TASAWUF DULU DAN SEKARANG ( SEBUAH KEBUTUHAN SPRITUAL)

Suatu hari seorang Pengunjung “jalinsilahturahim” bertanya kepada saya Tentang Tasawuf, “apa  inti dari ajaran Tasawuf??Bolehkah kita belajar Tasawuf?? dan Dia mengajak saya untuk belajar bersama tentang Tasawuf. Saya sendiri bingung harus menjawab yang mana dulu. Karena selama ini saya tidak pernah belajar khusus tentang Tasawuf dan saya sendiri kurang setuju kalau Tasawuf diartikan sebagai suatu ajaran , ilmu atau ideologi karena Menurut saya Tasawuf adalah merupakan akhir sebuah perjalanan dari intelektual kita , ketika kita terbentur dan mencapai klimaks tentang apa -apa yang kita coba pikirkan tentang ciptaan Alloh tentang Hakikat Alloh dan lain sebagainya dan intelektual serta akal kita sudah tidak bisa mencapainya lagi maka semua akan kembali kepada sang Khalik pencipta alam ini maka disitulah kita menemukan Tasawuf. Inti dari Tasawuf itu sendiri  adalah membersihkan hati kita dari perilaku akhlak tercela dan  tasawuf juga  bertujuan memperoleh hubungan langsung dan disadari dengan Tuhan. Sehingga orang-orang merasa di hadiratnya. Caranya adalah dengan kontemplasi, melepasakan diri dari jeratan kehidupan duniawi yang bersifat sementara dan selalu berubah.

Dengan kata lain, dalam  tasawuf, yang perlu ditekankan adalah bagaimana seseorang bisa mengarahkan dirinya dari cinta terhadap dunia secara berlebihan menjadi cinta terhadap Allah. Mengarahkan hati untuk tetap ingat kepada-Nya, mengasah jiwa supaya tetap tunduk di bawah kekuasaan-Nya, serta membimbing akal pada garis-garis kebenaran.

Sejarah munculnya Tasawuf

Beberapa kalangan menolak  Tasawuf tersebut dengan alasan bahwa  Tasawuf tidak di kenal pada masa Rosululloh saw dan sahabat. Jelas saja pada masa Nabi ajaran tasawuf tidak ada karena kondisi masyarakat dan perilaku ahlak umat sangat stabil pada waktu itu. Nabi memegang Otoritas penuh terhadap kondisi masyarakat waktu itu. Setelah wafatnya Rosululloh dan Sahabat, kekuasaan Islam semakin meluas ,ketika kehidupan ekonomi sosial makin mapan dan makmur  mulailah orang-orang lalai pada sisi ruhani. Budaya hedonisme pun menjadi fenomena umum, hidup  berfoya-foya, gemar mengumpulkan harta maka sekitar abad 2 H timbullah gerakan yang bertujuan untuk mengingatkan hakikat  tujuan hidup manusia di dunia yang di pelopori oleh  Imam Abu Hasyim Ass shufi  yang wafat tahun 150 H dan dijuluki  Asshufi ( Sufi) . Abu Hasyim Asshufi yang melakukan protes dengan pola kehidupan yang bermewah mewah dan berfoya foya dengan melakukan Zuhud (meninggalkan segala kenikmatan duniawi dan berpola hidup sederhana).  Apa yang dilakukan oleh Imam Abu hasyim mendapat simpati dari masyarakat maka berkembanglah ajaran – ajaran Tasawuf dan pola hidup tasawuf. Kata Sufi telah menjadi sebutan umum bagi kelompok ini . Penafsiran yang paling masuk akal adalah bahwa Sufi serupa dengan Laqob ( gelar ). Ada yang mengatakan bahwa Sufi diambil dari kata Souf ( bulu)  jadi Tasawuf digunakan dengan artian “memakai kain Bulu” Namun kaum Sufi tidak selalu mencirikan dirinya dengan memakai kain dari  bulu. Ada lagi mengatakan kata Sufi berhubungan dengan Shuffah ( serambi masjid rosululloh saw)  . Pendapat lain mengatakan kata sufi berasal dari kata “shafa” yang berarti kemurnian.

