Syech Mansyurudin Cikaduwen banten ( Ulama dan Pendekar Banten )

                                                                batu Quran banten

          Saya pernah beberapa kali ziarah ke maqom Syech Mansyurudin cikaduwen Banten, ada satu tempat yang menarik hati saya yaitu sebuah batu besar yang bertuliskan Alquran , orang menamai tempat tersebut dengan Batu quran . Hal yang saya dengar tentang batu quran tersebut timbul karena Syech mansyurudin seorang ulama min auliyaillah pada waktu berada di Mekkah menyelam  di sumur Zam-zam dan timbul di suatu mata air yang terdapat didaerah cibulakan banten , mata air tersebut memancur sangat deras lalu Syech Mansyurudin mengambil Alquran untuk menghentikan laju mata air yang memancur deras tersebut  hingga akhirnya pancuran air tersebut dapat dihentikan  dan Alquran tersebut berubah menjadi sebuah batu  , lalu syech mansyurudin  mengukir batu tersebut dengan jari telunjuknya.
        Syekh Maulana Mansyuruddin dikenal dengan nama Sultan Haji, beliau adalah putra Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa (raja Banten ke 6). Sekitar tahun 1651 M. Beliau menikah dengan gadis dari desa Cikoromay banten bernama Nyi Mas Ratu Sarinten dan dikarunia anak bernama Muhammad sholih . Beliau merupakan salah satu ulama yang menyebarkan Islam di Banten selatan. Menurut cerita Beliau terkenal sakti dan dapat bersahabat dengan bangsa Jin . Suatu ketika Syech Mansyurudin berjalan kesebuah hutan lalu tiba tiba Beliau mendengar Aungan Harimau yang merintih kesakitan. Ketika dihampiri oleh Syech Mansyurudin Harimau tersebut tengah terjepit pada suatu pohon besar. Lalu Syech mansyurudin menolong Harimau tersebut melepaskan dari himpitan kayu , setelah dibebaskan harimau tersebut mengaung dan menunduk dihadapan Syech Mansyurudin. Dengan karomah yang beliau Miliki syech mansyurudin dapat bercakap cakap dengan harimau tersebut. Kata Syech Mansyurudin kepada harimau tersebut ‘Engkau atas izin Alloh telah aku selamatkan , maka aku minta pada engkau dan anak turunanmu untuk tidak mengganggu keluarga dan anak keturunanku” . Sang Harimau pun menyanggupinya. Hingga saat ini berkembang cerita bahwa anak keturunan syech Mansyurudin dapat menaklukan harimau .
         Syekh Maulana Mansyuruddin meninggal dunia pada tahun 1672M dan di makamkan di Cikaduen Pandeglang Banten. Hingga kini makam beliau sering diziarahi oleh masyarakat

37 responses to “Syech Mansyurudin Cikaduwen banten ( Ulama dan Pendekar Banten )

  1. yudi liansyah Al Husein

    Barokalloh fi dzalikal Qoriyah min syabab Syekhuna Mansyuruddin

  2. اسلم علیكم ورحمه الله و برا كته
    Salam kenal buat pecinta ulama semoga Allah mencurahkan rahmatnya kepada kita semua, saya hanya mau menambahkan cerita syech mansyurudin cikaduen banten konon menurut cerita yg berkembang dimasrakat sebelum beliau timbul/keluar dibatu Quaran beliau telah timul disumur domas atau yg disebut jg banyu mundu yg terletak dikaki gunung karang bahkan disana ada bekas telapak tangan beliau yg membekas dibatu cerita ini diperkuat lg sekitar tahun 90an ada seorang kiyai yg cukup penomenal keberadanya namanya kiyai harun sebelum beliau terkenal dimasrakat luas beliau tinggalya disumur domas ini dengan mimbikin gubuk terbuat dr daun pisang letaknya menghadap sumur domas ini, letak tepatnya sumur adanya dikampung garokgek kelurahan banyu mundu letaknya tidak jauh dgn batu kuran, dikaki gunung karang, wawllahualam bissawab

  3. terimakasih komentar kami telah dimuat

  4. NDEREK TANGKLET SULTAN HAJI PUTRA SULTAN AGENG TIRTAYASA PUNIKO PUNOPO MBOTEN INGKANG MBIYANTU WALANDI (VOC) NGELAWAN MARANG TIYANG SEPAHIPUN PIYAMBAK ?

