MASIH ADAKAH PARTAI YANG JUJUR DAN AMANAH?

Bukan bermaksud untuk menjelekkan Suatu Partai , tapi sekedar Wacana dan bahan renungan kita semua untuk berpikir jernih dan Obyektif  tentang suatu  partai yang suka teriak teriak ” Ini Bid’ah….Itu Bid’ah…Maulid Bid’ah….Ziarah haram….. .biar tidak asal ngomong  sembarangan di masjid dan di forum  ( walana a’maluna walakum a’malukum )

Catatan ini berasal dari Seorang Kader PKS ( PARTAI KEADILAN SEJAHTRA)  bernama arbania fitriani dari Universitas Indonesia Depok yang di tulisnya di Facebook , inilah Tulisannya

Benarkah PKS Pro Rakyat Indonesia?

A TESTIMONY FROM EX PKS CADRE

Pertama-tama, saya menuliskan pengalaman saya ini tidak untuk
menjatuhkan atau menjelek-jelekkan salah satu partai besar di
Indonesia. Saya hanya ingin berbagi pengalaman untuk menjadi bahan
renungan para pembaca agar dapat lebih mengenal PKS dari dalam.

Tulisan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengenal PKS secara
objektif, agar rakyat Indonesia mengetahui apakah PKS benar-benar
mengusung kepentingan rakyat Indonesia atau justru sedang mengkhianati
masyarakat dan para kadernya sendiri dengan sentimen keagamaan serta
jargon sebagai partai bersih. Sayangnya, banyak masyarakat dan
orang-orang di dalam tubuh PKS ini pun tidak menyadarinya.

Bagian tersebut akan saya jelaskan secara singkat di akhir cerita
saya, dan sekarang saya ingin berbagi dulu kepada para pembaca
mengenai sistem pengkaderan PKS yang sangat canggih dan sistematis
sehingga dalam waktu singkat membuatnya menjadi partai besar.

Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari ‘am sirriyah sampai
ke ‘am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam
berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS
masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS.

Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,
yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro’ah (MS), lingkaran ke
dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong
dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam.
Jenjangnya adalah mulai dari lembaga dakwah tingkat jurusan, fakultas,
sampai ke universitas. Jika di universitas tersebut terdapat asrama
dan punya kegiatan kemahasiswaan, maka di sana pun pasti ada struktur
seperti yang telah saya terangkan.

Universitas biasanya akan berhubungan dengan PKS terkait perkembangan
politik kampus maupun perkembangan politik nasional. Dari sanalah
basis PKS dalam melakukan pergerakan-pergerak an politik dalam negeri
atas nama mahasiswa baik itu yang berwujud demonstrasi ataupun
pergerakan lainnya. Sistem pergerakan, pengkaderan, dan struktur
lingkaran yang terjadi di dunia kampus sama persis dengan yang terjadi
di tingkat nasional.

Kembali ke dalam struktur lingkaran PKS di kampus, orang-orang yang
duduk di MS jumlahnya biasanya tidak banyak dan orang-orangnya adalah
orang-orang yang terpilih. Kebanyakan yang menjadi anggota MS adalah
mahasiswa yang memang sudah di kader sejak SMU. Tapi tidak banyak juga
yang berhasil masuk ke dalam MS dari orang-orang yang telah dikader
pada saat kuliah. Saya termasuk orang yang masuk ke dalam lingkaran MS
yang baru di kader pada saat kuliah dan menduduki posisi sebagai
mas’ulah di asrama UI sehingga saya punya akses langsung untuk
berdiskusi dengan mas’ulah tingkat universitas. Dari sini juga saya
akhirnya banyak tahu sistem dalam PKS meskipun saya pada tingkat
fakultas hanya masuk sampai tingkat MB.

Dalam MS dan MB memiliki mas’ul (pemimpin untuk anggota ikhwan) dan
mas’ulah (pemimpin untuk anggota akhwat). Masing-masing mas’ul (ah)
ini membawahi MS secara keseluruhan dan ada juga mas’ul(ah) yang
membawahi sayap-sayap dakwah yakni sayap tarbiyah (mengurusi
pengkaderan khusus untuk ikhwah seperti pemetaan liqoat, materi
liqoat, dll), sayap syiar (mengurusi syiar islam khususnya dalam
lembaga kerohanian formal dan menjaring kader baru), dan sayap sosial
& politik (mengurusi dakwah dalam bidang lembaga formal kampus yakni
BEM dan MPM).

Di lingkaran ke dua adalah majelis besar, anggotanya adalah ikhwah
yang sudah di kader juga dan tinggal menerima keputusan dari MS untuk
dilaksanakan. Jadi, MS ini adalah tink-tank dari seluruh kegiatan yang
terjadi di kampus. Apabila kader PKS duduk sebagai ketua BEM/Senat
atau MPM/BPM, maka semua kegiatannya harus mendapat ijin dari MS dan
memang biasanya berbagai agenda di BEM/Senat dan MPM/BPM ini dibuat
oleh MS.

Bagaimana sistem pengkaderan PKS itu sendiri? Bagaimana PKS mengubah
seorang menjadi kader yang militant? Jalan pertama adalah menguasai
Senat, BEM, BPM, dan MPM. Apabila lembaga formal ini sudah dikuasai
maka akan mudah untuk membuat kebijakan terutama pada masa penerimaan
mahasiswa baru.

Saat orientasi Mahasiswa baru biasanya mereka akan dibentuk kelompok
kecil (halaqah) dan ikhwah PKS akan berperan sebagai mentor. Kegiatan
ini akan berlanjut rutin selama masa perkuliahan di mana halaqah ini
akan berkumpul 1 minggu sekali. Dari sinilah biasanya akan terjaring
orang-orang yang kemudian akan menjadi ikhwah militan, bahkan orang
yang sebelumnya tidak pakai jilbab dan sangat gaul bisa menjadi
seorang akhwat yang sangat pemalu namun juga sangat militan.

Agenda utama kami adalah membentuk Manhaj Islamiyah di Indonesia
menuju Daulah Islamiyah (mirip dengan sistem Khilafah Islamiyah dari
HTI). Doktrin utama dalam sistem jamaah PKS yang juga menamakan
dirinya sebagai jamaah Ikhwanul Muslimin ini adalah “nahnu du’at qobla
kulli sya’I” dan “sami’na wa ata’na”. Dua doktrin inilah yang membuat
kami semua menjadi orang yang sangat loyal dan militan. Setiap
instruksi yang diberikan dari mas’ul(ah) ataupun murabbi(ah) kami akan
kami pasti patuhi meskipun kami tidak benar-benar paham tujuannya.
Seperti menyumbang, mengikuti demonstrasi, meskipun harus bolos
kuliah, dll.

