KH.HAMIM DJAZULI (GUS MIEK KYAI NYELENEH)

KH.HAMIM DJAZULI (GUS MIEK)

KH Hamim Tohari Djazuli atau akrab dengan panggilan Gus Miek lahir pada 17 Agustus 1940,beliau adalah putra KH. Jazuli Utsman (seorang ulama sufi dan ahli tarikat pendiri pon-pes Al Falah mojo Kediri),Gus Miek salah-satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pejuang Islam yang masyhur di tanah Jawa dan memiliki ikatan darah kuat dengan berbagai tokoh Islam ternama, khususnya di Jawa Timur. Maka wajar, jika Gus Miek dikatakan pejuang agama yang tangguh dan memiliki kemampuan yang terkadang sulit dijangkau akal. Selain menjadi pejuang Islam yang gigih, dan pengikut hukum agama yang setia dan patuh, Gus Miek memiliki spritualitas atau derajat kerohanian yang memperkaya sikap, taat, dan patuh terhadap Tuhan. Namun, Gus Miek tidak melupakan kepentingan manusia atau intraksi sosial (hablum minallah wa hablum minannas). Hal itu dilakukan karena Gus Miek mempunyai hubungan dan pergaulan yang erat dengan (alm) KH. Hamid Pasuruan, dan KH. Achmad Siddiq, serta melalui keterikatannya pada ritual ”dzikrul ghafilin” (pengingat mereka yang lupa). Gerakan-gerakan spritual Gus Miek inilah, telah menjadi budaya di kalangan Nahdliyin (sebutan untuk warga NU), seperti melakukan ziarah ke makam-makam para wali yang ada di Jawa maupun di luar Jawa.Hal terpenting lain untuk diketahui juga bahwa amalan Gus Miek sangatlah sederhana dalam praktiknya. Juga sangat sederhana dalam menjanjikan apa yang hendak didapat oleh para pengamalnya, yakni berkumpul dengan para wali dan orang-orang saleh, baik di dunia maupun akhirat.

ayah gus mik KH.Achmad djazuli Usman

KH.ACHMAD DJAZULI USMAN

Gus Miek seorang hafizh (penghapal) Al-Quran. Karena, bagi Gus Miek, Al-Quran adalah tempat mengadukan segala permasalahan hidupnya yang tidak bisa dimengerti orang lain. Dengan mendengarkan dan membaca Al-Quran, Gus Miek merasakan ketenangan dan tampak dirinya berdialog dengan Tuhan ,beliaupun membentuk sema’an alquran dan jama’ah Dzikrul Ghofilin.

gus miek selain dikenal sebagai seorang ulama besar juga dikenal sebagai orang yang nyeleneh beliau lebih menyukai da’wah di kerumunan orang yang melakukan maksiat seperti discotiq ,club malam dibandingkan dengan menjadi seorang kyai yang tinggal di pesantren yang mengajarkan santrinya kitab kuning. hampir tiap malam beliau menyusuri jalan-jalan di jawa timur keluar masuk club malam, bahkan nimbrung dengan tukang becak, penjual kopi di pinggiran jalan hanya untuk memberikan sedikit pencerahan kepada mereka yang sedang dalam kegelapan. Ajaran-ajaran beliau yang terkenal adalah suluk jalan terabas atau dalam bahasa indonesianya pemikiran jalan pintas.

Pernah di ceritakan Suatu ketika Gus Miek pergi ke discotiq dan disana bertemu dengan Pengunjung yang sedang asyik menenggak minuman keras, Gus Miek menghampiri mereka dan mengambil sebotol minuman keras lalu memasukkannya ke mulut Gus Miek salah satu dari mereka mengenali Gus Miek dan bertanya kepada Gus Miek.” Gus kenapa sampeyan ikut Minum bersama kami ? sampeyankan tahu ini minuman keras yang diharamkan oleh Agama ? lalu Gus Miek Menjawab “aku tidak meminumnya …..!! aku hanya membuang minuman itu kelaut…!hal ini membuat mereka bertanya-tanya, padahal sudah jelas tadi Gus Miek meminum minuman keras tersebut. Diliputi rasa keanehan ,Gus miek angkat bicara “sampeyan semua ga percaya kalo aku tidak meminumnya tapi membuangnya kelaut..? lalu Gus Miek Membuka lebar Mulutnya dan mereka semua terperanjat kaget didalam Mulut Gus miek terlihat Laut yang bergelombang dan ternyata benar minuman keras tersebut dibuang kelaut. Dan Saat itu juga mereka diberi Hidayah Oleh Alloh SWt untuk bertaubat dan meninggalkan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama. Itulah salah salah satu Karomah kewaliyan yang diberikan Alloh kepada Gus Miek.

jika sedang jalan-jalan atau keluar, Gus Miek sering kali mengenakan celana jeans dan kaos oblong. Tidak lupa, beliau selalu mengenakan kaca mata hitam lantaran lantaran beliau sering menangis jika melihat seseorang yang “masa depannya” suram dan tak beruntung di akherat kelak.

Ketika beliau berda’wak di semarang tepatnya di NIAC di pelabuhan tanjung mas.Niac adalah surga perjudian bagi para cukong-cukong besar baik dari pribumi maupun keturunan ,Gus Miek yang masuk dengan segala kelebihannya mampu memenangi setiap permainan, sehingga para cukong-cukong itu mengalami kekalahan yang sangat besar. Niac pun yang semula menjadi surga perjudian menjadi neraka yang sangat menakutkan

Satu contoh lagi ketika Gus miek berjalan-jalan ke Surabaya, ketika tiba di sebuah club malam Gus miek masuk kedalam club yang di penuhi dengan perempuan-perempuan nakal, lalu gus miek langsung menuju watries (pelayan minuman) beliau menepuk pundak perempuan tersebut sambil meniupkan asap rokok tepat di wajahnya, perempuan itupun mundur tapi terus di kejar oleh Gus miek sambil tetap meniupkan asap rokok diwajah perempuan tersebut. Perempuan tersebut mundur hingga terbaring di kamar dengan penuh ketakutan, setelah kejadian tersebut perempuan itu tidak tampak lagi di club malam itu.

Pernah suatu ketika Gus Farid (anak KH.Ahamad Siddiq yang sering menemani Gus Miek) mengajukan pertanyaan yang sering mengganjal di hatinya, pertama bagaimana perasaan Gus Miek tentang Wanita ? “Aku setiap kali bertemu wanita walaupun secantik apapun dia dalam pandangan mataku yang terlihat hanya darah dan tulang saja jadi jalan untuk syahwat tidak ada”jawab Gus miek.

Pertanyaan kedua Gus Farid menayakan tentang kebiasaan Gus Miek memakai kaca mata hitam baik itu dijalan maupun saat bertemu dengan tamu…”Apabila aku bertemu orang dijalan atau tamu aku diberi pengetahuaan tentang perjalanan hidupnya sampai mati. Apabila aku bertemu dengan seseorang yang nasibnya buruk maka aku menangis, maka aku memakai kaca mata hitam agar orang tidak tahu bahwa aku sedang menagis “jawab Gus miek

Adanya sistem Da’wak yang dilakukan Gus miek tidak bisa di contoh begitu saja karena resikonya sangat berat bagi mereka yang Alim pun Sekaliber KH.Abdul Hamid (pasuruan) mengaku tidak sanggup melakukan da’wak seperti yang dilakukan oleh Gus Miek padahal Kh.Abdul Hamid juga seorang waliyalloh.

Tepat tanggal 5 juni 1993 Gus Miek menghembuskan napasnya yang terakhir di rumah sakit Budi mulya Surabaya (sekarang siloam). Kyai yang nyeleneh dan unik akhirnya meninggalkan dunia dan menuju kehidupan yang lebih abadi dan bertemu dengan Tuhannya yang selama ini beliau rindukan.

314 responses to “KH.HAMIM DJAZULI (GUS MIEK KYAI NYELENEH)

  1. Innalillahi wa inna lillahi roji’un,
    Kalian angkat derajat orang yang kalian sebut wali melebihi Rosulullah sholallahu ‘alahi wa sallam.

    Bahkan manusia terbaik yaitu beliau sholallahu alahi wa sallam tidak tahu yang ghaib sehingga beliau berdarah dan giginya yang mulya terlepas di perang Uhud dan beliau juga tidak tahu bahwa di perang Uhud beliau dan para shahabat akan mengalami kekalahan (walaupun akhirnya menang) .

    Dan juga beliau sholallahu ‘alahi wa sallam tidak mengetahui akhir hayat pamannya dan tidak bisa memberi hidayah dimana pamannya meninggal dalam keadaan musyrik.

    Kalian anggap wali kalian mengetahui yang ghoib dimana bisa mengetahui masuk neraka atau sorga seseorang
    (Inna lillahi wa inna ilahi roji’un, wasta’inu billah)
    Padahal hanya Allahlah dzat yang mengetahui hal yang ghoib.
    Makanya kalian anggap hal yang lumrah jika “wali” kalian melakukan maksiat.

    Saya jadi teringat kisah tentang syekh sufi besar
    di abad pertengahan , yang MENYETUBUHI ” keledai kemudian ketika ditanya dia menjawab ”
    “apa yang saya lakukan hakekatnya adalah sedang menutup lubang kapal”

    Beginilah jika Agama dibangun bukan berdasar Qur’an dan Sunnah , tetapi dibangun atas dasar
    mimpi.
    Wal ‘iyadzu billah, hanya kepada Allahlah kami mengadukan segala sesuatu.

    • antum bilang begitu karena antum tidak mempercayai karomah-karomah yang ada pada wali, yang jelas wali itu kekasih allah, orang yang sangat mulia derajatnya di sisi allah, mungkin anda harus mengkoreksi kembali apa yang telah anda ucapkan itu…ingat brow, jangan sembarangan ente dengan wali…..

    • hanya orang2 bodoh yang selalu menghina pra wliulloh karena hati mereka tertu2p kebusukAN2 yang mereka lakukan sendiri, bkankah dalam dzikrul ghofilin rosululloh disebut dahulu bru kmudian waliyulloh…….,jangan memahami ilmu luarnya saja…itu cma sbatas pamahan blaka yang mash bsa salah, yang terpenting tahu dalamnya baru luarnya dipahami btul biar gk salah kaprah, semoga alloh memaafkanmu dan membibingmu pd jalan yang benar n diridloi alloh….. amin

    • .kon gak onok wali yo gak weruh Islam dul…..

    • anda itu tidak mengerti sama sekali bahwa walinya alloh itu ada yg punya karomah apalagi dengan sang baginda rosululloh saw pastilah beliau melebihi di atas umat2nya. nt tuh kalo mau belajar jangan hanya ilmu al-quran dan al-hadits walaupun itu yg terpenting tp nt juga jangan meremehkan ilmu2nya alloh yg laen karna ada banyak sekali ilmu2nya alloh yg laen yg nt juga tidak ketahui maka dari pada itu jangan nt merasa sombong. kita di sini tidak menyalahkan nt tp kami di sini hanya ingin memberitahu manaqib2nya seseorang ulama yg ia cintai. gimana mungkin nt cinta kepadaRasulluloh saw tp nt tidak cinta kepada penerusnya bukankah ulama itu penerusnya para nabi? menurut nt gimana juga tentang manaqibnya syekh abdul qodir al-jilani RA?

    • sebelum dan sesudah nya mohon maaf sebsar2nya.Hamba ALLAH yg d mulyakan ALLAh,mengenai komentar anda ttg mengangkat drajat wali agaknya perlu d luruskan,mungkin anda kurang mengetahui ttg dunia orang2 yg dkt dgn ALLAH (Wali).anda hanya memahami terjemahan Al- quran dan hadits saja dan mungkin anda tdk bsa bacakidab kuning (kitab tanpa harokat)

      pesan saya kpd anda yaitu anda perlu dan harus belajar sorof dan nahwu u/ mengetahui dunia para Wali ALLOH,.,.,.,.,.,,.trimmmmm.,.,.,,

      • GITU AJA KO REPOT.
        antm kalo ga percaya wali ya udah, terserah antm.
        ko bingung-bingung amat. amat aja ga bingung.
        antm ga percaya alloh dan rosululloh juga ga pa2 ko. emang kita ini rugi. toh yang rugi antm sendiri yang ga percaya.
        orang amat aja yg bingung aja percaya. karena amat kan pengin selamat. jadi ya mendingan selamatkan amat aja yang percaya tapi msh bingung. urusan bingung mah nanti belakangan . yang penting kan percaya aja dulu. ya ga??
        toh percayanya kita juga ya sama alloh yg buat makhluk doank ko. emank kita ini percayanya sama makhluk yang dibuat alloh.
        GITU AJA KO REPOT. HE HE ….

    • anda benar,,bahwa nabi muhammad.saw.jarang mengatakan tentang hal2 yg goib..seperti kematian seseorang…namun bukan berarti beliu tdak tau..cz beliu tdk ingin mendahuluhi kehendak thanx””beliu sendiri sering mengalami hal2 yg aneh2. tp jarang di katakanb pd umatx…contoh beliu mengatakan bahwa umat islam akan jd 73,,,nah itu kan termasuk goib..sudah berapa tahun sampai sekarang….bg para wali…..dia di beri karomah….yaaaaneh2…itu semata2 untuk modal dakwah belaka,,,,semua tdk aneh jk alloh yg berkehendak..bukan berarti wali lebih tinggi dari pada nabi…..tp semua itu cuma penampilan klekuasaan sang illahi robi……trimms

    • Mas tofik, makanya kalau belajar agama itu mulai dari alif. Jangan langsung baca terjemahan, terus merasa paling pinter, nganggap orang lain sesat. JANGAN LUPA! Terus belajar! biar mudeng kekayaan khazanah Islam

    • apakah kamu sudah menjalani islam yang sebenarnya….atau mungkin kamu non islam.instropeksi dulu taufik

    • Assalamualaikum,..
      teman2ku, sebelumnya bukan maksud aku lancang,
      jangan menganggap diri kita paling benar,.
      seorang Wali Allah berbeda dengan Nabi,.
      simpelnya seorang Wali beliau mengajarkan ada yg dengan cara masing2 ada yg bersyariat dan ada juga yg berhakikat,sedangkan Nabi(Rosul) mengajarkan kepada umatnya bersyariat dan berhakikat,namun syariat Nabi Muhammad lebih mengajarkan bersyariat dengan baik,.
      mari bersama kita bangun kualitas Iman kita,supaya hidup tenang sesamanya.
      terimakasih.

    • Bahkan manusia terbaik yaitu beliau sholallahu alahi wa sallam tidak tahu yang ghaib sehingga beliau berdarah dan giginya yang mulya terlepas di perang Uhud dan beliau juga tidak tahu bahwa di perang Uhud beliau dan para shahabat akan mengalami kekalahan (walaupun akhirnya menang) .

      Sekedar Meluruskan Mas Taufik.
      Kalau kita di tanya siapa manusia di Bumi ini yang paling tahu tentang Mahluk dan Hal Ghaib. Tentu jawabnya adalah para Rasul Nabi Allah termasuk yang mulia Muhammad SAW. dalam banyak kisah Muhammad sering berbincang2 dengan Jibril a.s, pernah juga berbicara dengan si Iblis. yang paling spektakuler Muhammad SAW mendapat undangan khusus untuk bertemu dengan Allah untuk menerima wahyu Sholat, dalam perjalanannya yang cuma semalam itu Muhammad di pertemukan dengan Nabi pendahulu, dan kejadian2 di nereka. Kurang Ghaib dan Ajaib apa coba kejadian2 itu.

      • Anta gk pernah baca sejarah nabi hidir kli yg membunuh ank kecil.krena beliau di beritahu sama ALLOH klau udh besar jdi kafir.liht di surat kahfi

    • Ada beberapa hal yg sya tangkap yg ingin sodara sampaikan.
      1. menurut anda penulis biografi tentang gus Miek diatas, lebih mencintai Gus Miek dari Rosulullah S.A.W. menurut saya itu TIDAK BENAR, penulis hanya bercerita tentang Gus Miek dan kelebihan yg di berikan Allah S.W.T.
      2. Rosulullah tidak mengetahui hal2 goib. itu jg TIDAK BENAR, tanda2 kiamat yg beliau sampaikan kepada para sahabat merupakan salah satu dari banyak hal2 goib yg beliau ketahui (ditakdirkan Allah S.W.T mengetahui).
      3. Seorang Wali tidak dapat memberi hidayah kepada manusia,karena Rosulullah S.A.W juga tak mampu memberi hidayah. itu BENAR. cerita ttg Gus Miek menceritakan bahwa para Waliyullah hanya perantara Hidayah Allah S.W.T, kepada siapa dan bagaimana caranya hanya Allah yg berhak menentukan.
      4. Anda menuduh penulis membangun Agamanya tidak berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Nabi, tapi melalui mimpi. sodara, anda telah memasuki pintu sombong dan merasa mempunyai ilmu agama lebih. anda hanya melihat apa yg ingin anda lihat, anda tidak melihat kebenaran yg hakikih. Saya umpamakan seorang anak SD mengkritik mahasiswa.

      Saya percaya orang2 yg mendapat gelar Ulama’ dari Allah S.W.T (bukan ulama’ sebutan manusia) merupakan perwakilan dari Nabi Muhammad S.A.W, mereka diutus Allah untuk menyampaikan hidayah untuk segelintir orang. Ada seorang kyai berkata “jikalau kita bisa mengamalkan dengan benar, satu kalimat, Bismillah saja dalam kehidupan kita,maka Insyaallah bermanfaat untuk kehidupan dunia akherat kita.” kalau anda mempelajari kalimat Bismillah yang benar menurut Allah S.W.T, sungguh luas ilmu yang terkandung didalamnya. saya meyakini para Ulama’ Allah hanyalah ber”modal”kan segelintir ilmu dari Al Quran,mereka sudah mencintai dan Insyaallah dicintai-Nya.sedangakn Rosulullah S.A.W. adalah Al-Quran yg berjalan.jadi penulis hanya memuliakan seseorang dengan seseorang yg kemuliaannya kalo boleh saya katakan tak berarti apa-apa. Yaitu Memuliakan Nabi Muhammad S.A.W melalui para ‘Auliyah.
      MengAgungkan Allah S.W.T melalui makhlukNYA yang tak berharga jika dibadingakan dengan keAgunganNYA.
      Mari kita budayakan “berprasangka baik”.

    • itu karena kamu tidak menyimak bahwa rasul saw. mengetahui hal Ghaib, bukankah beliau saw. setiap bulan ramadhan bertadarus bersama malaikat jibril? Bukankah pula ketikau beliau hendak wafat bisa mengenali Malaikatul maut? jangan menuhankan akal! betapapun hebatnya akal manusia, toh ia tetap makhluk allah azza wa Jalla. wallahu A’lam

    • Maaf, saya hanya orang yang sedang haus ilmu.. Saya mohon maaf sebelumnya jika perkataan saya lancang dan salah, saya memang tidak mempunyai daya apa2 untuk bisa berkata2 bahkan untuk menulis balasan ini teruntuk tofik (maaf, saya tidak tau tentang keberadaan dan identitas Anda sebenarnya).. “Jangan Anda tuliskan komentar-komentar seperti itu.. tidak ada sesuatu yang bisa di bandingkan di dunia ini. Alloh SWT meletakkan segala sesuatunya sudah pada tempatnya.. Saya mohon tarik komentar-komentar Anda.. Sampaikan maaf kepada sodara-sodara Anda (Anda manusia kan?? Saya Yakin yang membalas komentar2 Anda juga manusia.. Jadi kita semua Sodara).. Intinya fik, Kita semua ini fana, adam, tidak ada.. mati pada hakikatnya.. Tolong tarik kedalam hatimu yang paling dalam, siapa sebenarnya yang menggerakkan dan memberi daya kita untuk berbuat?? Tolong pikirkan kembali, Bahkan pelacur dan orang yang bunuh diri sekalipun, jika karena bukan kasih sayang Alloh SWT mereka tidak akan bisa berbuat maksiat2 tersebut.. Ini bukti Alloh maha Pemurah, bukan berarti Alloh SWT membiarkan mereka maksiat.. Satu Hal.. Agama sudah memberi pilihan kepada kita.. Haq atau bathil.. Jadi, hati-hati dalam men-judge sesuatu..”

      Terima kasih atas perhatiannya, telah membaca komentar ini..
      Wassalam..

      -Alloh, ampuni hamba.. jika tangan ini sudah bersalah terhadap tulisan-tulisan hamba diatas-

    • hhmm..

    • saudara taufiq yang saya hormati…
      silahkan kaji kembali aqidah dan tauhid anda dengan benar… jangan asal ambil mentah2

    • engkaulah sendiri yang telah membuat Rossullulloh rendah.Dengan mengangkat dan menjunjung tinggi derajat ulama’ Insya Allah akan juga mengagungkan derajat Rossullulloh.Janganlah anda menghina Ulama’.Ingatlah “Alladzina yu’minuuna bil Ghoibi wayukiimunassolaata wa mimma rozaqnaahum yun fikuun”.Rossullulloh sesungguhnya juga mengetahui hal yang ghoib.Belajarlah riwayat2 beliau dari berbagai sumber,jangan dari sudut pandangmu saja.Islam itu luas,jangan mempersempit dirimu sendiri.belajarlah islam secara “Kaaffah”.

      • assalamu’alaikum……………..dah biarin aja kita kembalikan aja ke sifat jaiz.ya ALLAH ”’ fi’lu kulli mumkinin aw tarkuhu… maaf jika kurang pas…… jangan kritik orang lain sebelum kita kritik diri sendiri….wssalamu’alaikum

    • pancene kowe gfblek pik2 atimu mati

      • Allahu akbar. Artikelnya bagus dan menarik untuk dijadikan renungan. Saya termasuk org yg kagum dgn Rasulullah dan juga kagum dgn waliullah. Dalam arti pingin meniru ajakan Rasulullah saw. Seorang wali fungsinya meneruskan tugas Nabi. Bedanya kalau Nabiullah Saw tugasnya jauh lebih banyak di banding tugas Waliullah. Ajaran waliullah tdk pernah mengajarkan sifat merasa lebih baik dari pada Nabi. Hanya org awam sering menafsirkan seolah-olah wali lebih tinggi dari pada Nabi. Artikel diatas kan hanya bercerita hal-hal yg lumrah dalam dunia kewalian. Namun org awam seperti saudara taufiq mengartikan seolah cerita itu melebihkan Gus Miek dari Nabi Muhammad saw. Tidak demikian dan memang tidak demikian.

        Dan yang perlu di ingat semua kejadian itu sebenarnya hanyalah takdir dari Allah. Dijalankan oleh Allah dan digerakkan oleh Allah. Artinya semua mahluk itu tidak punya kelebihan apa-apa dan tidak bisa apa-apa. Jika mereka ada kelebihan apakah itu mu’zizat atau karomah namanya pada hakekatnya itu semua milik Allah swt.

