KH.ASNAWI CARINGIN ( ULAMA DAN PENDEKAR BANTEN )

Saya teringat sekitar tahun 1992 , ketika masih di bangku Madarasah Aliyah mengadakan Tour Ziarah keliling Banten ke maqom para Auliya . Ada satu tempat yang sangat menarik yang saya kunjungi di suatu kampung bernama Caringin kecamatan Labuan Pandegalang Banten. Kampung Caringin dengan pesona Laut yang sangat mempesona diambil dari kata “beringin” yang artinya “pohon teduh yang Rindang  disana terdapat Maqom Auliyaillah seorang ulama pejuang bernama KH.ASNAWI yang orang kampung biasa memanggil dengan sebutan “mama Asnawi”  yang telah mengayomi masyarakat yang dianalogikan sebagai pohon beringin .

kh.Asnawi Caringin Banten KH.ASNAWI CARINGIN BANTEN

KH.Asnawi lahir di Kampung caringin sekitar tahun 1850 M, ayah beliau bernama Abdurrahman dan ibunya bernama  Ratu Sabi’ah dan merupakan keturunan ke 17 dari Sultan Ageng Mataram atau Raden Fattah . Sejak umur 9 tahun Ayahnya telah mengirim Kh.Asnawi ke Mekkah untuk memperdalam Agama Islam. Di mekkah beliau belajar dengan Ulama kelahiran Banten yang telah termasyhur namanya bernama Syech Nawawi Al Bantani.Kecerdasan yang di miliki beliau dengam mudah mampu menyerap berbagai dsiplin ilmu yang telah di berikan gurunya. Setelah dirasa cukup lama menimba ilmu dari gurunya maka Syech Nawawi Tanara Banten menyuruh muridnya Kh.Asnawi untuk pulang ketanah air untuk mensyiarkan agama Alloh.

Sekembalinya dari Mekkah Kh.Asnawi mulai melakukan dakwah ke berbagai daerah , karena ketinggian ilmu yang dimiliki nama Kh.Asnawi mulai ramai dikenal orang dan menjadi sosok ulama yang menjadi panutan masyarakat Banten. Situasi Tanah air yang masih di kuasai Penjajah Belanda dan rusak nya moral masyarakat pada waktu membuat Kh.Asnawi sering mendapat Ancaman dari pihak pihak yang merasa kebebasannya terusik.  Banten yang terkenal dengan Jawara jawaranya yang memiliki ilmu Kanuragan  dan dahulu terkenal sangat sadis dapat di taklukkan berkat kegigihan dan perjuangan Kh.Asnawi . Beliau juga terkenal sebagai Ulama dan Jawara yang sakti yang sangat di segani  oleh kaum Penjajah Belanda .Kh.Asnawi dalam melakukan dakwahnya juga mengobarkan semangat Nasionalisme anti Penjajah kepada masyarakat hingga akhirnya Kh.Asnawi di tahan di Tanah Abang di asingkan  ke Cianjur  oleh Belanda selama kurang lebih satu tahun dengan tuduhan melakukan pemberontakan kepada pemerintah Hindia Belanda , Apa yang dilakukan Kh.Asnawi   mendapat dukungan penuh dari rakyat dan dan para ulama  lainnya, seperti para bangsawan dan para jawara. Semenjak runtuhnya kesultanan Banten, terjadi sejumlah pemberontakan yang sebagian besar dipimpin oleh tokoh-tokoh agama. Seperti, pemberontakan di Pandeglang tahun 1811 yang dipimpin oleh Mas Jakaria, peristiwa Cikande Udik tahun 1845, pemberontakan Wakhia tahun 1850, peristiwa Usup tahun 1851, peristiwa Pungut tahun 1862, kasus Kolelet tahun 1866, kasus Jayakusuma tahun 1868 dan yang paling terkenal adalah Geger Cilegon tahun 1888 yang dipimpin oleh KH. Wasid.

Selama di pengasingan Kh.Asnawi tetap melakukan Dakwah mengajarkan Alquran dan Tarekat kepada masyarakat  sekitar dan  setelah dirasa Aman Kh.Asnawi kembali ke kampungnya di Caringin untuk melanjutkan perjuangan mensyiarkan Islam dengan mendirikan Madrasah Masyarikul Anwar dan Masjid Salapiah Caringin sekitar tahun 1884 Mesjid Caringin ditandai oleh denah empat persegi panjang, pada keempat sisinya terdapat serambi. Arsitektur Masjid dipengaruhi oleh unsur arsitektur lokal, terlihat dari bentuk atapnya dan ditopang oleh arsitektur asing terlihat pada bentuk jendela serta pintu dalam dengan ukuran relatif besar juga pilar-pilar yang mengelilingi Masjid. Menurut cerita bahwa Kayu masjid tersebut berasal dari sebuah pohon Kalimantan  yang di bawa oleh Kh.Asnawi ke Caringin dahulu pohon tersebut tidak bisa di tebang kalaupun bisa di tebang beberapa saat pohon tersebut muncul kembali hingga akhirnya Kh.Asnawi berdo’a memohon kepada Alloh agar diberi kekuatan dan pohon tersebut dapat di tebang serta kayunya dibawa Kh.Asnawi ke Caringin untuk membangun Masjid.

masjid_assalafi_caringin

Tahun 1937 Kh.Asnawi berpulang kerahmtulloh dan meninggalkan 23 anak dari lima Istri ( Hj.Ageng Tuti halimah, HJ sarban, Hj Syarifah, Nyai Salfah dan Nyai Nafi’ah ) dan di maqomkan di Masjid Salfiah Caringin , hingga kini Masjid Salafiah  Caringin dan maqom beliau tak pernah sepi dari para peziarah baik dari sekitar Banten maupun dari berbagai daerah di tanah air banyak pengalaman menarik dari peziarah yang melakukan i’tikaf di masjid tersebut seperti yang diungkap oleh salah seorang jamaah sewaktu melakukan i’tikaf terlihat pancaran cahaya memenuhi ruangan Masjid yang berusia hampir 200 tahun tersebut . Wallohu a’lam

151 responses to “KH.ASNAWI CARINGIN ( ULAMA DAN PENDEKAR BANTEN )

  1. nur ashabul jannah

    semoga aku bisa ziarah ke makam bliau…. amin

  2. masyaallah . . .

