TEBUIRENG

PENDIRI DAN PENGASUH PON-PES TEBUIRENG JOMBANG JAWA TIMUR

SEKILAS MENGENAI MANAQIB PENDIRI PON-PES TEBUIRENG HADRATUS SYECK KH.HASYIM ASY’ARI

Sewaktu saya  belajar di pon-pes assalamiyah curug sari kopo serang banten, yang diasuh oleh almarhum guru saya KH.MOHAMMAD THOWIL beliau pernah cerita tentang gurunya KH.HASYIM ASYARI bahwa beliau adalah orang sangat tawadhu, waktu menjadi santri KH.CHOLIL (MADURA)..beliau sangat tekun belajar dan sangat menghormati gurunya dan keluarganya. Suatu ketika istri gurunya (KH.CHOLIL) Cincin emasnya jatuh di sebuah jamban yang sangat kotor dan bau…tak ada satu santripun yang mau membantu untuk mengambil cincin yang jatuh kedalam jamban karena jijik dan bau..tapi beliau KH.HASYIM ASYARI dengan ikhlas dan rasa tazim yang sangat dalam kepada gurunya bersedia mengambil cincin yang tercebur dijamban yang bau dan kotor….itulah sedikit kisah tentang ketawadhuan beliau terhadap gurunya.

HADROTUS SYECK KH.HASYIM ASYARI

Hadhratusy Syaikh KH Hasyim Asy`ari rhm. Beliau adalah pendiri Pesantren Tebuireng dan perintis Nahdlatul Ulama (NU), salah satu organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia. Hadhratusy Syaikh dilahirkan di Pondok Nggedang, Jombang, Jawa Timur, pada 10 April 1875 dari keturunan ulama yang secara turun-temurun memimpin pesantren. Ayahnya bernama Kiyai Asy`ari, pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang. Ibunya bernama Halimah. Dari garis ibu, Kiyai Hasyim Asy`ari merupakan keturunan Raja Brawijaya VI, yang juga dikenal dengan Lembu Peteng, ayah Jaka Tingkir yang menjadi Raja Pajang (keturunan kedelapan dari Jaka Tingkir). Nendanya, Kiyai Ustman terkenal sebagai pemimpin Pesantren Gedang, yang santrinya berasal dari seluruh Jawa, pada akhir abad 19. Dan moyangnya, Kiyai Sihah, adalah pendiri Pesantren Tambakberas di Jombang.

Semenjak kecil hingga berusia empat belas tahun, putra ketiga dari 11 bersaudara ini mendapat pendidikan langsung dari ayah dan nendanya, Kyai Utsman. Hasratnya yang besar untuk menuntut ilmu mendorongnya belajar lebih giat dan rajin. Hasilnya, beliau  diberi kesempatan oleh ayahnya untuk membantu mengajar di pesantren karena kepandaian yang dimilikinya.

Tak puas dengan ilmu yang diterimanya, semenjak usia 15 tahun, beliau berkelana dari satu pesantren ke pesantren lain. Mulai menjadi santri di KH.CHOLIL (madura) Pesantren Wonokoyo (Probolinggo), Pesantren Langitan (Tuban), Pesantren Trenggilis (Semarang), dan Pesantren Siwalan, Panji (Sidoarjo). Di pesantren Siwalan ia belajar pada Kiyai Jakub yang kemudian mengambilnya sebagai menantu.

Pada tahun 1892, Hadhratusy Syaikh Hasyim Asy`ari menunaikan ibadah haji dan tinggal di sana untuk menimba ilmu di Makkah. Di sana beliau  berguru dengan para  ulama terkemuka antaranya Syeck Nawawi Al al bantani, Habib ‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki, Syaikh Ahmad Khatib, Syaikh Mahfudz at-Tarmisi.

Setelah beberapa tahun di Tanah Suci, beliau kembali ke Indonesia dan dalam perjalanan pulangnya beliau singgah di Johor, Malaysia dan mengajar di sana. pada tahun 1899. Hadhratusy Syaikh mendirikan pesantren di Tebuireng yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Jawa pada abad 20. Sejak tahun 1900. Dalam pesantren itu bukan hanya ilmu agama yang diajarkan, tetapi juga pengetahuan umum. Para santri belajar membaca huruf rumi, menulis dan membaca buku-buku yang berisi pengetahuan umum, berorganisasi, dan berpidato.

Tanggal 31 Januari 1926, bersama dengan tokoh-tokoh Islam tradisional, Hadhratusy Syaikh, setelah mendapat restu dan izin  gurunya Kh. Kholil Bangkalan, mendirikan Nahdlatul Ulama, yang berarti “Kebangkitan Ulama“. Organisasi ini pun berkembang dan menjadi organisasi massa terbesar di Indonesia yang memiliki anggota hampir 30 juta jiwa. Pengaruh Hadhratusy Syaikh pun semakin besar dengan mendirikan organisasi NU, bersama para ulama lainnya. Itu dibuktikan dengan dukungan dari ulama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan, para ulama di berbagai daerah sangat menghormati dan segan akan kewibawaan beliau. Kini, NU pun berkembang makin pesat. Organisasi ini telah menjadi penyalur bagi perkembangan Islam ke desa-desa maupun perkotaan di Jawa.

Meski sudah menjadi tokoh penting dalam NU, beliau tetap bersikap toleran terhadap aliran lain. Yang paling dibencinya ialah perpecahan di kalangan umat Islam. Pemerintah Belanda bersedia mengangkatnya menjadi pegawai negeri dengan gaji yang cukup besar asalkan mau bekerjasama hingga akhirnya , tetapi ditolaknya hingga akhirnya beliau pernah di penjara. Beliau juga tokoh yang besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Atas jasa-jasanya itu, beliau telah dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Ulama besar ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 25 Julai 1947 dan di maqomkan lokasi Pon Pes Tebuireng.

Hadhratusy Syaikh mempunyai beberapa karangan yang ditulisnya dalam Bahasa ‘Arab, antaranya ialah “an-Nurul Mubin fi Mahabbati Sayyidil Mursalin“. Dalam karangannya tersebut Hadhratusy Syaikh mengupas  antara lain masalah tawassul dan istighatsah kepada Junjungan Nabi s.a.w. dan para shalihin. Antara lain berisi “

.Demikian pula memohon melalui Nabi SAW, wali dan hamba yang shalih bukanlah meminta kepada mereka, tetapi meminta kepada Allah semata melalui mereka. Tawassul, meminta syafaat dan beristighosah melalui mereka tidaklah mempunyai pengertian lain dalam hati kaum muslimin kecuali sebagaimana yang disebutkan di atas. Dan tak seorang pun di antara mereka yang menghadapkan dirinya selain kepada Allah semata. Barangsiapa yang dadanya tidak dilapangkan untuk masalah ini, hendaklah ia menangisi dirinya sendiri. Kami meminta kepada Allah ampunan dan kesehatan.

Dalam hadis tentang syafaat akan diutarakan permintaan perlindungan manusia kepada para Nabi pada hari kiamat. Dalam hadis tersebut terdapat dalil yang sangat jelas mengenai sikap bertawassul kepada mereka, bahwa setiap orang yang berbuat dosa dapat bertawassul kepada Allah melalui orang yang lebih dekat kepada Allah daripada dia. Ini tidak dipungkiri oleh siapapun.

