SEPENGGAL PERJALANAN KE KOTA TEGAL

Setiap kali ke Tegal saya selalu berkunjung ke Pon-pes Attauhidiyyah yang Lokasinya terletak di dukuh giren dan satu lagi di cikora Bojong lokasinya tak jauh dari obyek wisata Guci propinsi Jawa Tengah.Pesantren tersebut kini di asuh oleh dua bersaudara KH.ahmad bin kh said dan KH Hasani bin Kh said bin Kh armia .Ayah beliau bernama KH.Said bin Kh Armia adalah seorang ulama dan waliyulloh yang wafat pada tanggal 20 rajab 1395 atau sekitar tahun 1974 dan dimaqomkan tak jauh dari pondok pesantren di giren Talang. Ciri khas yang membedakan dari pesantren ini adalah Pendalaman dalam bidang ilmu tauhid diantaranya karya Sayyid Abi abdillah Muhammad bin yusuf Sanusi al khasani atau lebih dikenal dengan Iman Sanusi dan Kitab kitab Tauhid lainnya seperti Nuruzh zholam, kipayatul awam dan Kitab Ta’lim Mumtadiin karya KH.Said bin Armia

KH.SAID BIN KH .ARMIA

KH.SAID BIN KH ARMIA (TEGAL JAWA TENGAH)

Pernah diceritakan oleh salah seorang Guru saya Alhabib Abdurrahman Bin Habib Abdulloh bilfaqih , beliau adalah Pengasuh Pon-pes Darul Hadist Al faqihiyyah Malang dan murid Dari KH.Said bin Kh.Armia, sewaktu beliau belum menjadi murid KH.Said beliau melihat dari mata batin batin Sebuah Cahaya yang memancar keatas menembus langit dari suatu tempat, karena penasaran beliau mencari sumber cahaya tersebut hingga sampailah beliau di desa Cikura  Tegal Jawa tengah dan sumber cahaya tersebut berasal dari Pemakaman Umum didesa tersebut. Beliaupun bertanya siapa yang di maqomkan disana? amalam apa yang menyerbabkan maqom tersebut mengeluarkan cahaya hingga menembus langit…Dan Maqom tersebut adalah Maqom KH.Armia salah seorang ulama yang selalu mengajarkan kepada masyarakat sekitar tentang Tauhid kitab yang yang di kaji adalah kitab tauhid Imam Sanusi. Beliaupun tertarik untuk belajar kepada putranya KH.Said bin Kh Armia, dan beliaupun mengusulkan untuk selalu mengadakan Haul Bapaknya KH.Armia secara besar-besaran untuk mengenang perjuangan KH.Armia dalam mensyiarkan Agama Alloh terutama ilmu-ilmu tauhid . Dan setiap kali diadakan Acara Haul maka Ribuan orang baik ulama maupun para habaib  dari berbagai daerah hadir untuk memperingati haul KH.Armia.

Dan diceritakan pula oleh Putra Kh.Said yaitu KH.Hasani  bahwa Al Alamah Syeck Ali Basalamah  (Mursyid Tarekat Tijani  jatibarang brebes jawa tengah) mendengar bahwa di Tegal ada seorang Ulama yang mengajar Tauhid Imam Sanusi , beliaupun datang ketegal untuk bersilahturahim ,sesampainya di  Tegal beliau melihat KH.Said Bin Kh.Armia sedang mengajar Kitab Imam Sanusi dan di sebelah Kanan KH.Said tampak Sayyidul Wujud Rosululloh SAW dan di sebelah kiri KH.Said Tampak Shohibul KItab Imam Sanusi RA hal ini menunujukan KH.Said Bin Kh.Armia memilki derajat kewalian yang tinggi dan ilmu yang diajarkan adalah haq.

Suatu hal yang Menarik Dari Pesantren Attuahidiyyah ini adalah bila bulan puasa tiba santri dalam atau santri pondok banyak yang pulang ke kampung halammnya sampai satu hingga dua minggu. Mereka bertemu keluarga dan sanak saudara. Sedangkan kegiatan pondok diisi oleh santri kalong( Julukan untuk warga luar pesantren atau masyarakat umum yang mengikuti pengajian ) ,Mereka mendapatkan aneka wejangan dari santri senior ponpes Attauhidiyyah Selain itu juga mereka langsung mendapat gemblengan dari Pimpinan dan Pengasuh Ponpes KH Ahmad bin KH Said bin KH Armia. Gemblengan yang diberikan antara lain soal gambaran umum ilmu ketauhidan, tafsir kitab kuning dan wejangan lain yang bersifat bimbingan moral dan agama. Dengan tujuan akhir, santri mendapat bekal dalam mengarungi hidup di luar ponpes. Kegiatan lain yang cukup mendapat perhatian santri adalah membaca Kitab Suci Al-Qur’an setelah salat tarawih. Atau usai menjalankan salat-salat fardhlu (salat wajib) lainnya. Mereka yang dapat selesai membaca kitab suci itu dalam waktu yang sudah ditentukan dan benar, maka disebut telah selesai khatam.

Nah tiap selesai khatam itulah, santri seperti mendapat sesuatu yang lebih. Mereka kemudian mendapat hidangan nasi kebuli dari pimpinan ponpes. Satu nasi kebuli yang ditaruh di nampan, dinikmati untuk empat hingga lima orang. Mereka menyantap beramai-ramai.

Lantas apa yang membuat mereka seperti ketagihan menikmati hidangan nasi kebuli? Tentu karena resep masakan yang khas, yang sengaja dibuat dan disajikan oleh santri senir ponpes tersebut.

Menurut santri senior , hidangan nasi kebuli dibuat dari campuran santan, susu, dan daging kambing. Orang melihat sekilas nasi itu seperti nasi goreng, namun punya perbedaan rasa yang khas dan sulit disamakan.

“Ya, karena kami memasak dengan cita rasa yang khas, siapa pun yang mencicipi pasti langsung ketagihan. Hanya saja, yang kena penyakit darah tinggi jangan makan daging kambingnya. Kalau sayurnya sih ndak papa,” tutur dia.

tiap malam ribuan orang menjadi santri kalong di ponpes itu. Mereka berbuka puasa bersama dan mendengarkan wejangan keagamaan dari KH Ahmad bin KH Said bin KH Armia. Selain itu, digembleng pula oleh KH Hasani yang merupakan orang kedua atau pengasuh dua ponpes tersebut.

Perjalanan saya kali ini Ke Tegal ke pon-pes Attauhidiyyah secara kebetulan bersamaan dengan wafatnya anak seorang ulama karismatik dan menjadi panutan di kota Tegal Almarhum Kh.Miftah bernama KH.Hadun Bin KH.Miftah warga sekitar biasa memanggil dengan sebutan Gus Hadun lokasinya tak jauh dari Pon-pes attauhidiyah, Gus Hadun wafat pada hari selasa tanggal 16 oktober 2007 dan dimakamkan di samping maqom ayahnya Kh.Miftah .Ribuan warga berdatangan untuk turut menguburkan Gus Hadun termasuk Para ulama dan Habaib setempat , sempat pula saya menyalami KH.Hasani Bin KH.Said disana namun sayang saya tidak sempat bertemu dengan KH.Ahmad Bin KH.Said yang menurut santri beliau ada di luar kota.

tepat pukul1 0.00 jenazah Gus Hadun di kuburkan diiringi dengan gema tahlil dan tahmid dari para jamaah …semoga Alloh menempatkannya pada derajat yang mulai bersama para kekasih Allloh aminn.

Selepas mengikuti prosesi penguburan saya pergi berziarah ke Maqom Kh.Said bin Kh armia yang letaknya tak jauh dari sana,dan setelah itu berziarah ke maqom Habib Muhammad Bin Thohir Al hadad yang letaknya kurang lebih 10 km dari Pon-pes Attauhidiyah Giren Talang . “Ya Alloh Tuhan kami Berilah kami kemamfaatan dengan berkah mereka”…..”tunjukan kami akan kebaikan dengan keagungan mereka”…”matikan kami didalam thoriqoh mereka”….”serta selamat dari segala fitnah”….

maqom Habib Muhammad bin Thohir Al hadad ( tegal )

maqom Habib Muhammad bin Thohir al hadad Tegal


157 responses to “SEPENGGAL PERJALANAN KE KOTA TEGAL

  1. jadi pengen tahu pesantrennya?

  2. Salaam alaikum manittaba’alhuda.tahiyyati wahtiromi ilaykum ya ahlil’ilm.salam kenal pada semuanya….eh kal bisa lebih diperjelas lagi donk tentang keterangan dari ponpes atauhidiyyah,,,salam kepada syukuhina athoallohu umrokum fi shihatil’afyah amiiin.,min tilmidzkum fi sumatrah

  3. saya ingin lebih kenal dengan kh.ahmad
    serta cara mengikuti pengajianya

  4. salam kenal buat Mas Abdul…silahturahim saja ke pesantren Beliau Di Desa talang Giren Tegal Jawa Tengah insya Alloh antum akan diterima baik oleh beliau( keluarga KH.Ahmad)

  5. ‘ Assalamua’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    Salam buat teman-teman-ku semua yang sedang menuntut ilmu di Pon-Pes Atauhidiyah, good luck semoga kesuksesan menyertai kalian semua. Amin
    wassalamu’alaikum warrahmatulahi wabarakatuh

  6. assalamu’alaikum…

    saya termasuk salah satu santri kalong dari Ponpes Attauhidiyyah.
    Bagi yg ingin mengetahui lebih jauh tentang Ponpes Attauhidiyyah, dibuka pengajian utk umum pada hari Rabu malam Kamis dan hari Sabtu malam Ahad di Ponpes Attauhidiyyah Giren-Talang-Tegal. Dan acara istighotsah kubro di Cikura-Bojong-Tegal stp malam Jum’at Kliwon. Semuanya langsung diasuh oleh pengasuh Pondok sendiri yaitu Kh. Ahmad dan Kh. Moh. Khasani.