Selama saya aktif di pergerakan ini, saya melihat banyak sekali
teman-teman saya yang berhenti menjadi Aktivis Dakwah Kampus (ADK).
Dulu saya merasa kasihan dengan mereka, karena yang saya tahu –
diberitahu oleh murabbi kami dan juga seringkali dibahas dalam taujih
atau tausiyah (semacam kultum) – bahwa dalam jalan dakwah ini selalu
akan ada orang-orang yang terjatuh di jalan dakwah, mereka adalah
orang-orang futur (berbalik ke belakang).

Orang-orang ini biasanya kami label sebagai anggota “basah” (barisan
sakit hati). Saya mempercayai semuanya sampai akhirnya saya pun merasa
tidak cocok lagi untuk berada di sana dan memutuskan untuk keluar dari
ADK padahal saya dulu sudah diproyeksikan sebagai ADK abadi (orang
yang akan menjadi aktivis dakwah kampus selamanya dengan cara menjadi
dosen atau karyawan tetap di kampus).

Ada beberapa alasan yang membuat saya mengambil keputusan untuk
keluar, antara lain:

1. Adanya ekslusivisme antara kami para ADK dengan orang-orang diluar
ADK. Kami para ADK adalah orang-orang khos (orang khusus) dan mereka
adalah adalah orang ‘amah (orang umum). Orang khos adalah orang yang
sudah mengikuti tarbiyah dan mengikuti liqo’at (semacam halaqah tapi
lebih khusus lagi) dan orang ‘amah adalah orang yang belum mengenal
tarbiyah.

Para ikhwah, terutama para ADK, tidak akan mau menikah dengan ‘amah
karena mereka dapat membuat orang khos seperti kami menjadi future,
bahkan bisa membuat kami terlempar dari jalan dakwah. Istilah khos dan
a’amah ini membuat saya merasa tidak natural dan tidaknmanusiawi dalam
menghadapi teman saya yang ‘amah.

Saya diajarkan bahwa mereka adalah mad’u (objek dakwah) saya. Jika
saya bisa menarik mereka ke dalam sistem kami apalagi bisa menjadi
ADK, maka kami akan mendapat pahala yang sangat besar. Saya merasa
menjadi berdagang dengan teman saya yang dulunya sebelum menjadi ADK
adalah sahabat saya. Saya merasa tidak memanusiakan teman saya dan
lebih memandang mereka sebagai objek dakwah.

2. Dalam liqo’at ataupun dauroh saya juga ada beberapa hal yang
membuat saya tidak sreg, seperti bahwa saya harus lebih mengutamakan
liqo’at daripada kepentingan orang tua dan keluarga saya. Bahkan saya
pernah diberitahu bahwa bila sudah ada panggilan liqo’at, mski orang
tua saya sakit dan harus menjaganya, maka saya harus tetap datang liqo
(entah mengapa selama beberapa tahun saya bisa menerima konsep yang
kurang manusiawi ini).

Hal lain adalah saya tidak boleh mengikuti kajian di luar liqo saya,
padahal setahu saya bahwa kebenaran itu tidak hanya milik liqo saya,
masih banyak sekali kebenaran di luar sana. Bahkan buku bacaan pun
diatur dimana ada banyak buku yang saya sangat berguna untuk menambah
wawasan keislaman saya seperti buku yang mengajarkan tentang hakikat
islam namun oleh murabbi saya dilarang. Untuk hal ini saya membangkang
karena seandainya islam itu memang benar rahmatan lil alamin maka
ilmunya pun pasti sangat luas dan tidak hanya monopoli orang-orang di
PKS semata.

Dan hal yang paling mengusik saya adalah selama saya mengaji di liqo
ataupun mengikuti taujih dan taushiyah dalam syuro ataupun
dauroh-dauroh (training) saya merasa lebih banyak diajarkan tentang
kebencian terhadap agama atau aliran lain seperti bagaimana kejamnya
kaum nashoro (nasrani) yang membantai saudara kami di Poso, yahudi
yang membantai saudara kami di Palestina, JIL yang memusuhi kami, NII
yang sesat, teman-teman Salafi yang mengganggu kami dengan Maulidnya, Ziarahnya , dst.
Sampai-sampai, akibat begitu terinternalisasinya hal tersebut, ketika
saya mengikuti tarbiyah universitas dan sedang makan siang, saya dan
teman-teman menganggap yang sedang kami makan dan telan itu adalah
orang-orang yahudi dan nashoro.

Doa-doa kami pun selalu secara khusus ketika qunut adalah untuk
mujahid-mujahid di Palestina dan Afganistan (kadang saya berpikir
kapan kita berdoa untuk pahlawan perjuangan di Indonesia yang telah
menghadiahkan kemerdekaan terhadap kita). Sejujurnya saya lebih
tersentuh dan bisa menangis tersedu-sedu ketika dibacakan ayat-ayat
seperti dalam surat Ar-Rahman yang menceritakan Cinta-Ilahi ketimbang
surah seperti Al-Qiyamah yang menceritakan azabNya.

Kebencian sangat bertentangan dengan hati nurani saya karena saya
sangat percaya dengan ayat yang mengatakan bahwa rahmat Allah SWT
lebih cepat dari murkaNya, yang artinya cinta Allah SWT seharusnya
dapat menghapus kemarahanNya terhadap umat manusia. Inilah sebabnya
mengapa di sini hati saya merasa sangat kering saat mengikuti tausiyah
dan taujih yang senantiasa bercerita tentang peperangan dan kebencian.

3. Semua ganjalan-ganjalan yang saya rasakan akhirnya meledak ketika
saya kemudian tahu dari sumber yang terpercaya dalam pemerintahan,
juga dari petinggi PKS sendiri, tentang agenda yang tidak pernah saya
ketahui sebelumnya dan pastinya juga tidak diketahui oleh orang-orang
se-level saya atau bahkan pun pengurus inti PKS.

