KH.MAKSUM JAUHARI (GUS MAKSUM SANG PENDEKAR)

Nama Gus Maksum memang selalu identik dengan dunia persilatan, tentu kita tidak asing lagi dengan Nama “PAGAR NUSA” yaitu ikatan pencak silat Nahdlatul ulama yang dididirikan pada tanggal 3 januari 1986 di pondok pesantren Lirboyo oleh para kyai-kyia NU dan sekaligus mengukuhkan Gus Ma’sum sebagai ketuanya.

kh, Maksum jauhari

Gus Maksum lahir di Kanigoro, Kras, Kediri, pada tanggal 8 Agustus 1944, salah seorang cucu pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Manaf Abdul Karim. Semasa kecil ia belajar kepada orang tuanya KH Abdullah Jauhari di Kanigoro. Ia menempuh pendidikan di SD Kanigoro (1957) lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Lirboyo, namun tidak sampai tamat. Selebihnya, ia lebih senang mengembara ke berbagai daerah untuk berguru ilmu silat, tenaga dalam, pengobatan dan kejadukan .

KH.MA’SUM JAUHARI (GUS MA’SUM SANG PENDEKAR)

Sebagai seorang kiai, Gus Maksum berprilaku nyeleneh menurut adat kebiasaan orang pesantren. Penampilannya nyentrik. Dia berambut gondrong, jengot dan kumis lebat, kain sarungnya hampir mendekati lutut, selalu memakai bakiak. Lalu, seperti kebiasaan orang-orang “jadug” di pesantren, Gus Maksum tidak pernah makan nasi alias ngerowot. Uniknya lagi, dia suka memelihara binatang yang tidak umum. Hingga masa tuanya Gus Maksum memelihara beberapa jenis binatang seperti berbagai jenis ular dan unggas, buaya, kera, orangutan dan sejenisnya.

Dikalangan masyarakat umum, Gus Maksum dikenal sakti mandaraguna. Rambutnya tak mempan dipotong (konon hanya ibundanya yang bisa mencukur rambut Gus Maksum), mulutnya bisa menyemburkan api, punya kekuatan tenaga dalam luar biasa dan mampu mengangkat beban seberat apapun, mampu menaklukkan jin, kebal senjata tajam, tak mempan disantet, dan seterusnya. Di setiap medan laga (dalam dunia persilatan juga dikenal istilah sabung) tak ada yang mungkin berani berhadapan dengan Gus Maksum, dan kehadirannya membuat para pendekar aliran hitam gelagapan. Kharisma Gus Maksum cukup untuk membangkitkan semangat pengembangan ilmu kanuragan di pesantren melalui Pagar Nusa.

Sebagai jenderal utama “pagar NU dan pagar bangsa” Gus Maksum selalu sejalur dengan garis politik Nahdlatul Ulama, namun dia tak pernah terlibat politik praktis, tak kenal dualisme atau dwifungsi. Saat kondisi politik memaksa warga NU berkonfrontasi dengan PKI Gus Maksum menjadi komandan penumpasan PKI beserta antek-anteknya di wilayah Jawa Timur, terutama karesidenan Kediri. Ketika NU bergabung ke dalam PPP maupun ketika PBNU mendeklarasikan PKB, Gus Maksum selalu menjadi jurkam nasional yang menggetarkan podium. Namun dirinya tidak pernah mau menduduki jabatan legislatif ataupun eksekutif. Pendekar ya pendekar! Gus Maksum wafat di Kanigoro pada 21 Januari 2003 lalu dan dimakamkan di pemakaman keluarga Pesantren Lirboyo dengan meninggalkan semangat dan keberanian yang luar biasa.

224 responses to “KH.MAKSUM JAUHARI (GUS MAKSUM SANG PENDEKAR)

  1. assalamualaikum
    subhanallah hebat banget ya gus Maksum!!!
    kana juga mondok di lirboyo ya???????

  2. saya mungkin se orang dari sekian banyak yg mencintai kh gus maksum dan sy berdoa dan ber harap semoga terlahir gus maksum,gus maksum muda dan terwaris budi pekerti,suritauladan yg mulia beliaw terutama ilmu yg mangpaat amin..

  3. Allah akbar………2x

    Salam Para Pendekar pagar Nusa……!!

    Semoga Tetap Jaya dan Daerah Nganjuk juga makin berkembang…..Amin ??

  4. la khaula walla quata illa billah

  5. la khaula walla quata illa billah walau jasad beliaw tlh di pendam namun..amal sholeh ,budi pekerti,suri tauladan beliaw tdk akan pudar dan punah di telan masa trutama ilmu yg manpaat beliaw semoga mangpaat hinga kiamat amin… sy sangat mengagumi dan mencintai nya sbb beliaw sangat mencintai dan taat terhadap orang tua , guru. ulama,orang sholeh,para kekasih allah, trutama rashullallahu. allahu akbar …. !!! dan salam untuk para santri dan santriyat nya , para pendekar dan semua yg mahabah terhadap beliaw… dari sy putra serang banten trimakasih

  6. untuk itu sy ingin di akui santri beliau walau sy blum pernah mencoretkan logat di qitab atau muhkhasyafah dgn beliau sebab beliau seorang yg sholeh sementara dalam qitab khojinathul assror kata ahir qitab hidup harus bersama allah tp belum bisa bersama allah maka nya ingin dekat bersama orang yg dekat dgn allah karena orang yg sudah dekat dgn allah bisa menjadi wassyillah . sekian trima kasih dan syallam hormat untuk mas sachrony

    salam buat mas shuheli

  7. salam buat anak2 pagar nusa THE DREAM ORGANIZER

  8. salam pendekar buat anak2 pagar nusa Cab. bojonegoro.salam dai bersaudara jangan mau kalah sama para pendekar yang lain coz kita punya ALLAH SAW yang melindungi kita.

    SALAM BUAT.MAS FAUZY,ANDIK,EDI & Buat yang punya nama lina ayu b. I LOVE YOU

    salam kenal buat pendekar pagar nusa

  9. Hidup PAGAR NUSA……..
    Salam Buat Saudara-Saudara ku di Seluruh Indonesia. Saya Warga PAGAR NUSA 98/99.

    “LEBIH BAIK MATI BERKALANG TANAH DARI PADA MELIHAT ULAMA BERCUCURAN DARAH”

  10. Pagar Nusa/Sragen

    Selam masih ada Ulama,selama itu pula PAGAR NUSA akan terus JAYA…….

