MAJLIS TA’LIM KWITANG

Majlis ta’lim kwitang yang diadakan setiap hari minggu pagi pukul 06:00 sampai jam 09:00 adalah majlis tertua di Indonesia yang didirikan oleh Al habib Ali bin abdurrohman al habsyi orang betawi menyebutnya dengan Habib Ali kwitang, beliau lahir di kwitang pada tanggal 20 april 1870.Sejak usia 10 tahun beliau sudah menjadi yatim ,ayah beliau bernama Al-Habib Abdurrahman Alhabsyi sebelum beliau wafat, beliau sempat menyampaikan suatu wasiat kepada istrinya agar putra beliau hendaknya dikirim ke Hadramaut dan Makkah untuk belajar ilmu agama Islam di tempat-tempat tersebut.

HABIB ALI AL HABSYI (KWITANG )

Untuk memenuhi wasiat suaminya, Nyai Salmah (Hajjah Salmah, puteri seorang ulama Betawi dari Kampung Melayu, Jatinegara).menjual gelang satu-satunya perhiasan yang dimilikinya untuk biaya perjalanan Habib Ali Alhabsyi ke Hadramaut dan Makkah. Karena di waktu wafatnya Al-Habib Abdurrahman Alhabsyi tidak meninggalkan harta benda apapun. Dalam usia 10 tahun berangkatlah Al-Habib Ali Alhabsyi dari Jakarta menuju Hadramaut, dengan bekal sekedar ongkos tiket kapal laut sampai di tempat yang dituju.Sesampainya di Hadramaut, Al-Habib Ali sebagai seorang anak yang sholeh, tidak mensia-siakan masa mudanya yang berharga itu untuk menuntut ilmu yang bermanfaat, sambil mencari rizki yang halal untuk bekal hidup beliau selama menuntut ilmu di tempat yang jauh dari ibunya. Sebab beliau menyadari bahwa ibunya tidak mampu untuk mengirimkan uang kepada beliau selama menuntut ilmu di luar negeri tersebut.

Diantara pekerjaan beliau selama di Hadramaut dalam mencari rizki yang halal untuk bekal menuntut ilmu ialah mengambil upah menggembala kambing. Pekerjaan menggembala kambing ini rupanya telah menjadi kebiasaan kebanyakan para sholihin, terutama para Anbiya’. begitulah hikmah Ilahi dalam mendidik orang-orang besar yang akan diberikan tugas memimpin umat ini.
Di majelis taklim Kwitang inilah Habib Ali, dan juga putranya Habib Muhammad, dan kemudian cucunya Habib Abdurahman kini memimpin majelis taklim lahir., Habib Ali meninggal dunia pada Juni 1968 dalam usia 98 tahun. Dia digantikan putranya Habib Muhammad yang meninggal pada 1993. Dengan demikian Habib Abdurahman telah memimpin pengajian ini selama 14 tahun.

Setelah Habib Ali meninggal, murid-muridnya seperti KH Abdullah Syafiie dan KH Tohir Rohili masing-masing mendirikan Majelis Taklim Syafiiyah, di Bali Matraman, Jakarta Selatan, dan Tohiriah di Jl Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan. Kedua majelis taklim ini telah berkembang demikian rupa sehingga memiliki perguruan Islam, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Karena punya akar yang sama, tiga majelis ini (Kwitang, Syafiiyah, dan Tahiriyah) selalu merujuk kitab an Nasaih ad-Diniyah karangan Habib Abdullah Alhadad, seorang sufi terkenal dari Hadramaut, Yaman Selatan. Ratibnya hingga kini dikenal dengan sebutan rotib al Hadad.

Menurut KH Abdul Rasyid AS, putra almarhum KH Abdullah Syafi’ie yang kini memimpin Majelis Taklim Asy-Syafi’iyah, sekalipun kitab kuning ini telah berusia 300 tahun, tapi masalah yang diangkat masih tetap relevan dan aktual saat ini. Sufi yang kitab karangannya juga dijadikan rujukan di Mesir dan sejumlah negara Arab, memang banyak mengangkat segi akhlak, agar manusia memiliki akhlakul karimah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Kembali kepada almarhum Habib Ali, ia memiliki banyak murid orang Betawi, termasuk KH Noer Ali, ulama dan tokoh pejuang dari Bekasi, karena pernah memiliki madrasah Unwanul Falah. Madrasah Islam dengan sistem kelas didirikan pada tahun 1918, dan letaknya di Jl Kramat Kwirang II, berdekatan dengan Masjid Al-Riyadh, Kwitang. Untuk pertama kali waktu itu, madrasah ini juga terbuka untuk murid-murid wanita, sekalipun tempat duduknya dipisahkan dengan murid pria. Ratusan di antara murid-murid sekolah ini, kemudian menjadi da’i terkemuka, dan banyak yang memimpin pesantren, termasuk Al-Awwabin pimpinan KH Abdurahman Nawi di Depok, dan Tebet, Jakarta Selatan.

