HIKMAH “ISRO MI’RAJNYA NABI MUHAMMAD SAW”

Seandainya Orang-orang Kafir Qurays yang hidup pada masa Nabi Muhammad Saw masih hidup sampai sekarang, tentu mereka tidak akan heran dan mengolok-olok Nabi Muhammad ketika Rosululoh melakukan “Perjalanan di waktu malam” yang di kenal dengan Isro mi;raj dari Masjidil Haram ke masjidil Aqso hingga langi ke tujuh hanya dalam satu malam saja. Sekarang hanya dalam hitungan Jam kita dapat keliling dunia dengan kecanggihan alat transfortasi yang saat ini dimilki. Ketika Nabi melakukan Isro Mi’raj serta menceritakannya kepada Masyarakat, banyak sekali kegoncangan terhadap para pengikut Nabi, mereka galau dan ragu-ragu akan cerita nabi. Tidak sedikit pengikut nabi kembali Murtad begitu nabi menceritakan kejadian Isra mi’raz tersebut., karena peristiwa tersebut sangat sulit di terima oleh akal, hanya hati yang jernih dan penuh keimanan kepada Alloh dan rosulnya yang bisa menerima certa tersebut seperti Sahabat Abu bakar adalah orang pertama yang percaya akan cerita nabi tentang Isro Mi;raz sehingga Abu bakar di beri gelar Assiddiq .

newuniverse

Peristiwa Isro Mi’raz adalah merupakan kejadian yang sangat luar biasa dan bentuk cinta Alloh kepada Rosululloh. Alloh sendirilah yang memperjalankan Nabi Muhammad SAw.Dalam peristiwa itu, tepatnya 27 Rajab, Nabi Muhammad SAW dapat saja langsung menuju langit dari Makkah, namun Allah tetap membawanya menuju Masjidil Aqsha, pusat peribadahan nabi-nabi sebelumnya. Ini dapat diartikan bahwa b umat Islam tidak memiliki larangan untuk berbuat baik terhadap sesama manusia, sekalipun kepada golongan di luar Islam. Hal ini dikarenakan, Islam menghargai peraturan-peraturan sebelum Islam, seperti halnya khitan yang telah disyariatkan sejak zaman Nabi Ibrahim AS.

Peristiwa Isro Mi’raj terjadi ketika nabi sedang dalam kesedihan , dua orang penyokong nabi dalam melakukan dakwah yaitu Istri nabi siti Khodijah dan pamannya Abu Thalib telah berpulang kerahmatulloh.

Saat itu ketika nabi sedang tertidur di dalam masjidil Haram didatangi oleh malaikat Jibriel dan mikail dibedah dada nabi dan di cuci hatinya dengan air zamzam untuk menghilangkan sifat-sifat buruk setelah itu hati nabi dimasukan dengan iman dan hikmah . Ini adalah merupakan pencucian yang kedua kalinya yang di alami nabi, sebelumnya nabi pernah juga di cuci hatinya dan diisi dengan Rahmah cinta dan kasih sayang sewaktu nabi di asuh oleh Halimatus Sya’diyah. Setelah dilakukan pencucian tersebut Nabi memulai perjalanannya menuju masjidil Aqso (palestina) dengan berkendaraan Burouq ( sejenis kuda yang kecepatannya melebihi cahaya). Sesampainya di Masjidil Aqso Nabi di sambut oleh para nabi dan rosul untuk melaksanakan sholat berjamaah dan Nabi Muhammad Saw sebagai imamnya. Hal ini merupakan suatu bentuk kehormatan bahwa derajat Nabi Muhammad diatas kenabiaan lainnya.

Setelah melampaui Masjidil Aqsha, Nabi langsung diangkat naik sampai ke langit tujuh, lalu Sidratul Muntaha dan Baitul Ma’mur.
Imam Al-Bukhari meriwayatkan, pada saat peristiwa Mi’raj, Nabi Muhammad SAW berada di Baitul Ma’mur, Allah SWT mewajibkannya beserta umat Islam yang dipimpinnya untuk mengerjakan shalat limapuluh kali sehari-semalam. Nabi Muhammad menerima begitu saja dan langsung bergegas.