  11. Pagar Nusa/Sragen

    Selama masih ada Ulama’,selama itu pula PAGAR NUSA akan tetap JAYA

  12. Pilek/edy PN Rejoso/Ngajuk

    salam buat seluruh warga pagar nusa di nusantara. semoga kalian dalam lindungan Allah SWT. salam buat warga PN khususnya Cabang Nganjuk semoga kalian semakin memepererat persaudaraann

  13. Pilek (EDY) RejosoNgajuk

    salam buat Pak. Agus, Pak. Nan, Kang sun dan semua para tetua Pagar Nusa Rejoso semoga selalu menjadi penerus peninggalan KH. Gus Maksum, dan men jadikan Pagar Nusa Lebih besar dari sekarang ini. semoga Amal Ibadah kita diterima Allah SWT. Majulah Pagar Nusa ku!! Allah Huakbar.

  14. Edy_yoda@yahoo.com

    Salam buat para warga Pagar Nusa semoga kita semua dapat meneruskan perjuangan para pendekar yang telah merintas berdirinya perguruan tercinta ini dan tetap exsis di blatika dunia persilatan

  15. salam kenal buat temen2 di bojonegoro kanorkedung adem purwosari bubulanmalo kapasdan temen2 digasmi kapas ini dari pagar nusa temayang kitabuktikan kita bukan pencak silat preman yang suka tawuran dan keroyokan kita membawa misi islam yang rahmatan salam satu bendera

  16. sebelum beliau wafat, alhamdulillah saya sempat sowan ke rumah beliau. waktu itu beliau sedang sakit dan masih mau
    menemuai kami, mengijasahkan beberapa ilmu kanuragan kepada kami…
    doa kami selalu menyertai sampean GUS…

  17. aku dibesarkan dilingkungan pesantren, diajari bagaimana bersikap kepada guru2 kami, anak2 guru kamu dan kepada kyai2 kami. ketika GUSDUR dihina dihujat, dimaki oleh banyak kalangan darahku bergejolak … saya siap menjadi tameng menjadi barisan terdepan untuk melindungi guru2 kami…, alhamdulillah saya sempat dibekali beberapa ilmu dari gus maksum..

  18. allohuakbar
    salam pendekar…keluarga besar pagar nusa lampung
    semoga pagar nusa bisa terus berkembang

  19. aslmualkm……………………….
    salam kenal buat saudara pagar nusa di jawa?
    khusus nya kediri
    aku dari pagar nusa lampung
    kami akan selalu mengembangkan ilmu pagar nusa
    semoga jaya pagar nusa
    kami mohon batuan doa dari saudara pagar nusa semua.ALLOHUAKBAR………………………………

  20. salam buat saudara2 pagar nusa di kepoh baru BJN.BUAT ;mas ji,mas joko,dan semua pengurus salam hormat saya pada beliau tg tlah mendidik saya.
    BUUUAT SEMUUA WARGA PAGAR NUSA DI MANAPUN BERADA SALAM SAYANG N KENAL

  21. ahmad .s.(brangkal-kphbru-BJN

    assalmualikum…….sdr seperguruan khos utk ancab KEPOH BARU BJN………..!!!!!!!!!!!
    Salam Hormat pada pngurus ,serta semua warga
    pagr nusa seluruh indonesia…….!salam kenallllllll………..!
    Mari QT mnjd pemuda dan organisasi yg tk trpengaruh pd hal2 yg brsifat profokasi….!
    WE MUST BE NUMBER ONE.WE MUST PROTECT THE TRUTH .ECT

  22. ahmad .s.(brangkal-kphbru-BJN

    assalmualikum…….sdr seperguruan khos utk ancab KEPOH BARU BJN………..!!!!!!!!!!!
    Salam Hormat pada pngurus ,serta semua warga
    pagr nusa seluruh indonesia…….!salam kenallllllll………..!
    Mari QT mnjd pemuda dan organisasi yg tk trpengaruh pd hal2 yg brsifat profokasi….!
    WE MUST BE NUMBER ONE.WE MUST PROTECT THE TRUTH .

  23. Salam pendekar..smg pagar nusa tetap jaya,gus maksum sosok seorang yg saya kagumi,walau beliau tlah tiada namun amalan beliau yg slalu ad buat kita smua, walau saya ga pernah bljr silat namun saya ingin sekali mewarisi ilmu yg d miliki gus maksum

  24. Saulin.malo.bjn

    Ass…
    For pagar nusa.
    Moga ttp jaya.Buat PN malo kulo nyuwon dukunganipon

  25. aries (njanar ngelumber kph bru)

    salam kenal bwat teman-teman pagar nusa

  26. aries (njanar ngelumber kph bru)

    smoga para pendekar pagar nusa abadi untuk selamanya dan semoga yang mendirikan perguruan pagar nusa di terima di sisi ALLAH SWT.amiiiin yarobal alamin. salm bwat penerus pagar nusa di desa saya.

  27. A.ALQONI/padangan

    salam kenal semua dan perkuatlah tali persaudaraan kita………..ok!
    i love you………………………………………………..!
    the big familypagar nusa.

  28. assalamu ‘alaiku wr wb
    salam buat arek padangan aksanul.k,komari,mas ngain,slamet,danteman2ku seperjuangan di MAI al-khoiriyah padangan,dantak lupa bapak/ibu guru yang sabar membimbing saya,.
    berkat do’a kalian semua saya bisa semangat dalam menjalani aktifitas sehari2.maafkanlah ,bila ada kata2 yang tak berkenan dihati kalian semua .
    salam sejahtera …..!
    dari temanmu/muridmu yang ganteng………

    THE BEST OF PAGAR NUSA padangan.

  29. A.ALQONI/padangan

    assalamu ‘alaikum
    PERKUAT LAH PERSAUDARAAN KITA.
    BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH.
    JAGALAH NAMA BAIK PAGAR NUSA .
    PEGANGLAH JANJI2 YANG ADA DI PRASETYA PAGAR NUSA.
    salam kenal semuanya….
    salam PAGAR NUSA.
    SEMOGA JAYA SELALU…

    THE BIG FAMILY PAGAR NUSA.