    • apa pun bentuk pemikiran yg ada d semua komentar BENaR menurut pemikiran msg2x. hanya saja yg satu di kelas 5 dan yg lain baru kelas 2. jadi. yg kelas 5 akan menjadi lebih bijaksana menyikapi adik kelas x kalau sudah berada di jenjang yg lebih tinggi. dan yg baru duduk di kelas 2 akan mengetahuai yg sebenar x kalau sudah naik kelas x. Allahu ‘a lam bisshowab.

    • aguk firman samodra

      assalamualaikum mas tofik, mhn maaf, mungkin mas tofik bisa baca surat al Kahfi mengenai Nabi Musa yang sedang berguru kepada Nabi Khidir. Coba mas tofik baca di surat tersebut alasan yang tidak diketahui oleh Nabi Musa kenapa Nabi Khidir membunuh seorang anak (ghulam). Trm kasih

    • hm… orang punya pandangan masing2 mas bro, santai sajalah, ambil yang baik, tinggalkan otak buruk yang sok baik dan su’udzon kayak otak kamu itu. jadikan bersih dan husnuzon, agar hidup kita tenang di depan.
      heh…heh…heh…heh…heh…

    • llek ngaji melek jo merem ae .jo main main karo gus mik

    • antum belajar kitab kuning dulu baru bicara……semoga allah menerima amal ibadahmu

  2. Terima kasih atas segala masukannya…saya tidak menyamakan waliyulloh dengan rosululloh saw. Saya hanya menceritakan tentang perihal Wali-wali allloh dengan karomahnya, antum yang menolak karamah al-awliya’, , disebabkan antum tidak mengetahui persoalan ini kecuali kulitnya saja. antum tidak mengetahui perlakuan Allah terhadap para wali. Sekiranya antum mengetahui hal-ihwal para wali dan perlakuan Allah terhadap mereka; niscayaantum tidak akan menolaknya. Penolakan antum terhadap karamah al-awliya’, disebabkan oleh kadar akses antum terhadap Allah hanya sebatas menegaskan-Nya; bersungguh-sungguh di dalam mewujudkan kejujuran (al-shidq); bersikap benar dalam mewujudkan kesungguhan sehingga meraih posisi al-qurbah (dekat dengan Allah). Sementara antum buta terhadap karunia dan akses Allah kepada hamba-hamba pilihan-Nya. Demikian juga buta terhadap cinta (mahabbah) dan kelembutan (ra’fah) Allah kepada para wali. Apabila antum mendengar sedikit tentang hal ini, antum bingung dan menolaknya. Adapun derajat kewalian, dalam pandangan imam al-Tirmidzi, dapat diraih dengan terpadunya dua aspek penting, yakni karsa Allah kepada seorang hamba dan kesungguhan pengabdian seorang kepada Allah. Aspek pertama merupakan wewenang Allah secara mutlak; sedangkan aspek kedua merupakan perjuangan seorang hamba dalam mendekatkan diri kepada Allah. Menurut at-Tirmidzi, ada dua jalur yang biasa ditempuh oleh seorang sufi guna meraih derajat kewalian. Jalur pertama disebut thariqah al-minnah (jalan golongan yang mendapat anugerah) sedangkan jalur kedua disebut thariq ashhab al-shidq (jalan golongan yang benar dalam beribadah). Melalui jalur pertama, seorang sufi meraih derajat kewalian di hadapan Allah semata-mata karena karunia Allah yang diberikan kepada siapa saja yang dikendaki Allah di antara hamba-hamba-Nya. Sedangkan melalui jalur kedua, seorang sufi meraih derajat kewalian berkat keikhlasan dan kesungguhannya di dalam beribadah kepada Allah. Seseorang yang meraih derajat kewalian melalui jalur kedua disebut wali haqq Allah atau awliya’ huquq Allah dalam.

  3. Semoga Allah SWT selalu melimpahkah barokahnya kepada Gus Miek wa auwliya ajma’in.

    Hal-hal khawariqul ‘adat (menyalahi kebiasaan) yang dilakukan oleh orang-orang dengan tingkatan spiritual seperti Gus Miek, cukuplah dipahami sebagai urusannya dengan Allah. Bagi kita semua, lebih baik bertabarruk dengan beliau dan mengamalkan ajarannya yang sesuai dengan kapasitas kita.

    Ketika memasuki kota Bistami, Abu Yazid Bustomi, sang Sufi Masyhur, justru makan roti di bulan Ramadhan di hadapan orang banyak. Dia tidak ingin melihat manusia menyanjung-nyanjung ketokohannya, dan tindakan itu dimaksudkan untuk “merendahkan” dirinya sendiri.

    Subhanallah,…mereka, para awliya itu, sungguh tidak ada yang mereka lihat, cintai dan rindukan, kecuali Sang Pencipta.

    Salam,

    • palsu amäat sory ya brow makan roti d bln puasa ulama macam pa an org 1 hari púasa romadhon d tingalkan d bayar puasa 1th berturut2 aja blm bisa terbayar itumah bkn kerendahan hati namanya smbrono

  4. assalamualaikum Wr Wb
    Terima kasih banyak atas segala informasinya,kalau bisa biografi mbah muntaha al hafidz Wonosobo diterbitkan karna beliau adalah ulama yang dicintai di wonosobo.terima kasih

    • Mas Wawan Chamami, buku biografi Kyai Muntaha Al Hafidz Wonosobo, kebetulan sy mengkoleksi. Biografi Gus Miek, sy juga punya. Kalau berminat, sy bisa kirim ke alamat jenengan tentang buku tsb. Salam, agus hend.ini hp.ku 08156868523., salam dari Jogja

  5. walaikumusslam ,,,,,syukron mau berkunjung ke blog ane

  6. ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    SEMOGA ALLOH MEMAAFKAN DAN MEMIBIRIKAN RAHMAT PADA GUS MIEK. KALAU KEULAMAAN GUS MIEK MUNGKIN SEKARANG INI SULIT UNTUK DI CARI PENGGANTINYA, NAMUN SAYA DENGAR DARI KALANGAN ULAMA NU BAHWA ADA JUGA SOSOK ULAMA MUDA YANG MODERAT HAMPIR SAMA DENGAN KH HAMIM DJAZULI YAITU YANG SERING DISEBUT-SEBUT OLEH MASYARAKAT BERNAMA GUS HAR (PROF.DR.KH.NANANG HARIADI ) AROSBAYA BANGKALAN MADURA KALAU TIDAK SALAH ALAMATNYA YANG JELAS MENURUT SAYA MEMANG BENAR BELIAU ITU SAMA DENGAN GUS MIEK AMIN

  7. WALAIKUM SALAM WR.WB
    ALHAMDULILLAH SALAM TA’ZHIM SAYA BUAT PAK KYAI ABDURRAHMAN…..INSYA ALLOH JIKA SAYA PUNYA BAHAN REFERENSI SAYA AKAN MUAT TULISAN TENTANG GUS HAR….SALAM SAYA BUAT PK KYAI

  8. SALAM KENAL BUAT AYIENK..

  9. Yunan Machmud

    Assalamualaikum wr.wb.

    Mas, saya mau tanya; kalau mau ikut acara Dzikir Ghofilin yang dulu di asuh Gus Miek Gimana caranya? Sekarang acara tersebut diasuh oleh siapa? Mohon dibalas mas ya…boleh juga melalui email saya:yunan@mandiriutama.com. Matur nuwun.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    Yunan Machmud

  10. Ass..mas Rony salam kenal.
    thanks atas kisah2 Gus Miek nya. Tambah lg yaa kl ada.
    Saya jamaah Dzikrul Ghofilin Jakarta, pimpinan KH Syamsul Ma’arif Hamzah (Gus Arif), murid Gus Miek.

  11. Assalamualaikum wr wb

    wahai saudara ku betapa indah kisah hidup seorang wali. saya membela gus miek dari hati. guru besar saya ingin kau angap menjadi pembelamu.

    doa dan rahmat tercurah untuk mu.

  12. salam kenal buat wiranata

  13. Assalamualaikum wr wb

    sesungguhnya allah .SWT maha mengetahui dari apa-apa yang kamu ketahui

  14. mas syahrony
    saya mohon infonya dimana saja pengajian DZIKRUL GHOFILIN yang ada di Jakarta ? terima kasih

    salam kenal coba antum tanya ke alamat ini

    Alamat.
    Jl. Malaka III No. 98-99 Malaka Sari Duren Sawit Jakarta Timur
    Jl. Kebun Pala I Tanah Rendah RT. 013/07 No.8 Jatinegara 13320 Jakarta Timur

    Phone (021) 860.1822 -7141.8738
    Mobile : 0856.9455.5270 -0817.795.775
    email : edo_zabeni@yahoo.co.id

  15. silahkan masuk jalantrabas.blogspot
    saya pada taon 2008 ketemu gusmiek salam kenal jack

  16. Ass.wr.wb Alhamdulillah saya pernah ktmu lgs bertatap muka dg Gus Sabuth dì suatu majlis jg sowan ke ndalem ploso beliau yg bersahaja lemah lembut tak dpt sy pikirkan bgmn dg Abah Beliau Gus Miek walaupn dibilng nyleneh tp itulah kharismanya sy yakin beliau mengajarkan pd murid santrinya utk dpt mengamalkan ilmu yg semestinya tdk utk menjadi santri/ulama yg adigang adigung adiguna sy yakin beliau akan sedih bila pirso ada murid santrinya yg mjd ulama memiliki sifat dmkn smg Allah memberi hidayah amin wass.

  17. innalillahi wa inna lillahi rojiun

  18. assalaamu’alaikum wr wb

    Mohon Informasi alamat :
    Prof.Dr.Kh.Nanang Hariadi ( Gus Har )

    Atas infonya saya ucapakan Terima kasih.

    Wassalaam…

  19. eh minta informasi tetntang Gus har donk , Prof.Dr.Kh.Nanang Hariadi; kirim ke email ku ya,IskandarMueda@gmail.com

  20. tolong diberikan profil lebih lengkap lagi tentang gus miek

  21. assalamualakum,
    mas tolong tambahin biografi gus mik dong.sekalian foto sekeluarga dari abahnya, ibunya dan ,saudara-saudaranya,pondok, dll. terimakasih
    waalaikum salam

    Waalaikumussalam

    afwan ga punya foto keluarganya

  22. assalamualak
    foto sekeluarga dari abahnya, ibunya dan ,saudara-saudaranya,pondok, dll. terimakasih
    waalaikum salam

  23. Liman ahabba ayyuhsyaro maal awlia wa sholihin

  24. subhanalloh.semoga kita selalu mendapat rahmat dari allah swt.aminnnn.dengan do’a para ulama.dan jangan berburuk sangka dulu dengan tingkah laku seseorang.

  25. Assamualaikum Wr.Wb
    Salam kenal dari anak pesantren juga..

  26. Gus Sabuth menjadi pengasuh Dzikrul Ghofilin didaerah saya…..dengan kyai Asmui Al hafidz….cah Tulungagung di jakarta……oh iya tulis juga dong ttg kyai yang ada di Tulungagung…

  27. salam dari surga buat waliallah gus mik. tak ada yang dapat sa ya katakan kecuali hanya kebesaran ALLAH semata yang dapat membuka tabir.
    terima kasih,dan sll hidupkan majelis dzikir agar sll dalam lindunganNYA

  28. ‘ala hadiniyah wakulu niatin sholihah ‘ala jamiil aulia khususon ila hadroty gus miek wa abihi romo yayi ahmad jazuli alfatihah…. cuma itu yang bisa aku haturkan untuk kiyaiku dari santri panjenengan yang masih nakal ini.

  29. assalamualaikum

    mas sorri baru bisa bls , kalau ngak ada ya foto-foto saudaranya .kalau blhngasih saran mas datengin aja pondok tempat tinggal gus miek tempatnya desa ploso kec. mojo kab kediri.,.,.,.,
    gitu aja mas kutunggu blsannya

    wassalamualaikum

  30. agung putra mulyana

    saya terharu mendengar kewalian beliau, bahkan saya bangga adanya semaan al qur’an jantiko mantab di jawa timur yang hampir menyeluruh di pulau jawa.

  31. bagi yg mo ikut dzikrul ghofilin msh ada kok…silahkan ke ploso aj……..skrang yg mimpin bagus abut pranoto projo…..putra mas mamik..

  32. Telah masyhur di kalangan kita bahwa sebagian besar manusia dalam menjalankan agamanya hanya mengikuti apa-apa yang di ajarkan oleh Kyai-kyainya, atau Ustadznya tanpa mengikuti dalil-dalil yang jelas dari agama ini. Mengikuti di sini yang dimaksudkan adalah mengikuti tanpa dasar ilmu. Mereka hanya manut saja apa kata Sang Kyai atau Sang Ustadz, seolah apa yang mereka katakan pasti benar. Di sini kita melihat kebenaran hanya diukur oleh ucapan-ucapan kyai/ustadz tersebut tanpa melakukan pengecekan terhadap dasar ucapan mereka. Mereka tidak mengecek apakah sumbernya dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, atau hanya bersumber dari hadits-hadits yang lemah, atau lebih fatal lagi bila bersumber dari hadits yang palsu. Inilah sesungguhnya Hakekat dari Taklid.
    Ingatlah wahai saudaraku kaum muslimin ….. bahwasannya kebenaran atau al haq itu bukan berdasarkan banyaknya pengikut atau status sosial orang yang mengucapkan, karena kebenaran akan tetap merupakan kebenaran meskipun hanya sedikit yang mengikutinya. Dan yang namanya kebatilan merupakan kebatilan sekalipun seluruh manusia mengikutinya. Dan kebiasaan mengekor tanpa ilmu ini jelas-jelas merupakan suatu hal yang sangat tercela. Bahkan Alloh mengharamkan untuk mengikuti sesuatu yang kita tidak mempunyai ilmu tentangnya. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran ” Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya .” (QS. Al-Israa : 36). Dan juga perkataan Imam Bukhori ” Bahwa ilmu itu sebelum ucapan dan perbuatan .” Dampak yang nyata terhadap hal ini ialah semakin jauhnya para muqolid (orang-orang yang taklid) ini dari ajaran Islam yang murni, dimana amalan-amalan mereka banyak yang bersumber dari hadits yang dhoif (lemah) atau bahkan hadits palsu dan bahkan mungkin mereka beramal tanpa ada dalil, hanya mengikuti ucapan Kyai atau Ustadznya. Jika dikatakan kepada mereka bahwa amalan mereka itu menyelisihi dalil yang shohih dari Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, mereka mengatakan “kami hanyalah mengikuti apa-apa yang ada pada bapak-bapak kami atau kyai / ustadz kami.”
    Contoh paling nyata sekarang ini, kebanyakan mereka mengaku mengikuti Madzab Syafii, Hambali, Hanafi, dan Maliki dari para imam-imam madzab. Padahal kalau kita tengok ajaran/perbuatan/amalan mereka sangat jauh dari perbuatan imam-imam madzab tersebut. Mereka begitu fanatik kepada madzab yang mereka ikuti, bahkan bila ada seseorang yang berkata yang perkataannya itu bertentangan dengan madzab yang mereka anut, walaupun ucapannya itu haq adanya, niscaya mereka akan menentangnya habis-habisan, dan yang demikian ini terjadi. Wahai saudaraku…padahal agama adalah nasehat, sebagai sesama kaum muslimin harus saling menasehati. Lantas bagaimana kalau sikap mereka menolak dari nasehat orang yang tidak sesuai dengan pendapat mereka (meskipun nasehat yang haq).

    Agama Islam dibawa oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian para shahabatnya meneruskannya, kemudian lagi para tabiin terus sampai jaman kita sekarang ini, kita harus mengikuti mereka. Dalam beragama itu harus mengikuti Al-Quran dan As-Sunnah yang shohih sesuai dengan pemahaman para shahabat Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kita harus memahami agama ini sesuai dengan pemahaman para shahabat karena merekalah orang-orang yang paling tahu tentang sunnah Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka adalah orang-orang pilihan yang dididik secara langsung oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kalau ada yang keliru diantara mereka langsung ditegur atau dibetulkan/diluruskan oleh Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi pada jaman shahabatlah agama ini sangat terjaga kemurniannya. Untuk itu kita wajib menjalankan agama ini sesuai petunjuk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dan sesuai dengan apa yang dipahami oleh para shahabat Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah sesungguhnya Hakekat dari Ittiba (mengikuti).

    Berikut ini akan kami sampaikan pendapat dari Empat Imam tentang masalah Taklid dan Ittiba :
    1. Imam Asy Syafii
    – “Tidak ada seorang pun kecuali dia harus bermadzhab dengan Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dan menyendiri dengannya. Walaupun aku mengucapkan satu ucapan dan mengasalkan kepada suatu asal di dalamnya dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang bertentangan dengan ucapanku, maka peganglah sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah ucapanku.”
    – “Apa bila kamu mendapatkan di dalam kitabku apa yang bertentangan dengan sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, maka peganglah ucapan Beliau dan tinggalkanlah ucapanku.”
    – Setiap apa yang aku katakan, sedangkan dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam terdapat hadits yang shohih yang bertentangan dengan perkataanku, maka hadits nabi adalah lebih utama. Oleh karena itu janganlah mengikuti aku.”
    – “Apabila hadits itu shohih, maka itu adalah madzhabku.”
    – “Kaum muslimin telah sepakat bahwa barang siapa telah terang baginya Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam maka tidak halal baginya untuk meninggalkannya karena untuk mengikuti perkataan seseorang.”
    – “Setiap masalah yang di dalamnya kabar dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah shohih bagi ahli naqli dan bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka aku meralatnya di dalam hidupku dan setelah aku mati.”

    2. Imam Ahmad bin Hambal
    Beliau berkata :
    – “Janganlah engkau mengikuti aku dan janganlah pula engkau ikuti Malik, Syafii, Auzai, Tsauri, tapi ambillah dari mana mereka mengambil.”
    – “Barang siapa menolak hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam maka sesungguhnya ia telah berada di tepi kehancuran.”
    – “Pendapat Auzai, pendapat Malik dan pendapat Abu Hanifah semuanya adalah pendapat, dan ia bagiku adalah sama, sedangkan alasan hanyalah terdapat di dalam atsar-atsar”

    3. Imam Malik bin Anas
    Beliau berkata :
    – “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia yang salah dan benar. Maka perhatikanlah pendapatku. Setiap pendapat yang sesuai dengan kitab dan sunnah, ambillah dan yang tidak maka tinggalkanlah.”
    – “Tidak ada seorangpun setelah Nabi , kecuali dari perkataannya itu ada yang diambil dan yang ditinggalkan, kecuali Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam .

    4. Imam Abu Hanifah
    Beliau berkata :
    – “Apabila hadits itu shohih maka hadits itu adalah madzhabku
    – “Tidak dihalalkan bagi seorang untuk berpegang kepada perkataan kami, selagi ia tidak mengetahui dari mana kami mengambilnya”
    – Dalam sebuah riwayat dikatakan,Adalah haram bagi orang yang tidak mengetahui alasanku untuk memberikan fatwa dengan perkataanku.”
    – “Jika aku mengatakan suatu perkataan yang bertentangan dengan kitab Alloh dan kabar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, maka tinggalkanlah perkataanku.”

    Demikianlah wahai saudaraku kaum muslimin, pendapat dari empat imam tentang larangan taklid buta. Mereka memerintahkan kita untuk berpegang teguh dengan hadits Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, serta melarangnya untuk mengikuti mereka tanpa melakukan penelitian. Jadi mereka para Imam yang empat melarang keras kepada kita untuk taqlid buta / membebek / mengekor tanpa ilmu.

    Barang siapa yang berpegang dengan setiap apa yang telah ditetapkan di dalam hadits yang shohih, walaupun bertentangan dengan perkataan para imam, sebenarnya tidaklah ia bertentangan dengan madzhabnya (para imam) dan tidak pula keluar dari jalan mereka, berdasarkan perkataan para imam di atas. Karena tidak ada satu ucapanpun yang dapat mengalahkan ucapan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bahkan ucapan para shahabat pun !!! Sebagaimana perkataan Ibnu Abbas :
    “Aku khawatir akan datang hujan batu dari langit, aku ucapkan Rosululloh berkata .., engkau ucapkan Abu Bakar berkata, …dan Umar berkata…”.

    Inilah sikap yang seharusnya kita ambil, mencontoh para shahabat, imam-imam yang mendapat petunjuk, di mana merekalah yang telah mengamalkan dien/agama ini sesuai dengan petunjuk Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, tidak mengada-ada (tidak menambah/mengurangi). Dan hal inipun menunjukkan kesempurnaan ilmu yang ada pada mereka (para Imam) dan ketaqwaannya. Kadang kala mereka mengakui bahwasannya tidak semua hadits mereka ketahui.Terkadang mereka menutupkan suatu perkara dengan ijtihad mereka, namun hasil ijtihad mereka keliru karena bertentangan dengan hadits yang shohih. Hal ini dikarenakan belum sampainya hadits shohih yang menjelaskan tentang perkara itu kepada mereka. Jadi sangatlah wajar bagi seseorang yang belum paham suatu permasalahan kembali berubah sikap manakala ada yang menasehatinya dengan catatan sesuai dengan sunnah yang shohih dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu Alam.

    …………………………………(QS.Al-Maidah : 3)
    Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.

    Kutbah Nabi yang terkenal ,Amma ba’du, sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, seburuk-buruk urusan adalah yang diada-adakan dalam agama, setiap perkara yang diadakan dalam urusan agama adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat………….dan setiap kesesatan berada dalam neraka.(Shahih Nasai no:1331, Muslim II:592 no:467 dan Nasai III:188)

    Musnad Ahmad dan Shahih Muslim
    Barangsiapa melakukan suatu amal (ibadah) yang tidak ada keterangan dari kami, akan tertolak.

    Imam Malik :
    Barangsiapa melakukan bid’ah dalam Islam dan menganggap baik, berarti ia telah meyakini bahwa Muhammad telah berkhianat dalam menyampaikan risalah

    Imam Syafi’i :
    Barangsiapa menganggap baik bid’ah, berarti telah membuat syariat baru.

    Ibnu Mas’ud :
    Ikutilah dan janganlah melakukan bid’ah karena agama sudah dicukupkan untuk kalian.

    Ibnu Abbas :
    Hendaknya engkau senantiasa bertakwa kepada Allah dan beristiqomah, ikutilah dan janganlah melakukan bid’ah.

    Ibnu Umar :
    Setiap bid’ah adalah kesesatan meskipun orang lain menganggapnya bagus.