    Benar kata sdr. Sahcrony, bg yg ingin lebih kenal dekat dgn Kh. Ahmad silaturahmi saja lgs ke Pondok kami atau ikuti dulu pengajiannya. Insya Allah akan disambut hangat oleh beliau….

    Alhamdulillah terimakasih atas info ya Mba pika….

  7. Knalin q Amin maizun dr pon.pes AL.ARIFIYAH Kota pekalongan pengen ktm dan minta doa kyai ahmad. Kpn wktnya biar bs ktm

  8. Assalamu’alaikum …..

    salam kenal buat sdr. amin…..
    waahh….maaf sekali saya ga tahu kalau tentang itu. Tapi nanti saya coba cari tahu, Insya Allah …

  9. moch azies riyanto

    Alkhamdulillah washolatu wasalamu ala Rosulillah,
    Kitab Risalah Awal karya Al-alamah Al-Waliyulloh KH.Said bin KH Armia telah dijaikan mata pelajaran Muatan Lokal seluruh sekolah Dasar di Kabupaten Tegal. Hal ini setelah dilakukan Launching Kitab Risalah Awal tersebut pada tanggal 17 Mei 2008 di Masjid Agung Slawi. Sebagai prakarsa utama adalah putera Pertama dan Kedua yaitu Al-alamah Al-Wali K.H. Ahmad Said dan KH.Muhammad Khatsani bin K.H.Said bin KH Armia bin KH.Kurdi.
    Pelaksanaan launching kitab tersebut didukung oleh salah seorang birokrat saat ini Sekda Pemkab Tegal yaitu H. Heri Sulistiawan SH.M.Hum. Para pejabat yang hadir pada acara tersebut antara lain Kejari Kab Tegal, Dandim, Dan Brigif, Diknaskab, masyarakat, para santri Pon-pes Attauhidiyaah Giren dan Cikura dan anggota Majlis Ta-lim dan Dakwah Attauhidiyyah Ahlussunah Waljamaah Giren Kaligayam Talang Tegal.
    Subhanallah,… ‘Awwalu wajibil alal insani ma’rifatul ilaahi bistiqoni’ tidak hanya ternanam di hati para santri Giren dan Cikura tetapi ternanam dihati siswa-siswi sekolah dasar dan masyarakat kabupaten Tegal.
    Bayangkan… apabila siswa sekolah dasar telah memahami ma’na : ‘Istighnaul illahi an kulli ma siwahu wa iftiqoru kullima adahu ilaihi’…..

    Subhanallah … Subhanalloh, … Subhanalloh
    Maha Suci Allah yang menciptakan para wali

    alhamdulillah…
    Semoga Allloh menempatkan Derajat para Pendiri Pon-pes Darut tauhid Tegal ditempat yang Mulia aminn

  10. La ya’rifulwali illal wali. Mahabah habaib,ulama bgus tp klo mengkultuskn trus ta’asub itu tdk bgus ahirnya membnding2kn antar ulama bhkn ada yg mengejek merndhkan ulama’ lain. Jaga hati jngn smpe trtipu nafsu sndri.

    salam kenal

    sekeder mencintai Keluarga Rosul dan para Ulama….

    • Apakah bila kita menghormati(mencintai) guru atau orang tua ruh, itu dilarang sama Allah & Rosulullah? Justru Allah & Rosulullah menganjurkan akan hal itu.
      Saya pernah mendengar cerita dari KH. Ahmad sewaktu perjalanan beliau ke yaman sekaligus Umrah(haji kecil). Diceritakan bahwa KH. Ahmad berselisih paham dengan salah satu pembesar(ulama) hadramaut. Sampai pada akhirnya karena keduanya menganggap bahwa paham dari keduanya adalah benar maka keduanya masing2 meminta bantuan kepada guru2nya, tidak hanya sampai disitu. bahkan sampai2 sang pengarang kitab Imam Sanusi, begitu juga imam kitab dari pembesar hadramaut juga hadir untuk menyelesaikan permasalahan diantara keduanya tapi belum juga ada titik terangnya. Hingga akhirnya Rosulullah datang untuk menyelesaikan persoalan.
      Akhirnya keduanya pun mengerti. KH. Ahmad mengibaratkan kalo perselisihan antara keduanya diibaratkan seperti permainan dalam sepak bola. Seorang kiper tidak mungkin untuk menggiring bola karena tugasnya adalah penjaga gawang. Begitupun dengan seorang striker, tugasnya adalah menggiring bola. Intinya adalah bahwa paham dari keduanya adalah benar, hanya saja mereka punya tugas yang berbeda.

      Kalo ada yang salah dengan cerita diatas mohon dimaafkan dan diperbaiki.

  11. Assalamu’alaikum Kang Syahroni. Maturnuwun sdh mberikan informasi ttg PP Attauhidiyah. Sepertinya sy tidak asing dgn Nama Panjenengan. Benar Kang, sy akui Pondok ikut membentuk karakter saya. Sy sudah ikut ngaji di Pondok sejak 1SMA. Kini sy semester akhir disalahsatu PTK. Mohon doanya Kang, smg sy dapat penempatan kerja yg daerahnya baik utk saya dan cepat pindah kantor ke Tegal utk bisa istiqomah ngaji. Kang, dulu sebelum saya berangkat kuliah(awalnya dbandung, terus pindah k Jkt) saya sempat pamit dgn KH.Hasani, tp tdk sempat dgn KH.Ahmad. Sy ingin nanti sy bisa pamitan dgn Kedua Guru saya.
    Bisa bantu saya Kang?
    Asyeh-08568416532

    waalaikumussalam
    Salam kenal buat asyeh….Semoga cita-cita kamu dapat tercapai sesuai dengan keinginan , jangan lupa silahturahimlah ke KH ahmad karena setahu saya beliu ahli Kasyaf

  12. Alhamdulillaah kemarin hari rabu tanggal 23 Juli 2008 berlangsung pelaksanaan haul ke 34 almarhum almaghfurlah Arif billah KH Said bi Syeh Armia yang berlangsung sangat meriah puluhan ribu umat islam memadati desa Giren.Pada Haul kearin diceritakan amalan-aaln kyai Said yang selalu istiqomah beliau amalkan enjelang tidur adalah :
    1. Membaca istigfar 1000 x
    2. Mebaca sholawat fatih 1000 x
    3. Membaca Tahlil 12.000 x
    4. Membaca 5 surat Al Quran (Yasin, Al Mulq, Al Waqiah, Kahfi ).

    Satu tahun menjang ajalnya Istri beliu Nyai Jailah (alm.) mendengar dari kejahuan suara tahlil menggema di udara dan suara itu seakin terdengar semakin jelas diatas rumah Kyai 1 (satu) hari menjelang kewafatan beliau. Ketika itu ditanyakan oleh istri, suara apa itu kyai?itu suara ribuan malaikat yang sedang membaca tahlil menanti ruh beliau, dan beliau berkata bahwa saya besok akan meninggal.Dan satu hari enjelang kemangkatan beliu, kyai juga mendapat kedatangan “tamu-tamu” istimewa diantara Rosullaah SAW dan para sahabat serta awliya Allaah.(Diceritakan oleh Syekhuna KH. Ahmad Saidi dan KH. Khasani pada peringatan haul 2008)

    Subhanalloh…semoga Alloh menempatkannya dalam derajat yang mulia

  13. Iya Kang, insya Allah. Ramadhan ini sy ingin pulang dan bisa mhabiskan Ramadhan di Pondok. Afwan Kang, Njenengan rumahnya dimana? Kalau bisa komunikasi lewat hp saja. Afwan..

  14. assalamu’alaikum…

    sebelumnya maaf mo ikut numpang tuk mengobati rasa penasaran saya

    @Asyeh
    sepertinya saya kenal….^_^
    Asyeh anggota forsipat bukan?? kalau memang benar, senang rasanya akhirnya ada juga teman yang ikut ngaji bareng :)

    @Bang Rony
    terimakasih atas tumpangannya :)
    met menjalankan ibadah puasa…
    bulan puasa ini tidak ada perjalanan ke Tegal ???
    kalo ke Tegal jangan lupa mampir ke pondok..