  30. ASSALAMUALAIKUM sederek lirboyo sedoyo salam pendekar .saya alumni SD YAMASSA SBY.pagar nusa selalu jaya selamanya fi dunya wal akhirat

    AMIEEN

  31. PAGAR NUSA YAMASSA

    SALAM SILAT …..TERkhusus alumni ragar nusa di bumi allah seluruhnya santri santri semua.jagalah persaudaraan ukhuwah islamiyah selalu

  32. Rpatkan brisan,prkuat ke imanan,prtjam pnglihatan,prthnkan kbrsama'an&amalkan makhaban.INGAT "PKI" BANGKIT LGI
  33. ass. Kpd segenap pejuang RI yg tlah berjuang.sekilas info gus maksum pernah berguru sama MAS HAFIDZ BIN MAS BARAZI BANGIL. Jd bangkitlah NU THE BEST. jgn mau diadu domba. Entr para pendiri nangis dialam sana. ALLOHU AKBAR 7X

  34. Salam damai smua. Lagolabu ila billah. Tiada kmnangn tnpa prtlongan allah. Whai santri-santri pagar nusa,BERSATULAH..!

  35. wong pn jaya

  36. Ass….. Saya dari Tangerang salam kenal buat temen2 Pagar Nusa di Kediri Semoga tetap Jaya Supaya kt dpt Meneruskan amalan dan wejangan dari Alm.Gus Maksum.

  37. Mohon yang bisa memberikan ijazah atau ngajari saya untuk ilmu tersebut, karena saya baru mau belajar dan mencari guru, saya sangat berkeinginan untuk bisa hal-hal seperti itu tapi belum mendapatkan guru, mohon info atau teman-teman yang ber ilmu bisa untuk memberikan ijazah ke saya

    Al faqir
    Heri Purnomo

  38. assalamu ‘alaiku wr wb

    poRo pendekar pagar nusa saya meng hiMbau
    jngan sampai pagar nusa terpecah belah….
    meskipuN dri Ranting mana puN,pagar Nusa tetep pagar nUsa…
    jadi jangan sampai adu jotOz sesama Organisasi

    salam perdamaiaN PagarNusa Nganjuk
    kususx RejosO…

    Salam dr anak Pagar nUsa Nganjuk
    to anak Pagar nusa d kota laiN

    ga’ ono’ kekuatan kejobo sakeNg pituluNge Gusti ALLOH

  39. tutur lesan adalah kiasan, kenyataan adalh luapan isi hati.

    PSHT ku akui kau akan jaya dengan ketulusan hati danridho Alloh.

  40. salam pagar nusa.
    pagar nusa adalah lembaga pencak silat yang melindungi segenap umat islam di dunia.oleh karena itu kita harus berjuang mempertahankannya hingga akhir hayat.
    semoga pagar nusa tetap jaya,amien.
    BONEX,Begadung,.

  41. ngalah ngaleh ngamok. slm dulor2 pagar nusa anak janar slalu kompak. janar gt……/ surga neraka. ora geter .ora otek. masio di drop. mbelani NU.

  42. PN seng ber juang mbelani NU. nauangan kiai. slm untk.dulor2

  43. salam kenal buat semua ..khususnya para pendekar PN ..nih ana dari pendekar (pendek mekar)FPI nganjuk..ada yang ingin persahabatan sabung silahkan datang ke MARKAS FPI maguan,(dusun nglentreng..desa maguan,markas sanber nyowo)atas nama gus ALI FPI.trimakasih atas perhatiannya…semoga kita selalu menomersatukan alloh dan rosulnya….dan terhindar dari taklid buta..

  44. salam buat para pendekar. khususx pagar nusa, n salam buat anak njanar, k.ibrahim njanar smoga dia panjang umur. dia tlah berjuang mti”an mbelani pagar nusa.
    slm jg buat ANA, kuratan, dari dulu q gk bz lupakan km, I LOV YOU

  45. HORAZ…………………..! SEMOGA PAGAR NUSA TETAP JAYA DI BUMI ALLAH. SALAM BUAT SEMUA WARGA PAGAR NUSA KHUSUSNYA BUAT ANCAB BUBULAN. salam buat mas JALI AYAM

  46. KEKUATAN BUKAN DI MILIKI OLEH MANUSIA TETEPI ALLOH YG PUNYA

  47. SALAM BUAT SEMUA YANG MENJADI KELUARGA BESAR PAGAR NUSA CIMANDIE RANTING MOJOPURNO _MADIUN

  48. huan janganlah atihan nanti sakit

  49. salam pagar nusa

    o ya kalo di madiun ada latihan di mana ? mau sharring ni…. ( bagoes dolopo )

  50. Aku anak Nganjuk,bagian Sambijajar Lor.salam Pagar Nusa buat saudara2ku di semua penjuru dunia. Teruskan perjuangan Gus Ma’sum sampai titik darah penghabisan….Jangan biarkan Pagar Nusa berhenti sampai disini…!!! Terus semangat dan ingat LAGHOLIB ILLA BILLAH……!!!!ALLAHU AKBAR

  51. saya sangat megagumi gus maksum

  52. PAGAR NUSA TETAP JAYA

  53. selama dunia ini masih utuh,”PAGAR NUSA”harus berjaya.AYO…..!!!para pendekar”PAGAR NUSA”tegakkan kebenaran dan tumpas kejahatan.

  54. pagar nusa termas

    salam buat PAGAR NUSA TERATE ISLAM & buat pendekar PAGAR NUSA

  55. asalamu`alaikum
    gmn kbre lirboyo

  56. salam Pagar NUsa dari Cilacap, sedulur kabeh ayo semangat menegakkan dan melindungi pewaris nabi

  57. hai pagarnusa se DKI Jakarta mari kita tingkatkan seni beladiri kita untuk selalu menjaga bumi nusantara dari para penjahat perang.

