KH.MUHAMMAD DIMYATI (ULAMA BANTEN)

Terakhir kali saya ketemu Beliau pada acara khaul Maha Guru saya Al habr Habib Abdul qodir bil faqih dan khaul Al hafidz Habib Abdulloh Bil faqih di pondok-pesantren Darul Hadist Al Faqihiyyah sekitar tahun 1999 kebetulan waktu itu saya bertugas sebagai panitia. KH.Muhammad Dimyati yang biasa dipanggil dengan Buya Dimyati merupakan sosok Ulama Banten yang memiliki karismatik, beliau lahir sekitar tahun 1925 anak pasangan dari H.Amin dan Hj.Ruqayah. Sejak kecil Buya Dimyati sudah menampakan kecerdasannya dan keshalihannya, beliau belajar dari satu pesantren ke pesantren lainnya mulai dari Pon-pes Cadasari, kadupeseng Pandeglang,ke Plamunan hingga ke Pleret Cirebon.

Buya Dimyati sosok ulama yang cukup sempurna dalam menjalankan perintah agama, beliau bukan saja mengajarkan dalam ilmu syari’ah tapi juga menjalankan kehidupan dengan metode bertashauf, tarekat yang di anutnya tarekat Naqsabandiyyah Qodiriyyah. Maka wajar jika dalam perilaku sehari-hari beliau penuh tawadhu’,istiqomah ,zuhud dan ikhlas. Banyak dari beberapa pihak maupun wartawan yang coba untuk mempublikasikan kegiatannya di pesantren selalu di tolak dengan halus oleh Buya Dimyati begitupun ketika beliau di beri sumbangan oleh para pejabat beliau selalu menolak dan mengembalikan sumbangan tersebut, hal ini pernah dialami ketika Buya Dimyati di beri sumbangan Oleh Mba Tutut ( Anak Mantan presiden Soeharto) sebesar 1 milyar beliau mengembalikannya.

Buya Dimyati merintis pesantren di desa Cidahu Pandeglang sekitar tahun 1965 beliau banyak melahirkan ulama-ulama ternama seperti Habib Hasan bin ja”far assegaf yang sekarang memimpin Majlis Nurul Musthofa di Jakarta dan masih banyaklagi murid-murid beliau yang mendirikan pesantren.

Tanggal 3 october 2003 tepat hari jum’at dini hari Kh.Muhammad Dimyati dipanggil oleh Alloh SWt keharibaannya.Banten telah kehilangan sosok ulama yang karismatik dan tawadhu’yang menjadi tumpuan berbagai kalangan masyarakat untuk dimintai nasihatnya bukan hanya dari masyarakat Banten saja tapi juga umat islam pada umumnya.Beliau di maqomkan tak jauh dari rumahnya di Cidahu Pandeglang hingga kini maqom tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di tanah air.

74 responses to “KH.MUHAMMAD DIMYATI (ULAMA BANTEN)

  1. INNA LILLAHI WAINNA ILAIHIROJI’UUN. SAYA JUGA TURT SEDIH DENGAN KEPERGIAN BELIAU. WALAUPUN SAYA BELUM PERNAH BERTEMU DENGAN BELIAU, TAPI BAPAKKU SUDAH PERNAH BERTEMU PADA SAAT BAIAT DAN PADA WAKTU SILATURROHMI BERIKUTNYA. BUKANKAH BELIAU SEORANG MURSYID DARI THORIQOH QODIRIYAH. SEMOGA BELIAU SELALU DILIPUTI OELH ROHMAT NYA. AAMIEN

  2. saya jg turut brduka cta ats meninggalnya abuya dimyati, saya adlah murid dari syech Alif. aslm.

  3. beliau figur punjul sebagai ulama besar dari Banten, mudah-mudahan yang ditinggalkan sanggup meneruskan perjuangannya

  4. Rano Seprihantoro

    As saya juga turut sedih bepergian beliau juga,karena beliau adalah seorang yang sosok ulama yang karismatik dan tawadhu,sehingga saya ingin sekali mengikuti jejak beliau

  5. Saya warga banten yg ada di Jakarta, saya baru mendengar Buya meninggal setelah 2 atau 3 harinya, saya merasa kehilangan sekali sepeninggalnya buya. Saya pernah 2 kali silaturrahim dan sempat mencium tangan buya, alhamdulillah tatapan mata Buya sangat menyejukkan saya. Adakah pengganti Buya sejati, Buya Dimyati yg benar2 tawadhu & cerminan islam sejati telah meninggalkan kita, ya Allah berikanlah penggantiNya agar bangsa Indonesia ini selalu dalam kesejukan dan penuh maghfirrah amiin..