    Wassalamu’alaikum

  15. Assalamu alaikum kang ane salah sorang dari simpatisan dan pernah mnjdi santri kalong. Ada salah satu kejadian dimana swktu saya sedang mengikuti pengajiaan kh. Ahmad khasani, kbtulan istri hampir 8 bulan hamil sembari memperhatikan pengajian di dalam hati terlintas ingin bila anak saya menjadi anak yang soleh sprti kh.ahmad saidi dan kh. Ahmad khasani. Seketika itu ky. Khasani berkata” orang pengin punya anak yang soleh ya bpknya dulu harus soleh” padahal wktu itu yang hadir pun ada ribuan mungkin. Dan tmpat duduk saya jauh dari ky khasani. Mdah2 an yang saya sampaikan ini bkan hal yang sia sia. Pngin knal dngan mas syachrony gmana cranya?
    Trims. Wassalam

    waalaikumusalam
    Setahu saya ..yg saya dengar dari Guru Saya saya , bahwa KH Ahmad adalah seorang wali kasyaf
    beliau sangat sederhana dan tawadhu’, saya pernah berjumpa dengan beliau sewaktu rombongan Kh.Ahmad dan Habib Ja’far dari madura berziarah ke Maqom habib Husein luar batang Jakarta, dan kebetulan rumah saya bersebelahan dengan Maqom habib Husein. Diantara rombongan tersebut ada guru saya bernama Muallim Hadi dari darul Hadis malang dan datang kerumah saya untuk sama-sama berziarah dengan KH Ahmad, saya membayangkan sosok Kh Ahmad dengan sorbannya yg besar layaknya ulama besar dari Tegal, begitu saya berjumpa dengannya beliau terlihat sangat sederhana dengan baju sarung serta sandal jepit yang melekat. Begitu di maqom saya bersama-sama rombongan berziarah ke maqom habib Husein, selesai berziarah saya mendekat Kh Ahmad untuk minta do’a dari beliau, tapi beliau menolak menurutnya Dirinyalah yg minta di do’akan karena saya rumahnya dekat dengan Maqom Habib Husein dan itu lebih afdhol katanya. Betapa Tawadhu’nya seorang Ulama dan Wali dari Kota tegal ini….Subhanalloh

  16. @Pica
    Iya benar.

    @Kang Syahroni
    Kapan-kapan bisa ketemuan di Jakarta?

    @Cah Gendoang
    Kalau mau masih ingin lanjut ta’lim, di Jakarta ada. Pengajian Rayon Jakarta di Jalan Pemuda. Atau Lokalan juga ada. Kalau benar2 ingin ikut, saya tunggu sms atau telponnya. Insya Allah saya di Jawa hanya sampai maret.

    Maaf kalau ada yg tidak berkenan.

  17. saya bernama fahmi dan rumah saya dipepedan dukuhturi tegal saya santri bahrul ulum tambak beras jombang saya sangat bangga dengan berdirinya pondok attauhidiyyah tegal pernah kh khasani ceramah di masjid pepedan dlm rangka isro miroj dan saya pernah mengaji di pondok itu dan rumah saya dekat dengan ustad ali

  18. akh, ane punye beberape foto Pesantren Attauhidiyyah nih, mau gak???

    Mau dong di email foto nya ? Sachrony@yahoo.com

    • Sy,,,paling pengen ngaji bersama seiyh ahmad, emang d mna saja? Apakah d sekitar banjarnegara ada yg menyelengarakan,,,,,tlg klo ada yang tau kasih tau sy,,, matur suwun,,,

  19. Sekedar info hb. Abdurahman balfaqih putra gurunya ky ahmad yakni hb abdullah balfaqih jadi bukan santri ky sepuh. Tapi beliau mengganggap ky ahmad sbg guru. Dan yg melihat cahaya di maqom cikura hb dari surabaya pd zamanya ky sepuh. Suwun

  20. salam kanggo bocah-bocah SMA 1 Slawi dida , izan , zaenal , adi jaya lan cah rohis kabeh sing biasa ngaji ning giren, aku nyuwun pandongane kanca-kanca kabeh

  21. Q pertama knl pp Attauhidiyyah antara th 1998-1999 waktu itu lg rame2nya ninja. Q dtg k giren krn d beritau oleh abah Hasan Bisri dr Selatri Brebes. Beliau pesan bila ingin mendalami islam, bljr dulu ìlmu tauhid kmdian beliau suruh sy agar ngaji d Giren.

  22. Insya Allaah tanggal 20 Muharram atau tanggal 17 Januari 2009 akan diadakan haul Almarhum Almaghfurlah Al arifbillah Syehuna Armia Bin KH. kurdi PonPes Attauhdiyah Cikura Bojong Tegal (Abah dari Almarhum Syehuna Arif billah KH. Said kakek dari Syehuna KH. Ahmad Said).

  23. aku ga kuat lo inget SYEKHUNA ku KH AHMAD dan KH KHAZANI

    • mengharap Ridhonya dan mri brdo’a biar kita di akui sbgai muridnya dunia smpai akheraya…………….Amiiiiiin

  24. sach aku mua tanya…acara haul di cikura tanggal berapa…aku kemaren naya.ko ga di bls….?apa pertanyaanku ini kurang sopan.bila kurang sopan kami mohon maaf sebesar”nya.
    ID.mr.alim27 yahoo

    Afwan ..haul di Cukora tgl 24 januari 2009

  25. ada ralat untuk haul syeh armia bukan tanggal 17 januari 2009 tapi 24 januari 2009.
    terima kasih

  26. asalamualaikum…salam kenal buat muttagin
    ID.mr.alim27 wss

  27. asalamualaikum..s-aulhag tegal..ane boleh liat poto ponpes atauhidiyah ga…?wss

  28. untuk foto coba aja cari di internet insyaallah ada

  29. Muh basuki setiawan

    ikut thoriqoh asyik ya?

  30. Ya allah aq kangen bgd pngen ktmu romo kyai..mga pntg umur n shat wal afiat..

  31. Assalamu alaikum ya Akhi,, kang, Sachrony sebentar lagi Di Ponpes Attauhidiyyah Akan mengadakan Khaul KH. Armiya Bn KH. Kurdi ( ayahanda dari syeh syaid Giren) yang ke 76 ( hari sabtu 24 Januari 2009 ) Insya Allah Aku akan mengambil beberapa foto sebagai dokumentasi. dan saya bermaksud meminta izin kepada kang sachrony untuk ditampilkan di blognya Antum. bagaimana caranya??? tolong balas ke email saya ahmadharris99@yahoo.co.id
    sukron katsir..

    alhamdulillah…kirim ke email : sachrony@yahoo.com

  32. Assalamu’alaikum,,,, kagem uztad Syamsul,,, kawula nyuwun do’anipun,,, kajeng sanged slamet dunia akhirat. amien,,,

  33. ass.wr.wb alhamdulillah ana buka2 web nemu ini
    blog anta ana saat ini sedang ngaji kitab risalah awaldanrisalah tsani karya kyai said.guru ana ust.muhammad,muridnya habib husen muridnya kyai asmawi muridnya kyai said armia
    betapa sejuknya hati ini belajar ilmu tauhid ilmu yang haq “awwalu waajibu ‘ala bistiqon

  34. PENGENNYA AQ SELALU ADA DISANA SEMOGA SETELAH AKU WAFAT RUHKU SELALU DI PONPES GIREN NGAJI BARENG SANTRI

  35. saya kangen bnget sm S1-S2…dulu saya sering ngaji sm beliau hampir stiap mlm jumat sm slasa tp skrng saya di jkrt dan cm bs ngaji sbulan skali di rawa mangun

  36. subhanallah sungguh besar karuniamu sehingga alhamdulillah allah telah memberikan kesempatan yg paling saya syukuri yaitu bisa ketemu sm beliau waliyulloh al-allamah asyekh Ahmad bin syekh said daadiknya asyekh romo kyai khasani bin syekh said

  37. wahai muta’alimiin fi giren format ngaji nt sudah bagus.ngaji tauhid ahlissunnah dan ada guru di sana.namun antum harus tau bahwa di dalam kitab dasuki itu ada keterangan bahwa ushulul kufri sittatun di antaranya adalah attaqlidurrodi’ ya’ni mengikuti dawuhnya orang lain atas dasar ta,ashub dan fanatik tanpa ada unsur mencari yang haq.lihat halaman 217.kepada gurunya mantap tapi kepada alloh ta’ala dan rosulnya bingung (na’udzubillah).karena terhijab oleh ta’asshub tersebut.ketahuilah bahwa imam asy’ari sang imamul mutakallimiin yang berjuang di baghdad meninggalkan ribuan santri dan itu tersebar di seluruh antero jagad.kullun ala maa qosamallohu fi saabiqi qodo’ihi.SEMOGA GURU ANTM2 SEKALIAN TIDAK MENJADI HIJAB.

  38. buat sdr nur edi ,kalam antum itu bsakah di pertanggungjawabkan???di katakan LAA YA’RIFUL ILLAL WALI.ingat hadis saja ada yang sohih do’if dan maudlu’.sudahkah anda belajar ilmu mustolah hadist???.kalam antm itu katagori apa?.haruskah orang lain mempercayai kalam antum?.ittaqulloh..!!!!!

  39. ya allah smga gru besar saya slalu enkau beri sehat walafiat fitaatilahwataatirosul

  40. kewajiban kita hanyalah ikhtiar,meminta segalanya hanya pd ALLAH apla urusan akhirat.. ngapunten

  41. allahu akbar……… saya adalah salah seorang santri dari beliau….TEGAKANLAH AQIDAH AHLUSUNAH WALJAMAAH…..Dukung terus perjuangan beliau sampai hari penghabisan… JUJUR GUE MERINDING BO….

  42. KULO USTADE DARUTAHUHID KH KHASANI…… IA O YA…. BENER TUH TEGAKAN AQIDAH AHLUSSUNAH WALJAMAAH.HIDUPPP

  43. Assalamualaikum!
    Ya memang benar beliau( kyai ahmad dan kyai sani) setiap saya mengunjunginya malah minta di doakan sama santri2nya.

