    – setelah Ali k.w. wafat, Umamah menikah dengan Mughirah bin Naufal bin Harits bin Abdul Muthalib (dengan Mughirah punya anak 1 yaitu Yahya)
    2. Ruqayah r.ha lahir saat Nabi saw berusia 33 th
    – lahir ketika nabi saw berusia (33 th)
    – menikah dengan Utbah anak pamannya (Abu Lahab)
    – bercerai karena Abu Lahab/ menikah ketika masih kecil
    – Ruqayyah r.ha menikah dengan Utsman bin Affan/Dzunnurain (sebab menikah dengan dua putri Rasul saw; Ruqayyah & Ummi Kulsum)
    – (dengan Utsman r.a punya anak Sayyidina Ali, tapi wafat pada usia 6 th)
    3. Ummi Kultsum r.ha
    – pernah menikah dengan Utaibah bin Abu Lahab, kemudian bercerai sebelum turun surat al Lahab
    – Utaibah mati diterkam singa, karena doa Rasul saw disebabkan mencaci maki Rasul saw
    – Setelah Ruqayyah r.ha wafat, kemudian Ummi Kultsum dinikah oleh Utsman bin Affan (tidak mendapatkan keturunan)
    4. Fatimah r.ha lahir saat Nabi berusia 41 tahun
    – Lahir pada saat Rasul saw usia 41 tahun
    – Fatimah berarti “menahan”, yaitu terbebas dari neraka
    – Menikah dengan Ali bin Abi Thalib, kemudian setelah tujuh setengah bulan barulah mereka berkumpul.
    – Fatimah menikah pada usia 15 tahun 5 bulan dan Ali bin Abi Thalib berusia 21 tahun 5 bulan
    – Fatimah wafat setelah 6 bulan Rasul saw wafat.
    – Fatimah mempunyai 6 orang putri dan 3 putera
    (1) Hasan r.a lahir setelah dua tahun pernikahannya dengan Ali kw.
    (2) Husen r.a lahir pada tahun 4 H
    (3) Muhsin r.a meninggal pada usia kanak-kanak
    (4) Ruqayyah r.ha meninggal ketika masih kecil
    (5) Ummi Kultsum r.ha menikah dengan (5.1)Umar bin Khathab;
    – dikarunia putera bernama Zaid. r.a dan Ruqayyah r.ha
    – setelah Umar bin Khathab wafat, Ummi Kultsum menikah dengan (5.2) ‘Aun bin Ja’far r.a. mempunyai anak 1 tapi meninggal ketika masih kanak-kanak.
    – Setelah ‘Aun bin Ja’far meninggal Ummi Kultsum menikah dengan kakak kandung ‘Aun bin Ja’far yaitu (5.3) Muhammad bin Ja’far
    – Kemudian Ummi Kultsum menikah lagi dengan saudara ‘Aun yaitu Abdullah bin Ja’far (tidak mempunyai anak)
    – Ummi Kultsum wafat ketika menjadi istri dari Abdullah bin Ja’far. Ja’far/Thayar
    – Dan hari itu juga puteranya Zaid r.a meninggal sehingga dikubur bersama-sama
    (6) Zainab r.ha menikah dengan Abdullah bin Ja’far
    – mempunyai dua anak: Abdullah r.a dan ‘Aun r.a keduanya meninggal saat Zainab r.ha dan Abdullah bin Ja’far r.a masih suami istri.
    – Setelah Zainab r.ha wafat, (5.4) Abdullah bin Ja’far menikah dengan Ummi Kultsum putri Fatimah Az Zahra
    Setelah Fatimah az Zahra wafat Ali bin Abi Thalib menikah dengan wanita lain dan memiliki banyak keturunan berjumlah 32 orang; 16 orang putera dan 16 orang puteri. Imam Hasan r.a mempunyai putera 23 orang yaitu; 15 orang putera dan 8 orang puteri. Imam Husen r.a mempunyai anak 9 orang yaitu; 6 orang putera dan 3 orang puteri. Putera Imam Husen r.a; (1) Ali Zainal ‘Abidin/Asghar (hidup), (2) Ali Akbar, (3) Ali Ausath, (4) Abdullah, (5) Zainab, (6) Sakinah, (7) Fatimah (selain Ali Zainal ‘Abidin mati terbunuh kasus karbala)

  55. KURANG DIMENGERTI/KURANG JELAS BANG, TULISANNYA ABANG …
    MOHON DIRALAT KEMBALI TULISANNYA, BIAR JELAS/MUDAH DIMENGERTI.
    MAAF YA BANG …

  56. sungguh nik’mat orang yang tau siapa alloh dan rosululloh sebenarnya.

    pernah disuatu waktu. yaitu kisah dari syech abdul qodir al jaelani.
    melakukan MANDI JUNUB /MANDI BESAR sampe 40 kali dalam sehari, melakukan mandi wajib/mandi junub/mandi besar.
    dikarenakan ingat sama alloh swt. yang sangat luar biasanya, sampe-sampe keluar mani. setiap ingat sama alloh swt.
    SUBHANALLOH …

    jadi. kita ini keluar mani itu tidak mesti keluar, waktu habis bergaul/berhubungan antara laki-laki dengan perempuan atau mimpi basah/menghayal jorok yang seperti itu. akan tetapi, keluar mani juga bisa keluar setelah ingat sama alloh swt juga.

    karena pada intinya. keluar mani itu bisa keluar, ketika kita ini mengingat sesuatu yang indah atau yang kita cintai antara kita berdua. baik itu antara makhluk dengan makhluk atau antara makhluk dengan kholik yaitu ALLOH SWT.

    dan sekilas pembagian air yang keluar dari alat kemaluan kita.
    1- ada air mani
    2- ada air madi
    3- ada air maji
    # air mani adalah air kental yang keluar dari alat kemaluan kita. ketika kita habis mengingat sesuatu antara kita berdua atau mimpi basah atau habis berhubungan badan antara laki-laki dengan perempuan.
    dan hukumnya air mani itu tidak najis. akan tetapi, kita harus mandi wajib (mandi junub/janabah) jikalau kita ini ingin suci dari hadas besar.
    # air madi adalah air kental yang keluar dari alat kemaluan kita. ketika kita habis terlalu cape. biasanya keluar sehabis olah raga, kerja terlalu berat, dsb.
    dan hukumnya air madi ini najis mutawasitoh (najis sedang). dan boleh tidak mandi wajib. asalkan yang terkena air madi tersebut harus disiram, sesuai tata cara menghilangkan najis mutawasitoh. jikalau kita ini pengin suci dari najis mutawasitoh.
    # air maji adalah air yang keluar dari alat kemaluan kita. ketika kita habis kencing yang belum selesai kita membuangnya (sisa-sisa air kencing).
    biasanya, orang-orang akan merasakan keluarnya air maji tersebut. jikalau mau sholat kencing dulu. dan biasanya keluar itu lagi keadaan ruku atau sujud.
    dan pokoknya, keluarnya air maji tersebut itu, bisa keluar kapan saja. pokok intinya air maji tersebut keluar setelah habis kencing.
    dan hukumnya air maji tersebut, sama hukumnya dengan keluarnya air madi.

    itu mungkin yang sedikit bisa saya sampekan. mudah-mudahan ada manfaatnya.
    mohon maaf. bila kurang jelas dalam penjelasan atau penulisannya.
    alf. ass wr wb ….