  6. ass..
    saya turut berduka cita atas meninggalnya abuya.dimyati,walaupun sudah lama sepeninggal beliau,tapi sampe sekarangpun saya masih merasakan sepeninggalnya beliau,bukan hanya saya saja,tetapi seluruh umat,yang telah di tinggalkan oleh beliau,saya slalu berdoa,mudah2an ada pengganti beliau..
    amien..

  7. semoga iman tetap meliputi

  8. Salah satu pengganti abuya adalah Alhafidz kh asef bahruzen labuan banten.beliau salah satu murid dari abuya juga murid dr syech arwani kudus

  9. Para Anbiya dan Auliya’i takan pernah mati. Hanya Jasadnya saja. Beliau-beliau yang Mulia akan selalu ada membimbing kita. Karena Ilmu-Nya yang tetap lestari

  10. masa sih Buya Dimyati lahir 1952? apa ngak ditanyakan dulu kepada keluarga, padahal beliau buka pesantren tahun 1965, berarti umurnya masih 13 tahun waktu buka pesantren. Waktu saya bersilaturahmi tahun 2002, Buya berarti berumur 50 tahun, tetapi kelihatannya sudah sepuh sekali, mudah-mudahan saya salah duga, maklum saja manusia.

    Syukron ustadz atas masukannya….yang benar tahun 1925 ( salah tulis ) , sekali lagi syukron

  11. tokoh luar biasa dan susah dicari gantinya. Kita semua, umat muslim Indonesia telah kehilangan salah satu permata terbaiknya.

  12. tolong kirimkan silsilah abuya KH.Muhammad Dimyati

  13. Salah satu pewaris,penerus Nabi dan cahaya ilmu meninggalkan umat…semoga Allah SWT memberi tempat yang layak disisiNya dan memberikan pengganti nya agar umat tidak tersesat di dunia fana ini.

  14. tarekat yang di anutnya tarekat Naqsabandiyyah Qodiriyyah ??? bukannya syadziliyah ?

  15. saya ingin menjadi ulama terkenal dan menjadi manusia yang terbaik di dunia. apaka saya bisa menjadi ulama di keadaan sekarang.???

    • bisa ja bro,apa cih yang ga bisa d dunia nic.lw jdi nabi ga bisa.kmu pengen ter kenal,allah tao,biarpun kita ga terkenal.asal d kenal allah,buwat pa d kenal manusa.tpi ga d kenal allah.ga da gunayh?

  16. kapan saya bs di pertemukan dgn sosok seperti beliau

  17. sepeninggal Buya Dimyati, kering rasanya banten ini.. satu persatu warostatul ambiya tlah pergi meninggalkan kita,meninggalkan hiruk pikuk dunia dengan segala gemerlapnya.. berapa puluh tahun lagi menunggu gantinya?.. mudah-nudahan Allah cepat memberikan pengganti beliau.. amiin ya robbal ‘alamin…

  18. Untuk menjadi seorang ulama tidaklah mudah, sudah pasti berat dan banyak tantangannya. Abuya Dimyati adalah sosok seorang ulama yang tidak ada duanya di zamannya dan di wilayahnya. Siapa yang tidak mengagumi beliau? Belajar untuk seperti beliau memang sangat berat. Tapi manfaatnya luar biasa.