  44. Untuk mas santri kalong benar sekali.

  45. asalammualaikum wr wb
    salam asy ariyah wa almaturidiyah
    ahlan kang sachrony ,ana santri dari kyai Asmawi tegal,kyai Asmawi santri dari kyai said..
    ana di tg.priuk di Majlis ta,lim NAAM (NUR ATTAUHID ASY-ARIYAH WAAL MATURIDIYAH)Alhamdulillah kitab sanusiah juga yang di kaji..

    http://www.invasi.blogspot.com

  46. Insya Allaah tanggal 13 juli 2008 akan diadakan haul beliau Arif Billah Syeh Said bin Syeh Armia di Ponpes Giren Talang Tegal. Silahkan antum-antum menghadiri Haul beliau

  47. Pp attauhidiyah(giren & cikura) telah menuntun hatiku pd sswatu yg haq. Mhon doaya, agr aku dan kita smua d beri iman islam yg tak prnh brpaling.
    Salam dri cah mentik.

  48. Antum sekaslian para santri memuji sangat dianjurkan apalagi kepada orang-orang SHOLEH, tapi mbok yo jangan berlebihan sehingga menimbulkan GHULUWW/extrim. anda memuji ROSULULLAH SAW , mesti ada aturan dan takarannya, sehingga memuji ttidak menjadi salah bagi orang2 ahli ilmu menjadi nggak sehat kalau cuma memuji hanya akan menimbulkan taassub /panatik buta sekaligus menjadi hijab dalam menuntut ilmu. harus seimbang antara memuji dengan kritik yang penting tahu kode etik. dengan berlaku seimbang ilmu akan menjadi HIDUP DAN BERGAIRAH. bahkan kepada kitab yang anda pelajari boleh2 saja anda kritik. banyak contoh tentang kasus ini IMAM SYAFI’I RDA PERNAH MENGKRITIK KEPADA GURUNYA IMAM MALIK RDA JGA KEPADA IMAM ABU HANIFAH RDA DALAM BEBERAPA HAL. coba antum yang katanya mengkaji kitab tauhid, dalam kitab KIFAYATUL AWAM IMAM AL-BAJURI tidak mersa segan untuk mengkritik IMAM AL-FUDLOLI, dan tentu saja untuk kepentingan ilmu, tak kurang SYEIKH AL HARORI IMAM MUJADDID abad 20 juga turut mengkritik Imam Al-Bajuri dalam masalah TA’RIF antara Rosul dan Nabi. wal hasil sudah berlaku ratusan tahun yang silam para ulama2 sangat biasa dalam urusan kritik mengkritik, makanya dalam islam diajarkan ada pan khusus yang disebut ilmu MUJADALAH. sekedar ngasih tau Antum yang suka baca kitab hati2 banyak kitab2 ahlissnnah yang dpalsukan isinya disusupi hal2 yang aneh2 penuh kedustaan karena yang nyetak orang2 wahabi bahkan sanusiyyah saja banyak yang salah.

  49. Kami sebagai keamanan mengitrusikan kpd semua santri kalong agar mengikuti lokalan di mana pun anda berada dan selalu mengawal semua progam yang mulia melalui MTDA .

  50. Melengkapi pejuang aswaja ” MEMUJI” boleh2 aja asal jangan punya maksutan memuliakan di atas allah swt, dan jangan memuji sambil menyembah. Kalo masalah mengkritik ulama ” lihat dan kenali dulu akidah ulama tsbt apa “ulama dunia atau benar2 ulama akhirat”. Dan juga jangan lupa kalo mau mengkritik ulama ” apa tingkatan ilmu seperti PEJUANG ASWAJA sudah CUKUP.
    Dan satu lagi ” gak semua kitab bisa di palsu jadi jangan takut untuk mempelajari nya asal ” pake guru dari golongan ULAMA AKHERAT” dan DALAM MENGERJAKAN IBADAH NIATILAH DENGAN KE IKHLASAN SEMATA2 KARENA ALLAH SWT.

  51. Assalamu alaikum
    apa kabar mas sachrony ? saya sangat senang sekali, dengan anda yang rela mensyiarkan dan mau memuat tentang pondok pesantren Attauhidiyah. semoga mas sachrony diridhoi oleh Allah s.w.t. dan dipanjangkan umurnya fi kamali shihah wal afiyah wa fi kamalil iman wal islam fi thoatillah warrosul. saya dari tegal yg kebetulan mnjdi santri laju/kalong di ponpes attauhidiyah. saya senang menjumpai blog anda.

  52. Ass wr wb.
    Syukron bt Kang Sachrony.
    Smg Syaechuna sllu dberi kshatan wal afiat fi tho’atillah wa rosulullah. Buat temen2 yang mubahasah lewat internetan bs lewat mukhasibi.wordpress.com

  53. ayo ayo ngaji akidah di giren, hanya satu-satunya di indonesia khususnya yang “mengajarkan mencari dan menemukan tuhan”
    belajar sebelum wafat, mumpung ada kesempatan…!!!

  54. Assalamu’alaikum …
    salam kenal mas Sachrony …
    saya cucu dari alm. H.Hasan Bishri, Pekauman Kulon, Tegal.
    Dulu kakek saya sering bercerita tentang sahabat & gurunya, Kyai Said Giren, Talang.
    Tolong sampaikan salam hormat saya untuk Kyai Ahmad & Kyai Sani, Insya Allah suatu saat saya bisa sowan ke Giren.
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum ….

    waalaikumussalam

    salam kenal…ibu saya orang sumur panggang margadana, insya alloh lebaran ini saya ke tegal
    dan kita dapat silahturahim

  55. Mutiara terpendam dari Tegal Al Arif billah Al-Alamah Syekhuna KH. Said.

  56. assalaamu’alaikum ustadz sachrony alafu ana dan 5 orang teman bermaksud ingi mengajak pembaca blog ini untuk ber infak yang mana saya bermaksud membeli sidang rumah type 21 hok untuk majlis taklim attauhidiyyah shohibul masyhad 3 perum cibarusah indah bekasi. yang mana saat ini kami dalam bertaklim masih berpindah2 tempat dari rumah kerumah.di prkirakan utk membeli/membangun nya menghabiskan dana sbsar 100juta.yg ingin meginfakkan sebagian rizkinya transfer ke no rek:156-00-0245870-3 a/n zaenuri bank mandiri kcp jababeka capitol cikarang. penanggung jawabnya adalah al habib husen alwi alathos pimpinan ponpes attauhidiyyah sohibul masyhad cikarang timur bekasi. atas bantuannya saya ucapkan terimakasih. kepada ust.sachrony tlong ini jangan di delete wassalam

  57. Kpada yg ragu dgn kitab yg d kaji dlm pondok attauhidiyah silahkan datang dan ikuti pngajiannya dari awal smpai hatam. Karna d atas (aswaja) menuturkan bnyak ksalahan cetak dlm ktab imam sanusi.

    Insya Alloh keraguan anda akan hilang menjadi yaqin bi ‘ainil yaqin.

    (nb. Segala kesalahan cetak kitab di ishlah langsung oleh beliau syekhuna dlam pengajian)

    Af1 n makasih. Mhon maaf jika ada kesalahan, dan tolong bagi yg lebih tau d ishlah.

  58. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Paling seneng ngunjungin blog yg memuat Ponpes Attauhidiyyah -Tegal. Tempat berkumpulnya orang2 yg tidak ingin sesat dengan kefahaman2 yg keliru & amaliah2 yg mubadzir karena meskipun saya termasuk orang yg baru kenal Attauhidiyyah & baru mengkaji kitab Risalah Awal tapi saya yakin beliau syehina al Imam Arif billah KH. Ahmad & KH. Hasani adalah Guru yg mursyid & kitab Tauhid yg diajarkan sangat mendalam.
    Yaa Allah… janganlah Engkau cabut nyawa ku sebelum Engkau benar2 menancapkan Iman di hatiku.

  59. ada yang tahu alamat cabang ponpes attauhidiyah di daerah rawamangun (lokal rawamangun)?pengajian setiap hari apa ? mulai jam berapa s/d jam berapa?

  60. alafu kang,mungkin yang dekat dengan rawamangun itu taklimnya di rumahnya kyai lathuso jl cipinang raya.kalo gak salah setiap hari jumat ba,da isya.yang dikaji kitab2 tauhid khususnya kitab al’um baraghain atau untuk lebih jelasnya antum datang aja ke pondok attauhidiyyah shohibul masyhad pimp. al habib husen bin alwi alathos jl.raya bekasi kerawang asem rengasbandung cikarang timur bekasi.

  61. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu

    Salah satu ceramah terpopuler pesantren attauhidiah adalah aqoid limapuluh, mengerti dalil aqli, wajib, mustahil, dzaiz dalam pencarian mengenal kebesaran dan kemulyaan Alloh berdasar dalil yang soheh dan ilmul yakin bukan sekedar hobarul yakin, sehingga keIslaman kita menjadi semakin punya konsep iman yang haq yaitu disaksikan oleh akal dan hati kita.

    Disini kita diajarkan mengenal Dzat Alloh, sifat Alloh dan Af” alnya Alloh, sangat berguna bagi orang yang ingin cari ketenangan hidup atau lagi menghadapi hal hal luar biasa dalam hidup, disini pemahaman Aqoid Islam yang disajikan dari ponpes Attauhidiah merupakan secara syar eat adalah jawaban yang tepat, dimana jawaban yang hakekatnya adalah Alloh adalah sebagai satu satunya tanpa bilangan dan tanpa ada yang menyamai dalam tumpuan dalam mencari pertolonganNya dari segala keruwetan keruwetan masalah dunia agama dan akherat.