  57. Al Hamdulillah… sy senang karena ternyata banyak umat Nabi Muhammad pada saat ini mencintai ilmu tauhid.
    kepada http://sachrony.wordpress.com
    sy sdh memiliki kitab ini. dan saat ini sy sdg membutuhkan kitab Aqidatul Awam dengan penjelasan menggunakan bahasa indonesia. Agar dapat sy terapkan di luar pesantren sy. Jika tidak keberatan sy meminta situs ini menyediakan. ini juga pasti akan sangat bermanfaat bagi seluruh pengunjung situs ini. Terima kasih

  58. bersyukurlah kalian semua jikalau diberi sakit oleh alloh swt. dan tetaplah bersabar kepadanya. karena dengan sakit itulah, membuktikan bahwa kalian semua itu masih dicintai dan masih disenangi oleh alloh swt.

    saya teringat kalam dari guru saya.
    jikalau manusia itu tidak pernah diberi sakit. berati sama aja dengan syaiton.
    karena, selama hidupnya syaiton itu tidak pernah diberi sakit oleh alloh swt. balik malah diberi kesenangan terus oleh alloh swt selama hidupnya syaiton.

    saya juga tidak lupa saling mendoakan sesama umat sayidina muhammad saw.
    mudah-mudahan diberi sakitnya oleh alloh swt kepada kita. benar-benar dosa kita di ampuni oleh alloh swt baik kecil maupun besar. dan setelah diampuni. alloh swt membukakan tabir untuk memandang dzat yang penuh kasih sayank kepada kita yaitu alloh swt. dan alloh swt juga benar-benar menjadikan kita sebagai kekasihnya atau teman alloh swt fiddunya wal akhirot. amiin ya robbal alamiin …

  59. #CURHAT#
    dulu saya pernah ditanya sama seorang perempuan, yang mencintai dan suka sama saya, namanya (ainun fitriyani) lahir digresik-jawa timur tapi tinggal dijakarta.
    dia keturunan dari orang yang sederhana. dia cantik, perhatian, pengertian, nurut, setia bangetlah. bagi saya. cuman saya tidak mencintainya. tau kenapa?? saya juga heran sama saya sendiri. padahal banyak laki-laki yang mencintainya dan banyak yang mengejar-ngejar dia. tapi dia menolaknya. malah dia memilih saya. (orang yang jelek, miskin, dan penuh dosa ini).
    SUBHANALLOH …

    dia tanya kaya gini sama saya.
    mas. fitri mau tanya. terus saya jawab. tanya apaan fitri …
    terus dijawab. alloh mencintai hambanya itu melihat dari mananya? dan kalo hamba sesama hamba itu juga melihatnya dari sisi mananya juga??
    terus saya diem, tidak menjawabnya. dan setelah itu, saya ngomong sama fitri. saya tidak tau jawabannya fit. emang apa jawabannya?

    terus dijawablah sama fitri.
    kalo alloh mencintai hambanya itu melihatnya dari HATI nya seseorang. bukan dari WAJAH nya seseorang.
    walaupun dia itu ganteng, kaya raya. tetapi HATI nya kotor. tidak pernah berdzikir ingat sama alloh. itu dihadapan alloh sangat HINA dan DIHINAKAN sama sekali oleh alloh. tetapi jikalau dia itu HATI nya berdzikir ingat sama alloh. walaupun mukanya kaya monyet, kaya serutan kelapa, atau gimana. itu dihadapan alloh sangat MULIA dan SANGAT DI MULYAKAN banget sama alloh.

    terus kalo hamba dengan hamba atau kita sesama kita. itu mencintainya itu bukan melihat dari segi HATI nya saja. akan tetapi melihat dari bobot dan bebet seseorang juga. kalo dia HATI nya baik. akan tetapi dia miskin dan tidak punya apa-apa. dia itu tetap tidak di mulyakan seperti hal nya alloh memulyakan orang yang selalu berzikir dan baik kepadanya. dan tidak mencintai sepenuhnya seperti halnya alloh mencintai seseorang yang berdzikir dan baik kepadanya.
    paham ga mas?? terus saya jawab. ah masa sih …

    mudah-mudahan curhat saya itu ada manfaatnya buat kita.

    dan saya juga minta maaf sama fitri. barang kali kamu membacanya. dan pastinya fitri tau dan kenal saya. ini tulisan sapa (bukan khoerul)?
    mas. minta maaf yang sebesar-besarnya ya fit …?
    mudah-mudahan kamu mendapatkan laki-laki yang sholeh. dan yang membacanya ini juga, baik itu laki-laki ataupun perempuan. mudah-mudahan dipertemukan oleh alloh swt, jodoh yang sholeh/sholehah. keluarga yang mendapatkan kesenangan didunia maupun diakherat. amiin…

  60. malam jum’at do KUMAT, kabeh do MLARAT, HP’ne do SEKARAT, ra kuat tuku CARD, mulo ayo do ISTIRAHAT, akeh-akeh’no moco SHOLAWAT, maring kanjeng nabi MUHAMMAD, yo ben mbesuk nompo SYAFA’AT, golek rezeki yo ben MANFA’AT, go sangu dunyo AKHIRAT, yen wis dadi KONGLOMERAT, yo ojo lali ZAKAT, kanggo wong MLARAT, sing okeh duso yo ndang TOBAT, ojo malah MAKSIAT, mumpung durung KIAMAT, nindakno SHOLAT, supoyo slamet ora di LAKNAT, karo gusti penguoso JAGAT. INGAT …..!!!!!

  61. “AKU BERLINDUNG KEPADA ENGKAU YA ALLOH. DARI GODAAN SYAITON YANG TERKUTUK”.

    “DENGAN NAMA ALLOH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG”.

  62. arti makna khasiat dan tujuannya mana kang dari bismillahirrohmannirrohim? salam2

  63. he he …
    sodaraku yang ku mulyakan. saya cuma kasih masukan sedikit yang saya tau.

    kalo khasiat dan tujuan dari makna bismillahirrohmanirrokhim. itu sungguh sangat luar biasa maknanya untuk dijabarkan. karena sangat amat luar biasa banget luasnya dari makna bismillahirrohmanirrokhim itu.

    kalo khasiat dari bismillahirrohmanirrokhim itu bisa untuk apa saja. misalnya: pengobatan, minta pertolongan, minta rezeki, dll. insya alloh dengan bacaan tersebut alloh akan menyembuhkannya, dan memberikan kpd hambanya yang alloh kehendaki dengan jalan yang lurus.

    kalo tujuannya bismillahirrohmanirrokhim itu, ya supaya kita ini diselamatkan oleh alloh swt didunia dan diakherat.

    mungkin itu sedikit masukan dari saya. kekurangannya saya mohon maaf.
    ass wr wb …

    salam juga dari saya.