    • Kalamullah
    “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun.” (Fathir: 28)
    • Sabda Nabi
    “Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. At Tirmidzi, dishahihkan Al Imam Al Albani)
    • Nasehat Salaf
    “Jika engkau bisa, jadilah seorang ulama. Jika engkau tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Bila engkau tidak bisa menjadi seorang penuntut ilmu, maka cintailah mereka. Dan jika kau tidak mencintai mereka, janganlah engkau benci mereka.” (Umar bin Abdul Aziz)
    Nasehat Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahumullah
    “Zaman ini adalah zaman kelembutan, kesabaran dan hikmah, bukanlah zaman kekerasan (kebengisan). Mayoritas manusia saat ini dalam keadaan jahil (bodoh), lalai dan lebih mementingkan duniawiyah. Maka haruslah sabar dan lemah lembut sampai dakwah ini tersampaikan dan sampai mereka mengetahuinya. Kami mohon petunjuk kepada Alloh untuk semuanya.”
    (Majmu’ Fatawa Samahatul Imam Ibnu Bazz (Juz VIII, hal 376) dan (Juz X, hal. 91))
    Nasehat Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullah
    “Wajib atas kita untuk berlemah lembut di dalam dakwah kita terhadap orang-orang yang menyelisihi kita, dan jadikan selalu firman Alloh Ta’ala berikut (sebagai pegangan) dan untuk selamanya : “Serulah mereka ke jalan Rabb-mu dengan hikmah dan nasehat yang baik, serta berdebatlah dengan mereka dengan cara yang lebih baik.” Dan mereka yang pertama lebih berhak untuk kita terapkan hikmah ini adalah mereka yang paling memusuhi kita di dalam dasar (mabda’) dan aqidah kita, hingga kita tidak menggabungkan antara beratnya dakwah yang haq yang Alloh memperteguh kita dengannya dengan beratnya cara (ushlub) kita berdakwah kepada Alloh Azza wa Jalla”

    Hanya satu kata saja dari saya mengutip firman alloh’ Walana a’maluna walakum a’malukum….bergaullah dengan Para ulama agar antum dapat memetik buahnya ilmu.

    • hai dafid aku ingin tau kamu ngaji di mana n kyaimu siapa.apa kyaimu suruh kamu untuk ngejelekin kyai lain….jangan ngku umat MUHAMMAD SAW kalau hati kamu masih ada sampahnya.

  33. al-khairu kulluhu fil-ittiba’ al-syarru kulluhu fil-ibtida’

    • askum…mf klu udah ikut bicara di artikel ini,aq rasa qt smua nggk usah sling b’debat yg nntnya bs menjdkan sling benci.di dunia ini ada 3hal ketentuan yg sdh di takdirkan allah…yg p’tama,orng yg mengetahui,mengerti sedikit hal&faham tentang sedikit hal.yg ke2,orng yg mengetahui,mengerti bnyak hal& faham tntng sedikit hal.yg ke3,orng yg mengetahui,mengerti tentang bnyk hal&faham serta mengetahui bnyk hal…..jd yg mnjd golongan ke2 hrs memaklumi golongan yg pertama,yg mnjd golongan ke3 ya hrs memaklumi golongan ke2&pertama…..

  34. sebenarnya yang dipermasalahkan apa sich??! menurut saya, apapun informasi yang kita dapatkan dari tulisan di situs ini, jika kita memang orang yang bijak, maka kita dapat mengambil hikmahnya. dan saya yakin orang-orang yang hadir di media ini adalah orang-orang yang tidak diragukan lagi kecerdasannya. jadi buat apa diperdebatkan, toh yang mau membaca kebanyakan orang-orang yang tahu sedikit banyak tentang Gus miek dan Islam. maka dari itu, ambil benang merahnya sajalah. janganlah orang-orang yang ahli agama ini membuat tulisan-tulisan yang semakin membingungkan bagi pembaca, terimakasih. Wassalam.

  35. assalamualaikum wr, wb.
    buat tofik dan ahmadhafid semoga Allah SWT memberikan taufik kepada anda. seharusnya anda berdua tinggal di Arab saudi.
    ingat ciri ciri orang suul khotimah diakhir hayatnya walaupun rajin ibadah, memungkiri, membenci, mencaci wali wali Allah SWT. lebih banyak baca buku agama agar luas pengetahuan tentang Agama jangan terpaku kepada faham Wahabi saja. ga bakalan nyambung pikiran ente .. al afwu. ALLAHU YAHDIIK

  36. Assalaamu’alaikum
    Allahumma sholli ala sayyidina wa mawlana muhammadin wa ala alihi wa sohbihi wa ahli baytihi

    kun ma’a Allah walam takun; kun ma’a man ma’a Allah walam takun; kun ma’a man ma’a man ma’a Allah

    wadkhilna al jannata ma’a al abroor

  37. aku minta informasi ttg buku 50 wali agung tolong kirim ke e-mail ini

  38. tofik ibarat sopir becak yang melihat gus miek yang seorang sopir pesawat.

  39. hanya wali yang tahu wali, bagi kaum awam yg dikenal hanya karomahnya saja. Ada sebuah kesaksian tentang Gus Miek dari seseorang yg ngenger di pondoknya (kebetulan orang tsb beragama bukan islam yg lagi mempunyai masalah keluarga). Suatu hari (jum’at) Ia mengantar Gus Miek ke Madiun untuk memberikan ceramah agama. Setelah selesai, maka rombongan tersebut kembali ke Kediri, dan ketika sholat jumat, temanku tsb mengingatkan Gus Miek agar sholat jumat, tapi beliau tetap menyuruh meneruskan perjalanan. Sesampai di ponpes, para santri menyalami Gus Miek sambil membicarakan hal-hal yg telah disampaikan dalam kutbah Jumat. Temanku pun bingung ‘hei le Gus Miek iku ning dalan numpak montor ambek aku, kok sampeyan ngomong Gus Miek ngasih kutbah jumat, piye to’, maka para santri menjawab ‘jenengan mboten ngerti lik’. Banyak karomah beliau yang telah ditulis dalam buku ‘Gus Miek’ maupun yang menjadi catatan harian bagi para sahabat beliau yg mungkin tidak perlu diceritakan, karena khawatir berakibat pada pengkultusan pada Gus Miek. Jadi ikuti saja Dzikir Ghofilin dengan takzim, semoga mendapatkan kebahagian. Salam dari penggemar dzikir ghofilin.

  40. ass..saya sudah baca buku2 tentang gus miek dan abahnya kh djazuli usman, pokoe mak nyuuss,dan siapa tak kenal maka tak sayang, kenali aja dulu brooo baru pada koment…wassalam

  41. assalamualaikum mas
    aku jamaah semaan qur’an al ghofilin, artikel ttng gus miek bagus bgt

    klo boleh kita tukeran link dengan niat dakwah islam
    alamat blogku

    http://berdzikir.wordprerss.com

  42. Assalamu alaikum wr. wb.

    Kami sangat berharap dapat sejarah perjuangan Gus Miek dalam amalmakruf nahianilmungkar.
    Trimakasih. Wassalamu alaikum wr. wb.
    kombali

  43. buat toufik,semoga Allah memberi taufik hidayah pada anda,dan semoga Allah membukakan mata anda dari kebutaaan……..?

  44. to:ahmadhafit,,malah keminter,km tu sapa brani2y bilang kyai-kyai pake dalil hadist palsu…km tu mlah sprti sahabat nabi,,sampe tau hadist palsu sgala..kyai tu gak asal ngajar tau!!!

  45. bwt cak tofiq n cak ahmadhafit, smpeyn itu klo mo koment about para kyai or wali2 Alloh mbok bc bismillah dan sholawat dl (but as long as i know u’r aliran mmg g’ suka dgn mjls sholawat)Jangan suka mencaci pr ulama’ cos mrk d bri o/ Alloh kemudahan dlm menerima ilmu Alloh dan mrk mencr ilmu Alloh tdk hy dr 1 smbr sj tp dr berbagai smbr cak!!!!dan mrk bkn org2 yg dgn mdh membid’ahkn sst.klo smpyn ngmng mslh bid’ah brarti smpyn ngecap Sahabat Rosulullah SAW yang jg d jamin msk surga Umar bin Khattab,Utsman bin Affan jg ahli bid’ah.

  46. ass. salam kenal tuk semua, ane jama’ah kebagusan zikrul ghopillin. klo ada yang punya cerita lain soal gus miek. kirimain ke email ane ya.. wass.

  47. minta cerita GUSMIK tolong kirimin ke email saya.syukron

  48. assalamualaikum………..nama saya M.as’ad dari banjarmasin….mau nanya…benarkah orang yang mendustakan karamah AULIYA dihukum kan MURTAD?……..kalo ada minta cerita karamah GUSMIK tolong kirimkan ke email saya: asdin33@yahoo.com

  49. Ass.slm knl bwt smany..ulama itu pewaris para nabi.qt ikuti para wali,kyai,ulama,ustadz.kl bkn mrk sp lg yg jd panutan qt?mg qt selamat fiddunya wal akhiroh amin..

  50. krisna wijaya

    To : Mas tofik
    Mungkin anda muhammadiyah ya, jika anda ingin memahami dan memasuki dunia sufi tanggalkan dulu faham anda, lalu pelajari dulu isinya. Apakah anda tahu untuk mencapai jalan wali diperlukan ketaatan kepada Allah sampai akhir hayat dan tidak pernah melanggar syariat walaupun hanya melanggar melalui hati, jadi anda harus paham dulu ini baru anda memahami wali, atau anda mungkin belajar dulu zuhud, wara dan ridho agar anda dapat memahami jalan kewalian. Anda berburuk sangka jika mengatakan seseorang lebih memuliakan wali dibandingkan dengan Muhammad saw, anda perlu mengkaji salah satu riwayat dibawah ini.
    Dikisahkan ketika Bayazid al busthami sedang memandang Allah dengan segala kenikmatanNya dan beliau tetap selalu ingin memandang Allah. Maka tiba – tiba beliau mendapat petunjuk dari Allah SWT bahwa jika ingin selalu memandangku maka ikuti jejak jalan Muhammad SAW kemudian ciumlah jejak bekas telapak kakinya. bisa anda menyimpulkan ini, jadi kesimpulannya Bayazid yang sulthonil aulia saja tidak sepadan dibandingkan dengan telapak kaki Muhammad bahkan beliau lebih rendah dari bekas telapak kakinya. Jadi jangan anda berpikiran bahwa pencinta wali Allah lebih mengagungkan wali daripada rosul, kami mencintai wali karena rosul lah yang menyuruh kami untuk mencintainya, jadi semata-mata kami hanya taat kepada rosul, mudah2an Allah melimpahkan rahma, taufik dan hidayah kepada kita. aamiin

  51. jay alfalah 2

    ass.pencinta aulia2 alloh ,ana suka bgt ama blog nya keep posting ysh.
    ilaahi anta maqsudi wa ridloka mathlubi ‘athiniy mahabbataka wa ma’rifataka.

  52. Sy suka blog ni..keren..buat mas ahmadhafit..smpean ngaji dulu gih jng asal nggacor aj,kminter smpean..kaya gini ni yg namany makan buah tp ga dkupas kulitny..ya ga enak lah..makany ngaji dulu ya..soalny ilmu smpean masih cetek..blm smpe klo ngomongin wali2 Alloh..

  53. samrotul fuad

    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    apapun yang kita lihat, kita rasakan, kita dengar atau apaun juga jangan gampang berburuk sangka, berposistif thingking gitu lho. ingat nasehat Imam Ghozali bila bertemu orang kecil kita disuruh untuk mengannggap bawa anak tersbut dosanya sedikit kalo ketemu orang tua kita hrs menganngap orang tersebut kebaikannya lebih banyak bahkan jika ketemu orang kapun kita harus berbaik sangka karena kita tidak tahu kalao orang matinya su’ul khotimah atau khusnul khotmah.
    untuk mas ahmadhafid dan mas tofik tolong jangan mudah menilai, biarkan orang2 menyintai wali2 allah menurut kadar kecintaannya dan kalaupun dg kecintannnya kepada Wali2 alllah menambah tingkat kemanan dan ibadahnya kepada Allah apa salahnya jadi tidak usah dikomentari yang enggak2 dan kalo ga stuju ya ga apa2

  54. Smoga kita semua diberi petunjuk oleh Allah… dengan limpahan rahmat yang besar . Dan di dekatkan hati kita masing2 dengan rasa mahabbah.. Wahai saudaraku jangan perbedaan membuat kita semakin berjauhan. Saling mencaci dan memaki.. Mari menghormati dan tidak saling menjustifikasi diri paling benar.. Ya Allah persatukan kami dengan kasih sayangMu bersama junjungan kami SAW dan wali2mu.. dan kumpulkanlah kami kelak bersama orang2 yang sholeh..Selamatkan kami dari perpecahan.. Ih dinashiro thol mustaqim..

  55. Rindu Kebenaran

    Assalamu’alaikum…saudarku, kaum muslim beragama islam. Aku mohon bantuannya..aku masih awam dlm hal syariat ato ilmu2 agama yang HAQ ini, sering bingung dengan keanehan2 yang terjadi pada kiyai2 tertentu.Apakah Nabi pernah memberikan tanda2 bahwa nanti sepeninggal beliau akan ada Wali2 yang mempunyai kelebihan. dan tlg jelaskan apa itu karomah?bagaimana kita bisa yakin bahwa itu bukan rekayasa jin atau setan. Maaf kalo ada salah. Aku lg bingung ni.Syukron. wassalamu’alaikum.

    • karomah pemberian ALLAH,al imamul ghozali pernah berkata:jgn heran dgn kelebihan/keanehan manusia sblm kau liat kapasitas ibadahnya,jika ada manusia bs terbang,burungpun bs, jk ada manusia bisa berada di tempat satu dgn tmpat yg lain dlm waktu bersamaan,jin dan syetanpun bisa…bukan karomahnya yg kita cntoh tp ibadahnya,akhlaknya dan keluhuran budinya…perkara karomah itu urusan ALLAH S.W.T. buat kita yg penting tingkatkan amal ibadah.

  56. hidup dikrul gofilin

  57. saya meraskan kesejukan dan ketenangan jwa ketika saya mengikuti amah dikrul gofilin.gk percaya cpet gabung…j

  58. orang yang tidak suka dengan para wali atau para ulama’ itu terdapat penyakit di hatinya yang sangat akut dan membahayakan mengaku cinta Alloh atau Nbi tapi tidak menyukai sesama muslim padahal dia tidak tahu seberapa derajatnya di hadapan Alloh

  59. mas lain kali tolong tuliskan biografi kh ali sanusi dari jekulo kudus

  60. inalilahi wainailaihi rojiun.semoga ALLOH mensejahterakan alm Gus mike.amin

    ass.kpd pembaca yang sering sok tinggidan gemar membangkang!!!belajarlah!!!lihatlah seorang mukmin yang betul2 disasyangi Alloh maka ia akan dinaikan derajatnya oleh Alloh.
    Janganlah kau hancurkan ruh islam hanya karena akalmu yang masih lemah!!!.janganlah kalian menjadi seorang ustad karbitan yakni ustad yang belajar agama secara instan!!!belajarlah dulu!!!wass.

  61. WAH….kok semua PANGLING-AN dengan ciptaan ALLAH…..jangan ngumunan,khan semua itu ALLAH yg menjalankan,kita tahu ALLAH RAHMAN & RAHIM…………………

  62. Bagi mas mas semua jangan gumunan, dan jangan lihat makhluknya , lihatlah apa yang ada dibalik makhluk yaitu Allah, jika Allah berkehendak apa yang tidak mungkin.

  63. terbitkan buku-buku tentang gus miek yg lengkap donk………..ato biografi belia….
    kalau bisa kirim ke ponpes girikusuma mranggen demek yach……..!!biar aku tdk kslitan mencrinya………..he…he….

  64. bagus mas wHab

  65. lam kenal buat smua.
    smg kt semua sllu dlm lndg-NYA amien
    mau mnt tlg nie jama’ah dzikrul ghopilin wlyh SERANG dmn????
    syukron jazilan,,,,

  66. itulah kemuliaan yang Alloh berikan kepada para kekasihnya ( waliyulloh ) semoga kita bisa mendapatkan barokah ilmunya….amiin, untuk tofik & hafid : tolong kalo ngaji diperdalam dulu sampai kelar, jangan punya ilmu sedikit sudah ngaku ulama…..

  67. Alfatihah ila ruuhi sayyidina rosulillah wa awliya illah khususon ila ruuhi KH Hamim Tohari Djazuli bin KH.Achmad djazuli Usman Annallaha ta’ala yagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu wa yanfa’una bi asrorihi wa anwarihi wa ‘ulumihi wa barokatihi wa nafahatihi fiddini waddunya wal akhiroh bi sirril fatihah ……………………………………………………….lam yazuq lam ya’rif…

  68. ketika ada orang yang sudah meninggal dan kemudian makammnya selalu didatangi oleh orang banyak untuk mendo’akan berarti beliau dulu ketika hidupnya sering mendoakan orang baik yang sudah meninggal atau yang masih hidup. Itulah salah satu tandanya orang-orang yang dicintai oleh Alloh SWT

  69. Gus Miek … I LOVE YOU FULL …

  70. PEMBUKA YANG LUHUR

    ass,…..
    Taufiq;belum sesempurna namanya…..
    A.Hafid;belum terjaga hatinya…..
    @taufiq,mulailah bljr sejarah nabi,mn mgkn nabi ga tau brg ghoib,….buktinya bs mi’roj.bknkah itu ghoib?
    @hfid,belajar dulu kitab jauharotut tauhid,…..kl ga ya ilmu alat anda ditambahi lg dgn balaghoh+mantik ya……biar tau sirri dr tiap2 ma’na yg tersirat,bkn yg tersurat ok!
    slm buat semuanya,wa bil khusus riyadin danisfatussunah bnti KH Hamim DJ hehehehe…..

  71. saya punya Al Quran kecil pemberian langsung dari Gus Miek kepada kakak saya,saya berniat menjualnya,km butuh uang yg berminat hubungi saya di hp 081221725999.

    • mdavidsannggaanarki

      kok dijual bkny diamalkan Allah akan mmbri rjqi min haitsu layahtasib bgi orng yng bnar2 mngutmakan akhirat

  72. Saya tertarik pada Gus Mik, karena sering bertemu Gus Mik di Masjid Setono Gedong Kediri. Tetapi saya nggak tahu kalau itu Gus Mik. Tolong dikirimkan ke email saya nasab Gus Mik KH Hamim Djazuli bin KH Djazuli Utsman bin…….bin……. bin…… bin……. dan seterusnya

  73. Bagi orang yang menolak kewalian, harap banyak banyak baca Dzikrul Ghofilin, mereka akan tau apa itu kewalian, dan karomah …

  74. Ass.
    Salam kenal

    Alhamdulillah apa yang saya baca, saya dengar, saya pahami, saya lakukan semata-mata untuk Allah SWT.

    Tentang segala hal yang menyangkut Gus Miek adalag urusan pribadi beliau salam mengambang amanah Allah dalam hidup di dunia ini. Kita semua yang masih hidup adalah bagaimana kita ini menyikapi, memetik hikmah, mentauladani, mengamalkan apa yang telah diajarkan Beliau kepada kita semua.

    Tentang beberapa komentar diatas (khususnya yang pertama kali) itu syah-syah saja, karena ketidak tahuan mereka dalam kesufian, alhambulillah sudah dijelaskan oleh Sdr. Sachrony, namun semua itu karena keterbatasan dalam pemahaman tentang keislaman yang benar, sebagaimana kepahaman Gus Miek yang benar pada Islam. Setahu saya bahwa Islam memberikan Rukun Islam yang 5 sebagai bagian dalam mengenal menyaksikan, melihat, mengenal, mengauli, menyerahkan diri seutuhnya ntuk dijadikan diri ini menjadi alat-alat Allah dalam menempuh umur (waktu) yang diberikan Allah pada kita guna mencapai “Kasampunrnaning Urip”). Hal ini semua dapat dipahami apabila kita memiliki dan mau, punya tekad yang kuat untuk memahami, menjalani dan mengamalkan semua kehendak Allah melalui anak tangga yang telah diajarkan Rosulullah Saw dengan Syariat, Tariqah, Hakekat dan Ma’rifat.

    Pendakian setiap insan dalam menempuh jalan Allah semua melalui Rukun dan Tangga Islam yang tersebut diatas. Jalan pintas juga ada, jalan mendaki juga ada, tinggal pilih yang mana, hanya saja pilihan itu wajub hukumnya bagi pencari Allah melalui bimbingan seorang Mursid. Para Awuliya yang sudah wafat seperti Gus Miek, Mbah Hamid, Mbah Sidiq, dan sebagainya adalah para Mursid dan Wali Allah.

    Tentang semua Ilmu Laduni, Karomah, Ilham, Wahyu dan sebagainya menjadi tidak penting kalau semua yang dilakukan adalah semata-mata untuk Allah. Namun semua akan didapatkan setelah semua yang kita lakukan telah terpenuhi walaupun sedikit yang di karuniakan Allah kepada kita semua. Sedikit dalam arti yang luas, karena kita juga diberikan pengetahuan yang sedikit juga oleh Allah. Dengan yang sedikit itulah untuk mengetahui dan mengenal Dzat Allah itu sendiri. Kurang bijaksana apabila kita mengenal Allah hanya dari Sifat, Asma, Af’alNya saja. Maka harus ditambah dengan mengenal Dzat Nya.

    Sehingga memahami dan menjalani hidup menjadi indah, universal, bijak, arif dan sebagainya. Dan pada akhirnya menjalani manusia Islam yang Rahmatanlilalamin sebagaimana yang telah ditulis dalam Al Quran. Maka harus ngalamin supaya menjadi Rahmatanlilalamin.

    Pegang teguh semua ajaran para nabi, para wali dan kyai dan jangan lupa selalu Ikhlas, Sabar dan Benar.

    Salam Ta’zim buat Guru dari Guru saya KH. Hamim Tohari Djazuli (GUs Miek).

    Wass
    Muji – Lamongan – Jakarta.

  75. "mbah kunting" jogja

    belajarlah yang benar……….buang rasa sombong…….buang rasa……keminter………kemlinthi……..kemethak.soale sliramu durung paham…..yen Alloh SWT…demen marang sawijining uwong yo ngono kui.bakal diwenehi anugrah/karomah kang sliramu do durung tekan mikerke.dadi ojo kuminter dsik yo le………lehmu sholat dibenake……lehmu ngaji didereske…….lehmu dzikir wengi ditingkatake……..wis yole anaku kabeh, mbah kunting arep wiridan dsik..

  76. I lope you gus miek.. Seandinya engkau masih hidup, aku rela berjalan dr kebumen ke ploso hy utk bersalaman dg mu.. Bg orang yg ndk suka sm gus miek.. Sy yakin dia bkn manusia..

  77. assalaamu’alaikum wr wb..

    salam kenal buat mas sachrony…

    kita yg banyak dosa, maksiat, kelalaian, akan susah mencapai ridho Allah tanpa adanya barokah dari para Auliya sebagai washilah kepada Allah…mudah2an dengan adanya Gus Miek dan Auliya Allah yang lain, kita bisa mendapatkan Barokahnya sehingga ridho Allah pun bisa kita raih dengan sukses…aamiin…

  78. caesar==>lampung

    assalamualaikum wr wb

    salam kenal,..
    mohon maaf saudaraku, jika aku tidak mengenal
    apa yang hangat di bicarakan.
    tolong bantu saya belajar tentang islam,…
    dan mohon maaf, pengetahuan saya tentang islam amat sangat dangkal dan awam.

    terimakasih,…

    wassalamualaikum wr wb

  79. Al’ulama warasatul ambiya’……Ulama’ adalah warisan para nabi,Gus Mik termasuk Ulama’ Agung…..
    bagi mereka yg gak percaya berarti ilmunya msh dangkal/ilmunya hanya sekedar taman kanak-kanak blm cukup untuk berpikir yg lebih dewasa,jadinya sok keminter…..

