HABIB MUHAMMAD BIN HUSEIN ALIDRUS ( ULAMA SURABAYA BERGELAR HABIB NEON )

Habib “NEON” ???? , Saya penasaran kenapa Julukan seorang Ulama termasyhur disurabaya , seorang Ahli Bait min Zurriyati Rosulillah saw digelari dengan “Neon”. Setahu saya Neon itu bahasa Jadul ( jaman dulu) adalah lampu listrik berbentuk tabung yang berisi gas Neon, Apa dulu Ulama tersebut seorang pengusaha lampu listrik Neon?? , berangkat dari penasaran saya coba cari cari sumber Referensi Kenapa Habib Muhammad yang bermarga Al idrus diberi gelar dengan Habib Neon ???

Dan ternyata Ada cerita menarik yang perna saya dengar bahwa suatu hari di Masjid  Surabaya di gelar Majlis ta’lim yang diadakan rutin setelah  ba”da isya , puluhan orang memadati masjid untuk mengikuti dan mendengarkan tausiah dari seorang ulama , tiba tiba listrik padam serentak jamaah berhamburan keluar ruangan masjid karena gelap gulita, nampak dari kejauhan seseorang menghampiri menuju masjid dengan menggunakan Gamis khas Yaman dan dipundaknya terlilit sorban berwarna hijau dan tak lain beliau adalah Habib Muhammad bin Husein Al idrus , tiba tiba saat beliau memasuki masjid ruangan masjid yang semula gelap menjadi terang terlihat pancaran cahaya dari tubuh Habib Muhammad bin husein al idrus, semua jamaah dibuat terperanjat menyaksikan kejadian tersebut. Tubuh Habib Muhammad dapat memancarkan cahaya seperti Neon ( lampu listrik) . Sejak saat itu Habib Muhammad dikenal dan dijuluki sebagai Habib Neon karena tubuhnya dapat memancarkan cahaya.

Habib Muhammad bin Husin Alaydrus (surabaya)Ulama Surabaya kelahiran Tarim Yaman tahun 1898 M , merupakan sosok ulama min auliyaillah yang menjadi panutan dan tempat Curhat para warga masyarakat baik di Surabaya maupun dari berbagai daerah di tanah air. Sejak kecil mendapat tempaan ilmu dari Ayahandanya Habib Husein bin Zainal Abidin Al idrus yang memang seorang ulama dan arif billah , Marga beliau Alidrus yang  artinya ketua orang-orang tashauf dan kebanyakan Ulama yang bermarga Alidrus ahli tashauf sebut saja Shohibul Ratib Al imam Habib Abdulloh bin Abu bakar Al idrus dan  Shohibul Luar batang Habib Husein bin bi bakar Al Idrus juga seorang Ahli Thasauf. Begitupula dengan Habib Muhammad bin Husein Al Idrus sosok ulama Surabaya yang Ahli Thasauf. Beliau gemar berpuasa karena menurutnya Sumber dari Nafsu adalah perut yang terlalu kenyang dan berlebihan , beliau melakukan Mujahadah berpuasa sepanjang tahun dan makan sahur serta berbuka puasa hanya dengan 7 butir korma itu semua beliau lakukan semata mata agar merasa dekat dengan Alloh dan mengikuti cara cara ibadah para ulama ulama salapus sholeh .

Habib Muhammad bin husein ali drus terkenal sebagai sosok ulama yang tawadhu’ dan sangat memuliakan tamu yang berkunjung kerumahnya dan selalu menghadiri setiap kali beliau diundang terutama oleh fakir miskin. Setiap tamu yang berkunjung dan bertemu Habib Muhammad bin husein al idrus merasa sangat senang akan keramahan beliau dan bahkan sepertinya Habib Muhammad  sudah tahu lebih dahulu apa yang akan diungkapkan sang tamu ini merupakan Karunia Alloh yang telah diberikan kepada Ulama min awliyaillah Habib Muhammad bin Husein al Idrus . Beliau juga sangat memuliakan para ulama ulama bahkan beliau pernah pergi berbulan bulan sekedar untuk untuk silahturahim dengan para ulama mengambil Tabaruk seperti ke Palembang, pekalongan , Tuban dan lain lain. Prilaku marga al idrus yang mengalir dalam darahnya menjadikan beliau memiliki maqom yang tinggi ahli dalam Ma’rifatulloh. Beliau tidak banyak bicara yang keluar dari mulutnya hanya merupakan untian mutiara hikmah dan dzikir, tidak pernah berbicara tentang hal hal yang tidak berguna , terkenal sangat dermawan kepada siapa saja yang membutuhkan.

habib Muhammad ( habib neon)

Sepanjang hidupnya beliau gunakan untuk berdakwah dan mensyiarkan agama alloh, tanggal 22 juni 1969 Habib Muhammad bin Husein Al idrus kembali kerahmatulloh dalam usia 71 tahun dan dimakamkam di TPU pegirikan Surabaya . Maqom beliau tak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah di Nusantara terutama sekali ketika acara haul Beliau ribuan orang akan tumpah ruah kejalan.