  64. SUBHANALLOH WAL HAMDULILLAH WALA ILA HAILLALLOHU WALLOHU AKBAR.

    itulah yang bisa saya katakan ketika saya mendengar ke luar biasaan seorang utusan alloh swt.

    kenapa tidak??

    ketika saya mendengar kisah tentang nabi dawud as. hati saya cuma bisa tersenyum dan tersenyum terus. kenapa tidak. masa kisah nabi dawud selama hidupnya. beliau, mempunyai istri berjumlah 1000. itu bisa digarap (disetubuhi) semuanya dalam sehari dan juga bisa menyampaikan amanat apa yang diperintahkan oleh alloh swt untuk umatnya. apakah itu tidak luar biasa banget?? sedangkan beliau itu adalah utusan alloh. yang harus wajib menyampaikan perintah alloh swt. dalam hidupnya beliau kepada umatnya. ko bisa??

    itu semua jawabannya cuma satu, biar kita ini tidak bingung. yaitu melihatlah atau berpedomanlah kepada kuasanya alloh swt. jangan liat makhluknya. karena itu semua pada intinya alloh lah yang membuat itu semuanya. bukan makhluk itu sendiri. karena pada intinya, makhluk itu tidak mempunyai kuasa apa-apa atas dirinya sendiri yang ia kehendaki. cuman keadaan makhluk itu sendiri yang dia minta, alloh akan menghendakinya. dan semuanya juga tergantung diderajat kita masing-masing. yang nanti alloh akan menghendaki apa yang diminta oleh makhluknya itu. ada derajatnya dibenci oleh alloh swt. tapi, tetap dikehendaki oleh alloh yang ia minta, ada derajatnya biasa-biasa saja (ga dibenci tidak pula kekasih) tapi, tetap dikehendaki oleh alloh yang ia minta karena dia nurut perintah, tapi tidak 100% menjalankan perintah alloh swt, dan ada juga derajatnya yang menjadi kekasih alloh yang dicintai dan disayank oleh alloh swt. yang selalu alloh kehendaki yang ia minta, sebab dia menjalankan perintah alloh swt 100%. jadi keinginannya selalu dituruti.

    dan jangan salah faham yang alloh kehendaki kepada diri kita itu semua tidak semuanya di ridhoi. karena alloh menghendaki perkara tersebut ada dua. ada yang di isti’troj dan ada yang di ridhoi. jadi liat lah dulu perkaranya.

    ALLOHU AKBAR

    mungkin itu unek-unek hati saya yang bisa saya sampekan.
    dan mohon maaf barang kali salah atau membingungkan dalam penulisannya.
    ass wr wb …

    #LAILAHAILLALLOH#
    LAILAHAILLALLOHU ADAMU SAFIYYULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU NUHU NAJIYYULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU IBROHIMU KHOLILULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU ISMAILU DABIHULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU MUSA KALIMULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU DAWUDU KHOLIFATULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU ISA RUHULLOHI.
    LAILAHAILLALLOHU MUHAMMADUN ROSULULLOHI.

  65. N.I.I: NEGARA ISLAM INDONESIA
    MASYA ALLOH!!!
    NAUDZUBILLAH!!!

    ajaran-ajaran ini nih yang bikin pusing syaiton. maka-nya syaiton minta pensiun dini sama alloh. karena orang-orang-nya udah melebihi syaiton sih.
    kenapa tidak?? syaiton yang harus-nya menggoda manusia. sekarang sudah malas. malah syaiton itu merasa disalahi terus.
    seperti: kita berzina yang disalahkan syaiton, kita pacaran yang disalahkan syaiton, orang haji pake uang korupsi yang ditimpukin syaiton, dll.
    syaiton itu pusing N mumet. maka-nya minta pensiun dini sama alloh. karena manusia tersebut udah ikut golongan syaiton.

    masa ya. syaiton goda syaiton. cuappe dechh ……!!!

    apalagi ini nih ajaran N.I.I. weleh-weleh, bikin tambah stres syaiton aja. masa otak di cuci. ya kalo habis di cuci terus dimasukin tentang hadis-hadis-nya rosululloh, tentang al-qur’an, sulamun taufiq, kitab kuning, bidayatul hidayah, safinatun najah, dll. pokok-nya kitab-nya salafunassholihin lah, itu baru ga papa. malah harus dan harus dilakukan setiap manusia islam sedunia khusus-nya indonesia raya ini.

    lah ini. udh dicuci, terus dimasukin tentang: musuhin orang tua, ngebom sana-sini, zina, dsb. ini berati nama-nya orang yang sudah melebihi syaiton nih. maka-nya syaiton minta pensiun dini sama alloh. karena kaya gitu sih orang-orang-nya sudah sama kaya syaiton.

    ayolah orang-orang indonesia. kalian ini yang cerdas. jangan mudah dibodohi atau dibohongi sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    boleh kalian semua sekolah sampe perguruan tinggi. bahkan sampe mempunyai titel doktor, ir, prof, dll. tapi ya, masalah AGAMA juga harus kamu kejar juga. ingat hidup kalian didunia ini paling lama 70 tahunan. jangan sia-sia-kan hidup kalian didunia yang fana dan semu ini. jangan mudah di ombang-ambing seperti kapas. kalian semua ini wajib juga mendalami ilmu agama.

    jadi nanti antm liat orang yang mempunyai jenggot 1 meter, pake jubah, imamah-nya setinggi monas lebar-nya kaya penampan, pake tongkat, dll. kita ini ga bakalan terpengaruh. sebab sudah mempunyai pondasi agama atau pedoman sendiri yang kuat, pas dan benar.

    kasihan tuh para ulama. ulama udah ga pada betah hidup didunia ini terlalu lama. tapi, antm-nya yang mau ditinggal keadaan-nya masih kaya gini aja. ga punya IMAN, ISLAM yang kuat.

    ayolah orang-orang indonesia, kalian ini yang cerdas. ga usah nunggu pemerintah bertindak, kelamaan. nanti keburu nyawa kita dulu yang bertindak ke kuburan. kan repot. ya ga …

    ALLOHU AKBAR!!!
    ALLOHU AKBAR!!!

    mudah-mudahan kita ini semua diberi kemudahan oleh alloh SWT untuk menjadi orang yang cerdas, baik, dan benar. yang benar-benar mengikuti tuntunan rosululloh sayidina muhammad SAW. AMIIN YA ROBBAL ALAMIIN.

    ASS WR WB …

    SALAM
    BY. KHOERUL

  66. QASIDAH YA SAYYIDI YA ROSULULLOH adalah Qasidah yang menceritakan tawassul kepada Rosululloh SAW dan para salaf, di antara mereka: Ahmad bin Isa Al-Muhajir, Al-Faqih Al-Muqaddam, Abdurrahman Al-Saggaf, Abdullah Al-Idrus. untuk kita mendapat pengampunan dari Alloh SWT dan di jauhkan dari segala bentuk kejahatan dan musibah.

  67. # KISAH MBAH HAMID – PASURUAN – JAWA TIMUR #
    * KISAH YANG DI CERITAKAN OLEH KH.ACHMAD SA’IDI BIN KH.SA’ID *

    Suatu ketika seorang Habaib dari kota Malang-jawa timur, ketika masih muda, yaitu Habib Baqir Mauladdawilah (sekarang beliau masih hidup), di ijazahi sebuah do’a oleh Al Ustadzul Imam Al Habr Al Quthb Al Habib Abdul qadir bin Ahmad Bilfaqih (Pendiri Pon Pes Darul Hadist Malang).