  3. 2 kali ziarah tak bosan2 aku ingin slalu kembali berziarah ke caringin Ajengan Agung Syekh Asnawi Banten

  4. jika saudara2 datang ke makam syeikh asnawi caringin,sayang jika tak mengenal ajarannya juga.ditempat beliau juga mengajarkan tarikat qodiriyah wa naqsabandiyah,sekarang diteruskan oleh mursid tarikah tersebut.semoga informasinya bermanfaat.sy juga kagen kesana lg sudah lama dr thn 2000 trkhr sy ksna

  5. ad salah seorang anaknya syeikh asnawi caringin yg bernama syeikh ahmad kazim asnawi menes,yg merupakan mursid tarikat juga,tetapi beliau juga tlah meninggal dunia.makamnya terletak didaerah menes,dekat dr caringin.disana jg ada makam yg tercinta ajengan didin(muhyiddin umar) yg merupakan penerus mursid,tetapi sy tdk tahu penerus strlah ajengan didin wafat.

    • Yang saya tahu penerus mama kadzim yaitu mama sukanta di daerah labuhan banten dekat terminal labuhan alhamdulillah ane dah pernah kesana.

  6. Asslam…
    Yang sekrang menjadi pembicaraan pendekar dakwah dari jawa timur, apa Benar Beliau Abah_Syech_Rhafi_Dzar_M._Al_Fath_Dzulkarnain?
    Kemudia untuk memdapat profilnya kemana? terima kasih

  7. alhamdulillah ana udeh ziarah ke maqom beliau,setelah membaca frofil beliau ana ingin kembali ziarah lagi..

  8. Bay Ubaedilah Ridwan

    Aq dah lama banget dengar Syekh Asnawi dan sering bertawasul untuk Hadlratus Syekh, tp belum pernah berziarah ke maqom syekh. Insya Allah tanggal 3 September aku akan kesana.

  9. alhamdulillah pernah ziarah ke makam beliau…

  10. alhamdulillah saya di gerakan lewat mimpi tuk dtg kesana n,ktmu seseorang yg byk mmbgikan pglman 2x nya, mnambah keimanan saya, N,kecintaan saya tuk beribadah kpd Allah SWT. Amiin…

  11. Mau nanya ..? apakah makam beliau ada didalam mesjid atau diluar mesdjid..? Saya baca di hadist tidak boleh sholat didalam mesdjid yang ada makamnya. mohon info..

    Wass/Eric

  12. Makam Syekh Asnawi binSyekh ‘Abdurrahman makamnya terletak di pesisir Pantai Caringin.
    dan yang melanjutkan ajaran Thariqahnya setelah KH.Kadhim yaitu muridnya yang bernama KH.Sukanta, yang bertempat tinggal di Labuan Pandeglang. dekat dengan terminal bus Labuan.

  13. dulu pernah jarah ke makam syekh asnawi bareng keluarga.
    sudah lama ingin ke sana lagi….muda2xhan Allah mengijinkan amiiiiin……

  14. Sedikit tambahan, Ki Asnawi pernah menyiarkan da’wah di wilayah Utara Tangerang dan sempat memiliki seorang istri di sana.

  15. Alhamdulillah.kami dan klrga sering br silaturrohmi untuk brtemu dngn ktrunan nya yang ada di caringin beliau brnama mamah eneng.dan syech kh.asnawi mempunyai murid/msh family beliau adalah brnama abuya abah shochari asal link cibeber kota cilegon BANTEN yg di kenal LAUTAN BATHIN

  16. alhamdulillah sudah 3x kemaqom beliau
    alhamdulillah bisa belajar juga dengan muridnya beliau
    ingin ksana lg rasanya bersilahturahmi

  17. alhamdullillah ,..
    sudah bisa bersilaturahmi dengan abah sukanta kadu parasi labuan
    semoga beliau dapat dipanjangkan umur,…

  18. ya allah,..semoga para ulama- ulama ini dipanjang kan umurnya

  19. ya allah ijinkanlah kami dapat berziarah kemakamnya KH.ASNAWI,kemarin mo ziarah tp ga jadi…semoga allah swt mengizinkan…amin.

  20. Angling Dharma

    Alhamdulillah wa Syukurillah, Dengan izin allah ajaran serta pengajaran syafa’at yang sy dapat dari Mama Adjengan Agung Syekh Tubagus Ahmad Kadzim asnawi secara langsung dikala beliau masih ada, kini telah menunjukan nikmat dunia yang saya rasakan semoga mursyid dan karomah Beliau-beliau dengan izin Allah swt, dapat selalu menyertai saya sampai akhir hayat. Laa Ilahaillallah Muhammadarasulullah

  21. ma'arif adjamani

    mudah mudahan para pejiarah di makom 2 waliyullhah tsb tidak lain hanya untk mndo’akan ………amiin

  22. asslamualaikum ..
    pengen jarahh Lagi ke makam anak ny KH asnawi > KH syeikh ahmad kazim asnawi ..
    Bersama kakek saya ..

  23. Alhamdulillh.

    Mama dapt doa dr saudara skalian.
    Trimakash..
    Berkunjung kembali sja k sini.kami keluarga siap melayani saudara.

