GUS DUR DIBENCI DAN DICINTAI

Tulisan ini saya angkat atas kekaguman saya  pada Gus dur sosok ulama, sosok politikus yang sekuler , sosok negarawan . Terkadang saya sendiri kurang setuju terhadap beberapa pola pikir Gur dur yang selalu melawan arus dan cendrung dianggap merugikan umat islam . Tapi itulah Gus dur pola pemikirannya yang  jenius  jauh melesat. Sulit dicerna oleh orang awam seperti saya. Baru beberapa tahun kemudian apa yang dipikirkan Gus dur terbukti kebenarannya. Kejeniusan Gus dur tak lepas dari khazanah bacaan yang terekam dalam otaknya maka tak heran Gus dur mampu menangkap dengan cepat dan cerdas sumber ilmu yang ia pelajari. Kecerdasan inilah yang kemudian oleh warga NU diyakini Gus dur memiliki ilmu LADUNNI (Ilmu yang diperoleh dari Alloh tanpa belajar ) bahkan ada yang meyakini bahwa Gus dur sosok Auliyaillah (wali) hingga saat ini Makam Gus dur di tebuireng masih ramai dikunjungi para peziarah yang datang dari berbagai pelosok di nusantara.

Suatu hari seorang ulama ahli tarekat bernama Syech Nazhim al haqqani berkunjung ke Indonesia dan ditanya oleh jamaah “apakah Gus dur itu wali ? jawab Syech Nazhim al haqqani ‘Lihatlah nanti ketika Gus Dur meninggal, benar saja ketika Gus dur meninggal ribuan orang mengiringi prosesi pemakamannya dan makamnya tak pernah sepi di ziarahi oleh umat yang mencintai Gus dur.

Kelugasan dan kepolosan Gus Dur dalam membuat pernyataan merupakan kekuatan yang dimilikinya , namun tentu saja memiliki implikasi yang negatif bagi orang lain. Aroma mistis spritual selalu melekat dalam diri Gus Dur . Bisikan bisikan yang katanya merupakan “Suara Langit” selalu gus dur kemukakan hal tersebut bagi orang lain dapat diartikan menentramkan atau sebaliknya justru meremehkan dan membuat gerah orang. Gus dur kadang sulit dimbangi dengan langkah langkah taktisnya, sehingga terkesan emosional, meskipun demikian orang berusaha memakluminya  penyampaian gagasan dengan ceplas ceplos  dan humoris merupakan langkah jenius Gus dur melintas batas menembus ketegangan , gus dur sanggup menjalin silahturahim  dengan segala perbedaan perbedaan.

Sebagai politikus dan pejuang Gus Dur selalu dapat membedakan antara urusan politik dan hubungan pribadi. Dia bisa keras, tegas, dan cenderung berkepala batu dalam sikap-sikap politiknya, tetapi selalu menjaga hubungan pribadi melalui silaturahmi yang selalu hangat dan bersahabat. Bukan hanya kawan politiknya yang diakrabi, tetapi lawan-lawan politiknya pun dihormati dengan silaturahmi. Kita tentu masih ingat nama Abu Hasan, pesaing Gus Dur dalam perebutan kursi Ketua Umum PBNU pada Muktamar NU (1994) di Cipasung.

Sebagai calon ketua umum yang menurut berita diskenariokan oleh kekuatan luar  ( alat politik suharto ) untuk menjinakkan NU, Abu Hasan ngotot untuk menjadi Ketua Umum PBNU. Setelah kalah dalam pemilihan yang demokratis di muktamar Abu Hasan tidak mau terima. Dia pun membentuk PBNU tandingan dengan nama KPPNU. Namun berkat dukungan arus bawah dan para kyai kyia kampung  terhadap Gus Dur, meski memakan waktu agak lama, akhirnya KPPNU itu bubar tanpa komunike karena tak bisa bekerja tanpa dukungan umat. Yang mengharukan, setelah KPPNU runtuh dan PBNU di bawah Gus Dur berjaya, justru Gus Dur-lah yang datang pertama kali  bersilaturahmi ke rumah Abu Hasan tanpa mengungkit kelakuan dan cercaan-cercaan pedas yang pernah dilontarkan Abu Hasan terhadap dirinya.

Dirangkulnya Abu Hasan sebagai sahabatnya. Ketika terjadi konflik PKB Jawa Timur yang melibatkan Kiai Fawaid. Saat itu Kiai Fawaid terpilih sebagai Ketua Dewan Syura PKB Jawa Timur, tetapi tidak ada kecocokan dengan Gus Dur dan Ketua PKB Jawa Timur Choirul Anam dalam susunan kepengurusan. Kiai Fawaid merasa hak-haknya sebagai Ketua Dewan Syura hasil musyawarah wilayah (muswil) dilanggar, apalagi Gus Dur sempat marah dan menyatakan tak akan berhubungan lagi dengan Kiai Fawaid.

Pewaris tokoh NU karismatik Kiai As’ad Syamsul Arifin itu pun keluar dari PKB dan bergabung dengan PPP. Pada saat Kiai Fawaid bersikap keras dan resmi menyatakan bergabung ke PPP, Gus Dur tetap menyambung silaturahminya dengan Kiai Fawaid. Pada suatu tengah malam secara mendadak Gus Dur berkunjung ke rumah Kiai Fawaid di Sukorejo meskipun harus menempuh perjalanan darat yang sangat jauh. Gus Dur menghormati pilihan Kiai Fawaid keluar dari PKB dan silaturahmi terus dipelihara.

Pernah suatu ketika Gus dur menjadi presiden mampir kerumah Hanafi Asnan yang waktu itu menjabat Kepala Staf Angkatan Udara , pada waktu itu acara tanam seribu pohon di wilayah madura bersama mentri kehutanan marzuki usman , acara yang di telah di rencanakan oleh protokol kepresidenan tiba tiba gus dur menyelipkan acara berkunjung silahturahim ke rumah Hanafi asnan bangkalan madura, Meski diberi tahu bahwa KSAU Hanafi Asnan tak ikut dalam rombongan, Gus Dur mengatakan bahwa dirinya akan bersilaturahmi kepada ibunya Pak Hanafi , Padahal Gus Dur tak pernah kenal dengan ibunda Hanafi kecuali bahwa Hanafi adalah bawahannya yang berasal dari Madura, bukan main terharunya  Ksau Hanafi asnan bahwa yang mampir menemui ibandanya adalah seorang presiden.