  58. pagarnusa ayo kembangkan dan jaga selalu nama baik kita di kalangan masyarakat baik lisan/tulis salam buat para pendekar pagarnusa DKI Jakartakhususnya ust muroni hasbi semoga baik – baik selalu

  59. salam buat pagar nusa DKI Jakarta mari kita tingkatkan semangat kesatria yang ditinggalkan oleh sang mahestro GUS MAKSUM yang berjasa itu bagaimana kabar para biro – biro pagarnusa khususnya Dewan Khos semoga baik selalu

  60. ayo pagarnusa DKI Jakarta kita terus kembangkan seluruh ilmu pagarnusa agar selalu menjadi yang terbaik.salam buat Dewan Khos yang tlah mengajarkan ilmu pagarnusa semoga sehat selalu.Amin

  61. selamat buat pagarnusa se DKI Jakarta yang selalu perhatian kepada masyarakat. sukses selalu buatDewan khos terima kasih atas jasamu

  62. semoga amal ibadah gus maksum diterima oleh Allah S.W.T. AMIN

  63. ass……..dulur nek tumindak ampun grusa-grusu,sebagai warga PN,Qta hrus slalu menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama manusia,
    NGLRRUG TANPO BOLO,DIGDOYO TANPO AJI,SUGIH TANPO BONDO…GOOD LUCK AND SUCCES TO ALL MEMBERS OF PN,,,CONGRATULATION TO Mr.SUMAJI KEPOHBARU BJN..TLH TRPILH SBG ANGGOTA LEGISLATIF BJN.BRAVO PN &NU

  64. Terima kasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya pada PAGAR NUSA jakarata barat khususnya pada Dewan Khos yg telah peduli pada lingkungan kami dan telah mengajarkan ilmu pada kami yang saya rasakan sangat besar mamfaatnya, baik pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan.Kami segenap jajaran pengurus Masjid Jami Al-husna, Bojong Kavling Rawa Buaya . Mengucapkan banyak terima kasih pada Dewan Khos KH,MUH ROJI JAELANI ,HS . Wassalam

  65. TANGAN TERKEPAL DAN MAJU KEMUKA ! LAHIR BATEN ADEM@
    PIKIRAN TENANG @
    ATI PADANG@
    DODO LAPANG@
    ANTENG KOYO DENE LANGET BANTERKOYO GULUNGANE@

  66. “PAGAR NUSA” tetap jaya Salam bwt Konco2 “PAGAR NUSA” ora ono kekuatan kejobo kekuatane Gusti ALLOH ojo adigang adigung adiguno,rapatkan barisan membela NU gabung “PAGAR NUSA” [by metropolice]

  67. ojo anggak ambekpsht tak pateni

  68. mampir kang hidup Pagar Nusa jaya di NU jaya di Indonesia jaya semoga langgeng slamanya amin

  69. Salam sedulur bonek’x NU pagar nusa.. Wah mundak suwe pagar nusa mundak jaya.. Jo kalah karo cah kirek lho key

  70. Pagar nusa is the best Power moslem

  71. dika (TANGEN)

    sALAM PAGAR NUSA, PAGAR NUSA YG PLING OKE DAN AKAN TERUS BERJUANG DEMI UMAT MUSLIM SELURUH DUNIA

  72. sALAM PAGAR NUSA, PAGAR NUSA YG PLING OKE DAN AKAN TERUS BERJUANG DEMI UMAT MUSLIM SELURUH DUNIA

  73. Semoga menjadi hamba yang dicintai Allah amin

  74. salam PAGAR NUSA, PENakake ngeCAKake SILATUrokhim. RANTING NGANJUK , BEGADUNG JEGLES. PERKASA ( PERKUMPULAN KALIMAT SAHADAT )

  75. salam!!! saudara ijo khusus d kpohbru bjonegoro dan salamx dr nak PN tmbak beras jmbang slalu sjhtera….by ateng

  76. tanya sejarah berdirinya PN???????????????

  77. terate…… buka dong situsnya PN biar tau,,, gimana sbnrnya PN itu,, jd ga tulalit…..

  78. ojo rumongso iso sakdurunge iso rumongso.
    salam pagar nusa utk smua pendekar pagar nusa.
    “PAGAR NUSA JAYA”

  79. sak gedhe gedhene godhong waru panggah kalah karo trisulaku. slm PAGAR NUSA smoga tetap JAYA. from PAGAR NUSA bonggah ploso

  80. Salam buat warga PN Semoga selalu di allah.dari wg PN ULUJAMI

  81. angga pagar nusa BJNGRo

    asskum,, ,,
    slam bwt sedulur pati paga5r nusa dari berbagai penjuru di indonesia..
    saya ketua dari pagar nusa man2 bojonegoro
    mengucapkan minal aidhin walfaidhin…

  82. subhannallah gus MAKSUM sangat luar biasa!!!!!
    slm pagar nusa bwt smua pendekar pagar nusa.
    from pendekar pagar nusa ploso bonggah.

  83. Aku tonggone kang Ali.Rekan2 kalau kemarkas.mampir

  84. Gua anak bojonegoro
    ber laskarkan”bumi trisula berbintang sembilan”slam untk PN kedung adem,sumberjo;krn q alan bejiwa PAGAR berjihat untuk NUSA.alan

  85. Subhanallah. Semoga ALLAH SWT menambahkan iman kepada kita semua.

  86. q kangen ama sodara2 pagar nusa

  87. pagar nusa kau yang mendidikq wat jadi manusia yang ngalah ngalih ngamuk tangguh tanggon trengginas

  88. salam PAGAR NUSA se INDONESIA semoga tetap jaya selalu………..! saya warga pagar nusa SINGGAHAN mengucapkan salam knal buat dulur-dulur PAGAR NUSA………..!

  89. soldier of ALLAH

    assalamualaikum,salam bwat arek pagar nusa nganjuk. ranting kramat(alab-alab samber nyowo) tetap jaya,nganjuk pagar nusa tetap saudara.

  90. PAGAR NUSA .PAGANG TEguh syariat agama .,,,laksanakan trisula kita …..,,,,,,jlnkm sholat 5 waktu ,,,,,..yg terpenting jg soooooooooommmmbongggg …..by:pN ds.deket agung,sugio .lMG

  91. hidup NU pagar nusa …………………………..
    semoga… tetapp BerjaYAaa….
    MerDeKa…………….

  92. Subhanallah kami pagar nusa gondang baureno damai selalu allahu akbar

  93. semoga pagar nusa jaya selalu??
    dan kita sebagai warga pagar nusa selalu mengenang al-marhum kh. gus mksum jauhari ?karena apa karena dia yang telah mendirikan perguruan organisasi pagar nusa?dan kita harus jayakan pagar nusa selalu?dan jangan lupa kita harus mendoakan kh. gus maksum jauhari ?semoga roh ya diterima ALLAH SWT?dariku pagar nusa kedawung….