  62. juga pemahaman aqoid Islam ini merupakan satu satunya yang mempunyai sanad sampai rasulullah dan punya sejarah panjang sampai ke Rasulullah dan yang pernah dianut almarhum mbah Nur Walangsanga Moga pemalang wali termashur pemalang jateng, dimana beliau mbah nur walangsanga moga pemalang jateng, adalah murid syeh Armia bin syeh kurdi dari pesantren giren dan cikura tegal, wollohu aklam bissawab.

    pemahaman Aqoid ini ibarat batang pohon sedang masalah fiqih sunah dan yang lain lainya adalah masalah furu. Sebaiknya datang aja ke pengajiannya pesantren Giren dan Cikura, anda akan lebih afdhol dalam memahaminya, InsyaAlloh, sebab disini saya sebenarnya tidak berhak mengajari disini, karena saya tentunya masih banyak kesalahan, dan mohon maaf bila saya terlalu berani bercerita tentaNG AQOID, semata mata saya merasakan ghirah yang luar biasa bila Alloh telah membuka hidayahnya kepada kita ,Allohu Akbar, ini saya mengalami dari hasil pengajian di cikura dan giren Tegal pesantren Attauhidiah.

    Wollohu aklam bis sawab, semoga Alloh membuka hati anda sekalian supaya selamat dunia akherat, dan tiada terbukanya hati dan selamat dunia akhirat melainkan Alloh yang membuatnya sebag ai Af” alnya Alloh. Amin

  63. @abimanyu
    gimana program rumah buat pengajiannya? bisa minta no tlp njenengan. kebetulan ane santri kalong di giren juga pernah ngaji sama kyai nawawi .!salam kenal buat yg punya Blog,Alkhamdulillah nemu juga blog tauhid ini,.keep posting yah

  64. assalamu ‘alaikum wr.wb
    @xxI123
    terimakasih kang atas perhatiannya,untuk saat ini ana dan rekan2 masih mengusahakan dana,alhamdulillah belum dapat mudah2an atas izin dan ridlonya alloh impian ana dan rekan2 di cibarusah bisa terwujud.untuk taklimnya alhamdulillah sampai saat ini masih istiqomah di rumahnya pak de gatot a4 cibarusah indah cibarusah. jenenengan nek pengen ngaji monggo
    tumut.majlis taklim attauhidiyyah shohibul masyhad rengasbandung cikarang timur setiap hari rabu ba’da isya insya alloh di pimpin langsung oleh beliau al habib husen. ni no ana 0813 8820 9318, maskur wassalamu ‘alaikum

  65. ajib ana baru tau ad web tentang tauhid. mungkin akan lebih diketahui masarakat apabila buka grup d fb karna akan lebih byk org tau. semoga ad pembahasan yg menarik. SALAM KENAL.

  66. Assalamu’alaikum………
    sy ank mandiraja, pngen tau pngajian rutinan yg dijkrt. apkah smpe skrg msh bertempatan dirwmngun???? syukron…

  67. klo pngen tau lebih jls lan luas mslah pembhasan dr pengajian, apa yg hrs sy buka alamt blog nya y?? afwu,,,

  68. assalamu’alaikum….buat kang abimanyu mudah2an harapan’y cepat di ibros,amin…..

  69. assalammualaikum… maaf sebelumnya, saya adalah salah satu santri dari syekh sang guru besar abah kh.ahmad sa’id dan kh.muhammad hasachani. saya ,mau tanya siapa tau kang sachrony tau tentang keistimewaan istighozah di ponpes. cikura, perbedaan dan kesamaan istighozah di ponpes atauhidiyyah dg yang lain,seperti apakah pelaksanaan istighozah kubro jumat kliwon di ponpes attauhidiyyah cikura, apa yang menjadi motivasi santri dan masyarakat mengikuti istighozah, pas kebetulan skripsi saya mengangkat judul istighozah kubro malam jumat kliwon di attauhidiyyah cikura, saya kuliah di IAIN Walisongo semarang, sebentar lagi saya mau reset izin mengobservasi kepada sang kyai kalam. mohon doa restunya yah…, demi kebaikan kita bersama mohon saya minta bantuanya, saya tungu jawabanya. suwun. wassalammualaikum wr.wb.

  70. assalaamu ‘alaikum wr.wb
    UNDANGAN
    kepada sedulur2 kaum muslimin wal muslimat kami mengundang untuk hadir pada acara maulid nabi saw yg insya alloh akan di laksanakan pada tggl : 21 maret 2010, tempat MAJLIS TAKLIM ATTAUHIDIYYAH SHOHIBUL MASYHAD JL RAYA BEKASI KERAWANG TANJUNGBARU-ASEM RENGASBANDUNG CIKARANG TIMUR-BEKASI JABAR. PIMPINAN HABIBANA AL MAHBUB AL ARIF BILLAH AL FAQIR AL HABIB HUSEN BIN ALWI AL-ATHOS.
    mau’idloh hasanah akan di sampaikan oleh AL HABIB ALI BIN ZEN AL KAAF JAKARTA
    insya alloh akan di hadiri oleh guru besar attauhidiyyah KH.ASMAWI dari TEGAL dan para habaib
    wassalaamu’alaikum wr.wb

  71. Assalamualaikum WW
    Barangkali ada diantara rekan-rekan yang memiliki info no telp pesantren At Tauhidiyah Tegal …Terima kasih.

  72. saya tidak pernah bertemu dgn kyai ahmad namun guru2 saya adalah murid beliau,saya berharap ALLAH mempertemukan saya dengan beliau.amien.semoga ALLAH merahmati kyai AHMAD…AMIEN…

  73. untung indra jaya

    kami warga indramayu sangat cinta pada guru kami alhabib abdurahman bin abdullah bilfaqih

  74. saya adalah santri kalong ponpes attauhidiyyah giren talang tegal yang masih berharap diakui sbg muridnya /santrinya oleh beliau syeichina alkarimein syech alhajj ahmad sa’idi wa syech alhajj muhammad khasani bin almaghfurullah syech alhajj sa’id bin syech armiya bin syeh kurdi..
    semoga dipanjangkan umurnya fi kamali shihah wal afiyah wa fi thoatillah warrosul. amien

  75. medy-santri-mBling

    kulo niki santeri kalong kulo, seneng sanget bisa ngaji teng giren, ya allah nikmat sanget, matur nuwun ya allah kulo pun di kenalaken ponpes Attauhidiyah.
    yok kanca2 kbeh ngaji teng giren cepet pumpung esih urip?
    santri2 kbeh kulo nyuwun do’ae eben bisa ngaji terus teng ponpes Attauhidiyah sampe wafat.
    kangge romo kyai ahmad , romo kyai khasani lan ma’arif kbeh matur kesuwunsanget. mogah2 romo kyai ahmad , romo kyai lan ma’arif kbeh khusnul hotimah. amin…….SIP!

  76. mikum . . . .btw boleh nanya ga,? bagaimana cara bener2 mengingatkan alloh/takwa dalam waktu solat,? tapi kadang2 ingatnya dunya, tolong beri tau saya,

  77. ayoo konco2 kita mengenal wajib,mustahil,jaiz bagi alloh dan rosululloh.santri giren ayoo di bahas tentang anyare iki alam

  78. aciem_ ci cantrie mbedud

    ketika hati sudah gelap
    maka penapun menghitam dg keseluruhannya
    ta’ada setetespun kemilau cahaya jiwa
    berkarat layu menjadi usang

    walau sekata nan mempesona
    semua itu membutakan mata
    hati kita dan seluruh tingkah lakunya
    ibarat racun yang bergarak dg cepatnya

    semoga rahmat Allah menaungi hati kita
    dihindarkan dari semua bencana
    sungguh bencana terbesar adalah hati kita
    setiap hati yang tidak kenal siapa penciptannya

    maka berilah ruang pada hati kita
    supaya bersungguh-sungguh memahaminya
    dengan syarat mutlak yang telah ditentukannya
    yaitu menyatukan hati dengan maha guru kita
    yaitu syeichina wamurabbina

    pemikir wal pengarang
    ****
    (^_^)

    ” ”
    aciem marumo

    mohon di benerna kang ari ana kata sing salah to kang sachroni

    + kulo nyuwun dongane rencang-rencang kangge maha guru kita ingkang siweg gerah nggih punika romo kyai muhammad chasani mugi-mugi cpet di paringi waras supaya bisa mulang ngaos kita malih..amien bisiril fatehah..

  79. medy-santri-mBeling

    TELAH DI LUNCURKAN LAUNCHING ALBUM RISALAH AWWAL, YANG DIKELUARAKAN PONPES “ATTAUHIDIYYAH” . BISA DIUNDUH MELALUI SITUS http://www.4shared.com DENGAN MENGETIK (RISALAH AWWAL) DI KOLOM SEARCH/ CARI .