Tidak ada bedanya antara hal tersebut disebut dengan meminta syafaat, tawassul ataupun istighosah. Hal ini bukanlah termasuk perbuatan seperti yang dilakukan oleh orang-orang musyrik yang mendekatkan diri kepada Allah dengan menyembah selainNya, sebab hal ini memang kufur. Kaum muslimin, apabila bertawassul dengan Nabi SAW atau yang lainnya seperti para nabi, wali dan orang-orang shalih, tidaklah menyembah mereka, dan hal itu tidak membuat mereka keluar dari sikap tauhid mereka kepada Allah ta`ala. Hanya Dia sajalah yang memberikan kemanfaatan dan kemudaratan.... (petikan “an-Nurul Mubin” terjemahan Ustaz Khoiron Nahdliyyin dan Ustaz Ahmad Adib al-Arif)

PERPUSTAKAAN PON-PES TEBUIRENG
Pon-pes Tebuireng kini semakin berkembang dan dilengkapi dengan berbagai pasilitas -pasilitas pendukung walaupun terbilang Moderen Pon-pes Tebuireng masih tetap melestarikan ajaran-ajaran salaf Dari Pendahulunya KH.Hasyim Asya’ari .sekitar tahun 1993 saya masuk ketebuireng dan di tempatkan di Komplek M ( Semacam asrama) waktu itu masih diasuh oleh Almarhum KH.Yusuf Hasyim dan kini Pon-pes Tebuireng di asuh oleh KH.Solahuddin Wahid (Gus Sholah) dan ketua Pondok Dipimpin oleh seorang Alumni Ustad Lukman yang berasal dari Pasundan.

165 responses to “TEBUIRENG

  1. Ahmad Ikrima Azman

    Salam Kenal Buat Mas Roni mungkin gitu saja saya panggil. Wah antum alumni tebuireng ya.Insyaallah klo ada kesempatan saya cerita dikit tentang gus ishom guru saya.klo dlm wktu2 ini lom bisa,bnyk tgs di skul.

  2. SALAM KENAL JUGA BUAT MAS AHMAD….

  3. Assalamu’alaikum
    Sebelumnya saya berterima kasih bisa berkenalan dengan mas Roni.
    Melalui email ini, saya hanya ingin memohon bantuan saudara, sekiranya mau mencarikan informasi karya-karya yang pernah ditulis oleh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari. Saya punya hasil down load risalah beliau yang bertajuk :Al- Tibyan fi alNahyi ‘An Muqata’ah Al-Arham wa al-Aqarib…”
    Terus terang sekiranya, saya punya informasi lebih tentang risalah itu, saya akan mentakhrij dan mentahqiq risalah tersebut untuk keperluan thesis saya. Oya, saya saat ini sedang mengambil program master di Malaysia.
    Atas bantuan saudara, saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alikum

  4. WAALAIKUMUSALAM….
    SALAM KENAL JUGA BUAT MAS CANDRA…TERIMAKASIH MAU BERKUNJUNG KE BLOG SAYA..
    MENGENAI KARYA-KARYA HADROTUS SYECH KH HASYIM ASY’ARI SEMUA TERSIMPAN DI PERPUSTAKAAN PON-PES TEBUIRENG….DAN SAYA HANYA SEDIKIT BISA MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI KARYA-KARYA BELIAU DIANTARANYA ADALAH :

    1. Adabul ‘Alim Wal Muta’allim adalah sebuah kitab yang mengupas tentang pentingnya menuntut dan menghormati ilmu serta guru. Dalam kitab ini KH. M. Hasyim Asy’ari menjelaskan kepada kita tentang cara bagaimana agar ilmu itu mudah dan cepat dipahami dengan baik. Kitab yang terdiri dari beberapa bab ini, memberikan pula kepada kita pencerahan tentang mencari dan menjadikan ilmu benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat. Salah satu contoh yang diberikan oleh KH. M. Hasyim Asy’ari kepada kita adalah bahwa ilmu akan lebih mudah diserap dan diterima apabila kita dalam keadaan suci atau berwudhu terlebih dahulu sebelum mencari ilmu. Banyak hal yang bisa kita petik dalam rangka mencari ilmu ketika kita membaca kitab ini.
    2. Risalah Ahlis Sunnah Wal Jama’ah merupakan pedoman bagi warga NU dalam mempelajari tentang apa yang disebut ahlus sunnah wal jama’ah atau sering disingkat dengan ASWAJA. Dalam kitab ini, Hadratus Syaikh juga mengulas tentang beberapa persoalan yang berkembangan dimasyarakat semisal, apa yang disebut dengan bid’ah? Menerangkan pula tentang tanda-tanda kiamat yang terjadi pada masa sekarang ini. Banyak golongan yang mengaku bahwa mereka juga merupakan golongan ahlus sunnah wal jamaa’h. Akan tetapi dalam ibadah, amal perbuatannya banyak menyimpang dari tuntunan Rasulullah SAW. Dalam kitab ini diuraikan dengan jelas tentang bagaimana sebenarnya ahlus sunnah wal jama’ah tersebut.
    3. At-Tibyan Fin Nahyi An-Muqothoatil Arham Wal Aqorib Wal Ikhwan merupakan kumpulan beberapa pikiran khususnya yang berhubungan dengan Nahdlatul Ulama. Dalam kitab ini, ditekankan pentingnya menjalin silaturrohim dengan sesama serta bahayanya memutus tali sillaturohim. Didalam kitab ini pula, termuat Qunun Asas atau udang-undang dasar berdirinya Nadhatul Ulama (NU) serta 40 hadits nabi yang berhubungan dengan pendirian Nahdlatul Ulama. Dalam kitab ini, dikisahkan bahwa KH. Muhammad Hasyim Asy’ari pernah mendatangi seorang kyai yang ahli ibadah karena kyai tersebut tidak mau menyambung silaturrohim dengan masyarakat sekitar sehingga sempat terjadi perdebatan antara keduanya.
    4. An-Nurul Mubin Fi Mahabbati Sayyidil Mursalin merupakan karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari yang menjelaskan tentang rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW. Dalam kitab tersebut, dijelaskan pula tentang sifat-sifat terpuji nabi Muhammad SAW yang bisa menjadi suri tauladan bagi kita semua. Dijelaskan pula tentang kewajiban kita taat, menghormati kepada perintah Allah SWT yang telah disampaikan melalui nabi Muhammad SAW baik melalui al-qur an atau hadits. Silsilah keluarga nabi Muhammad SAW, tidak luput dari pembahasan. Singkat kata, dalam kitab ini, kita mendapatkan sejarah yang relatif lengkap dan menarik untuk dikaji serta dijadikan tauladan menuju insan kamil.
    5. Ziyadatut Ta’liqot merupakan kitab yang berisi tentang polemik beliau dengan KH. Abdullah Bin Yasin Pasuruan tentang beberapa hal yang berkembang pada masa itu. Perdebatan terjadi pada beberapa masalah yang tidak sesuai antara pandangan Nahdlatul Ulama dengan KH. Abdullah Bin Yasin Pasuruan. Banyak sekali permasalahan yang diperdebatkan sehingga kitab ini begitu tebal dan permasalahan yang diperdebatkan masih terjadi dimasyarakat.
    6. At-Tanbihatul Wajibat Li Man Yasna’ Al-Maulid Bil Munkaroti adalah sebuah kitab tentang pandangan KH. Muhammad Hasyim Asy’ari tantang peringatan maulid nabi Muhammad SAW yang disertai dengan perbuatan maksiat atau munkar. Dalam kitab tersebut, diceritakan bahwa pada jaman dulu, disekitar Madiun, setelah pembacaan shalawat nabi, para pemuda segera menuju arena untuk mengadu keahlian dalam hal bela diri silat atau pencak. Acara itu, masih dalam rangkaian peringatan maulid serta dihadiri oleh gadis-gadis yang saling berdesakan dengan para pemuda. Mereka saling berteriak kegirangan hingga lupa bahwa saat itu, mereka sedang memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Hal tersebut menimbulkan keprihatinan KH. Muhammad Hasyim Asy’ari sehingga beliau mengarang kitab ini.
    7. Dhou’ul Misbah Fi Bayani Ahkamin Nikah berisi pikiran ataupun pandangan KH. Muhammad Hasyim Asy’ari tentang lembaga perkawinan. Dalam kitab tersebut, beliau menangkap betapa pada saat itu, banyak pemuda yang ingin menikah, akan tetapi tidak mengtahui syarat dan rukunnya nikah. Tidak tahu pula tentang tata cara / sopan santun dalam pernikahan sehingga dalam mereka menjadi bingung karenanya. Dalam kitab tersebut, terkandung beberapa nasehat yang penting agar lembaga perkawinan betul-betul bisa menjadi sebuah keluarga yang Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah sesuai tuntunan agama.