  94. Atas nama pagar nusa gondang baureno,slam kenal bwt ‘pendekar muda’ n true fighter gondang

  95. alap samber nyowo

    slam bwat pagar nusa jaya terus

  96. Assalamualaikum, salam PAGAR NUSA
    Mari kita tingkatkan ke Taqwa an kita, dengan ibadah yg istiqomah serta amaliah membela kebenaran dengan ng Ilmu PAGAR NUSA. Semoga
    tetap semangat arek – arek Jember.
    salam hormat q H. Zamroni di Tegalgusi Mayang
    Jember.

  97. Atas nama pagar nusa gondang baureno,slam kenal bwt ‘pendekar muda’ n true fighter gondang,(anak2 black dog destroyer)

  98. semoga jaya selalu,& selalu sejahtra PAGAR NUSA SALAM UNTNUK SEMUA SAHABAT PAGAR NUSA BY:FAUZI

  99. Salam buat ank2 pagar nusa di manapun berada..smga kita ttap jaya dan dilindungi oleh-Nya . .

    Imam,baureno,BJN

  100. salam PAGAR NUSA dari kami PADEPOKAN PANGERAN BLUMBANG SEGORO BLITAR

  101. PADEPOKAN ANGLING DHARMA

    GUS MA’sum adalah sosok yang sangat saya kagumi.AQ juga Pendekar pagar Nusa nganjuk.Q berharap bisa seperti Gus Ma’sum, adakah yang mau mengajari aq Ilmu kejadugan……

  102. semoga pagar nusa selalu jaya..

    salam hangat dari makassar

  103. salam Pagar Nusa….sedulur..
    q pagar nusa thn 2005…skrang di jogja…tuk temen2 pagar nusa kembangkan bendera kalian

  104. Info:
    Bagi teman-teman yang mencintai almarhum almaghfurllah KH. Maksum Jauhari, kini Anda dapat meneladani sosok beliau yang alim melalui buku biografi beliau “Gus Maksum, Sosok dan Kiprahnya”. Info lebih lanjut, hubungi 085645733737 an. Khoirul Anam.

  105. yg mempunyai cerita gus maksum tolong ditulis di komentar ini

  106. Mungkin Saya Adalah Sekian Banyak orang yg menggemari gus maksum N moga ank2 Pagar Nusa Kab. jember khususnya ranting tegal banteng mendapat ilmu yg bermanfa”at dari gus maksum N moga ruh gus maksum ditrima amal salehnya,di hapus segala dosa Dan masuk syurga sepanjang masa

  107. ayo para pendekar negri cilacap maju lah tu membasmi segala rintangan…………….!!

  108. asslamualaikum para warga pagar nusa se asia khususnya warga nganjuk . slm jg bwt warga ASMAUL HUSNA NURUL QULUB smoga kita slalu d bri ksehatan dan keimanan.amiiiin

  109. Gus Ali FPI…Assallamu’alaikum…salam FPI samber nyowo jaya slamanya.Kang Ali saya bertrima kasih atas bimbingan nya slama ini,smoga amal perbuatan kang Ali di trima oleh Allah SWT.Dan tidak lupa kpd perguruan/sang pendekar pagar nusa se Indonesia salam silaturrohmi.Ngasah-Ngasuh-Ngalah-Ngaleh-Ngamuk,,,,From;Zainal,,,maguan,,,nganjuk

  110. jabon

    seakarng saya tidak pernah melihat pendekar .. kayaknya sekarang sudah gak ada lagi ya …

  111. Hani Adi_SasMiko'

    UREP KUDU DUWE ROSO RUMONGSO
    OJO RUMONGSO BISO
    NANGING SENG BISO RUMONGSO.
    Asallamu’alaikum…
    Salam kenal buat semua Pendekar PAGAR NUSA.
    dan slam buat padhepokan SAMBER NYOWO.
    buat smua tman Q pelatih CBNG Tangerang.. Trima kasih tlah mengembangkan Ilmu PAGAR NUSA.
    saya anak dr bumi LPS NU Nganjuk. Smoga PAGAR NUSA tetap BERSATU JAYA slamanya.. Amien……..!!!!!!

  112. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Waahh sunguh sakti mandra guna beliau… tp syang skrang beliau dah meninggal…. smga beliau tenang dsna…. amin
    salam dari perguruan pencak silat tabanan – bali…..

  113. ASALAMUALAIKUM WR.WB………
    DULUR PAGAR NUSA( GASMI) CABANG PONOROGO MENYAPA KONCO2 DI INDONESIA,,,,,,,,SEMUA KANG2 SLAM 1 JIWA PGAR NUSA,,,TE2P JG KEKOMPAKAN,,UKHUWAHNYA JG,,,,WASALAM,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,PAGAR NUSA HOLIC REOG CITY PONOROGO( PONSEL PONOROGO SELATAN)

  114. SALAM PERSAUDARAAN. .
    Saya dr prguruan PSHT MADIUN pilangbango
    saya sgt mngagumi gus maksum mnrut sya beliau org yg sngt brkromah. .
    dan yg ingin sya tnyakan knpa diluar mdiun psht dan pagar nusa it tdk prnah akur
    pdhl dtmpat brdriny psht kdua organisasi ini sngat akur bhkan sya pny tmn seorg pndkar pagar nusa yg 1 prjuangan ma sya. .jd apa sih yg dprmslhkan
    sekian
    salam persaudaraam!