    Habib Abdul qadir Bilfaqih berpesan kepada Habib Baqir untuk membaca do’a tersebut ketika akan menemui seseorang agar tahu sejati-nya orang tersebut siapa, orang atau bukan.

    suatu saat Datang-lah Habib Baqir menemui seorang Wali Min Auliya Illah di Daerah Pasuruan-Jawa timur, yang Masyhur dengan Nama Mbah Hamid Pasuruan.

    ketika itu di tempat Mbah Hamid Banyak sekali orang yang soan kepada beliau, meminta do’a atau keperluan yang lain.
    setelah membaca do’a tersebut kaget Habib Baqir, ternyata orang yang terlihat seperti Mbah Hamid sejati-nya bukan Mbah Hamid. beliau mengatakan, ” ini bukan Mbah Hamid, Khodam ini, Mbah Hamid tidak ada disini “. kemudian Habib Baqir mencari dimanakah sebetul-nya Mbah Hamid berada.

    setelah bertemu dengan Mbah Hamid yang asli, Habib Baqir bertanya kepada beliau, ” Kyai, Kyai jangan begitu “. jawab Mbah Hamid: ” ada apa Bib …??” kembali Habib Baqir melanjutkan, ” kasihan orang-orang yang meminta do’a, itu do’a bukan dari panjenengan, yang mendo’akan itu khodam, panjenengan dimana waktu itu??” Mbah Hamid tidak menjawab, Hanya diam.

    Namun Mbah Hamid pernah menceritakan masalah ini kepada seorang Habib Sepuh (Maaf, Nama Habib ini dirahasiakan). Habib Sepuh tersebut juga pernah bertanya kepada beliau. ” Kyai Hamid, Waktu banyak orang-orang meminta do’a kepada njenengan, yang memberikan do’a bukan njenengan. njenengan dimana, kok tidak ada …??” jawab Mbah Hamid, ” Heheheee … kesana sebentar “. Habib Sepuh tersebut semakin penasaran, ” kesana kemana Kyai??” jawab Mbah Hamid, ” kalau njenengan pengen tahu , datang-lah kesini lagi “.

    singkat cerita, Habib Sepuh tersebut kembali menemui Mbah Hamid, ingin tahu dimana ” tempat persembunyian ” Beliau. setelah bertemu, bertanya-lah Habib Sepuh tadi, ” dimana Kyai …??” Mbah Hamid tidak menjawab, Hanya langsung memegang Habib Sepuh tadi. seketika itu, kaget-lah Habib sepuh, melihat suasana di sekitar mereka berubah menjadi bangunan Masjid yang sangat megah, ” dimana ini Kyai …??” Tanya Habib Sepuh, ” Monggo njenengan pirsoni piyambek niki teng pundi …??” jawab Mbah Hamid.
    SUBHANALLOH …!!!

    ternyata Habib Sepuh tadi di bawa oleh Mbah Hamid mendatangi Masjidil Harom. Habib sepuh kembali bertanya kepada Kyai Hamid, ” Kenapa njenengan memakai do’a …??” Mbah Hamid kemudian menceritakan, ” saya sudah terlanjur terkenal, saya tidak ingin terkenal, tidak ingin muncul, Hanya ingin asyik sendirian dengan Alloh, saya sudah berusaha bersembunyi. bersembunyi dimana saja, tapi orang-orang selalu ramai datang kepadaku. kemudian saya ikhtiar menggunakan do’a ini. itu yang saya taruh disana bukan-lah Khodam dari Jin, melainkan Malakul Ardli (Malaikat yang ada di bumi). berkat do’a ini, Alloh Ta’ala menyerupakan malaikat-nya, dengan Rupaku “.
    Habib Sepuh yang menyaksikan secara langsung peristiwa tersebut, sampai meninggal-nya merahasiakan apa yang pernah dialami-nya bersama Mbah Hamid, hanya sedikit yang diceritakan kepada keluarga-nya.

    lain waktu, ada tamu dari Kendal soan kepada Mbah Hamid. singkat cerita, Mbah Hamid menitipkan salam untuk si fulan bin fulan yang keseharian-nya berada di Pasar Kendal. menitipkan salam untuk seorang yang dianggap Gila oleh masyarakat kendal.

    fulan bin fulan keseharian-nya berada di sekitar Pasar dengan pakaian dan tingkah laku persis seperti orang gila, namun tidak pernah mengganggu orang-orang disekitar-nya. Tamu tersebut bingung kenapa Mbah Hamid sampai menitip Salam untuk orang yang dianggap Gila oleh diri-nya.
    Tamu tersebut bertanya, ” Bukankah orang tersebut adalah orang Gila Kyai …??” kemudian Mbah Hamid menjawab, ” Beliau adalah Wali Besar yang njaga Kendal, Rohmat Alloh Turun, Bencana ditangkis, itu Berkat Beliau, sampaikan Salamku “.
    Kemudian setelah si Tamu pulang ke Kendal, Menunggu keadaan Pasar Sepi. dihampirinya-lah ” orang gila ” yang ternyata Shohibul Wilayah Kendal.
    ” Assalamu’alaikum … ” sapa si Tamu,
    Wali tersebut memandang dengan tampang menakutkan layak-nya orang gila sungguhan. kemudian keluar-lah seuntai kata dari bibir-nya dengan nada sangar.
    ” Wa’alaikumussalam … Ada apa …!! ”
    dengan Badan agak gemetar, si Tamu memberanikan Diri.
    Berkata-lah ia, ” panjenengan dapat salam dari Kyai Hamid Pasuruan, Assalamu’alaikum … ”
    Tak beberapa lama, Wali tersebut Berkata ” Wa’alaikum salam ” dan berteriak dengan nada keras, ” Kurang Ajar Si Hamid, aku berusaha Bersembunyi dari Manusia, agar tidak diketahui Manusia, Kok malah di Bocor-Bocorkan “.
    ” Ya Alloh. Aku tidak sanggup, kini telah ada yang tahu siapa Aku, Aku mau pulang saja, gak sanggup Aku Hidup di Dunia “.
    kemudian Wali tersebut Membaca sebuah Do’a, dan Bibirnya Mengucap, ” LAA ILAAHA ILLALLOH … MUHAMMADUR ROSULULLOH ”
    seketika itu langsung meninggal-lah sang Wali di hadapan orang yang di utus Mbah Hamid agar menyampaikan salam. hanya si Tamu-lah yang meyakini bahwa orang yang di Cap sebagai orang gila oleh Masyarakat Kendal itu adalah Wali Besar. Tak satu pun masyarakat yang meyakini bahwa orang yang meninggal di Pasar adalah Seorang Wali Besar.
    Malah Si Tamu juga di Cap sebagai orang gila karena meyakini si fulan bin fulan sebagai WALI.
    subhanalloh … begitu-lah para Wali-Wali-nya Alloh SWT. saking ingin-nya ber-asyik-asyikan Hanya dengan Alloh sampai berusaha bersembunyi dari keduniawian, tak ingin ibadah-nya diganggu oleh orang-orang ahli dunia.
    bersembunyi-nya mereka memakai cara mereka masing-masing.
    oleh karena itu, JANGAN-LAH KITA SU’UDZON TERHADAP ORANG-ORANG DI SEKITAR KITA, JANGAN-JANGAN DIA ADALAH SEORANG WALI YANG ” BERSEMBUNYI “.

    nasehat dari Al Quthb Habib Abdul Qadir Bin Ahmad Bilfaqih, ” JADIKAN-LAH DIRIMU MENDAPAT TEMPAT DI HATI SEORANG AULIYA “.
    semoga Nama kita tertanam di Hati para kekasih Alloh, sehingga kita selalu mendapat nadhroh dari guru-guru kita, dibimbing ruh kita sampai terakhir kita menghirup udara di Dunia ini, amiin …..!!