  24. ALLAH ada pada diri kita.ALLAH tau apa yang kamu kerjakan.dan tau sispa yang benar dan salah.

  25. dedy sumatra barat

    alhadulilah,.stlah ber jiarah ke mqom syeh asnawi crgn,kbrkhn hidup amat terasa

  26. wali yullah
    KH. syekh mama agung kyai asnawi caringin
    kami rinduuuuuuuuuuuuuuu
    allah hu allah

  27. pengen tanya aja nih, penerus ajengan didin (syekh muhyiddin umar) siapa ya? mohon infonya….

  28. pengen tanya aja nih.. mohon infonya penerus ajengan didin (syekh muhyiddin umar ) siapa ya? mohon infonya

    • abu bakar umar ali usman

      sepeninggal ajengan didin,ada beberapa orang yang dibadalkan untuk menjadi guru mursid,penerusnya masih menjadi polemik dan dijadikan politik,maklum penerus guru mursid selain banyak aral melintang dan cobaan, dikeduniaan juga memperoleh harta dan kemulyaan di mata manusia yang seharusnya hal itu tidak diperlukan di mata seorang mursid.jika anda mau melanjutkan tarekat yang meneruskan didaerah menes ada 3 orang guru mursid(katanya sih)sy kurang tau namanya(males mau cari tau)yang seharusnya cuma ada 1 guru mursid,tapi karna ketinggian ilmu(katanya lagi)dan pembagian persentase maka masih dapat bagian besar(lumayan dari pada enggak/ribut).ciri2nya lihat saja jubah yang paling lebar dan bagus,udeng2nya terbuat dari korden(sangking panjang lilitannya).na u dzubillah mindzalik.Allah maha mengetahui hati seseorang.

  29. ya ALLAH TUNJUKKAN KAMI jalan yang lurus semoga yang kami angap benar,di benar kan ALLAH,setelah wafatnya guru kami dia berpesan bahwa penerusnya ada di lampung ,tepatnya kampung sawah ,hanya orang yang di beri petunjuk dgan jikirnya lah yang akan mencari tau.wasalam

  30. tanyakan pada hatimu,renungkan saat zikirmu,lihat degan kehidupan patamorgana mu,cari ridomu,pasrah pada tuhanmu.

  31. mautau jawaban yang tepat tanyakan pada hati mu

  32. Kalau boleh tahu, siapa saja keturunan Beliau sampai generasi sekarang?

  33. jangan diperdebatkan/dipusingkan mengenai penerus guru,jika dzikir lillahhita’alla hanya karna allah semuanya benar.adab orang berdzikir ialah pasrah kepada allah yang semestinya menyerahkan sepenuhnya kepada Allah baik sedang Dzikir maupun setelahnya,apakah dzikir kita deterima oleh Allah,sebelum tau jawabannya tundukkanlah kepala dan hatimu,bahkan setelah tau jawabannya kau akan lebih tertunduk lagi.kita boleh merasa bangga jika bisa dekat dengan presiden,tapi kita tidak bisa berbangga dan menyombongkan diri jika kita dekat dengan Allah,karna semua itu karna pemberian Allah.Dzikir hasilnya = tawadu’ .jika setelah berdzikir atau bahkan sedang berdzikir seseorang tersebut mempunyai rasa sombong,ia berdzikir kepada siapa? biarlah Allah yang menentukan,kita hanya berusaha dijalan yang di ridhoiNya
    Insya Allah

  34. Pertanyaan senada, kalo boleh tau, siapa saja ke-23 anak KH. Asnawi?

  35. beliau adalah kakek uyut saya.tp pgetahuan saya mngenai beliau msh krg.mhn bantuan bagi yg mngetahui riwayat beliau lbh dalam utk mngirimkan email ke d_armyalraheema@yahoo.co.id.
    syukron katsiron wa jazakumullaha khoiron katsiro. aamiiiiinnnnn.

  36. apakah boleh membaiat jika guru masih hidup (tanpa mandat dari guru)? apa bisa meneruskan ajaran/mengangkat murid jika guru masih hidup sedang siibersangkutan tidak dimandatkan?

  37. Mohon petunjuk jalannya,,, saya dr bogor insya allah mau silaturahim ke sana .

  38. Ya allah sem0ga hamba bisa menc0nt0h akhlak beliau

  39. Kenapa bnyk yg ngaku turunan sekh asnawi.

    • mohon maaf sebelum nya.sya memang cicit dr mama asnawi.sya asli caringin.silahlan datang kalau tdk percaya.

      banyak yg nanya penerua mursyid dr keluarga.setau saya tidak ada penerus nya dr keluarga.
      wallahualam

      • Saya mau tanya apa ada keturunan dari beliau yang tinggal di daerah karawang jawa barat.trima kasih

  40. Kh Asnawi adlh ulama & pendekar sakti krn ketakwaaanny kpd Allah,apa yg dia minta kpd Allah pasti di kabulkan..

  41. Penerus dari syech mama khadjim adalah mama abah achmad sukanta kadu parasi labuan

  42. Ya Alloh smoga yg nama nya KH.SYEKH ASNAWI BANTEN di tinggi kan drajat nya di surga.amiin.(bp agus salado)

  43. Syeikh kyai haji tubagus muhammad asnawi atau yang biasa di sebut Mama’asnawi punya murid namanya syeikh kyai ahmad suhari cibeber serang,nah muridnya syeikh kyai ahmad suhari yaitu syeikh kyai haji tubagus ahmad kadzim atau yang biasa di sebut mama’kadzim anak dari mama’asnawi.mama’kadzim punya murid sekaligus menantunya yaitu yang di kenal abah didin dialah guru mursyid setelah mama’kadzim,setelah abah didin meninggal,timbul perpecahan.diantara murid2nya mama’kadzim..kalo ente mau tau banyak dateng aja ke karang tengah lebak bulus,ketemu sama ustad abdul latif taufik atau biasa di panggil bang taufik,dia murid dari mama’kadzim yang di percaya khusus di jakarta.semoga manfaat..ane sendiri murid dari abah didin.