  5. wah mas sampean alumni tahun berapa ya? kayakna lupa-lupa inget sama wajahnya

  6. Selamat datang buat mas Ali….terimakasih mau berkunjung ke blog saya, saya alumni tahun 1998 dengan Nurdin jakarta, sahran NTB, fatimah …semoga terjalin terus silahturahin kita

  7. Assalamua’laikum. Salam kenal buat mas rony’
    mas antum di Assalamiyah tahu berapa?neng alumni 2003,dan sekarang lagi belajar di al-Azhar University. klo boleh neng pengen banyak cerita sama mas.soalnya sudah lama di kairo ga ada kontak ma temen2 lewat dunia maya.mas tinggal di mana?seneng bisa baca blognya mas,dan ternyata alumni Assalamiyah pintar berkarya.mas boleh minta Id nya,buat shering.soalnya di kairo ini neng ga da temen se almamater,sedih bangeeet.syukron di tunggu jawabanya,ni Id neng .n_1girl@yahoo.com
    wassalam

  8. Alhamdulillah…akhirnya alumni Assalamiyah ketemu juga, saya senang sekali bisa terjalin silahturahim, neng lagi belajar di CAIRO ? mudah-mudahan antum memperoleh ilmu yang bermamfa’at amin, saya alumni tahun 1993 seangkatan dengan subro almalisi ( cucu abah )

  9. doanya selalu dari mas, saya harapkan. mas masuk tebu ireng juga yah.asalnay emang dari mana?doain yah

  10. mudah-mudahan neng pulang ke tanah air membawa ilmu yg mamfaat dan barokah…saya dari luar batang jakarta

  11. saya santri tebuireng. skrang kls 3 aliyah. sebagai informasi aja, di TBI saat ini banyak kemajuan, mulai dari asrama, ketertiban, disiplin, organisasi, keamanan, sekolah,jama’ah, bahasa asing, bahkan telah mengeluarkan majalah baru. kami juga sedang menggarap profil pengasuh TBI dari awal hingga gus sholah. kalo boleh minya bantuannya, kami membutuhkan data-data untuk itu. tolong kirim ke mail: fathurrohman_tebuireng@yahoo.co.id
    sebelumnya terimakasih banyak. wassalam

  12. o iya kami juga telah menemukan silsilah KH Hasyim asy’ari sampai nabi ADAm AS. salah satu referensi yang belum kami lihat adalah kitab at-talkhis karya sayid abdullah as-sathiri. bisakah mas menunjukkan kitab itu kpad kami?

  13. salam kenal juga buat mas atunk…Insya Alloh saya akan informasikan manaqib ttg pengasuh pon-pes Tebuireng

  14. Maaf mas ane mau tanya apakah gusdur masih ada keturunan dgn KH. Hasyim Asy’ari?

  15. salam ukhwat….buat mas ilmi..Gus dur itu cucu dari KH.Hasyim Asy”ari putra dari KH.Wahid Hasyim (putra KH.Hasyim asy’ari)

  16. saya adalah generasi muda NU yang membutuhkan banyak buku karyanya Simbah Kyai Hasyim As`ari. yang berjudul adab ta`limul mutta`alim, karena di Jakarta susah untuk di cari dan apakah karya-karyanya Mbah Hasyim As`ari di cetak ulang lagi? saya punya usul… kitab-kitab-nya Mbah Hasyim kudu di cetak/perbanyak lagi…

  17. coba cari di kantor PBNU di perpustakaan lt 2…jl kramat raya senen,,,insya alloh ada di sana..minta di copy aja

  18. tulisannya Gus Isom tentang sejarahnya Mbah Hasyim apa masih dicetak lagi? apa ada tulisan/karya lain yang khusus mengupas tentang konsep pendidikannya Mbah Hasyim?

  19. saya senang dengan adanya informasi tentang tebuireng, karena saya ingat waktu saya pondok di sana, sudah hampair lima 5 tahun saya tidak silaturrahmi kesana. moga tbi tetap jaya

  20. assalamualaikum Wr Wb…salam kenal ya mas rony….

  21. salam kenal juga buat RERE…..

  22. Assalamualaikum….Mas Rony tau betul ya silsilah pon pes tebu ireng????????salam kenal ya…

  23. salm kenal buat dian…Dian alummni tebuireng?

  24. Assalamua’laikum….salam kenal buat mas rony.. klu boleh tau,mas rony di assalamiyah alumni thn berapa??tinah alumni 2003 seangkatan dengan Dodo & Subhan (cucu Abah)klu tinah mau shering sma mas rony boleh kan???ni Id Tinah(tinah_thayank@yahoo.co.id)di tunggu ya mas… Thanks Be4

  25. Assalamua’laikum….salam kenal buat mas rony.. klu boleh tau,mas rony di assalamiyah alumni thn berapa??tinah alumni 2003 seangkatan dengan Dodo & Subhan (cucu Abah)klu tinah mau shering sma mas rony boleh kan???ni Id Tinah(tinah_thayank@yahoo.co.id)di tunggu ya mas… Thanks Be4

  26. Assalamua’laikum….salam kenal buat mas rony.. klu boleh tau,mas rony di assalamiyah alumni thn berapa??tinah alumni 2003 seangkatan dengan Dodo & Subhan (cucu Abah)klu tinah mau shering sma mas rony boleh kan???ni Id Tinah(tinah_thayank@yahoo.co.id)di tunggu ya mas… Thanks Be4.