Itulah sisi lain kehidupan Gus Dur yang jarang diperhatikan orang, yakni suka bersilaturahmi kepada siapa pun. Banyak yang meyakini bahwa kegemaran bersilaturahmi tanpa jarak “antara orang besar dan orang biasa” itulah yang mengakibatkan Gus Dur menjadi milik dan dicintai oleh begitu banyak orang.

Gus Dur tak pernah lelah bersilaturahmi kepada siapa pun, mulai dari kota besar sampai ke desa terpencil, mulai dari sahabat karib sampai ke lawan-lawan politik, mulai dari orang-orang besar sampai orang-orang kecil.

Jadi selain karena modal politik- sosiologisnya sebagai tokoh yang berdarah biru NU, kecerdasan dan kepandaiannya yang luar biasa, kehidupannya yang bersahaja, serta keterbukaan dan kesantunannya terhadap semua golongan, perihal kegemaran untuk selalu bersilaturahmi menjadi penguat bagi munculnya keseganan dan kecintaan masyarakat terhadap Gus Dur.

Prof DR kh Said Aqil Siraj pernah bercerita bahwa suatu hari dirinya bersama Gus dur pergi ke Madinah untuk berziarah , waktu malam tiba Gus dur mengajak dirinya berkeliling masjid untuk mencari seorang “Waliyulloh”, setelah berkeliling akhirnya Kh said menunjuk sesorang yang menggunakan imamah dan keningnya hitam bekas sujud ‘”apakah itu wali Gus ? kata Kh said aqil. ” Bukan ….dia bukan Wali ” kata Gus Dus, setelah berkeliling keliling dimasjid madinah Gus dur menghentikan langkahnya dan menunjuk bahwa orang yang di depannya ini adalah wali, sesorang yang hanya menggunakan sorban biasa dan duduk diatas sajadah, lalu kh said aqil meminta kepada orang yang di tunjuk Gus dur wali itu tersebut untuk mendoakan Gus dur dan dirinya, Lalu orang tersebut mendoakan Gus dur agar sukses dan di ridoi , selesai berdoa orang tersebut pergi sambil menarik sejadahnya dan berkata ” Ya Alloh dosa apa saya , sehingga maqom dan  kedudukan saya di ketahui orang. la yariful wali  illa biwalli . wallohu a’lam

62 responses to “GUS DUR DIBENCI DAN DICINTAI

  1. Inspiratif, sebagai relefansi pembanding tindakan-tindakan Gus Dur yang sering kontroversial dan diluar nalar-nalar kewajaran.

  2. Menangis saya tatkala mendengar kepergian Gus Dur sang Kekasih Allah, karena saya sudah lama meyakini sejak semula tanpa diragukan lagi bahwa Gus Dur adalah seorang Waliyullah, sebelum saya membaca artikel diatas. Dan orang-orang yang menghianatinya dan mencercanya baik dalam didalam Partai PKB maupun yang lainnya pasti akan terkena imbasnya dengan ketidakjujurannya dengan Gus Dur

  3. waah keren bgt…saya suka bgt ma gus dur,,,

  4. I LOVE GUSDUR, semoga Allaah menempatkan beliau sesuai dengan amal perbuatannya.

  5. Muhammad Hasan

    “Gusdur” adalah Seorang khalifah pd zaman modernisasi,beliau seorang Ulama,toko politik,dan juga Pemimpin Negara &Agama.bukan hanya umat Islam pd khususnya melainkan umat non muslim yg bisa simpati terhadap beliau….
    begitulah sosok beliau seperti datuknya Nabi Muhammad S.A.W yg dapat dijadikan suritauladan bagi umat & ulama yg lain ..karena beliau selalu bersilaturahmi serta tak pernah memusuhi orang2 yg membencinya….

  6. al hidayah kroya

    saya ijin untuk copy paste postingan ini… trims

  7. Salah satu karomah Abah Anom adalah jauh2 hari sebelum Syeh Nazim datang Abah Anom telah mengabarkan akan kedatangannya. Sungguh Aneh jika ada yg menyebutkan Abah Anom yg mengundang Syeh Nazim datang ke Suryalaya apalagi skedar ambil bai’at kepada Syeh Nazim ini Sungguh keliru. KH. Wahfiudin yg mendampingi Syeh Nazim slama di Indonesia ditunjuk oleh Syeh sebagai penerjemah telah menegaskan tidak ada bai’at Abah Anom kepada Syeh Nazim bahkan KH. Wahfiudin menceritakan secara detail maksud Syeh berkunjung ke Indonesia.

    Kisah ini diambil dari majalah nuqthoh terbitan yang no 9 tanggal 26 januari 2010 M, hal 32 dengan judul “Mengenal Abah Anom melalui pandangan batinnya” .

    MENGAKUI KEMULIAAN ABAH ANOM Kurang dari 40 hari menjelang wafatnya Beliau Sayyid Muhammad Al-Maliki ra. Salah seorang santrinya asal garut bernama KH. Dodi Firmansyah ditanya oleh almarhum. Kiyai muda asal Garut tersebut terperanjat saat al-‘alamah tersebut m,enanyakan sosok guru yang telah menanamkan kalimat agung dilubuk hatinya. Lebih terkejut lagi saat Ulama tersebut “tercekat” sewaktu disebutkan nama Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin. Secara sepontan Beliau menyebutkan bahwa Syekh ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin adalah Sulthonul Awliya fi hadza zaman ( Rajanya para wali jaman sekarang ) bahkan beliaupun menyebutkan Qoddasallohu sirrohu bukan rodliyallohu ‘anhu seperti yang kebanyakan disebutkan oleh para ikhwan. Walaupun secara dhohir Syekh Muhammad Alawy Al-Maliki belum bertemu dengan pangersa Abah namun keduanya telah mengenal di alam ruhani yang tak dibatasi ruang dan waktu.