Agenda utama PKS adalah menghancurkan budaya Indonesia melalui invasi
budaya Arab Saudi. Banyak sekali indikasi yang saya rasakan langsung
pada saat menjadi ADK seperti upaya kami untuk menghalang-halangi
acara seni, budaya, musik, dll. Hingga berbagai upaya kami agar bisa
memboikot mata kuliah ilmu budaya dasar (IBD). Saya ingat dulu, karena
saya begitu termakan doktrin bahwa mata kuliah IBD tidak berguna dan
bisa melemahkan iman saya seringkali membolos kalau ada latihan menari
sampai saya sempat dibenci teman-teman saya.

Kembali kepada agenda PKS ini sebagai perpanjangan tangan dari
Kerajaan Saudi tujuan utamanya adalah agar kekuasaan Arab bisa
mencapai indonesia mengingat satu-satunya sumber devisa Arab adalah
minyak yang diperkirakan akan habis pada tahun 2050 dan melalui jamaah
haji.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya sumber daya alam dan
merupakan umat muslim terbesar di dunia. Bahkan jika seluruh umat
muslim di timur tengah disatukan, umat muslim Indonesia masih jauh
lebih banyak. Untuk itu, agar dapat bertahan secara ekonomi, maka Arab
Saudi harus bisa merebut Indonesia dan cara yang paling jitu adalah
melalui invasi kebudayaan.

Islam dibuat menjadi satu dengan kebudayaan Arab, sehingga budaya Arab
akan dianggap Islam oleh masyarakat Indonesia yang relatif masih
kurang terdidik dan secara emosional masih sangat fanatik terhadap agama.

Ketika kebudayaan lokal sudah bisa dihilangkan dan kebudayaan Arab
yang disamarkan sebagai Islam dapat berkuasa, maka orang-orang akan
menjadi begitu fanatik buta bahkan fundamentalis dan tidak bisa lagi
mengapresiasi agama lain dan budaya lokal. Lalu, bila kebudayaan
Nusantara sudah sampai dianggap musyrik atau bid’ah, maka saat itulah
NKRI akan bubar. Orang-orang yang pulaunya dihuni oleh mayoritas non
muslim atau yang masih memegang budaya lokal di indonesia akan meminta
merdeka. Pulau-pulau di Indonesia akan terpecah belah dan pada saat
itulah orang-orang ini akan bagi-bagi “kue”.

Peta rencanaya adalah bagian pulau di Indonesia yang mayoritas Islam
akan dikuasai oleh Arab. Sedangkan daerah yang penduduknya mayoritas
kristen akan dikuasai oleh Amerika. Lalu, daerah-daerha yang mayoritas
penduduknya beragama Hindu, Buddha, Animisme, dll., akan dikuasai oleh
Cina.

Tidak banyak orang PKS yang tahu soal ini, hanya segelintir saja yang
memahaminya. Mereka menduduki posisi-posisi strategis dalam
pemerintahan agar dapat lebih memudahkan agendanya. Sentimen keagamaan
terus dipakai untuk meraih simpati masyarakat. Sehingga berbagai
produk kebijakan seperti Perda Syariat, UU APP, dll. yang rata-rata
hanya sekedar mengurus masalah cara berpakaian semata akan dengan
bangganya diterima oleh masyarakat muslim yang naif sebagai
keberhasilan Islam. Masyarakat kita lupa bahwa sampai saat ini PKS
belum menghasilkan produk yang dapat memajukan ekonomi, menyelesaikan
permasalahan kesehatan, pendidikan, pencegahan bencana alam, korupsi,
trafficking, tayangan TV yang semakin memperbodoh masyarakat, dan
permasalahan lain yang lebih riil dan sangat dibutuhkan oleh
masyarakat kita ketimbang sekedar mengatur cara orang dewasa
berpakaian dan berperilaku.

foto

(penghargaan dari Arab yang salah alamat….atas jasa apa?????)

Jangan terburu-buru apriori dan menganggap tulisan mengenai pengalaman
saya ini adalah black campaign. Renungkan dengan hati nurani yang
dalam. Tidak ada kepentingan saya selain hanya menyampaikan kebenaran.

Saya tahu resiko apa yang ada di hadapan saya dan siapa yang saya
hadapi. Tapi saya lebih takut menjadi bagian dari orang yang zalim,
karena tahu kebenaran, namun tidak bersuara. Rasa cinta saya bagi
negeri yang sudah memberi saya kehidupan ini menutupi rasa takut saya.
Saya yakin siapa yang berjalan dalam kebenaran maka kebenaran akan
melindunginya.

Buat rekan saya, murabbi saya, sahabat-sahabat saya dulu sesama
ikhwah, saya mencintai kalian semua dan akan terus mencintai kalian.
Saya berharap, persaudaraan kita tetap terjalin karena bukanlah partai
atau agama yang mempersaudarakan kita, tapi karena kita satu umat
manusia, anak cucu Adam. Kalau bahasa teman saya, kita menjadi saudara
karena kita menghirup udara yang sama, makanya kita disebut
“sa-udara”.Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi bahan renungan
para jamaah “fesbukiyah” dalam menentukan pilihan pemimpin yang akan
membawa kapal Indonesia menuju masyarakat yang bahagia, makmur dan
sentosa, yang memiliki jati diri dan menghargai kebudayaan nusantara.
Wallahu A’lam Bis-Shawab Wallahul Musta’an.

44 responses to “MASIH ADAKAH PARTAI YANG JUJUR DAN AMANAH?

  1. Klo kt temen ane,
    PKS= Pada Kaga’ Sholawat.

  2. Ane kira PKS itu sama ama JIL, taunye ada perbedaan juga ya,…
    Ya tapi mau dibilang apa juga,… Ane udah mengharamkan PKS untuk diri ane pribadi,…
    Dapet dari cerita2 tmn2, mantan pacar yg pernah diajak2 n hampir direkrut jadi militan mereka,…
    Dan banyak keganjilan2 yang ane lihat dalam sistem mereka,…
    Serta kemunafikan mereka dilihat dari system dan ideologi mereka,…
    Ane menyatakan diri sebagai “ANTI PKS”

  3. muhaimin tamim

    cerita anda tidak sesuai dengan fakta, saya sendiri adalah kader PKS tetapi tidak pernah diperintahkan oleh murabbi saya seperti yang anda ceritakan.