  27. salam kenal juga buat tinah…alhamdulillah saya senang jumpa alummni assalamiyyah

  28. Assalamu’alaikum.
    Melihat situs blog ini sedikit membuat saya senang. Ada sahabat yang mau membuat dan mengurai ulama-ulama Nahdlatul Ulama. Setidak-tidaknya untuk memacu semangat anak-anak muda…
    Terima Kasih

  29. ass
    slm tuk almn tbi awh 04 gyt adin beloy

  30. ass…pas saya ngeliat blog ini kaya nya seru bgt… kalau boleh..saya boleh tau id mas rony..mungkin saya bisa chat sma mas rony…ya buat sher aja…salam kenal ya…

  31. salam kenal buat vian

    • Mang rony,masih inget gak nih..? ama cepy serang dlu kmr M 4 lulus thn 96,dlu sering kita jalan bareng ama kang hujaemy pontang serang.

      alhamdulilah….iya masih ingat kang cepy,,apa kabarnya, sekarang dimana

  32. mas sachrony salam kenal saya urip m
    mo minta info kira-kira bagaimana bisa mendapatkan karya mbah hasyim khususnya kitab adab talim, saya sudah cari di jakarta ga ketemu. mohon bantuannya..
    terima kasih

    salam kenal….Coba cari kitab tersebut di Perpustakaan kantor PBNU lantai 2 jl.kramat raya jakarta

  33. Mbah Hasyim As’ari adalah sosok yang benar-benar faham dengan Ilmu Agama dan Tradisi Jawa. beliau mampu mencerminkan potret Islam yang tidak jauh dari tradisi lokal. (ISLAM JAWA)

  34. huuuuuu….disini jg alumni TBI di jogja.
    disini susah juga ketemu sma alumni TBI,[apa dasarnya aku orangnya males] hehehehehe.ga lah.tp memang bener,susah bgt.gpp dech,tetep kumpulin pasukan terus,,,mpe ketemu semua[kumpul semua]

  35. Abdul Qodir Jaelani

    Salam kenal, saya bukan santri Tebuireng, tapi kagum dengan Pesantren tersebut…. terima kasih…

  36. saya salut dengan para alumnus assalamiyah yang sudah berkiprah jauh untuk berdakwah dan mengembangkan agama,bangsa dan negara ini, mas kalo ada luang waktu tolong silaturahim ke assalamiyah, kami mengharapkan bantuan motivasi serta arahan untuk pengembangan ponpes, syukron

    Waalaikumussalam

    Alhamdulillah …ini dengan siapa ? insya alloh saya akan bersilahturahim ke asaalamiyyah

  37. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    mas saya mahasiswa assalamiyah, kebetulan saya di amanahkan untuk menjadi Presiden mahasiswa, di Kampus STAI Assalamiyah jawilan, Serang, Banten, dulu assalamiyah di kec.kopo, tapi sekarang kecamatan itu sudah di pekar menjadi dua (kopo dan jawilan), yang kebetulan assalamiyah masuk ke jawilan, saat ini assalamiyah sudah mendirikan perguruan tinggi yang menandakan bahwa assalamhiyah komit dengan tekadnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, saat ini kampus assalamiyah sudah pindah kampusnya bukan di ponpes assalamiyah tapi dekat dengan ponpes terpadu Al Wahdah pimpinan KH.A.Bazari Syam,MS,M.PdI, (kakak iparnya pak subro malisi teman mas roni waktu mesantren di assalamiyah tahun 1999, saya harap mas roni selaku ustad sekali kali silaturahim ke assalamiyah/al wahdah sebagai wujud rasa cinta terhadap assalamiyah, sesuai dengan namanya assalamiyah al hamdulillah santri-santrinya pada sukes, amin, kalo ada info boleh Chat ke E mail : rony_imeh@yahoo.co.id
    syukron

    Waalaikumussalam

    Alhamdulillah…Syukron buat Kader muda Islam Assalamiyyah mau berkunjung ke blog saya.
    Sudah lama saya tidak berkunjung ke Assalamiyyah. Salam Ta’zhim Saya teruntuk guru-guru saya di Assalamiyyah , terutama untuk Ustadz Bazari syam.

    salam

  38. nama asli saya bakroni panggilannya rony, saya dari Kp.sabrang, Desa Jawilan, Kec.Jawilan, Serang-Banten, al Hamdulillah sejak kecila saya di bimbing oleh Syaikhunal kirom mama KH.Sudica ayahnya KH.Bazari Syam MS.M.PdI, atas kehendak Allah SWT saya bisa ta’arupan dengan ust. saya bangga, ternyata santri assalamiyah merupakan santri yang intelek, selain ust. juga ustdh. nenga yang sedang kuliah di kairo.

    Salam kenal buat kang Bakrony…semoga antum bisa menjadi kader ulama dimasa depan

  39. Salam kenal Mas Roni, kalo boleh tau Mas Roni alumni Tahun berapa ya? TRus yang dimaksud Mas Roni Nurdin Jakarta maksudnya Nurudin ketua OPI DKI ya? oh ya saya alumni TBI tahun 2000 penghuni kamar N13 dan F3

  40. Salam kenal Atunk, setau saya sekarang oragnisasi di TBI sudah mulai lesu deh tidak seperti zaman saya, dimana ORDA-ORDA yang ada di TBI masih hidup dan memang mengkoordinir para santri sesuai dengan daerah asal, kalau untuk terakhir yang saya ketahui pas saya ziarah ke makam mbah Hasyim di TBI menurut temen yang ada di sana untuk ORDA-ORDA yang ada sekarang mulai lesu. kalo Atunk masih di TBI pasti Atunk kenal dengan cak Subhan orang Cilacap

  41. Mas Rony…………. kenal dengan Fachriayani (Yayan) anak Kalimantan, Agus Fitrianto Anak Jakarta, Aminudin anak Mojokerto, mereka kalo tidak salah alumni TBI tahun 1998 penghuni kamar N13

    salam Kenal buat Bang Sadewo

    Saya penghuni komplek M5 selama setahun.setelahn itu saya hijrah ke Pon-pes Hudaya Sukopuro

  42. atunk sorry subhan bukan anak cilacap

  43. atunk kalo Umbaran kenal gak anak Orda OPI

  44. Mas Roni kenal Zulfikri Haq anak M5 dari Bekasi

  45. ron coba buatsejarahtentangAssalamiya
    mau buat bukunyanih kalaiada kamu tau
    banyak tentang assalamiyaH

    salam kenal buat alumni assalamiyah

  46. Bakroni/Roni Al Wahdah

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    tad gimana kabarnya sehat?
    ana Bakroni/roni dari Assalamiyah/AlWahdah mohon maaf jika ada kekhilafan, coz di bulan yang suci ini ana pengen mensucikan diri, selaku manusia biasa tentunyabanyak sekali kesalahan dan ke alfaan maka dari itu mohon maaf serta doanya agar ana senantiasa bisa eksis dan semangat ibadah amin, salam buat sahabat-2 Tebu ireng syukron

    Waalaikumussalam

    Alhamdulillah …antum sendiri gimana sehat ?? Sampaikan salam saya buat Guru Saya Ustad Bazary syam
    Syukrom

  47. Asep Teguh Sukmapriadi

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    terima kasih udah bikin blog tentang tebuireng…
    mengobati rasa rindu yang belum mampu saya obati akan kawah candra dimuka yang memberikan pemahaman dari hanya sekedar hijaiyyah hingga khilafiyah…..

    saya asep teguh sukmapriadi..
    Teknik Mesin Universitas lampung..
    masuk tebuireng tahun 1996 lulus 2002

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  48. akhmad zahroni, s.Ag

    saya Alumni Ponpes Tebuireng tahun1993-2001, saya satu angkatan dengan Gus Zaki adik dari Gus Ishom (Alm), saya merasa terharu begitu melihat profil alm. KH. Ishomuddin Hadziq, saya langsung membayangkan ketika beliau mengajar kami di ponpes tebuireng jombang apalagi seperti sekarang ini bulan Ramdhan semoga Allah mengampuni beliau dan menerima segala amalnya. saya juga ingin bagaimana caranya kami alumni yang ada di NTB terus kontak dengan almamater kami, saya sangat rindu dengan Ponpes Tebuireng. terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sepertinya Nama Ahmad ZAhrony tak asing ditelinga saya, Saya seangkatan dengan Rido Amir Jakarta
    semoga terjalin terus silahturahim kita

