Maqom Keramat Kampung baru Penjaringan , situs sejarah yang tidak banyak Orang tahu( Habib Abubakar Alidrus )

         Belum lama saya berkunjung kerumah salah seorang teman di daerah kampung baru kubur Koja Penjaringan , tak jauh dari sana ada sebuah makam Tua yang berumur sama dengan Maqom Keramat Luar batang. Tidak banyak orang tahu keberadaan maqom tersebut karena memang letaknya terhimpit diantara rumah penduduk dan pergudangan. Disana dimaqomkan seorang Ulama min Auliyaillah bernama Habib abu bakar Alidrus yang diperkirakan hidup pada tahun 1800 an . Menurut salah seorang pengurus maqom yang usianya hampir 80 tahun bernama Abah M. sardany yang biasa dipanggil abah mamat oleh warga sekitar , keberadaan maqom tersebut memang tidak banyak orang tahu dan ini merupakan amanat shohibul maqom ketika beliau Mimpi di datangi oleh shohibul maqom  untuk tetap menjaga kerahasiaan agar beliau tidak dikenal . Hingga saat ini amanat tersebut di pegang teguh Oleh Abah Mamat dengan tidak membuat Plang Penunjuk arah ke Maqom habib Abu Bakar Alidrus tersebut .

IMG_2491.JPG

         Ketika memasuki Maqom tersebut ada pemandangan yang berbeda , di sebelah Maqom tersebut terdapat Pohon beringin yang usianya ratusan tahun yang tumbuh subur sampai saat ini. Persis disebelah maqom Habib Abu bakar Alidrus ada maqom lain yakni Syarifah binti Abdulloh Alidrus. tidak banyak yang tahu persis sejarah kedua tokoh tersebut. Tidak banyak tulisan dan ahli sejarah yang membicarakan tentang maqom tersebut karena memang keberadaanya yang tidak banyak orang tahu. Hanya saja marga Alidrus yang dikaitkan ada hubungan tertentu dengan Maqom Keramat Luar batang Alhabib Husein Alidrus yang letaknya hampir 2 Km dari makom tersebut. Marga Alidrus sendiri pertama kali di juluki  atau digelari kepada Habib Abdulloh bin Abu bakar Assyakran bin Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Mauladdawilah.

IMG_2486

Menurut Informasi sebelum wafat Habib Munzir Almusawa sempat berziarah kemaqom tersebut. Penasaran ??? yu berkunjung ke maqom beliau.

ASCO0794

Bersama Abah M.sardany/Abah Mamat Pengurus maqom Habib Abu bakar Alidrus

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s