    • saudaraku apakah anda tau no telpon dari ihwan yg di lebak bulus?(tlong kasih alamat yg tepat) trim,

    • Yang ane tau setelah mama kadzim penerusnya yaitu kh ahmad sukanta di labuhan banten beliau mursyid toriqoh qodiriah wa naqsabandiah

    • Mohon maaf, setau saya penerus dari mama kadzim asnawi adalah mama sukanta kadu parasi labuan banten, saya orang menes, kampung saya bersebelahan dengan makam mama Tubagus Ahmad Kadziem Asnawi, bila ingin tau jelasnya, datanglah ke menes, temui putra mama Kadziem Asnawi, insyaALLAH akan tahu lebih jelas. Semoga ALLAH menunjukkan kita ke jalan yang lurus Aamiin…

  44. ketika kami mengunjungi makam syech asnawi di lokasi sekitar makam hingga ke bibir pantai caringin banyak sekali
    anak kecil yang meminta sedekah/pungutan liar dari pengunjung, membuat pengunjung tidak nyaman, mohon pemda setempat untuk mengamankan/menertalisir lokasi ziarah dari pungutan liar tsb.

  45. aslmkm ane dr priok mudah”an tanggal 14 nanti ane bisa ziarah ke maqom beliau
    do’a kum ya
    syukron katsir,,

  46. Alhamdulillah hari minggu kmrn sy berziarah ke maqom beliau

  47. Sdh ziarah kesana malam hari lagi zikir lihat tokek gede dan ada tirai kelambu khusyu sekali mau ziarah lagi insya Allahu

  48. Ada perwakilan jakarta di karang tengah lebak bulus mau gabung bila berkenan menambah ilmu yang manfaat bagi umat

  49. saya baru saja ziarah kemakam beliau tgl 11-07-2012. sayang banyak para pemungut sodakoh yang membuat kurang nyaman kita berziarah….semoga di hari yang mendatang menjadi tertib dan nyaman..Amien

  50. subhanallah,smoga dengan mmbaca riwayat para ulama kita bisa menjadikan pacuan semangat agar lebih mndekatkan diri kepada ALLAH SWT.amiiin ya robbal aalamiiin.

  51. ALLAHU AKBAR, wahai saudaraku seluruh umat muslim mari kita perkuat ukhuwah.

  52. salah satu suri tauladan umat muslim. allahu akbar

  53. Sepengetahuan saya,mantu dr mama kadzim adlh abuya muhamad jupry

  54. assalamualaikum wr,wb…
    Menurut cerita orang Tua “sy” adalah generasi ke 4 dari Eyang Muharif Asnawi begitu kami memanggil Beliau “Syekh Asnawi” . Menurut cerita orang2 tua juga, Eyang Asnawi berasal dari Garut tepatnya daerah Bojong Kaliki salah satu nama kampung di Garut,,Beliau menikah dengan Eyang Istri yg bernama “ECEH” dan mempunyai dua orang anak, Eyang Asnawi meninggalkan Eyang Istri dgn membawa seorang anak dgn tujuan untuk SYiar Agama Islam,, ASDI adalah nama anak eyang Asnawi yg berada di Garut, dan Aki ASDI menikah dengan nini UKAENAH mempunyai 5anak laki2 dan 4anak perempuan, dan yg masih hidup sekarang tinggal 2anak laki2 dan 4anak perempuan, mereka sudah pada sepuh. Sy adalah anak perempuan dari salah satu anak laki2 paling bungsunya AKI ASDI, wallohualam bissawab,,, sy ingin sekali banyak mengetahui ttg EYANG ASNAWI,, contact person 087724933199 (Tety-Garut)

    • Mohon maaf sblmnya Apa eyang Asdi yg dimaksud…pnya anak Aki Ahmad Juhara bin Asdi tarogong Garut. Dan aki Ahmad Punya 10 anak laki”…

    • Mohon maaf sblmnya Apa eyang Asdi yg dimaksud…pnya anak Aki Ahmad Juhara bin Asdi tarogong Garut. Dan aki Ahmad Punya 10 anak laki”…

  55. subhanallah! semoga allah memberikan tempat di surganya, dan perjuangannya bisa kita teruskan,,,!amiiin

  56. semoga kita bisa meneruskan perjuangannya!amiin

  57. muchammad nurchandik ,demak

    ya,alloh kapan aku bisa ketemu sama beliau syeh asnawi ya alloh (karena setiap aku tawwasul pasti aku sebut syeh asnawi) pertemukan asku ya alloh karena dia auliyaulloh,,wali panjenengan yaa alloh

  58. asslmu alaikum wr, wb
    saya punya amalan syeh asnawi dari muridnya yang bernama abah gebrak, (khandir mamak sepuh syeh muhidin puser gunung karang syeikunal mardana dan syeh asnawi) terus baca khandir yaa rosulullooh,, apakah ada dari penerus syeh asnawi yang punya amalan seperti yg saya tulis di atas?…..

  59. mau nanya apa ada kturunan sehy asnawi y bernama (Rt tita herlita,oyok hendris,) kl da y tau tlg bls komen nxa ya ass…

  60. ASSLM ALAIKUM IHWAN BANTEN
    SAYA MAU TANYA ,,SIAPAKAH MAMA SEPUH SYEH MUHIDIN YG SERING DISEBUT PARA MURID SYEH ASNAWI (DI DALAM SILAT TERUMBU) MOHON IHWAN BANTEN MAU MENJELASKAN ,,
    WASSLM.