  49. akhmad zahroni, s.Ag

    mas Syahroni, antum mondoknya dimana?adik saya alumni PP. Madrasatul Qur’an kebetulan dulu nama badalnya sama dengan antum. salam buat teman2 angkatan 2001 IKAHA TBI tapi kalo masih ada yang jadi pengurus di TBI

  50. aku andik angkatan tahun 2001, saya sangat kagum dengan kepemimpunan ca wahid dulu, tegas dan berwibawa, sehingga semua santri segan. dan ketika menasehatin santri luar biasa.. bikin kita jadi sadar, apalagi setelah kita boyong, tambah terasa petuah2nya ca wahid dl. sekarang cak wahid dimana ya, apa masih ditebuireng? kalau ada nomer tlp.nya kasih atau aku.. atas bantuannya aku ucapin banyak2 terimakasih

  51. kangen nich ma temen2 angkatan 2004…..

  52. asw wr. wb. saya andik angkatan 2001, saya ingin tau kabar ca wahid sekarang… msh di tebuireng apa da boyong.. saya sangat kagum dan simapati ama kepemimpnannya, tegas dan wibawa hingga banyak santri yang segan, dan nasehat2nya betul2 merasuk ke hati nurani, apalagi setelah aku boyong, benar2 terasa.. terimaksih buat ca wahid atas bimbingan dan nasehatnya buat anak nakal ini, mungkin kalau g ada sampean, g tau aku jadi apa.. buat temen yang punya telp.nya ca wahid, kasih tau dong.. sebelumnya aku ucapin makasih banyak.

  53. god bless us…….

  54. Lisatanto Faizzola Birgiawan

    gue alumni angkatan 99-05

    sedikit ada unek2………?

    seiring berkembangnya global warming, sering Qt tertidur lelap dg per ekonomian yang makin krisis.
    yang menimbolkan be2rapa pertamyaan…?

    *Bagaimana tanggapan redaksi terhadap bisnis pendidikan yang notabenenya dg ijazah instan…..?

    *Banking dlm prolem peradilan sistem nizbah dlam bank syari’ah…?

    *Bagaimana tanggapan redaksi tntg kapitalisme & sosialisme dlm perekonomian di Indonesia, truz solusinya bagaimana …?

    Ada sebidang tanah wakaf…d atsnya d bangun masjid…kmudian masjid tsb mau dipindah alihkan…sbg puskesmas…???
    bgmn hkmnya tanah wakaf tsb & memindah masjid tsb……….???
    sedangkan di sisi laen, masyarakat sama kuatnya dlm br argumentasi…???

  55. rahmawati nasution, S.Ag

    saya alumni SMA Tebuireng, senang sekali melihat web ini, tolong donk dikembangkan terus yang lebih canggih dan interaktif gitu.
    Bagaimana perkembangan gedung sekolah dulu dulu? tambah berkembang…

  56. Drs. Ahmad tarmizi, psi

    saya bangga dengan perkembangan pesantren saya ini, saya alumni tahun 1987. Sekarang perkembangannya saya lihat begitu pesat, ok

  57. maaf bang, sebelumnya saya ucapin trimakasih telah datang membawa kesan baik untuk Tebuireng.. Banyak orang yang bercerita tentang situasi Tebuireng saat ini yang kurang ‘bersarung’, terlampau modern dan cenderung menyekat antara SMU, SMP,ALIYAH.. jadi lulusannya berbeda kualitas (pembekalan), jadi kayaknya yang lebih pesantren cuma Aliyah saja… Tapi setelah melihat kisah Almaghfurullah, Saya tidak akan berkecil hati karena cuma SMA, malah saya merasa ada rona tersendiri yang dipercikkan mbah Kyai…

  58. saya alumniu pon.pes. madrasatur qur’an gmana saya bisa lihat foto pon.pes yang baru..

  59. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Salam kenal buat semua saudaraku alumnus TBI taon berapa aja, terutama taon 1998. Saya dari Bekasi ikut ORDA OPI DKI JAYA, masuk TBI di SMA AWH pada masa Pak Kusnadi kemudian Pak Zainal Arifin (semoga semua guru SMA AWH diberikan kesehatan). Semoga pendidikan agama yang diberikan TBI kepada santri yang masuk ke SMA dan Aliyah tidak jauh berbeda sehingga santri SMA setelah lulus bisa baca kitab (minimal bisa & faham jurumiyah). Dan semoga pula fasilitas yang diberikan TBI lebih bagus dari taon ke taon (jedingnya, JABOnya, Ndalem wingkingnya, dll deh). Salam buat keamanannya (Mas Syaikhu, Cak Alim, Cak Subhan, Mas Farid Naya yg guanteng, Pak Rohim, Dll). Salam juga buat angkatan 98 (Cah DESIT, Cah IPA 1, Subhan, Fahri Ayani, Roni, Robby c, Imam, Taufik K, Iwan Sopamena, Wahyuni, Nurul, Eva, Dll).kirim alamat emailnya dunk!!!

  60. Ass. Wr. Wb. Salam kenal kang dari saya mau tanya kitab2 tauhid yang dikaji di TBI apa aja ?, bisa kasih referensi di jakarta nyarinya dimana ?

  61. TOLONG MAEN KE PAKIS, PATI AH……………KLO ADA WAKTU LUANG…………

  62. askum. wr. wb.
    kangen nich dah lama g ketemu ma temen2 SLTP AWH terutama alumni 2001, klw msih da yg inget q sms ja ke 0852 928 667 15,syukron…

  63. asslamu’alaikum
    mas gimana punya kabar? do’ain ye…. ana dulu di Assalamiyah jawilan dan sekarang melaukan studdy di Yaman salam silaturrahim buat temen temen di tebu ireng

    waalaikumusslam

    Ahlan alummni assalamiyyah…semoga antum mendapatkan ilmu yang bermamfaat

  64. Ass.
    dulu waktu tahun 90 an kalo ga salah …
    Alhamdulillah ane pernah ziarah ke makam HADRATUS SYECK KH.HASYIM ASY’ARI di PONPES tebuireng …
    seingat ane saat itu di sana masih membangun masjid yg baru …
    dan mudah mudahan ane bisa ziarah lagi kesana…

  65. BERILMU AMALIAH.BERAMAL ILMIAH.BRAVO TI…….SALAM TA’ARUF BUAT KANG RONI MA CAK IMAM SUBHI

  66. Salam kenal buat Ust Syachoni. Saya baru kirim email ke antum tolong diterusin itu email saya. Saya minta tolong untuk diumumkan tentang MANAQIB KUBRO di STAIN Ponorogo besuk hari Sabtu, 16 Mei 2009 jam 07.00 (pagi).
    Mohon kehadiran kaum muslimin muslimat pecinta habaib.

    salam kenal insya alloh saya tampilkan

  67. salam knal mang roni tlong d sabarin undangan dri saya maulid di masjid istiqomah depok..

    barsama al habib munzir bin fuad al musawa.,.

