KH.MUHAMMAD THOWIL (SOSOK ULAMA SEDERHANA DAN TAWADHU DARI BANTEN)

KH.Muhammad Thowil yang akrab dipangil Abah Thowil Pendiri Pon-pes Assalamiyah yang berlokasi Didesa Curug Sari kopo Serang, lahir tanggal 11 januari 1923 . Beliau Murid dari Kh.Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Penampilan yang sangat sederhana layaknya Masyarakat biasa namun Kapasitas keimuaan yang beliau miliki sangat Luas . Kemahiran beliau dalam mengajar Kitab-kitab salaf terutama Ilmu Gramar Bahasa Arab ( Nahwu shorof) dan Fiqih. Pesantren yang dirintisnya dari awal semula masih belum memiliki sekolah-sekolah formal namun kini berjalannya waktu, bertambah banyaknya minat masyrakat baik disekitar nya maupun yang berasal dari berbagai wilayah seperti jakarta, lampung dan palembang untuk menimba ilmu-ilmu agama plus mendapat pendidikan formal dari sekolah , Abah Thowil membangun secara bertahap sekolah-sekolah formal dari MI sampai MA bahkan sekarang telah memiliki perguruan tinggi Islam.

Abah thowil disamping mengajar kepada santrinya beliau juga mengajar kepada masyakarat sekitar , maka tak heran beliau begitu dekat dihati masyakarat Curug sari. Keramahan serta tutur bahasa yang lembut mampu meluluhkan Hati-hati manusia yang keras. Kalimat yang keluar dari mulut beliau penuh dengan Hikmah ilmu . Bahkan beliau tidak pernah memarahi para santrinya yang nakal secara langsung , dengan halus beliau ungkap teguran tersebut lewat ta’lim dengan menyebut sifulan. Dan santri yang merasa bersalah tentu akan merasakan teguran halus tersebut sampai merasuki sampai relung hati yang dalam.

Suatu ketika sebut saja ferry salah seorang santri yang lumayan nakal, memanjat pohon kelapa milik Abah Thowil dan  bermaksud mencuri buah kelapa milik Kyiai, sedang asik ferry memetik ketika hendak  Turun , abah Thowil menunggu dibawah dengan halus Abah Thowil menegur dengan Bahasa Sundanya ” Sing Hade fer…Engkeh Ragrak….maksudnya Hati-hati Ferry Nanti kamu jatuh, Dengan wajah yang pucat sang santri Menjawab “Iyah Abah sambil ngeloyor pergi menahan malu.

Dalam setiap kali ta’lim Abah thowil dengan ciri khasnya selalu mengisap lintingan tembakau dan segelas kopi, wajahnya yang tampak mulai keriput dimakan usia namun tak memudarkan semangat beliau untuk terus mengajar kepada santri-santrinya, beliau ingin mewujudkan agar santrinya menanamkan nilai -nilai kebaikan lewat kesederhanaan. bukan kesederhanaan yang baik, bukan pula kebaikan yang sederhana tetapi kebaikan disemua bidang, untuk itulah abah Thowil membekali santrinya dengan nilai dasar kebaikan yaitu “Keihklasan”, Ihklas adalah tanpa pamrih .Jiwa keihklasan santri tampak menonjol daripada sikap-sikap lainnya. Semakin tebal jiwa keihklasan yang tertanam pada diri santri maka akan membuat santri selalu optimis dan semakin maju, semangat keihklasan membuat santri bersedia memulai usahanya dari NOL kembali, membuat santri rela berkorban demi agama dan bangsa. Hal ini dapat diteladani oleh Abah Thowil itu sendiri yang memiliki jiwa keihklasan yang tinggi , Kh.Muhammad Thowil yang tadinya tidak dikerumuni ratusan santri , menjadi rumahnya terjepit ditengah-tengah kamar santri. Seorang santi ikhlas belajar , belajat dengan tanpa pamrih , santri mengabdi tanpa pamrih, menolong tanpa pamrih , berjuang tanpa pamrih, Pola tanpa pamrih itulah ajaran dari Abah Thowil. Karena benar-benar tanpa pamrih , maka Kh.Muhammad Thowil selalu mendapat perkenan dihati setiap orang, mendapat penuh kepercayaan , menjadi tempat mengadu dan dijadikan pemutus kata.