  4. ust, tidak layak antum memfitnah saudara antum sendiri lebih baik antum mentabayunkan,,

  5. Allahua’lam bish showab
    semoga qta tak hanya sekedar jadi komentator saja
    dimanapun wadah nya yg penting bergerak menegakkan yg haq

    @ N_Hidayat :
    perkataan antum “Ane udah mengharamkan PKS untuk diri ane pribadi,…”
    jikalau antum muslim, sepertinya sgt ironis+miris mengatakan hal seperti itu
    tapi kalo antum non-muslim, wajar

  6. dari dulu saya sudah mengharamkan diri saya dankeluarga saya untuk mencoblos PKS.

  7. sebetulnya ane amat salut ama cara organisasi pks tapi untuk hal yang mendasar tentang amalan tolong jangan terlalu asal omong diforum kalo itu untuk kalangan antum sih bole-bole aja asal jangan diumbar kayak ngasih makan ayam kampung dibicarakan dulu dengan pemimpinnya.
    Jadi kagak nyakitin ati sodare2 kite yang lain sesama muslim kecuali amalan die emang uide kelewat melenceng

  8. ane pikir dengan tulisan nt Ya Ukhti Tidak mengurangi kader PKS, Namun ane tidak berharap PKS dapat menambah kadernya lagi, Mudah -mudahan semakin diperlihatkan oleh ALLAH,Apa yang terdapat di dalam tubuh /jantung nya PKS. karna menurut saya PKS itu =
    P.ada kaga tau
    K. ekuatan
    S. Shalawat.

    Karna mereka hanya memperdalam idiologi (logika) .

    Tidak melatih Hatinya Untuk CINTA ama Rosulullah. & Keluarga-Serta Sahabat-NYA.

  9. assalamualaikum wr wb

    ane org yg seneng bgt ma info n berita dri jalin silahturahim tpi kli ney ane kecewa krna info n beritanya bisa memecah belah umat khususna umat islam mnurut ane seh info yg di atas gak relevan klo mslh desas desus pks sering menbid’ahkan maulied nabi saw sholawat ziarah kubur dll hrusna gak kya gini kale di beberin di dunia maya harusnya di cari kebenarannya dlu kalaupun benar islam mengajarkan etika dan sopan santun dlm menyampaikan keritikan.

    ane jga keberatan kalo maulied nabi saw sholawat n ziarah kubur di bid’ahkan karna ane muslim salaf pdhalkan bid’ah ada2 dhalalah n hasanah yg gak bolehkan bid’ah dhalalah klo yg hasanah ya gak apa2 hrusnya org2 yg merasa risih krna ritual agamanya di bid’ahkan harus mau masuk ktubuh pks dan menjelaskan mslh yg mnurut ane soal kcil kya gini krna pks(wahabi) salaf suni syiah dll klo msh tuhannya allah n nabinya muhammad rasulullah saw berarti saudara jdi kage usah pade ribut emang gak bosen ape ribut trus sesama saudara mau kya di irak ya cma gara beda sekte suni n syiah sling bantai pdhal tuhannya sama2 allah n nabinya muhammad saw. ksihan tuh ma saudara kita di palestine gada yg nolong n bntuin diperangin zionis mulai skrang hidup rukun donk suni syia n wahabi sama2 islam bravo umat nabi muhammad saw.

  10. semua yg ditulis di atas sbnrnya kita smw trmsk PKS hrs muhasabah, apa iya bgt? klo iya dirubah; krn mmng yg sy lihat knyataan di lap bgt, teman sy prnh dengar dr ortu tetangganya yg ktk ia sakit tdk diurus/tengok, tp klo disuruh utk liqo’ biar ujan petir di pasti dateng; anti maulid, tahlil, ziarah ke wali2 dsb mmng PKS mmng anti ko; mrk munafik! liat aja di iklan TV; yg ditampilin anak2 gaul/punk, cwk2 ABG pd milih PKS, pdhl knytaannya mrk anti yg bgt; knp gk yg ditampilin diiklan TV prmpuan2 mrk yg brkerudung pnjng & tdk berhias, kyknya lbh jujur.

  11. Saya rasa tulisan di situs ini…bukan untuk memecah belah apalagi memfitnah, tapi kenyataan nya memang demikian , saya sendiri pernah dengar bagaimana kader pks di mimbar jumat membid’ahkan maulid, ziarah…dll , sudahlah kagak usah ngurusin amalan orang lain, kalau mau ngomong begitu jangan di masjid…yang mayoritas warga NU benar kata ustadz sachrony Walana a’maluna walakum a’malukum ( amal kami buat kami, dan amal kamu buat kamu ) ini alquran yg bicara….

  12. Kalau wahabi diserang mereka berdalih “kita jangan mau diadu domba sesama muslim ini akan merusak ukhuwah islamiyah” tapi pada kenyataannya mereka yang memecah belah umat islam dengan merasa paling islam merasa paling ahlussunnah paling mengikuti sunnah roasul dll. dan menganggap cara peribadatan mayoritas umat islam (NU) adalah sesat dan bidah

  13. saya stuju dgengan pendapat mas akhmad.tpi klo kita lihat di lapangan sih emang ada sebagian orang yang persis seperti yang di tulis di atas.tapi q cuman mau psan buat jamii ikhwany,agar hati2 aja.kalo emang kpingin selamat dunia akhirat.selalu dekat lah dg para ulama.karna al ulamau warosatul anbia.apa lagi di zaman sekarang ini.merekno karo keyai sing asli.ben iso ngaji.wong ngaji aji.

  14. Ini Fakta dilapangan, Nurjanah caleg PKS jakarta selatan jelas tepatnya di H. Muhi Pondok Pinang.

    Masjid di jadikan tempat untuk berkapanye, bagi2 uang sama ibu2…yg dibilangnya santunan tapi didalam amplop ada kartu nama PKS.

    Ayo Mau bilang apa……ini fakta mas.

    Kasihan bener antum seakan2 berjihad demi politik yg penuh dengan bergaining.Agama dijadikan isu untuk kepentingan partai.

    Saya ga yakin ini murni agama kalau caranya sperti ini.

    Malah kemungkian mrklah yg merusak citra agama.

    Ilegal loging, panti pijat, dll. sudah kliatan busuknya.