  68. A.TAUFIQ RAHMAT

    ane bangga sekali dengan adanya forum ini mudah2an menjadi ajang tukar informasi, alumni TBI tahun ’80 dari Kuningan JKS

  69. ustad.tolong muat biografi kh.cholil bangkalan

    ada di blog ini cari saja…

  70. salam kenal juga ustad.
    Mohon kiranya kalau ada terjemahan lengkap Al-Nurul Mubbin. Saya bisa dikirimkan, lewat email : rusnanto@gmail.com
    terima ksih

  71. Assalamu’alaikum.wr.wb
    senang en bangga bisa silaturrahmi dengan sayhroni,klo diliat dr angkatan,mas sahroni ade saya,saya masuk TBI thn ’8I,keluar thn 87/88,juga di asrama M,tergabung di HISPA,salam tuk smua alumni,wabil khuusus to Cak Rohim,Inul,Isti,wabil khusus lagi tuk Guru2 saya,syukron…

  72. salam sejatera…
    makasih banget nih infonya…dan salam kenal ke mas roni

  73. assalamu’alaikum
    salm buat temen2 angkatan 2002 aliyah
    saya sangat rindu akn suasana yang ada ditebuireng
    mudah-mudah tebuireng tambah maju n pesen buat temen tebuireng jangan lupa hadroh fatikhah khusuntuk kh Hasym As’ari dan seluruh kyai

  74. Assalualaikum, saya alumni Tebuireng dr thn 1984 s/d 1990 (alumni SMP AWH dan Aliyah), ketika di Tebuireng saya dikamar M4 dan aktif di HISPA, sampe saat ini sy bergabung dengan IKPT (Ikatan Keluarga Pesantren Tebuireng) di banten, IKPT adalah organisasai para alumni Tebuireng yg ada di banten, ketuanya KH.Drs.Achmad Qiswini, bagi temen alumni yg mau bergabung dgn para alumni di bwh payung IKPT, silakan hubungi 0811121316 (ketua IKPT) atau ke 081318589069 (dayat)

  75. wahyudin mifta al-ayubi

    salam silaturahmi…

  76. Terimakasih Tebuireng…sembah sujudku

  77. Assalamu”alaikum. Boleh tahu dong kalo ada yang mengupas alumni PP TBI tahun 1997, Khususnya Alumni SMU. AWH, wabil khusus lagi bagi mereka yang di DO dari sekolah,,???

  78. Wakau saya bukan alumni Tebu Ireng namun saya Salut buat mas Rony yang udah “menduniakan” tubu ireng.

  79. salam kangen kagem sobat sobat alumni 1999-2002,

  80. mohamad.sidi@yahoo.com

    assalamu alaikum salam kenal mas……

  81. Ass.Semoga mas ron dlm kondisi sehat,salam kenal? mas aktif di organisasi gak. Mau tanya, kriteria organisasi yg gmn yang boleh qt ikuti? sy alumni Assalamiyyah th. 2003, asli Bogor. Thx..

  82. semoga sukses selalu bwt roni
    saya alumni tebuireng…m11 dari tahun 1993 – 1996

  83. Irwan Bakti R - Qinoy

    Assalamu’alaikum…Salam silaturrahim, ana alumni MA. TBI Prog. MAK angkatan perdana, lulusan thn 1997 yang sebelumnya tinggal dikamar Komplek H4. ana dari pondok gede bekasi. sekedar info duka, Ust Ade solihin S.Ag telah meninggal dunia thn 2008 beliau adalah pembina MAK. TBI. dan semoga ini semua (blog antum) ttg TBI menjadi amal soleh amiin.

  84. assalamualaiku…
    saya alumni AWH thn 1998-2001
    aktif hispa,penghuni M12
    ilang kontak ma tmn2 seangkatan
    salam knl bwt mas roni.sukses sllu

  85. assalamualaikum
    ane angkatan 93 SMP AWH
    MAK kls 1 aja Pindah k MQ….. (MAK satu kls sama Mahfud, su’di Madura….)thank

    • Alie, msh inget engk? Aku dulu di kompleks p almuhajirin samping komplekmu satu kamar dg izul. Aku sma awh 1992-1995. Bls ya

    • Salam mas bro,
      Aku ibnu hajar, smp awh angkatan 93, klo ga salah mas komplek b ya, aku dulu komplek P2 belakang makam mbah hasyim, katanya sekarang kompleks nya sdh di bongkar ya

  86. Ujang Komarudin S.HI

    saya alumni Tewbuireng 2006, dulu sy berencana kuliah d malaysia namun allah berencana lain keluarga saya bertemu K.H Abdurrahan Wahid (Gus Dur) sya di sarankan masuk d Tebuireng disanalah saya di kenalkan hidup sederhana mandiri bahkan kebersamaan yg tinggi. terima kasih guruku I Love You full

  87. Ass…lam knal buat mas rony.
    mau mnta tlong criin sjrah SMP AWH n prkmbanganx.. krim ke email ris_one2902@yahoo.com ato iwan_alzombie@yahoo.co.id
    syukron mas

  88. betulkah keluarga gus dur termasuh zdurriyah kanjeng Nabi Muhammad SAW. ?

  89. siapa aja alumni angkatan 99/02 terutama anak komplek M 13 kapan bisa bikin acara bareng lagi. buat alumni-alumni tebuireng dimanapun berada harus tetep jaga almamater tebuireng.

  90. assalaualaiku

  91. gue mau cari biodata nama2 santri thn 1991 , Tlng gua donk plis.!!!!!!!!

  92. aku bukanlah lulusan pesantren, tapi jika baca dimedia internet kadang saya kengen dan pengen dekat dengan para kyai cuma aku terhalang dengan kebutuhan kelauarga.berikan tip buat aku.

  93. asalamu alikum cak, salam kenal saya alumni 98

    Alhamdulillah beberapa bulan yg lalu saya sempat di Tebuireng, alhamdulillah TBI sekarang bedah jauh dengan zaman kita dulu, tidur diatas lantai, mandi harus ngantri lama, di Jabo saling berebut sampai2 porsi makanan kita tumpah. sekarang sudah enak cak tidur diatas kasur empuk, mandi gak perlu lari di jeding SP(jeding terpanjang di dunia “salah satu 7 keajaiban dunia”) karena tiap kamar ada kamar mandi sendiri2, makan gak perlu berebut n bisa ngambil nasi sesuka hati.

    satu yang gak pernah berubah di TBI yakni penampilan santri yang tampak fungky namun tetap nyufi.

  94. saiful fajar " bob"I. Alzhar 04.

    ass. salam kenal buat mas rony. saya alumni th 99. saya kangen dgn forum2 ilmu seperti ini. skrg sya dinas di reskrim polda banten. dan mohon do’anya kpd saudra2ku smua, agar saya sllu brada dalam rel keimanan islam sya.karna cobaanya berat bget. dulu. kita makan, makanan yang sama di jabo, kita tidur di asrama yang sama, kita ngaji pada guru yg sama, kita satu pabrik tapi hasilya berbeda, nah… sekarang karna kita berbeda kita jangan lupakan yang sama tadi.jadi kita tetap anak tebuireng dimana kebersamaan sllu di dahulukan. yang punya nilai lebih di manapun kita berada. dan satu krdit poin buat gus sholah, begitu saya datang ke tebuireng waow….. BERUBAAH dan sya sadar, ternyata gus sholah bukan hanya seorang ulama biasa tapi ternyata seorng PESULAP juga , tebuireng berubah dragtis. dan ada sesuatu yang hilang di tebuireng yaitu asrama saya dan tradisi ngobrol,tidur2an di masjid sambil minum es teh cak sauki pake plastik di wadah cibuk . sumpah saya kangen sekali dengan itu. thank’s AKP. SAIFUL FAJAR SH.