  5. Assalamu ‘Alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Ikhwanul muslimin..,alfaqir hanya selalu memohon,smoga situs islam yang bersejarah dan berkaromah
    dari tapak tilas ‘Ulama dan Wali2nyaTuhanNya melestarikannya hingga tidak terusik keberadaannya sampai hari akhir…,dan Antum2 yang mendapat amanat untuk menjaganya tolong….jaga kesuciannya dan jangan jadikan MEREKA tempat komersil yang matrialistis. Atas perhatiannya kami ucapakan JAZAKUMULLOHU KHOIRON BI KHOIRIL JAZA’, Asallohu ay yahdiana ilaa sawa’is sabil….hadanallo wa’iyyakum ajma’in ….wallohul muwaffiq ilaa ahkamit thoriq,wal ‘afwa minkum warohmatullohi wabarokatuh

  6. Syukron ats artikel ini, krna sy prnah ‘nyantri’ d Ponpes Tahfidzul Quran Al Muhajirin Cikaduen Banten asuhan Abah Haji junaidi (Abah Junet). Sy jg sring ziarah k makm Syeikh Mansuruddin ini. Artikel ini brmnfaat skli sbgai khazanah pngthuan sy dn kita smua..

  7. syukron… skam knal semua ya…

  8. Asalamualaikum….
    terimakasih atas sharingnya….

  9. Menyelam di Sumur Zam Zam, lalu muncul di Banten ?????, Hebat ulama ini, Nabi pun tidak sanggup seperti itu!!! juga apalagi Khulafaur Rasyiddin, Sahabat, Tabiin, Tabiittabiin, gak ada yang sanggup. sangat pantas kalau banyak yang kagumm, cek..cek..cek !
    Semoga Allah Swt mengampuni kita semua, Aamiin Ya Rab Alamin

    • Iya..!!amin ya robbal alamin..mohon jgn terlalu berlebihan dlm mberikan tanggapan..klo membandingkan dengan nabi, dan para sahabat, cuma kita kagum dengan keberadaan syekh maulana mansyurudin..yg diamanahi..utk menyebarkan islam ditanah indonesia..ini tepatnya banten kpd allah SWT..!

  10. alhamduliilah semoga aqidah seluruh umat islam brtambah iman’a.. Amiin…

  11. maaf berita tsb sumbernya dr mana?saya ingin tahu

  12. Semoga ada gerakan penyelamatan dan perbaikan terhadap situs berharga ini bagi umat islam yang telah rusak akibat kejahiliyahan manusia serakah yang memikirkan kepentingan dunia saja.

  13. Saya mau tanya .bisa dibantu untuk silsillah eyang Syech Mansyurudin

  14. saya mau tanya bisakah bantu saya untuk silsilah Syech Mansyurudin

  15. Apakah di samping makam syeh mansyurudin terdapat sumur keramat jolo tundo?

  16. maasyaallah tabarakallah,klo boleh saya ingin cerita yg lebih lengkap dan detail lagi.biar bisa menmbah pengawasan dan pengetahuan kita tentang budaya indonesia khususnya banten

  17. alhamdulilah
    saya merasa bangga menjadi anak cikaduen,banten

  18. TB ABDUL KHOLIK

    SAYA MAU TANYA ADA BERAPA KAH ISTRI SULTAN MAULANA MANSHURUDIN

  19. menurut catatan dari seorang petualang dari brazil sebelum kerajaan banten berdiri ada 2 ulama di daerah banten yang pertama syech Karang yang bermukim di gunung karang yang kemudian di makam kan di daerah gunung karang tepatnya di cipamekelan dan syech mansyur yang bermukim di gunung pulo sari yang kemudian dimakam kan di cikaduen ( semua bisa di cek keberadaannya),catatan ini dikuatkan oleh catatan sejarah para wali yaitu sunan gunung jati dan anaknya sultan hasanudin yang di utus untuk mendirikan kerajaan banten di banten..sebelum mendirikan kerajaan banten sunan gunung jati dan sultan hasanudin meminta izin dahulu ke syech karang di gunung Karang dan syech Mansyur di Pulosari…tujuan diberdirikannya kerajaan banten adalah pertama memperkuat kerajaan Islam yaitu dengan cara mengancurkan kerajaan non islam yang berdiri di banten yaitu kerajaan Banten Girang di pimpin oleh raja Prabu Pucuk Umun yang Lokasi nya Berada di daerah kragilan cikande ( bisa di lihat puing2 bekas kerajaannya ).di sebut Banten Girang karena kerajaannya terletak di atas sungai Ciujung yang pada waktu itu sungai ciujung merupakan lalu lintas kapal-kapal besar para pedagang di seluruh dunia..Pada masa tersebut banten girang memiliki kerjasama dengan bangsa portugis bahkan memiliki perjanjian atas Selat Malaka yang pada masa itu di perebutkan oleh seluruh dunia..keberadaan Kerajaan Banten Girang sendiri bisa dibuktikan terdapatnya Foto Duta Besar Banten di kerjaan Inggris yaitu foto ki Mas Jong dan Ki Agus Ju ( pada saat itu blm masuk islam karena mereka berdua adalah masih patih dari prabu pucuk umun )…Sedangkan untuk Batu Qur’an tidak ada bukti atau tanda bahwa itu adalah tempat munculnya syech Mansyur karena berenang dari sungai zam zam…( itu hanya Dongeng dari mulut ke mulut orang Tua kita ) sedangkan kita tahu untuk informasi yang sifatnya secara Lisan kadang2 bersifat BIAS kepada penerima informasi terakhir…sedangkan kuburan sultan haji yang katanya adalah Syech mansyur keberadaannya ada disekitar masjid Agung Banten.. ( Bisa di Cek ke pengurus makam Kesultanan Banten). Wawllahualam Bisawabb..
    BERPIKIRLAH MENGGUNAKAN AKAL PIKIRAN DAN LOGIKA JANGAN SAMPAI ANAK CUCU KITA NANTI MENILAI KITA GENERASI YANG PERCAYA DONGENG….