  61. ya allloh aku mau banget ber ziarah kebanten insa alloh klo panjang umur dan sehat amin

  62. YA ALLAH, IJINKAN HAMBA UNTUK MENGUNJUNGI MAKAM SYECH MUHAMMAD ABDUL MALIK BIN ILYAS ( KEBUMEN JATENG) UNTUK MENGAMBIL PELAJARAN DAN PERJUANGAN BELIAU DALAM MEMBELA AGAMA ALLAH SWT……

  63. muhammad saifulloh

    asslam, alaikum/wr,wb
    Saya ingin tanya sama ikwan semua (apakah masih ada penerus kemursidan dari syeh asnawi?) mohon informasinya

  64. asslm, alaikum,wr,wb
    Apakah sekarang masih ada? Penerus kemursidan dari thoriqoh qodariyyah wanaksabandiyyah khusus di bantenn (terutama penerus syeh asnawi) mohon penjelasanya bagi ihwan yang tau. Wassalam

    • Sobri caringin al'bantani

      ,Penerus. Syech.ASNAWI CARINGIN adalah Abah UCI Turtusi bin abuya DIMYATI. Beliau bertempat di:Cilongok pasar kemis tanggerang ba,,,,,,,,,,,,,,,,

    • penerus kemursyidan toriqot syech asnawi sekarang yg msh hdup dan kuat sanadnya adalah mbah kh.sohemi cibeber. Beliau termasuk kiyai tertua di banten dan uda banyak keanehannya. Di majlis beliau ada pengajian toriqot tingkat awal sampai tgkt atas. Jika pengen tahu lbih lanjut, hub.saja no ini 089611300257 santri cibeber.

    • mohon maaf, setau saya penerus dari mama kadzim asnawi adalah mama sukanta kadu parasi labuan banten, saya orang menes, kampung saya bersebelahan dengan makam mama Tubagus Ahmad Kadziem Asnawi, bila ingin tau jelasnya, datanglah ke menes, temui putra mama Kadziem Asnawi, insyaALLAH akan tahu lebih jelas. Semoga ALLAH menunjukkan kita ke jalan yang lurus Aamiin…

    • mohon maaf, setau saya penerus dari syekh asnawi adalah syekh ahmad suhari cibeber, lalu penerusnya adalah mama kadzim asnawi yg tidak lain adalah putra dari syekh asnawi, kemudian penerusnya adalah mama sukanta kadu parasi labuan banten, saya orang menes, kampung saya bersebelahan dengan makam mama Tubagus Ahmad Kadziem Asnawi, bila ingin tau jelasnya, datanglah ke menes, temui putra mama Kadziem Asnawi, insyaALLAH akan tahu lebih jelas. Semoga ALLAH menunjukkan kita ke jalan yang lurus Aamiin…

  65. Adam Sabar Djajapertjunda

    saya ingin bertanya, siapakah saja keturunan syekh asnawi? apakah ada yang tahu Tubagus Sastradiwangsa keturunan dari siapa?

  66. asslm, alaikum
    Syeh asnawi adalah waliyulloh (mursid qodariyah wanaksabandiyah)

  67. 5 januari 2013,saya kesana sayang kondisi nya sangat memprihatinkan

  68. Udah lma ga ziarah ke caringin…
    Jdi kgn..

  69. Wah alhamdulilah…. dapat pengetahuan baru….. saya asli banten tp blm tahu nih…. detail riwayat’y cuma dengar nama’y doang. emang terkenal sih…. Allhu Akbar! kunjungi jg bantenia[dot]com….. bagi yg punya artikel 100% banten bisa kesana..

  70. assalamu, alaikum ihwan semua

  71. Alhamduliilllah tgl 25-=02=2013 sya tlah ziarah k makam syeikh asnawi,,dan skaligus brknjung ke mama kaduparasi labuan abah sukanta,,

  72. MAsya Allahhhhhhhhhhhhhh
    yassalam

  73. tak menjadi prioritas apakah kita keturunan syeikh mama asnawi atau tidak.. yang alloh inginkan hanyalah kepatuhan kita terhadapnya… sholawat atasMU yaa Rasululloh… ridho alloh atasmu wahai para sahabat… rahmat alloh selalu tercurah untukmu.. wahai Syeikh asnawi ( abah kolot mama Asnawi )

  74. alham dulilh sya msh bisa brsukur ke pda allah S.W.T. msih di bri ksmptn untk brjarh k’mkam KH.asnawi wlpun 1x dlm sthn sy jrh ksnh dan smga d’thn 2013 ni dn s’trs yh sya msih d’bri ksht ,rijki dn pnjng umr agr sy trs bsa br jrah d’mkm syeh ASNAWI.
    AMIN..

  75. asslmu..
    buat semua ny
    saya pernah brjiaroh ke makom waliyulloh k.h tubagus asnawi udah 7.x
    tapi kenapa selalu ada yg ngejual isim, katanya dana ny untuk pembangunan pra sarana makom dan masjid tapi udah pernah 7.x masih tetap saja seperti itu..
    mohon tuk informasi ny jngn sampai menjual nama pembangunan hanya demi kepentingn pribadi.

  76. Subhanalah panjang sejarah beliau.
    Baru kemaren ane jairoh ke makan belian
    Amien ya allah jadikan beliau alim ulama di sisi mu ya ya rob..

  77. Sbg manusia biasa sy mhn maaf yg sebesar-besarnya apabila keluarga besar Kyai Asnawi Caringin selaku pengurus Badan Kenadziran Maqbaroh melakukan kesalahan dalam pengelolaan ogranisasi yg dibentuk keluarga, baik melalui ucapan maupun perbuatan, semata-mata semua ini demi ketertiban dan kenyamanan pengunjung ziarah agar bisa lebih kusyu utk ibadahnya. Semoga program pengurus BKM Syekh Asnawi mendapat ridho dari Allah. Amin…..

  78. Sekali lagi saya mhn maaf, dalam pengelolaan dana organisasi Badan Kenadziran Maqbaroh Syekh Asnawi sumber satu-satunya dari sodaqoh para pecintanya saja. Alhamdulillah dg cara memberikan kenang-kenangan berupa foto syekh bagi dermawan bisa terkumpul dana ratusan juta rupiah kami bisa melestarikan peninggalan Syekh Asnawi dgn membangun bangunan jalan, pagar wakaf 2 hektar penguburan umum, penertiban kios-kios pedagang, mushola dsb. Semoga para dermawan yg telah membantu dg ikhlas diterima amalnya oleh Allah swt dan diberkahi rizqinya. Amin…..