Tasawuf dalam Islam lahir dari kehidupan yang bersifat batiniah. Tujuan tasawuf adalah mencapai kesadaran murni dan menyeluruh. Manusia yang terdiri dari tubuh, pikiran dan jiwa masing-masing perlu diutuhkan kembali  sesuai dengan tingkatannya sendiri. Tasawuf juga berusaha mengutuhkan berbagai ilmu yang berkembang ke dalam perspektif dengan tepat. Peranan jalan kerohanian (thariqat) dalam pengukuhan manusia adalah sesuatu yang  hakiki, karena hanya melalui kehadiran Tuhan dan barakah yang terkandung di dalamnya yang telah ditunjukkan ke dalam al Quran semua unsur yang tercerai berai dalam diri manusia dapat dipadukan kembali. Menurut Imam Gozali bahwa mendalami dunia tasawuf sangat penting sekali karena selain Rosululloh tidak ada satupun manusia yang bisa lepas dari penyakit Hati seperti Riya, Dengki , Hasud , Ghibah, Namimah dan Taswuflah yang bisa mengobati penyakit hati tersebut  didalam tasawuf ada tiga hal yang mendasar yang sangat di anjukan Oleh alloh SWt di dalam alquran antara lain berbicara tentang kemungkinan manusia dapat saling mencintai (mahabbah) dengan Tuhannya (QS. Al-Maidah, 5: 54); perintah agar manusia senantiasa bertaubah, membersihkan diri memohon ampunan kepada Allah (QS. Tahrim, 8), petunjuk bahwa manusia akan senantiasa bertemu dengan Allah dimanapun ia berada (QS. Al-Baqarah, 2: 110), Tuhan memberikan cahaya kepada orang yang dikehendakinya (QS. An Nuur, 35), al-Qur’an mengingatkan agar manusia tidak diperbudak oleh kehidupan dunia dan harta benda (QS. Al-Hadid, Al-Fathir, 5), serta senantiasa bersikap sabar dalam menjalani pendekatan diri kepada Allah SWT (QS. Ali Imran, 3).

Imam Gozali berpandangan bahwa Tasawuf berkonsentrasi pada 3 hal :

1. Selalu melakukan kontrol diri ( Muqorobah  dan Muhasabah )

2.Selalu  berdzikir dan mengingat Alloh SWT

3. Selalu menamkan sifat Zuhud, Mahabbah ( cinta ) , jujur, Sabar, Syukur , Tawakal, dermawan dan ikhlas

Dalam dunia tasawuf juga mengenal berbagai Thoriqat ( tarekat)  sebagai wadah dan aplikasi dari aliran yang berkembang. Pada mulanya Thorikat berkembang di Khurasan  iran  lalu merebak keberbagai penjru dunia termasuk di Indonesia diantaranya

– Thorikat Qodariyyah di nisbatkan kepada Syech Abdul qodir Jilani

-Thorikat  Rifaiyyah di nisbatkan kepada  Ahmad Rifa’i

-Thorikat Tijaniyah di nisbatkan kepada Ahmad At tijani

– Thorikat Naqsabandiyyah yang di nisbatkan kepada Bahaudin al naqsabandi  Dan lain lain

Gejala kebangkitan Tasawuf terutama di negara barat merupakan suatu yang Fenomenal, Negara Barat yang merupakan negara demokrasi liberal bahkan cendrung sekuler telah membebaskan rakyatnya untuk memilih sendiri agama dan keyakinannya. Kehidupan yang sangat liberar dan sekuler membuat sebagian dari masyarakat barat dari kaum intelektual  menghadapi titik jenuh apalagi mereka harus menelan bulat-bulat Doktrin-Doktrin gereja tanpa mereka berusaha untuk mencari sesuatu kebenaran yang hakiki. Peristiwa 11 november 2001 yang menghancurkan gedung WTC, Serangan tersebut di kutuk oleh bangsa se dunia bahkan umat Islampun mengutuk kejadian tersebut. Namun peristiwa fenomenal tersebut membawa rasa penasaran warga eropa untuk mengenal ajaran Islam yang sesunguhnya . Ketertarikan mereka terhadap ajaran Islam ini dibuktikan dengan banyaknya warga eropa yang memeluk agama Islam . Gereja katholik yang berpusat vatican Roma pun sempat membuat pertemuan internasional yang temanya mengangkat  tentang banyaknya warga kristen yang berpindah memeluk agama Islam dan perkembangan agama islam yang begitu pesat di eropa. data menyebutkan saat ini ada hampir 1.5 milyar penduduk dunia yang menganut agama Islam. Perkembangan Islam di eropa sungguh fantastic hampir mencapai 30 – 40 ribu pertahun yang memeluk agama Islam. Ilmuwan dan intelektual barat gencar mempelajari Tasawuf yang dinegara barat di kenal dengan “SUFISM” ( Sufisme) dan Islamic Misticism ( tasawuf)  ajaran ini gemari sebagai kegairahan baru  dalam hidup beragama terlebih sebagai relaksasi spritual  dari kejenuhan dan kegersangan Doktrin gereja yang terlalu Formalitas yang bila tidak disadari dan di cintai akan menimbulkan kejenuhan nuansa Spritual. Orang – orang yang merasa hidup di jaman modern selalu mencari jati diri dan bertanya” Saya ini siapa?? Mau kemana ?? dan Untuk apa? dan rasa keingin tahuan tersebut mampu membuat mereka merasa menemukan jawaban jawaban yang selama ini mereka cari ada dalam Tasawf.