  80. Meskipun secara langsung saya belum pernah ketemu dengan GUS MIEK…..
    tapi sejak usia SMP saya sudah sering mendengar cerita tentang beliau…….
    KETIKA MEMBACA manaqib GUS MIEK,
    hati saya terasa trenyuh….
    Banyak kisah-kisah yang bisa diambil hikmah-nya.
    meskipun saya bukan kiai,,,tapi saya adalah orang yang MUHIBBIN dengan para HABAIB,KIAI & ORANG-ORANG SHOLIH.
    semoga torehan awal ini,bisa membawa BAROKAH bagi siapa saja…AMIN…

  81. buat tofiq dan ahmadhafid
    tidak ada kata lain silahkan mengaji lebih dalam
    dan mohon dengan hormat untuk menarik perkataan seperti itu

  82. asalamualaikum wr. wb.
    mas2 semua. ane berharap mudah2an kt semua sesama muslim selalu di rahmati Allah swt…mudah2an dengan Rahmatnya kita dapat melihat perbedaan dengan kasih sayang.
    karena kita tidak tahu kebenaran yang mutlak.
    boleh jadi apa yang kita anggap salah pada hakikatnya adalah kebenaran yg hakiki. ataupun sebaliknya. jadi jika ada diantara saudara2 kita mengingatkan/ menasehati dengan maksud menyampaikan suatu kebaikan..meskipun mungkin pada hakekatnya salah, ALANGKAH INDAHNYA kalau yang dinasehati membalas dengan SANTUN. karena yang sy pahami Rasulullah saw, para ahlult bait, para sahabat & wali Allah selalu bersikap SANTUN. bahkan Rasul sendiri membalas ejekan dengan senyuman… janganlah kita memfitnah orang yang kita cintai ( rasulullah, Wali Allah) dengan kekasaran dalam sikap & ucapan…sehingga nanti orang2 mempersamakan pengikut dengan pempimpinya dikarenakan tingkah laku kita yang salah…
    salam untuk semuanya mohon maaf atas segala ke khilafan……krn saya hanya mahluk Allah yang fasik.

  83. Alhamdulillah sekarang kita semua diberi tahu atas kebesaran Allah Swt. yang dikaruniakan kepada hamba yang disayangi Nya ?

  84. M.irfan.afandi

    Ya ALLOH pangjangkan umur para kyai,para habaib,para waliyulloh.persatukan satukan beliau.semoga saya yang bodoh ini bisa mengambil sedikit suri tauladan GUS MIEK.dan kalaupun yang sudah menghadap pangjenengan YA ALLOH ampuni dosa-dosa beliau dan terimalah amal ibadah beliau.

  85. q slu mrndkn engkau wahai waliyyullah…

  86. salam kenal buat semua, mas saya seneng bila semua hatinya bisa dingin menjawab setiap pendapat, beri pandangan bagi yang berbeda , namun sadari setiap perbedaan itu rahmat,mari kita tiru deh kesantunan wali wali kita kiyai2 kita.setiap kita pasti punya kekurangan maka pendapat orla bisa jadi sudut pandang yang belum kita punya nah bila dingin maka bisa memetik hikmah dari pandangan yang berbeda.buat bangga para wali itu bukan membelanya saja tetapi jalani petuah2nya ,kesabaranya keikhlasanya walau amat sedikit2 kita lakukan.

  87. Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah atas rahmat, hidayah dan petunjuknya sehaingga saya bisa mengenal “ikrul Ghofilin”, dengan iringan doa semoga Allah menjadikan saya soorang yang istiqomah mengamalkan zikrul ghofilin semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT. dan semoga Alm Gus Miek Allah tempatkan di tempat yang mulia. Amien.

  88. Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah atas rahmat, hidayah dan petunjuknya sehingga saya bisa mengenal “Zikrul Ghofilin”, dengan iringan doa semoga Allah menjadikan saya soorang yang istiqomah mengamalkan zikrul ghofilin semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT. dan semoga Alm Gus Miek Allah tempatkan di tempat yang mulia. Amien.

  89. Assalamualaikum saudaraku mudahan-mudahan para wali dirahmati Allah Swt, dan hak Allah yang mentukan siapa para walinya, kita semua hanya manuasia yang bodoh tanpa petunjuk darinya, dan kita tidak bisa menentukan siapa yg masuk sorga dan neraka termasuk diri kita sendiri, di hadapan Allah hanya kita sendirilah yang akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita, bukan orang lain biar pun orang tua kita, marilah kita perbaiki ibadah kita dengan cara lebih mendekatkan diri kepadanya, karena tidak ada seorang pun yang dapat membantu kita di hadapan yang maha pengasih kecuali amal baik kita, berbuat baiklah dengan sesama muslim karena merekalah saudara kita, semua perbuatan ada balasannya.

  90. Ini baru yang dinamakan benar2 ulama’ yang dhohiron wa bathinan, hal ini memang sudah biasa bagi Ahlul Muhibbina Lillah (Auliya’) karena mereka sudah berderajat nyegoro, namanya segoro walaupun dikasih najis berapa banyak pun ya tetep suci

  91. bos artikelnya bagus
    boleh saya post di tempat kami ya
    silahkan mampir…….

    http://www.antibanbocor.com/product/23/22/Rambu-resmi-tambal-ban/?o=default

  92. FACHRUDDIN ROHMAT

    WALI adalah manusia yang mempunyai kelebihan yang luar biasa,diluar batas kemampuan manusia biasa,yang Allah Swt berikan terhadap beliau (KAROMAH).cara da’wah/mensyi’arkan agama islam berbeda-beda………………sebagaimana GUS MIK..Mudah2an Allah mengampuni segala kekhilafannya…dan kita dapat memetik hikmahnya..semoga Allah memberikan kpd kita keberkahannya,karomahnya,kerahasiaannya,dan cahaya ilmunya yang bermanfa’at fiddunya hattal aakhiroh….Amiiin yaa robbal aalamiin….

  93. ass, sy tinggal di bekasi, ada ga yah majelisnya di bekasi…??? makasih wass

  94. FACHRUDDIN ROHMAT

    buat bang toyib,kalo ente ada minat mao gabung ke majlis gus mik [Dzikrulghofilin] di klender jakarta-timur …….hbngn no ini aja…..08128786122.02196235066..

  95. karomah itu bukan derajat yang luhur

    Tidak setiap orang yang memiliki keistemewaan itu sempurna kebersihan batin dan keikhlasannya.”

    Saat ini publik ummat sering menilai derajat luhur seseorang dari kehebatan-kehebatan ilmu dan karomahnya. Syeikh Abu Yazid al-Bisthamy pernah didatangi muridnya, yang melaporkan karomah dan kehebatan seseorang.

    “Dia bisa menyelam di lautan dalam waktu cukup lama…”
    “Saya lebih kagum pada paus di lautan…”
    “Dia bisa terbang…!” kata muridnya.
    “Saya lebih heran, burung kecil terbang seharian…karena kondisinya memang demikian,” jawabnya.
    “Lah, dia ini bisa sekejap ke Mekkah…”
    “Saya lebih heran pada Iblis sekejap bisa mengelilingi dunia…Namun dilaknat oleh Allah.”

    Suatu ketika orang yang diceritakan itu datang ke masjid, tiba-tiba ia meludah ke arah kiblat.

    “Bagaimana ia menjaga adab dengan Allah dalam hakikat, sedangkan adab syariatnya saja tidak dijaga..” kata beliau.
    Banyak orang yang mendalami ilmu pentetahuan, mampu membaca dan mengenal dalil, kitab-kitab, bahkan memiliki keistemewaan, tetapi banyak pula diantara mereka tidak bersih hatinya, tidak ikhlas dalam ubudiyahnya.

    Begitu pula ketika karomah dan tanda-tanda yang hebat itu disodorkan pada Sahl bin Abdullah at-Tustary, ra, beliau balik bertanya, “Apa itu tanda-tanda? Apa itu karomah? Itu semua akan sirna dengan waktunya. Bagiku orang yang diberi pertolongan Allah swt untuk merubah dari perilakunya yang tercela menjadi perilaku yang terpuji, lebih utama dibanding orang yang punya karomah seperti itu.”

    Sebagian Sufi mengatakan, “Yang mengagumkan bukannya orang yang memasukkan tangan ke kantong sakunya, lalu menafkahkan apa saja dari kantong itu. Yang mengagumkan adalah orang yang memasukkan tangannya ke kantong sakunya karena merasa ada sesuatu yang disimpan di sana. Begitu ia masukkan tangannya ke sakunya, sesuatu itu tidak ada, namun dirinya tidak berubah (terkejut) sama sekali.”

    Jadi karomah itu sesungguhnya hanyalah cara Allah memberikan pelajaran kepada yang diberi karomah agar perjalanan ruhaninya tidak berhenti, sehingga semakin menajak, semakin naik, bukan untuk menunjukkan keistimewaanya.

    Yang istimewa adalah Istiqomah. Karena itu para Sufi menegaskan, “Jangan mencari karomah, tetapi carilah Istiqomah.” Sebab istiqomah itu lebih hebat dibanding seribu karomah. Dan memang, hakikat karomah adalah Istiqomah itu sendiri.

    Bahkan Imam Al-Junayd

    al-Baghdady pernah mengingatkan, betapa banyak para Wali yang terpleset derajatnya hanya karena karomah.

    Syeikh Abdul Jalil Mustaqim pernah mengatakan, ketika anda diludahi seseorang dan anda sama sekali tidak marah, itulah karomah, yang lebih hebat dibanding karomah yang lainnya.

    Ketika dalam sebuah perkumpulan Thariqat Sufi, tiba-tiba ada seseorang datang, dan langsung membicarakan kehebatan ilmu ini dan itu, karomah si ini dan si itu. Lalu seseorang diantara mereka menegur,
    “Mas, kalau di sini, ilmu-ilmu seperti yang anda sampaikan tadi hanya dinilai sampah. Jadi percuma sampean bicara sampah di sini…” kenapa ilmu itu bagaikan sampah ? karena di dalam pengamalanya sama sekali tidak ada LILLAH nya…tidak lebih hanya demi agar bisa ini..bisa itu…

    Ada seseorang disebut-sebut sebagai Wali:
    “Wah dia itu wali, bisa baca pikiran orang, dan kejadian-kejadian yang pernah kita lakukan walau pun sudah bertahun-tahun lamanya…”

    “Lah, orang yang punya khadam Jin juga bisa diberi informasi oleh Jinnya tentang kejadian yang lalu maupun yang akan datang… Jadi hati-hati…”

    “Beliau itu keturunan seorang Ulama besar..”

    “Tidak ada jaminan nasab itu, nasibnya luhur di hadapan Allah…”

    Dan panjang sekali kajian soal karomah dan kewalian ini, yang butuh ratusan halaman. Tetapi kesimpulannya, seseorang jangan sampai mengagumi kehebatan lalu mengklaim bahwa kehebatan itu menunjukkan derajat di depan Allah. Tidak tentu sama sekali.

    • heh preman sawah,ibarat kamu dapat beras langsung kamu makan,tanpa d masak dulu.aku yakin kamu itu belajar islam baru2 ini aja.

    • bicara karomah, tapi gak tau maksute karomah.. hahahahahah..

    • maksud saudara preman sawah ini benar tetapi cara penyampaianya saja yang kurang tepat. saya yakin saudara preman sawah ini mencintai para wali Allah dan mengakui kelebihanya… dan kawan2 yang lain juga baik sekiranyalah kita saling menghormati satu sama lain dan saling mengingatkan apabilah ada kukurangan. ga usah pake otot apalagi nafsu angkara murka.. sesungguhnya kebaikan ada pada hati yang bersih.. semoga kita mendapatkan Ridho Allah dan mendapatkan syafaatnya..Amin

  96. Apa-apa yang sudah didapatkan dalam bathin anda Diam,pakai dan amalkan

  97. assalamu’alaikum..

    saya minta informasi alamat majlis dzikrul ghofilin yang ada di surabaya dan syarat apa saja untuk bisa menjadi jamaahnya. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum.

  98. to: preman sawah, mungkin anda harus blajar tntang definisi dari MUKJIZAT, KAROMAH & SIHIR yg smuanya itu adlah dr Allh.
    Mukjizat: Sesuatu yg luar biasa yg d berikn oleh Allh untk para nabi dn rosulnya
    Karomah: Sesuatu yg luar biasa yg d berikn oleh Allh untk hambanya yg dcintai yg d sebut wali tapi drajatnya karomah tdk akan melebihi Mukjizat sedangkan sihir itu untk orang2 yg syirik yg jauh dr rohmatnya Allh,

  99. to: preman sawah, mungkin anda harus blajar tntang definisi dari MUKJIZAT, KAROMAH & SIHIR yg smuanya itu adlah dr Allh.
    Mukjizat: Sesuatu yg luar biasa yg d berikn oleh Allh untk para nabi dn rosulnya
    Karomah: Sesuatu yg luar biasa yg d berikn oleh Allh untk hambanya yg dcintai yg d sebut wali tapi drajatnya karomah tdk akan melebihi Mukjizat sedangkan sihir itu untk orang2 yg syirik yg jauh dr rohmatnya Allh,

  100. RUTIN SETIAP MALAM JUM’AT KLIWON ADA ACARA DZIKRUL GHOFILIIN DI MAKAM GUS MIEK TAMBAK NGADI MOJO KEDIRI. HADZA NIDA’ LIMAN AHABBA AN YUCHSYIRO MA’AL AULIYA’ WAS SHOLIHIIN

  101. jangn salah mengartikan karomah, karomah hanya d berikan pd pr wali, dn mukjizat hnya d berikn pd pr nabi dn rosul tp klo kesaktian bs d miliki smua mahluk, dn yg tau wali hanya Allh dn pr wali itu sndiri, dn wali tidak akn mengaku dirinya wali, ksimpulanya karomah hanya d miliki hamba yg derajatnya luhur. tolng dprhatikan itu preman sawah!, untk lebih jelasnya silahkan ngaji kitab jawahirut tauhid, jangan asal nrocos masak iblis d bilang punya karomah.

  102. gimna ya cara donwload mp3 al,quran yg di k3eluarkan semaan jantiko mantab

  103. SYARI’AT: laksana perahu.
    THORIQOT: laksana lautan.
    HAQIQOT: laksana mutiara yg bernilai tinggi.
    ada 6 hal yg dirahasiakan ALLOH
    #WALI
    #RIDHO ALLOH
    #GHODOB {MARAH} ALLOH
    #SHOLAT WUSTHO
    #ISMUL A’DHOM
    #LAILATUL QODAR
    smoga “DZIKRUL GHOFILIN” bisa mengantarkan kt jalan menuju ALLOH SWT
    Salam siji NYALI wani…

    • Bukan cuman 6 mas, masih banyak lagi, seperti:
      #Hari kiamat
      #Rezeki
      #Ajal
      #Jodoh
      #…. silahkan dilanjutkan,,, kalo ngaji jangan merasa pernah cukup

  104. At-Tashdiq bi ‘ilmina hadza, wilayatun sughra…
    “Orang yg hatinya dibukakan Allah untuk menerima kebenaran ilmu para wali, berarti ia telah mendapat sebuah “kewalian” kecil”

  105. jabon

    salam kenal dan salah seikhwan ya …. salam …

    jabon

  106. Impossible is nothing bg Allah….
    Dan setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan msg2…..

  107. sampeyan2 itu pd debat gak karu2an,,,
    sampeyan2 pd debat pdhal yg didebatkan hak kekuasaan alloh.ASTAGHFIRULLOH HAL ADZIM…….ya ndak mungkin ketemu maz,,,,sy hanya ingin tanya sudahkah sampeyan2 berbakti pd bpk/ibu sampeyan??????? justru ini yang perlu anda debatkan boy!!!
    percuama klo sampeyan2 pd duebeat knceng2,tapi sama bpk/ibu tdk berbakti..betul to?!malu dong debat kya gituan

    terimakasih sudah baca komen saya dari (syeh komedi),

  108. Mugo-mugo isih podho nindhaake sholat kuabeh, dzikir jalan terus, ayem tentrem …

  109. dokter sufi jogja

    aku setuju bgt dgn “Syech komedi” anda orang mana syech?

  110. assalamualaikum..langsung aja aku kok jd bingung memahaminya,sebenarnya yang bener itu pakai ulama atau bgamana sih?tolong donk?

  111. fyan ali al ghauts

    alhmdulillah apapun yg anda bcrkn n anda dbatkn jlnkn ssuai dg kmantapan hati n ikuti hati nuranimu shg ht qt mnjd qolbun salim,bukan jd qolbun marid or qolbun mayyit yg hax saling mnguatkn hawa nafsu dirix yg saling bradu argumen kbnran,jd inti dr brpedaan adl kembalikn kpd dzat yg paling benar yakni alloh ‘azza wajalla..wallohu a’lam bis showab.

  112. Subhanallah saya amat takjub dan terharu membaca kisah hidup gus miek,sayang saya belum lahir saat beliau wafat……..

  113. bgmn boy sudah dingin?enak khan klo pake kpl dingin?!….santai aja,trm ksh saya syech komedi lagi…”slmt puasa 2010 boy…….”

  114. brdebat dg tujuan ziyadtul ilmi itu sangatlah bagus, krn ulama’ sholichin trdahulu sering melakukanya

  115. yag pentingg bertujun yang baik amiiin …

  116. K.H.M.MAJIDI AFFANDI ZEIN

    AQ TDK AKN BERDEBAT ATAS DASAR APAPUN.yg terpenting adalah Allah SWT,Rasulullah SAW,Al-qur`an,dan Hadist.

  117. tholib dzul khirts

    artikelnya bagus kang. emmm, kalo bisa aq minta biografinya KH. Asrori Al-Ishaqy surabaya , tolong ditampilkan di blog ini. syukron katsiron, wassalamu alaikum,

  118. siapa bilang berdebat tidak boleh?? berdebat itu boleh.debat itu mengungkapkan unek2 hati yang ada diperindividu seseorang.nah makanya setelah debat itu dikeluarkan masing2 individu,habis itu di diskusikan gimana jalan keluarnya permasalahan2 itu yang ada.biar ada jawaban yang tepat dan sepakat diantara kita. ok sobat. kl kurang puas atas masukan saya ini.bisa ditanyakan kembali ke saya langsung. alf&sukron
    by.khoerul

  119. mari kita kembali mengkaji pada surat AN_NISA disebutkan begini boy:”kenapa kamu berbantah-bantahan tersadap sesuatu,padahal “sekecilpun” kamu tidak berkuasa atas bantahanmu itu”….mari pahami ayat tersebut!!!!,jadi buat apa berdebat/bersitegang ssama muslim??!!gunakanlah Qolbu jangan gunakan nafsu sebab petunjuk alloh melalui Qolbu bukan nafsu!!! kembalilah pada al-qur’an untuk meng eliminir sgl perbedaan,ok boy……

  120. Dakwah yg sulit dilakukan oleh ulama masa kini

  121. Assalmkm..Bismillaah..Allaahumma Sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aalihii..Alhamdulillaah setelah membaca komentar saudara2ku yang kucintai karena allaah semata..kalau boleh saya ingin memberikan beberapa pandangan..Lebih indah kita selalu menjaga hati ini untuk selalu berbaik sangka terhadap Allah dan hambaNya yg mengajak manusia utk dekat dgn Allah yang diberi kemuliaan2 dariNya(Bedakah..sihir/keanehan org yg dikenal bersekutu dgn setan dibandingkan karomah/keanehan org yg dekat dgn Allah…SUNGGUH JAUH SEKALI BEDANYA SAUDARAKU!!!). Memang tiada yg dapat mengetahui yang ghaib selain Allah,tp lain halnya bila allah memberi tahukankan rahasia2Nya yang ghaib kepada hamba yg dikehendakiNYA.Sebagaimana Rasulullaah SAW yg dpt melihat Malaikat,jin,ruh sahabat yg dimandikan oleh malaikat setelah syahidnya,melihat org yg sedang disiksa dikuburnya, melihat Syurga & neraka,bertemu dan mengimami shalat ruh para nabi sewktu isra’ mi’raj…berita beliau mengenai kondisi mengenaskan yg akan menimpa kedua cucu beliau (silahkan lihat dlm kitab Imam Ibnu Katsir) dan banyak lagi lainnya keutamaaan pada diri Rasulullaah SAW. BUKANKAH SEMUA ITU ADALAH HAL GHAIB???Dan tidak mustahil pula di anugerahkan sedikit rahasia ghaib tsb kepada seorg yng sholih dari kalangan umat Muhammad SAW..tidak ada yg mustahil bagi Allah. Hendaknyalah kita jgn sampai merasa diri ini paling suci,paling alim karena Allah tahu siapa kita sebenarnya.sehingga dgn mudahnya menghukumi seseorg dgn tuduhan negatif..padahal kita blm bertemu dgnnya atau bermuzakarah dgnnya..siapa tahu ada ilmu2 yg kita belum tahu atau belum diketahui oleh para syeikh2 kita, karena ilmu allah sangatlah luas saudaraku…Sebagaimana maksud ucapan sahabat Abu Hurairah rda, bahwasanya beliau menghapalkan dua macam ilmu dari Rasulullaahh SAW. Satu ilmu yang dpat diterangkan atau disampaikan dan satu macam lagi disampaikan pada orang yg memang memiliki pemahaman yg cukup,karena menyangkut masalah khusus mengenai ketuhanan yg memerlukan keilmuan yg luas(baik ilmu alat dll) agar sanggup memahaminya.. ilmu yang ada di dalam dada para ulama dan manusia yng lain hanyalah setitik dari titiknya ilmuNYA ALLAH.. Contohlah para ulama2 salaf kita dahulu yg selalu bersilahturrahmi dgn ulama yg lain sebelum menilai akan sosok ulama tersebut. Bahkan tidak segan2 belajar dgn ulama tsb..jdilah kita sebaik2 hamba allah yg kelak menghadap allah dengan membawa hati yang selamat..