Tanggal 06 feb 2003 Kh.Muhammad Thowil berpulang kerahmatulloh, Linangan air mata mengalir dari masyarakat dan santri-santri yang sangat mencintai beliau , kesederhanaan dan ketawadhuan belia telah menorehkan kesan yang mendalam di hati para santrinya. Semoga Alloh Menempatkan beliau ditempat yang mulia .aminnnn

27 responses to “KH.MUHAMMAD THOWIL (SOSOK ULAMA SEDERHANA DAN TAWADHU DARI BANTEN)

  1. kirim foto habaib

    SALAM KENAL…DISAVE AJA YANG DI WEB SITE

  2. Terima kasih anda telah membuka web site kami,teriring do,a smoga ini dapat menjadi jalan untuk lebih mengenal salah seorg figur ulama banten yang slalu berjuang dalam memajukan pendidikn, khususnya pend agama islam di tanah air tercinta ini, .kami juga m

    Assalamiyah.com

    ahalan ya ustad usbro….

  3. assalamu’alaikum wr. wb.
    saya selaku cucu merasa terharu dan amat sangat malu! tidak bisa melanjutkan perjuangan beliau! dan saya minta bimbingan dan masukan untuk memajukan warisan dari kakek tercinta!
    wassalam
    contac person: 081311300889

    Waalaikumussalam

    salam kang Imin…..maju terus untuk assalamiyyah

  4. assalamu’alaikum wr. wb.

    Alhamdulillah mas. sekarang Assalamiyah sudah lebih maju lagi. saya sangat sekali mendengarnya. saya adalah salah satu yang pernah merasakan ngaji langsung dengan beliau. dan benar sekali apa yang mas paparkan dia atas, saya lulusan MA Assalamiya tahun 94/95 .

    Wassalam

    Waalaikumussalam,

    salam kenal….saya alumni tahun 1993

    semoga terjalin silahturahim kita

    salam

  5. salam silaturahim.
    Setelah sy membaca artikel dr sohib ternyata telah membuat sy merasa bangga karena masih ada alumni yang masih ingat dengan assalamiyah,sy harap jalinan silaturahim ini jangan sampai terputus.
    Wassalam. Alumni 1999

    salam kenal saya alummni tahun 1993

  6. hai Lor, pkbr? dimana bae NT?

  7. Bang ron ana banggga ma antum yang udah buat catatan kecil dari sosok abah, moga kita bisa melanjutkan apa yang beliau harapkan, ana alumni MI, MTs dan MA Assalamiyah, skarang ana masih ngabdi di STAI Assalamiyah

    Alhamdulillah…saya iri melihat keistiqomahan antum mengabdi di asslamiyah..salam buat dewan guru

  8. alhmdllh wa sukurillah ats limpahan nikmat yg ALLAH berikan kpd kita semua…amin.terucap untaian kata khususnya kpd ihwan kita yang tlh menceritakn manakib syehk hinal mukarrom…semoga ALLAH slalu memberikn kekuatn kpd antum untuk slalu menampilkn manakib para alimil ulama wa hababina…amin…salam untuk semua ihwan ASSALAMIYYAH kapan nih kite ngeliwet lagi…min minte sambelye ye…bukan maen indah bener deh ah…wasalm Al Faqir.

  9. Assalamu’alaimum.

    Ahlan wa sahlan ya akhi,,,,
    syukur Alhamdulillah masih banyak yang perduli skaligus mengakui ke eksistensian Assalamiyah sebagi pelopor pendidikan di kecamatan kopo dan jawilan dari semenjak di dirikan sampai sekarang.

    sukses buat sluruh alumni Assalamiyah. aminn

    Saya alumni MI.MTs.MA.dan STAI Assalamiyah

  10. Hj. SITI BUBAIAH/EMBAY TEA

    IKUTAN GABUNG AH….

  11. Hj. SITI BUBAIAH/EMBAY TEA

    IKUTAN GABUNG AH….
    Setelah membaca biograpi abah Thowil ,saya menjadi terharu sekaligus bangga karena pernah menjadi anak didiknya walaupun hanya sebentar saja, tepatnya ketika saya duduk di bangku MTs assalamiyah. Beliau memang seorang pemimpin yang kharismatik dan disegani,itu terbukti ketika kami sedang tidak ada kegiatan baik di sekolah maupun di pondok, kami selalu bermain di depan kobong yang bersebelahan dg rumah abah, seberisik apapun kami berlari-larian Abah tdk pernah memarahi kami,karena Abah punya cara sendiri untuk menegur kami yaitu dengan cara melihat kami bermain,tp anehnya ketika Abah terlihat oleh kami, kami senantiasa barhamburan untuk duduk manis,tp ingt bukan berarti kami takut,tp malu.
    Sekalian ah mau salam-salam nih tuk ceu ADOT,ceu UPUS ,ceu OJAH dan keluarga yg lainnya pokoknya seluruh angkatan 83 aja .