  19. Mudah2an ALLAH SWT memberikan rahmat nya kepada kita semua. Aamiin
  20. tidak akan ada lagi sosok ulama seperti abuya dimyati pada zaman sekarang ini,beliau penuh dengan karismatik,ke tawaduan menjadi pondasi dalam dirinya,semoga kita bisa mengambil pelajaran dari tingkah pola kehidupannya…..allahumma nfa’na bi ‘ulumahi,,,,…

  21. bagaiman dengan kita ? pertanyaan ini kembalikan kepada kita, mampukah meraih iman seperti para mujahid ? yang jelas Alloh memberikan garis besar perjalanan manusia untuk beribadah hanya saja kita diperlukan melakukanya, ………maaf dhoif

  22. perlu diketahui bahwa beliau jg adalah mursyid dari syadziliyah.beliau wafat pd mlm jmt legi stelah membaca diba’,beliau merencanakan esok harinya jmt akan melaksanakan akad nikah putranya H.MUNTAQO,BUYA jg pernah mengaji di KH.DALHAR mntilan,dan di kaliwungu.beliau seorang yang marifat,dan terkenal ahli tafsir.banyak kyai jawa yang silaturrahim kpd beliau dan byk anak kyai jawa/gus bljr nyntri kesana;gus dullah langitan,gus sholah pasuruan,gus hakim tgl rejo,gusanim lirboyo,gus ali cucu mbah mangli,dan msh byk lainnya

  23. Saya pernah mengaji dengan Bliau setiap malam Selasa pukul 02.00 s.d 03.00 setelah pengajian dengan santri mukimin kelar, Kata-kata hikmahnya sangat menakjubkan dan penjelasan sangat mudah dimengerti, menurutku bliau adalah Waliyullah

  24. Afifudin banhawi

    Alhmdllh…saya prnh brtmu&smpt mncium tgn beliau,waktu majlis prnikahan anaknya dgn anak guru saya kh syihabudin.
    Sbg warga banten pmergianya saya sangat merasa kehilangan.

  25. To admin. di BANTEN ada tuh ulama kharismatik dan masih keturunannya
    SULTHON HASANUDDIN beliau anak dari ULAMA BESAR BANTEN KIYAI TB KHOTIB..Namanya KH TB FATHUL ‘ADHIM..Beliau PEMBERANI seperti KETURUNANYA,

  26. dan beliau masih HIDUP saat ini beliau adalah ahli waris dari situs BANTEN.. coba tuh di gali infonya…

  27. Subhanallah beliau sangat wangi dari jarak satu kilometer beliau terasa wangi yg luar biasa wanginya lebih dari wangi hazar aswad umumnya,Subhanalllah ilahadraatin khusushon Abuya dimyati Alfaatihah.

  28. Trudonahu Abdurrahman Raffles

    Sorot mata yang tetap terkenang sepanjang hidup saya. Ya Allah, berikan beliau tempat yang mulia. Bersama dengan orang-orang yang Kau sayangi. Amin.

  29. manaf sadega assyeify

    saya mesti pernah bertemu beliyau tapi belum berjabat tangngan

  30. sosok ulama karismatik di kalangan umat islam.
    beliyau termasuk wali allah yg tidak lagi di ragukan karomahnya.

  31. Saya salah satu orang yg menjadi pengagum beliau & semoga amal ibadahnya di terima di sisi allah,serta sifat sikap dan prinsip hidup beliau KH.Muhammad Dimyati ada yg mencontoh sebagai pembelajaran diri,Amin ya robbal alamin.

  32. Abuya kh muhamad dimyati bin kh amin punya putra putri dari ibu hj asmah:
    1.kh muhtadi dimyati
    2.kh murtadho dimyati
    3.kh abdul aziz( ka ade)
    4.hj musfiroh
    5.kh muntaqo dimyati
    6.kh aceng pandeglang

    dari ibu dalalah(istri abuya) punya putra putri:
    1.hj qoyimah
    2.kh mujtaba

  33. Dlu sya pngen bngt msuk psantren bliau. Tp smua itu tdk ksampean.

  34. Ponpes bliau skrg bgmn? Dilanjutkan putranya kah?

  35. Jangan pernah lupa Do’akan pd wkt kita berdo’a dlm kesehariannya

  36. Bagi ya artikelnya,kebetulan saya penggemar Buya Dimyati nih, smoga akan ada lagi Ulama seperti Buya yg disegani oleh Kawan maupun lawan,

  37. Ass..kt smua pasti mrasa khlagan beliau..tpi alhamdullah saya msh dapat silaturahmi dngan abuya muhtadi yaitu keturunan beliau….saya rildo dr bogor