    PROFIL ATAU BIOGRAFI SAYYID MUHAMMAD BIN ‘ALAWI AL-MALIKI RA

    Sayyid Prof. Dr. Muhammad ibn Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid ‘Abbas ibn Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki al-Hasani al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di Makkah pada tahun 1365 H. Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah, Makkah, dimana ayah beliau Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki sebagai guru agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki, dekat Bab As-salam.Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki (kelahiran Makkah th 1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Makkah. Disamping aktif dalam berdawah baik di Masjidil Haram atau di kota kota lainnya yang berdekatan dengan kota Makkah seperti Thoif, Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki adalah seorang alim ulama yang pertama kali memberikan ceramah di radio Saudi setelah salat Jumat dengan judul “Hadist al-Jumah” profil beliau selanjutnya bisa dibuka di alamat http://cupi-flight29.blog.friendster.com halaman atau judul Sayyid Muhammad ibn Alwi Al-Maliki

    Sekilas profil KH.Dodi Firmansyah Usianya masih muda kelahiran garut tahun 1978. Sejak usia SMP ia dikenal ahli hikmah sedangkan ketertarikan dalam dunia tasawwuf ia ke Pondok Pesanttren Suryalaya sejak dimulai kelas 4 SD . Kiayi ini pernah di didik langsung oleh almarhum Al-Alamah Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki ra di mekkah selama 6 tahun. Pulang mesantren dari mekkah pada tahun 2006, kiyai ini menikah dengan Hj.Siti Fatimah putrid seorang pengusaha asal tasik Malaya dan dikaruniai putra yang diberinama M.Lutfi L. Makki Majalah Noqthoh hal. 41: Pendapat KH.Dodi tentang sosok Pangersa Abah Anom : Saya tidak bias mengungkapkannya dengan kata-kata. Cukuplah 2 pendapat Ulama kelas dunia yang mengomentarinya. Pertama ungkapan dari guru saya sendiri di mekkah, yaitu Sayyid Muhammad bin Alawy bin Abbas Al-Maliki ra. Beliau sendiri yang mengungkapkan bahwa Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin qs. Adalah Sulthon Awliya fi Hadza Zaman dan kedua Mursyid Kammil Mukammil Thoriqoh Naqsyabandi Al-Haqqani, As-Sayyid Al-‘Alamah Al-‘Arif billah Syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani, sufi kenamaan dari Cyprus yang menyebutkan Pangersa Abah (Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin qs) adalah Sufi agung di timur jauh.

    Dalam majalah sintoris (Sinar thoriqoh islam) disebutkan As-Sayyid Al-‘Alamah Al-‘Arif billah Syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani ra mengatakan bahwa Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin qs adalah wali agung ditimur jauh. hal itu pernah disampaikan juga di kampus oleh KH.Wafiuddin setelah mendampingi syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani ke P.P.Suryalaya.

    Bagi yang ingin berlangganan majalah tasawuf nuqthoh, sinthoris, atau tabloid tentang tasawuf robithoh.Bisa Hubungi Kiai Ayi abdul Jabbar dengan no. contak 081395124170

  8. assalamu’alaikum….
    mnurut sya memang bnr kalau gus dur adlah wali Allah, walaupun bnyk yng mmbnci gus dur….
    tapi pda knytaaanya pda saat pmkaman gus dur bnyk yng mngunjungi k’makam’y dan bnyak pula pra kiyai yng hdir.
    dan sya hnya brdoa smoga msh ada sosok seorng yang sprti gus dur.

  9. Pak Gus Dur kyai yang tidak bisa ditebak jalan pikirannya sehingga membuat lawan politiknya bingung karena dunia politik memang penuh intrik. Saya sangat suka pemikirannya, cerdas dan dya pelindung kaum yang lemah dan minoritas. Kami merindukan pemimpin yang seperti dia

  10. asslm… saya bangga dengan sosok gusdur
    karena dia sosok yg tak ada 2′y ….
    mudah2 han,di indonesia ada generasi penerus seperti beliau… yang menjunjung tinggi syariat2 islam dan di kagumi bangsa ini….
    wassalam……..

