Sinar Quran memancar diwajah anak-anak Penghapal Quran

       Belum lama saya di undang menghadiri Wisuda Tahfizd quran angkatan pertama di Rumah Cinta Quran Al islamiyah di Penjaringan. Terharu juga melihat penampilan anak2 peserta didik yang menghapal quran dari 1 juz hingga 5 Juz . Sangat ironis di tengah perkampungan yang padat berhimpitan ada satu rumah yang dijadikan tempat bagi anak-anak untuk menghapal quran. Rumah cinta quran berdiri belum setahun tapi ghirah dari warga masyarakat menyambut baik kehadiran Rumah Cinta Quran Al islamiyah tersebut.

         IMG_3234
Seorang  sahabat saya ust.Mulqi Sulaiman sebagai penggagas berdirinya Rumah Cinta Quran Al Islamiyah dan satu satunya Rumah Penghapal quran yang berdiri di Kec.Penjarngan. Ditengah gemerlap smarphone dan Gaget yang meracuni anak2 , tentu kehadiran Rumah Cinta Quran  Al Islamiyah ini menjadi benteng dan filter bagi anak-anak untuk mencintai Alquran.

        Menanamkan rasa cinta anak terhadap Al-Qur’an pertama kali  harus dilakukan di dalam keluarga, yaitu dengan metode keteladanan. Seorang Anak kecil yang merasakan kecintaan kedua orang tuanya terhadap Al-Qur’an dari celah-celah perilaku keduanya, secara otomatis cinta tersebut akan tersalur pada anak tanpa harus ada usaha keras dari keduanya. Ada beberapa contoh  keteladanan yang dapat diberikan orang tua sebagaimana disampaikan Syaikh Dr. Sa’ad Riyadh:

  1. Membiasakan mendengar lantunan Qur’an di rumah atau membiasakan anak melihat orang tuanya membaca Al-Qur’an
  2. Orang tua terbiasa memilih tempat yang paling baik dan paling tinggi untuk meletakkan Al-Qur’an, tidak meletakkan sesuatupun di atasnya, serta tidak meletakkannya di tempat yang tidak layak
  3. Jika anak merasa diacuhkan orang tuanya karena orang tuanya sedang membaca Al-Qur’an, maka hendaknya peluklah anak dan katakana “Ini adalah kitab Allah”
  4. Memilih Metode menghafal quran yang tepat bagi anak adalah dengan Muraja’ah sudah cukup.

Memang di jaman sekarang racun media,Smartphone dan gaget  banyak menjadi racun baik dikalangan orang Tua maupun anak-anak, dan dampaknya ke anak juga luar biasa, maka kehadiran Rumah2 pengahapal quran menjadi sangat dibutuhkan di era saat ini. Untuk menanamkan kembali kecintaan terhadap alquran.

IMG_3294

IMG_3263[1]

Pendiri Rumah Cinta Alquran alislamiyah Penjaringan Ust Mulqi sulaiman

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s