    SELAMAT MENGUDUH/DOWNLOAD .MP3 INI SEMOGA YANG MENGUNDUH MENJADI ORANG SOLEH DAN SOLEHA.AMIN……

    BY : SANTRI KALONG TEGAL

  80. al-farukhi ci santi mbedud

    kulo niki santri laju/julukan nipun santri kalong,teng ponpes attauhidiyyah giren tegal” yg msh berharap diakui menjadi santri/murid beliau syeichina alkharimein syech alhajj ahmad sa’idi wa syech alhajjmuhammad chasani bin almagfurullah syech alhajj syech KH.Sa’id binsyech KH.Armia bin syech kurdi..
    smoga beliau semua dipanjangkn umurnya fi shihah wal afiyah wa fitoati warosul… amin…

  81. kang sachrony antum di depag punya info utk donatur para dermawan muslim

  82. Djalil Muhtadin

    Assalamu al’aikum wr wb
    saya mau nanya alamat Pon-pes Attauhidiyyah tepatnya di desa apa….? Tlg klo ada yang tau kirim ke Email aq. Trim’s
    Wassalamu alaikum wr wb

  83. untuk djalil
    alamat PP.Attauhidiyyah di kab. tegal kec. talang Ds. giren/kali gayam jl. Projosumarto 01

  84. Mengharap kehadiran muslimin & muslimat pada acara : Haul Almarhum Al magfurlah KH. Said bin Syekh Armia
    Hari : Jumat malam sabtu dan sabtu pagi
    Tanggal : 2-3 Juli 2010
    Bertempat di : Ponpes Attauhidiyah Giren Talang Tegal
    Insya Allaah barokah
    amiin

  85. insyaallah, nyuwun doane? supadosa gusti Allah maringi dateng kulo saged hadhir! Amiiin….

  86. slamet riyadi

    kulo nggih sami nyuwun doane, supadosa saged hadir teng acara khol almarhum almaghfurlah KH.Sa’id bin KH.Armia bin KH. Kurdi

  87. insyaAllah? kulo nyuwun pandonganipun, muga2 gusti Allah maringi kulo saged hadir dateng acara niku

  88. mengharap kehadiran kaum muslimin dan muslihat pada acara peringatan isro mi’roj nabi muhammad saw dan tahtiman di majelis taklim attauhidiyyah shohibul masyhad pimpinan habibana al habib husen bin alwi al athos pada sabtu tanggal 17 juli 2010 pukul 19.30 sampai selesai . tausiah insya alloh guru besar ponpes attauhidiyah shohibul masyhad ky.asmawi dari tegal.

  89. Assalamualaikum Wr Wb

  90. YAKINLAH , DENGAN MEMPERJUANGKAN AHLUSSUNNAH WALJAMMAAH AGAR SELAMAT DARI ALIRAN ALIRAN SESAT , ITU MERUPAKAN BEKAL UTAMA UNTUK BESOK DI AKHIRAT . PERJUANGAN ITU MERUPAKAN BUKTI NYATA KECINTAAN KITA KEPADA BAGINDA RASUL SAW YG TELAH BERKORBAN UNTUK MEMPERJUANGKAN AGAMA ISLAM DENGAN BUKTI NYATA KECINTAAN INILAH BESOK KITA DI KUMPULKAN BERSAMA YG KITA CINTAI YAITU BAGINDA RASUL SAW DAN SALAFUSSHOLIH , SEKALIPUN KITA TIDAK PUNYA AMAL SEPERTI MEREKA , SEBAGAIMANA YG DIRIWAYATKAN DALAM HADITS RASUL SAW .
    BUKAN SEKEDAR DAKWAAN CINTA KEPADA RASUL SAW LALU BUNGKAM SAAT MELIHAT MISI NABI NYA DI OBOK OBOK OLEH ALIRAN SESAT , UMMAT NYA DI MURTADKAN DARI AHLUSSUNNAH WALJAMMAAH . BISA BISA DIGOLONGKAN SEBAGAI UMAT YG MENGKHIANATI NABI NYA .
    BERSYUKURLAH SEWAKTU ALLAH MENTAKDIRKAN KITA SEBAGAI PENERUS PERJUANGAN NABI NYA .
    SELAMAT BERJUANG DAN BERKORBAN UNTUK AHLUSUNAH , SEBELUM KITA MENJADI KORBAN MUSUH AHLUSUNAH .

  91. Assalamualaikum wr.wb. Q silfi nak dnareja q dlu prnh m0nd0k d p0nd pest ATTAUHIDIYYAH, ktknlah q g bg!tu mmprhtikan plajran’y. Tp stlh q kluar dri p0nd pest Q nyseee..ll bnget q dah mngecewakan 0rtu, gn! Q tinggl bnyk2 brd0’a biar q dpt jd0h yg bnr2 sh0leh yg bnr2 jd imam bwt q d dunia/d akh!rat. Psan q jka klian ngj! D prantren “ATTAUHIDIYYAH” Brsungguh2lah krna penyesalan akan dtng d akh!r wktu. Sukr0n ktsir.

    • akhir wkt’y kpn? ko gt ci.. jgn nyesel gt donk u.. kan u tw.. ilmu yg kt peroleh&pnysln itu bukan yg mnjdkn kt.tp,alloh yg mnjdkn kt.jd jgn sprt itu.ok.emank dasar kersanya alloh ta’ala ky gt sm u.. jd jgn disesalkan prkr yg sdh dijadikan oleh alloh.. yg prl u tw.alloh membuat setiap perkara yg wujud,pasti ada hikmahnya.. u liat aja rosululloh saw.beliau itu org yg sngt mulia dan patuh kpd perintah yg memerintah beliau.tp apa? beliau disakiti,sering nahan lapar,dsb.dan apkh rosululloh mnysl? krn rosululloh tw.itu smua akan kmbli’y kpd sp? y kmbli’y kpd umat beliau.. krn beliau tw umat beliau ada yg akan dijadikan oleh alloh sprt itu.jd keberkahan sayidina muhammad ridho&ikhlas mlkkn itu smua krn akan kmbli’y kpd umat’y.yaitu kpd kt yg sdh usaha mo pengin kenal alloh&rosululloh,tp trnyt kersanya alloh lain,yg ga kt inginkan.mdh2an momentum penyesalan yg timbul di diri kt mnjdkn kt tmbh pengin mengenal&tmbh dkt dg alloh&rosululloh. amiin.. salam buat para santri2 at tauhidiyyah. alf gih.. sukron

  92. assa…! ngaputene kang, endah bisa istiqomah primen?

    • yo ojo mangan permen terus.. he.. ga bercanda. kt prl mngthi dlu apa yg dimksd istiqomah dan istiqomah dlm hal apkh yg mau kt 7.kl kt mo istiqomah dlm hal tolabul ilmi.ya kt hrs prtm niat didlm hati dlu.bhw grk-diam’y kt dimana sj.siap mnrma ilmu apa sj dr alloh.maka disitu akan timbul rasa istiqomah kt dlm tolabul ilmi dlm wkt2 yg kt inginkan.dan kl kt mo istiqomah mmbc al qur’an.dimana tmpt kt hrs bc ayt2 suci al qur’an wlpn 1 ayat.kcli:wc/kmr mnd.nnt insyaalloh kt bs istiqomah dlm wkt2 trtnt yg kt inginkan.mnt 5af’y brng x krng jls dlm pnympn’ny.mdh2an alloh mnjdkn kt org2 yg bs istiqomah dlm hal kebaikan apa saja sprt org2 sholeh.dan bs mlkkn istiqomah dlm wkt2 yg kt inginkan dlm kebaikan dan ridho alloh. amiin..

  93. walhasil kesimpulane q mau utk dihubungkan/dikaitkan ke sifat’y para rosul kbh.baik sifat wajib,mustahil,dan jaiz para rosul kbh. bhw kt ini hrs bnr2 ber i’tiqod kpd setiap rosul itu tdk ada yg cacad/kkrngn sm skali.alias setiap rosul wis dimaksum daning alloh ta’ala.dan kt hrs ber i’tiqod smua rosul itu makhluk yg pling sempurna diantara makhluk2 yg lain.tp,tetep disempurnakna daning alloh ta’ala.krn akeh sing berfaham bhw rosul itu cacad/kkrngn sprt kisah:nabi adam maksiat,nabi ayub gudiken smpe2 diblatungi.itu smua faham sing kesasar lan salah.faham sprt itu bkn faham’y org2 ahlussunnah,bkn faham’y umat’y para rosul,khusus’y faham’y rosululloh sayyidina muhammad.tetapi faham sprt itu faham selain golongan tsbt.jd kt hrs merubah kesalahan lan kesasare kt dlm i’tiqod kt sprt itu.krn faham sprt itu bnr2 faham yg keliru&kesasar. dan brhbngn nador sprt ini.krn nnt pertanyaan sprt ini akan diprtnykan nanti dialam kubur.yaitu kaitan’y dg man nabiyuka.dan prty’an ini hrs bnr2 dijawab nnt.dan jwban nanti bnr2 keadaan kt pd wkt itu.yg ga bisa dipura2 faham,bs dibodohi,diingkari,dipungkiri.kl bnr2 ga faham emang keadaanya sprt itu disana. naudubillah. wallohu a’lam bisoab. mdh2n kt smua glngn org yg diberi faham.sprt faham’y rosululloh.lan mdh2n kt smua mati dlm keadaan iman,islam,lan dlm keadaan diampura dosane daning alloh ta’ala lan bnr2 alloh ta’ala ridho ats kslhn kt smua. amiin.. alf.jlk pandongane smpean kbh.skalian jlk dilurusna bokat kefahamane q salah/keliru. suwun

  94. ass wr wb ………….

  95. kang tulisane sing werna 4 aring endi kbh.. tlng dimunculna.ora papa dimunculna. cepet dimunculna!! ne ora dimunculna.sampean tanggung jwb fidunnya wal akherat. cpt ya..