Tabligh dan Maulid

Dengan jubah putih dan janggut rapi, laksana pakaian Pangeran Diponegoro ketika mengibarkan jubahnya melawan Belanda, setelah masa tuanya tiap hari duduk di depan kediamannya di Kwitang. Dia telah menjadikan kediamannya ini sebagai masjid, sekalipun ia juga ikut mendirikan Masjid Kwitang, yang jaraknya sekitar 200 meter dari kediamannya. Dari kediamannya inilah, ia menerima para tamu yang bersilaturahim, maupun murid-muridnya yang kebanyakan ulama untuk lebih menambah ilmu. Sedangkan pada Ahad pagi ia biasa dikelilingi ribuan jamaah yang mendengarkan petuah-petuahnya tentang ilmu agama.

Mohamad Asad (93), penulis banyak buku di Timur Tengah, dan puluhan tahun mengenalnya mengatakan, majelis taklim Kwitang bertahan selama satu abad hingga sekarang, karena inti ajaran Islam yang disodorkan berlandaskan tauhid, kemurnian iman, solidaritas sosial, dan akhlakul karimah. Ia tidak pernah menanamkan ideologi kebencian, hasad, dengki, ghibah, fitnah, dan namimah. Ia juga menekankan prinsip ukhuwah Islamiyah, sekalipun ia lebih mendekati akidah kelompok NU, tapi majelisnya banyak pula didatangi tokoh Muhammadiyah.

Habib Ali yang selama hidupnya hampir tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah, seperti dikemukakan oleh Mr Hamid Algadri, termasuk ikut mendorong Syarikat Islam yang dipimpin HOS Cokroaminoato. Karena itu, ia juga berkawan dengan Haji Agus Salim, dan pernah bersama-sama dipenjarakan pada masa pendudukan Jepang. Dalam rangka prinsip ukhuwah Islamiyah, karenanya di majelis-majelis taklim warga Betawi seperti dianjurkan Habib Ali, hampir tidak ada diantara mereka yang membesar-besarkan perbedaan, apalagi kalau perbedaan itu dalam masalah khilafiah.

Habib Ali memimpin perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Kwitang sejak tahun 1920. Dalam perayaan maulid secara tradisional ini diselingi bacaan-bacaan, berupa pujian akan kebesaran asma Allah, pembacaan sejarah Nabi, juga dihadiri para pembesar dan pejabat negara.Peringatan maulid diadakan setiap tahun pada akhir Kamis di bulan robiul awal, dengan membaca kitab Simtud Duror karangan Habib Ali Muhammad, ulama terkenal dari Sewon, Hadramaut. Peringatan maulid dengan membaca kitab tersebut pertama kali diselenggarakan di Indonesia di kota Jatiwangi, Cirebon. Kemudian berpindah ke kota Tegal, kemudian ke Bogor. Setelah itu ke kota Surabaya di Masjid Ampel.

Pada tahun 1919, Habib Ali yang kala itu berusia 54 tahun mendapatkan wasiat untuk melanjutkan peringatan maulid ini tiap akhir Kamis bulan Rabiulawal. Mula-mula oleh Habib Ali diselenggarakan di Tanah Abang, di sekolah Jamiatul Kheir sekarang ini. Mulai tahun 1937, ketika Masjid Kwitang berada dalam asuhannya, maulid diselenggarakan di tempat ini. Dan kemudian berpindah di majelis taklimnya hingga sekarang.

39 responses to “MAJLIS TA’LIM KWITANG

  1. Assallam mualaikum wr wb. saya pedagang kecil memohon kepada para habib,kyai,guru dll untuk memberikan nasehat dan petunjuk agar usaha saya lancar sukses dan berkah. atas bantuannya saya ucapkan beribu terima kasih.wassalam.

  2. waalaikumussalam
    salam kenal buat mas hari…perbanyaklah baca sholawat ….semoga Alloh meluaskan rezqi antum

  3. agar rezeki kita mudah, lancar, dan diberi kelebihan Alloh Swt maka rutinlah menjalankan shalat dhuha Insya Alloh ana sudah membuktikannya … !!!

  4. insya alloh…….