Namun Nabi Musa AS memperingatkan, bahwa umat Muhammad tidak akan sanggup dengan limapuluh waktu itu. ”Aku telah belajar dari pengalaman umat manusia sebelum kamu. Aku pernah mengurusi Bani Israil yang sangat rumit. Kembalilah kepada Tuhanmu dan mitalah keringanan untuk umatmu.”

lalu Nabi Muhammad kembali menghadap Sang Rabb, meminta keringanan dan ternyata dikabulkan. Tidak lagi lipapuluh waktu, tapi sepuluh waktu saja. Nabi Muhammad pun bergegas. Namun Nabi Musa tetap tidak yakin umat Muhammad mampu melakukan shalat sepuluh waktu itu. ”Mintalah lagi keringanan.” Nabi kembali dan akhirnya memeroleh keringanan, menjadi hanya lima waktu saja.

Sebenarnya Nabi Musa masih berkeberatan dengan lima waktu itu dan menyuruh Nabi Muhammad untuk kembali meminta keringanan. Namun Nabi Muhammad tidak berani. “Aku sudah meminta keringanan kepada Tuhanku, sampai aku malu. Kini aku sudah ridha dan pasrah.”

Nabi Muhammad memang mengakui bahwa pendapat Nabi Musa AS itu benar adanya. Lima kali shalat sehari semalam itu masih memberatkan. Namun lima waktu itu bukankah sudah merupakan bentuk keringanan?!

Peristiwa isra’ dan mi’raj diabadikan oleh Al-Qur’an dalam surah Al-Isra’. Bahkan peristiwa inilah yang mengawali surah ini.sebagaimana Firman Alloh “

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Isra’: 1).

Sudut pandang tentang isra’ dan mi’raj memang bisa beragam; dari kacamata akidah, isra mi’raj mengajarkan tentang kekuasaan Allah swt. yang tidak terhingga.

Dari sudut pandang sains, mengajarkan bagaimana dunia keilmuan masih menyisakan teori ilmiah yang belum terkuak.

Dari sudut pandang Ahlak , peristiwa ini mengajarkan bagaimana adab dan akhlak seorang hamba kepada Khaliqnya. Sungguh beragamnya sudut pandang ini menunjukkan keagungan peristiwa yang hanya sekali terjadi sepanjang kehidupan manusia, dan hanya terjadi kepada seorang insan pilihan, Rasulullah saw.

Sayyid Quthb menafsirkan ayat pertama dari surah Al-Isra ini dengan menyebutkan bahwa ungkapan tasbih yang mengawali peristiwa ini menujukkan keagungannya, karena tasbih diucapkan manakala menyaksikan atau melihat sesuatu yang luar bisa yang hanya mampu dilakukan oleh Dzat yang Maha Kuasa. Sedangkan lafadz “bi’abdihi” adalah untuk mengingatkan status manusia (Rasulullah) dengan anugerahnya yang bisa mencapai maqam tertinggi sidratul muntaha, agar ia tetap sadar akan kedudukanya sebagai manusia meskipun dengan penghargaan dan kedudukan yang tertinggi sekalipun yang tidak akan pernah dicapai oleh seluruh manusia sampai hari kiamat.


38 responses to “HIKMAH “ISRO MI’RAJNYA NABI MUHAMMAD SAW”

  1. Salallahu ala Muhammad, salallahu alaihi wasallam…

  2. Dimanakah sidrotul muntaha itu?
    Aakah di langit ataukah di alam ghaib???

    Sidratul Muntaha berasal dari kata sidrah dan muntaha. Sidrah adalah pohon Bidara. Sedangkan muntaha berarti tempat berkesudahan.secara bahasa Sidratul Muntaha berarti pohon Bidara tempat berkesudahan. Disebut demikian karena tempat ini tidak bisa dilewati lebih jauh lagi oleh manusia dan merupakan tempat diputuskannya segala urusan yang naik dari dunia di bawahnya maupun segala perkara yang turun dari atasnya. Istilah ini disebutkan sekali dalam Al-Qur’an, yaitu pada ayat:annajm 53:13:14
    Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha.

