Syech Ali Mahmud Jalaluddin Al Yamani ( Wali Mastur di Penjaringan )

              Belum lama ketika saya kunjungan  tugas di Musollah Al Barkah Rawa bebek , saya menjumpai sebuah Makam yang letaknya di tengah pemukiman padat penduduk di Rawabebek Penjaringan Jakarta utara. Dimakam tersebut dimakamkan seorang Wali mastur bernama Syech Ali Mahmud Jalaluddin Al Yamani yang dikenal dengan Syech Ali Alyamani. Saya yang kelahiran penjaringan sendiri tidak mengetahui ada makam seorang wali penyebar islam ditempat tersebut. Selama ini yang saya tahu ada dua Makam Wali di penjaringan . Pertama di tempat kelahiran saya di Luar batang yaitu Makam Alhabib Husein bin abu bakar Alidrus  dan yang kedua Makam Syech Abu bakar di kampung baru kubur koja .

IMG_0908

              Syech Ali Mahmud Alyamani di lahirkan di Tarim Yaman  pada hari jumat, 23 Agustus 1793 M atau 16 Muharam 1208 H. Sebagaimana kebiasaan para leluhurnya ulama-ulama tarim dari hadromaut dalam menyebarkan dan mensyiarkan Islam , Syech Ali mahmud Al yamani singgah ke Batavia / Jakarta bersama 13 muridnya. Beliau mengajarkan islam di daerah rawa bebek penjaringan kepada masyarakat sekitar. Dan beliau  menikahi wanita pribumi betawi bernama Solikha, penampilan beliau sangat sederhana tidak nampak sebagai ulama besar padahal dari sisi keilmuan beliau sangat tinggi. bahkan murid murid beliau seperti Kh Kholil Bangkalan madura dan Kh Hasyim Asyari pernah belajar kepadanya,

IMG_0899

Tidak banyak dari sejarah riwayat beliau yang di ketahui oleh kalayak . Karena menurut informasi dari Ahli baitnya bahwa beliau berpesan kepada murid-murid beliau untuk tidak menyebarkan tentang dirinya melainkan untuk menyebarkan apa yang beliau ajarkan . Sebelum terungkap dan ditemukan oleh keluarga Syech Ali Alyamani bahwa makam tersebut oleh warga sekitar diketahui bernama Syech Antoni , namun belakangan ini keluarga dari Syech Ali alyamani mengungkap tentang sejarah bahwa makam tersebut Adalah Makam seorang Ulama besar bernama Syech Ali Mahmud Jalaluddin Al Yamani . Hingga saat ini makam tersebut Mulai ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah. Makam yang terletak di pemukiman padat penduduk selayaknya di buatkan cagar budaya karena Syech Ali Alyamani termasuk Ulama penyebar Agama Islam di Jakarta sama dengan Habib husein bin abu bakar alidrus luar batang. Menurut cerita dari warga sekitar seminggu sebelum Habib Munzir almusawa wafat beliau sempat berziarah ke makam tersebut.

Untuk mencapai Lokasi Makam tersebut sekarang dibuat mudah. setelah dibuat Plang Makam menuju lokasi persis keluar tol Gedong panjang langsung bisa menuju makam tersebut.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s