  122. buat tofik dan para pembenci wali: belajarlah lagi tentang biografi Nabi Muhammad SAW secara komprehensif, maka engkau akan tahu bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW benar-benar manusia terbaik dan sangat hebat. Kehebatan Gus Miek tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Beliau diberikan kemampuan untuk dapat langsung bertemu dengan Allah SWT dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, menjadi imam sholatnya para nabi, rasul dan malaikat dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, Beliau juga mengetahui hal-hal ghaib, Beliau menerima wahyu juga melalui malaikat Jibril yang merupakan makhluk ghaib, jd Anda salah besar karena telah mengatakan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad tidak mengetahui hal-hal ghaib, Kanjeng Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT dan para malaikat apakah kurang mjd bukti yang kuat bagi Anda? coba baca lagi Hadis Nabi secara komprehensif. Mukjizat-mukjizatnya luar biasa. Kanjeng Nabi Muhammad SAW mungkin saja dianggap gagal krn tidak berhasil “mengislamkan” pamannya sendiri Abu Thalib, akan tetapi coba hitung berapa orang yang sudah “diislamkan” oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW? Sangat banyak!! Anda baru mengetahui sedikit pengetahuan saja sudah seperti itu, berani menghina wali-wali Allah SWT.

    • perkara yang ghoib hanya Alloh SWT yang tahu…makhluk tidak tahu apa2 kecuali atas izin Alloh SWT.

  123. betul saudaraku, memang ulama kita sejak dari dulu membahas hal fikih &tafsir,lha makna dari membahas ini adalah “DISKUSI bukanya DEBAT”kenapa suatu negara kok belum makmur?????…….jawabnya gini boy: karena pejabat suatu negara itu sukanya debat,pdhal yang dibutuhkan itu bukan debat tapi DISKUSI,diskusi membahas smua aspek kenegaraan,,,,hahaha,,yato bro?!
    Dalam riwayat tidak pernah nabi melakukan “debat”,tapi nabi malakukan “diskusi” dengan para pemimpin kafir,ya to bro……?!

    >>>>>>>mari kita buka tafsir surat ‘abasa;jelas sekali khan disitu nabi muhammad berdiskusi dengan pemimpin kafir dalam rangka dakwah!!!lalu datang abdulah ummi maktum yang buta..
    jadi nabi tak melakukan debat tapi diskusi iya khan bro?…

  124. belajar nyantri(ahmad zamroni)

    subkhanalloh

  125. KASYF MA’NAWI SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI

    SEBAGAI PENGANTAR: SYEKH ABDUL QADIR JAILANI ADALAH SEORANG WALI ALLAH YANG MEMILIKI KEISTIMEWAAN YAITU KEDEKATANNYA DENGAN SANG PENCIPTA. SAKING DEKATNYA DIA DENGAN ALLAH SWT, MAKA DIA DIJULUKI PEMIMPIN PARA WALI ALLAH YANG ADA DI MUKA BUMI INI. HIDUPNYA BERTABUR KEAJAIBAN SEJAK BAYI HINGGA WAFAT. SEJARAH HIDUPNYA PENUH MIKJIZAT DAN KERAMAT. TIDAK MENGHERANKAN IA DIAKUI SEBAGAI PEMIMPIN WALI KERAMAT DALAM SEJARAH KEWALIAN. BAHKAN IBNU TAIMIYAH SENDIRI PERNAH MENYAKSIKAN BERBAGAI FENOMENA MUKJIZAT DALAM DIRI SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI.

    KENAPA DIA DIBERI KAROMAH YANG BEGITU DAHSYAT? UNTUK MENGETAHUI KUNCINYA, DISINI AKAN DIPAPARKAN KARYA SYEKH ABDUL QODIR JAILANI RISALAH AL GHAUTSIYYAH. KARYA INI ADALAH SEBENTUK DIALOG BATINIAH ANTARA ALLAH SWT (DIA) DAN SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI (AKU), YANG DITERIMA MELALUI ILHAM QALBI DAN PENYINGKAPAN RUHANI (KASYF MA’NAWI).

    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Sang Penghapus Duka. Shalawat atas manusia terbaik, Muhammad SAW. Berkatalah sang wali agung (Syekh Abdul Qadir Al Jailani), kepada ALLAH SWT.

    Allah SWT Berkata : “Wahai wali agung!”
    Aku menjawab : “Aku mendengar panggilan-Mu, Wahai Tuhannya si wali.”
    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, manusia adalah rahasia-Ku dan Aku adalah Rahasianya. Jika manusia menyadari kedudukannya di sisi-Ku, maka ia akan berucap pada setiap hembusan nafasnya, ‘milik siapakah kekuasaan pada hari ini ?’.

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, tidaklah manusia makan sesuatu, atau minum sesuatu, dan tidaklah ia berdiri atau duduk, berbicara atau diam, tidak pula ia melakukan suatu perbuatan, menuju sesuatu atau menjauhi sesuatu, kecuali Aku Ada [Berperan] di situ, Bersemayam dalam dirinya dan Menggerakkannya.”

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, tubuh manusia, jiwanya, hatinya, ruhnya, pendengarannya, penglihatannya, tangannya, kakinya, dan lidahnya, semua itu Aku Persembahkan kepadanya oleh Diri-Ku, untuk Diri-Ku. Dia tak lain adalah Aku, dan Aku Bukanlah selain dia.”

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, jika engkau melihat seseorang terbakai oleh api kefakiran dan hancur karena banyaknya kebutuhan, maka dekatilah ia, karena tidak ada penghalang antara Diri-Ku dan dirinya.”

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, kemanunggalan ruhani merupakan keadaan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Siapa yang percaya dengannya sebelum mengalaminya sendiri, maka ia telah kafir. Dan barang siapa menginginkan ibadah setelah mencapai keadaan wushul, maka ia telah menyekutukan Allah SWT.”
    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, sesungguhnya Aku Memiliki hamba-hamba yang bukan nabi maupun rasul, yang kedudukan mereka tidak diketahui oleh siapapun dari penghuni dunia maupun penghuni akhirat, dari penghuni surga ataupun neraka, tidak juga malaikat Malik ataupun Ridwan, dan Aku Tidak Menjadikan mereka untuk surga maupun untuk neraka, tidak untuk pahala ataupun siksa, tidak untuk bidadari, istana maupun pelayan-pelayan mudanya. Maka beruntunglah orang yang mempercayai mereka meski belum mengenal mereka.”

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, engkau adalah salah satu dari mereka. Dan di antara tanda-tanda mereka di dunia adalah tubuh-tubuh mereka terbakar karena sedikitnya makan dan minum; nafsu mereka telah hangus dari syahwat, hati mereka telah hangus dari pikiran dan perasaan buruk, ruh-ruh mereka juga telah hangus dari pandangan yang melalaikan. Mereka adalah pemilik keabadian yang terbakar oleh cahaya perjumpaan [dengan Tuhan].”

    wallahu a’lamu bis showab……

  126. Bagi orang yang gak percaya wali… .

    KASYF MA’NAWI SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI
    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Sang Penghapus Duka. Shalawat atas manusia terbaik, Muhammad SAW. Berkatalah sang wali agung (Syekh Abdul Qadir Al Jailani), kepada ALLAH SWT.

    Allah SWT Berkata : “Wahai wali agung!”
    Aku menjawab : “Aku mendengar panggilan-Mu, Wahai Tuhannya si wali.”
    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, manusia adalah rahasia-Ku dan Aku adalah Rahasianya. Jika manusia menyadari kedudukannya di sisi-Ku, maka ia akan berucap pada setiap hembusan nafasnya, ‘milik siapakah kekuasaan pada hari ini ?’.

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, sesungguhnya Aku Memiliki hamba-hamba yang bukan nabi maupun rasul, yang kedudukan mereka tidak diketahui oleh siapapun dari penghuni dunia maupun penghuni akhirat, dari penghuni surga ataupun neraka, tidak juga malaikat Malik ataupun Ridwan, dan Aku Tidak Menjadikan mereka untuk surga maupun untuk neraka, tidak untuk pahala ataupun siksa, tidak untuk bidadari, istana maupun pelayan-pelayan mudanya. Maka beruntunglah orang yang mempercayai mereka meski belum mengenal mereka.”

    Lalu Dia Berkata kepadaku : “Wahai wali agung, engkau adalah salah satu dari mereka. Dan di antara tanda-tanda mereka di dunia adalah tubuh-tubuh mereka terbakar karena sedikitnya makan dan minum; nafsu mereka telah hangus dari syahwat, hati mereka telah hangus dari pikiran dan perasaan buruk, ruh-ruh mereka juga telah hangus dari pandangan yang melalaikan. Mereka adalah pemilik keabadian yang terbakar oleh cahaya perjumpaan [dengan Tuhan].”

    wallahu a’lamu bis showab……

  127. Subhanallah, saya tersadarkan diri bahwa kecintaan ALLAH kepada makhluknya tak pernah terbatas namun sadarkah diri saya!!! ALLAHU AKBAR… saya adalah orang yang memerlukan pertolongan
    para kyai-kyai yang sudah membagi, membimbing, mengantarkan ruhani kita menuju sirotolmustaqim begitu tulus tak berharap apapun….
    poro habib dan romo kyai… matur sembah nuwun atas perjuangannya…
    ALLAHU AKBAR

  128. Ass. Wr.Wb,
    Salam kenal,… saudara-2ku yang dicintai Allah SWT.

    Saya, sudah membaca semua komentar-2 saudaraku… ada yang pro,.. ada yang kontra… itulah menunjukkan keragaman alam pikiran manusia pada setiap tingkatan pemahaman masing-masing pribadi sehingga, perbedaan tersebut mewarnai kehidupan & khasanah ke-Tauhidan kita kepada Yang Maha Pencipta Alam Semesta dan seisinya untuk menuju kesempurnaan pemahaman secara hakiki.

    Dalam memahami/menilai sesuatu,… bagaikan sebuah tempat akuarium yang dapat dinilai/dipahami dari beberapa sisi/ sudut pandang sejauh pribadi itu memandangnya dari sudut/sisi yang mana.

    Memang, kebenaran yang sempurna adalah hanya milik Allah SWT Yang Maha Benar dan Sempurna.

    Perihal Kharomah ke-Wali-an yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluk pilihan ciptaan-Nya semasa hidupnya semata-mata Allah telah menampilkan Sifat-sifat Nya kepada kita semua.

    Yang Maha Hidup dan menghidupi, Yang Maha Berdiri Sendiri (tanpa dipengaruhi yang lain/ sak karepe dewe (orang Jawa bilang)), Yang Maha Pengasih dan Penyayang dll. semuanya telah ditampilkan oleh Allah melalui Gus Miek semasa hidupnya…. Allaahu Akbar.

    Saudara-saudaraku, marilah kita sesama makhluk ciptaan-Nya saling menyayangi dan menghargai pendapat yang lain … mari kita saling terbuka dalam konsep masing-2 yang kita punya untuk saling mengisi segala kekurangan karena Yang Maha Benar adalah milik Allah semata. Hindarkanlah permusuhan hati pada sesama.

    Sesungguhnya apa yang kita sebut Bencana, Musibah atau Allah telah murka,…pada hakekatnya adalah itulah tampilan dari Sifat Rahman dan Rahim Allah semata untuk menjaga keseimbangan Alam semesta berikut makhluk-2 ciptaan-Nya.

    Semoga kita semua tergolong umat yang beruntung , yang selalu berfikir dan sadar atas kekuasaan dan kebesaran NYA… Amien.

    Wassalam Wr.Wb.

  129. Assalamualaikum…
    Kepada para ikhwanul muslim dan mukmin dan kepada penulis mohon bantuan saya sangat merindukan seorang guru bisakah memberikan referensi atau bahkan jadi mediator saya ke sang guru. terima kasih sekali
    jika dari antum ada yang mau menolong dan membantu saya salam kenal :
    saya darul
    hp : 081325001789 ( silahkan Hub saya )
    Kota : pati
    Syukron katsir

  130. nek G ono ulama, kyai ,islam G mlaku dul?!!!!
    lha sing menehi palajaran sunahe nabi muhammad q yo poro kyai/ulama dul?!!!!
    wis sak mestine awake dewe q matur nuwun karo poro kyai/ulama,mergo deweke,awake dewe dadi sukses….mulo komputer sampeyan gantinen disik ojo mung pentium nanging core 2 duo ben G bebel!!!<

  131. kanggo kang darul bismillah,tak dongakno sampeyan cepet kasil nemu guru utowo mursyid,tak dongakno ugo sampeyan sukses mergo niat sampeyan mulia kang,amin

  132. antm-antm ini. pada ribut apa sih…???
    antm ini sohibul bodoh. tapi pada kaya ngerti aja lagunya.
    orang smuanya yang bikin alloh ko pada ribut.
    emang alloh kaya luh.. alloh itu dzatul wajibul wujud. tau………..
    jadi alloh mau bikin kaya model syeh gus mik. ya terserah alloh. mau bikin orang yang cuma ngomongnya hadis&qur’an aja dalam kehidupanya. ya terserah alloh. mau bikin badan orang.kepalanya wedus. ya terserah alloh. orang alloh itu KUDROT,IRODAT,ILMUNYA WAJIB ko.
    malah kamu yang repot.
    MAKANYA FAHAMI DULU SIAPA ALLOH DAN ROSULULLOH. JADI GA PADA BINGUNG N KEDER KAYA GITU TERHADAP APA YANG ADA DI ILMU2 TERSEBUT.
    jadi antm2 ini bisa menjalani dan menekuni ilmu2 rosululloh tersebut dg tawadhu dan bijaksana.
    ORANG ROSULULLOH AJA ANTM2 SMUA BELUM PADA TAU. APALAGI ALLOH NYA!!.
    ya pantes lah pada ribut dan saling menyalahkan satu dg lainya kaya gitu!!. ada yg ga percaya kramat lah,ada yg ga seneng tahlil,maulid,ziarah kubur lah. yg pd intinya mereka itu belum tau rosululloh dan alloh sebenarnya…
    *INGAT*. BODOH ITU MUSUH ALLOH.
    jadi antm jangan jadi orang bodoh. faham kan maksud saya??.

    MARAH NICH.. BIKIN HATI W NEK AJA. W DO’A IN MATI SUUL KHOTIMAH N GA KETEMU ROSULULLOH SAMA SKALI. BARU RASA LOCH..

    alf. fren
    ass wr wb….

  133. Allohumma solli ala… muhammad…..

  134. berpura-pura bodoh sajalah, biar lebih damai di hati. Apalagi umurku masih kurang dari setengah abad dan tiada pantas berikan nasihat. Masih belum pandai kendalikan nafsu. jadi baiknya ya menjauh dulu dari dunia ramai, menghindari perdebatan dan senatiasa waspada. Jadikan diri bak laron mencari dian.

  135. berpura-pura bodoh sajalah, biar lebih damai di hati. Apalagi umurku masih kurang dari setengah abad dan tiada pantas berikan nasihat. Masih belum pandai kendalikan nafsu. jadi baiknya ya menjauh dulu dari dunia ramai, menghindari perdebatan dan senatiasa waspada. Jadikan diri bak laron mencari dian.

  136. Ass…

    Terima Kasih banyak tentang biografi Gus Miek dan saya jamaah Dzikrul Ghofilin

    Wassalam

  137. Ini video dakwah Gus Miek dari YouTube:

  138. Rosululloh..,yang dibebaskan dari semua kesalahan oleh Allah pun tidak pernah menenggak khomer..,dalam semua Sirah Nabi pun tidak ada yang mengisahkan..,bahkan sahabat dekat pun tidak ada yang mngisahkan..,Yang bisa mnyebut seseorang itu ulama'(yang menilai) itu juga harus ulama’.
    Jika cuma antum2 yah sapa yang percaya..,ingatlah saudaraq…,UMAT ISLAM KEBANYAKAN LEBIH MELIHAT KAROMAH..,BUKAN SYARI’AT..,BAGAIMANA MUNGKIN ADA KAROMAH YANG BERTENTANGAN DENGAN SYARI’AT?????KALAU BUKAN MUSLIHAT????KAROMAH ITU DARI ALLAH..,MANA MUNGKIN ALLAH MEMBERI KAROMAH DENGAN HAL-HAL YANG DI LARANG NYA???? BISA SAJA ITU MUSLIHAT JIN, saya juga dari keluarga besar NU..,memang gus miek adalah kyai yang gigih berjuang…,namun jika beliau punya kesalahan atau sedikit ke anehan..,itu wajar..,kita tidak boleh menghujat..,dan juga jangan menganggap setiap keanehan kyai malah karomah..,gus Miek adalah manusia biasa juga seperti kita..(jangan berlebih-lebihan/ghuluw), jika beliau aja masih salah..,tentu apa lagi saya dan antum semua..,ingat disini tidak ada yang menghujat atau mengolok,
    Ingat Kisah jaman Nabi Nuh??? Terdapat 5 orang yang sholih yang di agung2kan..,ketika Orang sholih itu wafat..,setan membisikkan di hati..,datangilah kuburnya..sebagai penghormatan..,ketika generasi berikutnya..,datanglah dan berdoalah karena mereka orang soholih d jamannya..,ahirnya sampai buatlah gambar dan patung..,yang ahirnya di sembah anak2 cucu2 nya..dan ADZAB lah yang datang..,
    Homatilah Ulama’ dan Jangan Berlebih2an
    Wallahualam….
    Jika Saat ini juga Diperlihatkan di perlihatkan orang mati di hidupkan kembali..,jangan mudah TAKJUB..,namun tetap peganglah SYARI’AT, mari kita kuatkan AQIDAH kita saudaraku semuaa

    • Bukan mencela, bukan minteri, tapi sekedar berbagi. Ilmu di dalam islam sungguh sangat luas. Ada ilmu Syariat, Tariqat, Ma’rifat, dan ilmu hakikat. Ya seyogyanya marilah kita selalu membuka pikiran untuk menerima setiap ilmu yang ada.
      Jika melihat Gus Miek meminum Hamr/alkohol, Gus miek sudah menjelaskan bahwa dia tidak meminum hamr, hakikatnya hamr itu beliau buang ke laut, Apakah itu tipu daya Jin atau ilmu dari Allah ? Wallahu’alam bisshawowab, Tetapi tidak ada yang mustahil bagi Allah.
      Mari merujuk kepada kisah Nabi Khidr a.s, Nabiyullah yg diyakini sampai sekarang masih hidup dan menjadi gurunya para Wali. Mari di simak sekelumit kisah Nabi Khidr dan Nabi Musa. Kalau ingin lengkapnya baca aja Al-Qur’an 65-82 :)
      Al Kahfi 70. Dia berkata: “Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apapun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu”.
      Intinya tunggulah orang yang Melakukan hal yang kita anggap aneh itu menjelaskan apa yg dia lakukan. Soal percaya tidak percaya itu pribadi masing-masing. Sebagaimana kisah Gus Miek yang di dalam mulutnya terdapat samudera yang luas. Kalau di bilang Khayal gak Mungkin, ya gpp lah. Tapi lebih khayal lagi dan gak mungkin lagi Kisah Isra’Mi’raj Nabi Muhammad yang kalau mau dibilang karomah itu adalah maha Karomah. Mau bilang Isra’ Mi’raj Kisah di luar Nalar, mungkin memang kisah itu di luar nalar. Kalau mau bilang kisah-kisah itu sangat masuk akal, bisa saja. Alm. KH. Zainudin MZ menganalogikan seekor semut yang pergi Jakarta-Surabaya hanya 45 menit, tentu tidak mungkin kalau semut itu berjalan sendiri, tetapi sangat mungkin jika semut itu hinggap dibaju orang yang pergi naik pesawat GARUDA INDONESIA Jurusan Jakarta-Surabaya.
      Kalau seorang manusia pergi ke Sidrotul Muntaha/langit sap 7 sendirian dalam waktu 1 malam tentu itu sangat tidak mungkin. Tetapi sangat mudah bagi Allah Zat yang serba Maha kalau hanya untuk menjalankan Kekasihnya hanya dalam 1 Malam, semudah Allah meletakkan Samudra di mulut Gus Miek. Wallahu’alam.

      Al-Kahfi 74 : “Maka berjalanlah keduanya; hingga tatkala keduanya berjumpa dengan seorang anak, maka Khidhr membunuhnya. Musa berkata: “Mengapa kamu membunuh jiwa yang bersih, bukan karena dia membunuh orang lain? Sesungguhnya kamu telah melakukan suatu yang mungkar”.

      Secara syariat apa yang dilakukan Khidr sangat tidak dibenarkan. Bagi orang Awam termasuk Nabi Musa (Awam terhadap ilmu yang dimiliki Hidr) Membunuh anak yang belum jelas Masa depannya. Namun di ayat selanjutnya di jelaskan.

      “Dan adapun anak itu maka kedua orang tuanya adalah orang-orang mukmin, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran. Dan kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (kepada ibu bapaknya).” (QS Al-Kahfi: 80-81)

      Sebenarnya Hidr sudah menjelaskan kepada musa sebelumnya yang diceritakan pada Ayat berikut :

      67 Dia menjawab:` Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersamaku.(QS. 18:67)

      قَالَ إِنَّكَ لَنْ تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا (67)
      Dalam ayat ini Al Khidir menjawab pertanyaan Nabi Musa sebagai berikut: “Hai Musa, kamu tak akan dapat sabar dalam menyertaiku. Karena saya memiliki ilmu yang telah diajarkan Allah kepadaku yang kamu tidak mengetahuinya, dan kamu memiliki ilmu yang telah diajarkan Allah kepadamu yang aku tidak mengetahuinya.
      Kemampuan Al Khidir meramalkan sikap Nabi Musa kalau sampai menyertainya adalah berdasar ilmu ladunny yang telah beliau terima dari Tuhan di samping ilmu anbiya yang dimilikinya, seperti tersebut dalam ayat 65 di atas. Dan memang demikianlah sifat dan sikap Nabi Musa yang keras dalam menghadapi kenyataan-kenyataan yang bertentangan dengan syariat yang telah beliau terima dari Tuhan.

      68 Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu? `(QS. 18:68)

      Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Kahfi 68
      وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَى مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا (68)
      Dalam ayat ini Al Khidir menegaskan kepada Nabi Musa tentang sebab Nabi Musa tidak akan dapat bersabar nantinya kalau terus menerus menyertainya. Di sana Nabi Musa akan melihat kenyataan pekerjaan Al Khidir yang secara lahiriyah bertentangan dengan syariat Nabi Musa as. Oleh karena itu Al Khidir berkata kepada Nabi Musa: “Bagaimana kamu dapat bersabar terhadap perbuatan-perbuatan yang lahirnya menyalahi syariatmu, padahal kamu seorang Nabi. Atau mungkin juga kamu akan mendapati pekerjaan-pekerjaanku yang secara lahiriyah bersifat mungkar, sedang secara batiniyah kamu tidak mengetahui maksudnya atau kemaslahatannya.”

      Dari kisah di atas sangat jelas jelas, Bahwa Allah tidak hanya memberikan ilmu-ilmu syari’at, namun memberikan Juga ilmu Hakikat kepada orang-orang yang Allah Kehendaki.

      Secara syari’at meminum hamr adalah Haram, Namun jika Allah memberikan ilmu kepada Gus Miek yang kita tidak MUDENG, Tidak paham tentang ilmu itu tentu kita akan menganggap Hal itu salah sebelum kita mendapatkan penjelasan dari Gus Miek dan mempercayai penjelasan Beliau.
      Sebagaimana Musa menganggap Hidr adalah orang yang mungkar (Al-Kahfi 74) sebelum Hidr memberikan penjelasan tentang apa yang di lakukannya.