    Waalaikumussalam
    ahlan.salam kenal, mudah mudahan kita sesama santri yang pernah nimba ilmu di tebuireng dapat membenahi institusi kita .

  95. hilal(hr)ramadhan

    askoem……..woy abank2 sklian semoga sehat semua.semoga yg kls 3 lu2s semua amien.cukup sekian,waskoem……………….

  96. Asslamaualakium tadz. ane aumni MA Assalamiyah angkatan 1999. kebetulan di urus ibu Hj. Hamdiyah selaku ibu angkat saya.

  97. salam silahturrohkim

    al fatikah terkirim kagem pengasuh blog ini. matur suwun

  98. alhamdulillah.. sobat2ku ini dkt dg ulama.terutama kh.hasyim asyari.sy snng skali trhdp antm2 smua.sy teringat wkt bersama almarhum GUSDUR dirmh beliau diciganjur-warung sila.beliau mengingatkan sy kaya gini.kl udh dihidupkan didunia,ya hrs smngt dg sebnr2nya.smngt trhdp diri kt ini yg akan DISIDANG nanti diakherat oleh sang pencipta ALAM.jd hidup kita ini utk hamba2 yg membutuhkan..toh itu smua kmblinya buat kt sndri.jgn hdp didunia ini utk sndri.kt nanti rugi DISANA.. dan msh banyak beliau mengingatkan sy.pokoknya sy senang banget terhadap ULAMA DAN ROSULULLOH SAW.yg DIMULYAKAN OLEH ALLOH SWT. mdh2an kt smua slalu dikmplkan oleh ALLOH bersama beliau. amiin..

  99. maaf sobatku smua .sy nulis ini smua 2x.sy lupa.ya ky gini lah,kl sy lg berduaan.lupa smua.smpe2 tulisan yg sdh ditulis.ditulis lg.alf ya sobatku smua.. jgn lp doain ane ya.. dan mdh2an ane bs silaturohmi ke tmpt antm2 smua.. amiin..

  100. Ass.. q linda dr malang-jawa timur.5af ni KHOERUL.UST,KYAI,PA HABIB,, cz q mo nanya.. q td ngliat blog2 anda.terutama diAQIDATUL AWWAM,jd hati q brtanya2.. q mo bertanya.emang ALLOH itu gmn?

  101. walikumsalam.. slm knl buat linda.panggil sj ane mas.ane ini bkn ust,kyai,pa lg habib.ane ini msh muda.ane ank jak-tim.ane ini cm sk ngaji kemana2.jd ane sdkt2 tw.trs mslh linda nanya ALLOH itu gmn? ane cm bs jwb ALLOH itu ga sama dg makhluknya(laisakamislihisai)maaf brng x slh nulis.pkknya ALLOH itu tdk sama dg makhluknya baik dr segi apapun maupun dr segi manapun.alias mukholafatulilhawadisi.yg sdh di jlskan di kitab TAUHID. faham ga? kl krng jls silahkan tanya lg.brng x sy bs.. alf&sukron

  102. oia maaf sobat.jwbn ini buat linda yg ada di malang-jawa timur.jwbn ni ane lpa ditulis diblog ni.maaf ya..

  103. ahmadkhairulabidin

    ASSALAMUALAIKUM,mas sy abidin alumni thn 97 ,mas sangktnUbo ya?sy adik klasny kiwong(munawar)yg almarhum,skarag kbarny gmn d curug sari,@tinah.dodo ankny teh nupus -ust udin kn

    waalaikumussalam]

    betul…..salam kenal ya

    • ane ga knl.org ane ni bkn alumni ponpes situ.ane ni ga mondok.ane cm sk silaturohmi ja,ket4 org2 sholeh.trmsk ke alm GUSDUR.ane ank jak-tim.

  104. salam kenal untuk saudaraku, ane alumni IKaha, 2003, alumni pesantren tarbiyatun nasyiin paculgowang diwek jombang jawa timur, dan sering juga mengaji di kh ishaq latif, saya sekarang tinggal di jakarta utara, salam kenal ya…….

  105. Salam untuk Pak Su’udi,Pak Habib wong Pasuruan saya angkatan 2000-2003. Bagemana kabarnya semoga tetap sehat-sehat saja.Untuk Pak Habib kapan menikah..undang kami pak…

  106. Askum…Kami alumni Tebuireng HISPA wilayah Priangan Timur plus Subang..mengadakan acara buka puasa bersama di Bandung…membentuk sekretariat ikatan alumni dan membahas halal bilhalal di Sukabumi tgl 19 septmbr 2010… salam kangen dari kami..

  107. Aep Syaeful Muhdiyat

    Assalamu’alaikum… Saya alumni MASS Aliyah Tebuireng 94 malam ini sedang mengadakan buka bersama alumni HISPA wil. priangan di Bandung dan membahas acara Halal Bil Halal di Sukabumi 10 syawal nanti… Salam kangen dari kami.

  108. Salam sillaturrahim….
    al afwu, ana santri Majlis Ta’lim Nurul Musthofa Bulak Rowosari kendal Jateng…. lam kenal buat semua pembaca halaman ini, dan mohon do’a semoga el majlis Nurul Mustofa (elnova) dapat mengemban amanat li i’la-i kalimatillah.. amin….

  109. aslam’alaikum, slam knal dr kami. aku mau nanya tentang biaya pesantren tebuireng………….?

  110. saya sebagai anggota PCNU Sudan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memunculkan buku-buku dan materi-materinya, yang secara langsung ditulis oleh Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari. saya berharap, agar lebih banyak lagi, karya-karya beliau yang ditulis dalam blog ini. karena, saya secara pribadi sulit untuk mendapatkan data-data tersebut. mungkin bisa, tapi harus ke Indonesia dengan tenaga dan biaya yang cukup besar. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih banyak atas data-data yang saudaraku tulis dan berikan kepada saya secara pribadi, dan teman-teman di PCINU secara umum.

  111. mas salam kenal ya……..
    semoga terjalin trus silaturahminya

  112. faisal alfarisi bae

    Assalamualaikum’…………………..salam kenal mas rony’

  113. assalamualaikum..
    salam kenal iaa

    kemarin selasa 17mei 2011
    ziarah kemakam syeich hasyim & kel
    ternyata sudah berubah
    bedaa bangeet : : :
    mulai dari bangunan, boga, dll
    moga ajj gus sholah tidak membongkar
    komplek Y ada rumah istirahat kyai ishaq latif

    salman alfaris
    H-4 1998 – 2001
    skyehm@yahoo.com

  114. Muhammad Imam Bukhori

    Hy,aku anak baru di tebuireng….salam2 bwt anak wisma sholihah 203….met liburan yaaa….!

  115. Muhammad Imam Bukhori

    Assalamu’alaikum
    Akhi,aku ank bru di tbuireng thn ini,aku dri bksi ,unit pendidikanku MTs Salafiyah Syafiiyah…salam2 bwt pembinaku ustd hasan asyari dan temanku sekamar sholihah 203 ….SELAMAT LIBURAN YAAA !! :)

  116. Assalamu’alaikum….
    Mas Roni …. Saya Ibnu Rokhman alumni TBI 1996 – 1999 mantan ketua komplek H dan mantan ketua KSHC, alumni Aliyah lulus 1999 …. saya lupa” inget apa kita pernah bertemu di TBI

    Saya amat bersyukur menemukan web ini sebagai media dakwah dan silaturahmi ……

  117. assalamu’alaikum
    salam kenal,
    saya mau tanya, apakah kitab Dhou’ul Misbah Fi Bayani Ahkamin Nikah ada terjemahannya? saya sedang butuh.
    siapa saja, minta infonya ya. syukron.