  15. ini yang seram …. kekuatan baru dengan berlabel Islam mereka mengusumh panji2x dari Agama mayoritas di Indonesia.
    dengan maksud mempercepat pertumbuhan mereka

    PKS sudah beberapa kali mengalami perubahan
    diberbagai segi strategi / konsep Internal, jauh sebelum perkumpulan tersebut dinamai PK (partai keadilan).

    mereka ini memang pergerakan bawah tanah dan antara gang ke gang
    yang mungkin banyak kita temui cikal bakalnya di deket2x kampus UI dan IPB
    juga yang lainnya…

    SMU gue dulu banyak korbannya… dari ajaran Hijrah versi Monoton terus diperbaharui
    sampai saat ini (PKS) yang sudah mulai banyak di terima rakyat Indonesia…

    hati2x …. sama PKS
    tapi bukan berarti Sama ISLAM originalnya NABI MUHAMMAD SAW…
    yang adil dan damai….

    sedangkan PKS … no way !!!

  16. hmm.. opini publik memang gampang dibentuk dengan apa yang kelihatan di permukaan saja, ada yg lucu soal iklan swasembada beras partai ini di TV, padahal kadernya belum lama jd menteri pertanian udah ngaku2 jd otak swasembada pangan,hihi

    apapun.. banyak referensi lebih baik buat pemilih, mari sukseskan pemilu 2009, untuk Indonesia tercinta.

  17. semua partai tuh punya salah, punya bener…

    nah klo ntar pemilunya bingung mo milih sapa..contreng aja semuanya…klo perlu gambar2in sekalian poto2 calegnya…yg cewe digambarin kumis kek, yg cowo dibikin pake jilbab kek..ato paan gitu…jadiin ajang kreatfitas juga bisa klo mau…

  18. Assalamualaikum

    Yang jelas cuma 1, saya sendiri ga suka dengan keegoisan masing2 dari aliran2 Islam. entah itu HTI, PKS, de el el. Kalian sendiri yang merusak citra Islam di mata orang lain. Kalian hanya yakin bahwa Islam yang kalian bawa itu yang benar. Bagaimana negara ini bisa bangkit jika kalian sendiri masih egois seperti itu…?????

    Kalian perduli terhadap saudara-saudara kalian yang ada di Pakistan de el el, tapi kenapa saudara kalian yang hanya makan dengan nasi aking atau hanya makan 1x sehari tidak kalian urusin…?????
    ibarat semut di kejauhan tampak, tapi gajah kesakitan di pelupuk mata tidak tampak.

    Saya baru tahu ternyata di kampus sistemnya seperti itu. Meskipun saya sudah merasa dari dulu. Kalau ada sesuatu yang ganjil.

    Dan saya ingin menggaris bawahi tulisan ini :

    “saya merasa lebih banyak diajarkan tentang
    kebencian terhadap agama atau aliran lain seperti bagaimana kejamnya
    kaum nashoro (nasrani) yang membantai saudara kami di Poso, yahudi
    yang membantai saudara kami di Palestina, JIL yang memusuhi kami”

    Jika memang benar, berarti kalian sama juga dengan NII. Sama jeleknya.

    Dan yang benar2 membuat saya gusar adalah salah satu perkataan dari teman ROHIS saya sendiri. Dia seorang akhwat. Dia mengakatan “NAJIS” setelah lengannya ga sengaja tersenggol oleh teman saya lain yang non Islam. Apakah kalian tidak pernah merasakan kalau hati kalian sakit….?????
    Apakah dia(orang agama selain islam) itu lebih jelek daripada fir’aun…..?????
    Apakah “SEMUA” umat non islam akan terus menghancurkan Islam…???
    Pikirkan itu baik2…….

    Maaf saya menulis ini agak emosi setalah tahu ternyata sistem yang dipake waktu dikampus adalah seperti itu. Dan juga bagi yang merasa mohon pikirannya lebih dibuka kembali.

    @muhaimin tamim
    jika memang benar, mohon dikasih penjelasan yang lebih. Jangan hanya sekedar komen begitu.

    Trims
    maaf kalau ada kata2 yang menyinggung….

    Wassalamualaikum

  19. @sama2 muslim
    kalau dari yang saya baca, dia itukan bekas dari kader. kemungkinan yang dia tulisakan itu sesuai dengan yang dia alami,.

  20. klo dalam pandangan ane PKS itu seperti ini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1522904

    ini yang ane ga mengerti
    tulisan lebih fair

  21. manusia di ciptakan dg akal, untuk bisa memahami apa yang terjadi dan bgm cara menelaahnya, komentar spt ini tidak baik, tabayun biar jelas jg asal jeplak malu sm non muslim. adakah yg diajarkan PKS itu melenceng dari Qur`an dan sunah, PKS itu hanya wadah, jembatan Insya Allah kalau sdh berdiri khilafiah akan lbh baik. jg melihat sesuatu dari kekurangannya tp cobalah paham akan tujuannya spt tujuan hidup kita mencari ridho Allah. Wajar ukhti / akhi berwacana demikian tp ingat jg sampai fitnah.

  22. sang pengembara

    assalamu alaikum.
    terima kasih atas masukannya…..
    PKS adalah wadah, bahkan terbentuknya PKS pun merupakan sebuah gebrakan di dunia islam di Indonesia pasca runtuhnya partai Masyumi di INA.
    sehingga, mau tidak mau PKS akan diisi oleh orang yang memiliki cendekiawan “ulama” dan “ulama” yang cendekiawan.
    sahabatku yang insya Allah disayangi oleh Allah…
    kekecewaan bukanlah sesuatu yang salah……akan tetapi jangan sampai mengumbar aib. seandainya aib itu benar, bisa saja Allah akan menilai anda sebagai orang yang tidak bisa menjaga mulut anda. tetapi jika info itu salah…..na’udzubillah.
    ukhti, fastaidzbillah…….
    bukankah Rasulullah Saw bersabda “tidaklah seorang mukmin itu suka mencela dan tidak pula suka melaknat dan tidak berkata kotor” (shahihul Muslim)
    biarkanlah Allah dan Rasulnya yang akan menilai…..
    karena hidup ini hanyalah mata’ul gurur (permainan belaka)……..
    akan ttp bukan berarti kita apatis dan pesimis.
    syekh khalid muhammad khalid pernah berkata…JANGANLAH KALIAN PESIMIS DAN BERHARAP BAHWA NASIB BAIK DAN BURUK AKAN MENDATANGI KALIAN, TETAPI BERDIRILAH DAN SONGSONGLAH NASIB ITU DENGAN IKHTIAR…
    mari berfastabiqul khairat untuk dakwah Islam di Indonesia