      Jika cerita Gus Miek di atas memang benar terjadi, Gus Miek telah memberikan pencerahan kepada para pemabuk tersebut sehingga mereka bertaubat.

      Dari uraian saya di atas tentu pertanyaan Mas Muhammad bisa di jawab:

      BAGAIMANA MUNGKIN ADA KAROMAH YANG BERTENTANGAN DENGAN SYARI’AT?????KALAU BUKAN MUSLIHAT????KAROMAH ITU DARI ALLAH..,MANA MUNGKIN ALLAH MEMBERI KAROMAH DENGAN HAL-HAL YANG DI LARANG NYA???? BISA SAJA ITU MUSLIHAT JIN

      Pertanyaan itu telah di jawab Al-Quran dari cerita Hidr yang membunuh anak yang jiwanya bersih (menurut Nabi Musa). Jelas tidakan Hidr bertentangan dengan Syariat, Namun dengan karunia Allah Hidr mampu melihat masa depan Anak itu.

      Dari beberapa komen di artikel yang lain yang membicarakan tentang karomah Wali-wali Allah, banyak yang bilang “Nabi Muhammad aja gak pernah menunjukkan karomahnya”.
      Jangan salah, kalau Ibarat hidup ini adalah menonton pertandingan bola, MUHAMMAD SAW itu manusia yang diberi fasilitas paling lengkap VVVVVVVIP oleh Allah :) Bahkan JIbril pernah menawarkan untuk merubah Gunung Uhud Jadi emas. Dan maha Karomah/Mukjizat Rasullah Muhammad SAW terbesarnya adalah Al-Quran yang sampai saat ini masih bisa kita nikmati. :D

      Semoga bermanfaat dan ingat ini hanya sekedar Berbagi bukan Minteri apalagi Mencaci.

  139. Tertarik; Bagi sy wali adalah penerus Nabi. tanpa ada wali perjalan hidup umat didunia ini tdk akan terarah dengan benar. mengenai dakwa Gus miek , bgi sy itu adalah perjalann dakwa yang luar biasa dan tdk semua ulama’/ kyai yg bisa melkukannya. cos dakwa didunia modrn yg glamour penuh dengn tantangan yg berat. perlu diingat memerangi hawa nafsu adalah perang terbesar bahkan perang badarpun tdk ada apa2nya. tpi saat ini sy hanya ingin mengetahui sejauh mn anak keturunan Gus miek bisa mewarisi/ meneruskan perjuangan bapaknya. saya jg ingin bertanya siapakah istri/ permpuan yg pd saat itu bisa menarik perhatian Gus miek sehingga sampai dijadikan istrinya? dri keturunan siapakah perempuan tersebut? tolong dijawab.

  140. masya alloh… masya alloh…
    ajib ya kalian smua ini. luar biasa dah. sampe2 ga bisa ngomong lagi di diri kalian smua ini. masya alloh.
    saya hanya bisa kasih masukan sedikit sama sobatku yg sholeh2 smua.
    jd ada 3 hukum biar antm smua tidak bingung N keder dalam menghukumi perkara tersebut. yaitu:
    1- ada hukum aqli
    2- ada hukum sar’i
    3- ada hukum adiah(sunattulloh)
    #hukum aqli dibagi 3 yaitu:
    1-WAJIB, 2-MUSTAHIL, 3-JAIZ.
    #hukum sar’i dibagi 5 yaitu:
    1-WAJIB, 2-HAROM, 3-SUNNAH, 4-MAKRUH, 5-MUBAH.
    #hukum adiah(sunattulloh) dibagi 4 yaitu:
    1-ROBTUL WUJUD BIL WUJUD
    2-ROBTUL ADAM BIL ADAM
    3-ROBTUL WUJUD BIL ADAM
    4-ROBTUL ADAM BIL WUJUD.

    itu saja masukan sedikit dari saya. mudah2an ada manfaatnya yang menjadikan kita saling menangkap masukan para sobat dan bisa menangkap kefahaman kpd sobat2 kita. dan menjadikan kita lebih dekat dengan alloh dan rosululloh. dan menjadikan silaturohmi kita tetap terjaga ila yaumil kiyamah. amiin ya robbal alamiin..

    alf. sy tdk bs menjelaskan itu smua.

  141. subhanalloh, waliyulloh gus miek benar-benar luar biasa…
    beliau diberi amanah oleh Alloh untuk mengajak hamba-hambaNya yang terjatuh di lembah hitam untuk bertaubat dan kembali mengabdi kepada Alloh Al Haqq..
    sungguh luar biasa, betapa senangnya mereka yang telah disadarkan Alloh melaluinya..
    gus miek adalah sosok yang berani, kedermawan hatinya mewarisi kedermawanan syech abdul qodir jaelani dan rosulillah.
    saya dapatkan kisah beliau dari guru saya sohibul barokah wal karomah abah kh junaedi albaghdadi, bekasi. cara dakwah abah mirip dengan gus miek. tidak sedikit para pelacur, germo, bajingan, raja judi dan preman taubat dan kembali ke jalan yang benar melalui tangan abah dg izin Alloh. mirip sekali dengan gus miek.
    dulu pernah gurunya abah, seorang waliyulloh juga, syech ahmad muzakki syach sempat dawuh,”jun, dulu pada zamannya tidak ada wali yang melebihi derajatnya gus miek di tanah jawa ini. sekarang gus miek tidak ada, kamulah penggantinya jun”.
    salam luar biasa untuk para pecintanya gus miek. saya pibadi, murid abah kh junaedi al baghdadi menjadi salah satu pengagum sekaligus pecintanya gus miek.. dan setiap malam senin guru saya dalam memimpin acara dzikir manakib syech abdul qodir al jaelani tidak pernah lepas dari tawasul kepada wali2nya Alloh termasuk salah satunya Gus Miek.
    semoga Alloh tetap menanamkan dan memperkuat cinta kita kepada wali2Nya dan mengikuti lampahnya beliau2 wa bil khusus lampahnya rosulillah..Amien.

  142. yg pasti aku dah baca smua.a koment temen2 smua……dadine kesel kabeh…hohohohohhohooo…..
    aku sekali ke makam gus miek….cm itu aja yg ku sampaiken,,,,

  143. aku ingin sepeti dia bisa gak ya….

  144. Saya sangat terharu sekali dengan gus miek

  145. Jangan lupa lakukan sholat tasbih
    “khusus yang sepaham saja”
    NO COMMENT!!!!!!!!!!!

  146. kyai non stop 24 jam

    jangen lupe juge YE, sholat wajib 5 waktu nye. dan kalo bisa juge, sholat sunnah witir, hajat, tahajud, fajar subuh, dhuha, dan tentunye juge qobliyah ame ba’diyah nye juge jangan ditinggalin!!!.
    “KHUSUS UMAT ROSULULLOH SAW”

    TIDAK BOLEH NGRESULAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  147. kyai non stop 24 jam

    kate orang JAKARTE yang slalu non stop 24 jam.
    “SURGE” itu ade 3 kelas: 1- kelas eksekutif, 2- kelas bisnis, 3- kelas ekonomi (SEPERTI: KERETA TEGAL ARUM RP.16.000 TEGAL-JAKARTA. HE HE …)
    MASYA ALLOH … AJIB …

  148. ULIN NUHA SAnDjE

    QOLALLOHU TA’ALA FIL QURANIL KARIM….” idza arooda syaian an yakula lahu KUN FAYAKUN…….” ( Al ayah )
    opo sing mustahil kage gusti alloh….?

  149. perbedaan pendapat boleh,tapi kita tetap satu tujuan. kerjakan apa yang diperintah oleh Allah SWT dan Hindari apa yang dilarang oleh Allah SWT. Semoga Kita dapat menjadi mukmin. karena muslim belum tentu mukmin.

  150. Agus Sulistiyo

    Menarik….sesungguhnya setiap pikiran,nafsu,hati memiliki perjalanan dimensi kehidupannya, dari yang terhalus sampai yang kasar, dari yang rendah sampai tinggi, dari yang sempit sampai luas dsb. Ketika seseorang memahami suatu fenomena, pada saat itulah dia ada di dimensi setingkat kemampuan pikirannya, dan dia akan menyatakan “inilah pendapatku….”(Pendapat = yang mampu aku dapatkan dengan pikiranku) Ketika seseorang menghendaki dan berhasrat terhadap sesuatu maka dia ada didemensi setingkat kekuatan nafsunya, dan dia akan menyatakan “inilah yang aku mau….,” Ketika seorang sudah mengikhlaskan kenyataan sebagaimana adanya seperti ikhlasnya menerima kenyataan matahari, bulan, bumi dan seluruh planet beredar pada orbitnya…maka dia berada dalam dimensi kemurnian hatinya….sehinggga dia akan menyatakan ” Aku bersaksi..(Syahadah) karena aku merasa mengalami itulah kenyataan yang ada., Tapi sering kali lalu lintas antar dimensi dalam diri manusia ketika berinteraksi dengan sesamanya, tidak semua menyatu dalam irama harmoni kemurnian hatinya, pemahaman pikirannya, dan kehendak nafsunya, sehingga.muncullah beragam manifestasi ego yang menentukan nasibnya masing-masing…dan nasibnya secara bersama-sama…maka ramailah dunia…untuk saling tukar pendapat…atau salah paham, untuk saling memperkuat hasarat…atau saling menghancurkan…, untuk menyatu dalam keikhlasan atau saling berpisah dengan ganjalan….but showlife so must go on…., Fenomena wali dan kewalian adalah realita interdimensional…bagus untuk pemacu evolusi manusia menuju tingkat peradaban yang lebih tinggi…toyyib..toyyib..

  151. ass.wr.wb.tidak usah diperdebatkan.semua orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2 yg tdk perlu diperdebatkan,hanya kita dan kanjeng gusti Allah yang tahu rahasianya.Gusti Allah iku aq,aq iku Gusti Allah. Sejatine tan ono opo-opo, sabab sing ono iku sejatine dudu.
    Urip pindo ilining banyu. Manjing manuksma jroning suwung, wruh waspodo mring mubah mosiking bawono. Waskito, wibowo, wicaksono.
    Om namo hyang maha adi budhaya.

    “sejatinya semua adalah kosong, karena semua itu hanya ilusi.
    Hidup laksana air yang mengalir. Bersatulah dalam keheningan, mewaspadai segenap perubahan yang terjadi di alam. sadar, wibawa, bijaksana. Om namo hyang maha adi budhaya.”

  152. zikrul ghofilin di jakarta Timur ada di Jl. I Gusti Ngurah Rai Buaran I Rt. 16/08 Jatinegara Cakung

  153. honocoroko

  154. mugi2 sederet sedoyo angsal pitulunge pengeran kang maha kuasa..aamien.

  155. achmad shahib

    Alfaatehah utuk Gus miek ….

  156. para ikhwan…jangan suka debat,sebab kata rosul:debat adalah ciri2 orang yang bodoh

  157. Assalamu’alaikum…
    Ijin share ya kang mas…..
    Matur suwun sak derenge….
    ^_^

  158. Apa yg dikatakan oleh saudara Taufiq dan ahmad david,, hanya copy paste, bukan dapat dari belajar, sehingga dia sendiri tidak memahami maksud yang dia tulis, satu yang perlu diperhatikan jika ingin ucapan atau artikel,pendapat kita ingin dinilai ilmiah, kita harus jujur, sebutkan rujukan atau sumbernya, jangan main cuplik atau potong2 aja kalam ulama apalagi imam mazhab,, ucapan mereka tidak hanya bisa difahami secara tertulis begitu aja, sebagiamana Al-qur’an ada asbabunnuzul, hadits asbabul wurud. Ga bisa Cuma modal baca dan baca…
    trus,,kalo pegangan pada syekh albani,,beliau bukan ulama hadits, para ahli hadits tidak ada yg mengakuinya, karena dia belajar tanpa sanad, bahkan beliau berani mengkritik imam bukhari…masyaallah….

  159. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya sama seperti pandangan pd umumnya, yaitu saya pecinta para ulama/auliya/waliyulloh dan atau orang2 sholeh.
    Krn tanpa merekan cinta kita kepada Nabi Muhamma saw akan terputus, menentang mereka sama sj menentang penyebaran agama Islam.
    Jd, mari kita amalkan ajaran nabi saw yaitu akhlaqul karimah.
    Alhamdulillah, kita punya 4 Imam besar Ahlu sunnah wa al-jamaah, mohon maaf kalo tdk urut yaitu: Imam Hambali, Hanafi, Maliki dan Syafi’i.
    Mereka tdk pernah menyalahkan atao menjelekkan perbedaan antara mereka, namun malah saling menghormati.
    Dan itu adalah bagian dr akhlaqul karimah Nabi Muhammad saw.

  160. setuju kang

  161. Alloh SWT memberikan kemampuan seseorang berbeda2 dalm memahami,menelaah, mentafsirkan dan meyakini sesuai dengan kadarnya masing2,kita tdk bisa memaksa kehendak apalagi mslh iman. Mari kita tunjukan saja ahklakul karimah kita shg membuat kedamaian di bumi ni yang mendaptkan RidhoNya.Masalah percaya wali atau tidak pd seseorang kita TDK BISA MEMAKSA,,MAQOMNYA SENDIRI2, tidak usah pedulikan,toh..para kekasih2 Alloh tdk berkenan dengan hal itu, beliau selalu merendahkan diri tdk mau disanjung org2 krn karomahnya,,krn itu semua timbul krn kehendakNYA.Bagi yang diberikan oleh Alloh ttg hidyah utk mahabbah orang sholeh/Waliyulloh mari istiqomahkan..dan tak lupa kecintaan kita kepada Baginda Rosululloh Muhammad SAW utk selalu mjlnkn sunnah2 beliau.ALLOHUMMA SHOLLIA’ALAIH……

  162. pesan gus mik
    “sing penting emut dateng gusti allah
    mboten rumaos langkung suci ketimbang liyane
    mboten sempat nglirik maksiatipun liyan
    kaleh sinten-sinten gadah manah sing sae
    nggih niku ciri khase pengamal dzikrul ghofilin”

  163. Wali Allah terkadang bertingkah tidak selalu sesuai dengan ilmu syariat yang pada umumnya kita pelajari, tetapi Allah Maha Segalanya. Sifat-Sifat Allah terbagi kepada setiap hamba-Nya. jika seorang hamba Allah selalu berusaha untuk dekat pada Allah, maka satu pun makhluq tidak akan bersarang di hatinya, Wali Allah tidak terkesan pada makhluq, baik atau batihl seseorang itu, wali Allah hanya berniat menyampaikan sambil berbuat manfaat terhadap makhluq Allah lainnya, karena pada hakikatnya semua makhluq adalah keluarga Allah. seorang manusia aja jika ada orang lain yang berbuat baik pada keluarganya maka orang tersebut akan merasa senang dan mungkin akan mengucapkan terimakasih, apalagi Allah Yang Maha Rohim. kita adalah ummat Rosululloh SAW, bahwa semua umat Nabi SAW hrus selalu berfikir tentang saudaranya. Saya meghimbau kepada semua Para Penuntut Ilmu, bahwa ilmu Allah adalah SANGAT LUAS, ilmu kita bagaikan mencelupkan jari diatas laut yang luas, kemudian kita jatukan setetes dari jari tadi hingga jatuh diatas laut, begitulah ilmu kita, sangat sedikit sekali sehingga selalu sikap sombong (7S) ada dihati kita, na’udzubillahimindzalik. Terserah pada kita ingin jadi wali Allah seperti apa, sehingga orang menganggap kita GILA dengan tingkah laku, pakaian, gaya bicara dan berjalan yang ANEH, seperti kisah para pecinta ALLAh yang dianggap Gila oleh saudara se-muslim, bahkan mati dengan merindukan ALLAH, atau kita ingin mencapai derajat wali dengan kondisi kita yang punya keluarga, anak, istri, pekerjaan……….. SEMUA ITU SUDAH KETENTUAN ALLAH. Pada setiap zaman hidup 40 orang Wali Abdhol yang tersebar diseluruh belahan dunia, jika 1 wali meninggal, Allah langsung mengangkat 1 wali. Wali tersebut lah yang menjaga kestabilan bumi ini.

  164. kenapa kita selalu menyalahkan ini itu , ini sesat itu sesat seakan kita lah yang benar seaakan kebenaran milik sendiri saat orang lain melakukan kebaikan kita anggap salah , sungguh hati dan pikiran yang telah kotor , walau kita hafal quran dan seribu hadits tiada arti, mari kita baca quran yang tidak tertulis mbah Gus Dur dalam syair tanpo waton , kita hanya bisa menerima kebaikan dan keburukan saja dan mengambil hikmahnya , ok broo untuk teman2 yang suka menyalahkan hati dan pikiran mu milik NYa , jangan pernah merasa tapi rasakan saja

  165. assalamu’alaikum,,,
    Mas saprol,,, nopo leres niki syi’ir ipun almrhm mbh kh abdurrahman wahid
    #Syi’ir tanpo waton#
    Ngawiti ingsun nglaras syi’iran …. Kelawan muji maring Pengeran …. Kang paring rohmat lan kenikmatan…. Rino wengine tanpo pitungan…. Duh bolo konco priyo wanito…. Ojo mung ngaji syare’at bloko…. Gur pinter ndongEng nulis lan moco… TembE mburine bakal sengsoro 2X…. Akeh kang apal Qur’an HaditsE…. Seneng ngafirkE marang liyane…. KafirE dEwE dak digatEkkE…. YEn isih kotor ati akale 2X…. Gampang kabujuk nafsu angkoro…. Ing pepaEsE gebyarE ndunyo…. Iri lan mEri sugihE tonggo… Mulo atinE peteng lan nisto 2X… Ayo sedulur jo nglalE’akE …. WajibE ngaji sak pranatanE… Nggo ngandel’akE iman tauhid’E… Bagus’E sangu mulyo matinE 2X…. Kang aran sholeh bagus atinE …. Kerono mapan seri ngElmune … Laku thoriqot lan ma’rifatE…. Ugo haqiqot manjing rasanE 2 X… Al Qur’an qodim wahyu minulyo… Tanpo tinulis biso diwoco… Iku wejangan guru waskito… DEn tancepakE ing jero dodo 2X… Kumantil ati lan pikiran… Mrasuk ing badan kabEh jeroan …. Mu’jizat Rosul dadi pedoman …. Minongko dalan manjingE iman 2 X … Kelawan Alloh Kang Moho Suci… Kudu rangkulan rino lan wengi….. Ditirakati diriyadohi … Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X … UripE ayem rumongso aman… DunungE roso tondo yen iman … Sabar narimo najan pas-pasan … KabEh tinakdir saking PengEran 2X… Kelawan konco dulur lan tonggo… Kang podho rukun ojo dursilo… Iku sunahE Rosul kang mulyo … Nabi Muhammad panutan kito 2x …. Ayo nglakoni sakabEhane… Alloh kang bakal ngangkat drajate … Senajan asor toto dhohire… Ananging mulyo maqom drajatE 2X … Lamun palastro ing pungkasanE… Ora kesasar roh lan sukmanE… DEn gadang Alloh swargo manggonE… Utuh mayitE ugo ulese 2x.

    • terimakasih mas, baru tau sekarang tengan syiir tanpo watonipun mbah Dur. demi kebaikan bersama sesama saudara kita, ijin copas ya… matursuwun

  166. buat mas rony,,, salam kenal dari cah ngaret cah pakel ngantru,,, dan terima kasih mas rony udah nulis biografinya GUS MIK,,, wassalam,,,

  167. assalamu’alaikum,
    SELALU.. minta HIDAYAH dan Ridho dari ALLOH Yang Maha SUCI, berbakti pada orang tua, tidak berburuk sangka karena karunia Alloh pada kita itu berbeda-beda bentuknya, sadar MAQOM, tidak berbicara tanpa OTORITAS keilmuan, Kebenaran hanya milik Alloh, hal yang sensitif tidak jadi konsumsi PUBLIK yang AWWAM( sware, it is really me..)..wassalam.

  168. Ikhwan al-albanjari

    Se2org tdk akn jd waliyullah
    kecuali memenuhi 4 syarat..
    1.Bhw adalah ia sangat ‘alim dengan
    ilmu tauhid sehingga dapat membedakan
    di antara tuhan
    dan makhluk dan di antara nabi dan orang
    yang mengaku jadi nabi..
    2.Bahwa adalah ia ‘alim dengan segala
    ilmu syariat (tasauf, tauhid,
    hadist, fiqh, usul fiqh, tafsir,
    usul tafsir, mantiq, balagoh
    dll) secara naqli faham dgn
    sekira2 jikalau menghilangkn allah ta’ala
    akan ilmu syariat di ats bumi
    niscaya tidak di dapat di sekitarnya…
    3.Bahwa bersifat ia dengan mahmud
    daripada segala sifat tawadu’ dan tidak
    mempunyai penykit hati ( riya, takabbur,
    ujub dll) seperti me2lihara daripada
    yangg haram dan ikhlash pada seluruh
    perkerjaannya (ibadah)…
    4.Bahwa melazimi takut selamanya dengan
    bahwa tiada mendapat ketenangan
    sekejap dimatanya/di hatinya karena
    tiada tahu ia apakah ia daripada gologan
    yang beruntung atau daripada golongan
    yangg celaka…

    sumber dlm kitab tauhid kifayatul ‘awwam..!

    slm shillatul rahm dr anak martapura sekumpul,..! Wassalamu ‘alaikum

  169. Luthfi al_Manfaluti

    Ini buat Tofik> makanya kalo belajar itu jgn cuman belajar cara manjangin jenggot dan mengecat dahi ajja ….

  170. berisik banget….sich room ini….?kayak psar….gk ad trasinya…?
    inilah…..cela,aib,dn kelemahan umt muhammad…!trlalu sibuk dlm urusan prbedaan,smpai 2 kemslahatan dn kmajuan umatnya trlupakan hnya skedar mmbahas dn mmperuncing prbedaan.
    pantesan amerika israel mnguasai sgala aspek sendi kehidupn umt islam d dunia….pst mreka trtawa trbahak2 dn jingkrak2 smbil mnunggingkan pntatnya pada kalian
    kita hanya bisa mengkultuskan,mensucikan,mengagungkan,seorang yg brada se pemaham dr kita
    kita hanya bisa menghina,mencibir,mengkritik,dn mnganggap rendah pd orang yg tak sepaham pd kita
    kita buta akan intisari,rahasia,dan tujuannya….?