  118. Emelia Agustina Nasution

    Saya ingin sekali memasukkan putra saya dipesantren ini,bagaimana caranya,tempat tinggal sy di Bogor.tks

  119. bos, ada data alumni AWH angkatan 1998 gak?
    saya angkatan 98′ buku alumni udah pada ilang, mohon di share klo bisa!
    kangen sama temen2 waktu bareng di G-Al Ghazali (G.7)

  120. anwar badrudin

    ass.salam kenal
    saya alumni tahun 1995 kamar M3 saya biasa dipanggil encek sekamar sama erip hideng,syech sukabumi
    sy ikut OPI DKI DAN JUGA HISPA
    BAGAIMANA KBR,Y HISPA ADA GAK REUNI,Y?
    KALAU ADA TAHUN 2012 DILAKSANAKAN DIMANA?
    KAPAN WAKTU,Y?

  121. Alumni angkatan 89-93 mts terus stm bahrul ulum tambak beras 93-96 anak sumatra selatan.

  122. assalamualaikum wr wb.saya mu tanya,keturunan sheh tebu ireng.soal,a saya pernah kemasukan sheh tebu ireng
    ni nmr hp sy 081510051780

  123. Roro Diana Putri

    Good luck bwt Abrori yg skrng bru msuk d pon-pes Tebu Ireng

  124. ass….kangen bgt sm awh.khususon khosoh haderotus syeh hasyim as’ari mhon barokah atas sgl ilmu yg kami peroleh slm di tbi,amin.yana madiun alumni 2000

  125. ass…smg sllu trjalin silaturrahmi kita semua amin.khususon hadrotus syeh hasyim as’ary mhon ilmu yg barokah,manfaat, kgn bgt sama awh.yana AE 2000

  126. Besar keinginan sy agar anak2 sy menjadi penerus perjuanganx beliau namun sy tdk mempuyai resep suksesx,

  127. mansyur s alaina

    ass…salam kangen buat semua alumni ponpes tebuireng angkatan th 2000 khususnya alumni sma a.wahid hasyim mohon kiranya jikalau ada acara reuni harap saya di undang.

  128. maaf, bisa minta tolongnya… saya supian mahasiswa STAIN Palangka Raya, saya ingin mendapatkan kitab Adabul ‘alim wal Muta’allim,,. dmn ya saya bisa membelinya,… mohon bantuannya

  129. assalamu’alaikum. salam kenal buat semua yang di ponpes tebuireng,.. maaf bisa minta tolong,… dmn yaa saya bisa mndapatkan/membeli kitab Adabul ‘alim wal muta’allim, klo tidak apa sampean ada bentuk Pdf. kitab tersebut…,,, mohon bantuannya… sukron

  130. asssalamu’alaikum. salam kenal saya bukan santri tebuireng tp saya sangat kagum dengan K.H. Hasyim Asy’ari,.. boleh saya minta tolong dimana saya bisa mendapatkan kitab Adabul ‘alim wal muta’allim,.. mohon bantuannya,,,, klo ada bsa mnta tolong kirimkan kitabnya yang berbentuk pdf… sukron

  131. assalamu’alaikum. salam kenal buat bang rony,.. bang dimana saya bisa mendapatkan file atau kitab Adabul ‘Alim Wal muta’alim, karya Hadratus Syeikh K.H. Hasyim Asy’ari,.. mohon bantuannya

  132. bang rony… menurut pandangan bang rony,…konsep pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari itu seperti apa bang ?

  133. cahya ayya
    ass. salam wt alumni tebu ireng 2007 .cmua ajh deh . wat Niswa maaf nya gk bsa ke hums ,,,,,

  134. Subhanallah Subhanallah Subhanallah “allahumma aa-’innaa ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika” .. Alumnus Darunnajah

  135. Chomsiah Alang Mohn

    Samakah Proses/biaya penanganan anak2 nakal/ narkoba masuk P Tebuireng? Trmksh.

  136. salm kenal dari toni alias atos..

  137. Subhanalloh,,,semoga Amal dan Kebaikan’a Diterima Sama اَللّهُ,,Mudah2an saya Bisa Berkumpul dengan Beliau Dan Orang2 SoLeh Semua Kelak Nanti

  138. Assalamu’alaikum…cumarsono biasa dipanggil Menox,..saya dulu di Komplek Al falah atw F10 depannya ada pohon jamblang…hehehe rindu banget suasananya…saya angkatan 1996-97 MASS Aliyah Tebuireng..temen2 yang kenal sama saya bisa lihat di email fb saya..temen2 seangkatan pasti tahu…sarapan pagi di Pasar Tjoekier Spesialis Tahu…??hahahaaaa terusin aja yang ngerti..

  139. Ass,,,,subhanalloh ilmu terbilang bermanfaat ketika ilmu banyak-banyak di amalkanya,,,,dgan salah satunya bersilaturohim,,,,

  140. assalam..sy mau tanya kalau no tlp madrasah aliyah salafiyah ada ga?mhon bls.trimakasih.assalam.

  141. m. ivan aji saputro

    Assalamualaikum buat sedulur semua, semoga keberkahan atas kita semua.
    Saya mohamad ivan aji saputro, asal dari Salatiga, penghuni komplek K Al-Fattah no 6 (K bawah), SMA AWH periode 2000-2003 (kls 1.1, kls 2.1, IPS 2), sempat ikut ekskul NH Perkasya n Paskibraka jg. Saat ini tinggal di komplek Puspiptek Serpong, Tangsel.
    Salam untuk pecinta kopi yang biasa ngopi di warung mbak mut belakang BRI.
    Sedulur2 semua semoga bisa menjalin silaturahim dimana aja, baik alumni Mts, Aliyah, SMP, SMA, Ikaha, maupun pondok2 lain di sekitar Tebuireng.
    Kontak saya di 08562690792. Semoga barokah

  142. Asslm,,,maaf sbelumny ni, saya punya anak umur 16th,dia sngt nakal ngeluyur tiap mlm,sgla permtaan hrs di turuti klo ngga dia ngamuk2 ngrusakin barang2 , kami sekeluarga kewalhn , krn dia sdah ga tkut sma kita , kami berniat mau masukin dia ke pantai rehabilitasi ank2 nakal, tp gmna caranya! Mohon bls, trmksh.

  143. assalamualaikum…..
    salam kenal untuk semuanya dan khususnya pemilik blog ini
    saya mau tanya dalam perjalanan rihlah ilmiah hadrotus syaikh itu ke wonokoyo itu daerah probolinggo atau pasuruan ato malang tuh??? trus mondoknya ke kiyai siapa?? dan apa nama pondoknya???
    terima kasih

  144. Alhamdulilah saya juga punya Raudhatul Athfal Tebuireng di Kota Medan
    Sekolah ini dibangun dengan semangat dakwah Tebuireng…….Insyalloh

  145. Assllmuallaikum,,saya mau nanya apa benar di ponpes tebu ireng bisa mengobati orang yg kena ilmu hitam sudah hampir 12 tahun kakak saya ngk bisa sembuh,trimaksah wassllam,mohon balesan nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s