  96. penyampaian amanah saja: bahwa sarat puasa ada 3 yaitu:1-islam,2-ber akal,3-baligh. dan ini do’a buka puasa romadhon:allohumma lakasumtu wa’bika amantu wa’ala rizkika aftortu dahabaddomau waftallatil urutu wa’sabajal ajru insya alloh birohmatika ya arkhamarrohimin.. amiin.

  97. romo kyai achmad ngendika:bahwa wong mati khusnul khotimah atau suul khotimah,niku tergantung waktu uripe 24 jam lan direken kabeh sekabehane umur uripe. ne waktu uripe dalam waktu 24 jam lan direken sekabehane umur uripe koh akeh ora elinge aring alloh/akeh maksiate ketimbang elinge aring alloh/ibadahe,maka kue termasuk ciri2 alamat mati suul khotimah. tapi ne direken sekabehane umur uripe koh akeh elinge aring alloh ta’ala/akeh ibadahe ketimbang maksiate/ora elinge aring alloh,maka niku termasuk ciri2 alamat mati khusnul khotimah. mudah2an kita semua termasuk orang2 yang digolongkan oleh ALLOH SWT alamat orang yang mati khusnul khotimah. amiin ya robbal alamiin.. bijahi sayyidina muhammadin SAW. AL-FATEHA..

  98. sholawat untuk sayyidina muhammad SAW:
    “allohumma solli wa’sallim ala sayyidi wa’habibi wa’tobi biqolbi wa’jasadi wa’ruhi sayyidi rosulillah muhammad ibni abdillah asodikil amin wa’ala alihi wa’sohbihi ajmain..” amiin.
    dan ini pengenalan nama2 para WALI SONGO:
    1-syeh maulana malik ibrohim (sunan gresik) gresik-jawa timur
    2-Raden rachmat (sunan ampel) surabaya-jawa timur
    3-Raden maqdum ibrohim (sunan bonang) tuban-jawa timur
    4-Raden paku/Ainul yaqin (sunan giri) gresik-jawa timur
    5-Raden syahid (sunan kali jaga) demak-jawa tengah
    6-Raden syarifudin/Qosim (sunan drajat) lamongan-jawa timur
    7-Raden ja’far shodiq (sunan kudus) kudus-jawa tengah
    8-Raden umar sa’id (sunan muria) kudus-jawa tengah
    9-Raden syarif hidayatulloh (sunan gunung jati) cirebon-jawa barat
    mdh2an bisa ziaroh ke makam beliau semua. amiin. AL-FATEHA..

  99. cuma sekedar info.buka:http//sachrony.wordpress.com atau http://www.majelis nurul musthofa.org (gemerlap peringatan maulid di kali bata)buka dijudul kitab aqidatul awwam. kalau ga salah.disitu banyak yg pengin silaturohmi. mksh

  100. romo kyai achmad ngendika:bahwa urip sedina 24 jam niku go ibadah di bagi 3 :
    1-8 jam go istirahat/turu
    2-8 jam go kerja/usaha
    3-8 jam khusus go ibadah
    insya alloh termasuk alamat mati khusnul khotimah.

  101. Salam Ukuwah buat kang syahroni, kapan2 pengin ketemuan. sering ngikut rayo jakarta kan kang ? syukron wa jazakalloh

  102. Kg kulo bde tanglet dalil allah ta’ala bsfat sma’,bashar,lan kalam nopo nggih,..?

  103. Kg kulo bde tanglet dalil allah ta’ala bsfat sma’,bashar,lan kalam nopo nggih,..?

    • cuma unek2 hati saja.ne dalil niku,wis melu dalile nang sifat kudrot,irodat,ilmu. nah niki cuma sekilas pembahasan nang masalah kasab lan ikhtiar.sing tak temu nang hati ne aku.ne usahane makhluk mujudaken sesuatu niku carane wonten kali.
      1-dengan cara tinempelan
      2-dengan cara dorongan/magic
      cnth 1- =kaya sampean pan nginung banyu.kudu tangan mbe gelase nempel.
      =kaya sampean masak sega goreng,kudu tangan lan susuke kudu nempel mbe wajane. ne ora kaya niku ora wujud opo usahane kita. lan cnth liya2ne.
      cnth 2- =kaya dedi kolbuser nyulap duit nganggo tangane.iku jenenge dorongan/magic. lan cnth liya2ne.
      tapi ne dg cara dorongan niku derajat2an.ana sing kasif lan ana sing latif lan ana sing latif nemen.nah pmbhsn niki tidak bisa saya jabarkan disini.wallohu a’lam bisoab.. ngampurane ya kang bokat dadi bingunge sampean.. ass.. jaluk pandongane ya kang

  104. Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Salam silaturahmi dari saya, sekitar tahun 1999-2000 semasa SMU dulu saya pernah beberapa kali mengikuti pengajian rutin di Giren, Tegal. Saya bergabung dengansantri lokal lainnya dari daerah Dukuh Turi, bahkan saya juga pernah 2 kali ke Cikura Mengikuti Haulan Syech, namun setelah tidak lagi mukim di Tegal saya ga pernah lagi berkunjung ke sana. Sekarang saya sudah merantau berada di Jawa Barat, saya sudah menikah dan punya anak,, dalam perjalanan hidup kami ada hal-hal atau peristiwa2 yang sulit dimengerti yang menguji keimanan kami. Saya telah bertanya pada beberapa kyai, namun kami belum menemukan solusinya. Sayau juga tidak bisa menceritakan peristiwa ini sama sembarang orang. Setelah membaca Blog Saudara saya jadi ingin bertemu dan berkonsultasi dengan syech Ahmad. Kira2 bisa nggak ya??? Mohon bantuannya. terimakasih.

  105. Ping-balik: SEJARAH EMPANG « allattas

  106. Aslm ww,ana dulu satu jamiyah ama gur hadun.kbetulan kampung asalku “tembongwah” dekat ma cikura.sekarang aq tinggal di “sutapranan” dekat dg giren. Klo nt mo ngaji dijakarta ada didepan UNJ Rawamangun.

  107. Muhammad Reza Fahlevi

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya senang sekali mendengar cerita yang berhubungan dengan guru besar saya.Saya adalah salah satu santri Attauhidiyyah giren.Sungguh saya terharu ternyata ada juga orang yang dengan baik hati memuji guru saya. Setiap Ta’liman (Malam Kamis Dan Malam Minggu) Kami selalu di ceritakan oleh kiai orang-orang yang tidak senang kepadanya .Bahkan belum lama ini Kiai Achmad (atau kami sering menyebutnya dengan s1) ditantang oleh seorang(Saya nggak tahu namanya).Saya sangat sedih mendengar cerita-cerita tentang Kedua kiai saya di olok-olok orang.Hingga akhirnya saya mendengar orang yang memuji mereka

  108. ya begitulah kehidupan di dunia ini kang. SUSAH BANGET!!!
    kalo kita ga ditantang, ya kitanya yang nantang.

    karena kehidupan di dunia ini cuma ada 1 jalur saja. yaitu menghadapi kemungkaran.
    dan kehidupan di dunia ini juga sebenarnya cuma 1 saja harapan kita. yaitu supaya kita semua ini benar-benar mati dalam keadaan iman, islam (khusnul khotimah). dan tentunya, harapan khusnul khotimah tidak mudah yang kita bayangkan. kita harus meninggalkan yang dilarang oleh alloh semuanya. dengan cara kita men ta’ati perintah alloh yang sudah diberitahukan semua oleh utusan alloh yaitu sayidina muhammad saw.

    dan tentunya juga kemungkaran ada pembagiannya.
    ada yang bangsa aqidah tauhid dan adapula yang bangsa sareat islam.
    itulah susahnya ulama untuk menegakan kemungkaran yang ada diperindividu seseorang, supaya diantara kedua-duanya, biar tertanam di dalam hati seseorang tersebut yaitu sareat islam dan aqidah tauhid nya.

    mungkin itu sedikit masukan supaya kita menambah semangat di diri kita masing-masing untuk membantu perjuangan para ulama-ulama kita.

    dan saya juga tidak lupa untuk mendo’a kan kepada semua yang ikut membantu dakwahnya para ulama. agar nanti dijadikan oleh alloh swt, nanti kelak ketika mati yaitu dalam keadaan iman, islam (khusnul khotimah) dan selalu dalam ridho alloh dunia wal akherat. amiin ya robbal alamiin …

  109. ass.halllo mhn info blog ponpes Attauhidiyah ada ga..?

  110. ahmad mas nono

    ASSAKANUAKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUHU, penglaman orang yang mengaji di cukura dan giren pada Romo kyai Ahmad Saidi bin kyai H. Said dan saudaranya Romo kyai muhamad hasani, Al hmdulillah diparingi paham tentang ALLOH kanti mboten mamang, itu sudah luar biasa ALLOH telahmemberikan nikmat Makrifat pada ALLOH, sehingga Insya ALLOH akan Istiqomah dalam menjalankan ibadah ibadah furuiah. NGAJI SAJA IKUT LAN NDEREK SECHUNA, SUPAYA MATI KHUSNUL KHOTIMAH, ITULAH TARGET/CITA CITA ORANG HIDUP ORANG YANG BER IMAN.