  23. Akhirnya ada mau orang yg berkata jujur….PKS Rayakan Valentine Day

    oleh ok/gad pada 09-02-2009
    DEPOK (Joglosemar): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Depok, Jawa Barat akan menggunakan momen hari kasih sayang atau Valentine Day pada 14 Februari mendatang untuk mencuri perhatian anak muda, khususnya di wilayah Depok, Jawa Barat.
    ”Karena itu pada momen Valentine, PKS akan memanfaatkan untuk membagikan hadiah yang identik dengan Valentine seperti cokelat yang diselipkan stiker Caleg, bunga yang ada lambang nomor 8. Setiap kader khusus mendatangi para remaja,” ujar Ketua DPD PKS Depok Mujtahid Rahman Yadi, Minggu (8/2).
    Menanggapi gagasan DPD PKS Depok tersebut, Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, DPD PKS Kota Solo, Muhammad Ikhlas Thamrin mengaku belum mengetahui secara persis rencana perayaan Valentine Day dari DPD Depok. Namun ia tidak menampik bahwa rencana perayaan tersebut, kerap didiskusikan kalangan partai sendiri.
    Menurutnya, PKS tidak ingin larut dalam perayaan hari kasih sayang itu sendiri melainkan memanfaatkan sebuah momentum saja. “Memanfaatkan momentum saja. Kami mau bahwa setiap manusia itu menjiwai seluruh hari adalah hari kasih sayang,” imbuhnya kepada Joglosemar.
    Pemanfaatan momentum, lanjut Ikhlas, juga sudah dilakukan PKS ketika merayakan hari pahlawan. “Baik valentine maupun hari pahlawan tidak ada dalam Islam. Sekali lagi, pemanfaatan momentum,” tegasnya
    Sedangkan Ketua DPW PKS Kota Yogyakarta, Arif Rahman Hakim saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui adanya rencana yang akan dilakukan PKS sendiri. Hanya saja secara umum, ujar Arif, kebijakan yang ada di partainya adalah melarang kegiatan-kegiatan yang tidak Islami. “Islam kan tidak mengenal tentang valentine,” kata Arif. (ok/gad)

    Sumber : http://harianjoglosemar.com/index.php?option=com_content&task=view&
    PKS orang2 munafik……gembar gembor perayaan maulid haram dan biad’ah…eh..kadernya ngerayaain Valentine….anehnya lagi fakta ini dibilang Fitnah….masya alloh….

  24. ga ada manusia yang bersih di dunia ini. apa lagi partai yang ngaku paling bersih. yang bersih cuma Malaikat Nya Allah dan Nabi Muhammad SAW.
    semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk pada anda yang mengaku orang (partai) paling bersih.
    Amin

  25. kalo sama2 muslim saling caci maki n ngaku paling bener gak bkalan slesai masalahnya. kalo ada muslim yg salah n keliru dlm menjalankan syariat n ajaran agama islam, harusnya yg mengerti ksih tau bkannya di cacimaki dan mengklaim dirinyalah yg benar, kpan selesainya. ane jga berpaham aswaja ane sneng maulid dri diba’i, burdah, simthud duror, dll., krena guru2 ngaji ana bnyakan klangan habaib tpi ane ga benci2 amat ama pks krna pks jga muslim n saudara. walaupun agak2 radikal n sering membidahkan amalan aswaja karena pks krang menerti aja x. hrusnya yg lbh ngerti ksih tau dalil2nya bkannya di cacimaki kalo sama2 ngaku paling bener sendiri berarti sama aja gada bedanya antara pks ama yg ngaku2 aswaja, itu psen guru ngaji ana.

  26. oh iya mo nambahin dkit sifat sombong, merasa pling bner sendiri. klo gak slh itu sifatnya iblis gara2 sifat itulah iblis di usir n di laknat allah swt jgn sampe kita semua yg ngaku muslim di perlakukan sama kya iblis oleh allah swt serem bgtkan.

  27. ya nggak tahu lah… PKS itu kayak apa!! cuman memang kalo diamati PKS amat hipocrit. perhatikan aja iklan mereka, mereka sok demokratis, pemilihnya dari berbagai suku dan golongan soial serta berbagai aqidah. padahal mereka kan anti sunni (baca NU) tapi kenapa beriklan pakai simbol tokoh NU “KH. Hasyim Asy’ari”…?? mereka sok berkoar partai terbuka tapi kenyataannya bisa dilihat aja……..tapi ya maklum kok mereka pinter nebeng soalnya. lagian mereka mau memfigurkan siapa kalo ndak tokoh pejuang misal Soekarno, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan…tapi kok ndak Soeharto ya. mereka belum punya tokoh sih……..afwan

  28. aku orang awam, tapi nggak tahu aku kok buwenci banget ama orang yang namanya Hidayat nur wakid ama amien rais……….nggak tahu ya kenapa. cuman aku inget kata mbahku nggak boleh benci2 amat ama seseorang, jadi ya kini aku hanya nek ngeliat mereka aja….maaf jangan ditiru ya..!!

  29. baru bisa ngaji qur’an aja mereka itu sudah berani berataushiyyah bahkan berijtihad, nah ini rusaknya PKS. mereka bebas menafsiri alquran dan alhadits tanpa keilmuan yang memadai….menerjemahkan tidak sama ilmunya dengan menafsiri…!! apa artinya pemurnian ajaran Islam, kalau alat memahimi dallil naqli mereka ndak punya?? jadi biarkan aja mereka melarang perayaan maulid nabi…….toh mereka juga merayakan ulang tahunnya sendiri kalau nggak anaknya, iya kan?? ah PKS…..

  30. buat yang komentar ( sama sama muslim )

    mas yang mulai mengusik ibadahnya kami sebagai kaum salafi yang cinta Maulid yang melarang perayaan maulid itu adalah kader kader antum sendiri , dan yg mencaci ibadah kami adalah kader kader antum sendiri…antum itu cuma ikut ikutan aja di PKS…saya sudah lama di PKS tapi setelah tahu bagaimana mereka membidahkan maulid saya jadi keluar dari PKS. bagaimana mau menciptakan kerukunan ukhwat islamiyyah kalau antum selalu mempermasalhkan masalah Hilafiyyah, apa mereka sudah se a’lim habib umar bin hafidz berani mengharamkan maulid…baru kuliah kemarin sudah merasa paling alim. mari kita jaga ukhwat islamiyyah…jangan mencampur adukkan partai politik dengan ibadah…hanya ada satu partai buat umat islam yaitu -partainya Alloh dan partainya Rosululloh saw yang di bawa oleh para ulama dan habaib….