  115. REVI SELALU ARGA

    Allohuakbar 3X walillahilhamud’,, sedoyo kakang warga PAGAR NUSA ingkang dateng pundi kemawon monggo kita sareng-sareng sinambung dateng mriki. Mbok bileh mbak2 warga ipun ingkang saget sowan,, monggo sedoyo mawon kita bersatu lan membangun PAGAR NUSA menika. Kita terusaken perjuanganipun almarhum almaghfurllah KH. Maksum Jauhari utawi MBAH MAKSUM sehingga saget ndadosaken PAGAR NUSA semakin JAYA SELAMANYA……. AMIN YA ROBAL ALAMIN

  116. aq dr pkl
    salam wat mua pagar nusa di seluruh indonesia.ayow kuatkan barisan
    ngalah,ngalih ngamuk

  117. rahayu ……mugi tansah langen lan katuran rahayu dumateng sedulur pagar nusa….nuwun

  118. Neng lanbangkuning rakyat’e NU PAGAR NUSA ne yo akeh kang,mbok menawi dulur berkenan sambang dateng dulur mriki…hidup pagar nusa ku,mari kita menyongsong masa depan kita menjadi lebih baik……Amien

  119. SALAM PAGAR NUSA DARI KALIMANTAN TENGAH,,,,
    semoga pagar nusa tetap jaya dan abadi,,,,,,Amin,,,,,

  120. M. Khoirul Anam

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bagi teman2 yang memiliki data atau informasi jejak rekam Gus Maksum, kenangan pribadi, kesan, silakan kirim ke email saya. Data atau informasi tersebut amat penting guna melengkapi buku biografi beliau: “Gus Maksum, Sosok dan Kiprahnya”
    Email: chairil_am@yahoo.co.id
    HP: 085645733737

  121. pagar nusa bagiku adlah sarana untuk mengetaui jatu diriku.aku sdar klo tdak ada yg hebat kuat kebal kecuali izin allah swt.

  122. assallammualaikum Wr.Wb….waduhhh sudah sekian lama saya meninggalkan pelajaran Pencak Silat PAGARNUSA karna memang lagi sibuk dengan KOMPUTER khususnya mengenai JARINGAN LINUX & HACKING SECURITY…gimana ya….sekarang aku masih ingat jurus – jurus yg lalu…
    buat sluruh PagarNusa DKI Jakarta…trus maju sampai TUJUAN….
    ohhh…ya….aku minta latihan bareng dund bisa gakk….buat menambah pengetahuan mengenai JURUS …..salam buat para PENDEKAR dari Jawa Timur….

  123. widianto PN Lampung

    salam bwt sluruh anggota IPSNU Pagar Nusa, selalu tetap jaya, teruntuk anggota PN lampung bisa sharing di FB pagarnusa.lampung@yahoo.co.id trimakasih

  124. semoga alm gus maksum mendapat tempat yg mulia di sisiNYA. . .Amin ,seperti mulianya beliau ketika masih hidup didalam menjalankan syiar ,dan hendaknya beliau menjadi tauladan bagi kita semua. .salam kenal buat keluarga besar pagar nusa. .dari al,fakir . .ALHIKMAH JAKARTA

  125. subhanalloh,,,,allohu akbar ,,, sy sangat mengagumi beliu….dan sy alumnus PONPES lirboyo angktan 98′ kami sll mengenang jasa2 beliau, Gus MAKSUM sosok pendekar yg alim,,,, kami akan sll mengingat atas wejangan panjenengan….. nembah nuwun al mukarom smua kyai lirboyo,

  126. ahmad masduqi syarifudiin

    subhanalloh,,,,allohu akbar ,,, sy sangat mengagumi beliu….dan sy alumnus PONPES lirboyo angktan 98′ kami sll mengenang jasa2 beliau, Gus MAKSUM sosok pendekar yg alim,,,, kami akan sll mengingat atas wejangan panjenengan….. nembah nuwun al mukarom smua kyai lirboyo,

  127. ADI (pagar nusa kanOr nGlarangan kEpoh)

    ALLAH panGeran Qu
    ISLAM aGama Qo
    nabi MUHAMAD nabi Qu
    AL_QUR’AN kitap Qu
    PAGAR NUSA aliran Qu

  128. Seno Yudho G. J.

    Saya tahu Gus Maksum, tetapi saya tidak kenal beliau, walaupun saya pernah berjabat tangan dengan beliau. Sekedar berjabat tangan. Kala itu aku masih SMP di Rejoso Nganjuk. Kebetulan sedang ada pencak dor di masjid dekat SMP PGRI (dekat puskesmas Rejoso). Disitulah saya bertemu beliau. Kebetulan temanku, Sugianto, adalah anggota pencak silat Pagar Nusa.

  129. Aslm. Aku wong trisulo plosoklaten..
    Salam PN drku hidup KEDIRI…HIDUP LIRBOYO….HIDUP PAGAR NUSAKU… wlpn aku g pernh mondok di lerboyo tp,aku sngt ngefan dengan santri2 lirboyo. Smg GUS MAKSUM sll dlm rahmat ALLOH. AMIN

  130. salam pagar nusa .by tjah nganjoek

  131. khoirul ikhtiyar

    askum,, aku santri lirboyo, bwt gus maksum, dan tak lupa pd 3tokoh lirboyo, dan dan kpd sluruh masayikh lirboyo, sya mnta barokah ipon lan paham ilmu lan sembarang seng prbwatn apik pokoe, amin……………………… alfatihah bwt seluruh masyayikh lirboyo

  132. aslm…
    PN memang tersohor di indonesia. Pengikutnya hampir di setiap plosok ada.
    Saya mau tanya siapa sekarang pemimpin PN ya?

  133. salam dua jari para pendekar PAGAR NUSA NGANJUK,,khususnya PADEPOKAN NURUL QULUB & LASKAR MLATI ranting kedung mlaten-lengkong-nganjuk,,PAGAR NUSA JAYA slalu….

  134. Hidup mulia atau mati sahid..the best for pagar nusa

  135. Hidup mulia atau mati sahid..
    The best for pagar nusa,
    damailah KH.GUS MAKSUM JAUHARI

  136. asalamualaikum salam saking wargo pagar nusa maguan berbek salam juga buat anak anak banksat aku slalu merindukanmu aku yg jauh d rantau

  137. teguh satria pagar nusa jaya

  138. Salam pagarnusa bwt semuanya.
    Pagarnusa brangkal kepohbaru ayo bangkit.
    http://pagarnusarbrak.heck.in

  139. assalamuallaikum wr wb kang,saya PN Gasmi dari ponorogo,jatim,,,,,,semoga PN slalu mnang dri lwanya,,,,tnpa smbong

  140. salam kenal buat anak-anak pagar nusa,

  141. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Aku pengen jadi keluarganya Pagar Nusa nich, rumah aku Nganjuk-SMP 3 ke selatan sedikit, boleh ngak, tapi aku di seuuh belajar yang rajin dulu, gimana nich?,kasih saran donk,..!
    sms aku yha 085334468246 / FB : Chandra Setya

  142. fiyan adi kusuma

    semangat selalu bwat saudara2q mari qt lnjutkn generasi yang islami kuat hatinya mental fisiknya………pagar nusa smkin kuat

    from kbangkitan pagar nusa napis tambakrejo bojonegoro

  143. bisakah aku belajar silat,
    tp usiaku msih muda, dan aku orang nya penakut,
    aku pingin menja diri dengan belajar silat

  144. Pagar nusa jaya

  145. syamsuddin malik

    Allah akbar semangat tetap terpancar berkobar,melangsungkan perjuangan gus maksum.

