HABIB AHMAD BIN ABDULLOH AL ATHOS (PENDIRI MAJLIS DZIKIR ASMAUL HUSNAH )

Sudah lama juga saya tidak menghadiri majlis dzikir asmaul husna di Benhil, hampir 4 tahun absen mengikuti rangkaian dzikir dzikir Asmaul husna tersebut . Rindu dengan  suasana yang mengagungkan asma Alloh, Rindu dengan Jamaah yang datang dari berbagai pelosok daerah , dan rindu dengan perjumpaan dengan para ulama  dan ahli bait yang rutin menghadiri kegiatan tersebut. Biasanya kawan kawan mengajak saya tanggal   25 setiap bulan di Bendungan Hilir pejompongan tanah abang.

habib ahmad bin abdullah al athos

Majlis dzikir Asmaul husna yang telah dirintis oleh Habib Ahmad bin Abdulloh al athos telah berkembang dan mempunyai cabang hingga 1700 yang tersebar diplosok Nusantara. Putra seorang ulama min awliyaillah bernama Habib Abdulloh bin Hasan Al Athos , lahir di Ambon  tanggal 16 desember 1916. Sejak kecil habib Ahmad bin Abdulloh al athos mendapat didikan langsung dari ayahandanya yang seorang ulama besar dan Wali qutub di Hadro maut. Habib Ahmad tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, beliau tekun menimba ilmu dari ayahandanya maka tak heran menginjak usia remaja Habib Ahmad telah hapal Alquran, Kitab Matan zubad dan kitab ihya ulumuddin karya imam al ghazali.

Darah ulama  yang mengalir dalam dirinya menjadikan Habib Ahmad sosok remaja yang tekun menimba ilmu dan berdakwah  keberbagai daerah bahkan sampai ke mancanegara. Itu semua beliau lakukan untuk menteladani para ulama ulama salafus soleh yang kerap kali berkelana baik untuk menimba ilmu maupun berdakwah. Setelah beberapa tahun melakukan pengembaraan kebeberapa negara. Habib Ahmad kembali ke Ambon untuk menemui orang tuanya, dan ternyata ayahnya telah Hijrah ke Jakarta. Tahun 1955 Ayahnya meninggal dunia dan hal ini membuat Habib Ahmad sedih karena Ayahnya yang menjadi tempat beliau bertanya dan curhat telah di panggil sang Kholik.

Habib Ahmad mulai gencar melakukan Dakwah mengajak umat untuk mengingat Alloh dan mengagungkan Asma Alloh, perjuangannnya pun tak sia sia berkat kesantunan dan kesabarannya dakwahnya mulai menunaikan hasil. Banyak sekali para jamaah yang tertarik dengan metode dakwanya dengan Dzikir asmaul husnah . Lambat laun syiar dakwah islam yang di bawa oleh Habib Ahmad mulai berkembang luas di masyarakat. Dan banyak para jamaah yang meminta izin dan restu dari Habib Ahmad untuk membuka cabang di tempat tinggalnya dan tentu saja Habib Ahmad memberi restu kepada para Jamaah yang membuka Majlis Asmaul husnah di tempatnya masing masing. Walaupunmurid muridnya telah membuka cabang Majlis asmaul  husnah di daerahnya masing masing namun Habib Ahmad tetap memantapkan Majlis dzikirnya di kediamannya di daerah Bendungan Hilir ( benhil Tanah abang ). Majlis asmaul husna yang diselenggarakan setiap tanggal 25 setiap bulan yang dimulai ba’da magrib akan terlihat suasana yang syhadu ketika lantunan Asma Alloh mulai di baca oleh para Jamaah semua duduk sejajar tidak ada yang membedakan baik itu orang pintar maupun orang bodoh , baik para ulama maupun orang awam semua tak bergeming dari tempat duduknya seraya mengagungkan Asma asma Alloh , mengingat dosa dosa yang telah kita perbuat terkadang tak terasa air mata akan mengalir mengingat kebesaran Alloh dan air mata itu lah yang menjadi pertanda Rahmat Alloh telah di berikan kepadanya.

Maka pesan serta amanat terakhir yang di sampaikan Habib Ahmad bin Abdulloh al athos adalah untuk tetap menjaga dan melestarikan majlis Asmaul husna ini sampai kapanpun. Karena dengan Dzikir dan mengingat Alloh dapat meredam murka Alloh dan dan mengungdang  rahmat .