12 responses to “TASAWUF DULU DAN SEKARANG ( SEBUAH KEBUTUHAN SPRITUAL)

  1. tasawuf jaman rasulullah tak ada nama tpi ada amaliahnya tasawuf skarang ada nama tpi tak ada amaliahnya kecuali hanya sebagian kecil saja org2 arif yg msh mau menjalankannya.

  2. Iman dan ihsan itu merupakan bagian dari ajaran Islam, jadi bukan masing-masing berdiri sendiri. Syahadat itu merupakan dasar pokok dari ajaran Islam, sekaligus adalah ‘puncak’ atau kesimpulan dari ajaran iman. Tatkala dia yakin dengan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW dan Islam, maka dia mengucapkan syahadat. Jabaran dari syahadat itu tergambar dalam rukun iman yang 6 (enam) pekara tersebut. Shalat dan puasa adalah gambaran ibadah dari ajaran Islam. Sementara zakat dan haji pada hakikatnya adalah muamalat, karena kedua perintah ini pasti menyangkut hubungan dengan orang lain. Apabila rukun Islam dilaksanakan dengan ihsan yakni semata karena Allah SWT, maka jadilah orang itu sufi. Jadi sufi itu adalah seseorang Muslim yang benar-benar melaksanakan rukun Islam dengan tingkat iman yang tinggi dan didasarkan dengan ihsan dan ikhlas. Semua orang Muslim bisa menjadi sufi dan tidak pula wajib harus dengan mursyid tertentu atau toriqoh tertentu. Insya Allah, Anda pun bisa jadi sufi.

  3. Inti dari tasuwuf bukan dari ajaran atau hafalan , melainkan dari praktik hidup kita sehari-hari, orang mungkin akan mengira kita ini aneh karena diluar dari kebiasaan yang pernah kita lakukan, meskipun cinta kita kepada Allah melebihi dari yang lain, dapatkah kita mendapatkan seorang sahabat yang seiman yang dapat saling nasehat menasehati, seprti sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW…

    Inti dari tasawuf bersumberkan pada akhlak Rasulullah. Kemudian membersihkan hati dari segala bentuk ke tawaddu’-an dari yang selain Allah. dan Aplikasinya tentu tidak harus terlihat aneh oleh orang sekitar kita ,”Fenomena hidup sekarang ini telah mendorong banyak orang untuk mencari makna hidup dan kehidupan yang lebih bermakna. Mereka sesungguhnya sangat haus akan jiwa agama yang terkandung begitu indahnya dalam tasawuf.Contohlah tentang teladan kehidupan para sufi, amalan-amalan tarekat-nya, wirid, dzikir, munajat, yang dikerjakan para sufi dalam perjalanan rohaninya yang patut diteladani oleh kita.
    contoh kecil alaha ketika kita sholat ‘. Begitu Allahu Akbar masih belum hilang pikiran-pikiran tentang pasar, keluarga, ini dan itu. Nah, tasawuf tugasnya membersihkan dari ini. Tidak cukup di situ. Sampai dengan riya’ itu sendiri dibasmi dengan tasawuf. Itu tugasnya tasawuf.
    Nah, yang terpenting, apa yang mba fitri lakukan setelah merasa didengar dan dilihat oleh Allah Ta’alaa. Apa reaksi mba fitri ? Apakah sebagai patung saja, bahwa saya bagian yang dilihat? Ataukah tumbuh rasa malu Anda sebagai bagian yang dari yang dilihat? Kalau tumbuh rasa malu, maka berubahlah kelakuannya. Untuk dapat mencari sahabat seiman rajinlah datang ke majlis masjlis ilmu dan dekat dengan para ulama
    .