  5. ali Tabrani Al batawi

    Salam Kenal Ustadz , semoga Puasa Ramadhan ini membawa berkah bagi kita khususnya and kaum muslimin-muslimat semuanya. Amin

  6. ali Tabrani Al batawi

    Satu Pertanyaaan, Ustadz Buku/ kitab yang berisi ttg Doa2 serta kumpulan doa2 lengkap kira2 Kitab / buku apa ya Ustadz, Sukron Katsir.

    salam kenal
    bisa dilihat di kitab Majmu Syarief

  7. pengagum para HABAIB

    sya mau tanya, apakah habib d sluruh indonesia ber mazhab sama..

    Kebanyakan Para Habaib di Indonesia Ahlus sunnah wal jama’ah ada beberapa yang Syi’ah

  8. Ass..salam kenal, saya mahasiswi UIN jakarta ..saya mau minta alamat tepatnya majlis kwitang ini.. trimaksih sebelumya

    Waalaikumussalam

    Majlis Ta’lim kwitang alamtnya jl .kembang kwitang senen jakarta pusat
    persis dibelakang toko buku walisongo

  9. aslm. saya mahasiswa UIN Jakarta yang sedang sembuat tugas akhir tentang “Kepemimpinan Dakwah Habib Ali Al-Habsyi sebagai perintis majelis taklim di DKI Jakarta”. Mohon do’a nya mudah-mudahan bisa lulus Januari 2009 nanti. saya juga meminta bantuannya kepada mas Sachroni untuk memberikan pengetahuan atau pondapatnya tetang figur habib Ali Al-Habsyi serta kiprah dakwahnya. Trimakasih

  10. asssalamuaalaikum uztad. saya sangat berkeinginan mendalami ilmu keagamaan .dimana saya bisa belajar scara mendalam. umur saya sdh 50 thn

    waaalaimussalam

    Datang saja setiap hari jumat mulai jam 08.00-1000 di Majlis ta’lim kaum ibu Alkifahi pimpinana habib umar assegaf jl.sawo kecik tebet jakarta selatan

  11. Assalamu’alaikum.

    Mas, saya sudah lama pengen ikut maulid di kwitang.
    Tolong kasih tau rute dari kampung melayu. Makasih mas.

    Wassalamu’alaikum

    waalaikumussalam

    Dari kampung melayu naik mikrolet atau bis yang menuju arah Pasar senen turun di majlis kwitang

  12. assalamu”alaikum,

    ustadz,saya seorang janda mempunyai 3 anak,usia saya sudah 38 tahun.
    Saya mohon nasehat dan petunjuk agar saya bisa mendapat jodoh lagi untuk membantu saya menafkahi anak anak saya.
    terimakasih

    wassalamu “alaikum wr wb

    Mulai lah dengan Sholat malam ( tahajud) , Karena Tahajud dapat membuka tabir kita dengan Alloh , Tumpahkan segala keluh kesah kita, mintalah agar hajat kita di kabulkan. Insya Alloh terkabulkan . Karena Sholat Tahujud adalah amalan para Nabi dan Para ulama.

  13. saya seorang remaja yg haus untuk berlajar agama, saya minta tolong kepada para habaib untuk memberikan info dimana agar saya dapat belajar ngaji. agar saya bisa sillaturahim kesana

  14. maaf salamnya lupa.
    Assalamu’alaikum wr.wb

  15. Assalamu’alaikum wr.wb

    alhamdulillah semenjak saya mengikuti pengajian rutin minggu pagi di kwitang.. banyak barokah yang saya rasakan, kenyamanan yang saya rasakan, penambahan ilmu yang saya rasakan dan banyak hal lain yang saya rasakan sampai rezeki saya pun ikut2an lancar..
    AllahuAkbar

  16. Info murottal mp3 dengan terjemah bahasa Indonesia dapat di-download melalui http://iqro.co.nr dengan qori2 terkenal seperti Al-Ghomidi, Al-Husairi, Hani Ar-Rifai, As-Sudais Asy-Syuraim. Semoga Ramadhan lebih bermakna dengan menyimak ayat2 Al-Quran.

  17. Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya mw tanya, jika untuk akhwat majlis taklim di kwitang, jam berapa ya pak? baiknya pakaian yang dikenakan bagaimana, apa harus berwarna putih atau bisa warna lain?
    Jakallohu khairon katsiro
    Wasalamualaikum Wr Wb

  18. asalam mualaikum saya ingin sering dengan para jamaah bagi siapa saja yang punya planing menjalan kan rukun islam ke 5 tapi belum cukup dananya silahkan hubungi saya via email trims

  19. Assalamualaikum WW
    Alhamdulillah, kini Yayasan El Anshar, mengajak anda bergabung memfaatkan fasilitas untuk mendapatkan aliran dana amal shodaqoh utk modal buka usaha, biaya pendidikan dan lain lain hub: www. elanshar.com

