Tahun Baru dan Evaluasi diri/Muhasabah

Ada yang menarik menjelang pergantian tahun di monas. Kalau kebanyakan orang merayakan tahun baru dengan pesta pora meniup terompet, menonton panggung hiburan,  bakar petasan, bakar ikan atau jagung, bahkan pesta minuman keras dan kemaksiatan lainnya yang mewarnai pergantian tahun itu sudah biasa. Tapi kalau ada sebagian orang yang merayakan pergantian tahun dengan menggelar tabligh akbar dengan mendengarkan nasihat – nasihat  para ulama dan menggelar dzikir bersama baru itu luar biasa.

102450_perayaan-tahun-baru-2011-di-jakarta_663_382

Acara dzikir bersama yang di kordinasi oleh Majelis Rosulloh di silang monas seakan menjadi pengimbang ruhania disaat jutaan umat manusia di seluruh dunia larut dalam pesta pora pergantian tahun . Lantunan Dzikir akan menjadi untain tasbih penyejuk hati dan menjadi intropeksi diri serta evaluasi  terhadap perjalanan hidup kita di tahun yang lalu.

munzir

Kita harus selalu mengedit segala bentuk kegiatan dan aktifitas yang pernah kita lakukan , keputusan yang telah kita buat  serta imbas dari keputusan itu serta tanggung jawab yang akan kita terima.Pergantian tahun adalah sebuah moment evaluasi diri /Muhasabah , hal ini penting dilakukan dari pada merayakan tahun baru dengan berpesta pora , Evaluasi yang dilakukan akan menjadi tolak ukur keberhasilan manusia baik untuk urusan dunia maupun sisi ruhania.

Ada beberapa hal yang perlu kita Evaluasi /muhasabah dalam perjalanan tahun lalu

1.  Evaluasi ibadah 

Sejauh mana ibadah kita kepada Alloh tahun lalu , Sholat kita, Puasa kita , dzikir kita , tahajut kita, dhuha kita dan lain lainn apa ada peningkatan atau sebaliknya. Karena tujuan diciptakan manusia oleh Alloh adalah semata mata untuk beribadah kepada Alloh.swt

. وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Tidaklah aku Ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk Beribadah “(Q.S. Adz-Dzariat 56)

Mari kita evaluasi amal ibadah kita, apakah sudah benar dan baik ???

Benar artinya : Sesuai dengan tuntunan syariat
Baik artinya kita laksanakan dengan ikhlas dan istiqomah

2. Evaluasi pekerjaan dan harta 

Semua pekerjaan ada tanggung jawabnya di hadapan Alloh swt. bagaimana suatu saat nanti mulut kita di kunci rapat2 oleh Alloh, bagaimana ketika tangan dan kaki bicara dan mengungkap semua apa yang telah kita kerjakan. dan akan ditanya tentang harta yang kita peroleh dan kemana harta tersebut dibelanjakan. maka sepatutnya kita merenung kembali tentang rezeki yang kita peroleh apa tercampur dengan hal hal yang diharamkan Alloh ?

3. Evaluasi kehidupan Sosial

Kita hidup didunia tidaklah sendiri, kita hidup bermasyarakat dan bertetangga sejauh mana kepedulian kita terhadap tetangga terdekat , apa ada hal-hal yang telah menyakiti hati tetangga kita ? maka sudah sepatutnya kita memperbaiki tali silahturahmi dengan para tetangga dan menjaga perasaan mereka . Karena tetangga adalah saudara terdekat kita.

 Maka Evaluasi/Bermuhasabah berarti mencoba mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada. Kelebihan yang diberikan Allah akan dimanfaatkan untuk menambah kebaikan dan memberikan manfaat bagi banyak orang . Sementara kekurangan diri dijadikan sebagai momentum memperbaiki diri agar lebih baik diwaktu yang akan datang

4 responses to “Tahun Baru dan Evaluasi diri/Muhasabah

  1. syukron katsiron, jadikan negri indonesia,,,negri yang selalu banyak berzikir kepada Alloh SWT……..Amiin

  2. jadikan tahun baru masehi,…..dengan kegiatan2 islami,…..

  3. Masya’allloh, masih ada yang peduli. Subhaanalloh, Alhamdilillah masih ada yang memngingatkan, semoga kita termasuk hamba Alloh yang diRido’i yang mendapat syafa’at fiddini, waddunia dan akhirat. amien

  4. Amiin ya alloh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s