SAYYIDAH ZAINAB AL KUBRO(CUCU ROSULULLOH YANG TABAH)

Sayyidah Zainab Al Kubro demikian Rosululloh SAW memberi Gelar kepada Cucunya dengan Al Kubro yang berarti yang Besar atau agung. Sayyidah Zainab merupakan anak dari Sayyidah Fatimah Azzahra ( Putri Rosululloh saw) dan Sayyidinah ali Karramalloh Wajha, saudara -saudara Sayyidah zaenab bernama Sayyidina Hasan dan Sayyidana Husein. Ketika Sayyidah zainab yang Lahir tanggal 5 jumadil awal tahun 6 Hijriyah Rosululloh Saw menggendong Zainab sambil menangis hingga bercucuran air matanya sambil berkata”Wahai putriku Fatimah ketahuilah bahwa Cucuku ini akan di timpa berbagai Musibah dan menghadapi banyak cobaan “, begitupun sewaktu Malaikat Jibril berkunjung ke rumah Rosulullh Saw dan melihat Zainab Cucu rosululloh saw Malaikat jibripun ikut Menangis “aku sedih melihat Anak ini yang akan menyaksikan dan mengadapi berbagai macam cobaan dan musibah.”kata Jibriel. Demikian Ramalan yang telah di gambarkan Rosululloh saw.

Ketika Kecil Sayyidah Zaenab menyaksikan bagaimana ibunya merawat Rosululloh saw yang sedang sakit, Hingga Rosululoh Wafat seluruh penduduk Madinah menangis, para Sahabat, Para pakir miskin dan warga seluruh kota berdatangan memberikan penghormatan terakhir kepada rosululloh tak terkecuali Zaenab kecil menyaksikan Para sahabat menggali Lubang kubur di kamar Sayyidah Siti Aisyah Neneknya, butiran tanah mengenai baju Zaenab dengan linangan air mata Zaenab menyaksikan tubuh Kakeknya Rosululloh SAW diturunkan keliang lahat dibantu ayahnya Sayyidina Ali dan Para sahabat. Semenjak Kematian Rosululloh Ibunda Zaenab begitu murung dan sangat sedih dan terkadang Zaenab melihat Ibunya sedang mengambil segenggam tanah dari maqom Rosululloh dengan menangis ibunya mencium tanah tersebut.Badannya terlihat kurus hingga 6 bulan setelah kakeknya wafat Ibunda Zaenab fatimah az zahrah meninggal dunia dekat maqom Rosulullh saw, untuk kedua kalinya Sayyidah zaenab melihat orang -orang yang di cintainya dimasukkan ke liang lahat. Zaenab juga teringat bagaimana ibunya mengajak dirinya melakukan khutbah pada kaum anshor dan muhajirin untuk melakukan pembaiatan kepada Sayyidina Ali Ka, dan meyaksikan pembakaran serta pendobrakan pintu rumah ibunya oleh Kaum yang menentang Kekhalifaan Sayyidah ali.

Menjelang remaja sayyidah Zaenab telah menjadi sosok wanita yang tangguh yang menjadi ibu bagi saudara-saudaranya Hasan dan Husein dan penuh dengan kasih sayang. Memasuki usia dewasa Zaenah dinikahkan dengan lelaki Alim dan shaleh bernama Abdulloh bin ja’far dan dikarunia tiga orang anak. Kebahagian Sayyidah Zaenab hanya sesaat musibah kembali menimpanya, Ayahandanya Sayyidina ali tewas terbunuh, Zaenab kembali menyaksikan Ayahnya dengan lumuran darah membasahi sekujur tubuhnya dan diusung oleh para sahabat menuju rumahnya. Sayyidina ali sempat dirawat beberapa hari namun akhirnya Beliau berpulang kerahmatulloh. Dengan linangan air mata zaenab menyaksikan kembali Orang yang dicintainya dimasukan keliang lahat. Beberapa lama setelah ayahnya Wafat Zaenab kembali mendapat Musibah kematian abangnya Sayyidina Hasan yang tewas diracun oleh para pengikut Muawwiyah dan Musibah itu belum lenyap selang beberapa lama Abangnya Sayyidaina Husein tewas juga di Padang Karbala dan yang lebih menyayat hati Zaenab tatkala menyaksikan Kepala husein dipenggal  dan ditancapkan diujung Tombak seraya di Arak ke Kufah. hati siapa yang akan tak hancur menyaksikan Pembantaaian keluarga Rosululloh saw, Dua mata Rosulloh ( hasan dan husein ) dibantai dengan keji. Tragedi tersebut terkenal dengan nama Tragedi Karbala, Sayyidah zaenab yang menyaksikan Tragedi Karbala hanya bisa berucap “Tidaklah aku lihat semua musibah ini adalah sesuatu yang indah, Kesyahidan Husein dengan cara yang tragis adalah kehendak Ilahi yang selalu sesuai dengan hikmah Ilahi dan keteraturan alam semesta.” Sungguh Sayyidah Zaenab sosok wanita yang tabah dan teguh yang patut diteladani , kesedihannya menanggung duka yang mendalam atas musibah yang menimpa keluarganya.

4 responses to “SAYYIDAH ZAINAB AL KUBRO(CUCU ROSULULLOH YANG TABAH)

  1. aslmkm wr wb…
    mari wahai para pecinta nabi SAW kita simak hadits-hadits beliau…kunjungi blog saya, kasih kritik dan comment, serta download hadits arba’ien nawawiyah…

  2. Salam kenal ….mas badar
    blog ente ape namanye ?…..

  3. Boleh copy paste?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s