  38. Ping-balik: KH.MUHAMMAD DIMYATI (ULAMA BANTEN) « Varysnico's Blog

  39. Akhmad Samarga

    Alhamdulillah sampai saat ini, saya masih selalu berkunjung ke maqam waliyullah cidahu, padeglang banten

  40. Masih adakah ulama yang meng-khatam kan Qua’an satu setengah kali setiap hari ? masih adakah ulama yang berpuasa tanpa henti selama 50 tahun, kecuali hari2 yang dilarang agama? masih adakah ulama yang setiap hari nya disibukkan oleh pengajian dan sholat dan ibadah lainnya, sehingga tidurnya hanya kurang dari satu jam sehari ?, masih adakah ulama yang waktu-waktu nya disibukkan untuk ber-ibadah, hingga para pejabat pun harus menunggu waktu yang lenggang untuk menemuinya ?, masih adakah ulama yang sanggup mendidik anak-anak nya sedemikian rupa sehingga seluruhnya memiliki ilmu agama yang bahkan melebihi daripada ulama-ulama sepuh umum nya ? masih adakah ulama yang setelah wafat nya, malah menjadi sering terdengar kehadirannya dimana-mana dibandingkan pada masa hidupnya ? saya mendapat berita wafat nya pk 3.00 pagi. aku langsung menangis dihadapan istriku karena kesedihan yang luar biasa. Pukul 6.00 saya tiba di Cidahu. Semenjak saya tiba hingga jenazah beliau dimakamkan setelah maghrib, tsaya tidak pernah melihat orang berhenti menyalatkan jenazah, berganti-ganti dan berkelompok-kelompok. SEPERTI OMBAK YANG BERKEJAR-KEJARAN DI LAUT TAK HENTI-HENTI. Mautul Alim Mautul Alam

  41. Ping-balik: Biografi Singkat Abuya Dimyati Pandeglang – Banten |

  42. meninggal na para ulama ..sesuatu yg amat sngat sedih dan duka bagi kita semua….kta slaku umat islam wajib untuk menerus kan perjuangan bliau khusus nya bgi kluarga nya ,,,,mudah mudahan bliau termasuk manusia yg dirindukan allah swt””””’;;;;;;;;;amiiiiin yarobbal alamiin

  43. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakaatuh
    pondok pesantrennya buya dimyati dimana yah??
    walo beliau sudah mangkat, penerus pesantrennya kan masih ada.
    saya pengen banget mendalami islam dari para ulama salaf ini…
    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakaatuh

  44. ustadz sachrony, saya berencana menulis riwayat hidup dan perjuangan abuya dimyati cadasari. beliau adalah tokoh penting banten yang telah mentransmisikan pengetahuan islam ke masyarakat luas. kalau berkenan, saya ingin bertemu dengan anda sekaligus wawancara. bisa hubungi saya di 085782097449.

    salam,
    jajang jahron
    peneliti/dosen uin jakarta

    pak jajang kalau menurut saya ada baiknya , bapak langsung kepesantren cidahu banten dan bertemu langsung dengan kerabat beliau yang masih hidup yang banyak mengenal beliau lebih dekat. Saya hanya mengenal belaiu sebagai tokoh ulama banten
    terima kasih

  45. sosok ulama untuk ditauladani, di zaman sekarang, semoga petuah2nya, bisa kita laksanakan,amiiin..Al-Fathihah……

  46. SUBHANALLAH

  47. Saya adalah salah satu orang yg merindukan beliau karena sy pernah dgr ceritanya beliau adalah orang yg sehari harinya banyak berzikir dan menangis.dan salah satu temanku pernah bertanya kepada beliau kenapa selalu menangis buya,beliau menjawab saya takut akan dunia ini.takut kalo salah dalam menjalankanya dan memanfaatkanya.aku mengambil kesimpulan dari kata itu mungkin artinya jgn terbuai oleh kemewahan dunia karena semua harus di pertanggung jawabkan dan semua itu akan sirna ketika kita diambil oleh yg Maha Segalanya.dan salah satu yg aku jalankan dari beliau adalah zikir syahadat buat senjata kita ketika syakaratul maut.

  48. Abuya Dimyati, subhanalloh !
    Salah satu punjering jagad di bumi pertiwi indonesia.
    Semoga terlahirkan sosok2 seperti beliau !