  79. Kpd yth, Ibu Tetty di Garut: Yg dimaksud kelg Syekh Asnawi adalah semua org yg menimba ilmu kpd beliau meski dia hanya sbg seorang pembantu, tp blm tentu semua kelg syekh mempunyai silsilah keturunan dari beliau, Syekh Asnawi hanya mempunyai 11 rumpun anak dari 5 istrinya.

  80. Kpd Anonymou: Seharusnya tdk perlu dikomentar sekiranya utk hal yg baik. Anak kecil/ minta sodaqoh adalah suatu kesempatan bagi kita yg hendak beramal soleh selagi masih hidup sebelum dunia kiamat, sebab setelah kita mati kita tdk bisa berbuat apa-apa, apalagi menjelang kiamat nanti tdk akan ada yg terima sodaqoh.

  81. Kpd Anonymous: Kalau ada anak kecil/orang minta sodaqoh di lingkungan yg berkaromah/barokah sdh sewajarnya karena orang/pengunjung yg datang ke tempat tsb ingin mencari amal soleh sesuai dg tujuan utama ziaroh adalah lii dziqril akhiroh, tp kalau ada anak kecil/orang minta sodaqoh di mall itu tdk sewajarnya.

  82. Sbg tambahan bagi penulis naskah ini: Penyebaran agama islam oleh Syekh Asnawi tdk sebatas di Banten saja tp menyeluruh di wilayah Jawa Barat pada umumnya. Hal ini terbukti pada saat beliau di amankan di Jakarta 1926 oleh Belanda dan di Gentur Warung Kondang Cianjur 1927-1930 beliau memberikan tolab ilmu kpd yang membesukinya diantaranya: mama Satibi (Cianjur), mama Falaq (Pagentongan Bogor), mama Abdullah Sanusi (Gg. Puyuh Sukabumi), mama Uyeh (Soreang Bandung), mama Johari (Ceger Bekasi), mama Tb. Bakri (Sempur Purwakarta), mama Salim (Kobakrante Kerawang) dan mama Anom (Suralaya Tasikmalaya). Melalui mereka yang dianggap sbg muridnya maka tersebarlah agama Islam.

  83. Sepengetahuan saya KH. Tb. Ahmad Khodim bin Syekh Asnawi adalah mursyid yang mendapat ijazah dr ayahandanya Syekh Asnawi melalui muridnya KH. Soehari (Cibeber Cilegon), karena pd saat itu KH. Ahmad Khodim masih dalam perjalanan utk mencapai kemursyidan. Mengingat KH. Tb. Ahmad Khodim dan KH. Soehari tdk saling mengenal maka almarhum Syekh Asnawi menemui mereka berdua dalam mimpi agar KH. Soehari segera mengijazahi tariqot qodiriyah wanaksabandiyahnya kepada KH. Tb. Ahmad Khodim, sehingga mereka berdua saling mencari utk bertemu. Tidak perlu heran yg namanya waliyullah meskipun Syekh Asnawi telah wafat tp masih bisa mengijazahi anaknya sekaligus muridnya sbg mursyid atas izin Allah swt.

  84. Kpd yg telah membuat situs website tentang Syekh Asnawi saya peringatkan: Syekh Asnawi tidak dimakomkan di dalam masjid tapi di lahan wakaf penguburan berjarak 100-200 meter dari masjid Assalafi.

  85. tubagus lukman

    terlalu banyak keturunan syech asnawi di indonesia ini,,,menyebarrrr,,,,tp sayang ,,,tdk tertulis secara detil dlm buku silsilah,,,,dibandung jg ada,,,,,,msh keturunan langsung dr mama asnawi,,,,,yaitu,alm kyai tubagus alghojali,,,aki kramajaya yg adik dr istri ke 4 mama asnawi,,aki somana,,,,tp smw udah alm…,,sy msh cucu dr cucunya mama asnawi caringin yg sekarang berada di bandung,,,jd wajar banyak keturunan mama asnawi,,,krn,klo langsung keturunan,kita akan d jaga allah lewat karomahnya mama asnawi,,istilahna mah,,,,d aping kamana wae ge,,,jd kanggo katurunan mama asnawi,,,tong hariwang kmn wae ge,,pasti di aping,asal urang tetep di jalan anu ku allah diridhoi,,,

  86. Syubhanallah… manusia manusia yg trpilih, bgtu indah kisah yg tr dengar, yaa rabb dkt kn hamba dngn para auliya mu… tunjukn jln kpd hmba sprti engkau tunju kn jln kpd pra auliya mu

  87. Jejak telapak kaki mereka di Nusantara memberikan kontribusi yang sangatmeluas sekali tanpa kita sadari. Di tengah gejolak modernitas dan epistemologi yang berorientasi ke materialisme. Tradisi Irfani yang dibawa Syeh tak lekang oleh waktu dan kepungan modernitas.

  88. selama ini aku belajar sm murid2 syekh asnawi caringin banten .memang ilmu ini sangat luar biasa.jarang dimiliki oleh siapa pun.hanya orang yg punya bagian yg bisa memilikinya.dan tdk heran kalau menjalani ilmu syekh asnawi godaanya luar biasa.karena kita mau jd manusia yg luar bisa.thanks..