  31. mas ahmad yg insya allah di muliakan oleh allah swt ana sama kya mas berpaham aswaja(salaf) ana jga ksel klo ada org yg gampang membid’ahkan sebuah ritual keagamaan dlm islam tpi ana gak mau umat islam berantem trus saling maki n ngaku paling bener sendiri.
    kenapa gak coba tahan emosi dan jgn saling tuduh dlu demi allah ana bkan kder pks ana cma mau masalah ini jgn berlarut2 yang ana mau kepada seluruh umat islam khususnya yg bermazhab syafi’i menjelaskan secara rinci kepada mereka tentang masalah bid’ah karena bid’ahkan ada 2 dhalalah dan hasanah serta dalil tentang tahlil bertabaruk ziarah kubur dll yg memang blum di mengerti oleh kalangan wahabi(salafi) serta menjelaskan kepada mereka sejarah ketokohan syaikh abdul wahab, ibnu jauziah, ibnu taimiyah, yang menyimpang dari ajarannya syaikh ahmad bin hambal.
    jadi mulai sekarang umat islam harus dewasa harus mengutamakan dialog jgn berantem trus. saya mau tanya sama org2 yg risih karena maulid, sholawat, ziarah kubur, dan tahlil di bid’ahkan memang seberapa sering seh kalian membaca kitab2 maulied dan sholawat dlm sehari, seberapa rutin jga kalian berziarah kubur dan bersilahturahmi kepada para alim ulama habaib dalam seminggu jgn2 anda yg mrah klo ritual maulid sholawat tahlil ziarah kubur dll di bid’ahkan hanya marah doang tpi malah jarang melaksanakan maulid sholawat ziarah kubur dan tahlil. jgn2 lebih banyak marahnya dari pada melaksanakannya hehehe maaf ya mas.

  32. sebelum nya saya mohon maaf kepada seluruh kader pks .. sekarang saya berada dijepang dan sebelum kesini saya adalah kader pks dari masih pk.. saya suka kalau pks mengusung simbol nya ukhuwah islamiah akan tetapi ini bener 2 harus dijalan kan dalam prak teknya … dan jangan sampai diganti dengan simbol menjalin ukhuwah islamiah sesama pks …. karna anda akan membatasi diri anda dari kebenaran yang sesungguh nya ….. dan saya harap cara sistim dakwah yang memang mempunyai tujuan untuk membentuk masyarakat yang berahlak kan islam itu jangan sampai terkotori dengan berakhlakan partai…. karna ini akan memecah balah umatdan memutus tali silaturahim dengan sodara kita yang tidak berpartaikan pks… seperti dakwah yang sekarang inib sedang kami rintis dijepang memang kami dari berbagai suku dan partai ,juga manhaj… dan kebetulan walaupun saya dulu adalah kader pks tapi saya tetap memakai metode nya imam syafii dalam bersyariah…yang ingin saya sampaikan atau ingin saya ingat kan kapada sodara2 saya yang sekarang aktif didalam pengkaderan pks …saya harap bisa memisah kan diri antara dakwah dengan kampanye.. karna pengajian yang awal nya bertujuan agar agar mengenel akhlak rasulullah dan dengan mengenal beliau bisa mengikutinya… bisa berubah menjadi acara kampanye partai ..dan yang saya sesalkan akhir2 ini pengajian menjadi tidak normal karna ustad nya yang kebetulan juga pks dalam pengajianyapun menjadi ikut ikutan kampanye dan isi dari pengajian nyapun menjadi tidak bernilai islam lagi kecuali bernilai ala pks…dan padahal jamaah disitu sangat beragam karna sebagian dari jamaah nya adayang dari ponpes yang sudah pasti dia ini adalah NU dan padahal selain dari yang berpartaikan pks misal nya temen saya yang berpartaikan NU ga pernah dia membawa2 ke NUan nya demi menjaga ukhuwah… untuk itu saya hanya berharap kepada seluruh warga pks untuk bisa membedakan antara dakwah dan kampanye itusaja demi terjalin nya ukhuwah islamiah yangpastinya juga seperti yang kita semua harapkan ,,, karna kalu misalkan kampanye pks adalah dakwah maka kampanye pbb, pkb,pknu, itupun juga dakwah,, maka apayang akan terjadi jika dakwah dalam suatu majelis itu ukuranya adalah partai ,,,, saya harap tulisan saya ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk temen2 semua dalam berdakwah,,,,

  33. Aslm Wr Wb
    Salam kasih utk semua saudaraku yang muslim dan salam kasihan pada saudaraku yang munafik …

    Saya bukan PKS namun sampai saat ini partai yang masih bersih dan peduli apalagi gontok-gontokan sesama sendiri baru di PKS

    Seandainya para Habib dan pecinta Shalawat mo membuat partai pasti saya pun akan pindah tapi tetap harus dilihat apakah itu partai yang tambah bikin runyam silaturahmi atau tidak ?

    Saya suka PKB namun dasarnya nasionalis, saya suka PPP namun ada yang anggotanya ada nyang korupsi … ?

    Untuk sementara saya pilih PKS dan masih suka bershalawat dan I love Maulid yang syari .. kenapa Maulid Syari karena pengadaan Maulid Syari pasti tidak mengganggu waktu shalat ..?

    Ukhuwah sodaraku … ukhuwah …

  34. contoh itu iran,dengan miniatur khilafahnya tak banyak omong tapi bukti nyata .selama pemimpin itu amanah siapapun dia pasti berkah bagi rakyatnya.