  68. yang ditakuti dalam hidup ini adalah ketika kita kena blockir dari ALLOH swt tidak dapat bisa ikhtiar rejeki, antara yang PAHAM TAUHID SAMA YANG TIDAK PAHAM TAUHID semuanya MINAL LLAH ILALLAH, YANG DITAKUTI KETIKA KITA KENA BLOCKIR DARI ALLOH SWT, SULIT REJEKI, TIDAK BISA NAFKAHI KELUARGA, DI DUNIA SAJA SUDAH BOLCKIR REJEKINYA APALAGI DIAKHERAT, INI LEBIH MENAKUTKAN, INI TERJADI PADA SAYA, BEKERJA DIMANAPUN SELALU BERAKHIR DI PHK, CARI DUIT SUSAHNYA MINTA AMPUN, PADAHAL ORANG INI NGERTI TAUHID, INI TUGAS ORANG ISLAM YANG HARUS MENOLONG TAPI NGOMONG DI INTERNET SIAPA PERCAYA?
    SAYA LEBIH SALUT DENGAN SEORANG MUSLIM YANG MAU MEMBANTU KESUKARAN MUSLIM LAINYA INI BARU BENER TAUHIDNYA. JAMAN SEKARANG BANYAK TEORI TIDAK PUNYA AMAL, NGOMONG AJA AMA EMBER,

  69. yang paham Tauhid juga diciptakan oleh ALLOH dan yang tidak Paham Tauhid juga diciptakan oleh Alloh, itu taksisnya ALLOH yang sudah ada sebelumnya,atau sebelum wujud, kita tidak usah bangga, bersyukur boleh, karena SEMUANYA MINALLLOH ILALLOH, ORANG YANG MASUK SORGA SAMA YANG TIDAK MASUK SORGA NANTINYA JUGA SUDAH ADA TAKSISNYA, PERJALANAN HIDUP KITA JUGA SUDAH ADA TULISANYA DI LAUHUL MAHFUD, APALAGI MAU MASUK SORGA DAN TIDAK ITU SUDAH ADA, INI BICARA HAKEKAT, TAPI BICARA SYAREAT YA IKHTIAR IBADAH BAIK DALAM URUSAN DUNIA AGAMA DAN URUSAN AKHIRAT, SEMUA BERUSAHA, MENAATI PERINTAH ALLOH DAN MENJAUHI LARANGANYA, BERBICARA TAUHID TIDAK ADA AMAL MEMBANTU ATAU BERPEDULI DENGAN ORANG YANG MEMBUTUHKAN YA PERCUMA, BERARTI ANDA DITAKSIS MENJADI ORANG YANG TAK PEDULI KEPADA ORANG YANG MEMBUTUHKAN ANDA, APA INI ORANG BERTAUHID? KALAU BERTAUHID PASTI BERTASYAWUF, PASTI JUGA BERAKHLAKULKARIMAH, PASTI BEREMPHATI DENGAN ORANG, INI SATU SYSTEM, JADI TIDAK JINDIK, WALAU AMAL YANG LAIN NUMPANG DI TAUHID TAPI TETAP HAL HAL TASYAWUF DAN AKHLAKUL KARIMAH, PEDULI ORANG TIDAK BISA DIPISAHKAN DALAM SYAREATNYA. KASAB IKHTIARNYA, DALAM HAL TAKSIRNYA ALLOH, YA ALLOH YANG PEDULI KITA, .
    JANGAN TERKECOH DENGAN WALI SEMUA ITU MINALLLOH ILALLOH CUMA BEDA DERAJAT, TAPI KALAU IKHLAS APA NGEJAR DERAJAT? YA SIMPULKAN SENDIRI AJA. WALLOHU AKLAM

  70. saya sangat ingin sekali membaca aqidatul awam dan menyanyikanya depan teman-teman saya…!
    semoga kitab aqidatul awam terus berkembang sampai akhir zaman amin ya allah…!

  71. # ALON-ALON WATON KLAKON #
    # NE’ ORA KLAKON YO OJO WATON ALON-ALON #

    # * SYI’IR TANPO WATON * #
    – ASTAGHFIRULLOH ROBBAL BAROYA …..
    – ASTAGHFIRULLOH MINAL KHOTOYA …..
    – ROBBI ZIDNI ILMAN NAFIA …..
    – WAWAFFIKNI AMALAN SHOLIHA …..

    – YA ROSULALLOH SALAMUN ALAIK …..
    – YA ROFIASANI WADDAROJI …..
    – ATFATAYAJI ROTAL ALAMI …..
    – YA UHAILALJU DIWAL KAROMI 2X

    – Ngawiti ingsun nglara syiiran …..
    – Kelawan muji maring pengeran …..
    – Kang paring rokhmat lan kenikmatan …..
    – Rino wengine tanpo pritungan 2X

    – Duh bolo konco priyo, wanito …..
    – Ojo mung ngaji syareat bloko …..
    – Gur pinter ndongeng, nulis, lan moco …..
    – Tembe mburine bakal sangsoro 2X

    – Akeh kang apal Qur’an, Haditse …..
    – Seneng ngafirke marang liyane …..
    – Kafire dewe dak di gatekke …..
    – Yen isih kotor ati, akale 2X

    – Gampang kabujuk nafsu angkoro …..
    – Ing pepaese gebyare ndunyo …..
    – Iri lan meri sugihe tonggo …..
    – Mulo atine peteng lan nistho 2X

    – Ayo sedulur jo’ nglaleake …..
    – Wajibe ngaji sak pranatane …..
    – Nggo ngandelake iman tauhide …..
    – Baguse sangu mulyo matine 2X

    – Kang aran sholeh bagus atine …..
    – Kerono mapan seri ngelmune …..
    – laku thoriqot lan ma’rifate …..
    – Ugo hakekot manjing rasane 2X

    – Al Qur’an qodim wahyu minulyo …..
    – Tanpo dinulis biso diwoco …..
    – Iku wejangan guru waskito …..
    – Den tancepake ing jero dodo 2X

    – Kumantil ati lan pikiran …..
    – Mrasuk ing badan kabeh jeroan …..
    – Mu’jizat Rosul dadi pedoman …..
    – Minongko dalan manjinge iman 2X

    – Kelawan Alloh kang Moho suci …..
    – Kudu rangkulan rino lan wengi …..
    – Di tirakati, Di riyadohi …..
    – Dzikir lan suluk jo’ nganti lali 2X