  11. Mungkin kami tambahkan sedikit, silsilah Gus Dur dari Maulana Ishaq :
    1.KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
    2.bin KH. Abdul Wahid
    3.bin KH. Hasyim Asy’ari
    4.bin Halimah(Istri K. Asy’ari)
    5.binti Layyinah (Istri K. Usman)
    6.binti Sihah
    7.bin Abdul Jabar
    8.bin Ahmad
    9.bin Pangeran Sambu
    10.bin Pangeran Nawa
    11.bin Jaka Tingkir
    12.bin Nyai Ratu Mandoko
    13.binti Zainab (istri Sunan Kalijaga)
    14.binti Syeikh Siti Jenar
    15.bin Abdul Qodir (menikah dengan Dewi Asiyah, anak dari Jaka Qandar (Sunan Malaya)).
    16.bin Sayyid Maulana Ishaq. Dimakamkan di Gresik, komplek pemakaman Sunan Malik Ibrahim.
    17.bin Sayyid Husain Jamaluddin (Jumadil Qubro. Dimakamkan di Trowulan Mojokerto.
    18.bin Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin. Dimakamkan di Naseradab, India.
    19.bin Sayyid Abdullah. Dimakamkan di Naserabad, India.
    20.bin Sayyid Abdul Malik Azmatkhan. Dimakamkan di Naserabad, India.
    21.bin Sayyid Alawi ‘Ammil Faqih. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    22.bin Sayyid Muhammad Shahib Mirbath. Dimakamkan di Zhifar, Hadramaut, Yaman.
    23.bin Sayyid Ali Khali’ Qasam. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    24.bin Sayyid Alawi. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    25.bin Sayyid Muhammad. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    26.bin Sayyid Alawi. Dimakamkan di Sahal, Yaman.
    27.bin Sayyid Abdullah/Ubaidillah. Dimakamkan di Hadramaut, Yaman.
    28.bin Al-Imam Ahmad Al-Muhajir . Dimakamkan di Al-Husayyisah, Hadramaut, Yaman.
    29.bin Sayyid Isa An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    30.bin Sayyid Muhammad An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    31.bin Al-mam Ali Al-Uradhi. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    32.bin Al-Imam Ja’far Ash-Shadiq. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    33.bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    34.bin Al-Imam Ali Zainal Abidin. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    35.bin Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib. Dimakamkan di Karbala, Iraq.
    36.bin Sayyidatina Fathimah Az-Zahra’
    37.binti Sayyidina Muhammad Rasulillah SAW. Dimakamkan di Madinah Al-Munawwarah
    Mungkin kami tambahkan sedikit, silsilah Gus Dur dari Sunan Ampel :
    1.KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
    2.bin KH. Abdul Wahid
    3.bin KH. Hasyim Asy’ari
    4.bin KH. Asy’ari
    5.bin Abu Sarwan
    6.bin Abdul Wahid
    7.bin Abdul Halim
    8.bin Abdurrohman (P. Samhud Bagda)
    9.bin Pangeran Benawa (Abdul Halim)
    10.bin Ratu Mas Cempaka (Istri Jaka Tingkir)
    11.binti Sultan Trenggana
    12.bin Ratu Asyikah/Dewi Murthosimah (istri Raden Fatah)
    13.bin Sayyid Ahmad Rahmatullah (Sunan Ampel). Dimakamkan di Ampel, Surabaya.
    14.bin Sayyid Ibrahim Zain Al-Akbar (Ibrahim Asmoro).  Dimakamkan di  Tuban.
    15.bin Sayyid Husain Jamaluddin (Jumadil Qubro. Dimakamkan di Trowulan Mojokerto.
    16.bin Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin. Dimakamkan di Naseradab, India.
    17.bin Sayyid Abdullah. Dimakamkan di Naserabad, India.
    18.bin Sayyid Abdul Malik Azmatkhan. Dimakamkan di Naserabad, India.
    19.bin Sayyid Alawi ‘Ammil Faqih. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    20.bin Sayyid Muhammad Shahib Mirbath. Dimakamkan di Zhifar, Hadramaut, Yaman.
    21.bin Sayyid Ali Khali’ Qasam. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.
    22.bin Sayyid Alawi. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    23.bin Sayyid Muhammad. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.
    24.bin Sayyid Alawi. Dimakamkan di Sahal, Yaman.
    25.bin Sayyid Abdullah/Ubaidillah. Dimakamkan di Hadramaut, Yaman.
    26.bin Al-Imam Ahmad Al-Muhajir . Dimakamkan di Al-Husayyisah, Hadramaut, Yaman.
    27.bin Sayyid Isa An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    28.bin Sayyid Muhammad An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.
    29.bin Al-mam Ali Al-Uradhi. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    30.bin Al-Imam Ja’far Ash-Shadiq. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    31.bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    32.bin Al-Imam Ali Zainal Abidin. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.
    33.bin Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib. Dimakamkan di Karbala, Iraq.
    34.bin Sayyidatina Fathimah Az-Zahra’
    35.binti Sayyidina Muhammad Rasulillah SAW. Dimakamkan di Madinah Al-Munawwarah

  12. subhanaullah…………..

  13. LA GHIBATA LI FASIQIN

    Sblmnya mhn maaf jk saya bkn penggemar dr sosok gus dur. Toh itu hal yg wajar, tiap keadaan pasti ada pro dan kontra.

    Jujur saja, saya cukup heran jika ada santri habib zein yg bgtu antusius mengagumi gus dur. Setahu saya, al-habib bgtu hati2 dlm hal beraqidah. Sdgkan ucapan dan tindakan gus dur srg kali menyepelekan ruang2 aqidah.

    Membela kaum2 yg jelas2 menlecehkan Nabi muhammad sbg rosul terakhir (ahmadiyah), mesra dg bangsa israel dg menjadi pengurus di yayasan simon peres dan terakhir meendapat medal of valor dr kelompok yahudi Amerika. Pengagum ayatulloh khumaini sbg wali terbesar abad ini. Padahal kalo mau diruntun, baik ahmadiyah (bentukan inggris), syiah(bentukan ibn saba’) dan yahudi semuanya satu nasab. Sama2 berujung ke yahudi.

    Mana ada seorg wali, senang berkumpul dg musuh2 islam? Mana ada wali dg santai hanya pake celana pendek (terbuka aurat)? Mana ada wali dg gampang bilang alQuran kitab suci plg porno sedunia?

    Entahlah, meski scra idiologis dan biologis saya anak NU tp sungguh saya merasa tidak nyaman mengamini apa2 yg dikata dan diperbuat oleh gus dur. LA GHIBATA LI FASIQIN

    itulah sosok gus dur yang unik dan kontroversial….saya yakin disiplin ilmu yang dimiliki gus dur jauh di bawa saya dan anda …sangat jauh, mulanya saya juga demikian tapi lambat laun saya mulai terbuka dan memahami apa makna dibalik gus dur mengutarakan hal hal yang kontrversial…..mungkin anda ingat bagaimana gus dur mengganti assalamualaikum dengan selamat pagi….yang menuai kontreversial

    justru pernyataan Gus Dur itulah yang membuat “Assalamu’alaikum” memasyarakat di Indonesia. Kenapa bisa?
    , “Assalamu’alaikum” saat ini sudah biasa diucapkan oleh kalangan non-Muslim sekalipun, dari acara hiburan televisi hingga sambutan resmi atas nama pemerintah. Para anggota DPR yang beragama Katholik pun tak segan mengucapkan “Assalamu’alaikum” sebelum menyampaikan pendapatnya

    “ketika ditanya kenapa anda mengucapkan ‘Assalamu’alaikum” itu kan ucapan orang Islam. Mereka menjawab, menurut Gus Dur kan ‘Assalamu’alaikum’ sama dengan Selamat Pagi. Jadi tidak masalah,” katanya dalam acara tahlilan dan doa untuk Gus Dur di rumah keluarga Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (10/4) malam kemarin.

    melalui berbagai statemen dan tindakannya yang dinilai kontroversial, Gus Dur telah berhasil menciptakan tatanan kehidupan antar umat beragama di Indonesia yang harmonis.