  3. Sidroh berarti batas/tepi/ujung, muntaha adalah penghabisan/akhir. Sidrotul muntaha adalah batas penghabisan alam semesta, nyata bukan alam gaib. Alam semesta ini bulat sprt bola yg dibatasi oleh sidrotul muntaha. Jarak dr bumi ke sidroh sangat jauh skli

  4. hajarullah aswad

    1. Peristiwa isro’ wal mi’raj adalah penegasan dari Allah bahwa pada hakekatnya inovator kemajuan tekhnologi itu dari Islam.
    2. Kualitas keislmana seseorang itu terletak pada kebersihan hati bukan dari materi yang hanya sekedar aksesori kehidupan.
    3. Orang yang memiliki kebersihan hati akan dicintai Allah, manusia dan seluruh makhluk hidup lainnya.
    4. Orang yang memiliki kebersihan hati akan mendapat kemuliaan dan derajat yang istimewa dari Allah swt.
    5. Kebersihan hati umat nabi Muhammad saw tidak dengan membelah dada tetapi dengan keimanan yang kuat, melaksanakan sholat lima waktu dan ilmu.
    6. Isro’ wal mi’raj itu pada dasarnya perjalanan Rosulullah minal masjid ilal masjid (masjidil haram Mekkah – masjidil aqsho Palestina dan masjid Baitul Makmur di Shidratul muntaha.
    7. Umat Islam kalau mau memimpin dunia menang atas umat2 lain sudah sa’atnya merapatkan barisan jema’ah memakmurkan masjid.

  5. Sangat setuju sekali dengan adanya media seperti ini, karena dengan adanya media semacam ini akan menpermudah kami untuk belajar islam lebih luas.

  6. Maaf boleh saya me link-situs ini?

  7. isro’mikroj adalah sebuah perjalanan agung yang dilakukan oleh seorang yang mulia Nabi Muhammad SAW. namun perlu kita ketahui bahwa agak mengherankan kalau dalam perjalanan nabi isrok tersebut dalam rangka menerima wahyu solat. coba kita fikir di masjidil aqso nabi menjadi Iman padahal nabi belum menerima wahyu Sholat tapi kenyataannya sudah memimpin Sholat itukan aneh ya jadi yang benar yang manatuh. kalau kita lihat surat al isro’ ayat 1 itu Alloh ingin memperlihatkan Ke Maha Kuasaan Alloh dan tanda-tanda kekuasan Alloh sampai ke sidrotul muntaha: atri Sidrotul Muntaha adalah Tempat terjauh dari jagad Raya ini. satagfirulloh. itu tempat paling indah karena terdapat taman-taman yang sangat menakjubkan ( Linuruyahu Min Ayatina ) Amiin. salam

    • maaf mas rahmad supadi. satahu saya sebelum alloh memerintahkan shalat kepada umat Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isra mi’raj. shalat sendiri sudah alloh wajibkan kepada nabi2 sebelum Nabi Muhammad SAW… tidak mengherankan bila Nabi Muhammad SAW menjadi imam bagi para nabi sebelumnya… sebagai contoh kutipan nabi musa kepada Nabi Muhammad SAW ketika memperingatkan bahwa shalat 50 waktu sangat berat bagi umat Muhammad….

      “Namun Nabi Musa AS memperingatkan, bahwa umat Muhammad tidak akan sanggup dengan limapuluh waktu itu. ”Aku telah belajar dari pengalaman umat manusia sebelum kamu. Aku pernah mengurusi Bani Israil yang sangat rumit. Kembalilah kepada Tuhanmu dan mitalah keringanan untuk umatmu.”

      lalu Nabi Muhammad kembali menghadap Sang Rabb, meminta keringanan dan ternyata dikabulkan. Tidak lagi lipapuluh waktu, tapi sepuluh waktu saja. Nabi Muhammad pun bergegas. Namun Nabi Musa tetap tidak yakin umat Muhammad mampu melakukan shalat sepuluh waktu itu. ”Mintalah lagi keringanan.” Nabi kembali dan akhirnya memeroleh keringanan, menjadi hanya lima waktu saja.

      Sebenarnya Nabi Musa masih berkeberatan dengan lima waktu itu dan menyuruh Nabi Muhammad untuk kembali meminta keringanan. Namun Nabi Muhammad tidak berani. “Aku sudah meminta keringanan kepada Tuhanku, sampai aku malu. Kini aku sudah ridha dan pasrah.”

    • Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
      Maaf mas Rahmad Supadi. satahu saya sebelum alloh memerintahkan shalat kepada umat Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isra mi’raj, shalat sendiri sudah alloh wajibkan kepada nabi2 sebelum Nabi Muhammad SAW… tidak mengherankan bila Nabi Muhammad SAW menjadi imam bagi para nabi sebelumnya…

      sebagai contoh kutipan nabi musa kepada Nabi Muhammad SAW ketika memperingatkan bahwa shalat 50 waktu sangat berat bagi umat Muhammad….“Namun Nabi Musa AS memperingatkan, bahwa umat Muhammad tidak akan sanggup dengan limapuluh waktu itu. ”Aku telah belajar dari pengalaman umat manusia sebelum kamu. Aku pernah mengurusi Bani Israil yang sangat rumit. Kembalilah kepada Tuhanmu dan mitalah keringanan untuk umatmu.”

      perintah shalat pada peristiwa isra mi’raj adalah khusus bagi umat Rasulullah SAW dan peristiwa ini adalah suatu kehormatan bagi Rasulullah SAW bertemu langsung dengan Alloh SWT. dan peristiwa ini adalah suatu ujian bagi umat Rasulullah SAW, apakah kita meyakini dan mampu berfikir bahwa peristiwa ini adalah sebenar-benarnya. tidakah sulit bagi Alloh untuk melakukan itu mas…

  8. m.dodik setiawan

    askum….
    betapa agungnya agama islam sehinggah disempurnakan-Nya dengan cara yang dialami oleh belau Nabi Muhammad SAW.

  9. Drs.H.M. Yusuf Mugenie, MM

    Assalamu’alaiku, wr. wb. Artikel seperti ini bagus banget. banyak membantu kami dalam tugas sbg khatib,/da’i. Teruskan! Semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridlai amal kita serta memeliharakan kita dari segala sesuatu yang tidak baik. Syukran katsiran ya akhi.

  10. subhanallah, semoga dengan peristiwa isra’ dan mi’raj menambah ketebalan iman kita kepada Allah. Aamiin

  11. Alhamdulillah aku bsa hdup d agama islam,dngan adanya isro mi’raj aku brtambah yakin bahwa Alloh adalh maha kuasa,

  12. muhammad pada waktu naik kesurga, rohnya saja atau jasad dan rohny juga

    • Rasulullah SAW melakukan Isra dan Mi’raj atas izin Allah SWT yang maha kuasa memberikan kuasanya kepada Rasulullah tidak hanya roh nya saja yang ke Sidaratul Muntaha tapi juga beserta jsadnya

  13. alhamdulillahhirrobil allamiin

  14. verry good

  15. MALAIKAT IZRO'IL

    antm smua kalo panggil NABI kalian, tolong jangan sebut namanya doank donk. masa muhammad doank. yang bener aja loch!! masa kaya panggil namanya orang becak. YANG SOPAN DONK PANGGILNYA.
    ga diakui umat beliau baru rasa loch!!

    terus masalah rosululloh SAW isro & mi’roj. antm ini jangan liat nabi muhammad nya. tapi liat, beliau tuh utusan alloh SWT.
    kalo liat nabi muhammad manusia seperti kita, ya ga mungkin DUL sampe sono.
    tapi beliau tuh utusan alloh. jadi bukan seperti manusia biasa seperti kita DUL. jadi semuanya DI NABI MUHAMMAD SAW. ITU PASTI MUNGKIN TERJADI NYA.
    makanya ngaji KITAB TAUHID dul!!. jangan cuma ngaji kitab fiqih,kitab tasawuf,dan kitab yang lain doank. jadi ga bingung.
    antm ini mentingin pelajaran sekolah si … dari pada pelajaran agama. jadi kaya gitu dech!! pikiranya pendek.
    saya juga sendiri sebenarnya nyesel sekolah sampe SMK (saya ini SMK jurusan OTOMOTIF). kenapa saya dulu ga mondok aja. toh apa si pentingnya nilai sekolah??
    saya ini nyesel banget saya lulusan tahun 2005, nilai ujian saya diatas 8,1. tapi apa yang saya banggakan terhadap nilai saya itu?? apa nilai saya itu ada manfaaatnya buat saya ketika saya mati nanti?? dan apakah juga nilai saya itu membuat saya mati membawa iman, islam??