  111. yaa rabbal’alamiin

  112. al-hamdulillah kemarin 3 hari sblm bulan puasa. kami sempat berseliturrahmi ke beliau (syeh ahmad) penghormatannya memang sangat luar biasa, kami di jamu bagai raja setiap harinya. disana kami bertamu selama 3hari. hari pertama malam kamis kami di suruh istarahat dulu sambil menunggu malam untuk mengikuti pengajian. setelah syeh ahmad memberikan pengajiannya kami di ajak ngobrol hingga lewat tengah malam.
    lalu hari ke-2 kami diperintah untuk berziarah keliling tegal ke 10 maqom di antar santri kepercayaannya. setelah selesai diantar beristirahat dipondoknya yg di cikura sambil mengikuti pengajiannya hingga malam.
    sekitar tengah malam jam 3 kami pamit pulang dan mengobrol sekitar setengah jam untuk berterima kasih.
    lalu beliau mengantar kami hingga sampai ke mobil.
    kedatangan kami adalah sebagai balasan atas kedatangan beliau pada 3 bulan yang lalu ke pondok kami di serang dan sebagai permohonan maaf kami atas ketidak hadiran undangan pada saat haul syeh armia.
    suatu kebahagiaan terbesar kami bisa mengenal beliau secara dekat. terima kasih.

  113. Berbagi Pengalaman: Saya pertama kali kenal Ponpes Attauhidiyyah di Jakarta acara Rayonan dan pelajaran yg saya peroleh tentang Hukum Aqli yaitu: Wajib, Mustahil, Jaiz. Sangkin saya tidak fahamnya saya cm terdiam melihat ma’arif mencontohkan sebuah Buku di atas meja yang bersusun-susun, namun pada malam harinya saya mimpi didatangi seorang ma’arif dan ditanya, “kamu belum tahu wajib mustahil jaiz?, coba kamu perhatikan pohon depan rumah”. tiba-tiba pohon itu menghilang dan muncul kembali. “itu yang namanya jaiz”. ungkapnya. sangkin ingin tahunya saya mengikuti lokalan dan di lokalan saya menjadi megerti tentang hukum Aqli Wajib, Mustahil dan Jaiz.

  114. assalamu’alaikum para muta’allimin ponpes attauhidiyyah……smga kt smua mndpt ridho dr guru kt amiiiiennnn….

  115. mudah” han di akui sbgai santri’y beliau…….
    amiiiin..

  116. indonesia kaya para waliyullah

  117. Dimas mufti{waslih}

    “PONDOK PESANTREN ATTAUHIDDIYYAH” Memberikan ILMU yg membuat hidup mnjdi TERARAH,menguatkan AQIDAH yg membuat hdp mnjd pnh BERKAH,& Menghasilkan nilai cinta pd ALLOH,yg membuat hdp mnjd INDAH…. GIREN Kec Talang Kab. Tegal/ CIKURA Kec. Bojong Kab. Tegal. {waslih dinuk.skrg di arab saudi}nywn pndgn mugi2 di prngi sht wal afiat umr pnjg di reksa skg blai dunya wal akhrt supados sgd kmpl malih kalih yg mulya syekhina wamurobbiruh ina teng pndk qt trcnta ATTAUHIDDIYYAH… Bil qobul bijahi sayidina Muhamadin saw wabar okati syekhina wamuro bbi arwahina atthollalloh umrohumma fi kamali sihah wal afiah, wafi kamalithoatillah warosu lih,wawasa,a rizqohum ma waballigh maqqosid dahhumma wasallim humma min jami,il baliyah wal mikhan ma dhoharominha wama bathon,alla hadihi niah wakulli niatin solihah wa illa hadrotil habib muhamadin saw bi asro ril fatihah….{kpd yg sudi ikut mendoakan di smp kn Jazzakalloh syukron katsiro}

  118. Puja & puji syukur dngn ucapan Alkhamdulillah, saya wlw pun skedar santri kalong di pon pes Atauhidiyah, baik yg di cikura atau pun di giren, hanya beberapa kali mngikuti pngajian di dua tempat itu, Alkhamdulillah skrang sangat bermanfa’at utk diri saya dan orang di skitar lingkungan saya, juga berkah hidayah Alloh, saya membranikan diri mrintis sbuah yayasan yg di dirikikan oleh swadaya masyarakat, hingga kini status pendidikan sudah di akui oleh pemda kabupaten & kementrian agama INHU { Rengat } Riau. Saya putra desa ketileng kramat tegal. Skrang sudah menetap di desa bukit lipai batang cenaku inhu {rengat} riau.

  119. kepengin didoakan sama pak kyai mudah mudahan saya dapat hidayah, ngaji istiqomah, mendapatkan rezeki yang halal berkah barokah…. amin….

  120. Saya tlh mnemukan ilmu yg bnr2 haq. Yaitu d ponpes giren. tp skrg sy dah bnr2 jauh dr ilmu itu. dah hmpir 5 th sy tdk prnah ngaji. saya mnta doany kpd para santri / simpatisan agar suatu saat saya dpt brkumpul dngn org2 terpilih/ ngaji lg d giren. amin…

  121. Yuh kanca kanca pda usaha istiqomah ngaji mlm kamis ro mlm ahad. Aja kLALEN mlm jum.at l0kalan. Mlm jum.at Kliwon istiGhozah ng cikura,, yg di pimpin lgsug olh, {AS SYAIchuna KH.Achmad Sa’idi bIN KH. Sai.d}

  122. Admin nya kok gak nongol-nongol….
    sekedar usul, Bgmna klo blog ini jg di jadikan ajang Mubahasah???
    tentu akan lebih bermanfaat.

  123. Ww.santri kalong. Dk jati kidul com

    Perjuangkan trz syiar2 islam panjenengan aku trharu perjalanan anda ?

  124. Aku rindu…Dg giren

  125. ak kpngn ngaji gren maning rasane kayong jmbar atine ra pteng

  126. asalamualaikum
    buat mas abdul hadi desa dauhan(02-09-1986) Rt.22/06 kec.talang tegal hubung aku(syarif hajah sofiah batur di warudoyong 02197013043)

  127. lokal cileduk,pengajian d rumah ustad ali bda isa,ngaji tauhid jaiz,mustahil,wajib,ini program romo kyai,ahmad saidi,mongo sedulur”yng aktip mongo aktip.aneng kalikangkung.

  128. Najib bojong wt ja2r

    Ya Alloh.. Mudah2an aq di buka hati ya,, supaya bisa rutin ngaji di cikura amiiin..

  129. Najib bojong wt ja2r

    Alloh.. Kpan kematian ku akan menjemput,, ingat lah akan mati, mungkin kita akan sadar,, bahwa kita cman sebentar di dunia ini,, masih ada akhirat,, carilah bekal biar kita selamat,, so buat sokhib ku yg di pontianak kalbar SELAMAT BERJUANG,ingat bro pesan ortu,ustadt, you the best insyaalloh NT kmbali ngaji bareng ame kitee… Azzzzaah..

  130. Lukman Nur Hakim

    assalamu’alaikum
    kebetulan sekali saya tetangganya ust. khuzaeni.. sejak oktober lalu aku dijakarta dan berasa ingin kumpul di pengajian Attauhidiyyah

    Aku mau tanya jadwal dan alamat lengkap ngaji rutin Attauhidiyah di rayon Jakarta

  131. Lukman Nur Hakim

    ohya infonya dismsin ajah ni nomer ku 089666964006

  132. tahun berapa habib abdurahman bilfaqih belajar sama kh said mas?,,,,kh said wafat tahun berapa??..ini tulisan ngarang apa ngawur mas,,,,hati2 loh,,bohong dengan membawa nama habaib maupun kiyahi,,,

  133. Saya senang baca artikel ini

  134. aslmkm,sy org yg lg kebingungan mhn saudara2 yg bs mengobati rasa bingung sy tlg diberi wejangan utk sy..tks aslmkm..

  135. :) masyaAllah..

  136. Dalem perlu jalan

  137. semoga kita yang pernah mondok di giren dan cikura,,,selalu di akui jadi santrinya beliau amin…….
    ..

  138. Subhanallah Maha cuci Allah Karunia agung subhanallah petunjuk-Nya Allah subhnallah…

  139. subhanallah maha suci Allah, karunia Agung subhanallah, memberi petunjuk subhanallah.

  140. Assalamualikum, Mas kulo saniki enten teng jakarta, nderek taken mireng2 teng jakarta enten pengajian ikang sami kalih teng Ponpes Giren, menawi kerso kulo nyuwun diaturi pirso alamt ipun lan kapan waktu nipun, matur nuwun, jabidi lare mantran

  141. semua yang di ceritakan benar.. .

  142. Barang kali Antum kpengin tau Info seputar kegiatan Ponpest Attauhiddiyyah

    Ini
    Ada nomer tlpon : 087784563591
    Pin BB :27DAB2A2
    Facebook: Wa Ojatzygkpenginpahampangeran Ne

    SyukrOn

  143. Um um aku mau takon kwe sng arane “attauhidiyah sohibul masyhad” cabang dari giren – cikura apa dudu ? Karena pengasuh dan guru besar dan mursyid attauhidiyah adalah cuma SYAIKUNA WA MUROBI ARWAHINA “SYAIKH AHMAD SA’IDI DAN SYAIKH MUH. HASANI” ATHOLALLAHU UMROHUMA WA UMRO AHLI BAITIHIMA FIKAMALIS SIHAH WAL AFIAH WA THOATILLAH WAROSULIH bukan yang lain, adapun yg mengajar dipondoknya atau majlisnya itu namanya PENGURUS BUKAN PENGASUH.
    Wal afuw minkum…
    Moto: TA’ALAQ BI AHLIN NUR, YABDU LAKA NUR

  144. Ada yang tau informasi pendaftaran pondok pesantren Attauhidiyyah gx yah kira-kira?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s