    .

    • GUSDUR ADALAH GURU SAYA. SIAPA YANG SUDAH MENGUCAPKAN BAHWA GUSDUR PEMBUAT RUSAK SAREAT ISLAM&AQIDAH AHLUSSUNNAH. DAN YANG MENGUCAPKAN SEPERTI ITU,DIA BELUM ZIAROH KE TEMPAT GUSDUR UNTUK MINTA MAAF. ORANG INI SAYA DO’A KAN TIDAK AKAN BERTEMU DENGAN SAYYIDINA MUHAMMAD SAW DUNIA DAN AKHERAT. AMIIN.

  14. Muhammad zaenal muttaqin

    Sekali gusdur tetap Gus Dur!!!!!!!!!!!!!!

  15. gusdur, jangan menangis…

  16. mas…..izin copy tulisannya ya….

  17. assalamualaikum wr.wb
    saya pernah lihat alm gusdur semasa hidupnya dia pernah datang kewilayah saya daerah sumedang bagian conggeang kulon meskipun saya tidak mengenal lahiriyah gusdur bahkan saya melihat wajah ulama gusdur dirumah saya

  18. saya adalah pengagum gusdur,tentunya alm.gusdur pernah kenal dengan namanya guru agung ismail cikuleu ujung jaya sumedang yang tentunya itu pun teman gusdur sedang berpoto tiga orang dengan KRH nawawi. guru agung ismail itu adalah guru saya. saya pernah lihat dikoran republika gusdur dengan catatan prajuritnya …… dengan gambar tangan tuhan(qadir) dengan telapak tangan ada prajurit kecil dengan pakaian tentara bukankah itu
    ( gym ) tentunya tuan ku gusdur tahu itu siapa saya ?
    begitu juga tentunya tuan tahu tentang vcd tuhan dirumahku yang allah estapetkan dari nurwahid yang sedang sakit kepala(tafakur kalender NU) dan ketika NU ulang tahun di spanduk brosur itu rool film tidak seperti itu?

  19. Asww, saya sedikit komentar tentang silsilah Gus Dur yang disebutkan tadi, yaitu ada kerancuan mengapa beberapa kali digunakan juga “Binti”, padahal silsilah itu adalah dari ayah / “Bin”. Selain itu apa juga maksud silsilahnya dari 2 jalur, sangat membingungkan. Kesimpulan sementara dari saya nasab tersebut TIDAK VALID, serta perlu dikonsultasikan dengan pihak2 yang berkompeten. Afwan, Wassalam.

  20. @Ahmed : Yang namanya keturunan itu ya bisa dari jalur laki-laki dan perempuan kenapa anda heran kalo Anda orang arab memang keturunan dari perempuan tidak diakui malah begitu lahir dikubur hidup-hidup (zaman jahiliyah).

    Tiga filter spiritual Gus Dur dalam berkonsultasi bagi berbagai persoalan dunia :
    • Lapis pertama adalah petunjuk kiai waskita seperti K.H. Abdullah Faqih dari Langitan, Tuban, Kiai Abdullah Salam Buntet, Kiai Mustofa Bisri, dan sejumlah kiai berpengaruh yang ”masih beredar” di mana-mana.
    • Di lapis kedua, ada sederet kiai nyentrik semacam K.H. Muslim Imampuro atau Mbah Lim, pengasuh Pondok Pesantren Al Muttaqien, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, dan juga Habib Jakfar dari Kudus, Jawa Tengah, serta Kiai Dimyati dari Pandeglang, Jawa Barat.
    • Radar terakhir adalah menyekar ke makam para leluhur (makam Sunan Kalijogo, KH Hasyim Asy’ari) atau waliullah (makam Syaikh Abdul Qadir Al Jaelani), makam keramat.

    Tiga guru spiritual Gus Dur yang sudah wafat:
    • K.H. Chudori Tegalrejo,
    • Mbah Abdul Fattah Hasyim,
    • Dan K.H. Idris.
    Jika Anda menganggappernyataan/pendapat/opini Gus Dur salah berarti Anda merasa LEBIH PINTAR dari filter spiritual Gus Dur diatas.

  21. Ibrahim Alattas

    Assalam
    maaf kalau saya kurang sopan..
    tapi dari mana silsilah GUS DUR?????????
    jangan asal menyadur silsilah
    apa sudah di setujui oleh Arrabitho Al’Alawiyyah????
    Rasulullah SAW bersabda : Garis keturunan adalah dari bapak.
    jadi jelas bukan dari ibu
    kecuali pengkhususan kepada Sayyidatina Fatimah Azzahra R.A. langsung Allah SWT yang menisbahkan garis keturunan Rasulullah SAW bisa dari ke dua belah pihak,.
    Rasulullah SAW bersabda : barang siapa yang bukan dari keluarga kemudian mengaku sebagai keluarga ku maka dia terlaknat dan barang siapa yang tidak mengaku keluarga ku padahal dia keluarga maka dia pun terlaknat.
    jadi hati2 dalam membuat silsilah!!!