  171. pada para jamaah belio. .
    Salam bwt beliau ya, , , ^_^

  172. Allahu Akbar…semoga Allah mempertemukanku dengan Allah dan para kekasihNya…amin…

  173. YANG PENTING SEKARANG KITA TIDAK SALING MENYALAH KAN DAN MERASA BENAR SENDIRI

  174. YANG PENTING KITA SEBAGAI UMAT ISLAM TIDAK SALING MENYALAHKAN DAN MERASA BENAR SENDIRI

  175. yang penting kita sebagai umat islam tidak boleh saling mnyalahkan dan merasa benar sendiri ingat ikhwan muslimin semua sesama muslim adalah saudara hormati perbedaan pendapat , keyakinan bahkan agama kita harus meniru kh abdurrohman wahid gus dur

  176. Orang bijak adalah orang yang pandai mengambil hikmah dari perjalanan hidup orang lain. Sebelum diangkat sebagai kekasih Allah beliau berjuang, Bermujahadah dan melakukan riyadah Dzahir dan bathin yang luar biasa sehingga beliau-beliau berhasil mencapai puncak Haqiqat Kemanusiaannya…
    Bagaimana dengan kita????????????….

  177. G usah nuduh itu kliru ini kliru, benerin diri sndiri dulu aja n tuntut ilmu lagi yang lbih tinggi dikitlah biar ilmunya g sebatas luarnya aja,
    mari berkaca dengan kisah nabi Khidir, apa membunuh seorang anak kecil itu dibenarkan menurut syariat ??????????
    makanya jangan hanya belajar ilmu syariat dooanggggg!!!!!!!

  178. AGUS BINTORO BIN PADANG (GHOIB ANE NAMANYA...AL IHKSAN)

    YA IBADALLOH SMUA…………MENGELUARKAN PENDAPAT SILAKAN TAPI YG AMN BALIK’KAN SEMUA PENDAPAT PADA ALLOH KARENA TIDAK ADA PENDAPAT ILMU YG PALING BAIK KECUALI PEMILIK ILMU ITU SENDIRI…………….LA HAULA WALA QUW’WATA ILLA BILLAHIL ALIY’YUL ADHIM LA HAU LA WA LA QUW’WATA IL’ LA BILLAH””””’JAZAKUMULLOHU KHOIRON KASTIRO……..

  179. AGUS BINTORO BIN PADANG (GHOIB ANE NAMANYA...AL IHKSAN)

    WALI BISA TERBANG ””BURUNG BKN WALI TAPI MAHIR TERBANG……WALI BISA JALAN DI AIR……BELALANG BUKAN WALI TAPI BISA JALAN DI ATAS AIR……SEMUA YG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI ADA DAN KARENA KEHENDAK—-KODRAD DAN IRODAT ALLOH MASIH MAU MUNGKIR…….

  180. Pada dasarnya kita sebagai umat Islam tidak dibenarkan untuk menghina satu sama lainnya. Jadilah hamba Allah yang bersaudara, agar umat Islam menjadi bersatu, tidak diombang-ambingkan oleh orang-orang Barat yang hendak memecahkan persatuan umat Islam.

  181. Marilah kita beramal sesuai tuntunan rosulullah SAW yang kita yakini kebenarannya. semoga kita diberi kemudahan untuk melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya amin 99x ya robbal alamin.

  182. syech siti jenar

    buat orang yang koment paling atas sendiri.
    Koe mesti wong goblok, hahaha.
    Koe mekgur krungu cerito.ne nabi.
    Lek pancen mengikuti rassul, ngopo koe gak mengikuti isra’ mi’ria,
    Allah kui adil,
    jajal gusti Allah panggone nek ndi?
    Padahal Allah kui ‘wal awalu wal akhiru’ ‘waldhohiru wal batinu’.
    Allah kui yo lahir yo batin,
    ngopo kon golek suargo wedhi neroko,
    sing langgeng tok kui lho golekono.

  183. much. sultan pagelaran

    dari kami jam’iyah fatihah SANTRI RATAN Trenggalek
    apapun itu yang di ajarkan dan telah dilakukan oleh salah satu Mbah kami GUS MIEK merupakan contoh pembelajaran hidup yang begitu mulia. Karena ketika kita berusaha memperbaiki barang yang sudah baik apa gunanya, lebih baik memperbaiki barang yang belum baik atau bahkan rusak untuk menjadi barang yang baik dan bernilai jual tinggi. seperti itulah tugas GUS MIEK yang mungkin bagi kami adalah salah satu Mbah dan sumber inspirasi kami para jam’iyah Fatihah SANTRI RATAN khususnya daerah Trenggalek. untuk Mbah Buyut KH. JADZULI dan Mbah GUS MIEK Al-Faatihah!!!

  184. sing goblog aja ngaku pinter.
    sing pinter ya aja ngaku bener.
    sing penting intropeksi dewek-dewek disit.
    dewek kie wong pinter, bener, apa ora jare deweke ?????
    aja ngaku deweke wong pinter, bener, tapi jare wong …..
    ingat-ingat ALLOH SWT kue, maha ngerti, maha ningali, dan maha mirungu, apa-apa sing sampeyan lakoni ben dinane. baik kuwe ibadahe sampeyan maupun maksiate sampeyan kabeh.
    dadi sing ati-ati ya nang dunia kie. masalahe ana sing maha ngerti, maha ningali, dan maha mirungu.

    GITU AJA KO REPOT!!!!!
    he he he he he …..

  185. wali itu ada 3 :
    1. wali gaman/keris
    2.wali jin
    3.waliyulloh
    berdasarkan pernyataan diatas,gus miek termasuk golongan yang mana ?…………

  186. para muslimin-muslimat, mu’minin-mu’minat. berkunjunglah ke tegal. dan mampirlah ke ponpes at-tauhidiyah (giren-talang-tegal). dan silaturohmi-lah antm ke pengasuh ponpes tersebut yaitu kh.achmad sa’idi bin kh.sa’id bin kh.armia bin kh.kurdi atau adik beliau kh.muhammad khasani bin kh.sa’id bin kh.armia bin kh.kurdi.

    nanti antm tau ,…………………….?????????………………….!!!!!!!!!!!!!!!

  187. KUN THOLABAL ISTIQOMAH WA LA TAKUN THOLABAL KHAROMAH

  188. alangkah bahagianya bila di masa beliau ada dan aku bisa bertemu dan bertanya pada ny tentang apa yg belum ku ketahui tentang duniawi .
    aku hanya bisa menjadi seseorang yg mengagumi ny .
    semoga ku bsa bertatap muka d mimpi saat aku tertidur .

  189. Dimyati Muhammad

    Allahuakbar
    Semoga Allah Selalu turunkan rahmatnya kpd Gus Miek. Dan hamba Yg bodoh lagi nista ini dapat cipratan RahmaNya melalui tali karomahnya KH Hamim Jazuli (Gus Miek). Amin

  190. islam itu luas dan butuh pemahaman yang mendalam untuk bisa berfatwa, baik itu tentang hukum, lebih2 dalam mengkafirkan orang.

  191. betul apa yang dikatakan sdr:
    1.toufiq
    2.abdulhafid
    3.preman sawah
    intinya hey kalian dalam bertakwa pd alloh jangan taklid tau!!!!!!!!……….saya ingatkan karena saya sayang pada anda &saya ingatkan sekali lagi kembalilah pd qur”an&sunnah,kerena hanya pegang qur”an& sunah kita akan selamat & tidak sesat……….ya alloh berilah hidayah pd saudara2ku ini,agar mau kembali pd qur”an&sunnah nabimu,amin……..

  192. maaf semuax,
    apapun golongan kita,meski da perbedaan monggo saling menghormati,,,
    semua benar karna mantap pd hati masing”,tp jika terjadi perslisihan keimanan maka smuanya akan salah karna itu nafsu yang bicra,
    hakikatx keilahian alloh itu tak terbatas,semua yg alloh kehendaki pasti trjadi,tergantung hati tiap manusiax untuk memahaminya karna iman kita berpusat di hati,,,
    jd monggo jgn meributkan hal yang bisa jd pexakit ht,

    alhamdulillah maulid nabi muhammat saw dan haul KH.abdul khamid pas kmaren terlaksana dngn lancar..

  193. Q orang syari’at,…
    di atasx ada auliya’ derajat haqiq0t,di atasx lg yaitu nabi.!!
    Syari’at itu haxa mengetahui sah/batalx ibadah se0rang hamba,bukan mengetahui dtrima/tidakx ibadah se0rng hamba disisixa. Apakah ada yg taw.?? Owh ada;yaitu para wali2 all0h;sprt beliau guz mieck. . Menurut anda sudah benarkah kal0 0rg syari’at menghukumi org hakikat yg taw taw sglaya???

  194. Asslm………..semuanya……………..
    asyik ceritanya…………

  195. jika prilalaku itu benar maka itu adlah anugrah dan jika prilaku itu salah mk itu adlah tampilan sifat adilnya Allah.
    Tiap detik pst kita merasakan satu dr salah satu 4 hal,kalau tidak to’at ya maksi’at kalau tidak nikmat ya musibah,dn ke empatnya datang Allah.

  196. kms. amir bangka

    Bismillah, Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammad.
    Rasulullah adalah manusia pilihan. Para walipun orang yang selalu menjaga dirinya dari ma’siat kepada Allah.mereka senantiasa berzikir dan bershalawat kepada nabi. Tak satupun ajaran para wali bertentangan dgn syariat Allah. Sebelum kita bicara taat kepada Allah, maka para wali telah mengamalkan ketaatan tsb.Sebelum kita berbicara tentang kecintaan kepada Rasulullah. Para wali telah mencontohkan ketaatan kepada Rasul dahulu sebelum kita. Cuma bedanya.Kalau kita hanya pandai bicara Agama. sedangkan para wali pandai mengamalkannya.maka Anugerah Allah berupa karomah itu yang mereka terima.sbb klu para nabi menerima Mu’jizat.
    Sobat…mari kita terus belajar. Cari gurunya.jangan hanya belajar dari buku saja.
    Rasulullah pun belajar dengan malaikat jibril sebagai gurunya.

  197. Kiyai seperti gusmik yg di butuhkan di zaman sekarang ini,adakah penganti beliao yg nyeleneh untuk menyadarkan manusia.

  198. aku maNTAN PEMINUM YANG DI SADARKAN ALLAH LEWAT DAKWAH GUSMIK….. YANG GA PERCAYA ADANYA WALI MAKA SAYA YAKIN ORANG ITU GAFAHAM AGAMA SECARA KAAFFAH

  199. Dzikrul Ghofilin dilaksanakan insya’allah setiap minggu wage di makam Pangeran Jayakarta – Jatinegara Kaum, dimulai jam 21.00 wib, dipimpin oleh Ustz Hamzawi dari jepara (081390666200)

    Link Mujahadah Dzikrul Ghofilin di Yogyakarta yang di pimpin oleh KH. Misbahul Munir dari Ponpes Al Mujahadah Lempuyangan Yogyakarta.

  200. waktu isro mi’roj kanjeng nabi bertanya pada jibril.wahai Jibril suara apakah itu.itu suara terompahnya Bilal.amalan apa yg diperbuatnya sehingga belum meninggal aj terompahnya sudah sampai surga?jawab Jibril :dia slalu menjaga wudhu dan sehabis wudhu selalu mendirikan sholat sunah.
    Kanjeng Nabi tidak berkata SUNGGUH TERLALU BID’AH BILAL..
    ahhahahhah
    SESUNGGUHNYA ILMU ALLOH ITU LUAS…Lihatlah wahai Musa burung yg minum di lautan itu.sesungguhnya ilmu manusia itu sebatas air yg di minum burung itu…
    Anda yg tidak setuju dengan karomah para wali Alloh.berarti anda tidak percaya akan kemampuan Alloh.yasin 82.
    klo masih blum paham juga anda segeralah pindah kelas .jangan sekolah di SD terus.pindahlah SMP, ke SMA terus lanjutin kuliah…biar pemahamannya berbeda dengan anak SD

  201. untuk kang tofik : ketika anda masih di SD kelas satu apakah anda tahu tentang pelajaran di kelas enam …………dst ? ketika anda balita apakah anda tahu romantisnya pacaran ? demikian juga ilmu jika belum sampai ya tidak nyaut. so komentarnya semrawut maaf

  202. Assalaamu’alaikum saudara2qu smua…..wes tho, ojo podo adu argument,jangan merasa sendiri yg paling benar. saling mengingatkan wajib tapi janganlah pada akhirnya saling mencela sesama saudara. Saling menghormati aja pendapat orang lain ya…peace
    Wassalaamu’alaikum

  203. Assalamualaikum Wrwb
    Shallawat dan salam semoga tercurah ke baginda Rasullah SAW
    Sebenarnya sudah lama saya mengamati keadaan ini dan setiap diceritakan mengenai para waliyullah dengan kharomahnya pasti ada yang kebakaran jenggot lalu langsung mengkaunter dan bid’ah dsb. tapi nggak perlu heran, sesuatu kalau bagus dan bernilai tinggi itu pasti banyak yang mau nyaingin atau nggak suka lalu membuat tandingan atau imitasinya, Ini kan masalah jualan nggak laku atau nggak populer. Kalau urusan amaliyah dan dalil is ok lah. Tapi kalau sudah menghakimi ini bid’ah itu bid’ah ini yang report, karena Hakim yang Haq itu hanya Allah, tapi kalau manusia mau mengambil urusan Allah menjadi urusan anda, ya kayak gini jadinya anda lupa tentang sifat Ja’iz Allah yang berhak membuat baik-buruk, hitam-putih, terang gelap, buta-melek, preman-beriman, beriman jadi murtad. Kalau ada orang yang diberi kharomah walaupun orang itu tidak sepaham dengan anda ya jangan ngiri gitu lho, itu hak Allah, gitu saja kok report, toh sang penulis juga nggak minta diakui oh itu baik atau oh itu jelek, karena baik jelek hanya Allah lah al-Hakim, bukankah kita ini semua sedang berproses, khusnuzon sajalah. Apakah anda yang merasa anti bid’ah atau berbuat bid’ad lalu dengan amal yang anda lakukan pasti terbebas dari neraka dan masuk syurga gitu, jawabnya enggak tuh, Karena Syurga neraka itu Hak prerogatif Allah Swt.begitu luasnya Rahmat Allah jangan di persempit siapa sih kita ? buka lagi hadist dari baginda Rasul yang mengatakan bahwa orang masuk syurga itu karena Rahmatnya Alloh tolong digarisbawahi, jadi bukan sholatnya, amalnya, banyak sedekahnya, Pangkatnya tapi karena Sifat Rahmatnya ( Kasih sayangnya) Alloh, Jadi jangan membanggakan amal, Karena amal itu makhluk dan amal itu tugas yang diberikan Allah kepada kita, eh kok sidia istiqomah dan nurut dengan perintahnya maka muncul Kharomah dari Allah gitu lho. makanya kalau mendalami agama jangan menggunakan akal dan nafsu tapi dengan hati (qolbun salim) hati yang selamat jangan hati yang penuh ahyar atau fleks-flek hitam. Kalau disini nggak laku ya jangan dijual disinilah, coba bawa saja kesana yang mau membeli di malaysia atau di India, klo tetep nggak laku ya balikin aja sama yang punya ke Arab Saudi lalu tobat Fagfiru Ilalllah dan disisi Allah tempatnya bertobat. Gitu aja kok repot to Mas-mas Wassalam

  204. Yo dimaafi seblumnya kulo tdk tahu apa2 ora mudeng nopo sing di bcarake panjengan sedoyo neng nak ono sing ngelek2 utawi remehke poro wali kulo mboten trimo,kulo glongane tiang sak elek2 tiyang,halal darahipun minurut kulo, sepindah maleh ngapunten salam katur rencang2 ingkang mbelo poro Ulama lan Kyai,doa panjengan sedoyo kulo suwun amin

  205. ada kontra, diskusi menjadi lebih hidup dan berkembang,banyak respon lebih banyak wawasan, pembaca jadi faham, mana yang baik dan kihpurang, ini pelajaran bagi pembaca, bagus, lanjutkan, dalam situasi adem, sebagai ciri masyarakat ilmiah lebih mengedepankan akal dan hati, sedanagkan masyarakat awam lebih mengedepankan emosi, saya suka diskusinya, buat tema lagi yang lebih menarik, yuk,

  206. Subhanalloh,,seorang Ulama guru besar dihina oleh taufik. ketahuilah taufik, gus mik adalah penerus baginda rosul yang mulia, gus mik cinta alloh dan rosulnya. banyaklah belajar, jangan muhammadiyah amin rais aja yg kau pelajari. asal tahu aja tofiq, setinggi tinggi derajat wali itu baru serendahnya derajat kenabian. sedangkan baginda muhammad adalah setinggi tingginya derajat para nabi, dia pemimpin nabi dan rosul.
    TERUS darimana kau kira kita mengagungkan derajat wali diatas nabi. itulah kenapa ada munaqib pasti ada sholawatan. fatihahnya juga kepada para nabi 2 alloh dan rosul baginda muhammad. makanya jangan asal ngomong Bidah, yang bidah itu mulut dan kelakuanmu. semoga kau dapat petunjuk.
    Nabi gak pernah tahu tentang ghoib, goblok bget pendirianmu itu. kau tahu peristiwa kekalahan romawi oleh bangsa persia, isro miroj lihat neraka dan surga, apakah semua itu kau anggap.Bukannya tahu, tapi terlebih dahulu diberi tahu Oleh Alloh.

  207. DUH GUSTI PANJENENGAN DANDOSI KULO NIKI
    LAHIR BATIN SARONO MANAH SAE LAN SUCI
    AAMIIN YAA ALLOH YAA ROHMAN YAA ROCHIM
    ANTAL JAWADUL HALIM WA ANTA NI’MAL MU’IN

  208. Alquran dan Alhadist merupakan makhluk Allah SWT,,,,, jangan kau perdebatkan mereka sehingga lupa akan Allah SWT,,, kalam Allah yang tak tertulis lebih banyak dari yang tertulis…….

  209. Menurut org2, kekasih Allah yg sebenarnya itu disembunyikan dan biasanya tidak tau apa-apa bahkan tidak tau bahwa dirinya adalah kekasih Allah. Persoalan kesaktian jangankan orang percaya kepada Allah org tidak percayapun bahkan iblis memiliki kesaktian yg luar biasa. Intinya jangan kita mudah kagum karena melihat karomah ataupun kesaktiannya tapi liatlah manfaatnya kpd orang banyak. Kanjeng Nabi sendiri bersabda “yang terbaik diantara kalian adalah yang paling banyak manfaatnya”. Namun ada juga waliullah bertindak aneh bahkan keliatan melanggar syariat karena tidak ingin dikultuskan. Saya pribadi tidak bisa membedakan mana sihir mana karomah kecuali dari efek yang timbulkan, kalau memang itu bermanfaat bagi semesta itulah karomah meskipun itu seandainya didapatkan dari iblis, tapi kalau justru membahayakan itulah sihir meskipun ngakunya berasal dari Allah. Setiap orang memiliki jalannnya sendiri kepada Tuhan yg tentu saja berbeda dengan org lain, wallahu a’lam bissawab.

  210. hamba yang goblok

    Menurut org2, kekasih Allah yg sebenarnya itu disembunyikan dan biasanya tidak tau apa-apa bahkan tidak tau bahwa dirinya adalah kekasih Allah. Persoalan kesaktian jangankan orang percaya kepada Allah org tidak percayapun bahkan iblis memiliki kesaktian yg luar biasa. Intinya jangan kita mudah kagum karena melihat karomah ataupun kesaktiannya tapi liatlah manfaatnya kpd orang banyak. Kanjeng Nabi sendiri bersabda “yang terbaik diantara kalian adalah yang paling banyak manfaatnya”. Namun ada juga waliullah bertindak aneh bahkan keliatan melanggar syariat karena tidak ingin dikultuskan. Saya pribadi tidak bisa membedakan mana sihir mana karomah kecuali dari efek yang timbulkan, kalau memang itu bermanfaat bagi semesta itulah karomah meskipun itu seandainya didapatkan dari iblis, tapi kalau justru membahayakan itulah sihir meskipun ngakunya berasal dari Allah. Setiap orang memiliki jalannnya sendiri kepada Tuhan yg tentu saja berbeda dengan org lain, wallahu a’lam bissawab.

  211. as,yg salah bukan agamanya,tapi kesombongan manusianya,seng sak karepe dewe,hidup adalah sarana,hakekat dr bentuk kehidupan,dgn segala progam2nya diantara dua pilihan,pilihan hidup.dgn landasan kalam2nya sebagai akses manusi a untuk menempuh kehidupannya di dunia ,akherotnya amiin.algur’an dan alhadis adalah bentuk yg tersirat dlm kalam2nya,sebagai tuntunan hidup manusi dlm perjalananya,sebagai nur dlm kegelapan nunia ,dlm perjalanan 2manusia di dlm sejarahnya,sebagai usaha manusia untk mencapai kebenaran,berfikir dan berprilaku ,menuju manusia yg sempurna/kamil.di mana batas2 makhluk atas tuhannya,atas segala kebesarannya,nilai2 alloh adalah kebenaran,kebajikan yg tidak kelur dr nilai2 agama yg disampaikan melalui para utusannya,Nabi muhammad saw,sesungguhnya tanda2 kebesaran ke agunngan ini merupakan ayat2 alloh. yg dapat menghantar kan manusia untk lebih ma’rifat dan mendekatkannya pdnya.amiin .Jadi alam seiisinya ter masuk alqur’an dan alhadist dlm seratannya ,adalah ayat2 TUHAN swt,marilah kita bersama2 unk berusaha dlm mencari kebenaran,sesuwai dgn nilai2 agama sebagai sumber/usul/pokak,acuan permasalahan2 dunia,akherot.agama udah benar hanya prillaku manusia ,seng sak karepe dewe,sok jadi TUHAN,menentukan segalanya.masuklah pd nilai agama; carilah ilmu sampai mati,tanpa fanatik buta,musyawarah bila ada masalah/permasalahan,tanya pd ahlinya bila dak faham,jgn sok……..jalin yg baik antar sesama,lebih2 dgn sang pencipta.dll .sehingga hidup adalah surga akherot adalah tujuan.gimana disebut islam bila tdk punya nilai2 islam.JANGAN2 pura2 islam ,utk menghancurkan islam dari dalam,? atau niatan yg lain.ALLAH swt yg maha tahu,berilah ridho dan hidayahmu, manusia hayalah berusaha,dgn kebersamaannya,hakekat kebenaran dan surga milikmu.salam pahamilah apa tujuan agama? untk apa agama?

  212. itulah manusia yg sudah merasa pinter tpi ngk ngerti….kalau orang ngerti apabila ngk ngerti masti BELAJAR BUKAN LANGSUNG MENYALAHKAN ,SUKA MENGKAFIRKANLAH ,,,,YG BID,AH LAH …TETAPI DIAJAK BATSUL MASHAIL TOLAH -TOLEH ,,,,KRN BELAJARNYA,,,,,BUKAN DI PONDOK PESANTREN……YG DIGUNAKAN HANYA AKAL & PIKIRAN…..TETAPI KHOLBUNYA KOSONG……..

  213. hati2 dg org yg suka mendiskreditkan suatu kelompok/kaum…
    jaman sekarang ada (baca:banyak) yg mau menghancurkan Islam dari dalam, mereka bikinan/boneka dr musuh2 Islam.