  20. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    saya terbelit hutang yang begitu banyak apa yang harus kami lakukan kami hampir putus asa rasanya …mohon petunjuk terima kasih

  21. Assalamualaikum wr.wb
    ” ,mw nanya nie”bagaimana hukumnya pas sujud imam batal?bagaimana cara ma’mum yg di belakang menggantikannya”?
    atas perhatiannya saya ucapkan”
    jazakumullah khoruljaza” wa afwa minkun syukron kastiron”‘
    “”Wassalamualaikum Wr.Wb

  22. asep as-shiedieqy

    saya Ust. Asep Suryana As-Shiedieqy, S.Ag ketua Majelis Al-Muhasabah As-Shiedieqy mau bertanya kalau pengajian di majelis ta,lim kwitang hari minggu siangnya ada gak? InsyaAllah 6 Maret 2011 kami akan mengunjungi Maqam Habib Abdurrahman Al-Habsyi.

  23. mazia ahbabuz zahra

    ahlan tadz…. ta’limnya sampai jam 10an tadz..

  24. ass saya mau tnya ust apakah ada pesantrennya ustad di kwitang kalau tau kasih tau sya ya ustad wassalam

  25. aslamu alaikum
    pak ustad saya pingin tau tentang toreqoh apa sih toreqoh
    terima kasih.

  26. Aslkm pak ustadz..
    Sejak kecil hingga skrg di lubuk qolbu bathin saya selalu ada dorongan tuk berbuat kebajikan…klo gx saya ikuti printah drongan itu diri saya stengah sadar sperti ada yg masuk dlm diri saya..apakah pak ustadz tw kemana saya harus berobat ? Aslkm..pak ustadz

  27. Ass wr wb, Saya ingin belajar nahwu sorof…. bisa beri tahu saya tempat yg bagus ???

  28. Jamiel El Azzis

    salut

  29. assalamualaikum wr wb.. sy ma tanya ustadj.. bagaimana jika suami tdk ada sdkitpun ksdaran utk beribadah. padahal sy sbgai istri sdh srg menasehati dan tidak bosan2. berdosakah sy jika skrg ini hny dpt mndoakan distiap hbs sholat. krna smua nasehat sy tdk pernah didengarnya.. trma ksh atas pnjelasannya…

  30. asslmkm.. ustadj sy mau tnya.. sebuah pernikahan sah atau tidak jika status calon mempelai pria/wanita tdk disebutkan dlm proses ijab kabul.. dan apa rukun nikah yg sebenarnya menurut agama?? trma kasih sblmnya..

  31. Majelis Taklim Habib Ali Kwitang sudah berdiri sejak 100 tahun lebih, sampai sekarang. Subhanallah.

  32. Assalamu Alaikum… alhamdulillah semenjak ikut pengajian di kwitang, sy jadi menambah ilmu walaupun sedikit-sedikit, terima kasih habib, mudah2an Allah selalu melindungi, para habib yang selalu mensiarkan agama Allah.. Amin…

  33. assalamualaikum ………terima kasih sudah memuat artikel ini , ane pengin juga ikut ke majelis kwitang mo meminta air doa dari pengajian majelis supaya hidup jadi mudah dan berkah trus ane mo tau caranya apakah dateng aja langsung kesono kalo boleh tau di kwitangnya jalan apa ya ?? dari senen naik nomer berapa turun di jalan apa ?? syukron sebelumnya mas………….

  34. nugroho @ mo meminta air doa dari pengajian majelis supaya hidup jadi mudah dan berkah. jangan niatin begitu saudara,,, niatilah untuk Tholabul Ilmi ke Majlis Ta’lim Di kwitang.

  35. assalamualaikum ustd maaf sebelumnya saya mahasiswa uin saya mau meneliti skripsi tentang pengajian kwitang mohon nmr kontak yg bisa dihubungi ustad

  36. assalamualaikum ustad mohon dibales pesen saya ustad

  37. Assalamu’alaikum Wr Wb

    Kami dari PT. HASANAH TRAVELINDO ingin menjalin talisilahtuhrahmi dan kerjasama dengan majelis taklim yang kyai pimpin.
    kami ingin menawarkan harga paket Umrah JAKARTA TO JAKARTA & JEDDAH TO JEDDAH Dengan berbagai pilihan paket. Dan kami menerima Request Paket umrah sesuai permintaan. Untuk info lebih jelasnya hubungi
    Telp/Fax : 021 84979585
    Hp. 087781278905 ( Eryani puspitasari)
    email : eryani_puspitasari@yahoo.com

    Terima Kasih

    Wassalamu’alaikum

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s