  22. Ibrahim Alattas

    Assalamu’alaikum adalah ucapan keselamatan bagi umat muslim di luar muslim hukumnya haram di jawab, maaf..lebih baik antum belajar mengkaji islam secara menyeluruh bukan setengah2 lantas bisa angkat bicara seperti GUS DUR!!!
    MAAF UNTUK PARA PECINTA GUSDUR HATI-HATI DALAM BERBICARA TIDAK ADA YANG PATUT DI KAGUMI DAN DI CINTAI KECUALI ALLAH SWT DAN RASULULLAH SAW,
    1x lagi maaf saya bukannya menghina GUSDUR tapi ada baik mas Abdul Jalil bertanya kepada Arrabithoh Al’Alawiyyin
    ingat sekali lagi hati2 dalam mengeluarkan statement

  23. Gus dur ternyata kok bikin repotttt!!!!

  24. apa yang di kata kan akhina ibrahim alattas sangat benar…!!!!

  25. i love gus dur veri much, sama dengan kecintaan saya pada habaaib

  26. pokoke URIP MATI ngikut Mbah Gus Kyai Durahman Wahid, soal nasab beliu nyambung apa gak ke Rasulullah SAW, gak usah dibikin repot. maqom waki beliau terlihat tatkala wafat nya beliau. jadi gak usah REPOT ngomentarin Mbah Gus Dur, kalo gak ngertiin Gus, lebih baik DIAMMMMMM ! agar Anda selamat

  27. assalamualikum semuanya..ikut nimbrung masyalah gusdur..mengkaji gusdur..kita bisa melihat dari segi kecerdasan..ucapan..serta tingkah lakunya..saya ingin menyoroti ucapan gusdur “ALQUR AN KITAB PALING PORNO”..dalam kitab ulangan bible di sebutkan”Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di tangan kanannya tampak kepada mereka api yang menyala.”
    ‘makkah atau bakkah ,,farran ,,paran ..(PORNO,pen) adalah dataran terbuka yang di ramalkan alkitab (TAUROT MUSA) akan memancar cahaya keagungan alloh .dan ingat waktu futtul makkah rosululloh membawa 10 000 pasukan..itulah makna gusdur mengucapkan alquran kitab paling porno/terbuka /JELAS..tentu itu semua karena biground gusdur juga ahli filsafat …dan dengan cara itulah gusdur merangsang umat islam untuk trus belajar …semoga bermanfaat..salam persaudaraan.sesama muslim,,nggak usah di bikin repot yang nggak repot.itu pesan dia (GUSDUR)

  28. HE HE.. GITU AJA KO REPOT!!

  29. sungguh ku menyesal,telah mengenal alloh..
    dan aku kecewa,telah menyayanginya..
    dan aku tak akan,terulang kedua kalinya..
    kusimpan rindu dihati,gelisah tak menentu..
    berawaldari kita bertemu,kau akan ku jaga..
    ku ingin,engkau mengerti,betapa kau ku cinta..
    hanya padamu,aku bersumpah,kau akan ku jaga sampe mati..
    ku ingin slalu,tuk menyayangimu..
    dan ku ingin slalu,tuk mencintaimu..
    walau,sampe akhir hayat nanti..
    jalan hidup kita berbeda..
    aku hanyalah yang dibuat engkau..
    dan tak bisa apa-apa, dirimu sayank..
    ku tunggu,kau ku tunggu..
    ku nanti,kau ku nanti..
    walau sampe akhir hayat nanti..
    ya allohhh………. I LOVE YOU ^ ^
    ( * )
    ___
    V

    !!!
    !!!

  30. Kenapa yg dimuat lbh byk hanya yg PRO gus dur??? Yg adil bung!!!
    Intinya ya mas, salah satu murid kakek gus dur sempat menangis waktu wafatnya gus dur, makam KH. Hasyim asy’ari di kelilingi orang-orang non muslim (buka2 aurat) pd waktu itu. Kasian mbah hasyim…

  31. Emang di dunia yg punya wewenang nasab cuman rabhitah alalawiyah apa.,!?.Kalo lembaga begituan banyak tau..

  32. Di NU Yang paling di utamakan .,.Ketakwaan,alimnya,ketinggian ilmunya,.Kalo cuma kyai di NU yang habib banyak sekali cuma kebanyakan gak mau lihatin kehabib anya.Emangnya di jakarta apa..bnyk habib yg kesannya angkuh akan kehabib anya.Tp habib di jakarta yg udah masuk NU lebih alim dan gak neko neko jauh dr angkuh.

  33. begitu aja ko repot. antm ya antm.ana ya ana.antm dan ana ya sama aja.semua nya butuh sama alloh.kenapa ko antm dan ana repot.karena kita membuat repot akal dan hati kita sendiri.jadi kita ini jadi kerepotan.makanya jangan pegangan sama antm atau dengan ana.tapi pegang lah sama pencipta langit,bumi,dan se isi nya smua yaitu ALLOH SWT. JADI GA REPOT.. lihat aja rosululloh saw.beliau aja ga repot.masa kita ngaku umat nya beliau,repot si.. jangan donk.. begitu aja ko repot!! he……

  34. waktu almarhum gusdur hidup,
    guru saya sudah sering mengingatkan kpd murid2nya ”jgn berburuk sangka/mikir macem tentang gusdur,ditakutkan nanti jd kualat!,
    beliau itu 100% walialloh”

  35. cinta dan benci
    dua kata yg saling bertolak belakang
    Siapa yang dicintai Allah
    dia akan banyak dibenci orang
    Siapa yang dibenci Allah
    dia akan banyak dipuja orang
    di dunia ini ada yg mencintai Rasulullah
    tapi tidak sedikit yg membencinya
    Sekarang ……… coba anda bandingkan
    Mana yg lebih banyak ?
    Yang mencintainya kah
    atau yg menbencinya ?
    Begitulah kehidupan dunia
    Allah selalu menciptakannya berpasangan
    agar Dia tahu
    mana orang yg paling baik amalnya.