  146. MBAH GUS MAKSUM BIARKAN ENGKAU DAH TIADA TAPI HATIKU TETAP MENGENANGMU…..,

  147. PAGAR NUSA itu artinya apa?

  148. Amry Siluman Mimpi

    PAGAR NUSA sllu jaya slama-lamanya allah huakbar……
    aellu tegakkan AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR………………………

  149. Amry Siluman Mimpi

    Untuk para pendekar nhdotul ulma’ yaitu PAGAR NUSA…. khususnya d wilayah kpoh baruuu…… tetap smangat maju tak gentar membela kbenaran…. LAGHOLIBA ILLA BILLAH

  150. SUBHANALLAH… BGITU ALLAH MENCIPtakan hambanya yang begitu sakti mandraguna seperti sosok KH. AGUS MAKSUM JAUHARI aLM….SEMOGA akan ada peneerus Pendekar- pendekar pagar nusa yg mempunyai sosok dan kharisma sperti beliau….amiin….DEBBY FIRMAN KUNINGAN.

  151. slam buat smua anggta Pn se indnsia smga jya dr amar murid nor rhokim demak

  152. Assalamu’alaikum.wr.wb
    saya bangga menjadi santri+warga pagar nusa
    karna pagar nusa selalu menetapkan amal ma’ruf nahi munkar
    hidup pendekar pagar nusa
    sampai mati pun kan ku bela amanatMU “KH.AGUS JAUHARI MAKSUM”

  153. assalmu’alaikum wr,wb. Aku akan selalu merindukan sosok seperti gus ma’sum karena wejangan-wejangan beliaulah aku dapat mengembangkan pagar nusa diwilayahku wejangan yang langsung itu akan selalu kuingat dan kulaksanakan gus. salam kenal untuk pendekar pagar nusa se indonesia dari alumni gasmi pagar nusa angkatan 1990 cabang nganjuk ponpes gubug tegal ma’unah kramat nganjuk.

  154. Semga di trima amal ibadah nya. Saya berharap akan tumbuh pendekar,2 yg berikutnya dan bsa td tiang agama dan pelindung kaum lemah amin,2 yarobal alamin.

  155. lhakhaulawallakhuwata illa qulbie wastaqjanni illa liyakbuduniroJim lha khaula walla khu watta illa billahil aliyidil adzim ….
    hiduPP pagar Nusa Cimande…
    Amienn…..

  156. waktu beliau wafat aku ada dikamar Q.o7 lirboyo brsama mbelek….khadziq hasyim al faruq
    \

  157. as.salam PN,tunjuk kan kebesaran antum sekalian,dgn apa yg bisa kau berikan pd agama dan bangsa ini,menjadi suri tauladan bagi ummat,melnjutkan warisan nilai islam ,dan mengawalnya sampai titik penghabisan,dari oknum2 yg akan meruntuhkan islam( NU).ingatlah sejarah dan para pejuang agama, dr Nabi Muhammad saw,sampai sekarang,semangat api perjuwangan,akan ku teruskan cita2mu wahai para masyayyikh.

  158. NgaLah NgaLih NgaMuk…. pasukan elite suka damai siap tempur.. slam buat smw sdulur kaum pagar nusa gebangayu nganjuk…

  159. smoaga amal baik’a di terima olaeh Allah swt..

    sbn’a bliau adlah guru’a guru saya,,,,
    nama’a K.H Abdul Basyir.. krn guru saya nie pernah berguru kpd beliau,,
    sama alumni lirboyo jg,,

  160. trimkasih ya allah telah engkau ciptakan pendekar yang sejti itu,,.,.dan trimakasih kau telah memberikan karohmamu kpd beliau.,.,dan semoga beliau selalu disisimu.,,,..,.,.,,amien ya allah ro”bal alamin

  161. Q… Suka … Contoh seorang pesilat sejati…

  162. sekarang siapa yang akai pengganti gus maksum

  163. ini merupakan hikmah bagi kita yg hidup didunia bahwa tidak ada orang yang sakti, yg sakti iku hanya gusti ALLAH SWT, semoga kita tidak berfikir bahwa orang yg berada diluar organisasi yg kita ikuti adalah musuh dan ngrerumongso benere dewe sebab iku adalah kesombongan dan kesombongan itu sangat dibenci oleh gusti ALLAH AZZA WAJALLA, selama kita masih sesama muslim baik kita pererat hubungan silaturahmi antar sesama kita pupuk keimanan kita perbanyak amal soleh gae sangu sok nek mati, semoga kita semua selalu dijln kebenaran, jln yg diridhloi gusti ALLAH, saya turut mendoakan semoga ALLAH menempatkan beliau disisinya dan menerima segala amal soleh beliau semasa hidup didunia, amin….. yarobbal alamin

  164. allahhuakbarrr???? sungguh mulia dan tinggi drajjjjjjat baliau?? pagar nusa nganjuk

    • saya[mbah den] sebagai warga PSHT surabaya ranting manu’an menyayangkan di dunia persilatan identik dengan kekerasan apalagi tawuran,padahal tujuan kita belajar ilmu bela diri buat menolong orang yg lemah,q sarankan buat pelatih/atau pembina di sluruh cabang organisasi mn pun untuk mengarahkan calon/siswa biar tau salah dan benar,biar kelak jadi penerus baNGSA YG berakhlak dan berbudi lurus, HIDUP PENCAK SILAT ASLI INDONESIA,

  165. salam pendekar PAGAR NUSA dr psht,hidup pencak silat indonesia…

  166. salam pendekar pagar nusa…
    salam para warga pagar nusa…
    salam untuk anggota pagar nusa dimanapun tempatnya,,,
    .