  89. assalammualaikum wr wb. bagi saudara2 ku yg mau belajar ilmu syekh asnawi caringin banten ilmu magrifatullah.skng murid2 nya sudah banyak mengembangkan ajaranya.ada di bekasi.ada di jakarta timur.ada didekat kramat luar batang..saya udah 9 tahun belajar.memang ilmu ini luar biasa.jarang di miliki oleh siapa pun..hanya orang bagianya atau orang pilihan nya yg bs memilikinya.dan tidak heran lg godaa nya luar biasa.karena kita mau jd manusia luar biasa.(hub.indra. telp.021.60602114( esia)

  90. Klw blh tau siapa Kh.wasid yg dCeritakan dsini…?

  91. Astagfirullah, dulu semenjak kecil hingga remaja sering Ziarah ke Makam org yg dianggap Wali, Namun Alhamdulillah semenjak mengenal sunnah sahihah saya berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan seperti itu lagi, Zaiarh kubur adalah sunnah Nabi, tapi bukan untuk berdo’a disisi makam utnuk hajat2 kita, akan tetapi yang diajarkan oleh Rasulullah adalah untuk mendo’akan Ahli qubur dan sebagai ibroh bagi kita bahwsanya suatu saat nanti kita pun akan terbaring seorang diri didalam tanah yang pengap yg disana hanya ada dua keadaan Kebahagiaan Kubur atau siksa kubur yang kita dapat. sehingga dengan hal itu diharapkan orang yang berziarah ke kubur(kuburan manapun yang penting kuburan muslim, bukan hanya kuburan org2 yang dianggap wali) hatinya menjadi lembut dan pendek hayalannya tentang dunia.

    Tempat2 seperti ini adalah ladang subur bagi para Syaithinirrojim untuk mencari sebanyak-banyaknya teman mereka di Neraka Jahannam, sebab pada tempat yang seperti ini gampang sekali setan membuat orang menjadi Musyrikin tanpa terasa, terutama dari kalangan awwam diantara mereka, yang tingkahnya adalah meniru secara lahiriah apa yang dilakukan oleh orang2 yang dianggap oleh mereka sebagai pemimpin mereka dan ulama diantara mereka. sebagai Ilustrasi dan saya berkeyakinan disertai dengan berbagai bukti, InsyaAllah ilustrasi seperti ini banyak benarnya. Ada seorang yang dianggap Ustadz di kampungnya, awalnya hanyalah ustadz biasa dengan usaha warung kelontong di serambi rumahnya, seiring perjalanan waktu sang Ustadz sekarang bukan lagi ustadz biasa-biasa saja, usahanya tambah makmur, hal ini membuat orang disekitarnya menjadi sering bertanya kepadanya apa jalan yang ditempuhnya, sang ustadz pun menjelaskan salah satunya dengan berziarah ke makam Wali Anu di Kampung Anu, yang datang bertanya ke Ustadz mungkin akan dibimbing bagaimana caranya berziarah yang baik dan benar”walau apapun alasannya, jika itu berdo’a agar dikabulkan hajatnya di sisi makam2 tersebut dan bukan mendo’akan ahli kubur adalah salah dan menyelisihi Sunnah Nabi “.

    akan tetapi kebanyakan mereka para awwam hanya meniru secara fisik dan malas menuntut ilmu, dengan nafsu dunia yang menggebu dan ingin meniru keberhasilan ustadz tersebut dalam meraih dunia, mereka pun beramai-ramai datang ke Makam Wali Anu di Kampung anu tersebut, apa yang mereka lakukan ketika berziarah, mereka tidak “Bertawasul” tetapi langsung meminta kepada Ahli kubur agar di kabulkan hajat2nya.. apa artinya ini..?? Ke-Syirikan telah terjadi dan nyaris tanpa mereka ketahui bahwa mereka baru saja menjadi orang Musyrik yang merupakan dosa terbesar yang tidak akan Allah ampuni jika pelakunya belum bertobat sebelum meninggal. itu hanya salah satu ilustrasi kecil dari dampak NEGATIF mengaggungkan Kuburan, ilustrasi yang lebih besar dan lebih aneh dari itu banyak.

    Oleh karenanya ikhwan, menghormati dan mengenang perjalanan hidup para pejuang agama adalah merupakan keharusan bagi kita, agar kita jadikan ibroh untuk mengarungi hari2 kita di dunia ini, tapi bukan dengan cara Ghulluw. Jika Rasulullah mengutuk dan mendo’akan keburukan untuk orang yahudi dan Nasrani yang menjadikan kuburan para Nabi dan orang sholeh diantara mereka sebagai masajid, lalu kenapa kita yang mengaku umatnya malah meng-agungkan secara berlebihan sedemikian rupa, kuburan orang2 yang dianggap wali. Wallahu ‘Alamu Bisswab.

  92. Klu bsa sketsa atu poto beliau di bagikan kpada para pezyarah…. Biar semua mngenal sosok ki asnawi tokoh ulama/pendekar Banten.trmksh.wslm

  93. Tubagus Malming Nurcahyo Martanegara

    assalammualaikum wr wb.
    Dalam perjalanan hidup saya, ada saat dimana saya rindu akan asal-usul keberadaan saya, maka dalam perjalanan mencari jati diri sampailah ke caringin.
    Mungkin saya salah, dan mohon diberikan petunjuk apakah benar yang saya temukan sebagai berikut :
    Tbg. Rafiudin Sutadipura (Putra Tubagus Buang) menikah dengan Ratu Ariah (Putri Syeik Asnawi) dan memiliki anak yang bernama Tubagus Amir Martadipura yang merupakan kakek saya
    apakah benar demikian, terima kasih.
    Jika saya salah saya mohon maaf.