  36. he he.. ya gitulah alloh membuat makhluk.kalo sedang diwujudkan sifat benci ya tidak diwujudkan sifat cintanya.karena sifat yang berlawanan tidak akan diwujudkan oleh alloh didalam satu waktu didalam satu dzatnya makhluk.dan masih banyak lagi sifat2 yang berlawanan yang tidak akan diwujudkan oleh alloh didalam satu waktu didalam satu dzatnya makhluk.seperti:sifat warna,sifat berubah dan diam,sifat rasa,dll.
    kecuali seperti:sifat yang tidak berlawanan yang akan dibuat oleh alloh.seperti contoh:sifat putih,sifat diam,sifat manis,sifat susun-susun,sifat arah,dll.sifat2 seperti itu smualah yang baru yang akan diwujudkan oleh alloh dalam satu waktu didalam satu dzatnya makhluk yaitu bertempat.itu baru yang diwujudkan oleh alloh didalam dzat nya makhluk.itulah baru yang dinamakan PERSIFATAN.persifatan itulah yang ada yang membedakan antara alloh dengan makhluknya.
    dan kalo masih satu golongan yang berlawanan seperti contoh:sifat warna.kaya putih,merah,hijau,hitam,biru,dll.itu baru dinamakan SIFAT.jadi perbedaannya.kalo SIFAT itu sifat yang bisa kedzatnya makhluk apa saja,asalkan sifat yang tidak berlawanan seperti contoh diatas itu wujud didalam satu waktu.dan sifat2 seperti itu benar2 sah wujudnya didalam makhluk apa saja.nah kalo PERSIFATAN itu sifat yang lagi diwujudkan oleh alloh yang ada di dalam dzatnya makhluk.yang berbagai sifat-sifat itu yang ada.tapi,yang tidak berlawanan didalam satu waktu didalam satu dzatnya makhluk. JADI GA USAH REPOT2..
    GITU AJA KO REPOT!! HE…
    MUDAH2AN KITA SMUA TIDAK REPOT DIWAFAT KITA NANTI.APALAGI DIAKHERAT NANTI.MUDAH2AN KITA BENAR2 TERGOLONG ORANG2 YANG TIDAK REPOT APALAGI MEREPOTKAN KANJENG ROSUL SAYIDINA MUHAMMAD SAW. AMIIN YA ROBBAL ALAMIIN.BISIRIL FATEHA..
    alf&sukron ya..
    by.sobat

  37. semoga rasullullah memberikan safaatnya kepada gus dur…….amin ya alloh

  38. gus dur walliyullah……

  39. Semoga Alloh mengampuni dosaku….atas ketidak tahuanku

  40. Guruku saja memuja gusdur apalagi aku.

  41. ila khusushon simbah kyai Abdurrahman Wahid, Al Fatihah…

  42. baginya…benci dan cinta sama saja..tak berpengaruh pada hatinya…kebencian para pembenci takkan mendatangkan kesusahan hati…cinta dari para pemujanya tidak membuatnya bangga diri…Gus Dur tetaplah Gus Dur…” tak ada yang mengetahui wali kecuali wali “..

  43. asalamu’alaikum..
    ijin copy paste mas… saya suka artikel ini…insyaalloh bermanfaat trims

  44. tanyakan pada al habib lutfi bin yahya ra pekalongan……. karna beliau juga yg menyatakan bahwa gus dur ra itu habib…. jadi kalo rabithah alawiyah ingin protes, silahkan tanyakan ke al habib lutfi bin yahya ra pekalongan…
    la yariful wali illa biwalli .
    KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

    bin

    KH. Abdul Wahid Hasyim

    bin

    KH. Hasyim Asy’ari

    bin

    KH. As’ari

    bin

    Abu Sarwan

    bin

    Abdul Wahid

    bin

    Abdul Halim

    bin

    Abdurrohman (P. Sambud Bagda)

    bin

    Abdul Halim (P. Benawa)

    bin

    Abdurrohman (Jaka Tingkir)

    bin

    Ainul Yaqin (Sunan Giri)

    bin

    Ishak

    bin

    Ibrohim Asmuro

    bin

    Jamaludin Khusen

    bin

    Ahmad Syah Jalal

    bin

    Abdulloh Khon

    bin

    Amir Abdul Malik

    bin

    Alawi

    bin

    Muhammad Shohibul Mirbat

    bin

    Ali Choli’ Qosam

    bin

    Alawi Muhammad

    bin

    Muhammad

    bin

    Alawi

    bin

    Ubaidillah

    bin

    Ahmad Al-Muhajir Ilallah

    bin

    Isa Arrumi

    bin

    Muhammad Annaqib

    bin

    Ali Al-’Uroidi

    bin

    Ja’far Shodiq

    bin

    Muhammad Al-Baqir

    bin

    Ali Zaenal Abidin

    bin

    Husein

    putra

    Siti Fathimah Az-Zahro

    binti

    Rasulillah, Muhammad SAW
    diambil dari ; http://musadiqmarhaban.wordpress.com/2008/06/10/menurut-habib-lutfi-bin-yahya-dari-pekalongan-gusdur-seorang-habib/….
    wallohu a’lam bishawab

  45. ya khoer..
    emang benar,beliau adalah keturunan dari rosululloh saw.
    dan biar antum tau.yang menjadi presiden RI.
    keturunan dari rosululloh saw.ada 2 yaitu:1-BJ.HABIBIE 2-GUS DUR.
    kalau BJ.HABIBIE. marga dari AL HABSY kwitang.kalau ga percaya.tanya aja langsung habib abdurohman al habsy.(pengurus majlis ta’lim habib ali al habsy-kwitang).
    wallohu a’lam bisoab..

    • Dan masih banyak habaib yg tidak mau disebut habib, dan tidak diketahui keHABIBannya… Hanya orang yg ALLOH SWT beri izin untuk tau bahwa dia seorang HABIB atau bukan…
      WALLOHU ‘ALAM BISHAWAB

  46. para ulama itu cerdas-cerdas.apalagi beliau rosululloh.wah.. udh ga bisa diukur lg dah.
    misalnya antm ini nanti dimasukan didalam surganya alloh.terus antm ini pengin mengetahui ilmunya rosululloh SAW.sampe habis.
    walaupun antm ini bersama rosululloh dan ngaji terus sama rosululloh sampe trilyunan tahun disurga.tidak akan ada habisnya.ilmu yang ada di diri rosululloh SAW.yg antm tekuni selama trilyunan tahun itu bersama rosululloh SAW.
    pokoknya rosululloh SAW itu MASYA ALLOH DAN SANGAT LUAR BIASA BANGET ILMUNYA.
    POKOKNYA ILMU YANG DIBERIKAN OLEH ALLOH KEPADA SAYYIDINA MUHAMMAD SAW.ITU TIDAK AKAN ADA HABIS-HABISNYA.ARTINYA ILMU YANG ADA DI DIRI ROSULULLOH SAW ITU SUDAH DIBERIKAN SMUANYA OLEH ALLOH SWT.