  20. Sultan haji tidak identik dengan syekh mansyur, sultan haji dimakamkan di dekat masjid agung banten, sedangkan syekh Mansyur dimakamkan di cikaduen Pandeglang. Syekh Mansyur jelas tidak identik dengan Sultan Haji, cerita yang menyamakan kedua tokoh sejarah tersebut akibat para penulis sejarah banten tidak tega menceritakan bahwa sultan haji berkhianat kepada ayahnya sendiri dan kepada pangeran purbaya dan syekh Yusuf. Demikian yang bisa saya sampaikan, hanya Allah yang Maha Benar, kepada Dia kita bersandar, salam.

  21. Syekh Mansyur bukanlah Sultan Haji, Sultan Haji dimakamkan di pemakaman raja2 banten di dekat masjid agung banten, sedangkan Syekh Mansyur dimakamkan di Cikadeun Pandeglang. Penyamaan kefua tokoh tersebut dikarenakan para penulis sejarah banten tidak tega untuk menceritakan bahwa Sultan Haji telah mengkhianati ayahnya, pangeran Purbaya dan Syekh Yusuf dengan merebut kekuasaan merrbut tahta Banten
    Dengan meminta bantuan VOC Belanda, maka dengan terpaksa Sultan Haji disamakan dengan Syekh Mansyur. Adapun dengan kisah jin yang menyamar sebagai Sultan Haji mustahil tidak diketahui oleh para Ulama Banten saat itu, dan hal itu bersifat spekulatif, mengingat kemampuan jin untuk menyamar sebagai manusia itu terbatas dan tidak bisa dalam waktu lama, salam.

  22. Ane semakin kg jelas semua yg di paparkan di sini yg jelas yg mana sih? coba di pastikan lg dong kebenaran nye biyar sohib karib rohimakumulloh pade tau.

  23. ass wr wb sya ingin tau silsilah abah syech mansur

  24. abi jadi bingung,,yg bener yg mana,,dong,,

  25. tolong dong saya ingin tahu turunan /anak cucu dari Syakh Mansyurudin , apa Hubungan nya Ki Buyut Sobir bojong manik rangkas bitung dengan Syakh ManSyuruddin,

  26. Tolong minta silsilah syeh maulana mansyurudin cikadueun mulai dari atas sampai anak cicitnya

  27. as’salamualaikum.?huss,ges ulah pada geger.pamali ngomong” ken kakolot para ulama anu tos maot.mending amun ceritana pda bner mah,dari pda pake omg,pake bedebat,mending ku urang di hadiyahan di kirim doa.wslam.

  28. Waris syech mansyuruddin ada di malaysia..

  29. Ass.wr.wb..!!! Mohon maaf nih, saya hanya mau menambahkan info bahwa ki uyut manshur / waliyulloh syaikh manshuruddin bin sulthan abul fatih abdul fattah ‘ageung tirtayasa’ memiliki 9 orang istri.& dari beberapa istri tersebut melahirkan beberapa putra , diantaranya : 1.Tubagus Yusuf Abdurrahman yg memiliki banyak putra. 2. Tubagus Musa yg keturunannya banyak di daerah cimanuk. 3. Tubagus Muhammad Sholeh. 4 Tubagus Sulaiman serta beberapa putri,tetapi mereka tidak tercantum di daftar silsilah kesulthanan banten

  30. salam kenal untuk ulama2 yg ada di banten

  31. Saya seringkali ziaroh ke makam para wali untuk di Banten sendiri wisata Religinya di daerah mana

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s