Habib Ahmad juga rutin menghatamkan Alquran setiap hari disamping beliau seorang Hafidz beliau selalu memberikan Alquran setiap kali menghatamkannya, maka tak heran beliau membeli Alquran begitu banyak setiap bulan.

Tahun 1994 Habib Ahmad dipanggil Alloh swt dan di makamkan di komplek pemakaman Al hawi condet dengan meninggal mutiara yang sangat berharga Majlis dzkir Asmaul Husnah yang dapat mengundang Rahmat Alloh.

Ya alloh berikan hidayah mu agar hamba – hamba MU  dapat menghadirinya dan menteladani yang mendirikannya.

15 responses to “HABIB AHMAD BIN ABDULLOH AL ATHOS (PENDIRI MAJLIS DZIKIR ASMAUL HUSNAH )

  1. Ana minta ijin Copy ya wan?

  2. pak sachrony tolong email saya karena saya suka sekali cerita manaqib Habib.

  3. askum??salam sejahtera semoga selalau terlimpahkan kepada kita. pak saya ingain gabung facebook gimana caranya karena saya senang sekali denagn cerita bapak.

  4. asskum. yaa akhi minta ijin copy n mohon dikirim artikelnya k e_mail? sukron

  5. afwan habib ahmad dimakamkan di gang masjid condet,….

  6. Makamnya tepat d smping masjid al khoirat

  7. Mf sy td bs komentr cm ini aja.
    Andai ku masih ada umur pnjng ingn sekali aku menghadirinya walaupun skarng sudh tiada aku ingin sekali kenal dngn putra2 nya.sekian dr sy muhammd haqqi annazili kuningan

  8. AMIN AMIN AMIN BERKAH BERKAH BERKAH

  9. bila ingin menghadiri pengajian rutin setiap bulan majlis asmaul husna diadakan setiap tanggal 15,17,dan 21 di kediaman habib suaeb bin ahmad alathos (anak habib ahmad alathos) di daerah radio dalam ba’da maghrib
    trimss.. :)

  10. nurachmania irma

    bila ingin mengahadiri pengajian rutin majlis asmaul husna bisa datang ke kediaman habib suaeb bin ahmad alathos di daerah radio dalam setiap tanggal 15,17,dan 21 setiap bulannya (ba’da maghrib) dan setiap tgl 25 setiap bulanya di benhil

  11. Assalamu’alaikum. banyak sekali majlis dzikir saat ini,tapi yang disayangkan bilang cabang majlis dzikir dipegang oleh orang yang belum begitu paham tentang ajaran dan sunah sunah rosul sehingga mengakibatkan sebagian orang percaya kepada org tsb dan org tsb menyimpang dzikirnya dari ajaran ajaran islam sehingga yg salah jadi benar dan yang benar jadi salah.
    yang disayangkan saat ini ada sebagian cabang majlis dzikir asmaul husna contohnya dipurwakarta mereka dengan leluasa membuka cabang majlis dzikir asmaul husna dengan tidak menghiraukan ustadz ustadz disekitarnya dan melumpuhkan pengajian pengajian disekitarnya,yang saya tanyakan apakah disetiap pengajian majlis dzikir asmaul husna dlm ngasih makanan selalu menyalakan dupa dan membacakan sesuatu?dan setiap makanan yg dikasihnya itu harus dimakan disana juga tidak boleh dibawa?sy heran sehingga setiap orang yg menghadirinya makin hari makin banyak dan yg diucapkannya itu hanya tentang ustadz tsb. sy minta tolong telusuri karna ada keganjalan dengan majlis dzikir tsb.terimakasih
    Wassalamu’alakum.

  12. assalam…. mksh

  13. asalamualaikum wr wb ___ biasanya orang mendapat cabang atau yg ingin tentunya selalu adalah para asatid lokal dan biasanya sinergi ataupun saling mengisi kalau pun ada tg seperti di purwakarta itu akan saya tanyakan sama para asatid kiranya saya mendapatkan info yg jelas terimakasih sebelumnya habiblutfialatas@majelisasmaulhusna.org sukran alfaqir lutfi ahmad alatas

  14. asss wr wb kirim salam aja buat keluarga habib achmad al
    athos smoga sejahtra slalu amiiin,,,

  15. Maaf ya koreksi dikit. Dimakamkannya bukan di pemakaman Al Hawi tapi di Jl. Masjid condet. Deket Al Khairaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s