  47. makanya pewaris rosululloh itu hebat-hebat cara berdakwahnya.
    JADI TAU.kalau yg sedang dihadapi harus pake peperangan.maka beliau juga bisa perang.dengan menggunakan apa?? ya apa saja bisa. mau pake pedang ke,mau pake kuda ke,mau pake silat ke,pokoknya smuanya bisa dah..
    kalau lingkungannya tukang trek-trekan motor.maka ulama tersebut cara berdakwahnya juga pake trek-trekan motor.dan beliau itu sudah jago smuanya.
    namanya aja pewaris rosululloh,ya smuanya harus bisa.
    kalo lingkungannya suka pokeran,gaplean,bilyar,catur,dsb.yg intinya diperkara tersebut dipake untuk ke jalan maksiat.maka ulama tersebut juga berdakwahnya dg cara itu juga.yg pada intinya mengajak ke jalan yg lurus yg slalu diridhoi oleh alloh SWT.
    makanya jangan suka ngeremehin ulama.ulama itu sangat luar biasa.apa yg ada didiri ulama.disitulah rosululloh berada.makanya bisa smuanya.
    emangnya ulama bisanya sholat,puasa,wirid, saja.
    ulama juga bisa berantem juga tau….. MAKANYA
    HIDUP ULAMA … HIDUP ULAMA …. HIDUP ULAMA ….
    MERDEKA!!!
    ALLOHUMMA SOLLI ALA MUHAMMAD …

  48. Ayo semuanya sama-sama berkhusnudzhon.
    semoga alloh mengampuni semua dosa-dosa kita….
    amin…..

  49. AMIIN JUGA.
    tapi gimana ya???
    kalo khusnudhon kan orang yg ga tau???
    masa kita harus khusnudhon terus cii…..
    mau sampai kapan ya kita harus khusnudhon???
    ajarin saya donk.biar saya ga khusnudhon lagi.terhadap ALLOH,ROSULULLOH,DAN PARA ULAMA.tapi langsung YAKIN terhadap mereka semua..

    thanks ya……

  50. solatulloh salamulloh ala thoha rosulillah
    solatulloh salamulloh ala yasin habibillah

    repote dadi wong dagang. sholate kadang ditinggal.
    opo meneh wayae laris. durung sholat ngakune uwis.

    repote dadi petani. sholate terkadang lali.
    opo meneh wayae tandur. sholate di undur-undur.

    repote dadi pejabat. sholate terkadang lambat.
    opo meneh wayae rapat. sholate di loncat-loncat.

    senenge dadi wong sholeh. sholate terkadang luwih.
    opo meneh wayae eling. sholate di eling-eling.

    he he he …
    masya alloh …
    ya khoer …

  51. Segitunya belain manusia, gus dur jg manusia. Tdk melulu selalu BENAR. Gus Dur jg bukan malaikat, sedikit-byk dia juga pernah SALAH. Gus dur mgkn pintar, tp sayang.. Ukuran kebenaran bukan pd pintar atau bodohnya seseorang. Gus dur mgkn cerdas, tp sayang… Pengagumnya tdk sedikit yg tdk cerdas. Toh membawa bekal pintar atau cerdas saja tak ada jaminan masuk surga. Betapa anehnya jika msh byk yg membela ucapan gus dur yg kdg nyeleneh, dgn argumen dan tafsiran yg dipaksakan. Apalagi pembelaan dg sumpah serapah. Astaghfirulloh… Padahal Rasulullah shollahu alaihi wasallam dg tegas dan lugas telah memberi tauladan, bukan dg sikap nyeleneh dan membingungkan umat. Bukankah gus dur tdk lbh cerdas drpd mbah Hasyim asy’ari, mbah wahab hasbullah atau ulama2 lainnya yg santun dlm memberi pemahaman trdhp umat???

  52. Bbrapa mggu yg lalu, makam habib gus dur ra ambrol, MASYAALLOH! Kain kafan habib gus dur msih utuh

  53. Hanya orang yang bodoh saja yang menganggap dirinya palig benar,…
    hidup GUS DUR…

  54. mustain alfatawi

    falaa tuzakkuu anfusakum huwa a’lamu bimnittaqqo
    innallaha layanduru ilaasuwarikum walakiyyanduru ilaaqulubikum

  55. mustain alfatawi

    falaa tuzakkuu anfusakum huwa a’lamu bimanittaqo
    innallaha layanduru ilaasuwarikum walakiyyanduru ilaaqulubikum

  56. GUS DUR ADLAH WALIYULLAH,, DI BALIK KENYELEHANNYA PASTI ADA HIKMAH,MENURUT GURU KU,, BELIAU PERNAH MNDTANGAI RAPAT DI BERBAGAI NEGARA DLAM WAKTU BEBERAPA JAM,,BS MELIHAT WLPUN TIDUR,DAN BELIAU MENDATANGI KADES Q DLAM MIMPI UNTUK MEMBENTENGI DESA Q,,SUBHANALLAH,, JG SEBELUM KPK DIDIRIKAN,KATA GURUKU BELIAU PERNAH BERKATA KPK TIDAK ADA GUNANYA,,TERBUKTI SEKARANG INI.WALLOHU A’LAMU,, ALLOHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WA ASHABIHI WATTABIN WATTABIITTABIN ILA YAUMIDDIN,AMIN

  57. subhanallah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s