    coba antm renungi sebelum melangkah kedepan. yang ada di diri saya ini untuk pelajaran buat antm semua yang sekarang lagi pada SMU/SMK/KULIAH,DSB. buat apa antm kejar-kejar tuh pelajaran?? sedangkan antm sendiri belum tau siapa ALLOH dan siapa ROSULULLOH. sedangkan pelajaran ini yang wajib antm semua harus dikejar, wajib mencarinya dan wajib tau itu semuanya.
    paham kan maksud saya??

    mudah-mudahan ada manfatnya. AMIIN …

  16. maaf om rahmad,apakah saya boleh bertanya sesuatu?

    kalau boleh saya mau menayakan soal isro mi’raj
    om rahmad,pertanyaanya adalah…………
    apa arti isro…….
    apa arti mi’raj……….
    rasullah SAW menerima perintah sholat lima waktu ketika……….

    kenapa saya menanyakan soal arti isro dan mi’raj dan juga rasullah SAW menerima perintah sholat lima waktu ketika.karena di sekolah saya,saya diajarkan isro mi’raj,tetapi tetang isro mi’rajnya tidak lengkap dibuku saya kalau semester ke duanya kan repot om?
    saya harus bagaimana om ?

  17. Habib Muhammad Bin Alwy Baalawy

    Assalamualaikum. Wr. Wb..

    Semua sangat berfaedah….
    Ana senang dg kalian….

    Syukran….. Barokallahu fii ilminaa…

  18. Semua kisah tentang isro mi’roj… merupakan peristiwa sangat bersejarah dalam umat islam oleh karena itu jangan dilupakan.

  19. lapor ndan, bolehkah tulisan di atas saya sadur ulang untuk dicetak dan disebarkan pada acara pengajian demi berkembangnya siar islam…….

  20. Shollu ‘alannabi muhammad…………………..

  21. Ping-balik: HIKMAH “ISRO MI’RAJNYA NABI MUHAMMAD SAW” (via JALIN SILAHTURAHIM……) | Masadbaderi's Blog

  22. i like it……I love Muhammad SAW

  23. DALAM PERJALANAN ISRO MIROJ NABI MUHAMMAD SAW. KEJADIAN APA SAJA YANG DIALAMI BAGINDA ROSULULLAH SAW?

  24. isrok mikroj salah satu penghibur untuk nabi muhammad saw karena istri dan paman rasullullah telah berpulang kerahmatullah,dan peristiwa ini juga menguji keiamanan umat islam apakah percaya apa tidak kepada rasul seperti abu bakar sehingga abu bakar di gelar assidiq

  25. isro mi’raj adalah masalah keimanan yang tidak bisa di utak-atik oleh oleh otak. kiata yakini dan laksanakan hasil dari isro mi’raj yaitu shoat. syukron ustadz…

  26. ahhhh cerita nya ga lanjuut , padahal saya pengen tau cerita saat nabi muhamad di baewa ke surga dan neraka….

  27. lgsng aja,sy mw tny tntg isra’ mikraj ne..
    siapa sich para nabi yg mnduduki ke 7 lapisan langit ketika rasulullah isra’ mikraj???

  28. kalo boleh saya komen yang menduduki langit ke7 itu nabi Ibrahim AS

  29. subhanallah bagus banget materinya

  30. Perkembangan IPTEK sudah demikian maju, nabi juga manusia, hukum alam juga berlaku pada dirinya, kecuali yang isro mikraj rohnya. Menurut kita merogo sukmo gitu lhoooo.
    Wassalam

  31. Isra mi’raj..Menurut pandangan saya…Fakta nyata.Dan tidak bisa di bantah.Karena tidak ada penghalang bagi y,yg telah iya kehendaki.Karna Allah lah yg berkehendak yg telah menciptakan Alam semesta.Bahkan manusia pun tidak bisa membayangkan betapa luas y Alam semesta.Betapa jauh y langit ke 7.Begitu juga Allah berkehendak terhadap Kanjeng Nabi Muhamad Saw.Untuk bertemu di langit ke 7.Dan kembalilagi ke bumi hanya dengan waktu semalam.

  32. Fakta…Dan nyata. Tidak sulit dan tidak ada penghalang bagi y,jika sudah berkehendak.Semudah mengucap jadilah maka jadi..Karna ALLah sang maha pencipta Alam semesta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s