    Dari pecintanya, Hamid Bangkalan.

  49. aku ade lukman

  50. belum tentu ada pengganti untuk dua ratus tahun lagi

  51. saya suka beliau bagus agamanya

  52. Assalamu’alaikum,smoga Alloh memberikan petunjuk kepada kita atas ilmu2 beliau.Abuya tercinta adalah salah satu sahabat dari kakek saya KH.MANSYUR dari karawang.do’akan agar kakek saya tetap sehat dan memberikan ajaran2 yang berguna untu kita smua.

  53. mudah-mudahan sy d akui murid oleh beliau,kelak di akherat,amin,

  54. ya allah smga bliau mngakui aku sbgai murid nya……aamiin

    by ibnu hamam

  55. Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu….. aamiiin.

  56. sholawat dan salam untukmu wahay waliyulloh abuya dimyati

  57. Smoga kita smua di beri rahmat dan inayahnya. Ya allah limpahkanlah kami nur sbagaimana engkau limpahkan kpd buya dimyati

  58. ass.wr.wb.. apa ada yang tahu arti mimpi seprti ini,, waktu ke 5 harinya buya dimyati meninggal saya mimpi, suara buya terdengar dilangit, dengan nada keras dia bicara “hanya kel dri kuningan yang tidak datang, terus saya berlari diterangi purnama sampai kemakom buya, dan dimakom ada putra2 buya ngelilingi kuburan. dan setelah sya berdiri dipinggir kuburan tiba2 kuburan itu terbelah dan buya terangkat keats dengan sendirinya, dan kain kapan trbuka sebatas atas pusar. tiba2 putra buya bicara “semua sudah dikasih warisan sekarang tinggal kamu, mau minta warisan apa?” dan ditengah2 rasa cape dan takut, tiba2 bicara “saya minta kaos dalam abah saja” tiba2 dari dalam tubuh buya keluar kaos dalam tipis sperti sutra dan warna biru langit. stelah kaos menyatu dengan tubuh saya, kain kapan dngan sendirinya membungkus jasad buya. dan kuburan buya tertutup lagi, dan smua pada pulang.. dan stelah mimpi itu trjadi hal yang tidak dimengrti terjadi sampai tahun 2004, dan awal th 2006 diujung kejayaan saya menjadi korban kyai-kyai bejad yg menyalah gunakan ilmu hijib dan termasuk kyai yg sya anggap guru.. dan kalo ada yang tau, dimana adanya pesantren salafi yang terjaga dari musik-musik jahil atau pesantren yang benar-benar berjuang menegakan fikih dan tosoup, selain dipon-pes kimunfasir…? ja-zakumullah atas info yg sya harapkan, sekarang saya terpenjara dalam keburukan, dan hati merindu pesantren. wass

  59. ass.wr.wb saya benar-benar membutuhkan info, dimana adanya pon-pes salafi yg terjaga dari musik jahil dan dan tosoup ditegakan disamping pengamalan tosouf…wass

  60. yg di pasar kemis cilongok tangerang
    K.H.Uci sanusi
    bkn nya turunan nya jg ? ? ?

  61. assalamu alaikum

  62. @anonimous>kh. uci turtusi mah turunan Abuya dimyati pasar kemis bkn yg di cidahu pandege
    lang

  63. ak sedih dan turut berduka cita.

  64. masih adakah yg sepertinya,hidup nya hanya tentang ibadah

  65. biasanya seorang ulama akan ketahuan KEWALIANNYA setelah wafat,,,dan hanya seorang WALI lah yang tahu bahwa dia adalah WALIYULLOH,,,semoga alm. BUYA DIMYATI termasuk WALIYULLOH…khushushon ilahadrotiruhi: waliyulloh syekh ABUYA DIMYATI PANDEGLANG BANTEN ghofarohu Lahul fatehah 3x. amin…

  66. Tolong di telusuri ulama ulana banten yg ada di cisoka tangerang seperti mas hashim mas buaya mas liyas mas daimin mas dera mas bolong blm tau ceritanya

  67. semoga karomah’a tetap berkibar

  68. I love abuyaaa..
    I love salafiah

Tinggalkan komentar