  35. h@umaiRA marby

    jikalau antum muslim, sepertinya sgt ironis+miris mengatakan hal seperti itu
    tapi kalo antum non-muslim, wajar

    ============================

    sungguh saya geli melihat tulisan anda
    dan anda tidak perlu repot-repot bilang saya “non-muslim”
    karena “KAMI” Ahlussunnah Waljamaah, sudah biasa di sebut sebagai musyrikin, kafirin, ahli neraka, oleh golongan anda : pks
    hanya karena “KAMI” melakukan Tahlil, Maulid, Ziarah,…

    jadi pengen tanya, siapa Nabi “ANTUM” ? sampai “KAMI” memperingati “Hari Lahirnya (Maulid) Nabi Muhammad SAW saja dibilang Kafir dan Syirik.
    emang ga tau ya isi Maulid itu adalah sejarah dan riwayat Nabi Muhammad SAW, dan “WAJIB HUKUMNYA” untuk mempelajari sejarah seorang Nabi, karena belajar sejarah adalah menuntut ilmu sejarah, dan menuntut ilmu adalah “WAJIB”, dan asal “ANTUM tau,… Allah saja bergembira dengan lahirnya RASULULLAH SAW, lalu kenapa “KAMI” tidak boleh ?
    OBJEKTIF MBAK, jangan “PURA_PURA BUTA TULI”

  36. Sadari diri anda semua,
    Pahami diri anda semua,
    Dengan apa yang anda tulis sebenarnya orang sudah banyak tahu karakter anda dan siapa anda sekalipun anda mengaku Ahlus Sunnah , atau Aktivis Dakwah, atau apa. karena tulisan anda cerminan hati anda…..
    Jadi kalau anda dalam tulisan memaki, menghina dan mencaci nah itulah hati anda….
    Penyakit hati itu banyak tercermin dalam perbuatan…….
    Jadi tengoklah diri anda sendiri – sendiri…. apakah iya anda sudah maksum, pinter ataupun terlepas dari dosa……?????

  37. Komentar atau pun statemen ataupun argumen ataupun pengakuan itu gampang dibuat kok. Misal :
    Saya seorang Ahli Sunnah Wal jamaah
    Saya seorang aktivis dakwah
    Saya maksum
    Saya Ahli ibadah
    Saya anti ini anti itu
    Saya ahli ini ahli itu
    Selesai kan pengakuan saya atau statemen saya
    Tapi dalam kenyataannya … bisa saja saya tidak satupun sama seperti apa yang saya buat pengakuan …..
    Nah camkan saudaraku…..

  38. Ass….Saudaraku semua, Allah dan Rasulnya maha mengetahui semuanya hal perbedaan dimuka bumi ini. saya kira bila PKS memilih jalan seperti ini….tidak lama akan jatuh total…kita lihat bersama dan kami selalu medoakan akan ini tidak terjadi dengan siapapun…ataupun sebuah partai besar/kecil termasuk juga dengan orang-orang islam yang merasa paling benar dalam partai….lain halnya dipesantren ini lumrah, Allah maha pengasih lagi maha penyayang umatnya…..wass

  39. Ane termasuk orang yang senang dengan kebebasan berpendapat. Apapun yang ada dalam benak Ane termasuk tentang islam. sering apa yang Ane ungkapkan merupakan pertanyaan2 yang kontroversial. Suatu saat Ane diajak Liqa’ dan Ane tanyakan hal-hal tersebut. Alhamdulillah, jawaban yang diberikan murrabi sangat rasional dan sesuai tuntunan hadits. Termasuk bagaimana harus menyikapi shalawat. Itulah ketertarikan Ane ikut Liqa’ (pengajiannya orang PKS). Ane tak hadir pun gpp, Ane merasa yang dulu suka berbuat brutal dan anarki dalam berpendapat sedikit demi sedikit dapat lebih terkendali. Maka Ane katakan, pengalaman Antum itu tak seperti yang Ane alami selama Liqa’

  40. salam, langsung aja..
    orang orang PKS itu emang pinter-pinter apalagi yang udah jadi murabbi, pandai harus bersikap bgmn terhadap orang dalam berdakwah… saya kenal PKS sejak SMU klas 2 sampe kuliah bahkan sering ikut kegiatannya dan kesimpulan saya terakhir.. MENDING MENJAUH AJA dari PKS…
    para pemuka PKS mereka akan memperlihatkan wajah yang beda antara bertemu orang yang awam PKS dengan orang yang udah masuk jaringan PKS…para petingginya mereka dan kader2 nya emang anti sholawat , maulid, tahlil dan ritual NU lainnya. tapi dalam berkampanye mereka akan berkata bahwa PKS bukan partai wahabi.. tapi partai islam untuk semua umat islam..saya juga udah cari info-info ternyata misi utama PKS enggak jauh dari apa yng di tulis di blog ini. terus saya cocok cocokan dengan teman2 saya yang udah jadi kader PKS ternyata cocok…
    namun hal ini tidak akan kelihatan bagi orang yang baru kenal PKS, karena ini sifatnya rahasia….
    tapi kalo milih partai jadi bingung…
    soalnya sekarang ini belum ada partai islam yang bisa mapan seperti PKS..
    gimana kalao begitu??
    akhirnya GOLPUT aja deh

  41. PKS sama kejamnya dengan yahudi
    PKS itu musuh bersama

  42. salah satu kesalahan yg dilakukan pks adalah mengretrut kadernya dari pihak mahasiswa yg seharusnya netral pada politik luar kampus, terkecuali untuk mengawasi. penomena yg kita lihat dikampus adalah para mahasiswa baru dan bau kencur yg betul berbakti di jadikan calon2 kader mereka. dan pemimpin2 dari mereka ini dijadikan pengkampanye pks, sungguh merusak moral para pelajar jika hal ini tidak dihentikan,,,,

  43. PKS = Partai Kelompok Salafi (Wahabi)
    Cara dakwah yang dilakukan PKS sama persis dengan cara dakwah kelompok Salafi Wahabi yaitu berdakwah di kalangan Muslimin saja (mengotak-ngotak kaum Muslimin) sehingga terpecahlah Islam itu sendiri, tapi mereka tidak pernah mengakuinya.

  44. ada beberapa poin yang menjadi catatan buat artikel yanng ditulis ukhti fillah,,benarkah pendekatan Kerajaan Saudi kpd pks adalah bgian skenario untuk mnghilangkan nilai kultural kita,,saya kira terlalu dini menyimpulkan sahabat…terlebih di kait-kaitkan dengan isu energi minyak yang akan habis,,kira2 BARAT sudah sejauh mana nich mengeksploitasi ladang mniyak kita???? sharusnya kita sadar,,,Newmont, Freeport adalah bgian dari cara Barat untk mguasai minyak bumi kita,,,salah sapa,,,kok ampe Ke Saudi segala, klu tulisan ini dibaca ame kerajaan Saudi bisa2 nggak blh naik haji loo,hehe,tp faktanya kerajaan Saudi sll membukakan pintu slebar2nya mymbut kdtangan kita dari Indonsia,,,,,emmmmm ironis,,,tulian di atas,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s