  12. segala sesuatu yang kita lakukan haruslah berdasarkan ketulusan dan keikhlasan, mengutip biografi dan kisah hidup seorang ulama (K. Thowil) yang dimuat oleh kang roni semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita sebagai generasi muda islam salafiyah……. allahuakbar.
    asep saepullah

  13. Amarudin (alumnus 1993)

    Assalamualaikum wr.wb..

    setelah saya membaca prfil / napak tilas abah thowil, saya merasa kembali mengingat akan jasa dan ilmu beliau yang telah mencurahkan sepenuh hati kepada saya… saya sangat terharu dan bangga mempunyai sosok guru/ kyai seperti beliau… dan sekaligus mengingatkan saya pada sohib saya Sdr. alm Munawar, kami sangat kental dan akrab dalam menimba ilmu di Assalamiyyah, semoga ini dapat menjadikan pengobat kerinduan saya ke Assalamiyah…

    salam tuk pak Oli, pak anwar, pak ubay, dll guru-guruku… dan tak lupa juga sama Bi marwah yang senantiasa mengisi canda para santri serta mengisi kekosongan perut para santri… bravo Assalamiyah…

    email: amar.sbps@gmail.com

    Facebook: Amarrudhy
    Wassalamualaiku wr.wb

  14. Saya sngat senang dngan yang di ajar kan abah towil

  15. SALAM TOEK ALL SOHIB ASSALAMIYAH

  16. Anna alumni STAI ASSALAMIYAH 2000/2001
    mudah2an Assalamiya makin terus berkembang Amiin
    saya merasa kembali mengingat akan jasa dan ilmu beliau yang telah mencurahkan sepenuh hati kepada saya… saya sangat terharu dan bangga mempunyai sosok guru/ kyai seperti beliau….

  17. asalamualaikum assalamiyah maju terus tetap lah jd yg terbaik amiiiinnnn

  18. Assalamualaikum.Wr.Wb,
    Salam Knl Buat Kaka Alumi Ma Assalamiyah
    Saya Bru Pertma K Mcuk Skolah D,ma Assalamiyah

  19. adakah hubungan antara KH. Muhammad Thowil dan Syech Mas Arsyad Thawil asal Tanara yang dibuang Belanda ke Sulawesi Utara?

  20. salam kenal kpd mamang dan tteh smuah y.jgn hya bangga jarah donk ke makam abah thowil

  21. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Al fatihah untuk kiyai, Abah yang sangat kita cintai.
    Assalamiyah selalu ada walaupun taringnya tidak seperti dulu, dan semoga hari demi hari kami sebagai keluarga bisa mengharumkan kembali pondok kita tercinta. mohon doanya, sekarang lagi di bangun majlis ta’lim pondok dan besar harapan kami bisa membangun fisik asrama putra dan putri, agar bisa nyaman untuk tempat tinggal santriwan dan santriwati. kepada seluruh Alumni pondok pesantren Assalamiyah, ditunggu Ziarahnya dan doanya semoga kami bisa membuat Assalamiyah harum kembali. jazakallah khair al jaza. Abah kami rindu nasihat dan bimbinganmu.. Al fatihah..

  22. mmohon doanya untuk pondok Assalamiyah

  23. Muhamad syuhada, nak bogor te'a

    Saya sedih kpd para alumni assalamiyah dah pda sukses n jadi org lupa sma abu ya thowil,sibuk dgn kesenangan n aktifitasnya.jarah donk kemakam abu ya thowil.

  24. Muhamad syuhada, nak bogor te'a

    Saya sedih kpda para alumni dah pada senang n sukses lpa sma abuya thowil,ingat kita bisa jadi orang berkat ilmu spa,jatah donk ke makam abuya thowil.

  25. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Smoga Assalamiyah bisa Bangkit kembali, situasi saat ini supaya segera berlalu..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s