  4. Alhamdulilah sy panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, otomatis kelakuan dan akhlak berubah, itulah yang menjadi sebab mungkin dilihat org aneh, untuk menjadi berubah sungguh ujian yang sangat berat dan banyak ujian2x lainnya yang harus dilewati, tentulah mas tau dan mengerti maksud sy, utk menghadiri majlis taklim masih sulit, tp sy akan terus berusaha dan berdoa agar suatu saat nanti sy dpt mengadirinya, dan sekarang sedang dalam bimbingan , tapi apa tasawuf itu boleh dipublikasikan? apa ada wanita yang sdng dalam bimbingan tasawuf sebab kebanyakan yang sy dapati hanya laki-laki saja..

    Mba fitri dijakarta ?? Habib Lutfhi bin yahya sering menggelar pengajian dan dzikir dan beliau ketua Tarekat , ikutlah setiap kali beliau menggelar majlis talim

  5. Saya di Jakarta, kalau bisa sy tahu waktu untuk menghadiri majilis taklim itu kpn, sy agak kesulitan kalau malam hari, apakah semua hamba2x yang mengahadiri tahu betul akan tasawuf? Saya takut nantinya mengsalahartikan akan sy, karena kalau sdng mengaji dan ayat2x dilantunkan saya akan bergetar & mengahayati ayat demi ayat, oleh karena itu sy masih belum dapat hadir dipengajian umum, mereka akan salah tanggap ttng sy,maaf forum ini terbuka utk umum sy bicara terlalu banyak.Niat sy ingin menggali sebanyak2nya tentang segala sesuatu ttng tasawuf sejarah & asalnya, supya sy secara pribadi terlebih dahulu tahu , seperi seblmya sy membaca ttng sejarah2x Nabi hal dan ikhwalnya,dan mas Insya Allah dapat memberikan bagaimana perkembangan untuk saat ini, sy harap mas dapat menanggapi pada forum yang tidak umum…

    coba mba fitri buka situs ini
    http://www.habibluthfiyahya.net/

  6. Sy sudah membaca ulasannya, sepertinya mas agak kurang paham maksud sy, tapi Insya Allah pembimbing sy dapat mengarahkan sy, tasawuf belum familiar dikalangan masyarakat kita, kelebihan-kelebihan yang dipunyai seorang hamba karena karunia Allah SWT, akan diasumsikan lain oleh yang tidak mengerti, blog ini semoga menambah wawasan umum tentang tasawuf, dari ulasan2x yang mas berikan kepada sy, dicontohkan pada ulama dan habib yang sudah ternama, walaupun semua tadinya manusia biasa, sama seperti halnya Nabi Muhammad SAW, yang tadinya seorang manusia biasa.Namun mas mencontohkannya mereka sudah dari semenjak kecil sudah paham betul tentang hakekat agama sampai kepada membaca Al Quran, sy mengingatkan Nabi Muhammad dapat membaca Al Quran setelah ke rasulannya. Sy ingin mas dapat mengetengahkannya dimasa sekarang, tidak tertutup kemunginan seseorang hamba yang biasa dapat memperoleh karunia apabila Allah SWT menghendaki, sehingga masyarakat kita dijaman sekarang tidak hanya berpatokan pada situs yang mas berikan kepada sy, yang mas contohkan adalah ulama dan tokoh yang sejak lama,yang sejak awal tahu betul ttng agama.