  167. kembangkan semangat para kiai

  168. PSHT jaya

  169. cah pakel ngantru

    Subkhanallah…
    Salam buat warga NU se indonesia

  170. NGAPUNTEN

  171. salam pagar nusa sumengko gres
    ik barat..

  172. assalamualaikum wr.wb.

    saya sbg ketua pagar nusa MTs Negri bendosari saya berjanji kpd bp.kyai agus maksum akan trus mempertahankan,melindungi,dan menurunkan jrus”yg sudah kyai berikan kpd kami salam Pendekar sabuk hijau semoga arwah bp.kyai agus mahsum jauhari dpt di trima di sisi allah

    dari ketua pagar nusa mts negri bendosari
    Dedi prasetyo

  173. kasian pagar nusa, saking takutya samaTERATE sampe segitunya! takut itu sm larangan ALLAH bkan sama TERATE.

  174. ass,salam kenal,tanya dong?pagar nusa cabang jember di mana alamatmmya?mohon alamat lengkapnya

  175. assalamualaikum wr.wb

  176. Salam Pagar Nusa Kedungadm Bojonegoro….

  177. assalamualaikum
    salam seduluran
    pagar nusa

  178. aslmkm skrang siapa penggantinya ?wasalam

  179. aslmkum,,saya warga PAGAR NUSA 2006 saya sangat mengagumi KH.gus MAKSUM JAUHARI,mudahan amal beliau di terima oleh allah SWT,,,,PAGAR NUSA ttp jaya selalu ,,,by nganjuk

  180. “selalu jayalah PAGAR NUSA”

    ~NU~

  181. Tetong

  182. salam buat smua anak PN smg kt smua ttp dlm lindinganNYA
    UNTUK YG MERASATDK SEJALAN DNG PN JNGN SOMBONG KRN YG BOLEH SOMBONG ITU HNY ALLAH KRN PUNYA SGLY

  183. Muhammad Thoyib

    JADI KANGEN SAMA LIRBOYO…

  184. aku akan slalu menjadi penerus gus maksum pagar nusa akan kujunjung tinggi demi ketertiban bangsa indonesia dan anti pki hidup pagar nusa hiduuuppp”””””””””””””””””””””’

  185. Sallam pagar nusa semoga jaya untuk slamanya

    N smoga kh agoes maksm di trima di sisi allahH swt… Amiinn

    PAGAR NUSA RANTENG SRAGEN

    1986::::

  186. salam pagar nusa semoga semakin berjaya dan semakin berkembang di nusantara aminnnnnnnnnnnnnnnn

  187. salam pagar nusa -{— 1986 —}- slalu jya…
    khusus’y untuk arpansa GASMI tuban bumi ronggolawe.. tetap smangat untuk mnegakkan amalan-amalan PAGAR NUSA panji-panji amal ma’ruf nahi mungkar.. kita harus bersatu..
    salam bwat sedulur pati di sluruh nusantara… jaya slalu

    ARPANSA GASMI TUBAN BUMI RONGGOLAWE -{— 1986 —}-

  188. Salam satu kerabat arek pagar nusa jk kenal aq ra bro

  189. sy sangat banga dengan pagar nusa yg telah membimbing sy menjadi warga pagar nusa.salam kenal dengan mas yg ada di lirboyo,blehkah sy memper dalamkan ilmu saya di sana

  190. ASHTER BOJONEGORO

    Selama bumi masih dihuni manusia dan matahari masih bersinar dari timur selama itu pun sh terate akan selalu JAYA,

  191. sejarah berdirinya kurang detail,.
    perlu diketahui berdirinya pagar nusa erat kaitannya dengan sejumlah tokoh NH Perkasya, perguruan pencak silat yang lahir dan tumbuh dipesantren tebuireng.

  192. sejarah berdirinya kurang detail,.
    perlu diketahui berdirinya pagar nusa erat kaitannya dengan sejumlah tokoh NH Perkasya, perguruan pencak silat yang lahir dan tumbuh dipesantren tebuireng.

  193. pagar nusa akan selalu menang walau pun di kandang lawan

  194. SALAM PAGAR NUSA ,

  195. assalamualaikum
    hidup sllu pagar nusa ku

    selama islam jadi panutan umat manusia dsitulah pagar nusa jaya

    musuh tak dicari
    ketemu musuh takkan lari
    [ngasah ngasuh ngalah ngaleh ngamuk]

    ranting gundik kidul
    [azham]

  196. salam pagar nusai

  197. HENGKY LISWANTORO

    PAGAR NUSA JAYA SLAMANYA,,,,,,,,,,,,,,,SALAM AE KANGGO AREK AREK GASMI DAN SEMUANYA ,BY: “PAGAR NUSA” GASMI NGAWI

  198. Asalam mualikum wr.wb.slam pagar nusa nganjuk ank buah he gus maksum,q akn mencurahkan isi hatiku ini nyata gk rekayasa stelah meninggalnya guruku q slu mimpi mimpi itu terjadi 2X ,dlm mimpi q gusmaksum berpesan jdilah wrga pagar nusa yang baik jauhi kmaksiatan larangan alloh swt dn tingktne ibdah nya.jga mengajari q bnyak silat wlpun hnya mimpi subkhan na alloh

  199. Yo Pagar nusa iku jaya oke . . . . . . Salam buat ank2 pagar nusa

  200. salam takdim buat sodara semuaya yag ada di pagar nusa….ku mau taya…apa arti ya pendekar sejati ….mungkinkah masih lebih baik dari si pengulung sampah sejati….intiya di dunia persilatan yang selalu membuat onar di mana2 temlat bahkan juga selalu membuat resahya aparat..ku ingin tau tunjukin pada kaum yang kesabaranya seperti pengulung sejati…wasalam

  201. Saya sbgai anggta pgar nsa ckp bngga dng kpndkran gus maksum tpi syngxa srna pgar nsa di sumenep-madura tdk mmadai pdhal kmi sdh mnta dna pd pngrus pusat ttpi tdk di hiraukan (BY:KHAIRUL)

  202. Semoga pagar nusa semakin maju dan jaya di dunia prslatan dngn di dkung sarana dan prasarana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s