    – Uripe ayem rumongso aman …..
    – Dununge roso tondo yen iman …..
    – Sabar narimo najan pas pasan …..
    – Kabeh tinakdir saking pengeran 2X

    – Kelawan konco, dulur, lan tonggo …..
    – kang podho rukun konconan siro …..
    – Iku sunnahe Rosul kang mulyo …..
    – Nabi Muhammad panutan kito 2X

    – Ayo nglakoni sekabehane …..
    – Alloh kang bakal ngangkat drajate …..
    – Senajan ashor toto dhohire …..
    – Ananging mulyo maqom drajate 2X

    – Lamun palasdro ing pungkasane …..
    – Ora kesasar roh lan sukmane …..
    – Den gadang Alloh swargo manggone …..
    – Utuh mayite ugo ulese 2X

    – YA ROSULALLOH SALAMUN ALAIK …..
    – YA ROFIASANI WADDAROJI …..
    – ATFATAYAJI ROTAL ALAMI …..
    – YA UHAILALJU DIWAL KAROMI 2X

    – ROBBI FANGFA’NA BIBAR KATIHIM …..
    – WAHDINAL HUSNA BIHURMATIHIM …..
    – FAAMITNAFI TORIKOTTIHIM …..;
    – WA MUAFATIMMINALFITANI 2X

    AL-FATEHAH …..

  72. Ping-balik: Aqidatul Awam ( + link download ) « Panjids's Blog

  73. BERPEGANG TEGUH-LAH KEPADA GURU-GURU KITA DAN BUAT-LAH BELIAU-BELIAU SENANG. BAIK KEPADA KYAI, HABAIB, ( ULAMA ) KITA.
    KARENA DENGAN BELIAU SENANG KEPADA KITA, ANTM-ANTM AKAN DITOLONG OLEH BELIAU.

    ini sekedar cerita yang dialami saya baru kemaren hari kamis,14-07-2011.
    cerita ini bukan mengagung-agungkan diri saya sendiri. cuma ini ngambil pelajaran aja. baru kenal wajah-nya saya aja, alloh menolong-nya. padahal saya ini bukan ustad, kyai, habaib, apalagi ulama. cuman saya senang ke majlis-majlis ta’lim dzikir&sholawat. dimanapun majlis ta’lim tersebut punya acara.

    cerita-nya kaya gini. waktu hari kamis,14-07-2011. pagi-pagi jam 07.00. ada seorang perempuan berinisial DPS (maaf tidak saya sebutkan nama dan alamat rumah). dia mengendarai sepeda motor dari rumah menuju tempat dia sekolah. dia baru duduk dibangku sekolah kelas 2 SMA, dan baru 3 hari dia masuk sekolah.
    ketika baru keluar dari rumah menuju jalan raya. tidak jauh dari rumah-nya dia, kurang lebih 300meteran. ada truk gandeng yang sedang jalan pelan. nah anak ini cerita-nya mau nyalip dari sebelah kiri. karena dia juga lagi tergesah-gesah sebab sudah kesiangan. pas mau nyalip, stir motor yang ia kendarai nyrempet ke body truk tersebut. akhir-nya motor yang distir-nya anak ini terjatuh. motor terjatuh sebelah kiri truk. sedangkan anak perempuan ini jatuh masuk kedalam truk. akhir-nya anak ini kepala-nya terlindes ban truk gandeng tersebut sampe kepala-nya remuk ga tersisa.

    singkat cerita. ketika saya sedang ke counter HP punya temen saya, sore-sore jam 15.00. sedang liat-liat HP china bermerek CINTA FITRI. tiba-tiba hati saya ada yang ngajak ngobrol. gini kata-kata-nya “ustad-ustad tolong ikut saya”. sambil menarik-narik hati saya. lalu saya bingung. ini siapa ya yang manggil-manggil dan narik hati saya. seakan-akan menarik tangan saya.

    lagi-lagi perempuan ini ngajak ketempat kediaman rumah anak ini.

    lalu saya ngomong sama teman saya. dengan nada terburu-buru “bos nanti dulu ya, saya mau kesana dulu”. lalu temen counter saya juga bingung. nanyain mau kemana? lalu saya jawab “bentar bos”. lalu saya ngendarain sepeda ontel saya ke tempat perempuan yang pagi-pagi terlindes ban truk.
    setelah sampe rumah tersebut tidak jauh dari counter teman saya, berjarak kurang lebih 2 km. saya ditanya sama yang tadi ngajak saya ke tempat anak tersebut. ditanya kaya gini. “ustad-ustad, tolongin saya…”. terus saya jawab “tolongin apa?? terus kamu ini siapa?? ko dari tadi nyuruh-nyuruh saya kesini. sedangkan saya belum tau kamu”. terus dijawab “saya ini DPS. yang terlindes truk tadi pagi ketika mau sekolah. nanti ustad bisa liat wajah saya, yang ada di foto. bentar lagi jenazah akan dikeluarkan dari rumah”.
    terus setelah kurang lebih 10menitan baru anak ini ngomong. jenazah anak ini yang sudah didalam peti, dikeluarkan dari rumah. lalu saya coba mendekati. ternyata benar. anak ini masih sekolah. dia begitu cantik ketika saya liat foto yang di bawa temen sekolah didepan jenazah yang diangkat sama laki-laki temen sekolahan-nya.
    lalu anak ini tanya lagi. udah liat wajah di foto saya itu kan ustad?? lalu saya jawab “ya” terus ada apa?? lalu dijawab. saya takut banget ustad disini. ga ada yang nemenin saya. saya bener-bener sendirian. saya takut gimana nanti ditanya sama malaikat yang ada di kubur?? sedangkan saya tidak tau apa-apa ustad. gimana, tolongin saya ustad.(sambil meneteskan air mata anak ini di depan saya). walaupun saya tidak tau ustad betul, waktu saya hidup. saya selalu liat ustad pulang kerja jam 4. berdiri dijalan raya tersebut. dan hati saya juga selalu bertanya-tanya, jika habis liat wajah ustad. ustad ko wajah-nya tenang kaya ga mempunyai beban apapun dan wajahnya selalu menunjukan senyuman. itulah yang buat hati saya bertanya-tanya. tolongin ustad. berkah melihat wajah ustad. tolongin saya”. lalu saya diem tafakur sebentar. saya bertanya-tanya di hati saya sendiri.”orang kalo mati kan tergantung waktu dicabut nyawa-nya. kalo dia di cabut dalam keadaan khusnul khotimah. beratikan orang tersebut akan ditolong sama alloh. tapi juga kan pasti ada sabab musabab yang akan menolong-nya. mungkin anak ini sabab akan senang dikubur sababiah saya” lalu saya jawab. ” udah. kamu ga usah takut. jika ditanya. ngomong aja kamu tanggung jawab saya. suruh beliau ngadepin saya. kalo mau nanyain kamu”. lalu anak ini wajah-nya tenang tidak pucat, gelisah, dan takut lagi. lalu perempuan ini ngomong ke saya lagi. “ustad, tolong ikut ke pemakaman saya” lalu saya jawab “ga bisa. kamu liat sendiri kan. saya pake celana pendek, pake kaos oblong, pake topi. dan saya juga tidak dikenal sama keluarga kamu dan temen-temen kamu ini. nanti dia berprasangka ke saya gimana?? kasihan… udah, saya kan udah tau, jadi kamu ga perlu takut lagi”. lalu dijawab lagi “ya udah ustad jangan pergi dulu sebelum saya disholati dan dimasukan dalam mobil ambulan” terus saya jawab ” ya. tapi aku ga bisa ikut nyolati kamu. walaupun didalam ada sarung, baju kemeja, dan peci. saya mau diluar masjid aja sama temen-temen kalian yang ga ikut sholat” lalu dijawab.” ya udah ga papa”.