29 responses to “HABIB MUHAMMAD BIN HUSEIN ALIDRUS ( ULAMA SURABAYA BERGELAR HABIB NEON )

  1. subhanallah .. waliyullah dr surabaya …

  2. bos, ana di kirimi fatwanya dong…………..jangan tuk diri aja ya….

  3. MashaAllah tabarakallah, baru beberapa hari lepas saya berkesempatan ziarah ke rumah Habib Ali bin Jaafar al-Idrus. Salah seorang ahli keluarga beliau tunjukkan ke arah sebuah gambar yang tergantung di dinding rumahnya dan berkata “Habib itu dikenali sebagai Habib Neon”. MashaAllah itu kali pertama saya mendengarnya. Saya bersyukur dapat informasi tentang Habib Neon di sini dan ingin menterjemah sedikit sebanyak kisah beliau ke Bhs Inggeris utk rakaman di blog saya. Terima kasih! Semoga cinta kita pada ulama dan habaib kian bertambah setiap waktu. Salam Shaaban dari Kuala Lumpur.

  4. smoga kita dapat bercermin dari kepribadian Habib Neon

  5. saya juga pingin kata-kata mutiaranya

  6. semoga kita semua bisa mencontoh suri tauladan belia

  7. Subhanallah, subhanallah

  8. mukhsin Al idrus

    Ya Allah kpan saya bisa bermimpi brtemu habib neon….

  9. ahmad hanif amrulloh ishaq

    senang bisa mengenal para habaib agar tambah dekat untuk mencintai rosulloh S.A.W,mudah-mudahan dapat barokahnya amin

  10. Saya dan kawan-kawan ziarah ke maqom waliullah di Surabaya dan ingin sekali ziarah ke Maqom Habib neon namun belum kesampaian. Ya Allah mudah-mudahan dilain waktu engkau perkenankan keinginan hambaMu ini

  11. Bagi yang mengenal tempat/maqom habib neon mohon informasinya, trimakasih

  12. Allohumma sholli ala muhammad

  13. Moch Taufiquel Hkiem

    meskipun saya bukan orang yg bs melakukan aturan Alloh dan kecintaan kpd Rasullah spt yang telah di buktikan oleh Hb.Neon, dgn membaca profil beliau saya berharap bs mendapatkan barokahnya.
    Amin….!!!!!

  14. saya setuju dengan rubruk ini, mohon di kisahkan yang lebih dalam lagi .thanks

  15. Ana dsarankan oleh guruku abah habib zaky bin syeh alkaf bandung bila mau ziarah ke surabaya hrzlah tlbh dulu ke boto putih,sunan ampel,ampel gading,baru ke t4 hb neon.

  16. Assalamualaikum. Saya mungkin dhaif dalam banyak perkara. Dikarnakan kedhaifan itu, saya pengen klo ada yang sudi tunjukkan cara-cara mencintai para Ulama Soleh…
    Terima Kasih. Wassalam

  17. Subhanalloh mdh2an kita makin cinta kpd zuriyah ny Nabi SAW

  18. ade ahmad maulana

    subahannalah al habib muhammad bin husein al idrus memancarkar nur rosullulloh…
    semoga kita mendapatkan keberkahan al habib muhammad bin husein al idrus amien ya allah

  19. alhamdulillah ana pernah ziarah ke makam beliau..

  20. Hari Ini Jum’at, 11 Mei 2012 telah meninggal dunia Putra Habib Neon, Habib Abdurrahman Bin Muhammad Bin Husin Alaydrus,umur 75 tahun,dirumah beliau jalan Ketapang kecil Surabaya (Daerah sekitar Masjid Ampel Surabaya) dan Dimakamkan besok ,Sholat jenazah dan Dhuhur di masjid Ampel Surabaya dan dimakamkan di Jannatul Arab (makam Pegirian)

  21. allahumma shali alaa muhammad

  22. Mudahan saya jadi ulama. Berkat habib neon

  23. Mohammad Afianto al-idrus

    Satu persatu Putra dari Habib Neon pulang ke rahmatullah… subhanallah, salam dari saya cucu dari habib muhammad bin husein al-idrus.

  24. Saya sunggoh kagum agaran tahrikat aulia2 di Indonesia di zaman kewalian dan sampai sekarang oleh keturunan nya moga2 allah berkati nya ammin.

    • Anda cinta kepada nabi muhammad anda cinta dngan wali-wali allah jngn hanya skedar cinta tpy ikutin cara mereka menjalankan perintah allah ikutin sifat nabi muhammad jga

  25. SUBHANALLAH…… YA ALLAH…….

Tinggalkan komentar