    • ass wr wb..
      masaalloh ya mba fitri ini.mudah2an mba fitri termasuk orang yang dipilih oleh alloh..
      gini mba fitri.. saya cuma bisa ngasih masukan sedikit.
      yang namanya tasawuf adalah (tawadhu)merendahkan diri kita terutama kepada alloh,terus kepada rosululloh dan kepada hamba2 alloh dan selalu menjaga hati dan penyakit hati.seperti:riya,sombong,ujub,dll.dengan dasar kita ini benar2 takut kepada alloh.dan perjalanan seseorang tasawuf dalam kehidupan sehari2 adalah mengedepankan akhlaq dan adab.karena dia melihatnya kepada perintah alloh,bukan kepada makhluknya.dan sifat seperti ini akan timbul jikalau dia sudah benar2 kenal dengan alloh dan rosululloh dengan seyakin-yakinnya.dan tentunya yakin/percaya kepada alloh dan rosululloh itu pasti ada ilmunya.nah ilmunya kita yakin/percaya kepada alloh dan rosul,kita ini sudah faham yang namanya sifat wajib,mustahil,dan jaiz bagi alloh dan rosululloh.
      jadi mau gimana kita mau takut dan benar2 mempunyai sifat akhlaq yang mulia dan mempunyai adab dan bisa menjaga hati kita.sedangkan kita ini belum kenal/faham dengan alloh dan rosul dengan sesungguhnya/sebenar2nya.itulah tasawuf.dengan cara kehidupan sehari-harinya pakai akhlaq dan adab yang bikin beda dengan manusia pada umumnya.bukanya orang tasawuf itu sholat terus atau gimana atau mengeluarkan kramat..
      itu saja mba fitri dari saya.alf ya barang kali kurang jelas.kalo mba fitri mau ditanyakan kembali silahkan.tapi tidak langsung saya bales.krena saya tidak punya komputer sendiri. he he..
      alf&sukron ya mba fitri..
      salam kenal by.sobat muslim

  7. Terima kasih atas penjelasannya, tetapi maksud dan tujuan sy belum tercapai, pakailah hati dan bathin anda , mas pasti bisa menelaah sy.. Saya sangat membutuhkan anda, mas dapat mengemukakan dan membahas kepada umum dengan pengetahuan dan banyak berpedoman pada referensi, sehingga dapat diterima khalayak umum, sy sangat mengharapkan mas membalas email sy.

  8. Mas sy agak kecewa dengan mas, karena mungkin mas tidak mengetahui maksud sy, dari pengalaman saya menggali tasawuf dengan alim ulama/ustad dimedia internet maupun berbicara secara lisan, semuanya tidak atau belum mengetahui secara detail tentang tasawuf, mungkin karena pengalaman dan referensi sy masih belum cukup dan mungkin juga mereka ahli fikih saja, sy cuman ingin meluruskan mengenai perkembangan tasawuf dulu dan sekarang dan lain hal sebagainya itu sama , dan ilmu Allah itu sangatlah luas , janganlah mereka sampai berpikiran atau pun tersirat tasawuf itu bukan datangnya dari Allah, selama yang menjalankan tetap mengikuti syariat -syariat yang ada.Sebagian dari mereka akan mengamalkannya untuk membantu hamba-hamba yang lain dengan keridhoanNya, dan karena nama mereka tidak dapat ketengahkan kepemukaan umum secara terbuka dan dikenal, janganlah mereka dipandang hal yang dipelajari itu sesat, miris hati sy bila ilmu Allah ada yang mengatakan seperti itu karena ketidak pahaman mereka, dan memang kata tasawuf itu belum familiar dikalangan masyarakat luas, sy sangatlah berharap anda yang sudah mempunyai kelebihan dari Allah dapat menyebarluaskan kemedia atau masyarakat tentang tasawuf secara detail beserta kelebihan -kelebihan mereka dan mereka murni tasawuf selama mereka menjalankan syariat-syariat Allah dimasa sekarang ini.

    • gak segampang itu berbicara, memahami, mempelajari torikoh atau dalam tasawuf. berdasarkan pengalaman sampai detik ini, sudah setahun lebih dari hari ke hari kami berusaha, ya mungkin juga dari diri pribadi kami sendiri juga. berdasarkan bimbingan habib dan wasul nya. sampai hari ini kami belum pantas, dan malu untuk keinginan itu, sudah puluhan kali cucuran air mata, sudah puluhan kali kami berusaha, tapi kami menyadari semua itu, betapa masih banyak dosa pada diri kami, masih banyak kekurangan2 pada diri kami. betapa sedikitnya ilmu yg kami miliki sampai saat ini, malu rasanya terlalu berangan-angan, berkeinginan seperti ini, sedangkan untuk memahami dan mempejari dasar nya saja belum cukup bekal yang ada dalam diri kami.

  9. masih perlu banyak perbaiki diri. dengan bimbingan habib, dengan thorikohnya mudah-mudahan kami bisa menjalani.

  10. Untuk mbak Fitri, sepertinya masalah mbak itu cuma bisa dibahas secara khusus dgn mursyidnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s