    disitupun banyak yang liatin saya. karena mungkin pakain saya yang kurang sopan. karena saya juga tidak tau, saya ini mau dateng ke tempat seperti ini.

    singkat cerita setelah mobil jenazah jalan menuju kepemakaman. saya pulang.

    ketika saya pulang di tengah perjalan saya berhenti mengendarai sepeda ontel. saya bertanya dihati saya sendiri. “ya alloh. saya ini adalah orang yang dibenci engkau ya alloh. saya juga pun sudah benci terhadap engkau juga ya alloh. kenapa ko. ada orang yang minta pertolongan kepada saya. sedangkan posisinya saya lagi dibenci engkau. dan akupun juga membenci engkau ya alloh. apa maksudmu??”

    lalu setelah ngomong kaya gitu. malamnya saya bermimpi wanita yang saya datengin sore tadi. anak ini ngomong. “ustad. tolong jangan diteruskan ucapan yang ustad ucap. karena ucapan tersebut. sungguh ustad tidak tau apa yang ingin alloh kehendaki kediri ustad. demi alloh. berkat ucapan ustad tadi. saya sampe sekarang diberi kenikmatan oleh alloh. itu sebab engkau wahai ustad. jadi tolong. ustad jangan ngomong kaya gitu lagi. bersabarlah dan teruslah dekatin alloh. karena sesungguh-nya alloh benar-benar mencintai dan menyayangimu wahai ustad. ass … “. lalu saya bangun dari tidur. saya juga heran. ini sarung kan didalam lemari. ko ada ditubuh saya buat selimut?? sapa yang naruh ke saya ya?? mungkin anak itu.

    itulah sedikit cerita. betapa senangnya kalo kita ini mendapatakan safaat.

    makanya, dengan hikmah tersebut. dekatilah terus guru-guru kita. agar kita mendapatkan pertolongan beliau di dunia dan di akherat. berkat alloh meridhoi hamba-hamba tersebut yang mencintai dan menyayangi alloh.

    alf. barang kali tulisan saya ini kurang di mengerti. dan terlalu terbuka. karena saya senang dengan keterbukaan. sekali lagi alf.
    ass wr wb …

  74. DHOHIR UNTUK MAKHLUK
    BATHIN UNTUK KHOLIK

    itulah kata-kata dari seorang pemulung perempuan paruh baya, yang saya temui dijalan yang mau menuju jembatan matraman dari terminal manggarai. setelah pulang silaturohmi ke majlis rosulululloh pada malam selasa. mungkin udah 3 tahunan.
    SUBHANALLOH …..

    itulah kata-kata yang harus kita ikuti disetiap kehidupan kita sehari-hari.
    jangan sampe dikehidupan kita ini. DHOHIR UNTUK MAKHLUK, BATHIN JUGA UNTUK MAKHLUK. NAUDZUBILLAH …..
    KARENA ITU BISA MENJADIKAN KITA HINA DI DUNIA APALAGI DI AKHERAT NANTI.
    SUBHANALLOH …..

    alf. ass wr wb …..

  75. maaf pa khoerul.saya salut dengan pemikiran anda.tapi apakah anda bisa menjelaskan tentang tuhan pencipta alam sesungguhnya? dan apa bedanya tuhannya orang islam dengan orang kristiani? tolong jelaskan bila anda tahu tentang tuhan.

  76. SUBHANALLOH …..
    maaf jesus. antm ga usah muji saya. karena saya ga pantes di puji seperti jesus katakan. hanya alloh-lah yang pantas di puji sama rosululloh sayidina muhammad SAW saja. dan juga jangan panggil saya PA. panggil saja saya sebutan namanya saja (khoerul) karena saya juga masih muda, masih umur 25 tahun.

    sedikit saya sampekan. di masalah perkara ini itu ada 2 : ada yang nama-nya alloh/tuhan (pencipta makhluk). dan ada yang nama-nya makhluk/jirim/alam/hawadis/mumkin (yang di ciptakan alloh).

    alloh itu bukan makhluk dan makhluk itu juga bukan alloh.
    jadi alloh ya alloh, makhluk ya makhluk.

    nah devinisi dari alloh itu dzat yang tidak susun-susun artinya tidak mempunyai atas, tengah, bawah, samping kanan dan samping kiri. dan tidak butuh tempat seperti wujud-nya makhluk (secukup-nya dzat makhluk itu wujud), tapi alloh tetap mempunyai tempat. dan sifat-nya alloh itu tidak owah-owah artinya tidak jaiz tapi wajib alias tidak anyar.

    nah devinisi dari makhluk itu dzat yang susun-susun artinya mempunyai atas, tengah, bawah, samping kanan dan samping kiri. dan butuh tempat secukup-nya dzat makhluk itu wujud. dan sifat-nya makhluk itu owah-owah artinya jaiz tidak wajib alias anyar.

    artinya alloh itu mempunyai sifat wajib mukholafatul lil hawaditsi dan wahdaniyat. itulah jantung dari tauhid. (iman-nya orang-orang islam).

    nah itu-lah baru yang di nama-kan orang yang ber-iman sesungguh-nya kepada alloh SWT.

    pelajaran tauhid yang ada di agama islam itu bukan sekedar ikut saja, akan tetapi dia berfikir dengan sendiri-nya, dan menemukan dengan sendiri-nya dengan ilmul yaqin, ainul yaqin, dan haqul yaqin. karena dia sudah memiliki ilmu tauhid itu sendiri dari ulama yang mengajari-nya. dan terus dia buktikan dia sendiri dengan cara berfikir ada-nya alam yang di buat oleh alloh SWT yang ada di alam ini semua. yang menjadikan sabab dia ini ber-iman kepada alloh SWT dengan ikhlas dan ridho.

    di al-qur’an dijelaskan dengan artinya “sesungguh-nya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih berganti-nya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “ya tuhan kami, tiada-lah engkau menciptakan ini dengan sia-sia, maha suci engkau, maka pelihara-lah kami dari siksa neraka”. (QS. ALI IMRON: 190-191).

    “dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasa-nya langit dan bumi itu kedua-nya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian kami pisahkan antara kedua-nya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”. (QS. AL ANBIYA: 30).

    kesimpulan-nya, tuhan-nya orang islam, kristiani, protestan, hindu, budha. tetap satu yaitu ALLOH SWT. terserah kamu mempercayai-nya atau tidak.

    seperti hal-nya saya mempercayai monas ada di dekat masjid istiqlal-jakarta pusat. sedangkan antm yang tidak mempercayai-nya monas dikatakan ada di taman mini indonesia indah (TMII). karena antm belum pernah melihat monas itu dengan mata kepala sendiri.

    itu mungkin sedikit yang bisa saya sampekan. lebih kurang-nya mohon maaf yang sebesar-besar-nya. alf dhohir & bathin.
    ass wr wb …..

