HABIB NOVEL BIN SALIM BIN JINDAN (PERGINYA SANG SINGA PODIUM)

Pendiri yayasan Al Fachriyyah cileduk Habib Novel bin salim bin Zindan adalah putra dari seorang ulama kondang Habib Salim bin Zindan . Lahir di jakarta tanggal 18 april 1942 . Sejak kecil Habib Novel bin salim bin Zindan dididik langsung oleh ayahnya, sebagaimana keinginan dariAyahnya kelak habib Novel akan menjadi sosok Ulama yang istiqomah berjuang dalam menyebarkan Syiar Islam. Setelah dirasa cukup bekal ilmu yang diberikan Ayahnya, Habib Novel dikirim Ayahnya Ke Mekkah untuk memperdalam lagi ilmu agama, disana habib Novel berguru kepada SYech Alwi Almaliki seorang ulama termasyhur dan ahli dalam ilmu Hadist dan kebetulan Syech Alwi almaliki adalah sahabat Ayahnya .

Selama hampir delapan tahun menimba ilmu di Mekkah Habib Novel kembali ketanah air untuk melakukan Dakwah. Beliau berdakwah tak kenal lelah hampir seluruh pelosok Nusantara beliau pernah datangi , maka tak heran beliau mendapat julukan sebagai Singa Podium, Isi ceramahnya yang begitu bersemangat dan berapi-api mampu membakar semangat Uhkwat Islamiyah. Karisma yang dimilki Habib Novel sebagai sosok Ulama dan Mubaligh selalu mendapat tempat tersendiri di hati jama’ahnya dan para Ulama . Tahun 1990 beliau mendirikan Yasasan bernama Al Fachriyyah yang terletak dijl Prof Hamka Larangan cileduk selatan , pesantren yang juga banyak di huni oleh anak-anak yatim kini di Asuh oleh putranya Habib Zindan bin Novel .

Setelah hampir 35 tahun berdakwah , sekitar tahun 2004 Habib Novel mulai sakit-sakitan, Badannya yang dulu kekar dan gagah mulai terlihat kurus akibat Stroke menyerang, bicaranyapun sudah agak susah, Namun semangat beliau Untuk tetap berdakwah tetap tinggi , beliau sering kedatangan Tamu baik dari kalangan umum maupun dari para ulama ada yang sekedar silahturahim maupun untuk minta do’a dan Nasihatnya.

Habib Novel sangat mencintai santri-santrinya, Beliau Rutin membangunkan para santri untuk melakukan sholat subuh berjamaah dan tak jarang beliu juga menanyakan kesehatan santrinya, bila ada yang sakit supaya cepat dibawa kedokter.

Makin hari sakit habib Novel makin parah, jumat tanggal 23jun 2005 sepulang dari Sukabumi sekitar pukul 3 sore Habib Mengeluh di bagian Dadanya dan sekitar pukul 5 sore Habib Novel dipanggil Oleh Alloh SWt , berita Wafatnya Habib NOvel menyebar luas, dari Jumat malam sampai sabtu pagi telah banyak orang baik warga biasa , para ulama maupun Habaib datang untuk memberikan penghormatan terakhir Kepada Habib Novel . Habib Novel dimakomkan di Komplek Pesantrenn Al Fachriyyah , sebelum meninggal beliau pernah berwasiat kepada putranya agar nanti beliau dimakamkan di lingkingan psantren Al Fachriyyah agar semakin dekat dengan santri-santrinya.

4 responses to “HABIB NOVEL BIN SALIM BIN JINDAN (PERGINYA SANG SINGA PODIUM)

  1. Saya sedang mencari info tentang Sayyidah Syarifah Fatimah binti Sayyid Salim bin Jindan. Ada yang bisa berbagi info? Syukran

  2. hamzah attamimi

    ini no. cucunya sayyidah fatimah binti salim bin jindan namanya sayyidah fadhilah………
    (085664412700)

  3. Semoga amalnya diterima disisi Allah SWt

  4. Sapa yang mencari info tentang syarifah fatimah salim jindan, kita bisa kasi info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s