  214. heeeeee jangan asal menghina romo yai seenaknya,,,,, uwong keminter yo kamu iku weeeeeezzzzzzz

  215. ngenyek kiyaiku kowe,,,,,,

  216. hu….. hu….. hu…. astagfirulloohal adziim …. wa atuubu ilaih….. ilaa hadhrotin nabiyyil musthofaa muhammad saw … Al faatihah ….

  217. jama'ah dzikrul ghofiliin

    A’uudzu billaahi minassyaithoonirrajiim bismillaahirrahmaanirrahiim Alhamdulillaahirobbil ‘alamiin Arrohmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin ihdinasshiroothol mustaqiim shiroothol ladziina an’amta ‘alaihim ghoiril maghdhuubi ‘alaihim wa ladhdhoolliin , amiin

  218. sopo wis ruh yoweruh

  219. Cukuplah Kalian semua mencibir,mengolok sdr kalian yang masih SD, biarlah kang tofik merenung, diapun hamba yang dicetak Allah SAW seperti yang kalian lihat ,seandainya sang kekasih gus miek masih ada pastilah beliau menangis melihat hambanya yang buta akan ilmu krn akan tersesat sampai akhir zaman.Cukuplah kita mencontoh gus miek sang kekasih yang rendah hati, yg penuh kasih sayang,.menghinakan diri hanya untuk mengangkat derajat /menolong umat yang lain, cukuplah gus miek sebagai panutan kita untuk menjadi hamba Allah yang tawadu’ atas ketinggian ilmunya, kita sangat merindukan hamba-hamba Allah yang lain seperti gus miek seperti kta merindukan melihat Rasulullah SAW lewat pewaris pewaris sejati seperti gus miek,mbah hamid(pasuruan),mbah ud(sidoarjo),kyai asrori (surabaya),.gus Dur, dan kekasih kekasih Allah yang lain.Patutlah kita berpegangan pada ilmu beliau supaya kita semua mendapat syafa’at junjungan kita nabi agung Rasulullah MUhammad SAW…amin amin amin salam kasih al faqir.

  220. Smoga Allah selalu memberikan rahmatnya pada para Kyai di tanah Jawa dan Indonesia. Buat mas tofik bila anda sdh mengaji bismilahirohmanirrohim tentu anda tak akan berkata / berkomentar begitu karena di kalbu anda telah tertanam rasa rohman dan rohim berhati-hatilah dalam berkomentar apakah dari amarah atau kalbu yang bersih.

  221. Assalamu’alaikum warahmatullah
    Saya orang awam yang masih cethek agama, tidak tahu mana yang harus saya yakini karena saya masih polos hehe :D
    Jadi tolong kalau comment pakai cara yang halus tanpa harus ngotot mencari kesalahan orang lain. Dan orang-orang bodoh seperti saya lebih mempercayai pendapat dengan argumen yang jelas.
    Jadi tolong bimbing saya dan yang lain dengan pendekatan yang lebih simple tanpa harus merendahkan orang lain. Hehehe intine slow boen cuk :D
    Wassalamu’alaikum warahmatullah

  222. Gus Plenthonk

    ada yg punya dzikrul ghofilin (arab) versi PDF? bisa dikirim di watucuwil@gmail.com

  223. Assalaamu’alaikum wr. wb,
    Apakah yang komentar disini semua ada yang sudah hafal quran 30 Juz dan hafal banyak hadist? apakah disini ada yang benar-benar bersih dari dosa lalu kemudian berhak mencela sesama saudaranya?
    Apakah semua yang ada disini sudah yakin bahwa paling benar dan baik di mata ALLAH SWT. Jika iya, tolong jawab. Karena, jikalau jawaban anda iya, berarti anda semua sudah memiliki kelebihan seperti yang dimiliki Rasullullah SAW. Wallahu’alam bisahwab.

  224. Buat Taufiq atau tofiq. Betapa dangkalnya pengetahuan agamamu??….

  225. cerita cerita yang seperti inilah yang akan merusak pola pikir yang sehat, hampir sama juga tentang kisah kisah para wali songo,yang terlalu dilebih lebihkan bahkan bisa mengalahin nabi mahammad. dikit dikit karomah,apa gus miek semenjak lahir sampai tua tidak pernah berbuat dosa…? sampai kehebatannya melebihi rasullullah,sedangkan rasullullah saja tidak seperti itu, yang sumber langsung penerima wahyu allah. AHMAD NEEDAD saja yang paham alquran bahkan bisa membuktikan tentang kebenaran alquran secara logika dan secara ilmiah di depan semua agama lain, bahkan dalam debatnya bisa mengalahkan master masternya dari agama lain,bahkan sudah meng islam kan jutaan umat dari agama lain, tapi tidak ada hal hal penyimpangan cerita dari beliau yang di lebih lebihkan,jangan menghina ulama dengan kata kata yang berlebihan. makin banyak ulama, kok makin banyak pula kesesatan yang terjadi jaman ini, tempat perjudian, tempat minuman keras,tempat pelacuran melimpah di mana mana, tapi kalau mereka sebagai manusia yang luar biasa, coba hapuskan semua kemaksiatan yang menjamur di mana mana.

  226. akhinal kirom rohimakumulloh,huruf hijaiyah itu ada banyak jumlahnya mulai dari alif sampai ya.demikian juga dengan taraf ilmu seseorang,ada ilmunya cuma sampai ba’,sampai jim saja,nah orang yang ilmunya seperti itu tidak faham kalau di omongin huruf tho’,apalagi huruf ya’. beliau (gus miek ) mengakui sendiri dia bukan seorang kyai tapi terpaksa siap di panggil kyai..inilah sifat seorang kyai yang tawadhu’,berakhlaq mulia..jangan sombong.akhi..beliau (gus miek ) berwasiat :”kalau aku nanti di cemooh,dicaci maki jangan di bela,kalau kamu kuat dengarkanlah cemohan itu kalau gak kuat tinggalkanlah…wallohu ‘a’lam bisshowaaf..

  227. MASYA ALLAH.. BEGITU BODOHNYA WAHABY ATAU MUNGKIN SYI’AH YANG SEDIKIT SEDIKIT BILANG MELEBIHKAN ORANG DARIPADA ROSUL ATAU BILANG BERTAWASUL PADA MAYAT MAYAT.. INGATLAH BAHWA WAHABY DAN SYI’AH ITU IBARAT KOTORAN DIBELAH DUA.. IRHASHOH (KAROMAH WALIYULLOH ITU BISA SAJA TERLIHAT KHORIQUL ADAT) TERGANTUNG SIKON YANG MENUNTUTNYA.. TAPI MUKJIZAT ITU HANYA DIMILIKI NABI.. SUNNY CINTA ULAMA’ SEBAGAI BUKTI CINTA PADA NABI SEBAB ULAMA ADALAH PEWARIS PARA NABI.. APA KARENA KITA MEMUJI ULAMA TERUS KATAMU KAMI MENCINTAI ULAMA MELEBIHI CINTA KAMI PADA NABI? TAU APA KAMU WAHABY .. TAU APA KAMU SYI’AH.. KALIAN BERDUA ADALAH KOTORAN YANG DIBELAH DUA.

  228. apa antum ingat kisah pertemuan Nabi Musa AS dengan Nabi Khidir? QS. Al-Kahfi : 60-82..khidir yg membunuh anak,melubangi perahu,membetulkan tembok yg roboh..dari situ sudah jelas Karommah yg Allah berikan kpd Hambanya begitu luas…jangan pendek pikiran bung..

  229. liat kisah nabi khidir..QS Al-Kahfi ( 60-82 )..sampai Seorang Nabi Musa AS tdk bisa memahami tindakan yg dilakukan Nabi Khidir AS..tindakan Nabi Khidir sangat bertentangan dengan syariat..yg membunuh, melubangi perahu, dll..dari situ saja sudah jelas..bahwa Karomah Allah turun kpd Hambanya yg Allah kehendaki..so, jgn menghakimi sesuatu yg sekiranya membuat perpecahan umat muslim..Tolong lah qta itu Muslim, seharusnya bersatu..bkn memperdebatkan hal2 yg merusak akidah qta..

  230. HARTONO
    SEMUA DIDUNIA INI SUDAH DIATUR DAN TERATUR OLEH ALLAH SWT SEMUA KEJADIAN SUDAH ADA NASKAH DAN SKENARIONYA SEBELUM MANUSIA ADA…TERMASUK MANUSIA DAN JIN ADA DI ALAM SEMESTA INI UNTUK SUJUD KE ALLAH…JELAS SUDAH PARA ROSULULLAH,PARA SAHABATNYA, PARA WALI ALLAH…ADALAH MANUSIA YANG ZUHUD DIDALAM JALAN KERIDHOAN ALLAH TIDAK MENGHERANKAN BILA BELIAU BELIAU MEMILIKI KEISTIMEWAAN YANG LUAR BIASA….

  231. WAHBABI..SINI GW PENGGAL LEHER LU!!!

  232. Assalamua’laikum wr wb … Mugi2 kulo lan panjenegan sedoyo saget istkhomah angenipun nglampahi ibadah dumateng allah swt , mugi2 barokahipun dzikrl ghofilin kulo lan panjenegan sedoyo di paringi slamet ndonyo akhirot ‘amin’

  233. ambil baiknya buang buruknya gitu aja sudah beres…….. semoga gak tau buruknya

  234. allah ……..
    komntar tofik | 8 November 2007 ………bgus c mnurut pmikiran formal…krna orang xg g prnah mndok,jdi g pernh tw k istimewaan seorang wali.
    allah memberi keistimewaan kpada rosul dan nabi nya dengan mu’jizat sdangkan para wali ulama’ itu dengan karomahnya,…
    semua saudara2 xg menggugat anda it krang spendapat dgan anda.krna bila seandaix ada kejadian suatu masalh xg mna sandaran hukumx gak ada di hadits n al qur’an apa yang anda lakukan.

    mkax ada pendapat xg mengatakn bhwa bla ada seseorang xg langsung menyalahkn orang lain,mka sbenarx xg slah yaitu orang xg menyalahkan itu.

    n xg paling penting MAQOM MU GORONG TOTOK LE…….

    skrang gni ,,,,
    apa bedax nabi ibrohim xg meminta kpda allah untuk bertemu,nmun nabi ibrohim g mampu bertemu allah….
    tpi beda dgn nabi muhammad,S.a.W ,Beliau mampu bertmu allah langsung…

    pkir mnurut mu apa……….

  235. sungguh wali Allah itu tetap ada …. ada yang mashur fi ard juga ada yang mashur fi ssama’ ada juga di antara keduanya ..

  236. wes gak usa geger koreksi diri maseng2 wes podo bener ta awak’e nek ibadah.????????????????????????????????????????///////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

  237. Doh bolo konco prio wanito,ojo mung ngaji syariat bloko,gur pinter ndongeng nulis lan moco,mulo mburine bakal sangsoro..
    gajal resapi mawon!

    • subhanallah…………….
      padahal orang yg dibicarakan sudah wafat, tapi banyak orang yg membelanya………inilah bukti kemulian seseorang yg menolong agama allah….
      orangnya sudah meninggal tapi karomahnya tetap nampak.,

  238. orang berilmu tidak boleh saling menyalahkan
    hanya orang bodohlah.yang tidak punya dasar agama
    emang benar yang no satu adalah junjugan kita
    nabiulloh muhammad rosullulah s.aw.
    tapi kita tidak boleh menjelekan para ulam a
    karna dia penerus perjuaangan penyebar agama sampai
    ke kita ini.kalau ngak ada penerus.mungkin
    udah jadi apa kita ini.wasalam
    muhammad khoirul huda.
    kami hanya orang munafik

  239. saya.sebagai orang jawa timur
    sanggat menghormati gusmik.
    bagi saya. ilmu agama tidak bisa di perdebatkan
    tapi di pahami dengan hati dan fikiran
    saya pernah belajar dari pengemis jalanan
    menurut orang awam
    tapi bagi saya .dia adalah guru

  240. Ping-balik: KH HAMIM JAZULI « gurukuanakpesantren

  241. angel kandanane. gampang yepurone, moga dapt pe2njuk dari ALLAH.SWT.

  242. Kalao menurut pendapat saya.
    Apa yang di tulis admin benar koh.
    Guru ngaji saya juga perna cerita tentang kyai gus miek.
    Tetapi cuma sekilas.
    Karena penasaran.
    Saya buka di internet deh.
    Makasih mas admin.
    Tulisan mas admin sangat menambah wawasan saya tentang wali wali allah

  243. gak usah kakean cangkem topik jancuk

  244. Nidzom Muchtasib achmadi

    Bismillah semoga kita semua mendapatkan sawab berkah beliau…
    Khususon ila hadroti syeikh waliyullah simbah yai Hamim Jazuli akftatihah….

  245. semoga kita selalu mwndapat barokah dari wali wali alloh amiiiiin

  246. assalamualaikum wr wb, wahai antum2 yg di rahmati allah, saya berpendapat >>> 1. yg mengkritik betul, 2. yg di kritik betul , :) jd semuanya betul , semoga para antum2 yg debat ini mendapat hidayah ALLAH ammiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin , wassalam saya yg bodoh dan tolol ini ikut nimbrung dikit :)

  247. Tidak ada yang bisa mengetahui wali kecuali wali itw sendiri

  248. subhaanallah….walhamdulillah….allahu akbar,,,,,,,,,,sungguh luar biasa allah mengasihi oleh kawulone,,,,,allah ingkang nakdirke ulama’ dari jawa,,,mugo2 allah selalu menghidupkan ilmu2 nya di dunia ini,,,,,,,mugo2 ono seng neruske,,,,,,allahu akbar,,,,,,kulo nyuwun doa restune,,,,kulo bade nikahan,,,,,mugo2 dadi keluarga sakinah mawaddah warohmah bil istiqomah….amiiin.

  249. tidak ada yg salah dan tidak ada yg benar semuanya bersama kudrat dan irodatnya alloh….ahahahahaha…nang..nang…

  250. tidak ada yg salah dan tidak ada yg benar semuanya bersama kudrat dan irodatnya alloh….ahahahahaha…nang..nang…nanem singkong ya numbuhnya singkong mustahil numbunya padi…hehehehe jangan pada ribut sing anteng sing tenang sing rukun…hehehe….MERDEKA

  251. YANG BENAR YANG TIDAK BERSALAH

  252. . Subhanallah,,,antm sprti prjlanan’nya Al imam ibn.Atho’illah Assakandary brsma gru’nya. Yg mana beliau msh tdk yaqin appa yg dilakukan gurunya, Tentang ilmu hikmah(rohani).
    . Juga perjlanan nabi musa sAat brsma nabi khidir, sll saja nabi musa treheran-heran melihat prilaku nabi khidir diluar batas kemampuan akal.
    . Smoga mnfaat,,

  253. tata bahasa jawa dak bisa kok komentar coy WALI itu dari kata WAL yg artinya tidak lepas dan lali artinya lupa jadi WALI itu org yg tidak lepas dan tidak lupa dalam detak hidupnya terhadap ALLAH

  254. coment2 antum sangat menarik, saya setuju qta harus terus banyak belajar dan belajar lg dan jangan pernah merasa sudah pintar, lalu menyalahkan ini dan menyalahkan itu, kalu qta menunjuk orang dengan jari telunjuk dan mengatakan “kamu salah” coba intip jari kelingking jari manis dan jari tengah menunjuk kepada siapa? makanya qta “jangan seperti orang buta yang meraba gajah”, ketika orang buta meraba ekor gajah dia akan bilang, ternyata gajah itu bentuknya panjang sebesar lengan dan ada bulunya, kan salah kaprah walaupun menurut si buta seperti itu kenyataannya, fahimtum ?

  255. Maaf jika dengan jujur saya katakan: senyatanya tidak ada yang luar biasa dari fenomena tokoh yang dibicarakan. Ia hanyalah satu dari banyak contoh lain yang pada hakikatnya hanyalah bulan-bulanan bangsa jin. (bagi yang menyelami ilmu ini dan telah mencicipinya, pernyataan ini bukanlah penistaan, -maaf bagi yang masih awam-).

    Kenapa saya katakan bulan-bulanan, karena pada kenyataannya, siapa saja yang terkait dengan bangsa jin -apapun levelnya- hanyalah menjadi boneka.

    Sehingga jangan heran jika ada saja syariat yang dilangkahi, karena itu
    adalah konsekwensi umum sebagai kesepakatan yang harus diamini dengan para gengster jin. -maaf bagi yang masih awam-

    Maksud saya, amatlah naif jika fenomena beliau dikaitkan dengan
    keislamannya, karena tidak ada kolerasi sama sekali.

    Atribut keislaman yang dikenakan kepadanya, senyatanya tidak berhubungan sama sekali. Fenomena tersebut juga terjadi dan dimiliki orang-orang lain di lain negara dan lain agama. Sehingga jangan heran jika apa yang dilakukannya hanyalah sebatas sensasi. Bahkan pada kebanyakannya jika dia muslim, justru cenderung melecehkan Islam.

    Kalau boleh saya buka sedikit rahasia bahwa: Fenomena beliau yang
    terkesan “wah” di sekelompok masyarakat Indonesia, atau di negara manapun dengan sosok yang lain, karena keawaman para simpatisannya dan kesuksesan sang “wali” dan “gengster jin”nya memperdaya mereka dengan pencitraan dan pengkondisian, terutama pada strata abangan. Pastinya hal itu membuahkan ketertarikan dan anggapan “wah” pada kemistisan dan superior sang “wali”.
    -sekali lagi maaf bagi yang masih awam-

    Dinegara lain Fenomena yang terjadi pada beliau ini belumlah teramat luar biasa. Belum terdengar sampai dapat menghidupkan orang mati atau terbang dan berjalan di atas air. Kalau hanya fenomena berpindah tempat, bisikan-bisikan gaib, dan manipulasi pandangan mata, itu adalah sesuatu yang dasar bagi para penuntut ilmu ini. -ini amat difamahi bagi mereka yang melek, belajar sampai keluar Nusantara dari para kutub torikot, seperti Sudan dan Maroko-

    Mengenai kewaliaan, jika mau dibicarakan dari kacamata islam sebenarnya Waliallah adalah gelar bagi orang beriman yang taat menjalankan syariat Allah sebagaimana yang disebutkan dalam surat Yunus:
    “62.Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran
    terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. 63. (yaitu) orang
    -orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa..” (QS.Yunus:62-63)

    Allah menurunkan pertolonganNya berupa karomah disaat-saat genting untuk kebaikannya dan orang-orang disekitarnya. Maksud saat genting adalah diluar kontrol si empunya karomah.
    Kisah Nabi Musa yang selalu “gagap” (tidak siap dan selalu menunggu
    wahyu) dalam mempertunjukan mukjizat atau Nabi Ibrahim yang tidak pernah tahu sebelumnya bahwa ia tidak mempan dibakar bisa dijadikan reverensi bahwa mukjizat pada nabi tidak dapat dikontrol begitu pula karomah bagi orang soleh )

    Jika ada Waliallah namun yang nampak justru penyelisihannya terhadap
    syariat (dengan beribu alasan pembenaran) dan dengan karomah yang “bisa dikontrol”, nampaknya firman Allah berikut ini dikhawatirkan tertuju pada mereka:

    “Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpun mereka semuanya (dan Allah berfirman): ‘Hai golongan jin, Sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia’, lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia: “Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya sebagian dari kami telah dapat kesenangan dari sebagian (yang lain), dan telah sampai kepada ajal yang telah Engkau tentukan bagi kami”. Allah berfirman: “Neraka itulah tempat kembali kalian, kekal di dalamnya…” (QS.al-An’am:128)

    Sungguh kita sangat merindukan waliallah-waliallah yang benar-benar
    menjalankan dan mengagungkan syariatNya, bukan wali yang menjadi buah bibir karena terkenal penyelisihannya terhadap syariat, yang memperdaya orang-orang awam disekitarnya.

    Kita sebagai umat Muhammad, sudah sepantasnya mencukupkan dengan ajaran beliau dan tidak tertipu oleh bisikan para jin, yang sedari dulu selalu menjadikan ibroh perjalanan Nabi Musa dan Khidir sebagai pembenaran atas penyelisihan terhadap apa yang telah disyariatkan Allah dan RasulNya dalam alQuran dan Sunah.

    Semoga Allah membuka pintu hati kita, khususnya bagi siapa saja yang
    telah mencicipi dan terperdaya inggin mencicipi fenomone alam jin ini,
    agar jangan sampai permainan ini menjadikan kita mengorbankan akhirat kita, dengan alasan ilgha at-taklifah karena telah mencapai kemakrifatan, embel-embel ilmu laduni dsb, terperdaya oleh setan-setan dari golongan jin dan manusia.

    Semoga Allah mengampuni mereka dan kita semua, dan membimbing kita ke jalan pemimpin para Wali, Muhammad -salallahu alaihi wasalam-, yang bermakrifat dan bersyariat, tanpa pernah menyelisihinya. Juga jalan para waliallah dari para sahabat Nabi, yang tinggi makrifatnya dan indah karomah-karomahnya, namun tetap istiqamah, tidak menyelisihi syariatNya.

    Jika melakukan kesalahan, mereka beristigfar kepada Allah, bukan membuat-buat dan mencari-cari alasan pembenaran dengan akting kewalian.

    salam

  256. Assalamualaikum

    Ini yg mmbuat msa2 lalu dan masa sekarang berbeda,msa dlu ssorang takut mengambil keputusan karena takut salah,tapi skrg org2 berani ambil keputusan karena merasa benar

    Umur saya baru 18 jadi tidak berani banyak komentar

  257. falah tjah jeporo

    Allohummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu, semoga amal ibadah dan dakwahnya gusmi’ slalu ber manfa’at dunia hattal akhiroh amiiin

  258. gus miek is the best

  259. masya allah…

  260. sesungguhnya Allahlah walinya orang mukmin..ketika ada wali berarti Allahlah yg memakaikan sifat kewalian…intinya jgn ada sangka dlm bertauhid…Hanya Allah yang nyata pada segalahal …semua baharu kecuali Allah

  261. WALI YULLOH = WARISATUL AMBIYA’WALMURSALIIN
    WALI ALLOH ADALAH PEWARIS PARA NABI DAN ROSUL
    PERBEDANNYA NABI DAN ROSUL DI BERI KELEBIHAN YANG DI SEBUT MU’JIZAT
    SEDANG WALI DI BERI KELEBIHAN YANG DI SEBUT KAROMAH !!!!!
    Paham rung iseh kurang ngajio meneh, nek perlu ojo ngaji kupingan

  262. mari kita dakwahkan yang hak, biar yang aneh dan nyeleneh macam ini hilang dengan sendirinya

  263. Benar kata ulama “jika kamu mengalami pengalaman rohani, jangan sekali-kali diceritakan kepda orang yang belum pernah mengalaminya, karena akan menjadi fitnah akhirnya”
    wallahua’lam bissowaff……..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s