    • Maaf kang kaya nya itu salah , kalo nyi ratu ari’ah bukan anak mama Asnawi , tapi anak Tb Buang bin Tb Somad Bin Tb buang(pangeran Djayasantika Banten)
      Saya Ahmad fuadi bin Abdul Hadi bin Ratu Fathmah , adik dari Ende Amir Martadipura seibu beda bapa
      Terimakasih kang , maaf

  94. terharu atas perjuangan beliau dalam mengamalkan ilmunya…semoga kita mendapatkan ke berkahan dari beliau.amin

  95. Smoga aku bsa silaturohim ma bliyaw amin,,, ya allah

  96. Sy.Bernama Kalimi Atw Abdul Halim Bin Muti Bin Saebi Bin Sarpan Asli Kp Bolang,Malingping.Lebak Banten Biasa D Panggl Black Gitaris Melayu.Lahir D Labuan Kp,makui Ds Klng Anyar. Aku Ga Tau Turunan Mama Ky Asnawi Apa Bukan Yg Jelas Cucu Nya Tman Saya.Si Aan. Smoga Aja Ngkut Kmentar Bgni. Sipat Beliaw. Bsa Di Kash Kkuatan Sm Allah Untk Mneladani Sipat Beliau. Soleh,amin

  97. Kl Kata Sy Sih. Ga Penting Tuh Mau Cucu Nya Mau Bukan.Yg Seh Asnawi Butuhkan.Org Yg Mau Ngikutin.Perjalanan Beliau.Percuma Aja.Biar Cucunya Juga.Kalau Aja Klakuan Nya Ga Niru Beliau. Malah Jd Tukang Maksiat.Ga Ngaruh.Cuma Bikin Beliau Sedih. Kl Ngerasa.Cucunya.Jga Dong Martabat Mama.Yg Mulia Itu.Trma Kash.

    • achmad al madjid nur karomatulloh al jawi

      di daerah Bogor tepat nya di kp.cimapag kel.bangun jaya NEC.cigudeg , ada kramat uyut labuhan

  98. aslmkm.ayuhal ikhwah..sya kemarin diberi ksmptn oleh alloh swt.utk berziarah ke kubur beliaw..
    nmn..sgt disaygkn ada oknum yg mengaku keturunan syech asnawi..nmn mengutip uang secara paksa kpd jama’ah peziarah..apa ada yg punya pengalaman sprti sya..?

  99. Harap dikoreksi: Makam Syeh Asnawi bukan di dalam masjid Assalafi tp di lahan wakaf penguburan (100 metet dari masjid arah ke barat).

  100. Pengajian caringin cisoka

  101. Untuk meluruskan Informasi data leluhur, saya berikan data bahwa Kyai Caringin tidak memakai gelar Tubagus.

  102. Bagus nih ceritanya,saya mau nanya itu nama anak” siapa aja kan ada 23 bisa di sebutin nama”nya?
    Makasih

  103. @acep saefuloh: nasib saya sama seperti anda. kemarin saya berkunjung ke makam Syekh Asnawi, oknum yang menjaga kubur meminta saya uang sebanyak 200rb.. semula saya ingin bertawasul dengan khusyu disana, namun akibat pungutan tersebut, bukannya saya khusyu, malah terus menerus menggerutu.
    sungguh disayangkan, makan org yg sangat suci dan disayang Alloh, ternoda oleh oknum2 penjaga kuburnya.
    semoga mereka semua diampuni dosanya. Amin..

  104. bismillahirrohmanirrohiim, salah satu penerus thoriqot qodirriyah wa naqsyabandiyah ada ditangerang pasarkemis cilongok.
    kh uci turtusi dari
    kh damiyati cilongok dari
    kh arsyad cilongok dari
    kh dahlan tanjakan dari
    kh husen carita dari
    kh asnawi caringin.

  105. salam hangat gan
    semoga ilmu yg bermanfaat ini menjadi ajaran yg sangat baik buat kaum muslim amin

  106. syaikh asnawi caringin radiallahu anhum..

  107. jngan lupa dtang ziarah ea

  108. tidak cukup satu kali untuk ber ziarah ke maqom syekh asnawi caringin

  109. saya baru sekali ziarah ke maqom syekh asnawi caringin

  110. bismillahirrohmanirrohiim… asalamual’aikum semua,,,
    yang jauh dan tidak bisa datang ke maqom KH. Asnawi berikan doa dan hadiah tuk beliau cukup.
    Beliau adalah guru besar di pondok saya, saya di ajari oleh KH.Tb. Khafid (masih keluarga besar Syech Asnawi caringin)

  111. @Acep Saepuloh : kalau ada yang kutip keturunan syech asnawi bilang dan adukan ke pondok Pesantren Ponpes Radunya sihin. Guru besar ponpes keluarga besar Syech Asnawi,
    atau adukan saja ke yang mimpin doa di maqom. ada cucu dan cicit Syech Asnawi yang mimpin di maqom caringin. atau Hubungi ke saya 08131117309, saya berantisipasi saja ada Oknum seperti itu. saya kenal baik keluarga besar dan sisilah syech Asnawi, dan saya pun kelahiran Caringin dan sekolah dasar di SDN Caringin.
    terima kasih sudah kunjungi dan memberikan hadiah Guru Besar Syech Asnawi.

  112. ya alloh jdikan lh kami sbgai pndekar2 islam yg siap slalu mmbela agama.Mu sprti beliau para auliya auliya Mu
    amiin ya alloh ya arhamaroohimiin

  113. Raden samoekz adiputra

    Ya allah. Jdikan lah kturanan kami. Keturunan yg sholeh & sholehah. . .sperti golongan Kh. Asnawi tanahara banten amiiin

    • Assalammualaikum Wr.Wb. Silsilah : Tubagus Buang> Rt. Ariah + Tb.Rafiudin Sutadipura> Tb.Amir Martadipura > Tb.Achyar Syarifudin (Kiaguspinter@yahoo.com / 081385961145) Kyai Caringin> Ki Achlan+ Rt.Ariah > Fatmah Cs (serang) Kesimpulan > Rt.Ariah adalah nenek saya dari bapak. Keterangan ini hanya untuk silaturahmi dan pererat persaudaraan dalam konteks “positif”. Wassalammualaikum Wr.Wb.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s