  77. *sekedar unek-unek yang mau saya sampekan*.
    bahwa orang tau ALLOH, itu belum tentu di hati-nya ber-iman kepada ALLOH. akan tetapi kalo hati-nya beri iman kepada ALLOH, pasti dia tau siapa ALLOH.

    liat saja beliau abu jahal. beliau itu sebenar-nya tau nabi muhammad adalah ROSULULLOH, dan ALLOH adalah TUHAN-nya abu jahal juga. akan tetapi, emang dasar-nya beliau itu tidak di beri iman kepada ALLOH dan ROSULULLOH di dalam hati-nya beliau. jadi beliau abu jahal selalu menentang dan melawan perintah ALLOH dan ROSULULLOH.

    itu mungkin sekedar unek-unek saja. alf barang kali kurang jelas.
    ass wr wb …..

  78. “YA ROB GOLANGKAN KAMI DENGAN ORG2 SOLEH !!

  79. YA ALLOH SEANDAI-NYA HARI INI ATAU BESOK SAYA MATI. SAYA MOHON YA ALLOH. MASUKAN-LAH SAYA INI KEDALAM NERAKA JAHANAM-MU LANGSUNG. TANPA ENGKAU ADILI. SAYA TIDAK MAU DI MASUK-KAN KEDALAM SURGA-MU BARENG SAMA ORANG-ORANG YANG ENGKAU MULYAKAN DAN ENGKAU CINTAI. BIARKAN-LAH SAYA INI MENANGGUNG SIKSA UNTUK SELAMA-LAMANYA DI NERAKA-MU.

  80. Alhamdulillah saya sudah belajar kirab tersebut. Tapi Maaf saya ini anak awam tak tahu apa-apa mohon ada yang bisa membantu dan dikirimkan ke alamat qiraati_tmg@yahoo.com:
    apa maksudnya
    “Tulislah Nadzhom Tauhid “ barang siapa yang menghafalnya dia akan masuk kedalam surga dan mendapatkan segala macam kebaikan yang sesuai dengan Al quran dan Sunnah .” saya masih bingung, di atas disebutkan bahwa hanya dengan menghafal kitab aqidatul awwam bisa masuk ke dalam surga, apakah itu mungkin (hanya dengan menghafal), dan di atas tidak disebutkan untuk mengamalkannya juga, saya rasa kalau kita mengamalkannya insya allah bisa masuk surga, tapi kenapa kalimat di atas terdengar seperti perintah, dan yang menghafalkannya akan masuk surga, saya takut kalau ada anak lain yang kurang faham beranggapan demikian dan melalaikan shalat………………..
    mohon balasannya ata kunjungi : http://www.facebook.com/groups/274931809187348/

  81. perjuangan itu macam macam caranya…… dan yang paling asyik adah media yang berupa internet…… semoga dahwah ini selalu tetap berjalan demi kemaslahatan ummat islam di dunia ini

  82. banyak ………………………………………………………………………………………..
    banyak sekali orang yang tidak faham akan aqidah…….. padahal setiap manusia yang mukallaf wajib mengerti aqidah [ aqa’dul khamsin ] . marilah tingkatkan pemahaman aqidah kita…. demi menjaga dari musuh musuh islam

  83. saya nich heran sama orang islam yang ada di indonesia. kenapa sih kalo ada kejadian-kejadian aneh orang-orang islam tersebut ga melihat/berpedoman/berpegangan terhadap alloh yang kuasa membuat terhadap segala sesuatunya. malah orang-orang tersebut melihat ke selain alloh alias sabab musabab-lah yang jadi pegangan-nya mereka.

    ini kejadian yang saya liat tadi siang kira-kira jam 10-an. yaitu ada mobil honda civic yang nabrak pohon yang ada dipembatas jalan raya, yang ada ditengah pas tikungan.

    mobil tersebut terbelah menjadi dua bagian pas tengah-tengah antara roda depan dan belakang, dan mobil keadaan hancur parah, tapi keadaan orang yang nyetir mobil tersebut tidak apa-apa (orang tersebut sendirian).

    ini juga baru saya liat seumur hidup saya. ada mobil nabrak pohon sampe mobil terbelah menjadi dua dan keadaan pohon yang ditabrakpun masih keadaan tegak, cuma tergores sedikit batang pohon-nya.

    dan apa tanggapan orang-orang yang melihat kejadian tersebut??
    banyak yang mengatakan ditempat tersebut banyak penghuni makhluk halus-nya, dan tempat tersebut buat tempat buangan makhluk halus orang-orang pesugihan. itu rata-rata yang saya dengar setiap orang-orang yang melihat kejadian tersebut. seakan-akan makhluk halus-lah yang menjadikan perkara tersebut, bukan alloh-nya.
    itu hampir semua orang-orang yang melihat kejadian tersebut ga ada yang ngomong ini semua kuasa alloh. kayak-nya orang-orang tersebut lebih percaya terhadap selain alloh yang tidak mempunyai kuasa apapun, ketimbang alloh-nya yang wajib mempunyai kudrot,irodat-nya. naudzubillah …..

    mudah-mudahan alloh swt memberikan hidayah dan taufiq ke-imanan terhadap hati orang-orang tersebut yang sudah tidak peduli lagi terhadap ke-imanan yang ada di hati-nya sendiri. amiin …..

  84. ALHAMDULILLAH ADANYA KITAB INI KAMI MUSLIM AWAM TAMBAH MENGERTI TENYANG AQIDAH

  85. Tlg dong dksh syaiq rislh awwal ny smpai akhr.

  86. Alhamdulillah ya allah…saya sekolah di SMP islam diponegoro surakarta,,,sebentar lagi akan hafal 57 bait aqidatul awam……

  87. terima kasih artikelnya…

  88. antara langit dan bumi di tengah2nya ada apa

  89. SUBHANALLAH…! SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT DAN HIDAYAHNYA KEPADA KITA SEMUA…AMIN YA ROBBAL ALAMIN…ALLAHUMA SHALI WASALIM ALA SAYIDINA MUHAMMAD….

  90. Assalaamu’alaikum,,,

    kalau boleh sy kasih saran,,,
    daripada perdebatan melalui iternet,,
    lebih baik ngaji langsung di PONDOK PESANTREN ATTAUHIDIYYAH-GIREN-TALANG/CIKURA-BOJONG.
    KABUPATEN TEGAL.

    Terimakasih
    Wassalaam…..

  91. “Kata-kata itu sebenarnya tidak mempunyai makna utk menjelaskan perasaan.
    Manusia boleh membentuk seribu kata-kata, seribu bahasa. Tapi kata-kata bukan bukti unggulnya perasaan”

  92. aqharuz bisa menag dalam lomba musabaqoh besok…..AQ HRUZ MENANG

  93. hae saudaraku sabab apa kitäb ta’birruya sagir kada da dilatakkan di aplikasi kitab2 kuning

  94. Subhanllah, Keren Banget

  95. اللهم صلي على سيدنا محمد و على أل سيدنا محمد

  96. 63 aqaid …

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s